NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Seiring dengan melonjaknya kasus Covid-19 dan meningkatnya kebutuhan oksigen medis, PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) Persero memiliki solusi pemenuhan oksigen dengan memproduksi oxygen generator buatan dalam negeri.

RNI group melalui Anak Perusahaan Mitra Rajawali Banjaran (MRB) berinovasi memproduksi alat kesehatan bernama Hype Oxygen Generator yang dapat memproduksi gas oksigen secara mandiri mulai dari type 02G-50 yang mampu memproduksi oksigen 50liter/menit, 02G-100 dengan kemampuan produksi oksigen 100liter/menit, 02G-200 dengan kemampuan oksigen 200 liter/menit, 02G-300 dengan kapasitas produksi oksigen 300 liter/menit hingga 02G-500 dengan produksi oksigen 500 liter/menit.

Direktur Utama PT RNI (Persero), Arief Prasetyo Adi mengatakan inovasi ini sejalan dengan Instruksi Presiden No.6 Tahun 2016 kepada Menteri BUMN untuk meningkatkan kemampuan BUMN industri farmasi dan Alat Kesehatan (Alkes) melakukan pengembangan Alkes guna mewujudkan kemandirian dan daya saing industri alat kesehatan dalam negeri.

Arief menambahkan inovasi Alkes Oxygen generator ini mampu membuat pabrik oksigen secara mandiri di setiap Rumah Sakit tanpa bergantung dengan metode PSA (Pressure Swing Adsorption) yakni dengan memisahkan kandungan Nitrogen dari Udara, sehingga tercipta Oksigen dengan Purity 93% (+/- 2%) sesuai standard medis World Health Organization (WHO).

“Inovasi ini dilakukan pada Kuartal II/2021 dan beberapa Rumah Sakit telah melakukan pemesanan mulai type 50 Liter/ menit hingga type 200 liter/ Menit,” jelasnya.

Ia berharap lonjakan covid yang akhir - akhir ini menyebabkan kebutuhan oksigen meningkat dapat menjadi solusi bagi setiap Rumah Sakit untuk pertolongan penanganan Covid -19, sehingga masyarakat yang terpapar covid dan membutuhkan penanganan oxigen dapat segera terbantu jika setiap Rumah Sakit memiliki kelengkapan Alkes seperti oxygen generator yang memproduksi oksigen mandiri seperti pabrik di setiap Rumah Sakit.

Oxygen Generator ini, lanjut Arief, termasuk salah satu alat yang direkomendasikan WHO dalam pemenuhan kebutuhan Oxigen untuk penanganan Covid 19 dan RNI group siap melakukan pengadaan Alkes Oxygen Generator dengan kapasitas produksi 5 unit/1,5 bulan Hype Oxygen Generator buatan dalam negeri.

Sebagai upaya penanggulangan covid-18, RNI akan berkoordinasi dengan Kementerian Perindustrian maupun Kementerian Kesehatan untuk pengadaan oxygen generator di setiap Rumah Sakit. Kedepan tidak tertutup kemungkinan akan memperluas jaringan distribusi ke pelaku usaha atau pabrik - pabrik oxigen yang memproduksi secara retail produk oxigen untuk kebutuhan rumah tangga atau masyarakat yang melakukan isolasi mandiri di rumah. [Rls]

NUSANTARAEXPRESS, DURI – Benarkah penonton selamanya akan menjadi penonton. Layaknya seorang penonton saat menyaksikan pertandingan sepakbola di lapangan hijau. Tendangan operan dari pemain profesional yang memberi umpan untuk melakukan tendangan di gawang lawan. Bagaimana nasib pernonton. Dan benarkah penonton akan tetap menjadi penonton?

Lapangan hijau saat ini kita pindahkan ke hijaunya hamparan ciptaan Tuhan di Kota minyak Duri, yang pada saatnya akan terjadi pergeseran besar. Sebuah peristiwa nasional yang menjadi sejarah bisnis dengan bergantinya Perusahaan raksasa kelas dunia PT. Chevron Pacific  Indonesia (PT.CPI) kepada perusahaan nasional dengan label Merah Putih.

