NUSANTARAEXPRESS, MUARA TAMI - Dalam rangka untuk menjaga stabilitas keamanan, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs Pos Muara Tami melaksanakan sweeping di jalan lintas utama Skouw Jayapura yaitu di Muara Tami.

Pos Muara Tami yang dipimpin oleh Letda Inf Arjunti Harahap melaksanakan kegiatan pemeriksaan ini secara rutin dan terus menerus dengan tetap mengedepankan faktor keamanan dan kewaspadaan serta bersikap ramah terhadap masyarakat.



Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 131/Brs Letkol Inf Muhammad Erfani S.H.,M.Tr(Han) dalam rilik tertulisnya di Skouw Distrik Muara Tami, Jayapua.(06/07/2021).

"Sasaran sweeping ini adalah identitas diri masyarakat yang melintas dan barang-barang yang dicurigai, kegiatan ini juga bertujuan agar masyarakat patuh terhadap aturan pemerintah tentang larangan miras serta patuh terhadap hukum", tegas Dansatgas

Ia berharap dengan adanya kegiatan sweeping masyarakat dapat taat terhadap hukum dan tidak membawa barang terlarang demi keamanan lingkungan serta ikut dalam menjaga keamanan di wilayah perbatasan RI-PNG.

Ditempat terpisah Danpos mengatakan bahwa daerah perbatasan sering dimanfaatkan oleh pelaku penyelundupan dalam mencari keuntungan pribadi.
"Untuk mengelabui petugas mereka sering memanfaatkan jalur tikus yang ada di desa-desa untuk menghindari pemeriksaan kelengkapan dokumen dari petugas keamanan", tambahnya.

Di balik kegiatan tersebut masyarakat merasa sangat terbantu atas terselenggaranya kegiatan sweeping seperti ini, sehingga angka pelanggaran dan kriminal jauh berkurang. *

Medan, Aktual News-Kapolda Sumut Irjen Pol Drs. Panca Putra, S. M.Si mengajak semua elemen masyarakat terlibat aktif dalam Vaksinasi, hal itu disampaikan kepada seluruh Kapolres Jajaran sesaat setelah melakukan analisa dan evaluasi dengan Mabes Polri, Senin (5/7/2021).

Kapoldasu mengajak, Mahasiswa dan civitas akademik, organisasi kemahasiswaan dan pemuda, Organisasi Masyarakat (Ormas) serta Pokdar Kamtibmas untuk terlibat lansung dalam akselerasi percepatan vaksinasi guna mencapai target hard immunity.

“Ajak civitas akademika, dari Universitas yang ada di daerah masing-masing, Rekan-rekan dari organisasi kepemudaan, Pokdar kamtibmas, mahasiswa dan elemen masyarakat lainnya untuk bisa terlibat langsung di dalam kegiatan akselerasi percepatan vaksinasi,” kata Kapolda.

Dengan begitu, Kapolda berharap target pemerintah 1 juta dosis vaksin perhari dapat segera tercapai serta dapat meningkatkan terget berikutnya dengan memperluas titik-titik vaksinasi massal baik melalui gerai atau lokasi yang lainnya.

“Untuk itu saya memerintahkan kepada para Kapolres terus berkoordinasi dan bersinergi dengan TNI dan Pemda untuk mengajak rekan-rekan dari Mahasiswa Ormas dan yang lainnya untuk ikut bergabung dalam akselerasi Vaksinasi.” tegas Kapolda.

Kapoldasu juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh Jajaran dan tenaga kesehatan yang telah bekerja keras tanpa mengenal hari libur untuk mengendalikan pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini melalui proses vaksinasi kepada masyarakat.

“Saya minta tetap jaga kesehatan, atur yang baik Mekanismenya vaksin agar masyarakat tetap terlayani, namun begitu petugas tetap sehat, saya memberikan dukungan penuh, kita bersama-sama menghadapi Pandemi ini dengan kesabaran dan kerja keras, teruslah berbuat baik,” Pungkas Kapolda Sumut. [ Red/Akt-35/Ansary ]

 

Aktual News

Simalungun, Aktual News-Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga SH melantik Sudiahman Saragih SH sebagai penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Simalungun, bertempat di balei Harungguan Kantor Bupati Simalungun Pamatang Raya, Sumut, Selasa (6/7/2021).

Sebagai saksi dalam pelantikan penjabat Sekda tersebut Asisten Bidang Adaministrasi dan Umum Drs Jon Suka Jaya, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesra Akmal Harif Siregar, S.Kom, M.Si dan rohaniawan.

Pelantikan penjabat Sekda Kabupaten Simalungun sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Bupati Simalungun Nomor: 188.45/12010/27.3/2021tanggal 1 Juli 2021 tentang pengangkatan penjabat Sekretaris Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Simalungun, dan surat Gubernur Sumatera Utara Nomor: 800/6046/2021 tanggal 29 Juni 2021 perihal persetujuan penghunjukan penkabat sekretaris daerah Kabupaten Simalungun.

Dalam arahannya Bupati Simalungun menyampaikan pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan hari ini untuk mengisi kekosongan jabatan sekda, yang diharapkan pelaksanaan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan dapat tetap berjalan sesuai dengan tahapan yang telah di tetapkan.

Kedudukan penjabat Sekda memiliki kewenangan yang sama dengan jabatan sekda defenitif. Oleh karena itu, kepada jajaran perangkat daerah serta para pejabat, pimpinan tinggi pratama, untuk saling berkoordinasi dalam melaksanakan tugas demi pencapaian tujuan pembangunan daerah Kabupaten Simalungun.

