NUSANTARAEXPRESS, KEEROM - Dalam rangka memberikan rasa aman kepada masyarakat, Pos Wambes Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY menggelar kegiatan sweeping rutin di jalur perbatasan Kampung Wambes, Distrik Mannem, Kabupaten Keerom Papua. Selasa (13/07/2021)

Kegiatan sweeping yang dipimpin oleh Wadanpos Wambes Serka Sandi ini diawali dengan apel pengecekan personel dan materiil serta briefing pelaksanaan sweeping di lapangan apel Pos Wambes, setelah berdoa demi kelancaran pelaksanaan sweeping anggota Pos merapat ke jalan raya yang ada di depan pos untuk memulai sweeping tersebut.



Dalam rilis tertulisnya, Dansatgas Letkol Inf Taufik Hidayat mengungkapkan bahwa sweeping merupakan salah satu upaya untuk menjaga stabilitas keamanan dan memberikan rasa aman kepada masyarakat yang rutin dilaksanakan seluruh jajaran Pos Satgas Yonif 512/QY.

"Selain berpatroli Sweeping adalah salah satu upaya kita untuk menjaga keamanan, mencegah oknum-oknum pelaku tindak kriminal yang berupaya mengedarkan barang terlarang baik miras maupun jenis narkotika serta upaya penyelundupan barang-barang ilegal di jalur perlintasan perbatasan" ungkap Dansatgas.

"Waktu pelaksanaan sweeping tidak kami tentukan secara teratur, melainkan kami acak sesuai dengan perkembangan situasi di lapangan, bisa pagi hari, siang, sore, malam bahkan sering kami laksanakan dini hari" imbuhnya.

Tidak hanya barang ilegal dan terlarang, kegiatan sweeping yang digelar oleh Pos Satgas Yonif 512/QY juga bertujuan untuk mencegah adanya pelintas batas ilegal dari luar indonesia.

Di tempat terpisah, Serka Sandi mengungkapkan bahwa pemeriksaan dilakukan terhadap seluruh pengguna jalan yang melintas baik yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

"Kami lakukan pemeriksaan terhadap seluruh pengguna jalan yang melintas, baik yang naik motor maupun naik mobil. Tidak hanya masyarakat biasa saja, kami juga melakukan pemeriksaan terhadap pekerja jasa expedisi pengiriman barang, guru dan ASN (Aparatur Sipil Negara) Pemda yang melintas" ungkap Serka Sandi.

Lanjut Serka Sandi "Upaya ini kami lakukan agar kami tidak kecolongan terhadap peredaran barang barang terlarang, serta agar tidak terjadi kecemburuan sosila terhadap seluruh pengguna jalan yang melintas."

Seluruh pengguna jalan yang melintas patuh dan tertib pada saat dilakukan pemeriksaan, masyarakat sekitar juga mendukung upaya pengamanan yang dilakukan dengan kegiatan sweeping oleh Pos Wambes tersebut.(Pen Satgas Yonif 512/QY)

NUSANTARAEXPRESS, SULTENG - Mencermati semakin sempitnya waktu dihadapkan dengan medan yang sulit serta ruang manuver udara yang sempit, Komando Operasi Gabungan Khusus (Koopsgabsus) Tricakti mendapatkan perkuatan Alutsista dari Komando Operasi Angkatan Udara II (Koopsau II) Makassar dengan mengirimkan satu unit pesawat udara Heli Super Puma guna membantu evakuasi dua jenazah teroris MIT (Mujahidin Indonesia Timur) Poso yang tewas dalam penyergapan di Pegunungan Tokasa, Desa Tanalanto, Kec. Parigi Selatan, Kab. Parimo, Sulteng pada Minggu 11 Juli 2021.

Setelah melakukan berbagai analisa dan diskusi yang panjang, untuk mempercepat evakuasi dua jenazah tersebut, Pangkoopsgabsus Mayjen TNI Richard T.H Tampubolon melakukan koordinasi dengan Pangkoopsau II Marsda TNI Minggit Tribowo, untuk dapat memperkuat Alutsista yang dapat mempercepat pengangkatan jenazah dari dalam lembah di Pegunungan Tokasa.



Pangkoopsau II Marsda TNI Minggit Tribowo kemudian memerintahkan Dansatgasud Kolonel Pnb Vincentius Endy H.P, untuk segera mengirimkan Heli Super Puma untuk membantu evakuasi jenazah teroris MIT dari TKP.