Seperti kata sahabatku Mas Agung Marsudi, seorang penulis handal yang terus menyuarakan peralihan PT. CPI ke Pertamina yang akan terealisasi pada bulan agustus 2021 mendatang, film ini disutradarai oleh “Pertamina” dengan judul film “Blok Rokan” yang diperankan oleh bintang utama adalah “PHR” dengan pemeran pembantunya “BUMD” saat kami berbincang-bincang sambil ditemani segelas kecil kopi expresso dengan khas pahitnya kopi di Garasi Jl. Kayangan Duri.

Perbincangan kami semakin seru pada saat pembahasan akan diputarnya film “Blok Rokan”.

Yang jadi permasalahan, bagaimana nasib penonton yang sampai saat ini memang layaknya seperti penonton yang hanya bisa melihat, menyaksikan dan menikmati keramaian riuhnya suasana.

Benarkah menarik film “Blok Rokan” sepertinya tidak seindah yang dibayangkan, terkhusus buat penonton.

Perlu pemikiran bersama agar penonton tidak hanya menjadi penonton, namun penonton juga bisa berperan. Kami berduapun tertegun ketika pembahasan mengerucut kepada penonton di Kabupaten Bengkalis.

 

Penulis: Mislam

Medan,Aktual News – Politisi Partai Keadilan Sejahtera, Syaiful Ramadhan mendukung langkah berani yang dilakukan Wali Kota Medan dalam membereskan permasalahan pusat perbelanjaan Centre Point Medan (CPM). Sejak awal pihaknya sangat yakin Wali Kota Medan akan menyelesaikan persoalan ini.

“Namun permasalahan Centre Point adalah masalah serius bagi kami di Fraksi Partai Keadilan Sejahtera. Bagaimana tidak, PKS sejak awal berdirinya mega mall ini sudah menyatakan penolakannya dengan tidak menyetujui perubahan peruntukan atas tanah tempat berdirinya Centre Point pada 2015 silam,” ungkap Anggota Komisi IV DPRD Medan, Syaiful Ramadhan, Jumat (9/7/2021).

Fraksi PKS, kata Syaiful, menjadi satu satunya Fraksi yang menolak perubahan peruntukan lahan yang kini dibangun centre point dikarenakan masih bermasalah secara hukum saat itu.

“Tapi diduga berdirinya bangunan megah itu bermasalah, dari mulai izinnya dikarenakan alas hak tanah nya juga bermasalah. Jadi saat itu PKS menolak,”sebutnya.

Namun pada akhirnya setelah beroperasi, kawasan pusat perbelanjaan terus bermasalah, khusunya terkait Pendapatan Asli Daerah sampah hari ini juga tidak pernah memberi kontribusi. “Dan hari ini terbukti, Wali Kota Medan menyatakan Centre Point bermasalah dengan pajak dan menunggak hingga Rp56 miliar,” ungkapnya.

Dalam gebrakan ini, Syaiful mengatakan pihaknya sangat mendukung, persoalan selama ini terkait Centre Point telah menjadi aib bagi Kota Medan. “Bayangkan saja, bangunan yang megah berdiri tanpa IMB dan tidak membayar pajak beroperasi dengan leluasa, sementara masyarakat kecil yang mendirikan bangunan tanpa izin dan menyalahi izin langsung ditindak. Ini satu hal yang sulit dibayangkan. Ada apa sebenarnya?” kata Syaiful.

Namun persoalan Centre Point, kata Syaiful diharapkan bisa diselesaikan sehingga penegakan aturan di Kota Medan benar-benar dilaksanakan dengan adil. “Bayangkan saja, bangunan megah tersebut berdiri tanpa IMB, ini bukti ada sesuatu di tubuh Pemko Medan. Kita sangat berhadap persoalan ini tidak menjadi preseden buruk terkait Izin Mendirikan Bangunan,” tegasnya. [ Red/Akt-35/Ansary ]

 

Aktual News

 

Siantar,Aktual NewsKapolres Pematangsiantar AKBP Boy Sutan Binanga Siregar,S.I.K Walikota Pematangsiantar Hefriansyah Noo SE.MM dan Mewakili Dandim 0207/ SML KaptenA INF D Sembiring Pimpin Apel Pelaksanaan Kesiapan Tenaga Vaksinator Tambahan Serentak Sumatera Utara tahun 2021,Sabtu bertempat dilapangan apel Polres siantar 10/07/2021 pada pukul 10.00 wib.