Kepada seluruh aparatur dan penjabat yang baru di lantik untuk secara bersama-sama dan saling bahu membahu menghadapi tantangan kedepan dan bersatu padu untuk mewujudkan visi dan misi Kabupaten Simalungun sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Pencapaian visi dan misi ini mustahil tercapai tanpa kebersamaan dan kesatuan dengan stakeholder yang ada di tanoh Habonaron Do Bona ini. Keberhasilan yang telah kita capai, adalah berkat kerja keras dan kerjasama seluruh aparatur di semua tingkatan yang didukung oleh seluruh elemen masyarakat.

Pekerjaan ke depan mamang tidak ringan, penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis ilmu pengetahuan dan tekhnologi informasi harus di kembangkan dalam upaya meningkatkan kwalitas pencapaian program pembangunan yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan pelayanan publik.

Pelantikan penjabat Sekda tersebut dihadiri oleh staf Ahli Bupati, Asisten dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dijajaran Pemkab Simalungun, Ketua TP PKK, dan undangan terbatas dengan menjalankan protokol kesehatan. [ Red/Akt-35/Ansary ]

 

Aktual News

Labuhanbatu, Aktual News-PJ.Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang, S.Pi, M.Si Pimpin Rapat Kordinasi Pembahasan Tindak Lanjut Rencana Penutupan Hiburan Malam diwilayah Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Senin 5 juli 2021 di Ruang Rapat Bupati jalan WR.Supratman Kecamatan Rantau Selatan. Bersama AL-UOIS, Kodim 0209/LB, Polres Labuhanbatu, DPRD Kabupaten Labuhanbatu beserta OPD terkait.

Rapat dimaksud terlaksana menindaklanjuti surat dari Aliansi Ummat dan Ormas Islam (AL-UOIS) Kabupaten Labuhanbatu Nomor : 02/SP/VI/AU/2021 tanggal 10 Juni 2021 perihal Permohonan Dukungan, yang mana dalam surat tersebut AL-UOIS Kabupaten Labuhanbatu bermohon kepada Pimpinan DPRD Kabupaten Labuhanbatu agar mendesak Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu untuk Menutup Tempat Hiburan Malam yang membuat Ummat Islam Kabupaten Labuhanbatu menjadi resah dikarenakan aktivitas tempat hiburan malam tersebut telah melanggar nilai-nilai agama, nilai-nilai kearifan lokal, serta melanggar hukum formil.

Dalam kesempatan itu Pj Bupati Labuhanbatu menjelaskan bahwa segala tempat hiburan malam yang melanggar ketentuan akan kita tutup. Kita juga akan memanggil pelaku usaha tempat hiburan malam yang memiliki izin, jika tidak memiliki izin secara automatis ditutup.

Pj Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang, S.Pi, M.Si menegaskan bahwa akan menutup tempat hiburan malam yang tidak memiliki izin, kemudian akan melakukan penertiban kepada tempat hiburan malam yang tidak sesuai ketentuan.

Turut hadir Kasdim 0209/LB Mayor Arh Muji Santoso, Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, S.I.K, M.H., Wakil Ketua DPRD Labuhanbatu Muhammad Arsyad Rangkuti, Pimpinan OPD terkait, Camat Rantau Selatan, Lurah Ujung Bandar, Lurah Lobusona, dan Perwakilan AL-UOIS Kabupaten Labuhanbatu. [ Red/Akt-01 ]

 

 

Aktual News

Bogor, Aktual NewsDitengah Masa Pandemi Jelah Lebaran Haji Penjualan Hewan Qurban di Wilayah Laladon Tampak Mulai Dikunjungi

Penjualan sapi yang berada di wilayah bogor kini sudah mulai di kunjungi oleh pembeli yang berada di wilayah jabotabek .

Saat dikunjungi oleh awak media Aktual News Pada (06/06/2021) Selasa siang sekitar pukul 03.15 di Lapak penjualan sapi Ciherang lingkar Laladon, Bogor.
Lukman pemilik sapi asal Bima menjelaskan “Setiap tahunnya kita jual namun tahun ini agak bermasalah karena berkaitan dengan Pandemi Covid-19,
Terkait dengan PPKM ya jadi bagaimana cari solusinya supaya lancar, sekitar 3800 ekor sapi mudah mudahan bisa terjual semua dan sementara terjual baru 7000 sapi” jelasnya.

Lukman pun menambahan ” jenis sapi ada kelasnya dari harga 16 juta hingga 20 juta hingga 27 juta dan ada yang super harga hingga 30 juta, jenis kelas a,b,c,d
Pengiriman dengan pelayanan baik sejabotabek dan gratis biaya pengiriman”pungkasnya.

Dalam hari H-1 semua sapi yang di pesan sudah terkirim ke pembeli.
Harapannya semua lancar dan penjualan bisa hingga 90 %
dan juga selalu tetap menjaga protokol kesehatan.[ Red/Akt-07/Kusawanto ]

 

Aktual News

 

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Seiring lonjakan kasus Covid-19, limbah infeksius juga semakin meningkat. Terutama, limbah dari para penderita Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri. Limbah infeksius yang dibuang sembarangan sangat berpotensi menyebarkan virus. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mencatat jumlah limbah medis meningkat 30 persen sejak pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattaliti, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk saling mengingatkan dan membuang limbah infeksius secara benar.

“Pembuangan limbah medis yang aman dan efisien ini merupakan komponen penting dari upaya respons yang komprehensif dalam mengurangi penyebaran virus. Karena itu, limbah infeksius harus dikelola dengan baik,” kata LaNyalla, Senin (5/7/2021).

