Serang, Aktual News– Kapolsek Jawilan AKP Sidik Hadi Suwito S.I.K M.Si dikondisi Pandemi Covid -19, Dikondisi Penerapan PPKM Darurat, Melalui Kasi Um, Kapolsek Jawilan menyalurkan bantuan berupa beras . Untuk warga desa Cemplang, di Kampung Curug Sari, RT O23, RW 005, Desa Cemplang, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Minggu (01/08/2021).

Bripka Firman Kasi UM kepada media mengatakan, dikondisi pandemi, dikondisi PPKM Darurat, Kapolri melalui polres Serang memerintahkan untuk menyalurkan bantuan berupa beras yang dibagikan kepada warga, terlebih dikondisi Pandemi Covid -19, dikondisi PPKM Darurat.

“Karena Bhabinkamtibmas desa Cemplang lagi Isoma, saya menggantikan Brigpol Yoyon untuk membagikan bantuan beras ini kepada masyarakat,” ucap Bripka Firman disela sela pembagian beras terhadap warga.

Sementara ketua RW 05, Yani kepada media mengatakan, sangat berterima kasih sekali terhadap kepolisan yang sudah berbagi beras terhadap warganya, terlebih dikondisi Pandemi Covid -19, dikondisi PPKM Darurat.

“Sangat berterima kasih dan sangat membantu, dikondisi ini masyarakat sangat kesulitan terlebih dalam hal Ekonomi, dengan bantuan beras ini sangat membantu sekali. Membuat masyarakat senang,’ tandasnya [ Red/Akt-01/Ahmad Suryani ]

 

Aktual News

 

Labuhanbatu, Aktual News-Setelah Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor: 141/PHP.BUP-XIX/2021 sengketa Pilkada Labuhanbatu Tahun 2020 yang dimenangkan Pasangan Dr.H. Erik Adtrada Ritonga – Hj. Ellya Rosa Siregar. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Labuhanbatu menggelar Rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada Pilkada Labuhanbatu, Minggu (01/08/2021) di Hotel Permata Land, Rantauprapat.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Labuhanbatu memutuskan dan menetapkan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Nomor Urut 02 Erik Adtrada Ritonga – Ellya Rosa Siregar sebagai Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu dengan perolehan suara sebanyak 88.381 atau 37,24 Persen dari total suara sah, sejak tanggal ditetapkan pada 1 Agustus 2021.

Ketua KPU Labuhanbatu Wahyudi,S.Sos.MM mengucapkan terimakasih kepada Kapolres Labuhanbatu, Dandim 0209/LB atas kondusifitas pelaksanaan Pilkada Labuhanbatu.

“Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Kapolres, Dandim 0209/LB atas kondusifitas pelaksanaan Pilkada sampai selesainya PSU Jilid I dan II,” ucapnya.

Sementara itu Sekdakab Labuhanbatu Ir Muhammad Yusuf Siagian, MMA, mewakili PJ.Bupati Labuhanbatu Muliyadi Simatupang,S.pi, M.Si, mengucapkan selamat kepada pasangan Dr.Erik-Hj.Elya Rosa atas kemenanganya di pilkada serentak tahun 2020, ” semoga kedepannya Labuhanbatu bisa lebih baik lagi, masyarakat Labuhanbatu sangat berharap kehadiran sosok pemimpin baru yang bisa menghantarkan Labuhanbatu Kedepan lebih maju”.

Pada kesempatan itu, Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, S.ik, MH, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Labuhanbatu atas dukungan menjaga kondusifitas pelaksanaan Pilkada.

“Alhamdulillah, semua pelaksanaan Pilkada Labuhanbatu berjalan kondusif, kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang turut mendukung kinerja TNI – Polri,” ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, Dandim 0209/LB Letkol Inf Asrul Kurniawan yang mewakili, Sekdakab Labuhanbatu Muhammad Yusuf Siagian, Ketua DPRD Labuhanbatu, Ketua KPU Provinsi Sumut yang mewakili, Ketua KPU Labuhanbatu, Ketua Bawaslu Labuhanbatu, Partai Pendukung, Partai Pengusung, Tamu Undangan dan Insan Pers.[ Red/Akt-01 ]

 

Aktual News

NUSANTARAEXPRESS, BREBES - Gudang Toko Mustika Ternak di jalur Pantura Jalan Jenderal Sudirman No. 65 Kelurahan Brebes, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terbakar hebat sehingga mengakibatkan kerugian ratusan juta rupiah. Sabtu petang (31/7/2021).