Bertindak selaku Perwira Apel Kasat Sabhara Polres AKP Muri Yasnal SH, Komandan Apel Kanit I Sat Narkoba Polres Pematangsiantar IPTU Jimmi Hutajulu, yang diikuti oleh, Para Kabag,Para Kasat,kapolsek Jajaran dan Personil Polres Pematangsiantar Beserta Para Vaksinator dan Tenaga Medis se Kota Pematangsiantar

Kapolres Pematangsiantar AKBP Boy Sutan Binanga Siregar,S.I.K,dalam amanatnya yang dibacakan oleh Walikota Pematangsiantar Herfiansyah Noor SE.MM menyampaikan Apel Kesiapan tenaga Vaksinator tambahan ini merupakan bentuk kesiapan kita khususnya program vaksinasi dan menindaklanjuti instruksi Bapak Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo untuk mempercepat penanganan Covid-19 di Tanah Air khususnya di Kota Pematangsiantar serta memastikan program penanganan Covid-19 berjalan maksimal.

Dimana kita ketahui bersama saat ini kita sedang mengalami situasi pandemi Covid-19. Yang telah berjalan hampir 1 tahun 4 bulan sejak kasus pertama Covid-19, diumumkan oleh Bapak Presiden RI, hingga saat ini kondisi penambahan kasus aktif masih terus meningkat secara fluktuatif. Berbagai upaya pemerintah secara ekstra ordinary terus dilakukan secara terpadu dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 dan untuk mewujudkan percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Bapak Presiden RI telah menekankan bahwa untuk mengatasi pandemi Covid-19 dengan segala dampaknya, seluruh komponen Bangsa harus bahu membahu menerapkan disiplin ketat menjalankan protokol kesehatan di manapun dan kapanpun. Optimisme masyarakat harus terus dijaga dengan keseriusan dan upaya pemerintah melakukan percepatan penanganan pandemi Covid-19.

Sesuai dengan Program Prioritas Kapolri melalui transformasi operasional yaitu kegiatan pemantapan dukungan Polri dalam penanganan Covid-19, yang diimplementasikan dalam aksi mengerahkan seluruh sumber daya Polri dalam membantu pemerintah menanggulangi Covid-19 ,Saya berharap kepada seluruh tenaga vaksinator yang telah di tunjuk dari Pemerintah Kota Pematangsiantar maupun dari TNI dan Polri kegiatan Vaksinasi ini merupakan bentuk perjuangan kita untuk menanggulangi pandemi Covid-19 sehingga mari kita laksanakan tugas ini dengan baik ,karena masa depan bangsa dan negara kita Untuk saat ini ada pada kita, karena kita merupakan garda terdepan dalam penanggulangan Covid-19 khususnya Kota Pematangsiantar. [ Red/Akt-35/Ansary ]

 

 

Aktual News

Surabaya, Aktual News Himbauan untuk tutup saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mulai 3 Juli hingga 20 Juli 2021 oleh tempat hiburan tak semuanya patuh.

Salah satu tempat hiburan malam yang masih nekat buka bahkan hingga malam adalah Karaoke Suzana, di Jalan Kalibokor Surabaya.

Beredar kabar jika karaoke tersebut nekat buka meski telah ada aturan untuk tutup langsung ditindaklanjuti oleh Unit Jatanras Polrestabes Surabaya.

Setelah petugas mengecek kelokasi pukul 20.00 WIB, ternyata benar, di karaoke itu ada aktifitas dan terdapat puluhan orang didalamnya.

“Pada pukul 20.00 WIB, Tim Jatanras Satreskrim dan Respati Sabhara melakukan penindakan,” jelas AKBP Oki Ahadian, Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, Sabtu (10/7/2021).

Penindakan terhadap tempat hiburan yang nekat buka saat PPKM Darurat itu, anggota gabungan mengamankan pengunjung, LC dan pengelola.

Sedikitnya terdapat 24 orang yang diamankan dan dibawa ke Mako Polrestabes guna menjalani pemeriksaan lanjutan.

“Ada 24 orang yang diamankan, kita lakukan pendalaman terkait siapa yang menyuruh buka pada saat PPKM ini,” tambah AKBP Oki.

Oki menambahkan, nantinya setelah dilakukan penyelidikan dan pemeriksaan terhadap 24 orang tersebut, Petugas akan berkordinasi dengan Satpol PP kota Surabaya terkait sanksi ijin RHUnya.

