Calungbungur, Aktual NewsPesta demokrasi di Desa Calungbungur yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 September yang mana dirubah menjadi tanggal 24 Oktober 2021 berdasarkan surat edaran bupati Lebak, menjadikan para kontestan pilkades sebagai ajang silaturahmi kepada warga untuk menarik simpati.

Salah satunya Calon Kades nomor urut 5 bapak Jaro Imam Taufik dari Kp. Gubug Desa Calungbungur mengajak warga untuk mengadakan kerja bakti merenovasi jembatan Karian yang berada di Kp.Karian Jumat, 17 september 2021.

Jembatan yang dibangun pada tahun 2020 Pasca banjir bandang melanda oleh Dompet Dhuapa dengan total anggaran 138juta tersebut murni berasal dari Dompet Dhuapa, yang selama ini belum pernah diadakan perbaikan atau perawatan baik dari Pemerintahan Kabupaten Lebak maupun Pemerintahan desa Calungbungur.

Salah satu warga bapak SUJAI selaku tokoh pemuda dari Kp. Karian sangat berterima kasih kepada bapak Jaro Imam Taufik nomor urut 5 sebagai Cakades Desa Calungbungur.

Semoga menjadi amal ibadah yang baik dan bermanfaat buat masyarakat desa Calungbungur dan berharap dalam kontestan kali ini diberikan kemenangan serta dapat menjaga sportifitas dan kerukunan antar pendukung sehingga tetap terjaga suasana pilkades yang kondusif.

Sejauh pemantaun di lapangan pada saat kerja bakti pemerintahan desa Calungbungur tidak tampak di lokasi kerja bakti yang padahal jembatan tersebut bisa dilakukan renovasi dengan memakai anggaran dana desa selagi DAM belum difungsikan karena memang jembatan tersebut merupakan akses utama.

Secara terpisah pengamat kebijakan publik yang bergerak dibidang sosial, lingkungan dan hukum bapak Riswanto, SH, MH, PIA yang akrab dipanggil kang Prabu melalui pesan WA ke PLT Desa Calungbungur Bapak Moch Soebandi saat ditanya PLH desa Calungbungur mengatakan bahwa sesuatu yg sudah masuk di DAM Karian tidak bisa di bangun kembali atau pun renovasi, kecuali dari dana pribadi. [ Red/Akt-01 ]

 

Aktual News

Pematangsiantar,Aktual News-Percepatan vaksinasi bagi warga Kota Pematangsiantar terus dipercepat Pemerintah Kota (Pemko). Kali digelar di Yayasan Perguruan (YP) Sultan Agung, Jalan Surabaya, Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat, Kamis (16/9/2021).

Tahap awal ini sebanyak 250 pelajar telah menerima dosis pertama vaksin Sinovac. Prosesnya berjalan lancar atas kerjasama Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Satgas Covid-19, TNI dan Polri.

Humas YP Sultan Agung Poling Ardi menjelaskan, 250 pelajar yang mengikuti vaksinasi tersebut berasal dari 5 sekolah, yakni Sultan Agung, Kalam Kudus, Budi Mulia, SMA Negeri 4 dan Taman Siswa.

“Tapi sudah delapan kali kita menjadi tuan rumah (lokasi vaksinasi). Kita sangat menyambut baik. Kita dipercaya sebagai penyedia tempat vaksinasi,” ucapnya.

Lalu poling mengatakan, kegiatan vaksinasi kepada pelajar itu digelar secara serentak dan turut diikuti Presiden Joko Widodo secara virtual melalui zoom meeting dan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

“Namun kepada setiap siswa yang mau vaksin, kita sebelumnya sudah minta izin dengan menyurati orangtua mereka. Jadi, kita harus dan wajib minta izin dulu. Kan efek vaksin ini bisa demam,” terangnya.

Tapi sementara itu, Kadis Kesehatan Siantar dr Ronald Saragih memaparkan, kegiatan vaksinasi pelajar tingkat SMA sederajat ini baru pertama kali digelar di Siantar.

Ronald menambahkan, pihaknya tetap menunggu arahan pimpinan dalam hal ketersediaan dosis vaksin.

“Dosis yang ada itu dulu kita kerjakan pada sasaran. Semoga dosis vaksin kian bertambah untuk kota ini. Semoga selalu berjalan lancar,” bilangnya. [ Red/Akt-41/Kiki ]

 

 

Aktual News

Lebak, Aktual News-Jembatan gantung yang berada di kampung Karian desa Calungbungur, yang melintasi sungai Ciberang atau yg disebut juga dengan jembatan Karian yang menghubungkan dua kampung yakni kampung Karian dan lebak Kopo Nanggela, sangat mengkhawatirkan bagian papannya jembatan sudah banyak yang rapuh dan berlubang.