Kebakaran di samping Toko Metro elektronik ini membuat banyak pengguna jalan berhenti dan mengabadikan momen itu dengan menggunakan ponsel mereka.

 

Danramil 01 Brebes Kodim 0713 Brebes, Kapten Infanteri Kunpriyanto menyebutkan, kebakaran terjadi sekitar pukul 18.00 WIB di gudang penyimpanan pakan ternak di samping belakang Toko Metro.


 

“Saat kejadian itu, hujan deras baru saja reda, adapun penyebabnya kemungkinan besar dari korsleting listrik yang menyebabkan percikan api,” terangnya.

 

Api cepat membesar setelah membakar kardus, pakan ternak, dan kayu atap bangunan. Api baru berhasil dipadamkan oleh 3 unit mobil Damkar Brebes dan 2 unit mobil Damkar Kota Tegal, satu unit mobil water canon Polres Brebes, TNI-Polri, Satpol PP, dan dibantu sejumlah masyarakat untuk mempercepat pemadaman.

 

Berkat kegigihan dari para petugas, sekitar pukul 19.45 WIB, api baru berhasil dipadamkan. Mereka berjuang melewati kawasan padat pemukiman dan gang sempit untuk mendekati bangunan terbakar.


 

Menurut keterangan Arif Hermawan (40) pemilik ruko di Jalan Jenderal Sudirman No. 69 Brebes, awalnya dirinya mencium bau asap kemudian mengecek ke belakang ruko namun tidak ada yang terbakar.

 

Selanjutnya ia keluar dari ruko yang ditempati dan melihat lubang angin pada bangunan di sebelahnya itu sudah berwarna merah dan mengeluarkan banyak sekali kepulan asap hitam.

 

Sementara itu Kristianto, ayah pemilik gudang mengatakan, bangunan yang terbakar merupakan gudang penyimpanan pakan ternak ayam, sedangkan untuk tokonya ada di sebarang jalan sehingga tidak ada aktivitas apapun di dalamnya saat kejadian.

 

“Kerugiannya ya sekitar Rp. 150 jutaan,” ujar Kristianto. (Aan)

NUSANTRAAEXPRESS, BENGKAYANG, KALBAR - Personel Kout Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/WNS membantu warga perbatasan memperbaiki saluran air bersih milik warga di Desa Jagoi, Kec.Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang.

Sebelas orang personel Pos Kout Jagoi Babang dipimpin Letda Ckm Franky Hamonangan Saragih melaksanakan Karya Bhakti membantu masyarakat dalam perbaikan saluran pipa air bersih yang rusak karena Faktor Usia.

Hal tersebut dikatakan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 643/WNS, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P dalam rilis tertulisnya di Makotis Satgas Entikong, Kabupaten Sanggau. Minggu (01/08/2021).


"Kegiatan karya bakti yang kami laksanakan bersama warga setempat itu berupa perbaikan Pipa Air dan Perbaikan Jalur Pipa Air, Dikarenakan di desa Jagoi pipa air rusak karena faktor usia yang sudah lama sehingga terjadi kebocoran pipa dibeberapa tempat mengakibatkan air yang mengalir ke rumah warga kecil dan tidak seperti biasanya, tutur Dansatgas.

“Ini upaya-upaya kita untuk membangun kebersamaan dan soliditas TNI bersama masyarakat di wilayah perbatasan dengan harapan TNI sebagai garda terdepan dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI dibackup oleh rakyat maka TNI akan semakin kuat dalam menghalau setiap tindakan-tindakan yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa," ujarnya.


Di tempat terpisah Letda Ckm Franky menjelaskan dalam melakukan kerja bhakti ini, personel Satgas bersama warga saling bahu membahu dan bergotong-royong melakukan penggantian dan perbaikan pipa yang rusak tersebut.

"Kami juga mengajak warga untuk menjaga alam sekitar dan berperan aktif serta merawat pipa-pipa yang telah diperbaiki agar air tetap mengalir dan terjaga kebersihannya," imbuhnya.