Sebagaimana dijelaskan United Nations Children’s Fund (UNICEF), sampah yang dihasilkan dari rumah dengan suspek Covid-19 atau pasien positif, berpotensi menularkan virus corona kepada orang lain yang kontak dengan sampah tersebut. Misalnya sampah seperti masker medis, sisa makanan, tisu bekas, plastik bekas minuman dan makanan, kertas bekas makanan dan minuman dan lain-lain.

Dengan alasan tersebut, LaNyalla meminta masyarakat mengikuti buku panduan pengelolaan sampah infeksius yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Seperti membuang sampah infeksius secara terpisah dengan sampah lain, yakni dengan memasukkan dalam kantong sampah dan tutup rapat. Bila perlu, plastik tersebut diberi keterangan ‘limbah infeksi’.

Kemudian, sampah tisu dan sampah masker disemprot terlebih dahulu dengan disenfektan atau alkohol 70 persen sebelum dibuang ke tempat sampah.

“Agar tidak membahayakan orang lain, masyarakat yang sedang isolasi mandiri harus memusnahkan limbah medis yang digunakan. Jika tidak memiliki alatnya, lebih baik langsung dibakar daripada dibuang ke tempat sampah,” tutur LaNyalla.

Selain warga yang sedang menjalani isolasi mandiri untuk mengelola sampah infeksius secara benar, Senator asal Jawa Timur ini juga mengimbau para petugas pengumpul sampah lebih waspada saat mengambil dan mengangkut sampah agar tidak terinfeksi.

“Para petugas pengambil sampah harus berhati-hati. Perlu kiranya menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan sarung tangan, masker dan menyiapkan kantong sampah tersendiri untuk memisahkan sampah infeksius,” tandasnya.

Mantan Ketua Umum PSSI itu juga meminta agar Satgas Covid pusat dan daerah, dinas kesehatan, aparat pemerintahan dari tingkat tertinggi dan RT/RW untuk memberikan edukasi terkait pengelolaan limbah medis.

“Jadi yang diperlukan tidak hanya mendata pasien dan memantau kesehatannya, tapi perlu juga memberikan edukasi secara komprehensif mengenai pengelolaan limbah medis ini supaya tidak menyebarkan virus ke sekelilingnya lagi,” ujar dia. (*)

NUSANTARAEXPRESS, FEZ, MOROCCO - His Majesty King Mohammed VI chaired this Monday July 5, 2021 at the Royal Palace of Fez, the ceremony of launching and signing of agreements related to the project of fill-finish manufacturing of the anti-Covid19 vaccine and other vaccines in Morocco. This structuring project is part of the Sovereign's willingness to provide the Kingdom with complete and integrated industrial and biotechnological capacities, dedicated to the manufacture of vaccines in Morocco.

It aims to produce in our country the anti-Covid vaccine, as well as other key vaccines, in order to promote the Kingdom's self-sufficiency and to make Morocco a leading biotechnology platform on the African continent and the world in the field of the "fill & finish" industry. The project, which is the result of a public-private partnership, intends to start in the short term with a production capacity of 5 million doses of Covid19 vaccine per month, before gradually increasing this capacity in the medium term. The project will require an overall investment of about $500 million.

With the launch of this large-scale partnership that takes place after the phone conversation of August 31, 2020 between His Majesty King Mohammed VI and His Excellency Xi JINPING, president of the People's Republic of China, Morocco is taking a further step in the achievement of the Royal vision for an effective and proactive management of the pandemic crisis and its consequences. While strengthening the Kingdom's health sovereignty, the project presented to the Sovereign confirms Morocco's international influence and reinforces its vocation as a provider of health security within its regional and continental environment, in the face of health risks, external dependencies and political contingencies.

At the beginning of this ceremony, and after an introductory speech by the minister of Health, Samir Machour, an international expert in industrial biotechnology and currently vice-president of Samsung Biologics, presented the project of fill-finish manufacturing in Morocco of the anti-Covid19 vaccine and other vaccines. Afterwards, CEO of the Sinopharm Group, Liu Jingzhen, made a remote presentation from China. CEO of Recipharm, Marc Funk, also presented the project to establish vaccine manufacturing capacities in Morocco.

On this occasion, and after presentation of the objectives and components of the project, three important agreements were signed before His Majesty the King, namely:

1. The Memorandum of Understanding on the cooperation for the anti-Covid19 vaccine between the Moroccan State and the National Pharmaceutical Group of China (SINOPHARM), signed by minister of Health, Khalid Ait Taleb, and president of the Sinopharm Group, Liu Jingzhen.

2. The Memorandum of Understanding on the establishment of vaccine manufacturing capacities in the Kingdom of Morocco between the Moroccan State and the company Recipharm, signed by minister of Economy, Finance and Administration Reform, and chairman of the board of directors of the Mohammed VI Fund for Investment, Mohamed Benchaaboune, CEO of the company Recipharm, Marc Funk, and the representative of the consortium of Moroccan banks, Othmane Benjelloun.

3. The contract for the provision to the Moroccan State of the aseptic filling facilities of the Société de Thérapeutique Marocaine (Sothema) for the manufacturing of the anti-Covid19 vaccine owned by Sinopharm between the Moroccan State and Sothema, signed by minister of Health, Khalid Ait Taleb, and CEO of Sothema, Lamia Tazi.