Pada hari Rabu (14/7/2021) pukul 11.00 WITA, Heli Super Puma dengan Pilot Mayor Pnb Budiono berhasil landing di Kosatgas Tricakti lapangan Mayonif 714/SM Poso, dan langsung diambil short briefing yang dikoordinir Asops Koopsgabsus Tricakti Kolonel Inf Frans Yohanes Purba, didampingi Asintel Kolonel Inf M. Nasrullah Nasution, Katim Analis Kolonel Inf Bosco Haryo Yunasto, Wadansatgassus Letkol Inf Romel J. Wardhana serta Pilot dan Crew Heli Super Puma dan Heli Caracal.

Selanjutnya Wapangkoopsgabsus Brigjen TNI Rafael Granada Baay memberikan perintah operasi mekanisme evakuasi kepada seluruh personel yang terlibat pengangkatan jenazah. “Semoga cuaca clear siang ini, sehingga jenazah segera bisa kita angkat dari landing zone darurat yang disiapkan tim evakuasi darat,” ujarnya.

 

Autentikasi :


Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (KH) Dr. Drs. Edys Riyanto, M.Si.

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Pemerintah Indonesia telah menyiapkan Roadmap Digital Indonesia 2021-2024 di 4 sektor strategis yaitu infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital dan masyarakat digital. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate memaparkan strategi Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan konektivitas untuk menjembatani kesenjangan digital.

“Pemerintah Indonesia ingin lebih kuat di era digital ini, baik dalam keuangan digital, perbankan digital, e-commerce, pariwisata digital, UMKM digital, dan banyak lainnya. Untuk mewujudkan menuju Indonesia Terkoneksi: semakin digital, semakin sejahtera,” jelasnya dalam Forum Asia Tech x Singapore 2021 – AtxSummit, Future Role of Connectivity: Bridging the Digital Divide yang berlangsung virtual dari Jakarta, Selasa (13/07/2021).

ATxSG 2021 merupakan konsep baru dari pameran inovasi bernama Smart Nation Innovation Week (SNIW) yang setiap tahun diselenggarakan secara rutin oleh Pemerintah Singapura sejak 2015. Pameran tersebut menggabungkan unsur teknologi, digital society, dan digital economy. ATxSG 2021 akan diselenggarakan pada tanggal 13 s.d 16 Juli 2021 di Marina Bay Sands, Singapura.

Mengenai pembagunan infrastuktur digital, Menkominfo menyatakan Pemerintah Indonesia dan perusahaan telekomunikasi telah menggelar jaringan kabel serat optik sepanjang 342.000 kilometer di serat optik daratan dan lautan, sebagai tulang punggung konektivitas teknologi informasi dan komunikasi.

“Tidak diragukan lagi bahwa Indonesia akan terus menyebarkan infrastruktur TIK di seluruh nusantara, khususnya untuk menghubungkan titik-titik di pedesaan, terluar, dan daerah tertinggal,” tandasnya.

Menteri Johnny menyatakan saat ini terdapat 9 satelit telekomunikasi, microwave link, dan jaringan fiber-link yang saat ini digunakan untuk mendukung kebutuhan telekomunikasi dan digital.

“Hal ini juga akan didukung oleh High Throughput Multifunction Satelit SATRIA-I dengan kapasitas 150 Gbps. Satelit multifungsi itu digunakan untuk melengkapi jaringan kabel serat optik yang sudah terbangun dan akan mengorbit pada Triwulan ke-4 tahun 2023 karena Indonesia membutuhkan kapasitas satelit yang sangat besar dalam 10 tahun ke depan,” jelasnya.

Selain itu, lebih dari 500.000 Base Transceiver Stations (BTS) juga telah dibangun untuk memungkinkan jangkauan sinyal 4G, menjangkau masyarakat Indonesia termasuk di daerah yang sangat terpencil. Jangkauan sinyal 4G ini akan menjadi tulang punggung infrastruktur digital, untuk mendukung Indonesia dalam percepatan Transformasi Digital.

Menurut Menkominfo, dengan tersedianya BTS memungkinkan para pelaku UMKM Indonesia untuk dapat beralih ke digital onboard. Ia memaparkan saat ini diperkirakan sudah ada 11 juta UMKM digital Indonesia dan beberapa di antaranya sedang dalam tahap scaling-up untuk mendukung perekonomian Indonesia.

