Siantar,Aktual News,Selasa (13/07/2021) ruang data pemerintah kota Pematangsiantar wali kota Pematangsiantar Hefriansyah SE.MM

Pimpin langsung Rapat pelaksanaan sholat idul Adha dan pelaksanaan qurban di kota Pematangsiantar dalam
Sambutannya Walikota menyampaikan harapannya
semoga kota Pematangsiantar tetap aman dan nyaman dan menghimbau masyarakat untuk
bersama – sama menerapkan protokol kesehatan.

Walikota juga menerangkan bahwa pelaksanaan Vaksinasi terhadap masyarakat kota Pematangsiantar sudah mencapai 40.000 jiwa sudah tervaksin, walau demikian harapan saya pelaksanaan sholat idul adha bisa di laksanakan dengan baik dan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat.

Sementara itu kakan kemenag Drs H Mhd Hasbi M.H menyampaikan bahwa sesuai dengan surat edaran nomor 15 tahun 2021 tentang pelaksanaan sholat idul adha dan pelaksaan qurban 1442 H dilaksanakan dengan protokol yang ketat untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid 19, pelaksaan pawai takbiran tidak boleh di laksanakan keliling,takbiran hanya boleh diadakan di rumah – rumah ibadah.

pelaksanaan sholat idul adha tidak boleh di lapangan ( tempat terbuka ) dan rumah ibadah ( masjid / musolla ) boleh dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan menyediakan tempat cuci tangan dan masker.

pelaksanaan qurban diwajibkan menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid 19.

Dandim 02/07 Simalungun letkol inf Roly Souhoka juga menyampaikan bahwa TNI mendukung sepenuhnya kebijakan pemerintah kota Pematangsiantar dan mengajak masyarakat untuk tetap mematuhi peraturan yang sudah di terapkan oleh pemerintah republik Indonesia terkait pelaksanaan sholat idul adha dan proses penyembelihan hewan qurban. dan bersama – sama kita memberantas penyebaran virus covid 19 di kota Pematangsiantar yang kita cintai ini tambahnya.

Selanjutnya kasat shabara AKP Muri yasnal S.H menyampaikan setiap jamaah agar membawa perlengkapan sholat masing – masing dan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. dan kami berharap agar pembagian daging qurban agar diantar kan langsung kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dalam menyambut hari raya idul adha 1442 H saya menghimbau kepada masyarakat kota pematangsiantar yang usia lanjut agar menjaga kesehatan nya jika merasa sakit alangkah baik nya beribadah dirumah. dan pada saat peyembelian qurban dan pembagian daging kurban hindarilah kerumunan dan selalu melakukan protokol kesehatan.

Dan saya juga menghimbau dalam hal ini medan sedang melakukan PPKM darurat dan kita bagi masyarakat kota pematangsiantar alangkah baik nya jangan dulu berpergian ke medan, untuk menghindari penularan virus COVID-19 agar tidak semakin meluas.

Anggota DPRD kota Pematangsiantar Arif Dermawan Hutabarat S.Pd juga menyampaikan bahwa DPRD kota Pematangsiantar mendukung sepenuhnya kebijakan pemerintah kota Pematangsiantar dalam pelaksaan sholat idul adha dan proses penyembelihan hewan qurban dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.
Turut hadir Asisten ll Zainal Siahaan,Mui kota Pematangsiantar,Ketua DMI Kota Pematangsiantar Armaya Siregar,kabag protokol dan dokumentasi pimpinan OPD terkait dan TNI Polri,Toko agama dan toko Masyarakat,Ormas Islam serta Camat se Kota Pematangsiantar.[ Red/Akt-35/Ansary ]

 

Aktual News

 

Labuhanbatu, Aktual News-Pj. Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang, S.Pi, M.Si mengikuti Rapat Koordinasi Forkopimda dengan Instansi Terkait dalam Penanganan Covid-19 PPKM MIKRO dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 untuk Menegakkan 5M dan 3T (Testing, Tracing, dan Treatment) di Tingkat Kelurahan / Desa dan Lingkungan / Dusun. Selasa 13/07/2021.