In addition to the signatories, the ceremony was also attended by head of Government, Saad Eddine El Otmani, advisor to His Majesty the King, Fouad Ali El Himma, minister of Foreign Affairs, African Cooperation and Moroccans Abroad, Nasser Bourita, CEO of Attijariwafa-Bank, Mohamed Kettani, and CEO of Banque Populaire, Mohamed Karim Mounir. (PERSISMA/Red)

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu m lalui Asisten III Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Zaid Harahap Tindak lanjuti Amanat Pasal (9) Permendagri 86 Tahun 2017, Perencanaan berbasis THIS (Tematik, Holistik, Integratif, dan Spasial) serta Perpres No. 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024 yaitu Pengembangan Pemukiman Nelayan Maju dengan melakukan Rapat Persiapan Akhir Pencanangan Kawasan Kampung Nelayan Maju di Ruang Rapat Bupati.jalan SM.Raja Kecamatan Rantau Selatan Sabtu (03/07/2021).

Rapat dimaksud menindak lanjuti rencana pemerintah kabupaten labuhanbatu melakukan rapat dalam Pencanangan Kawasan Nelayan Maju yang akan dicanangkan di Desa Sei Sanggul, Desa Sei Baru, dan Desa Sei Sakat Kelurahan Sei Berombang Kecamatan Panai Hilir pada hari tanggal 05 Juli 2021 mendatang.



Asisten III Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Zaid Harahap berharap agar kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik, dan meminta kepada masing-masing OPD beserta Camat Panai Hilir untuk saling membantu segala sarana dan prasana dalam mensukseskan pelaksanaan Pencanangan Kawasan Nelayan Maju di Kecamatan Panai Hilir.

Zaid Harahap juga berpesan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan covid 19, seperti mempersiapkan Tempat Cuci Tangan, Masker, dan Hand Sinitizer di lokasi acara.



Dalam kesempatan itu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Hobol Zulkifli Rangkuti, S.Sos, M.M menjelaskan bahwa selain Pencanangan Kawasan Nelayan Maju juga ada beberapa Rencana Pengembangan Potensi Sumber Daya Alam dan Produk Unggulan Daerah secara Terintegrasi dari Hulu sampai Hilir Berbasis Kawasan Andalan (Tematik, Holistik, Integratif, dan Spasial) di Kabupaten Labuhanbatu yaitu :
1. Kawasan Desa Berinovasi/Agro Tecno Park di Desa Sei Siarti, Selat Beting, Sei Pelancang, dan Bagan Bilah Kecamatan Panai Tengah.
2. Kawasan Pertanian Terintegrasi di Desa Sei Penggantungan Kecamatan Panai Hilir.
3. Kawasan Mina Agro Ekowisata di Desa Sei Tawar Kecamatan Panai Hilir.

Turur hadir Para Kepala OPD, masing-masing perwakilan opd, Camat Panai Hilir, dan tamu undangan. [Rahmad]

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - PJ. Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang, S.Pi, M.Si Pimpin Rapat Kordinasi Pembahasan Tindak Lanjut Rencana Penutupan Hiburan Malam di wilayah Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Senin 5 juli 2021 di Ruang Rapat Bupati jalan WR.Supratman Kecamatan Rantau Selatan. Bersama AL-UOIS, Kodim 0209/LB, Polres Labuhanbatu, DPRD Kabupaten Labuhanbatu beserta OPD terkait.



Rapat dimaksud terlaksana menindaklanjuti surat dari Aliansi Ummat dan Ormas Islam (AL-UOIS) Kabupaten Labuhanbatu Nomor : 02/SP/VI/AU/2021 tanggal 10 Juni 2021 perihal Permohonan Dukungan, yang mana dalam surat tersebut AL-UOIS Kabupaten Labuhanbatu bermohon kepada Pimpinan DPRD Kabupaten Labuhanbatu agar mendesak Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu untuk Menutup Tempat Hiburan Malam yang membuat Ummat Islam Kabupaten Labuhanbatu menjadi resah dikarenakan aktivitas tempat hiburan malam tersebut telah melanggar nilai-nilai agama, nilai-nilai kearifan lokal, serta melanggar hukum formil.



Dalam kesempatan itu Pj Bupati Labuhanbatu menjelaskan bahwa segala tempat hiburan malam yang melanggar ketentuan akan kita tutup. Kita juga akan memanggil pelaku usaha tempat hiburan malam yang memiliki izin, jika tidak memiliki izin secara automatis ditutup.

Pj Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang, S.Pi, M.Si menegaskan bahwa akan menutup tempat hiburan malam yang tidak memiliki izin, kemudian akan melakukan penertiban kepada tempat hiburan malam yang tidak sesuai ketentuan.

Turut hadir Kasdim 0209/LB Mayor Arh Muji Santoso, Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, S.I.K, M.H., Wakil Ketua DPRD Labuhanbatu Muhammad Arsyad Rangkuti, Pimpinan OPD terkait, Camat Rantau Selatan, Lurah Ujung Bandar, Lurah Lobusona, dan Perwakilan AL-UOIS Kabupaten Labuhanbatu. [Rahmad]

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Berdasarkan pasal (9) Permendagri 86 tahun 2017, perencanaan berbasis tematik, holistik, integratif dan spasial, Perpres Nomor 18 tahun 2020 tentang rencana pembangunan jangka menengah nasional 2020-2024, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dipimpin langsung oleh PJ.Bupati Labuhanbatu Muliyadi Simatupang, S.Pi, M.Si, menetapkan 3 desa yang ada di kecamatan panai Hilir sebagai kawasan Kampung nelayan maju.

Hal ini ini ditetapkan oleh PJ. Bupati Labuhanbatu pada saat pencanangan kawasan Kampung nelayan maju di desa Sungai Sanggul Kecamatan Panai Hilir Kabupaten Labuhanbatu, Senin 5 Juli 2021, Adapun ketiga desa yang dimaksud yakni Desa Sungai Sanggul, Desa Sungai Baru dan desa Sungai Sakat.