Menurut Riswanto yang akrab dipanggil Kang Prabu, selaku Pengamat Kebijakan Publik (sosial, lingkungan dan Hukum), menghimbau kepada Pemerintah Kab Lebak melalui Pemerintahan Desa Calungbungur agar memperhatikan keselamatan warga karena jembatan tersebut merupakan akses masuk utama masyarakat kedua kampung yakni kampung Karian dan Kampung Lebak Kopo Nanngela.

Lokasi Jembatan Kampung Karian Desa Calungbungur kecamatan Sajira Kabupaten Lebak.

Masih menurut kang Prabu bahwa dana desa yang berada di Desa Calungbungur harusnya bisa dimanfaatkan untuk perbaikan jembatan sehingga masyarakat terasa nyaman ketika melintasi jembatan tersebut. [ Red/Akt-01 ]

 

Aktual News

Tangerang, Aktual News– Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 10 Tahun 2019 (Permenpan No. 10/2019), disebutkan bahwa Zona Integritas adalah sebuah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya memiliki komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Ini sejalan dengan Grand Design Reformasi Birokrasi Tahun 2010 – 2025 yang menitikberatkan pada pelayanan instansi pemerintah efektif, efisien, dan ekonomis serta mendukung upaya pemerintah untuk menjadi pemerintahan kelas dunia.

Jumat, (17/9/2021).

Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang disambangi oleh DR. Dhahana Putra selaku Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga Kemenkumham. Kedatangan beliau disambut langsung oleh Kadek Anton Budiharta selaku Kepala Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang didampingi oleh Ketua Pokja dan Tim Pokja Pembangunan ZI Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Kunjungan Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang, serta diikuti pula oleh Kepala UPT dan Ketua Pokja Pembangunan ZI dari LPKA Kelas I Tangerang, Lapas Kelas I Tangerang, dan Rutan Kelas I Tangerang.

Dalam penguatan ini, DR. Dhahana Putra menyampaikan bahwa ada beberapa faktor keberhasilan dalam Pembangunan Zona Integritas, yakni satker melalui pimpinan dan tim kerja mampu meyakinkan evaluator tentang perubahan apa saja yang sudah dilakukan, memiliki komitmen yang kuat, ada sarana dan prasarana yang mendukung, punya transparansi informasi yang baik, telah melakukan internalisasi ZI dengan baik dan merata, mampu membuktikan program unggulan yang dimiliki satker, serta memiliki inovasi yang bermanfaat dan tepat guna.

Menanggapi hal ini, Kadek Anton Budiharta mengatakan bahwa penguatan ini banyak manfaatnya bagi para satker pejuang WBK dan WBBM. Selain dapat digunakan untuk menampilkan berbagai program unggulan dan inovasi yang dimiliki Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang, kedatangan DR. Dhahana Putra juga menjadi momentum untuk menyatukan kembali komitmen para satker dalam meraih predikat WBK dan WBBM.

“ Kami berharap kedatangan DR. Dhahana Putra bisa menjadi momentum bagi kami khususnya, dan seluruh satker pejuang WBK dan WBBM untuk mengonsolidasikan kembali tenaga, pikiran, dan komitmen untuk kembali memberikan pelayanan terbaik kepada Warga Binaan Pemasyarakatan dan masyarakat ,” Ungkap Kadek Anton Budiharta.

Di Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang, DR. Dhahana Putra dan rombongan disuguhkan dengan berbagai program unggulan dan inovasi yakni SIPATULADA yang terdiri dari Layanan Kunjungan, Layanan Posyandu Warna, Layanan Posyandu Publik, dan lain sebagainya.[Red/Akt-49/Agi]

 

Aktual News

Serang, Aktual News-Di hari pertama operasi Bina Kusuma II Maung 2021 yang digelar oleh Polres Serang Polda Banten, Polres Serang berhasil menyita ratusan liter minuman keras dan mengamankan 5 (lima) orang terkait penjualan minuman keras di Daerah Hukum Polres Serang, Jum’at (17/09).

