Surabaya, Aktual News Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa meninjau vaksinasi Covid-19 DPW LDII Jawa Timur, tepatnya di Aula Ponpes Sabilurrosyidin Annur, Gayungan Surabaya, Sabtu (21/8/2021).

Kegiatan vaksinasi yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB ini, merupakan vaksinasi dosis pertama dengan menggunakan vaksin Sinovac. Total ada sebanyak 1.000 dosis vaksin yang ditarget bisa disuntikkan untuk santri dan masyarakat LDII di Jawa Timur.

Target tersebut diberikan untuk para pengasuh dan santri di Ponpes Sabilurrosyidin Annur Surabaya, warga LDII Jatim serta masyarakat di sekitar Ponpes Sabilurrosyidin.

Dalam peninjuan vaksinasi yang dilaksanakan DPW LDII Jatim, Gubernur Khofifah didampingi Ketua Umum DPP LDII KH Chriswanto Santoso, Ketua LDII Jatim Ir KH M Amrozi, Wakil Ketua DPW LDII Jatim KH Maun, Direktur RSU Haji Surabaya Herlin Ferliana serta Karo Kesra Sekdaprov Jatim Hudiono.

Usai melakukan peninjauan, Gubernur Khofifah menyampaikan apresiasi terhadap DPW LDII Jatim.

Menurutnya, kegiatan vaksinasi di lingkungan Ponpes merupakan bentuk strong partnership atau kerja sama yang kuat sebagai bentuk pelayanan bagi masyarakat mendapatkan perlindungan dan keselamatan, terutama kesehatan.

“Jadi para dokter, nakes dari RSUD Husada Prima yang memberikan support, juga LDII. Mudah-mudahan betul-betul akan menjadi amal jariyah panjenengan semua,” kata Khofifah.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Jatim ini juga berharap, vaksinasi di lingkungan pesantren akan menjadi bagian dari arah percepatan dari proses perlindungan masyarakat, sekaligus meminimalisir kemungkinan dari terpaparnya Covid-19.

Di kesempatan yang sama, Gubernur Khofifah juga mempersilakan DPW LDII Jatim untuk memberikan dosis vaksin kedua bagi para pengurus, santri dan warga di sekitaran DPW LDII Jatim. [Red/Akt-21/Redho]

 

 

Aktual News

Bogor, Aktual News-Pemdes Sukajadi, Tamansari, Bogor telah melaksanakan kegiatan pembagian bantuan berupa beras kepada warga Sukajadi.

Saat dikunjungi olew awak media AktualNews pada (20/08/2021) di kantor desa Sukajadi.

Kepala Desa Sukajadi Ade Gunawan
Menjelaskan, “sebanyak 242 orang penerima bantuan beras 10kg ,Alhamdulilah berjalan dengan lancar ,dengan adanya program bantuan ini masyrakat kami merasa terbantu, masyarakat yang belum dapat harap bersabar kami akan terus berupaya mengajukan dari dampak covid-19 ini,tapi tidak dapat secara langsung mesti data dulu ke dinsos Kabupaten Bogor”  jelasnya.

dalam pengambilan penerima bantuan diharuskan membawa persyaratan identitas diri, selalu diarahkan agar tetap menjaga protokol kesehatan.

Harapan semua yang terdampak covid-19 kedepanya dapat menerima bantuan ,dan covid -19 ini cepat tidak ada lagi. [ Red/Akt-07/Kuswanto ]

 

Aktual News

Tangerang, Aktual News-Di tengah pandemi Covid’19 Pemerintahan desa Perahu Kecamatan Sukamulya Tangerang terus berupaya melakukan yang terbaik untuk masyarakat nya, salah satunya dengan membagikan Bantuan langsung tunai (Blt DD) pada Sabtu pagi (21/08/2021) kepada 119 KK atau 119 Penerima manfaat dari bantuan langsung tunai yang di anggarkan dari Dana desa dengan tak lupa tetap memperhatikan Protokol kesehatan.


Adapun sasaran dari pemberian Blt DD itu adalah warga yang kurang mampu yang terdampak di masa pandemi Covid’19 ini, sesuai arahan dan himbauan dari Yopi Koslaniyudin selaku Kepala desa Perahu Sukamulya.

Untuk menjaga tidak berkerumun di saat berada di lokasi pembagian BLT, Yopi Koslaniyudin sudah mengatur sedemikian rupa hingga jadwal keberangkatan warga di tiap kejaroan atau rt nya masing masing.