Penetapan kampung nelayan maju merupakan salah satu inovasi daerah replikasi dari program kementerian Kelautan dan Perikanan RI dalam rangka menciptakan pemukiman nelayan yang bersih, sehat dan nyaman serta melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan taraf hidup nelayan,ungkap PJ.Bupati Diselah kata sambutannya.

Lebih lanjut dijelaskan PJ.Bupati Labuhanbatu, pada umumnya kampung nelayan memiliki karakteristik seperti pemukiman yang padat, air minum yang kurang memadai, infrastruktur jalan, drainase dan sanitasi yang masih perlu ditingkatkan serta persampahan yang urgen untuk dikelola serta perlunya alternatif peningkatan pendapatan nelayan.mewujudkan kampung nelayan dengan kondisi tersebut menjadi kampung nelayan maju bukanlah hal yang mustahil jika seluruh komponen masyarakat, perangkat desa, unsur muspika Kecamatan para opt dan stakeholder dapat bersinergi dan gotong-royong secara berkelanjutan sehingga permasalahan-permasalahan di kampung nelayan dapat teratasi demi terciptanya kualitas permukiman dan sumber daya manusia yang lebih baik.



Upaya kolaboratif tersebut perlu terus di monitoring dan evaluasi secara berkelanjutan sesuai dengan target indikator kinerja yang ditetapkan. Hal ini mulai dari penyusunan dokumen, perencanaan berbasis tematik, holistik, integratif dan spasial (THIS), dengan indikator yang terukur yang diintegrasikan dalam dokumen perencanaan baik RPJMD, RENSTRA, RPJMDES serta didukung oleh sistem inovasi daerah ( SIDA) yang relevan.

Di akhir pidatonya Mulyadi Simatupang berpesan kepada seluruh stakeholder untuk memberikan perhatian yang serius, upaya promosi menciptakan peluang investasi untuk menarik minat Para investor menanamkan modalnya di sektor perikanan di kecamatan panai Hilir ini, sehingga kedepan ada produk unggulan perikanan yang dihasilkan dari Kabupaten Labuhanbatu,terbukanya lapangan pekerjaan yang tentunya akan berdampak kepada kesejahteraan nelayan.Tegas Muliyadi.



Sementara itu Plt, Camat Panai Hilir Hadmansyah mengatakan, potensi perikanan tangkap sudah sewajarnya menjadi potensi unggulan daerah Kabupaten Labuhanbatu dan harus berdampak pada kesejahteraan nelayan. Jumlah nelayan sebanyak 2.523 KK, 1.330 unit kapal tangkap ikan, maka produksi perikanan tangkap akan sangat besar dihasilkan dari potensi ini untuk dipasarkan baik dalam bentuk segar maupun olahan berbagai bahan makanan.

Dari itu saya berharap kepada stakeholder yang ada, mari bergandeng tangan untuk mewujudkan dan mensukseskan apa yang telah dicanangkan dan ditetapkan oleh PJ Bupati Labuhanbatu, agar cita-cita kampung nelayan maju dapat terwujud.harapnya.

Di sisi lain panitia pelaksana kegiatan pencanangan kampung nelayan maju, Kaban Bappeda labuhanbatu hobbol Z Rangkuti, melaporkan adapun tujuan dicanangkannya kawasan Kampung nelayan maju diantaranya untuk menciptakan kawasan Kampung nelayan yang bersih, sehat dan nyaman serta meningkatkan kualitas hidup Masyarakat khususnya nelayan yang baik dan juga sebagai sentra produk unggulan daerah sektor perikanan di Kabupaten Labuhanbatu.



Rangkaian acara yang disaksikan ratusan nelayan sekitar, Bupati Labuhanbatu Muliyadi Simatupang, S.Pi,M.Si, didampingi Asisten II Akmal, Asisten III Zaid Harahap, SE, Kaban Litbang Juhri, Kaban BAPPEDA Hobbol Z Rangkuti dan Camat Panai Hilir Hadmansyah membuka forum diskusi bersama nelayan sekitar terkait keluhan kendala nelayan dalam memperoleh BBM dan disambut baik oleh PJ Bupati, yang mana beliau yang juga menjabat sebagai Kadis Perikanan dan Kelautan Provsu akan berusaha mencari jalan keluarnya.

Usai melakukan diskusi, PJ.Bupati beserta rombongan meninjau salah satu kelompok nelayan yakni kelompok nelayan "Sehati" yang ada dikampung nelayan Desa Sungai Sanggul.

Terlihat juga hadir mendampingi PJ Bupati Labuhanbatu dilokasi, PJ.Ketua TP.PKK Kabupaten Labuhanbatu Ny. Sutiar Ningsih Mulyadi Simatupang,S.Pi,M.Si, perwakilan dari Kepala OPD, Unsur Muspika Panai Hilir, para kepala Desa Se- Kecamatan Panai Hulu, Toga, Tomas dan diikuti oleh intansi Lembaga PT.PLN area Labuhanbilik, Mahasiswa ULB, PAMSIMAS III Labuhanbatu dan Kelompok kampung nelayan maju. [Rahmad]

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - "Kementerian pemuda dan olahraga (Kemenpora) kembali melaksanakan program pemuda mandiri membangun desa (PMMD) di hampir setiap provinsi dan kabupaten kota se-Indonesia, Progam ini bertujuan untuk pemuda di desa dan kelurahan yang ada di seluruh Indonesia agar dapat meningkatkan kapasitas dan nilai pemuda itu sendiri" Ucap Pendamping PMMD Sumut Maniso,ST, Senin (5/6/2021) melalui selulernya.