Sementara itu Eduard salah satu warga desa Jagoi mengatakan sangat terbantu sekali dengan adanya bantuan dari personel Satgas Pamtas sehingga pekerjaan perbaikan dan penggantian pipa dapat cepat selesai dan air dapat mengalir kembali dengan lancar.

"Kami mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi kepada personel Satgas Pamtas yang sangat peduli terhadap warga sekitar tempat mereka bertugas," katanya. (Pen Satgas Pamtas 643)

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Papua nantinya akan ada DOB (Daerah Otonom Baru), ada beberapa Provinsi dan Kabupaten yang nantinya akan di mekarkan. Salahsatunya adalah Kabupaten Jayapura sebagai induk yang akan membentuk DOB Kabupaten Grime Nawa.

Dukungan terus mengucur dari masyarakat wilayah Grime Nawa, salah satunya adalah pernyataan sikap dukungan Ketua Dewan Adat wilayah Grime Nawa, terhadap pencalonan kepemimpinan  Carateker Kabupaten Grime Nawa Bapak Sefnat Waicang, SP. pada Sabtu (31-07-2021).



Dari perwakilan 12 Distrik (Kecamatan), siap berada digaris terdepan dalam proses pemekaran Kabupaten di Pimpin Langsung oleh Bapak sefnat waicang, Sp dan menyambut dengan hangat kedatangan Tim Pusat ke beberapa Lokasi rencana pembangunan kantor pemerintah kabupaten yang inisiasi dan dihibahkan oleh masyarakat dengan luas kurang lebih 40 hektar.

Matius Sawa, selaku Ketua Dewan Adat Daerah Wilayah Grime Nawa mengungkapkan kepada awak media 

"Kami berharap kesejahteraan masyarakat Grime Nawa termasuk pembangunan pendidikan, lapangan pekerjaan, dan infrastruktur diwilayah kabupaten yang dipimpin oleh Sefnat Waicang, SP.", ungkap Matius Sawa.

Saksi- saksi yang hadir dalam penandatanganan dokumen pernyataan sikap dukungan dan kepemimpinan yaitu Tokoh masyarakat, tokoh perempuan, pemuda dan tokoh adat.

Sementara itu, Alexander Tecuari menambahkan kepemimpinan Sefnat Waicang, SP dikawal oleh masyarakat 12 Distrik

"Dibawah kepemimpinan Sefnat Waicang, S.P kelak akan dikawal oleh masyarakat 12 Distrik mulai proses pemekaran, pembangunan dan pemerintahannya", tutup Alexander Tecuari melalui saluran Handphone. (Megy)

Kirana Surya, Aktual News-Penyaluran sembako oleh Bpk Dudi Sugandi Pj Kades Pasanggrahan Kecamatan Solear Kabupaten Aceh, Tangerang.

Kepada warga Kirana Blok H dan Blok I, Dudi Sugandi Pj Kades Pasanggrahan Kecamatan Solear dalam penyaluran bantuan sembako kepada warga, didampingi oleh pendamping desa, Linmas, BPD, Karang Taruna desa Pasanggrahan kecamatan Solear kabupaten Tangerang.

Adapun penyaluran bantuan PPKM atau sembako kepada masyarakat yang terdampak Covid-19, dengan kriteria 1. Pedagang kecil, 2. Penerima bantuan belum atau tidak terdaftar sebagai KPM PKH, BPNT, BLT dsb, hal tersebut menurut Dudi Sugandi Pj Kades Pasanggrahan agar penerima bantuan PPKM Darurat kali ini benar-benar tepat sasaran dan penerima bantuan PPKM Darurat atau sembako jangan orangnya itu-itu saja beri kesempatan masyarakat yang lain yang masih banyak yang membutuhkan bantuan apa lagi dimasa PPKM Darurat yang masih bertengger di level 4, sebagai Pj Kades Pasanggrahan ia merasa terkejut pasalnya ada warga yang telah bertahun-tahun bahkan puluhan tahun tinggal di perumahan Taman Kirana warga tidak tersentuh oleh bantuan apapun dan dari manapun.

Maka dari itu walau ia menjabat sebagai Pj Desa Pasanggrahan hanya beberapa waktu kedepan ia merasa terpanggil untuk melakukan perubahan agar masyarakat desa Pasanggrahan khususnya warga Perumahan Kirana mendapatkan perhatian, intinya kata Dudi selama ia menjabat sebagai Pj desa Pasanggrahan akan melakukan hal terbaik untuk masyarakat desa Pasanggrahan.