Atas nama Pemerintah Yopi menghimbau kepada para Penerima manfaat bantuan langsung tunai untuk bisa memanfaatkan bantuan tersebut sesuai kebutuhan, Yopi juga mengingatkan bahwa pandemi Covid belum berakhir jadi masyarakat harus patuhi protokol kesehatan di segala kegiatan [Red/Akt-15/ Mulyadi]

 

Aktual News

Siantar,Aktual NewsWalikota Pematangsiantar Dr H Hefriansyah SE MM melaksanakan rapat koordinasi (rakor) bersama Dinas Sosial (Dinsos), Liaison Officer (LO) atau penghubung Covid-19, dan para camat. Rakor membahas pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 dan penyaluran Jaring Pengaman Sosial (JPS) kepada masyarakat, digelar di Gedung Serbaguna Bappeda Kota Pematangsiantar, Jumat (20/8/2021).

Dalam rakor tersebut, Walikota Hefriansyah mengucapkan terima kasih atas ketersediaan tenaga, waktu, pikiran, serta sumbangsih semua pihak dalam penanganan Covid-19 di Kota Pematangsiantar. Dikatakannya, LO Covid-19 sudah dibentuk, kemudian diintregrasikan dengan masing-masing kecamatan.

“Saya amati dan saya lihat sudah bekerja secara maksimal,” sebutnya.

Masih kata Walikota Hefriansyah, ia berharap kepada peserta rakor untuk membuat strategi dalam penanganan PPKM Level 4 agar lebih maksimal. Sebab, katanya, masih ada beberapa kendala yang harus segera disikapi.

Seperti, masih ada masyarakat Kota Pematangsiantar yang terpapar Covid-19, baik yang bergejala dan yang tidak bergejala, enggan dirujuk ke rumah sakit dan isolasi terpusat (isoter). Malah mereka melaksanakan isolasi mandiri.

“Untuk itu mari kita yakinkan dengan cara edukasi agar masyarakat yang terpapar Covid-19 mau dirujuk ke rumah sakit atau ke isolasi terpusat,” tukasnya.

Dilanjutkan Walikota Hefriansyah, terkait kondisi di lapangan, masih ada masyarakat yang belum tertib untuk menerapkan protokol kesehatan, seperti belum mengenakan masker dan berkerumun.

“Untuk itu mari kita sosialisasikan ke masyarakat bahwa dengan menerapkan protokol kesehatan secara benar dapat menurunkan penyebaran Covid-19 di kota kita ini,” katanya.

Mobilitas dan mobilisasi masyarakat di Pematangsiantar, lanjutnya, perlu dikendalikan di masa PPKM Level 4. Caranya, dengan penyekatan, baik di batas wilayah Kota Pematangsiantar maupun dalam pusat Kota Pematangsiantar yang melibatkan TNI/Polri.

“Untuk itu para camat dan lurah agar menginformasikan ke masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah bila tidak terlalu penting,” sebutnya.

Untuk 3T, yaitu Testing (pemeriksaan dini), Tracing (pelacakan), dan Treatment (perawatan), serta vaksinasi, Walikota Hefriansyah meminta agar lebih dimaksimalkan. Sehingg bisa menurunkan level PPKM di Kota Pemayangsiantar.

“Untuk itu, mari kita bekerja sama dalam penangan penyebaran Covid-19 di kota kita,” ajaknya.

Terkait JPS, sambung Walikota Hefriansyah, Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar dalam waktu dekat akan melakukan penyaluran kepada masyarakat. Karenanya, ia mengimbau kepada camat dan lurah agar memberikan data yang benar. Sehingga JPS tepat sasaran.

“Saat pembagian JPS nanti, saya harap tidak menimbulkan kerumunan di masyarakat. Kepada Dinas Sosial, para camat, dan lurah agar membuat jadwal-jadwal pembagian ke masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pematangsiantar Pariaman Silaen menyampaikan, yang akan menerima JPS dari Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar adalah masyarakat di luar yang menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT), Program Keluarga Harapan (PKH), maupun bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) lainnya. [ Red/Akt-40/Kiki ]

 

Atual News

Surabaya, Aktual News Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Putra Putri Madura (HIPPMA) bersama Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Advokasi Rakyat Merdeka Gerakan Anti Korupsi (LARM-GAK) meminta agar pemerintah Kota Surabaya menangani limbah medis secara maksimal. Mengingat saat ini ada risiko ledakan sampah medis di Kota Surabaya.