Hadirnya program ini tentu sangat disambut antusias oleh para pemuda yang ada di desa masing-masing, bagaimana tidak progam ini sangat membantu meningkatkan kapasitas para pemuda, PMMD ini sudah berjalan semenjak Tahun 2017 hingga sekarang, untuk provinsi Sumut khususnya dipercaya oleh Kemenpora sejak tahun 2018, dan salah satu kabupaten yang dipercaya kabupaten Labuhanbatu sendiri. Ucap salah satu Ketua Ormas di Kabupaten Labuhanbatu ini.

Lebih lanjut dijelaskanya, Program unggulan PMMD adalah Peningkatan Kapasitas, Pemuda Tanggap Bencana, Keolahragaan dan Kearifan Lokal. Semua ini di khususkan kepada para pemuda yang ada di desa masing-masing, tambah Maniso, ST.



Salah satu Peserta PMMD Kabupaten Labuhanbatu Muhammad Azliansyah Nasution ketika ditemui awak media ini dirumahnya mengungkapkan sangat bahagia menjadi bagian peserta program ini, bagaimana tidak progam ini sangat membantu para peserta dan relawan yang ada di desa. "Harapan kita output dari program ini selain Pemuda berdaya guna dan tentunya mempunyai wawasan yang luas mereka juga menjadi relawan di desa masing-masing", harap Azly. [Rahmad]

Bogor, Aktual News Penjualan sapi ditengah pandemi Covid_19 di bogor sudah mulai dikunjungi oleh pembeli.

Saat ditemui oleh awakmedia aktualnews pada (06/06/2021) di Laladon, Bogor.
Budi penjual sapi sekaligus pemilik sapi asal solo jawa-tengah yang area penjualanya di lapak sekitar Laladon menjelaskan,” kami menjual sapi jenis po kecil, sedang dan besar untuk jenis sapi yang kecil perekor 20 juta dan yang sedang 23 juta sedangkan yang besar 25 hingga 26 juta,” jelasnya.

Pengiriman sejabotabek dan pengiriman biasanya H-1 sapi sudah terkirim, ada kendala pada penjualan sapi menurun dipandmi Covid-19 omset menurun.
Mengharapkan penjualan lancar dan tidak ada kendala dan selalu menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan. [Red/Akt-07/Koswan]

 

Aktual News

Labuhanbatu, Aktual NewsPemerintah Kabupaten Labuhanbatu m lalui Asisten III Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Zaid Harahap Tindak lanjuti Amanat Pasal (9) Permendagri 86 Tahun 2017, Perencanaan berbasis THIS (Tematik, Holistik, Integratif, dan Spasial) serta Perpres No. 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024 yaitu Pengembangan Pemukiman Nelayan Maju dengan melakukan Rapat Persiapan Akhir Pencanangan Kawasan Kampung Nelayan Maju di Ruang Rapat Bupati.jalan SM.Raja Kecamatan Rantau Selatan Sabtu 03/07/2021.

Rapat dimaksud menindak lanjuti rencana pemerintah kabupaten labuhanbatu melakukan rapat dalam Pencanangan Kawasan Nelayan Maju yang akan dicanangkan di Desa Sei Sanggul, Desa Sei Baru, dan Desa Sei Sakat Kelurahan Sei Berombang Kecamatan Panai Hilir pada hari tanggal 05 Juli 2021 mendatang.

Asisten III Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Zaid Harahap berharap agar kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik, dan meminta kepada masing-masing OPD beserta Camat Panai Hilir untuk saling membantu segala sarana dan prasana dalam mensukseskan pelaksanaan Pencanangan Kawasan Nelayan Maju di Kecamatan Panai Hilir.

Zaid Harahap juga berpesan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan covid 19, seperti mempersiapkan Tempat Cuci Tangan, Masker, dan Hand Sinitizer di lokasi acara.

Dalam kesempatan itu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Hobol Zulkifli Rangkuti, S.Sos, M.M menjelaskan bahwa selain Pencanangan Kawasan Nelayan Maju juga ada beberapa Rencana Pengembangan Potensi Sumber Daya Alam dan Produk Unggulan Daerah secara Terintegrasi dari Hulu sampai Hilir Berbasis Kawasan Andalan (Tematik, Holistik, Integratif, dan Spasial) di Kabupaten Labuhanbatu yaitu :
1. Kawasan Desa Berinovasi/Agro Tecno Park di Desa Sei Siarti, Selat Beting, Sei Pelancang, dan Bagan Bilah Kecamatan Panai Tengah.
2. Kawasan Pertanian Terintegrasi di Desa Sei Penggantungan Kecamatan Panai Hilir.
3. Kawasan Mina Agro Ekowisata di Desa Sei Tawar Kecamatan Panai Hilir.

Turur hadir Para Kepala OPD, masing-masing perwakilan opd, Camat Panai Hilir, dan tamu undangan.[ Red/Akt-01 ]

 

 

Aktual News

Labuhanbatu, Aktual News-Berdasarkan pasal (9) Permendagri 86 tahun 2017, perencanaan berbasis tematik, holistik, integratif dan spasial, Perpres Nomor 18 tahun 2020 tentang rencana pembangunan jangka menengah nasional 2020-2024, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dipimpin langsung oleh PJ.Bupati Labuhanbatu Muliyadi Simatupang, S.Pi, M.Si, menetapkan 3 desa yang ada di kecamatan panai Hilir sebagai kawasan Kampung nelayan maju.