“Selanjutnya akan kita kordinasikan dengan Satpol PP, karena yang bisa menentukan pelanggaran terkait ijin adalah Pemkot,” tutup Oki.

Sekedar diketahui, Pelanggar PPKM Darurat Bisa Dipenjara Hingga Denda Puluhan Juta rupiah.

Adapun pasal-pasal yang dipersangkakan terhadap pelanggar diantaranya meliputi pasal 46 jo. Pasal 40B ayat (1) huruf a (untuk pelanggaran PPKM) dan huruf b (untuk pelanggaran protokol kesehatan) serta Perda Provinsi Jawa Timur No. 2 Tahun 2020 jo. Perda No.2 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum.
[Red/Akt-21/Redho]

 

Aktual News

NUSANTARAEXPRESS, BREBES - Pekerjaan TMMD Sengkuyung Tahap II TA. 2021 yang dilakukan secara teknis oleh Kodim 0713 Brebes di Desa Ciputih, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mendapatkan pengawasan dari Kodam IV Diponegoro, yang diketuai oleh Kolonel Infanteri Tri Suseno, Sos, Staf Ahli Pangdam IV Diponegoro. Sabtu siang (10/7/2021).

Kolonel Tri Suseno ditugaskan untuk memastikan apakah capaian pekerjaan TMMD baik fisik maupun non fisik Desa Ciputih, apakah sudah akuntabel sesuai dengan pelaporannya.



“Saya memastikan apakah target pembangunan fisik dan non fisik di Desa Ciputih, apakah sudah sesuai dengan ketetapan karena tujuannya jelas untuk meningkatkan kesejahteraan termasuk SDM masyarakat,” ujarnya.

Tak hanya itu, ia juga mengecek administrasi pekerjaan TMMD di Poskotis TMMD yang terletak di Balai Kampung Depok. Ketua Tim Wasev (Pengawasan dan Evaluasi) itu juga memeriksa papan sketsel yang berisikan tabulasi data maupun dokumentasi pentahapan TMMD, mulai dari tahap Pra TMMD (1/6) hingga TMMD berjalan di hari ke-26 saat ini.

Menurutnya, administrasi program yang tersaji sudah mumpuni atau sudah menggambarkan dengan jelas pentahapan dan progres saat ini di lapangan, kemudian transparan sehingga memudahkan pengawasan dari sejumlah pihak terkait TMMD.



Sebelum terjun ke lapangan kerja, Kolonel Tri Suseno bersama Forkopimcam Salem, ia berkesempatan memberikan bantuan secara simbolis berupa beras 10 kilogram dan masker 10 buah untuk 100 KK Ciputih.

Di lapangan, secara umum dirinya menyatakan puas atas capaian dan kualitas pekerjaan yang telah rampung yang meliputi rabat beton 190 meter lebar 3 meter, rabat beton 70 meter lebar 4 meter, plat duiker 1,5 meter lebar 0,6 meter, pelebaran jembatan 7x3 meter, dan pekerjaan renovasi 2 unit pos kamling (Dusun Sonday dan Tangeran).

Pun untuk capaian pekerjaan yang masih dikebut penyelesaiannya yakni makadam sepanjang 1.136 meter lebar 4 meter (88%), dan rabat beton 50 meter lebar 4 meter (75%).



Pasalnya, khusus infrastruktur jalan yang dibangun warga itu nantinya akan dimanfaatkan sebagai akses antar dusun dan pertanian, sehingga warga ikut menjaga kualitasnya.

“Dengan antusiasnya warga dan segenap Ormas di Kecamatan Salem yang setiap harinya tidak kurang 60 orang ikut kerja bakti di TMMD, sasaran fisik tersisa ini akan selesai tepat waktu sebelum penutupan TMMD (14/7),” sambungnya mengapresiasi.

Sementara saat bertandang melihat hasil pekerjaan rehab 5 unit RTLH milik 2 orang warga Dusun Depok dan 3 orang warga Dusun Kurung Ciung, ia menyatakan bangga atas kerja keras TNI dengan para tetangga pemilik rumah.