Hal tersebut bertujuan untuk pencegahan, pengendalian, dan memutus rantai penyebaran virus covid-19 di Wilayah Kabupaten Labuhanbatu Raya wilayah hukum Polres Labuhanbatu.

Maka dari itu diharapkan kepada Tokoh Agama, Tokoh Adat, maupun Tokoh Adat agar turut serta mensosialisasikan penegakan protokol kesehatan di lingkungan masing-masing.

Pj Bupati juga menghimbau kepada seluruh element masyarakat agar dapat menyesuaikan peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Saling bekerja sama dan saling membantu untuk menerapkan protokol kesehatan dilingkungan masyarakat maupun untuk diri sendiri.

“Saya menyadari bahwa masih banyak masyarakat yang belum menerapkan prokes, namun kami dari pemerintah Kabupaten Labuhanbatu akan terus mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19 dalam kehidupan sehari-hari”.

Selain Pj.Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang,S.Pi, M.Si, kegiatan yang berlangsung di Aula Yanfiter Polres Labuhanbatu tersebut dihadiri oleh Perwakilan Pj. Bupati Labusel, Perwakilan Bupati Labura, Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, S.I.K, M.H., Perwakilan Kodim 0208/LB, Wakil Ketua DPRD Labuhanbatu Abdul Karim Hasibuan, Ketua MUI Labuhanbatu, Perwakilan Kejari Labuhanbatu, Para Pimpinan OPD, Para Camat, Para Direktur Rumah Sakit, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan tamu undangan. [ Red/Akt-01 ]

 

 

Aktual News

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menghadiri Upacara Prasetya Perwira (Praspa) Akademi TNI dan Akademi Kepolisian yang dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo, bertempat di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (13/7/2021).


Pada upacara Praspa kali ini hanya menghadirkan para perwakilan lulusan terbaik peraih Adhi Makayasa tiap-tiap matra, sementara Perwira lainnya mengikuti melalui video conference dari masing-masing Akademi Angkatan dan Akpol, Presiden RI Joko Widodo melantik 700 Perwira TNI-Polri lulusan Akademi TNI-Polri.


“Ingat bahwa perjalanan saudara-saudara baru saja dimulai. Perjalanan menjadi Perwira yang setia dan mengabdi pada bangsa negara dan rakyat Indonesia,” tegas Presiden Jokowi.



Sementara sebelum kegiatan dimulai, Panglima TNI menyampaikan kepada para Perwira yang akan dilantik bahwa “Perwira adalah pemimpin, artinya kalian akan selalu menjadi panutan dan mercusuar bagi anak buah dalam sikap dan tindakan”.


“Menjadi pemimpin berarti siap untuk mengabdi dan melayani serta menjadi contoh teladan selama 24 jam setiap hari,” tegas Panglima TNI.


Lebih lanjut Panglima TNI berpesan, tentunya sebagai Perwira, dituntut untuk menunjukkan yang terbaik bagi satuan dan anggotanya setiap saat, kapanpun dan dimanapun. Oleh karena itu tidak boleh berhenti, belajar dan berlatih leader is learner.


Tak lupa Panglima TNI menyampaikan apresiasi kepada ke empat peraih Penghargaan Lulusan Terbaik Adhi Makayasa, Letda Inf Septian Haryono Pasaribu, S.S.T.Han, Letda Laut (P) Always Giving Hamonangan Tiris, S.S.T.Han, Letda Lek Laode Abdul Muis, S.S.T.Han dan Ipda Hari Indrajati, S.Tr.K.