Masih menurut Dudi Sugandi selama dirinya menjabat sebagai Pj Desa Pasanggrahan, akan selalu ada untuk masyarakat dan siap menerima kritikan, saran maupun masukan dari masyarakat atau warga desa Pasanggrahan yang ingin menyalurkan aspirasinya sebab menurut Dudi Sugandi masyarakat bebas berpendapat melalui demonstrasi yang sehat dan dirinya pasti akan menempatkan diri untuk masyarakat atau warga desa Pasanggrahan untuk mendapatkan rasa berkeadilan melalui demonstrasi yang sehat tentunya, “ujar Dudi.

Dudi Sugandi berharap kepada masyarakat jika ada hal yang ingin disampaikan silahkan datang ke kantor desa Pasanggrahan agar ia mengetahui apa dan bagaimana pendapat masyarakat desa Pasanggrahan, ” Nah dari masukan masyarakat nantinya akan di urun rembukan di kantor desa bersama dengan lembaga desa, selama PPKM Darurat ini dirinya juga berharap dan mengajak masyarakat desa Pasanggrahan agar mematuhi protokol kesehatan dan memakai masker jika keluar rumah, “ujarnya.
[ Red/Akt-26/Har ]

 

Aktual News

NUSANTARAEXPRESS, MUARA TAMI - Personil TNI Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs Pos Muara Tami berhasil menggagalkan penyelundupan ratusan kaleng Beer ber-alkohol dan makanan snack dari Negara Papua Nugini ke wilayah Indonesia di pantai Logpon sungai Muara Tami Distrik Muara Tami, Jayapura (31/7/2021).

Hal tersebut disampaikan Dansatgas RI-PNG Yonif 131/Brs Letkol Inf Muhammad Erfani S.H., M.Tr (Han) dalam rilis tertulisnya di Skouw Distrik Muara Tami Jayapura.

Menurut Dansatgas, diamankannya ratusan kaleng Beer ber-alkohol dan makanan snack ilegal asal PNG tersebut bermula saat personil pos melaksanakan siaga fajar yang mendengar suara boat mendekat kearah sungai Muara Tami. Kemudian Danpos menyiapkan 1 regu untuk melaksanakan kegiatan patroli ke arah Muara sungai Tami dan menemukan tumpukan kotak kardus tanpa pemilik.

"Setelah diperiksa tumpukan kotak kardus tersebut berisikan 336 kaleng beer berlabel Niugini Ice Premium beer, Pacific Premium beer dan SP Lager Beer dengan kandungan alkohol 4,5% dan 5.2% dengan berat total 110,880 liter.

Selain itu didapatkan juga makanan snack yang semuanya merupakan produksi negara PNG", ujar Dansatgas.

Ditempat terpisah Danpos Muara Tami Letda Inf Arjunti Harahap mengatakan kegiatan patroli keamanan maupun sweeping, rutin dilaksanakan oleh personel Satgas di wilayah yang menjadi jalur keluar masuknya orang dan barang-barang secara ilegal.

"Hal ini merupakan kegiatan rutin satgas guna mencegah segala macam kegiatan pelintas batas ilegal maupun penyelundupan barang-barang baik yang masuk maupun akan keluar dari wilayah NKRI. Saat ini barang bukti sudah kami amankan dan selanjutnya barang bukti tersebut akan diserahkan kepada pihak berwenang", ucap Danpos. *

NUSANTARAEXPRESS, SURABAYA - Sebanyak 40 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat ll Angkatan ke-69 multi Koprs menjalani Weekend Jungle Survival (WJS) selama tiga hari yang digelar Departeman Marinir AAL di daerah latihan PLP 4 Purboyo, Malang Selatan, Jawa Timur, Sabtu (31/7).

Menurut Kadepmar, Letkol Marinir Datuk Sinaga yang juga sebagai Perwira Pengasuhan mengatakan, WJS Taruna AAL yang diberangkatkan usai apel kelengkapan yang dicek langsung Gubernur AAL, Mayjend TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr (Han) beserta para Pejabat Utama AAL lainnya di lapangan Sambar Galang Mako Resimen AAL Jumat petang ini, tiba di PLP Purboyo pukul 17.50 wib.