“Kami berharap hingga akhir tahun 2024, setidaknya ada 30 juta UMKM Indonesia yang akan di-onboarding secara digital. Oleh karenanya, Kominfo memastikan keandalan infrastruktur TIK melalui penyebaran fixed broadband dan mobile broadband untuk memenuhi kebutuhan digital dan menutup kesenjangan digital, membuat semua orang terhubung secara digital, sehingga pembangunan infrastruktur tersebut adil, inklusif, dan bermanfaat bagi semua,” paparnya.

Menteri Johnny juga menyampaikan Indonesia baru saja meluncurkan operasi komersial 5G di 9 kota. “Ini masih dalam tahap yang sangat awal, tetapi kami akan melakukan segala kemungkinan untuk mempercepat penyebaran 5G, termasuk farming dan refarming spektrum frekuensi di semua pita frekuensi level. Peluang besar di depan sedang menunggu kita,” ungkapnya.

Tidak berhenti di situ saja, setelah melakukan percepatan infrastruktur yang menjadi fondasi utama dalam akselerasi transformasi digital, Menteri Johnny menyatakan pihaknya tengah mempersiapkan terbentuknya masyarakat digital, diantaranya; Pemerintahan Digital, Ekonomi Digital, hingga Peningkatan SDM Digital.

“Penerapan konsep digital government untuk mendukung dan mendorong pelayanan publik yang efisien, efektif, dan transparan. Kami sedang dalam proses mengintegrasikan layanan pemerintah melalui konsolidasi data, di bawah Inisiatif Satu Data Indonesia. Kami berencana untuk membangun 4 Pusat Data Pemerintah, mulai tahun ini, Pusat Data Standar Global Tier-IV,” jelasnya.

Optimasi Ekonomi Digital

Menurut Menkominfo dengan pembangunan infrastruktur digital yang massif dan penyediaan pusat data pemerintah untuk layanan pemerintahan digital ini, diharapkan dapat dimanfaatkan untuk pengembangan ekonomi digital Indonesia.

“Hilirnya daripada infrastruktur TIK yaitu ekonomi digital itu sendiri. Makanya, kita harus memanfaatkan infrastruktur kita untuk memanfaatkan ekonomi digital. Di Indonesia saat ini tulang punggung perekonomian kita adalah UMKM dan Ultra Mikro yang menjadi penyumbang 61,07% dari GDP nasional,” jelasnya.

Mengutip data dari Google Temasek, Menteri Johnny mengungkapkan saat ini Ekonomi Digital Indonesia diproyeksikan akan melampaui 124 miliar USD pada akhir tahun 2024. Menurutnya, hal ini yang menjadi pendorong Ekonomi Digital Indonesia di kawasan telah tumbuh dua digit pada 10,58% pada tahun lalu.

Oleh karena itu, menurut Menteri Johnny, Pemerintah Indonesia memberi perhatian serius kepada 64.2 juta UMKM Indonesia untuk bisa onboard go digital, karena potensi ekonomi digital Indonesia yang besar. Bahkan, Pemerintah telah menargetkan agar pada tahun 2024 mendatang, jumlah pelaku UMKM yang tergabung ke dalam ekosistem digital dapat meningkat pesat hingga 30 juta pelaku melalui Program Nasional Gerakan Bangga Buatan Indonesia.

Bahkan, Presiden Joko Widodo mendorong Indonesia dapat menghasilkan unicorn dan startup digital di sektor jasa keuangan digital, digitalisasi perindustrian, media hiburan (digital broadcasting), pertanian dan perikanan digital, pendidikan digital, kesehatan digital, serta real-estate atau perkotaan digital.

“Saya akan mendukung konsolidasi bisnis telekomunikasi, platform digital, startup digital Indonesia, untuk bisnis dan industri yang lebih kuat dan andal. Penting juga bagi Indonesia untuk berperan dalam produksi dan manufaktur sistem ICT, jaringan dan produk, perbankan digital dan e-commerce, dan bisnis digital hilir terkait, pariwisata, dan logistik,” ungkap Menteri Kominfo.

Kembangkan Talenta Digital

Melihat potensi besar ekonomi digital, Menteri Johnny menilai hal itu perlu didukung dengan keberadaan masyarakat digital agar Indonesia dapat menjadi tuan rumah di ekonomi digital sendiri.