Hal ini ini ditetapkan oleh PJ. Bupati Labuhanbatu pada saat pencanangan kawasan Kampung nelayan maju di desa Sungai Sanggul Kecamatan Panai Hilir Kabupaten Labuhanbatu, Senin 5 Juli 2021, Adapun ketiga desa yang dimaksud yakni Desa Sungai Sanggul, Desa Sungai Baru dan desa Sungai Sakat.

Penetapan kampung nelayan maju merupakan salah satu inovasi daerah replikasi dari program kementerian Kelautan dan Perikanan RI dalam rangka menciptakan pemukiman nelayan yang bersih, sehat dan nyaman serta melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan taraf hidup nelayan,ungkap PJ.Bupati Diselah kata sambutannya.

Lebih lanjut dijelaskan PJ.Bupati Labuhanbatu, pada umumnya kampung nelayan memiliki karakteristik seperti pemukiman yang padat, air minum yang kurang memadai, infrastruktur jalan, drainase dan sanitasi yang masih perlu ditingkatkan serta persampahan yang urgen untuk dikelola serta perlunya alternatif peningkatan pendapatan nelayan mewujudkan kampung nelayan dengan kondisi tersebut menjadi kampung nelayan maju bukanlah hal yang mustahil jika seluruh komponen masyarakat, perangkat desa, unsur muspika Kecamatan para opt dan stakeholder dapat bersinergi dan gotong-royong secara berkelanjutan sehingga permasalahan-permasalahan di kampung nelayan dapat teratasi demi terciptanya kualitas permukiman dan sumber daya manusia yang lebih baik.

Upaya kolaboratif tersebut perlu terus di monitoring dan evaluasi secara berkelanjutan sesuai dengan target indikator kinerja yang ditetapkan. Hal ini mulai dari penyusunan dokumen, perencanaan berbasis tematik, holistik, integratif dan spasial (THIS), dengan indikator yang terukur yang diintegrasikan dalam dokumen perencanaan baik RPJMD, RENSTRA, RPJMDES serta didukung oleh sistem inovasi daerah ( SIDA) yang relevan.

“Di akhir pidatonya Mulyadi Simatupang berpesan kepada seluruh stakeholder untuk memberikan perhatian yang serius, upaya promosi menciptakan peluang investasi untuk menarik minat Para investor menanamkan modalnya di sektor perikanan di kecamatan panai Hilir ini, sehingga kedepan ada produk unggulan perikanan yang dihasilkan dari Kabupaten Labuhanbatu,terbukanya lapangan pekerjaan yang tentunya akan berdampak kepada kesejahteraan nelayan,” tegas Muliyadi.

Sementara itu Plt, Camat Panai Hilir Hadmansyah mengatakan, potensi perikanan tangkap sudah sewajarnya menjadi potensi unggulan daerah Kabupaten Labuhanbatu dan harus berdampak pada kesejahteraan nelayan. Jumlah nelayan sebanyak 2.523 KK, 1.330 unit kapal tangkap ikan, maka produksi perikanan tangkap akan sangat besar dihasilkan dari potensi ini untuk dipasarkan baik dalam bentuk segar maupun olahan berbagai bahan makanan.

“Dari itu saya berharap kepada stakeholder yang ada, mari bergandeng tangan untuk mewujudkan dan mensukseskan apa yang telah dicanangkan dan ditetapkan oleh PJ Bupati Labuhanbatu, agar cita-cita kampung nelayan maju dapat terwujud,” harapnya.

Di sisi lain panitia pelaksana kegiatan pencanangan kampung nelayan maju, Kaban Bappeda labuhanbatu hobbol Z Rangkuti, melaporkan adapun tujuan dicanangkannya kawasan Kampung nelayan maju diantaranya untuk menciptakan kawasan Kampung nelayan yang bersih, sehat dan nyaman serta meningkatkan kualitas hidup Masyarakat khususnya nelayan yang baik dan juga sebagai sentra produk unggulan daerah sektor perikanan di Kabupaten Labuhanbatu.

Rangkaian acara yang disaksikan ratusan nelayan sekitar, Bupati Labuhanbatu Muliyadi Simatupang, S.Pi,M.Si, didampingi Asisten II Akmal, Asisten III Zaid Harahap, SE, Kaban Litbang Juhri, Kaban BAPPEDA Hobbol Z Rangkuti dan Camat Panai Hilir Hadmansyah membuka forum diskusi bersama nelayan sekitar terkait keluhan kendala nelayan dalam memperoleh BBM dan disambut baik oleh PJ Bupati, yang mana beliau yang juga menjabat sebagai Kadis Perikanan dan Kelautan Provsu akan berusaha mencari jalan keluarnya.

Usai melakukan diskusi, PJ.Bupati beserta rombongan meninjau salah satu kelompok nelayan yakni kelompok nelayan “Sehati” yang ada dikampung nelayan Desa Sungai Sanggul.

Terlihat juga hadir mendampingi PJ Bupati Labuhanbatu dilokasi, PJ.Ketua TP.PKK Kabupaten Labuhanbatu Ny. Sutiar Ningsih Mulyadi Simatupang,S.Pi,M.Si, perwakilan dari Kepala OPD, Unsur Muspika Panai Hilir, para kepala Desa Se- Kecamatan Panai Hulu, Toga, Tomas dan diikuti oleh intansi Lembaga PT.PLN area Labuhanbilik, Mahasiswa ULB, PAMSIMAS III Labuhanbatu dan Kelompok kampung nelayan maju. [ Red/Akt-01 ]

 

Aktual News

Labuhanbatu, Aktual News-” Kementeria pemuda dan olahraga (Kemenpora) kembali melaksanakan program pemuda mandiri membangun desa (PMMD) di hampir setiap provinsi dan kabupaten kota se-Indonesia, Progam ini bertujuan untuk pemuda di desa dan kelurahan yang ada di seluruh Indonesia agar dapat meningkatkan kapasitas dan nilai pemuda itu sendiri” Ucap Pendamping PMMD Sumut Maniso,ST, Senin 5/6/2021melalui selulernya.