Usai pembersihan badan, sholat Magrib dan makan malam, mereka digeser ke lokasi Camping Ground di bukit Jayeng untuk mendirikan tendan dan kelangkapan lainnya.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan dan pengetahuan bagi taruna serta sebagai sarana rekreasi menikmati weekend di hutan rimba dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan," terang Kadepmar.

Menurut Kadepmar, bila dilihat dari pengertiannya survival adalah suatu kondisi dimana seseorang / kelompok orang dari kehidupan normal (masih sebagaimana direncanakan) baik tiba - tiba atau disadari masuk ke dalam situasi tidak normal (di luar garis rencananya).

Survival yang biasa dilakukan yaitu di hutan / alam bebas sehingga disebut jungle survival. Survival terjadi karena adanya kondisi darurat yang disebabkan alam, kecelakaan, gangguan satwa, atau kondisi lainnya.

"Untuk itu, Tarun AAL sebagai calon calon penimpin disatuannya, harus memiliki kemampuan dasar ini, sebagai bekal dalam kedinasan nantinya," tegasnya.

.
Kegiatan WJS yang dimulai Jumat hingga Minggu ini lanjutnya, akan memberikan berbagai materi tentang cara bertahan hidup dihutan dengan memanfaatkan alam sebagai sumber kehidupan seperti membuat api dengan media bambu.

Pengetahuan tentang jenis tanam dan binantang yang bisa dimakan dan cara mendapatkannya, kemudian memasak dengan media bambu dan buah kelapa, pengetahuan navigasi di hutan, pencarian jejak, camping graound dan api unggun. *

NUSANTARAEXPRESS, MEDAN - Masyarakat Sumatera Utara (Sumut) belakangan ini menghadapi dilema. Pasalnya, segala pengurusan harus lebih dulu memegang sertifikasi vaksin Covid-19. Namun sangat disayangkan, selama dua pekan terakhir ini vaksin bantuan pemerintah tersebut kosong. Atas kekosongan stok vaksin, tak ayal membuat berbagai pihak, termasuk organisasi media angkat suara.

Ya, salah satunya dari DPD PPWI Sumut (Persatuan Pewarta Warga Indonesia). Kepada pewarta media ini, Bendahara PPWI Sumut, Indrawan S, menyatakan keprihatinannya atas kondisi minimnya stok vaksin Covid-19 di Sumut, terkhusus di Kota Medan.

"Bukan hanya minim, tapi stok vaksin itu tak ada selama dua pekan belakangan ini. Dan ini terus terang membuat cemas masyarakat. Sebab, segala urusan, setahu saya harus mendapatkan sertifikasi vaksin Covid-19, baru mendapat restu pengurusan," terang Indtawan S didampingi Ketua PPWI Sumut, Surya Putra Sianipar; Wasekjen Dedi J Nasution, serta pengurus lainnya di Sekretariat PPWI Sumut, Jalan Flamboyan I No 12, Tanjung Selamat, Medan, Sabtu (31/7/2021).

Seharusnya, menurut Indra, masalah kekurangan stok vaksin harus segera diantisipasi. Hal itu bertujuan agar keresahan masyarakat tidak timbul. Nah, sekarang stok vaksin tak ada, bahkan langka.

"Alhasil, sekarang masyarakat serba salah. Masyarakat disuruh vaksin tapi vaksinnya sendiri tak ada. Kan ini sangat dilematis bagi masyarakat. Untuk itu kita minta kepada pemerintah secepatnya mengambil langkah agar menyelesaikan masalah ini," seru Indrawan.

Sebagai tambahan informasi, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) kembali menerima 183.500 dosis vaksin Covid-19. Vaksin Sinovac tersebut tiba di Bandara Kuala Namu Internasional (KNIA) Deli Serdang sekitar pukul 15.35 WIB dan langsung dibawa ke gudang farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara dengan pengawalan pihak kepolisian, Jumat (30/7/2021).

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengatakan vaksin ini akan diprioritaskan kepada warga yang belum menerima suntikan vaksin tahap kedua. "Ini kita fokuskan untuk periode yang kedua artinya untuk orang yang sudah vaksin tahap pertama," kata Edy kepada wartawan.