Kapolres Serang AKBP Yudha Satria, SH, S.Ik, Jum’at (17/09/2021) mengatakan, lima sasaran dalam operasi bina Kusuma ini diantaranya, pembinaan dan penyuluhan (Binluh), Miras, sosialisasi dan razia dengan sasaran orang preman, Penegakan Prokes dalam pencegagan covid-19, hotel, penginapan dan tempat lain yang terindikasi biasa dijadikan tempat melakukan suatu tindak kejahatan.

Yudha menjelaskan, operasi tersebut dilaksanakan dengan tujuan meminimalisir potensi terjadinya tindak premanisme, serta adanya penyakit masyarakat lainya ditengah pemulihan ekonomi akibat dampak Covid -19, serta memberikan himbauan kepada setiap masyarakat untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

”Mendorong dan meningkatkan kesadaran hukum masyarakat akan pentingnya kamtibmas yang kondusif,” ungkap Yudha.

Lanjut Yudha selain miras, anggota juga berhasil mengamankan lima orang terkait penjualan minuman keras di hari pertama pelaksanaan Operasi Bina Kusuma ini.

“Barang bukti Miras yang diamankan berupa 10 Dirigen minuman keras jenis tuak, tiga perempuan dan dua laki-laki,” tuturnya.

Untuk barang bukti yang menjadi temuan menurut Yudha, selanjutnya diamankan di Mapolres Serang dan untuk kelima orang yang diamankan akan dilakukan pembinaan untuk kemudian diserahkan ke Dinas Sosial Kabupaten Serang.

“Kami ucapkan terimakasih kepada masyarakat Serang yang berperan aktif dalam memelihara Kamtibmas dilingkungan masing-masing, serta menghimbau kepada seluruh masyarakat yang masih minum miras agar segera berhenti, karena miras merupakan faktor utama terjadinya segala tindak pidana,” pungkasnya.[Red/Akt-49/Agi]

 

 

Aktual News

Serang, Aktual News Komandan Korem 064/MY Brigjen TNI Yunianto, S.Sos., M.M, mendampingi Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) KH. Ma’ruf Amin meninjau pelaksanaan serbuan vaksinasi yang merupakan kelanjutan vaksinasi pertama yang telah dilaksanakan pada bulan Agustus 2021 yang lalu, hari ini vaksinasi kedua di Pondok Pesantren (Ponpes) An Nawawi Tanara, di Kampung Kemuludan Desa Tanara, Serang, Banten, Kamis (16/09/2021).

Danrem 064/MY menjelaskan dalam tinjauan vaksinasi ini tetap sasaran kepada kalangan para santri, pengurus dan karyawan Ponpes, serta masyarakat sekitar dilaksanakan dalam rangka untuk mempercepat target capaian vaksinasi Covid-19 khususnya di wilayah Kabupaten Serang yang prosentasinya masih rendah dan mempercepat herd immunity

Sementara itu, kami arahkan untuk berikutnya ke sekolah-sekolah, pesantren sehingga proses tatap muka nantinya jika mereka sudah divaksin tentunya akan menambah herd immunity dan para siswa maupun pengajar dapat tenang untuk melaksanakan proses belajar mengajar dengan tatap muka,” ujar Danrem 064/MY.

Vaksinasi dengan target 3.000 orang yang terdiri dari santri putra 500 orang, santri putri 500 orang, pengurus pesantren 200 orang, mahasiswa 200 orang dan masyarakat sekitar 1.600 orang ini melibatkan 100 Tenaga Kesehatan (Nakes) yang berasal dari TNI AL yakni, Diskesal/RSAL dr. Mintohardjo, Diskes Koarmada I, Diskes Lantamal III Jakarta, Diskes Kormar, Biddokes Polda Banten, Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, dan Puskesmas Tanara dengan vaksin yang digunakan adalah Sinovac. Dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut juga dibagikan bantuan paket sembako kepada seluruh peserta vaksinasi.

 

Wapres RI K.H. Ma’ruf Amin yang juga selaku pimpinan pesantren An Nawawi Tanara didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kasal atas kontribusi TNI Angkatan Laut dalam pelaksanaan vaksinasi kedua untuk para santri dari sekolah dasar (SD) hingga sekolah tinggi dan masyarakat. Vaksinasi ini dilaksanakan dalam rangka mempercepat tercapainya herd immunity. Wapres meminta kepada masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan walaupun sudah divaksin.