Menteri Johnny mengatakan keberhasilan transformasi digital bergantung pada kesiapan masyarakat untuk go digital. Oleh karena itu, Kominfo telah menyiapkan beberapa program guna memungkinkan masyarakat Indonesia memasuki ruang digital dengan beragam cara, antara lain melalui Gerakan Literasi Digital yang ditargetkan setidaknya 12,4 juta orang Indonesia setiap tahun, untuk memberikan mereka akses ke pelatihan virtual tentang digital dasar, kurikulum seperti etika digital, keamanan digital, budaya digital, dan keterampilan digital dasar.

“Potensinya besar dan ini kerjanya lintas kementerian dan lembaga. Di sinilah membangun mulai dari yang paling dasar yaitu talenta digital itu sendiri. Kominfo memberikan dukungan yang besar bersama ekosistemnya, termasuk global technology companies, e-Commerce kita atau platform digital untuk mengisi pelatihan digital bagi masyarakat tingkat dasar,” paparnya.

Untuk menyiapkan masyarakat digital, Kominfo menyiapkan program Digital talent Scholarship yang yang dirancang khusus bagi Generasi Milenial Indonesia untuk diikuti setidaknya 100.000 peserta setiap tahun. “Program ini cocok untuk mereka yang memiliki keterampilan menengah dan berfokus pada komputasi awan, AI, IoT, Big Data Analytics, dll. Kami juga mengundang perusahaan teknologi global untuk bergabung dengan kami dalam model pelatihan digital ini,” kata Menteri Johnny.

Di samping itu, adapula program Digital Leadership Academy untuk mendukung pengembangan kota cerdas dan pembuat kebijakan digital, serta pendiri startup digital. Program talenta digital secara masif ini disiapkan untuk mendukung masyarakat Indonesia go digital dan ambil bagian dalam Percepatan Transformasi Digital Indonesia.

“Kami telah menyiapkan 100 inisiatif utama 2021-2024 yaitu, infrastruktur ICT, e-Government, Legislasi Utama untuk mendukung Ruang Digital, adopsi teknologi baru di sektor industri, termasuk Kesehatan Digital, Pendidikan Digital, Media Digital, Penyiaran Digital, e-Commerce, Digital Fintech, Digital Banking, Pariwisata, dan Logistik,” papar Menkominfo.

Di akhir pemaparan, Menteri Johnny mengapreasiasi forum ATxSG 2021 sebagai upaya berbagi perspektif dan pengalaman negara ASEAN. Bahkan mengharapkan akan menjadi acuan dalam pemajuan transformasi digital di ASEAN.

“Merupakan kehormatan besar bagi saya untuk berpartisipasi dalam Asia Tech Singapore 2021 Summit. Saya berharap untuk suksesnya penyelenggaraan konferensi ini dan berharap acara ini dapat menghasilkan rekomendasi tentang bagaimana Singapura dan Negara-negara Anggota ASEAN dapat lebih memajukan transformasi digital di kawasan ini,” ungkapnya.

Selain Menteri Johnny, acara yang berlangsung selama empat hari itu juga dihadiri Presiden Republik Estonia, Kersti Kaljulaid; Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Airlangga Hartarto; Wakil Perdana Menteri Singapura sekaligus Menteri Koordinator Kebijakan Ekonomi Singapura, Heng Swee Keat; Deputy Chief Executive, Connectivity Development & Regulation Infocomm Media Development Authority of Singapore, Aileen Chia; Menteri Energi dan Pengembangan Digital Swedia; Anders Ygeman, Menteri Perhubungan dan Komunikasi Brunei Darussalam; Dato Abdul Muthalib Yusof, serta para pembicara lainnya dari ekosistem pendukung. [AYH]

NUSANTARAEXPRESS, SILANGKITANG - Pada hari Selasa tgl 13 Juli 2021 sekitar pukul 14.00 Wib, Mendapatkan informasi terpercaya dari masyarakat, Unit Reskrim Polsek Silangkitang dibawah pimpinan IPDA Fran berhasil membekuk dua orang dari lima pelaku yang sedang asik pesta narkoba jenis sabu di perladangan milik salah satu warga bernama RUSLAN tepatnya di Dusun Aek Kulim Desa Mandala Sena Kec. Silangkitang.