Edy menjelaskan, pengiriman vaksin ke Sumatera Utara akan terus berlanjut hingga Agustus 2021 mendatang. Vaksin yang masuk hari ini adalah Sinovac dan Astrazeneca.

"Mungkin itu di Agustus nanti (datang Pfizer dan Moderna). Sekarang Sinovac dan AstraZeneca yang sudah datang," jelas Gubsu Edy.

Dengan datangnya vaksin ini maka vaksinasi akan terus dilanjutkan. Meski demikian, ia tetap mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. (BN/Red)

NUSANTARAEXPRESS, YOGYAKARTA -  Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiapkan Sekolah Tinggi Multimedia (STMM) MMTC Yogyakarta menjadi kampus digital yang menjamin masa depan anak bangsa. Menurut Menteri Kominfo Johnny G. Plate hal itu sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk menyiapkan sumber daya manusia dengan talenta digital.

“Diperlukan lahirnya SDM digital andal yang bisa berperan menghadapi perkembangan teknologi digital. Perguruan tinggi perlu mengubah program studi, kurikulum, dan karakter dosen. Hal ini untuk mendukung Indonesia memasuki industri 4.0 dan era transformasi digital yang dipercepat prosesnya karena adanya peristiwa pandemi Covid-19,” jelasnya dalam Kuliah Umum Virtual Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) STMM Yogyakarta, dari Jakarta, Sabtu (31/07/2021).

Keberadaan SDM bertalenta digital menurut Menteri Johnny menjadi bagian penting dalam menjawab kemajuan teknologi. “Sudah kita ketahui bersama, bahwa perkembangan teknologi digital telah mengubah berbagai sendi kehidupan, termasuk sumber daya manusia dan tenaga kerja,” ujarnya

Menurut Menkominfo, di masa depan banyak pekerjaan akan berubah bahkan hilang, sehingga setiap orang juga perlu berubah dan menyesuaikan diri dengan banyak jenis pekerjaan baru yang tumbuh.

“Kita perlu ingat bahwa Robots could take humans job’s, but Robots will also create jobs for humans. Seolah-olah sekarang internet sudah seperti oksigen.Sangat penting bagi kita, ada internet kita bekerja dengan normal. Namun ketika tidak ada, maka kita merasa kehilangan suatu yang sangat esensial dalam hidup,” jelasnya.

Menteri Johnny menyatakan infrastruktur telekomunikasi sangat penting untuk menstimulus SDM digital nasional untuk mendukung transformasi yang begitu cepat. Hal itu juga merupakan perhatian Presiden Joko Widodo dalam mempercepat transformasi digital melalui 5 sektor.

“Sektor pertama terkait dengan akses infrastruktur digital dan layanan internet. Kedua, roadmap transformasi digital di berbagai aspek. Ketiga, percepatan integrasi pusat data nasional.  Keempat, penyiapan kebutuhan SDM talenta digital. Dan kelima, regulasi serta model pembiayaan infrastruktur digital,” ujarnya.

Menurut Menkominfo, melalui penyediaan jaringan 4G yang menjadi tulang punggung teknologi digital Indonesia, baik yang dibangun oleh Kementerian Kominfo maupun kerja sama dengan operator seluler nasional, Menteri Johnny menjelaskan komitmen pemerintah menghadirkan pemerataan akses internet di seluruh tanah air akan terjawab di tahun 2022.

“Adapun kondisi terkait dengan 4G dan jumlah desa di Indonesia bahwa dari total jumlah desa dan kelurahan di Indonesia sebanyak 83.218, yang belum ter-cover 100% 4G adalah sebanyak 12.548 desa,” paparnya.

Kepada mahasiswa baru, Menkominfo menyampaikan pesan Presiden agar STMM Yogyakarta menjadi perguruan tinggi yang mensuplai tenaga-tenaga digital.

“Pesan Bapak Presiden untuk perbanyak kampus digital untuk melengkapi STMM, mengembangkan STMM menjadi Institut Digital Nasional University (IDN-U), pengembangan kampus di 7 lokasi lain, penyiapan instrumen pendukungnya seperti Perpres, PM, KM, PKS, Izin, dan sebagainya. Adapun draf Perpres dan RKM sudah dirapatkan antarkementerian,” ungkapnya.