Hadirnya program ini tentu sangat disambut antusias oleh para pemuda yang ada di desa masing-masing, bagaimana tidak progam ini sangat membantu meningkatkan kapasitas para pemuda, PMMD ini sudah berjalan semenjak Tahun 2017 hingga sekarang, untuk provinsi Sumut khususnya dipercaya oleh Kemenpora sejak tahun 2018, dan salah satu kabupaten yang dipercaya kabupaten Labuhanbatu sendiri.Ucap Ketua salah satu ormas diKabupaten Labuhanbatu ini.

Lebih lanjut dijelaskanya, Program unggulan PMMD adalah Peningkatan Kapasitas, Pemuda Tanggap Bencana, Keolahragaan dan Kearifan Lokal. Semua ini di khususkan kepada para pemuda yang ada di desa masing-masing, tambah Maniso,ST.

Salah satu Peserta PMMD Kabupaten Labuhanbatu Muhammad Azliansyah Nasution ketika ditemui awak media ini dirumahnya mengungkapkan sangat bahagia menjadi bagian peserta program ini, bagaimana tidak progam ini sangat membantu para peserta dan relawan yang ada di desa. “Harapan kita output dari program ini selain Pemuda berdaya guna dan tentunya mempunyai wawasan yang luas mereka juga menjadi relawan di desa masing-masing”, harap Azly. [ Red/Akt-01 ]

 

Aktual News

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate memimpin Upacara Apel Persada Pertiwi dalam pemakaman Menteri Penerangan Republik Indonesia periode 1983-1997, H. Harmoko, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (05/07/2021). Menkominfo tiba di lokasi sekira pukul 10.45 WIB mengenakan jas hitam, kemeja putih, dan dasi abu-abu.

Mewakili Pemerintah, dalam kesempatan itu Menteri Johnny bertindak selaku inspektur upacara. Menkominfo mengiringi jenazah mantan Menteri Penerangan sekaligus Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia ke-10 dengan Masa Jabatan 1997-1999, bersama Ketua Dewan Kehormatan Partai Golongan Karya Akbar Tanjung dan keluarga inti almarhum. Sebelum Menteri Penerangan Harmoko dimakamkan, Menkominfo membacakan Apel Persada.

“Saya Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, atas nama negara, bangsa, dan Tentara Nasional Indonesia, dengan ini mempersembahkan ke persada Ibu Pertiwi, jiwa raga dan jasa-jasa almarhum H. Harmoko, mantan Menteri Penerangan Republik Indonesia era Kabinet Pembangunan, putra dari almarhum Bapak Samirun Prawiro,” ujarnya.

Menteri Johnny menilai, almarhum Harmoko merupakan salah satu putra terbaik bangsa dengan gelar penghargaan bintang mahaputra. Menkominfo mengungkapkan, saat ini masih banyak pelajaran yang diwariskan alamarhum kepada generasi penerus bangsa untuk dapat diteruskan serta dikembangkan, khususnya keluarga besar Kementerian Kominfo.

Menteri Johnny mengenang masa-masa pengabdian almarhum dan mengapresiasi peran, serta dedikasinya kepada masyarakat juga negara selama menjabat sebagai Menteri Penerangan.

“Kita tentu sebagai generasi penerus bangsa mengenang hal-hal baik dan gagasannya. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita meneruskan dan mencontoh pengabdian serta karya yang diberikan alharmum semasa hidup untuk Indonesia,” ajaknya.

Usai membacakan Apel Persada Pertiwi, Menteri Kominfo menaburkan bunga sebagai tanda penghormatan kepada almarhum Bapak Harmoko. Sebelumnya, jenazah dimasukkan ke liang lahat dengan diiringi tembakan salvo.

“Keluarga besar Kominfo menyampaikan rasa duka yang mendalam, dan medoakan dengan harapan yang paling tinggi, kiranya jiwanya mendapat tempat yang layak di sisi Tuhan Sang Pencipta di Surga. Semoga jalan Dharma Bakti yang ditempuhnya dapat menjadi suri tauladan bagi kita semua dan arwahnya mendapat tempat yang semestinya di alam baka,” tuturnya kepada keluarga almarhum Menteri Penerangan Harmoko.

Menteri Johnny menyatakan, prosesi pemakaman dilakukan sesuai dengan aturan dari Garnisun dan Kementerian Kesehatan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat. Namun, upacaranya tetap dilaksanakan secara khidmat dengan penghormatan yang tinggi kepada almarhum.

Semasa hidup, Menteri Penerangan era Kabinet Pembangunan itu dikenal sebagai pencetus lahirnya Gerakan Kelompok Pendengar, Pembaca dan Pirsawan (Kelompencapir). Gerakan tersebut bertujuan sebagai wadah untuk menyebarkan informasi dari Pemerintah yang kini dikenal dengan Government Publik Relation (GPR).

Selain menjadi Menteri Penerangan selama tiga periode berturut-turut sejak tahun 1983 hingga 1997, almarhum juga menjabat sebagai Ketua DPR-RI (1997-1999), dan Ketua MPR-RI (1997-1999).

Menteri Penerangan Harmoko menghembuskan nafas terakhir di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, sekitar pukul 20.22 WIB, Minggu (04/07/2021). Almarhum wafat di usia 82 tahun. [AYH]
Diberdayakan oleh Blogger.