Kemudian terkait kegiatan non fisik TMMD yang telah dan akan dilaksanakan berupa penyuluhan-penyuluhan, sosialisasi, dan pelatihan-pelatihan, juga sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat yang mayoritas sebagai petani dan peternak. Termasuk edukasi protokol kesehatan covid-19, KB, wawasan kebangsaan dan bela negara, hukum terpadu, Kamtibmas, bencana alam, narkoba, serta pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

“Mewakili Pangdam IV Diponegoro, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu pelaksanaan TMMD di Desa Ciputih ini,” pungkasnya sebelum bertolak ke Semarang pada pukul 15.45 WIB.

Turut mendampingi, Danrem 071 Wijayakusuma yang diwakili Mayor Armed Aris Khoirudin, S.Ag (Pasi Bakti Korem 071/WK), Dandim 0713 Brebes yang diwakili Kapten Infanteri Surikan (Pasiter Kodim Brebes), Camat Salem Slamet Budi Raharjo, S.I.P, Danramil 13 Salem Kapten Infanteri Iskandar, serta Kades Ciputih Slamet Becho. (Aan)

Bogor, Aktual News-Kegiatan yang dilakukan pada rencana pengaspalan hotmix jalan yang berada disekitar jalur arah jalan sebelah kantor kepala desa sanja, seberang jalur jalan tol jagorawi telah ditutup hingga tanggal 10 s/d 13 juli 2021.

Saat dikunjungi oleh awakmedia aktualnews di lokasi pengerjaan jalan, Pada (10/06/2021)Sabtu siang di Desa Sanja,Citereup,Bogor.
proses pemerataan jalan yang juga didampingi oleh pihak yang terkait, dan pihak pemerintah desa sanja.

Proses pengerjaan dan masih dalam pantauan oleh masing -masing pihak hingga ada tambahan informasi detail.
Diharapan proses ini berjalan dengan lancar dan tetap menjaga protokol kesehatan. [ Red/Akt-07/Kuswanto ]

 

Aktual News

Bogor, Aktual NewsMenghadapi PPKM Darurat Jawa Dan Bali Kabupaten Bogor, Karang Taruna Desa Pamijahan bersama jajaran Pemerintah Desa Pamijahan Bogor menggelar kegiatan turun ke jalan untuk mensosialisasikan Protokol Kesehatan sekaligus membagikan masker dan Nasi Kotak kepada masyarakat. Acara ini dihadiri Kepala Desa Pamijahan Abi Kusnadi dan sejumlah elemen yang ada didesa Pamijahan, Sabtu ( 10/07/2021 ).

Abi Kusnadi sedang memberikan pemahaman.

Hal itu disampaikan Kepala Desa Pamijahan Abi Kusnadi mengatakan, Bersama karang taruna ini merupakan sosialisasi masker, sekitar seribu Pic yang dibagikan, memberikan pemahaman tentang penggunaan masker, intinya jangan abai terhadap protokol kesehatan ( Prokes ).

“Tambah Kusnadi, minggu depan juga pemdes akan turun berkeliling dor to dor mensosialisasikan ke setiap RT terkait hal tersebut, Harapan Pemdes, masyarakat itu jangan abai terhadap prokes, jaga diri dan jaga lingkungan.”

Idis Ketua Katar desa Pamijahan sedang membagikan masker

Ketua Karang Taruna Desa Pamijahan, Idis Saputra menyebut, kegiatan Karang Taruna dalam rangka membantu pemerintah untuk mensosialisasikan protokol kesehatan khususnya di masa pandemi Covid-19 menjadi hal penting.

“Membagikan masker gratis pada pengguna jalan di wilayah dan lingkup desa pamijahan , Kepala Desa pamijahan turun langsung untuk menginstruksikan bawahan staf jajaranya dibantu bersama Karang Taruna desa pamijahan melaksanakan pembagian masker kepada pengguna jalan dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid 19 di wilayah Desa pamijahan dibantu bersama Satpol PP dan masyarakat setempat kami membagikan masker secara langsung kepada masyarakat yang melintas di wilayah desa Pamijahan.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Kecamatan Pamijahan Iwan Setiawan mengungkapkan, Apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Karang Taruna Desa Pamijahan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan protokol kesehatan dikehidupan sehari-hari sehingga dapat memutus rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Kecamatan Pamijahan, khususnya Desa Pamijahan.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat banyak, Dengan dilaksanakannnya kegiatan Edukasi PPKM Darurat ini diharapkan dapat berhasil dalam menekan penularan dan warga yang tak pakai masker diharapkan tidak melakukannya lagi” Tutupnya. [ Red/Akt-01 ]

 

Aktual News

 





NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia (TNI) merekrut ribuan relawan medis dan non medis dari berbagai lapisan masyarakat diantaranya dokter, mahasiswa, organisasi kemasyarakatan, pelajar, karang taruna dan lain-lain se-wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), bertempat di Aula Satpamwal, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (10/7/2021).