*SDM Bertalenta Digital*

Menurut Menteri Johnny, Institut Digital Nasional - Universtity (IDN-U) akan menjadi institut penyelenggara pendidikan tinggi, baik akademik maupun vokasi di bidang Komunikasi dan Informatika yang fokus di empat sekolah.

“Pertama, Sekolah Komunikasi Digital (School of Digital Communication); Kedua, Sekolah Bisnis dan Platform Digital (School of Business and Digital Platform); Ketiga, Sekolah Kebijakan dan Regulasi Digital (School of Digital Policy and Regulation); serta Sekolah Pascasarjana (Postgraduate School),” tandasnya.

Menurut Menkominfo, pengelolaan program studi, jurusan dan tenaga kependidikan juga  disesuaikan menjadi tenaga fungsional sejalan dengan reformasi birokrasi di Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Berkaitan dengan perkembangan ini, IDN-U akan dijadikan salah satu perguruan tinggi unggulan pencetak SDM digital. Oleh karena itu, diperlukan perubahan model kepemimpinan, penataan organisasi, penataan program studi dan kurikulum, serta pengembangan level pendidikan dengan jenjang yang lebih tinggi seperti halnya program pascasarjana,” ungkapnya.

Menteri Johnny menyatakan peningkatan status STMM menjadi IDN-U sangat diperlukan agar mampu berperan menjadi perguruan tinggi andal setara World Class University.

“Struktur organisasi harus disesuaikan dengan ORTA Perguruan Tinggi modern. STMM harus dikelola oleh tenaga fungsional, profesional, dan terbuka untuk rekrutmen di luar struktural, mengingat SDM profesional tidak dapat disekat oleh iklim eselonisasi,” ujarnya.

Pengembangan program studi dan jurusan dilakukan dengan penyesuaian tugas dan fungsi Kementerian Kominfo sebagai kementerian yang bertanggungjawab di bidang transformasi digital nasional.

“Saat ini kami sedang menyiapkan STMM/IDN-U kampus Jakarta, yang akan dijadikan sebagai representasi kampus digital. Adapun proses pembukaan pascasarjananya sedang diusulkan kepada Kemdikbudristek, dan diharapkan akan dibuka tahun depan,” ujar Menkominfo.

Berkaitan dengan pendidikan pascasarjana, Menteri Johnny menjelaskan hal itu diperlukan sebagai kelanjutan pendidikan digital, sekaligus untuk meminimalisasi kesenjangan digital di berbagai bidang dan pekerjaan.

“Program pascasarjana memiliki fungsi ganda selain kemampuan akademik dan praktis di bidang digital, juga menjadi bagian pengakuan kompetensi secara formal dari SDM dimaksud,” jelasnya.

Dalam empat atau lima tahun ke depan, Menkominfo meyakini IDN-U akan sangat menentukan masa depan mahasiswa. “Kalian akan memiliki kawan-kawan baru yang terbawa sampai tua, kalian akan memiliki gelar yang melekat sampai akhir hayat, dan kalian akan memiliki segudang pengalaman sebagai bekal menghadapi hari depan,” harapnya.

Menteri Johnny berpesan kepada mahasiswa baru STMM Yogyakarta dunia kampus merupakan tempat menempa, sebelum berkontribusi aktif mensejahterakan dan memajukan bangsa Indonesia.

“Saya mengucapkan selamat kepada mahasiswa baru STMM 2021/2022. Selamat datang di kampus digital masa depan. Negara kita membutuhkan para talenta digital yang handal, semoga STMM mampu mencetak talenta digital untuk menyongsong Indonesia terkoneksi, semakin digital, semakin maju,” imbuhnya.

STMM “MMTC” Yogyakarta merupakan perguruan tinggi negeri yang berada di lingkungan Kementerian Kominfo. Awal didirikan tahun 1985, STMM sebelumnya sebelumnya bernama Diklat Ahli Multi Media. Seiring perkembangannya, STMM “MMTC” telah mencetak ribuan alumni dengan keahlian dan profesi masing-masing.

Pembukaan PKKMB STMM Yogyakarta turut dihadiri Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM (Kabalitbang SDM) Kementerian Kominfo; Hary Budiarto, dan Ketua STMM “MMTC” Yogyakarta; Noor Iza, serta ratusan mahasiswa baru. (AYH)

Diberdayakan oleh Blogger.