Ketua Umum LARM-GAK (Moh Taufik MD, S.I.Kom., S.H., M.H.) menyebutkan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya perlu segera mengambil tindakan agar masalah sampah medis tak menjadi medium penularan COVID-19.  “Perlu standarisasi penanganan sampah masker berbahaya. Ancaman penyebaran COVID harus diantisipasi dari sampah medis ini,” katanya, Sabtu (21/8/2021).

Ketua Umum HIPPMA (Mulyadi, S.H., M.H.) ini mencontohkan sampah masker di TPA Benowo kian menumpuk. Banyaknya limbah masker tersebut jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat, bisa menimbulkan masalah baru di masyarakat.

“Kami khawatirkan adalah jika mereka yang tanpa gejala ini membuang masker bekasnya sembarangan. Itu bisa menjadi transmisi virus untuk menular ke orang lain,” tegasnya.

Bahkan resiko bahaya tersebut bisa mengancam mulai dari petugas kebersihan dan masyarakat umum. Untuk itu, Pemkot Surabaya perlu segera menangani masalah limbah medis terutama masker agar tidak ada klaster baru dari pembuangan sampah masker.

Sekjen HIPPMA yang sekaligus Sekjen LARM-GAK (Baihaki Akbar, S.E., S.H.) menilai saat ini pemahaman warga terkait cara membuang limbah masker juga masih kurang. Hal itu terlihat masih banyaknya masker dibuang sembarangan. “Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) harus melakukan langkah penanganan yang efektif dan aman, seperti mengeluarkan imbauan agar masker dihancurkan sebelum dibuang,” terangnya.

Pihaknya mengusulkan agar ada pembedaan tempat sampah. Jika sebelumnya ada tempat sampah basah dan kering, organik non organik, kini harus ditambahkan tempat sampah untuk limbah medis.

“Saya banyak menemukan sampah rumah tangga bercampur dengan masker bekas pakai. Ini membuktikan jika masyarakat kurang teredukasi untuk pembedaan sampah-sampah tersebut,” pungkasnya.” [Red/Akt-21/Redho Fitriyadi]

 

Aktual News

 

Kabupaten SerangAktual News Personel Polsek Cikande Polres Serang patroli Cafe dan Tempat Hiburan Malam (THM) dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dan Harkamtibmas, Jumat, (20/8/2021) malam.

Razia operasi Tempat Hiburan Malam (THM) dilakukan menindaklanjuti banyaknya laporan pengaduan masyarakat yang merasa terganggu dan khawatir terhadap pengunjung Tempat Hiburan Malam ( THM ) tersebut yang cenderung tidak mematuhi Protokol Kesehatan dan mematuhi Instruksi Mendagri Terkait PPKM.

Giat dipimpin oleh Panit 2 Opsnal Reskrim Polsek Cikande Ipda Arifin Simbolon, yang melibatkan personel Polsek Cikande sebanyak 10 anggota.

Giat diawali apel yang dipimpin Panit 2 Opsnal Reskrim Polsek Cikande mewakili Kapolsek Cikande Kompol Salahuddin,S.Sos.,M.Si.

Melalui Ipda Arifin Simbolon Kapolsek Cikande Kompol Salahuddin,S.Sos.,M.Si menyampaikan diharapkan kegiatan ini menjadi terpeliharanya keamanan dan ketertiban masyarakat dan merubah masyarakat untuk disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan covid-19 dengan cara menerapkan Pola 5 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, membatasi mobilitas dan Menjauhi Kerumunan).

Dari beberapa Cafe dan tempat hiburan malam (THM) yang dilakukan pemeriksaan, 1 Tempat hiburan malam (THM) bernama The Star yang berlokasi di Cikande kedapatan masih beroperasi, saat dilakukan pemeriksaan ditemukan puluhan botol isi minuman keras ( Miras ) dan dilakukan penyitaan oleh petugas, selanjutnya Tempat Hiburan Malam tersebut dilakukan Penutupan dan akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

ditambahkan terkait pelaksanaan tugas di lapangan agar personel dalam bertugas utamakan keselamatan dan tetap kompak dalam memberikan imbauan, serta selalu Humanis dengan cara 3 S (Senyum, Sapa dan Salam) dan hindari kata-kata yang sifatnya arogan. [Red/Akt-49/Agi]

 

Aktual News

Tangerang, Aktual News-Komunitas Pemuda desa Tangerang mengadakan Talk Show yang tertema: Pro kontra diundurnya pilkades serentak di daerah kabupaten Tangerang.