“Saya ucapkan selamat atas prestasi kalian, inilah awal pengabdianmu. Terus jalin sinergi yang baik, TNI-Polri menjadi pilar utama persatuan dan kesatuan bangsa di tengah kemajemukan negara Indonesia yang kaya. Sinergi TNI-Polri dan komponen bangsa lainnya adalah kunci keberhasilan sebagai bangsa untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan serta bersaing dengan negara-negara lain di dunia,” ujar Panglima TNI.


Adapun 700 Perwira TNI-Polri yang dilantik terdiri dari Akmil 227 Perwira (209 putra dan 18 putri), AAL 101 Perwira (90 putra dan 11 putri), AAU 91 Perwira (82 putra dan 9 putri) dan Akpol 281 Perwira (248 putra dan 33 putri).


Autentikasi :


Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (KH) Dr. Drs. Edys Riyanto, M.Si.

Bogor, Aktual News-Melihat situasi dan kondisi Kota Bogor saat ini ditengah wabah pandemi global covid-19 dampak yang timbil bagi masyarakat yang menjadi korban wabah tersebut, secara sinergi Forkopimda sigap ambil langkah tegas untuk menanggulanginya.

Dengan didampingi oleh Dandim 0606/Kota Bogor, Danrem 061/SK Brigjen TNI Achmad Fauzi S.I.P.,M.M., bersama dengan Wakil Walikota Bogor, Dirut PD Pasar Pakuan Jaya selaku Koordinator Logistik, Dirut PDAM selaku koordinator pemulasaraan, Dirut RSUD, serta Kepala BPBD, Kadiswasbakim, melakukan peninjauan gudang logistik Covid-19 yang berada di Gedung Wanita Kota Bogor Jl.Sudirman non23 Kelurahan Pabaton Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor. Senin (12/7).

Menurut keterangan yang disampaikan oleh seorang Jenderal Kopassus kepada awak media, bahwa Korem 061/SK dan Forkopimda berkordinasi dengan Satgas Covid-19 Kota Bogor berupaya terus untuk memenuhi kebutuhan warga masyarakat yang terdampak dari wabah pandemi global Covid-19. Dan bagi warga masyarakat kota Bogor yang kurang mampu bisa mendapatkan bantuan sembako melalui Satgas Covid-19 di tingkat RT/RW di Kota Bogor.

” Sebanyak 3000 paket sembako dari 7000 yang tersimpan di gudang telah didistribusikan oleh tim satgas covid-19, itu artinya masih ada 4000 paket sembako yang siap kami distribusikan untuk warga masyarakat. Selain itu kami juga menyediakan 60 peti jenazah, 20 ada di gudang kemudian 40 tersimpan di BPBD, serta tabung oksigen yang berjumlah 100 namun yang masih terisi hanya 42 tabung.” Ungkap Danrem.

Dan saat ini, menurutnya lagi bahwa Satgas Covid-19 Kota Bogor memiliki 40 orang anggota relawan yang tergabung dalam membantu pengeloaan logistik dan pengurusan jenazah korban covid 19 yang dirasakan Danrem ini masih sangat minim, Personil TNI yg berada di Wilayah Kota Bogor akan memberikan tenaga bantuan, imbuhnya

Ia berharap, semoga logistik tersebut nantinya dapat membantu warga masyarakat yang membutuhkannya. [ Red/Akt-01 ]

Aktual News

Sumber: Penrem 061/SK

 

Bogor, Aktual News SMP Negri 2 Tamansari Desa Sukaresmi, Tamansari mulai menerapkan sistem pendaftaran secara online, untuk mempermudah siswa yang mau mendaftar dan juga menghindari adanya kerumunan.

Saat ditemui awakmedia aktualnews.co.id pada (12/07/2021) Senin, Kepala sekolah Ibu Enay Winarni Spd .M.M menjelaskan,” penerimaan siswa baru tahun ajaran 2021 membuka pendaftaran dengan menyediakan quota sebanyak 300 orang, dengan jangka waktu pendaftaran selama 10 hari sejak dibukanya pendaftaran,” jelasnya.