Ribuan relawan tersebut nantinya akan langsung ditugaskan sebagai tenaga vaksinator dan petugas administrasi pada pelaksanaan program serbuan vaksinasi massal di sentra vaksin Stadion Gelora Bung Karno (GBK) dan JIExpo Kemayoran, yang akan dilaksanakan pada hari Minggu 11 Juli 2021.




Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI Mayjen TNI Madsuni melalui Paban IV Komsos/Ster TNI Kolonel Inf Jacky menyampaikan bahwa program perekrutan ini merupakan perintah langsung dari Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. yang mentargetkan untuk masyarakat DKI Jakarta dan sekitarnya sebelum tanggal 17 Agustus 2021, sudah mencapai 70 persen herd immunity nya untuk usia 12 tahun keatas.


“Untuk itu kita membutuhkan 3.000 lebih tenaga tambahan dari relawan, baik itu tenaga kesehatan maupun tenaga administrasi. Hari ini sedang dilaksanakan pendaftaran yang sudah kita umumkan kepada mitra dan masyarakat untuk mendaftar menjadi sukarelawan,” ujarnya.


Disampaikan pula bahwa para relawan ini nantinya akan dikoordinir oleh Pusat Kesehatan (Puskes) TNI dalam kegiatan-kegiatan serbuan vaksinasi yang diselenggarakan oleh TNI dan instansi terkait lainnya di seputaran Jakarta dan sekitarnya.




Menurut Aster Panglima TNI kebutuhan relawan yang direkrut oleh TNI jumlahnya cukup banyak, karena selain relawan dari lembaga pendidikan TNI, dan beberapa relawan-relawan yang sudah ada di rumah sakit juga kita koordinir.  “Saat ini yang kita rekrut dari berbagai kalangan ada yang sifatnya dari tenaga kesehatan namun ada syaratnya seperti mahasiswa kedokteran semester terakhir atau tahun terakhir dan juga dari akademi perawat dan yang lainnya,” jelasnya.


“Untuk tenaga administrasi bersifat umum karena sifatnya hanya untuk administrasi, registrasi, kemudian juga bisa digunakan untuk kegiatan-kegiatan non medis. Jadi ada 2 aspek yang direkrut itu, ada yang bersifat medis tentunya punya prasyaratan sendiri yang kita butuhkan,” tambahnya.


Pada hari Minggu tanggal 11 Juli 2021, TNI akan melaksanakan serbuan vaksinasi massal di dua tempat yaitu Stadion GBK dan JIExpo Kemayoran, dengan target capaian diharapkan bisa mencapai 50.000 masyarakat yang divaksin dengan rincian 35.000 dilaksanakan di Stadion GBK dan 15.000 di JIExpo Kemayoran.


“Ini akan berlanjut terus sampai mencapai 70 persen herd immunity, dan besok juga Mabes TNI AD dan Kodam Jaya bekerja sama dengan Puskes TNI dan Empat Pilar, juga dilaksanakan di 10 Kodim. Hal ini merupakan inisiatif Panglima TNI untuk mengakselerasi pencapaian 70 persen herd immunity masyarakat,” pungkasnya.


Sementara beberapa relawan yang mendaftar merasa antusias karena bisa menjadi relawan vaksinator yang direkrut oleh TNI. Murpian seorang mahasiswa mengucapkan terimakasih dan ingin membantu masyarakat Indonesia agar bisa mendapatkan vaksin dari pemerintah khususnya TNI dan berharap Indonesia bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19.


Autentikasi :

Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (KH) Dr. Drs. Edys Riyanto, M.Si.




NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Pj. Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang, S.Pi, M.Si menjadi Narasumber sekaligus pemateri Seminar dan Focus Group Discussion (FGD) di Aula Universitas Al Washliyah Labuhanbatu Jl. Sempurna Kelurahan Bakaran Batu Rantau Selatan (10/07/2021).