"Berdasarkan informasi dari masyarakat lokasi itu sering dijadikan markas peredaran Narkoba di Kecamatan Silangkitang dan dilokasi itu juga dijadikan tempat berpesta Narkoba menghisap sabu" ucap IPDA Fran.

Selanjutnya bersama anggota kita melakukan pengintaian dengan cara mengendap di dekat lokasi, sejak pukul 14:00 Wib dan sekitar pukul 17.00 Wib Tim mendekati lokasi dari jarak 20 meter melihat ada 5 org sedang berkumpul di perladangan tersebut sedang berpesta sabu2, dan ketika Tim mendekati orang-orang tersebut salah satu dari pelaku berteriak "Polisi..... " Dan terlihat 3 org dari antara pelaku berdiri dan melarikan diri.

Di lokasi Tim mengamankan 2 orang dari 5 pelaku di TKP bersama dgn alat isap sabu dan plastik klip berisi sabu, 2 buah mancis, selanjutnya 2 org tersebut dan barang bukti dibawa ke Polsek Silangkitang guna proses penyelidikan dan penyidikan.ujar IPDA Fran membeberkan.

Adapun Kedua pelaku tersebut adalah SURYA BHAKTI DALIMUNTHE, (28) warga Dusun Hadundung Desa Hadundung, Kecamatan Kotapinang, Kab. Labusel
dan GUNAWAN DALIMUNTHE (22) warga Dusun Ulumahuam Desa Mandala Sena Kec. Silangkitang Kab. Labuhanbatu Selatan.

Dari hasil interogasi 3 org pelaku yang melarikan diri tersebut adalah bernama RUSLAN, PIAN dan PUTRA, dan ketiganya kini masuk dalam DPO Polsek Silangkitang. Kini kedua tersangka diamankan di Mapolsek Silangkitang guna dilakukan pemeriksaan dan pengembangan. [Rahmad]

Medan, Aktual News – Saat Wakil Ketua DPRD Kota Medan H Ihwan Ritonga angkat bicara meminta Pemerintah Kota Medan untuk melakukan pendataan ulang terhadap warga kurang mampu, yang mengalami kesulitan ekonomi akibat terdampak covid-19. Ini dikarenakan banyak bantuan sosial, seperti PKH dan BLT yang disalurkan pemerintah pusat kepada warga kurang mampu dimasa pandemi tapi tidak tepat sasaran.

Namun dorongan terhadap pemerintah Kota Medan tersebut disampaikan Ihwan Ritonga kepada awak media, Selasa (13/7/2021). Hal ini disuarakan Ihwan setelah mendapat masukkan dari warga perwakilan dari 4 kecamatan di dapil IV, yang meliputi Kecamatan Medan Denai, Medan amplas, Medan kota, dan Medan area.

“Tapi warga menyampaikan keluhannya kepada saya, terkait tidak terdatanya mereka untuk mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah pusat, sementara beberapa warga kategori mampu dilingkungan mereka malah mendapatkan bantuan sosial yang disalurkan pemerintah pusat melalui pemerintah Kota Medan. Padahal warga mengaku saat ini ekonomi mereka sangat sulit akibat dampak pandemi covid yang terjadi selama satu setengah tahun terakhir,” sebutnya.

Lanjut Politisi Partai Gerindra Medan asal Dapil IV ini, warga mengaku data mereka sudah dilengkapi, tetapi tidak juga terdata. Sebab petugas yang mendata terkadang lebih memprioritaskan keluarga dekatnya dan orang tertentu.

“Maka untuk itu, Pemko Medan harus benar-benar mendata masyarakat yang berhak mendapatkan bantuan BLT, BST, UMKM,PKH dan bantuan lainnya. Karena selama ini banyak kesalahan yang dilakukan pihak Kelurahan dan Kecamatan saat melakukan pendataan. Tapi yang seharusnya dapat bantuan malah tidak menerima bantuan tersebut. Padahal mereka miskin, dan sangat terimbas dimasa pendemi ini,” tegasnya.

Ketua DPC partai Gerindra kota Medan ini berharap, kedepannya bantuan-bantuan tersebut harus tepat sasaran. “Sebab banyak laporan dan masukkan konsetuen dari Dapil 4, yang menyatakan belum mendapatkan bantuan dari pemerintah. Oleh sebab itu, Pemko Medan harus segera melakukan pendataan ulang secara cermat, agar masyarakat di sini dapat menikmati program bantuan gratis dari pemerintah pusat yang disalurkan oleh Dinas Sosial Kota Medan,” tandasnya. [ Red/Akt-35/Ansary ]

 

Aktual News

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika kembali berhasil mempertahankan predikatnya dalam memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Tahun 2020, secara berturut-turut sejak Laporan Keuangan Tahun 2016.