Untuk tahapan diatur dengan sistem daring, sesuai dengan peraturan pemerintah, bisa juga luring namun terkait dengan zona merah diwilayah jadi daring.

Dalam sistem pengawasan kepada para siswa dengan adanya pintu pagar sekolah hanya depanya saja, sehingga mudah untuk mengawasi siswa yang keluar masuk sekolah, yang keluar dengan alasan jajan, kemushola dan sebagainya. Dulunya tamansari ini juga tidak ada sumber mata air sehingga pihak sekolah sudah berupaya dengan membuat instalasi air dengan membuat jalur dari luar sekitar 1 kilometer, jadi anak-anak untuk sholat dan ke toilet tidak perlu keluar lingkungan sekolah semua sudah difasilitasi.

Untuk pemagaran sudah selesai dan kini sekolah sudah punya kantin sendiri dan kantin kini sudah ada 5 lapak, ruang koperasi dan lingkungan yang tadinya tempat sampah disulap menjadi taman diantaranya taman bunga, taman baca dan penataan bermain anak.

Harapan, sekolah ditamansari bisa menjadi pilihan bagi para siswa baru.
Kepala sekolah juga menambahkan,” untuk tahun ini yang mendaftar sudah sekitar 420 siswa dan yang dapat diterima 300 lebih, sebetulnya fasilitas disini belum lengkap untuk jumlah siswa diperkirakan 850 siswa tahun ini, sedangkan ruang kelas baru 17, ” tambahnya.

Untuk harapan kedepan, adanya perhatian dari pihak pemerintah untuk membantu menaikan ruang kelas 2 yang masih 1 lantai dan memperluas wilayah di belakang yang masih ada, dengan luas wilayah 5000 meter masih kurang, sementara untuk memenuhi syarat kelayakan yaitu luasnya harus diatas 6000 meter dan utama covid-19 ini segera hilang. [Red/Akt-07/Koswanto]

 

Aktual News

Medan , Aktual News– Penerapan PPKM Darurat mulai berlaku hari ini Senin(12/7/21) hingga tanggal 20 Juli 2021, personil Brimob Polda Sumut hadiri Apel Operasi Kontijensi Aman Nusa II Toba Penanganan Covid-19 di Lapangan Merdeka Medan.

Walikota Medan M.Bobby Afif Nasution, S.E., M.M. pimpin pelaksanaan Apel Operasi Kontijensi Aman Nusa II Toba Penanganan Covid-19 Lanjutan Dalam Rangka Pelaksanaan PPKM Darurat di Kota Medan.

“Namun hari ini status Covid-19 Kota Medan meningkat, dari PPKM Mikro pengetatan dan dimulai hari ini Kota Medan masuk ke PPKM darurat. Sesuai dengan Kemendagri nomor 20 tahun 2021. Agar masyarakat Kota Medan bisa mengikuti PPKM darurat atau tidak semua ini tergantung dengan usaha kita semua,” katanya.

Walikota mengatakan saat ini kondisi Covid-19 di Kota Medan masih meningkat. Ketaatan dari masyarakat menjadi kunci sukses dalam menekan penyebaran Covid-19.

Pencegahan penyebaran Covid-19 tidak cukup hanya dengan 5M melainkan 3T yaitu Testing, Tracing, Treatment. Saat ini semua pihak terkait berkolaborasi dalam menekan laju penyebaran Covid-19 di Kota Medan.

“Ambil momentum itu, Jika kita berkolaborasi tentu target yang di inginkan bisa kita capai,” ujarnya.

“Treatment hari ini harus lebih baik dari sebelumnya. Kita tahu Kota Medan adalah ibukota provinsi, banyak masyarakat yang lalu lalang. Ada 2,5 juta penduduk Kota Medan, oleh karena itu treatment harus bisa kita laksanakan. Apa yang tertuang di PPKM mikro bisa kita ikuti dan kita terapkan dengan baik,” terangnya.