Ketua pelaksana, Ilham Dimas Sese mengucapkan selamat datang para narasumber yaitu Ketua APDESI Kab.Tangerang Maskota, Dinas Pemerintahan desa Kabupaten Tangerang, Sekjen APDESI dan Milenial Kab. Tangerang Anri Situmeang dalam talk show yang kami adakan di cafe Dejavoe cafe, Curug, Kabupaten Tangerang.

Dalam talk show ini tetap kita menjalankan protokol sehat (prokes).

Ketua APDESI Kabupaten Tangerang memaparkan bahwasanya terjadinya diundur pilkades serentak di 77 Desa di Kabupaten Tangerang terjadinya pro kontra antara para calon desa dengan kebijakan terjadinya penundaan pilkades ini.

Lanjut, Maskota pada hari Senin tanggal 23 Agustus 2021 akan mengirim permohonan kepada gubenur provinsi Banten dengan tembusan kepada Presiden Republik Indonesia agar bisa dilaksanakan pilkades di kabupaten Tangerang dengan alasan ” Alhamdulilah Provinsi Banten khususnya di kabupateb Tangerang sudah zona hijau Karena peran Aktif Bupati Tangerang dalam penanganan COVID-19 sudah menurun.”

Annilah selaku sekjen APDESI Kabupaten Tangerang Bernardo pilkades yang relay ditunda semoga bisa dilaksanakan Dan jangan ditunda lagi, dimana Annilah juga sebagai calon peserta yang ikut kontes pilkades serentak tersebut.

Anri Situmeang memaparkan dalam talk show, kita harus mendukung kebijakan pemerintah pusat Dan pemerintah Daerah kabupaten Tangerang dalam menanggulangi virus covid-19 ini, semoga dengan waktu cepat atau di bulan oktober 2021 ini bisa dilaksanakan pesta demokrasi pilkades di kabupaten Tangerang.

Tambahnya, yang terpenting tatacara pilkades di konsep dengan baik. Bahkan, Anri Situmeang memberikan saran pemilihan dengan cara ditambahkan TPS diperbanyak jadi maksimal 1 TPS 100 orang dengan tetap protokol kesehatan dan waktu masyarakat untuk mencoblos di perpanjang hingga sore agar masyarakat datang ke TPS tidak rombongan dalam mencoblos, tuturnya Milenial kabupaten Tangerang.

Oo Sumantri turut hadir dalam talk show mewakili dari kepala dinas pemerintahan desa kabupaten Tangerang, Menjelaskan dengan diundurnya pilkades berdasarkan surat dalam Kementerian Dalam Negeri dan kita mendukung bupati tangerang dalam menanggulangi pandemi covid-19 dan masukan dari anri situmeang, saya akan sampaikan semoga harapan kita pilkades serentak tak diundur waktu pelaksanaannya dan virus covid-19 ini cepat berlalu.[ Red/Akt-26/Har/Anri Situmeang ]

 

Aktual News

Bogor, Aktual News-Danrem 061/SK Brigjen TNI Achmad Fauzi S.I.P.,M.M. dengan didampingi oleh Dandim 0606/Kota Bogor melaksanakan Pemantauan Pengamanan pendistribusian Logistik Vaksin ke Wilayah Kota Bogor, Jum’at (20/8).

Vaksin variant Pfizer sebanyak 64 Box Didistribusikan langsung ke beberapa Puskesmas wilayah Kota Bogor dan Kabupaten Bogor, dengan rincian sebagai berikut, untuk di Kota Bogor Kemenkes dengan didampingi Dinkes mendistribusikan 11 Box Vaksin pfizer. Sedangkan di Kabupaten sebanyak 54 Box. Atau secara keseluruhan Vaksin pfizer yang sudah didistribusikan ke Kota dan Kabupaten Bogor yaitu sebanyak 63.375 dosis.