Pencapaian opini audit terbaik ini menunjukkan konsistensi Kementerian Kominfo dalam berkomitmen mengelola keuangan sektor Teknolologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

“Opini WTP merupakan opini tertinggi yang diberikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI terkait pengelolaan anggaran di kementerian atau lembaga negara,” ujar Sekjen Kementerian Komunikasi dan Informatika, Mira Tayyiba saat menghadiri acara Penyerahan LHP Atas Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga Tahun 2020 di Lingkungan AKN III, yang berlangsung secara virtual, dari Jakarta, Senin (12/07/2021).

Dijelaskan Sekjen Mira, keberhasilan Kominfo mempertahankan predikat didasari dengan empat kriteria penilaian dalam Standar Pemeriksaan Keuangan Negara, yaitu kesesuaian dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP); kecukupan informasi Laporan Keuangan; kepatuhan terhadap Peraturan Perundang-undangan; dan efektivitas Sistem Pengendalian Internal.

Sekjen Mira menilai, Opini WTP yang diterima pihaknya akan semakin memotivasi jajaran Kementerian Kominfo untuk terus meningkatkan kualitas tata kelola, penyempurnaan proses bisnis, dan peningkatan pengendalian internal yang memadai.

“Peningkatan tersebut termasuk dengan segera dan secara komprehensif menindaklanjuti rekomendasi yang diberikan BPK RI kepada Kementerian Kominfo terkait Sistem Pengendalian Internal dan Kepatuhan terhadap Peraturan Perundang-Undangan.

Dalam kesempatan itu, Sekjen Mira menyampaikan BPK telah memberikan beberapa rekomendasi kepada Kominfo dalam laporan hasil pemeriksaannya dan telah ditindaklanjuti secara tuntas, sedangkan rekomendasi lainnya menjadi prioritas untuk segera diselesaikan.

“Ini menjadi masukan yang berharga bagi Kominfo untuk melakukan penyempurnaan dalam pengelolaan keuangannya.
Sekjen Mira juga menegaskan implementasi rekomendasi BPK RI ini akan dilaksanakan Kementerian Kominfo secara serius dan sungguh-sungguh, selaras dengan amanat Presiden Joko Widodo dalam Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2020 pada tanggal 25 Juni 2021 lalu.

“Bapak Presiden Joko Widodo telah menegaskan bahwa penggunaan uang rakyat harus dilakukan dengan sebaik-baiknya, serta dikelola dengan transparan dan akuntabel,” tegasnya.

NUSANTARAEXPRESS, BENGKALIS - Dalam upaya meminimalisir, memutus mata rantai dan klaster baru Covid-19, Kepolisian Resort (Polres) Bengkalis melalui Satuan Lalulintas (Satlantas) setiap harinya terus melakukan perimbangan PPKM Darurat (Perberlakukan Pembatasan Kegiatan).

Hal ini disampaikan Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan, SIK melalui Kasat Lantas AKP Hairul Hidayat, SIK, bahwa kegiatan tersebut akan terus berlangsung sampai Covid-19 sirna di Indonesia terutama di Kabupaten Bengkalis.


"Dalam aksi PPKM darurat perimbangan ini, selain kita membagikan masker kepada para pengguna jalan, dan juga para penumpang kendaraan umum, kita juga melakukan pengecekan suhu kepada masyarakat yang masuk dan keluar dari angkutan umum, "ungkap Kasat Lantas Polres Bengkalis AKP Hairul Hidayat kepada sejumlah wartawan, Selasa (13/07/21).

Dijelaskan, kegiatan tersebut lebih divokuskan di wilayah Kecamatan Mandau, Karena merupakan jalur lintas ke Sumatra Utara (Sumut). Hal itu dilakukan berangkat dari PPKM darurat telah ditetapkan di Jawa, maka untuk wilayah hukum Polres Bengkalis melakukan perimbangan, dengan melakukan kegiatan yang sama.