Tapi dalam pelaksanaan apel tersebut, turut hadir Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Kapolda Sumut Irjen Pol Drs. RZ Panca Putra Simanjuntak, M.Si., Pangdam 1/BB Mayjen TNI Hassanudin , PJU Polda Sumut , PJU Kodam 1/BB , Kapolrestabes Medan , Dandim 0201/BS , Kapolres Belawan , Camat dan Kadis Jajaran Pemko Medan. [ Red/Akt-35/Ansary ]

 

Aktual News

Labuhanbatu, Aktual News-” Mari kita menjaga diri dengan memperketat protokol kesehatan melalui 3M, Menjaga Jarak, Memakai masker dan Mencuci tangan”, demikian ucap Sekda Kabupaten Labuhanbatu Ir.Muhammad Yusuf Siagian, MMA, mewakili PJ.Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang,S.Pi, M.Si, saat memimpin upacara apel gabungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu di lingkungan kelompok 1 dan 2 di lapangan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Labuhanbatu Jalan M.Idris Hasibuan Kecamatan Rantau Selatan Senin 12 Juli 2021.

Saya berharap untuk mempercepat berakhirnya pandemi ini seluruh ASN maupun pemangku kepentingan bersama-sama memperjuangkan vaksinasi sebagai salah satu cara paling efektif dan paling cepat untuk memulihkan kesehatan diri sekaligus menggerakkan ekonomi.

“Sebagian kecil masyarakat memang masih belum memahami manfaat vaksin bagi kepentingan bersama, untuk itu cara terbaik untuk memberikan kesadaran dan ketenangan bagi keraguan masyarakat adalah dengan memberikan contoh langsung kepada masyarakat agar memahami kepentingan program vaksin ini adalah kepentingan bersama dan berdampak luas bagi ekonomi nasional maupun daerah, ” ujar Sekda.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi sejak 1 tahun terakhir ini baik secara nasional maupun daerah Setelah mengalami kontraksi akibat virus covid 19 menjadi sebesar lebih kurang 2,07% di tingkat provinsi Sumatera Utara sebesar 1,07% sedangkan untuk Kabupaten Labuhanbatu sebesar 0,09%. Hal ini mengakibatkan kita harus merasionalisasikan realokasi dan refocusing APBD tahun 2020 dan 2021.

Memperhatikan dinamika perencanaan dan penganggaran pada bulan Juli semester 2 ini kita harus menyiapkan berbagai kegiatan maupun target realisasi pendapatan dan perubahan RKPD tahun 2021 dan perubahan RKPD Tahun 2022 dengan menggunakan aplikasi SIPD. Yang mana Aplikasi SIPD perencanaan telah terintegrasi mulai dari RPJMD, RENJA dan RKPD.

Setdakab Labuhanbatu Ir.Muhammad Yusuf Siagian, MMA, juga menjelaskan pada saat ini Kabupaten Labuhanbatu sedang menyusun perubahan RKPD tahun 2021, yang mana kerangka RKPD tersebut dilaksanakan berdasarkan hasil evaluasi RKPD dan RENJA perangkat daerah yang dalam pelaksanaannya dalam tahun berjalan menunjukkan adanya ketidak sesuaian dengan perkembangan keadaan, yang meliputi kerangka ekonomi dan keuangan daerah dan regulasi Silva tahun sebelumnya yang tidak sesuai target sehingga menyebabkan kita harus melakukan realokasi anggaran ataupun rasionalisasi kegiatan.

Di akhir pidatonya Sekda menekankan agar arahan dan bimbingan ini untuk dijadikan perhatian dan pedoman seluruh pejabat pemerintah Kabupaten Labuhanbatu.