Seminar yang diselenggarakan oleh Universitas Al Washliyah Labuhanbatu tersebut diikuti oleh para Dosen dan Mahasiswa Eksekutif dengan mengedepankan tema "Kesadaran Bela Negara Masyarakat dan Mahasiswa Dimasa Covid 19".



Saat memberikan materi Pj Bupati menjelaskan bahwa dimasa pandemi covid 19 yang melanda saat ini telah banyak mempengaruhi sektor kehidupan masyarakat contohnya dari segi perekonomian, pembatasan kegiatan masyarakat, serta proses belajar mengajar yang harus dilakukan secara daring maupun luring.

"Saya selaku Pj. Bupati Labuhanbatu mengajak adik-adik mahasiswa dan kita semua harus berperan serta sama-sama bertanggung jawab dalam menegakkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari".


"Hal ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tapi ini tanggung jawab kita bersama dalam menerapkan protokol kesehatan dalam upaya untuk pencegahan, pengendalian, dan memutus rantai penyebaran virus covid-19 yang terjadi saat ini". Tutupnya.

Dalam kesempatan itu Pj. Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang, S.Pi, M.Si juga menerima plakat dari Universitas Al Washliyah Labuhanbatu yang diserahkan langsung oleh Rektor Universitas Al Washliyah Labuhanbatu Basyarul Ulya, S.H, M.M., diakhiri dengan foto bersama.



Turut hadir Kasat Narkoba AKP Martualesi Sitepu, Plt. Kepala Dinas Kominfo Rajid Yuliawan, S.Kom, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Prandi Alnajhar Nasution, SSTP., para Dosen, para Mahasiswa, serta tamu undangan. [Rahmad]

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Pemerintah, melalui Kementerian Kesehatan, berencana menggunakan Moderna sebagai vaksin ketiga di Indonesia. Tujuannya adalah untuk tenaga kesehatan. Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mendukung upaya pemerintah.

Hanya saja, LaNyalla meminta pemerintah memastikan efektivitas vaksin Moderna terlebih dahulu.

"Kita harus mendukung upaya pemerintah untuk memutus pandemi Covid-19, termasuk dengan pemberian vaksin Moderna. Hanya saja efektivitas dari vaksin yang akan diberikan harus dipastikan terlebih dahulu melalui uji klinis," tuturnya, Sabtu (10/7/2021).

Senator asal Jawa Timur itu menambahkan, upaya pemerintah menjaga tenaga kesehatan tidak boleh sia-sia.

"Tenaga kesehatan tidak boleh luput dari perhatian. Mereka pun harus dipastikan mendapat fasilitas kesehatan untuk mendukung aktivitasnya," ujar LaNyalla lagi.

Sebelumnya, disebutkan jika tenaga kesehatan merupakan kelompok prioritas yang harus dilindungi dari virus Covid-19, terutama dari varian baru.

Vaksin Moderna dipilih berdasarkan hasil diskusi dengan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan BPOM.

"Moderna akan menjadi vaksin ketiga setelah Sinovac dan AstraZaneca. Agar tidak mengundang pertanyaan masyarakat mengenai penggunaan vaksin yang berbeda-beda, pemerintah harus memberikan penjelasan ke masyarakat agar tidak ada simpang siur," tutur LaNyalla.

Vaksin Moderna rencananya akan tiba di Indonesia Minggu (11/7/2021). Sementara vaksinasi ketiga untuk nakes akan mulai dilakukan pekan depan.

BPOM mengatakan, vaksin Moderna sudah masuk daftar emergency use listing (EUL) dari Badan Kesehatan Dunia (WHO). Bahkan, BPOM menyebut vaksin Moderna manjur melawan mutasi virus corona varian B117 Alpha, B1351 Beta, dan P1 Gamma. Sementara untuk varian B1617 Delta masih belum dilaporkan bukti terkini. (*)

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Pj. Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang, S.Pi, M.Si menghadiri Apel kesiapan Vaksinator tambahan Se Kabupaten Labuhanbatu Raya yang dipimpin langsung oleh Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, S.IK., MH, Sabtu 10 Juli 2021, di Lapangan Mapolres Labuhanbatu, Jl. Thamrin Rantauprapat, Kecamatan Rantau Utara.