"Dalam hal ini, kita juga menekankan kepada para pengusaha angkutan Umum, juga para pengemudi untuk menghentikan kendaraannya di lokasi yang betul-betul bersih, jangan sampai menurunkan penumpang, atau berparkir di posisi kerumunan orang banyak, "ungkap Kasat.

"Pesan ini memang harus dipatuhi oleh seluruh pengemudi kendaraan umum, untuk tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes), agar Covid-19 bisa segera berakhir, dan bisa hidup normal kembali seperti sedia Kala, "tutup Kasat.**




NUSANTARAEXPRESS, BENGKALIS - Telah terjadi kecelakaan lalu lintas antara mobil minibus dengan sepeda motor di Jalan Lebai Wahid Desa Bantan Tua, Kecamatan Bantan, yang mengakibatkan sepeda motor yang ditumpangi oleh pasangan suami istri (pasutri) bernama Mujiono dan Nurhayati meninggal di tempat, Senin (12/7/21).





Pasutri ini bertempat tinggal di jalan Tambak Rejo, Dusun Tambak Rejo, Desa Jangkang, Kecamatan Bantan, dengan meninggalkan 3 orang anak bernama Muhammad Fikri, Muhammad Ridho dan Miswati.





Atas peristiwa naas ini, Bupati Bengkalis Kasmarni didampingi Wakil Bupati Bagus Santoso merasa sangat prihatin. Sehingga bersama jajaran Pemkab. Bengkalis langsung datang ke rumah duka untuk memberikan support serta motivasi kepada keluarga korban, Selasa (13/07/21).





Sesampai di rumah duka, karena terlihat tidak ada lagi tulang punggung dan sumber penghasilan dari keluarga. Bupati Kasmarni langsung menawarkan kepada anak yang paling best, “Adek mau kerja atau kuliah, " tanya Bupati.





Dalam tawaran orang nomor satu di Kabupaten Bengkalis, Muhammad Fikri menjawab akan bekerja saja. "Saya mau kerja saja bu, karena tidak ada lagi yang menjadi tulang punggung keluarga," ungkap M. Fikri.





Atas jawaban ini, Bupati Kasmarni langsung mengintruksikan kepada jajarannya, untuk mencari pos pekerjaan yang bisa diisi.





“Jadi ini kita sedang mencari pos untuk adik bekerja, mohon sabar dulu ya, nanti jika sudah ada kelanjutannya, akan dihubungi lagi," ucap Bupati sambil memberikan semangat keluarga yang baru saja ditinggal oleh kedua orang  tuanya.





Selain berkunjung untuk melihat langsung kondisi keluarga yang baru saja ditinggalkan oleh kedua orang tuanya, Bupati Kasmarni juga memberikan santunan kepada keluarga kepada keluarga tersebut, berupa sembako sebagai bentuk kepeduliannya.





"Kami ini posisinya jauh dari mereka, jadi kami berharap kepada tetangga sekitar, tengok-tengoklah anak-anak ini. Mereka semua sekarang sudah jadi anak yatim, jadi kami harap semuanya bisa peduli terhadap mereka," pesan Kasmarni.





Kepada keluarga yang ditinggalkan, lanjut Bupati Bengkalis, berharap untuk bisa tetap sabar dan tabah dalam menghadapi cobaan ini. Dan jika ada keluhan bisa komunikasikan saja ke Pemkab, melewati Camat atau Kepala Desa.





"Insya Allah kita akan menyanggupi dan siap mengakomodir apa saja yang dibutuhkan," ujar Kasmarni memberikan garansi.





Karena situasi masih dalam kondisi pandemi, dari pantauan di lapangan, Bupati Kasmarni bersama jajarannya mengunjungi keluarga korban tersebut dengan penerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19. **



NUSANTARAEXPRESS, PESISIR SELATAN - Sebanyak 50 orang Yang melaksanakan Pemasangan Alat Kontrasepsi Metode Operasi pria (MOP), di Puskesmas Balai Selasa Kec. Ranah Pesisir. Selasa 13 Juli 2021.

Dandim Pessel Gamma Arthadila Sakti mengatakan pemasangan alat kontasepsi metode operasi pria (MOP),ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui program KB dengan mengatur jarak kelahiran.

MOP atau bisa disebut dengan vasektomi merupakan metode kontrasepsi permanen bagi pria dengan prosedur klinis untuk menghentikan kemampuan reproduksi pria dengan jalan melakukan pengikatan/ pemotongan saluran sperma (vas deferens) sehingga pengeluaran sperma terhambat dan pembuahan tidak terjadi.