Upacara apel gabungan yang diikuti Sekdakab Labuhanbatu Ir.Muhammad Yusuf Siagian, MMA, para staf ahli Bupati , para Asisten, kepala OPD, pejabat eselon 3 dan 4 diisi dengan pembacaan teks Pancasila, UUD- 45, Pembacaan Doa, dan menyanyikan lagu Indonesia raya seperti pelaksanaan upacara pada umumnya. [ Red/Akt-01 ]

 

Aktual News

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, memberikan dukungan untuk Satgas Madago Raya. Khususnya, kepada personel TNI dari pasukan Komando Operasi Gabungan Khusus (Koopsgabssus) Tricakti untuk memberantas teroris jaringan Mujahidin Indonesia Timur (MIT).

Pasalnya, personel Koopsgabssus mampu menembak mati dua teroris anggota MIT, melalui operasi senyap yang dipimpin Lettu Inf David Manurung dari satuan elite Kopassus, di Pegunungan Tokasa, Tanah Lanto, Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong, Minggu (11/7/2021).

Dua anggota MIT yang tewas adalah Rukli dan Ahmad Panjang. Sedangkan tiga orang sisanya melarikan diri dan diyakini terluka karena ditemukannya bekas ceceran darah di sekitar lokasi penyergapan.

“Kami memberikan apresiasi kepada prajurit TNI yang berhasil melumpuhkan anggota kelompok teroris MIT, yang selama ini sangat meresahkan. Dengan tim kecil, personel Koopsgabssus Tricakti mampu menyergap kelompok teroris di markasnya. Ini sebuah prestasi yang baik,” tutur LaNyalla, Senin (12/7/2021).

Tim yang berhasil menyusup ke lokasi markas persembunyian teroris Poso hanya mengandalkan kekuatan lima personel. Kelima personel TNI tersebut berangkat sejak Sabtu (10/7/2021) malam dengan melewati medan sulit serta hutan lebat.

Bergerak secara senyap dan penuh kerahasiaan, tim mampu menyusup kamp teroris MIT pada Minggu (11/7/2021) dini hari. LaNyalla memuji kinerja tim Koopsgabssus Tricakti yang menaklukan sejumlah teroris meski dalam medan yang sulit.

“Bahkan personel TNI ini harus merayap sejauh 500 meter dengan kondisi gelap dan hujan hingga akhirnya berhasil menemukan tempat persembunyian kelompok teroris MIT,” tuturnya.

Senator asal Jawa Timur itu menilai langkah tim kecil Koopsgabssus Tricakti bergerak dengan cermat dan penuh kesabaran membuahkan hasil yang baik, meski 5 dari 3 anggota teroris di markas tersebut berhasil melarikan diri.

“Dukungan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pemberantasan kelompok teroris harus terus diberikan. Walaupun saat ini kita sedang fokus penanganan pandemi Covid-19, urusan keamanan tetap harus dijalankan sebaik-baiknya karena ini menyangkut stabilitas negara. Kejar terus sampai dapat. Satgas Madago Raya harus mampu menumpas tuntas kelompok teroris MIT yang telah melakukan banyak perbuatan keji, termasuk membunuh warga,” tegas LaNyalla.

Mantan Ketua Umum PSSI itu meminta pemerintah, baik pusat dan daerah, memberikan fasilitas dukungan kepada Satgas Madago Raya dalam upaya mereka memberantas kelompok teroris Poso. LaNyalla juga meminta peran serta masyarakat membantu jajaran TNI/Polri.

“Mari sama-sama membantu petugas di lapangan yang bekerja untuk membersihkan kelompok teroris MIT sampai ke akar-akarnya. Bagi warga yang mengetahui mengenai pergerakan teroris, berikan informasi agar Satgas Madago Raya bisa bekerja cepat dalam pemberantasan terorisme,” paparnya.

Operasi senyap ini berhasil dilakukan setelah Koopsgabssus Tricakti di bawah komando Mayjen TNI Richard TH Tampubolon melakukan pemetaan terhadap kelompok-kelompok yang tergabung dalam jaringan MIT. Bersama dengan pasukan dari Polri, TNI terus mengejar sendi-sendi teroris di Poso dan sekitarnya. (*)
Diberdayakan oleh Blogger.