Dalam pemantauannya, Danrem menyampaikan bahwa Ia bersama Dandim 0606 Kolonel Inf Roby Bulan, bersama Kadinkes Kota Bogor dokter Retno dan Dokter Ruby selaku Kepala Puskesmas tanah sareal termasuk dari perwakilan kementerian kesehatan, kami telah melaksanakan pengamanan sekaligus pengantaran Pendistribusian vaksin pfizer ke beberapa titik di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. kemudian khusus Kota Bogor ada 11 box dimana sekitar 10 ribuan lebih dosis vaksin pfizer dan menurutnya bahwa hari ini ada 11 kotak 11 Box vaksin untuk Kota Bogor, sedangkan untuk di Kabupaten Bogor ada 54, dan total keseluruhan ada 65 box dengan total keseluruhan 62.375 dosis maupun Kota Bogor dan Kabupaten Bogor, yang berhasil diantarkan sampai dengan tujuan masing-masing. intinya nanti Dinkes yang akan mengatur penggunaannya dengan sebaik-baiknya. Yang jelas vaksin ini untuk semuanya. Hal itu disampaikan oleh Danrem.

Semoga dengan adanya penambahan vaksin ini, maka dapat menambah semangat dan keyakinan seluruh tenaga kesehatan di Kota Bogor, hingga para nakes dan relawan dapat melaksanakan tugas pada serbuan vaksinasi dengan maksimal, Pungkas Danrem.

Dokter Retno selaku Kadinkes yang turut hadir pada kegiatan tersebut menjelaskan, bahwa hari ini Kota Bogor mendapatkan alokasi vaksin pfizer dan langsung didistribusikan ke Faskes dimana ada dua puskesmas, yaitu puskesmas Bogor Timur dan Tanah Sareal, tentu untuk vaksin pfizer ini kami tekankan untuk memperhatikan penyimpanannya, vaksin ini harus disimpan dalam suhu beku 70 derajat dan ini juga akan kita lakukan supaya kualitas dari vaksin itu tetap terjaga sampai vaksin itu disuntikan kesasaran.

Sedangkan terkait perbedaannya berada di penyimpanannya, jika yang lain bisa disimpan di suhu 2 sampai 8°c sedangkan pfizer harus disuhu beku minus 70°c. Itu untuk kestabilan vaksin, sehingga kwalitas vaksin itu harus tetap kita perhatikan. kita sesuai dengan jenisnya dari Kementerian Kesehatan bahwa fpizer ini juga bisa digunakan untuk masyarakat umum, tentu nanti akan kami alokasikan, kebetulan saat ini Kota Bogor sedang melakukan percepatan Vaksinasi kita mengejar alhamdulillah dengan dibantu oleh Korem 061 Suryakancana kita dibantu untuk pelaksanaan vaksinasi dan capaiannya sampai saat ini sudah 50,1%, dan kita targetkan pada bulan September Vaksinasi dosis 1 Kota Bogor bisa 100%, sehingga dengan tambahan vaksin pfizer ini tentu akan segera kita distribusikan kesasaran. Dan untuk vaksin pfizer ini dapat digunakan dari usia 12 tahun.

Hadir dalam giat pengamanan pendistribusian vaksin pfizer tersebut yaitu Pasi ops Kodim 0606/Kora Bogor, Pasi Intel Kodim 0606/Kota Bogor, Danramil Bogor Timur, Danramil Tanah Sareal Kodim 0606/Kota Bogor, Ipda Susilo ( KBO Lantas Polresta Bogor), Kepala puskesmas Bogor Timur dan Kepala puskesmas Tanah Sareal. Sedangkan unsur yang terlibat yaitu Kodim 0606/Kota Bogor, Denpom III/I Bogor, Polresta Bogor Kota, Yonif 315/GRD, serta Jajaran Intel Kota Bogor.

Dan lokasi tempat pengiriman Logistik Vaksin diwilayah Kota Bogor yaitu di Puskesmas Bogor Timur Jl. Chiheulet No 6 RT 01 RW 11 Kel.Baranangsiang Kec.bogor Timur Kota Bogor dan di Puskesmas Tanah Sareal Jl. Kesehatan No 87 Kel. Tanah Sareal Kec. Tanah Sareal Kota Bogor.

Selain memantau Pendistribusian vaksin pfizer, Danrem juga melaksanakan pemantauan Kegiatan serbuan Vaksinasi di Vihara Dhanagun diwilayah Babakan Pasar Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor , Danrem memantau pelayanan vaksinasi yang dilakukan oleh tim Nakes dan para relawan Festival Merah Putih. Untuk Capaian Serbuan Vaksinasi gelaran Korem 061/SK secara keseluruhan sampai hari ini yaitu sebanyak 314.257 orang yang sudah tervaksin. [ Red/Akt-01/Srd Agung/Hera ]

Aktual News
Sumber: Penrem 061/SK

Diberdayakan oleh Blogger.