Harapan "saya dengan program keluarga berencana ini akan terwujud masyarakat kecil dan sejahtera.

Atas nama Kodim 0311/Pessel, Dandim menyampaikan terima kasih kepada Dinkes Kab. Pessel, BKKBN Prov. Sumbar, Puskesmas Balai Selasa serta pemangku kepentingan lainnya atas terselenggaranya program MOP. Terkhusus kepada seluruh Babinsa dan Angt Kodim 0311/Pessel yang telah secara pro-aktif menyukseskan program KB yang digelar.

Selama kegiatan pelaksanaan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah, guna mencegah penyebaran Covid-19. [Pendim 0311/Pessel]

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Pj. Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang, S.Pi, M.Si mengikuti Rapat Koordinasi Forkopimda dengan Instansi Terkait dalam Penanganan Covid-19 PPKM MIKRO dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 untuk Menegakkan 5M dan 3T (Testing, Tracing, dan Treatment) di Tingkat Kelurahan / Desa dan Lingkungan / Dusun. Selasa (13/07/2021).



Hal tersebut bertujuan untuk pencegahan, pengendalian, dan memutus rantai penyebaran virus covid-19 di Wilayah Kabupaten Labuhanbatu Raya wilayah hukum Polres Labuhanbatu.

Maka dari itu diharapkan kepada Tokoh Agama, Tokoh Adat, maupun Tokoh Adat agar turut serta mensosialisasikan penegakan protokol kesehatan di lingkungan masing-masing.


Pj Bupati juga menghimbau kepada seluruh element masyarakat agar dapat menyesuaikan peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Saling bekerja sama dan saling membantu untuk menerapkan protokol kesehatan dilingkungan masyarakat maupun untuk diri sendiri.

"Saya menyadari bahwa masih banyak masyarakat yang belum menerapkan prokes, namun kami dari pemerintah Kabupaten Labuhanbatu akan terus mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19 dalam kehidupan sehari-hari".

Selain Pj.Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang,S.Pi, M.Si, kegiatan yang berlangsung di Aula Yanfiter Polres Labuhanbatu tersebut dihadiri oleh Perwakilan Pj. Bupati Labusel, Perwakilan Bupati Labura, Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, S.I.K, M.H., Perwakilan Kodim 0208/LB, Wakil Ketua DPRD Labuhanbatu Abdul Karim Hasibuan, Ketua MUI Labuhanbatu, Perwakilan Kejari Labuhanbatu, Para Pimpinan OPD, Para Camat, Para Direktur Rumah Sakit, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan tamu undangan. [Rahmad]

NUSANTARAEXPRESS, SURABAYA - Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Laksdya TNI Nurhidayat menghadiri acara Prasetya Perwira 101 lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-66 di Lapangan Laut Aru, Surabaya, Selasa (13/7).

Upacara Prasetya Perwira tersebut dipimpin langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo secara virtual dari Istana Negara Jakarta. Sebanyak 101 Perwira Remaja itu terdiri 90 Putra dan 11 Putri lulusan AAL Angkatan Ke-66 tahun 2021. Selain diikuti Perwira Remaja AAL, upacara Praspa TNI dan POLRI itu juga diikuti oleh Perwira Remaja Akmil, AAU, serta AKPOL secara virtual dari kampus akademi masing-masing.



Pada upacara tersebut dihadirkan dua perwira perwakilan, yaitu untuk penyumpahan dan peraih Adi Makayasa. Dari AAL yakni Letda Laut (P) Always Giving Hamonangan Tiris bersama perwakilan dari masing-masing Akademi TNI dan POLRI di Istana Negara Jakarta.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya mengatakan rasa bangganya bisa melantik para Perwira Remaja TNI dan Polri sebagai calon pemimpin Indonesia masa depan. "Para Perwira Remaja yang telah dididik dan digembleng sangat berat bukan hanya bertujuan untuk membentuk ketahanan mental, kekuatan fisik serta kedisiplinan yang tinggi. Tapi juga sebagai wujud persatuan dan integrasi antara Taruna Akademi TNI dan Akademi Kepolisian," ujarnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono didampingi Gubernur AAL, Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, Pangkoarmada II, Pangdam V Brawijaya serta pejabat TNI AL wilayah Surabaya lainnya. *
Diberdayakan oleh Blogger.