Mengingat penyebaran covid-19 di wilayah hukum polres Labuhanbatu mengalami peningkatan dengan penambahan kasus positip setiap harinya rata-rata 40 kasus perhari Kapolres Labuhanbatu dalam amanatnya mengajak seluruh masyarakat agar berkerja sama untuk meningkatkan protokol kesehatan dengan 5M dan meningkatkan 3T.


"Selamat bertugas kepada Vaksinator Dinas Kesehatan. TNI/Polri siap mendukung Vaksinasi Program Pemerintah" tegas Deni Kurniawan.

Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan selama kegiatan, Apel kesiapan Vaksinator tambahan berjalan lancar.


Turut hadir Bupati Labuhanbatu Selatan diwakili sekda, Bupati Labura diwakili Staff Ahli, Dandim 0209/LB Letkol inf.Asrul Kurniawan Harahap, SE., M.Tr (Han), Kadis akesehatan Labuhanbatu Kamal Ilham, S.Km, MM, Kadis kesehtan Labura dr. Saodah Nasution, Kadis Kesehatan Labusel dr. Efdi faisal, Wakapolres Labuhanbatu Kompol. Muhd. Taufik SE., MH, Danramil 08/RP Kapten Kav Boston Siregar, PJU Polres Labuhanbatu dan seluruh peserta apel. [Rahmad]

Tangerang, Aktual News Pembangunan Peningkatan jalan kualitas PSU permukiman ( jalan lingkungan ) yang berlokasi di kampung Brebes RT 07 RW 01 Kelurahan Bencongan, kecamatan Kelapa dua, yang dikerjakan oleh M2 Banten diduga tidak sesuai spesifikasi standart dan kualitas.

Pasalnya, dari hasil investigasi awak media di lapangan kami melihat banyaknya kejanggalan di proyek tersebut, antara lain seperti ketebalan beton yang bervariasi antara 15 sampai 18 cm, padahal yang harusnya digelar itu adalah 20 cm, dan dari papan bagistingnya pun kami temukan rata-rata hanya 19 cm, sedangkan pemasangan besi dowel hanya di ikat dengan kawat yang seharusnya di Las.

Pak Alik Selaku mandor pekerja saat kami konfirmasi beliau menyampaikan “Panjang jalan 183 meter, lebar jalan 3 meter dan dengan ketebalan beton 20 cm, sedangkan agregatnya yang digelar sebanyak 5 mobil, untuk pemasangan besi dowelnya itu per 5 meter, lebar dowelnya sendiri mah sudah sesuai tapi untuk kaki-kakinya yang seharusnya di las, namun dowelnya yang saya pakai di ikat.

“Untuk ukuran dowelnya saya pakai ukuran 25 sama 10, walaupun saya pakai bagisting bekas tapi kan dari besi, itu juga nyewa, menurut saya sudah sesuai, memang itu besi 15 ditambah kaso 46 gitu, pak dimana mana kontraktor besar juga pakai bagisting bekas gak ada yang baru, walaupun jalan besar juga,” Ucapnya.

Di tempat yang sama yang sering disapa Besrot selaku pelaksana saat hendak kami konfirmasi terkait hal tersebut beliau enggan menemui awak media, ketika kami coba menggali informasi lebih lanjut beliau malah pergi dari lokasi proyek, lalu kami mencoba lagi untuk menghubungi via telepon namun tak kunjung diangkat dan enggan merespon, sedangkan pengawas proyek tersebut tidak ada di lokasi. [Red/Akt 03]

 

Rus/Mansyur

Aktual News

Bogor, Aktual News Kegiatan yang dilakukan pada rencana pengaspalan hotmix jalan yang berada disekitar jalur arah jalan sebelah kantor kepala desa sanja, seberang jalur jalan tol Jagorawi telah ditutup hingga tanggal 10 s/d 13 juli 2021.

Saat dikunjungi oleh awakmedia aktualnews.co.id di lokasi pengerjaan jalan, pada (10/06/2021) Sabtu siang di Desa Sanja, Citereup, Bogor.
Proses pemerataan jalan yang juga didampingi oleh pihak yang terkait, dan pihak pemerintah desa Sanja.

Proses pengerjaan dan masih dalam pantauan oleh masing-masing pihak hingga ada tambahan informasi detail.
Diharapan proses ini berjalan dengan lancar dan tetap menjaga protokol kesehatan. [Red/Akt-07/Koswanto]

 

Aktual News

Diberdayakan oleh Blogger.