“Kita belum bisa memperkirakan kapan Covid ini akan berakhir, untuk itu kita mengarahkan pada ketahanan masyarakat untuk memperkecil resiko yang ada di pesantren. Bahaya itu harus dihilangkan dan itu merupakan suatu kewajiban. Kita meminimalisir resiko dengan tetap menjaga prokes, tetap menggunakan masker, cuci tangan, menjaga jarak dan melaksanakan vaksinasi yang kita targetkan 77%” Ujar Wapres.

Lebih lanjut Wapres menjelaskan bahwa sekolah-sekolah sudah memulai proses belajar tatap muka, mengingat Informasi yang diperoleh bahwa pendidikan daring itu tidak optimal, sangat kurang apalagi kalau di daerah tersebut internetnya blank atau tidak tertangkap. Pelaksanaan proses belajar tatap muka perlu diawali dengan percepatan vaksinasi dengan memprioritaskan kalangan pelajar, guru-guru dan Mahasiswa.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut,
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim, Ketum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono, Koorsahli Kasal Laksda TNI Roberth Wolter Tappangan, S.H., Aspotmar Kasal, Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto, Para Kasi Kasrem 064/MY, Wagub Banten, Ka BNPB, Wakapolda Banten, Kaskoarmada I dan Kajari Serang, serta undangan lainnya.[Red/Akt-49/Agi].

 

Aktual News

 

SerangAktual News Ditlantas Polda Banten melaksanakan Latihan Pra Operasi secara virtual di ruang vicon Polda Banten sebelum menggelar Operasi kepolisian dengan sandi Ops Patuh Maung 2021, Jumat (17/09).

Kegiatan yang digelar secara virtual dan diselenggarakan oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Banten itu dibuka langsung oleh Dir Lantas Polda Banten dan dihadiri oleh personel yang terlibat operasi.

Dalam sambutannya Dir Lantas Polda Banten Kombes Pol Rudy Purnomo mengatakan Lat Pra Ops Patuh Maung 2021 ini digelar untuk memberikan materi kepada personel yang terlibat sehingga dalam pelaksanaan di lapangan hasilnya lebih maksimal.

“Diharapkan untuk para personil yang terlibat pelatihan operasi ini agar bersungguh-sungguh dalam mengikutinya, mengingat pentingnya operasi patuh maung 2021 ini,” ucap Rudy.

Selain itu Kombes Pol Rudy Purnomo juga menambahkan bahwa dalam pelaksanaan operasi ini kita harus senantiasa mengedepankan penindakan yang edukatif serta persuasif humanis kepada masyarakat.

“Agar personel di lapangan senantiasa mengedepankan penindakan yang edukatif serta persuasif humanis kepada masyarakat, sehingga di lapangan nanti tidak terjadi gesekan-gesekan yang dapat menimbulkan konflik antara masyarakat serta personil yang bertugas dilapangan,” tegas Rudy.

Operasi Patuh 2021 dilaksanakan secara serentak di 34 Polda seluruh indonesia selama 14 hari terhitung tanggal 20 september hingga 3 Oktober 2021 yang bertujuan meningkatkan disiplin masyarakat baik dalam berlalu lintas maupun dalam mencegah penyebaran covid-19.

“Sehingga terwujud keamanan, keselamatan dan kelancaran lalu lintas yang mantap,” kata Rudy.

Terakhir Kabid Humas Polda Banten Akbp Shinto Silitonga menambahkan bahwa sasaran dari Operasi Patuh Maung 2021 yaitu segala bentuk kegiatan masyarakat yang berpotensi menjadi cluster penyebaran covid-19 dan masyarakat yang tidak tertib dalam berlalu lintas serta lokasi rawan macet dan rawan terjadinya kecelakaan.

“Operasi ini tetap mengedepankan kegiatan edukatif, persuasif, simpatik dan humanis,” pungkas Kabid Humas Polda Banten.[Red/Akt-49/Agi].

 

Aktual News

 

Lebak, Aktual News-Bhabinkamtibmas Polsek Bojongmanik Polres Lebak Briptu Riqiw dan Babinsa Bojongmanik Serda Carles melaksanakan sosialisasi tentang vaksin dengan beberapa warga Desa Bojongmanik dalam rangka pendisiplinan protokol kesehatan guna mengurangi penyebaran covid 19 diwilayah Desa Bojongmanik Kecamatan Bojongmanik Kab Lebak bertempat di Kantor Desa Bojongmanik, Kecamatan Bojongmanik, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Jum’at (17/09/2021).

Lebih lanjutnya menyampaikan pesan pesan maupun himbauan tentang sosialisasi vaksin dan disiplin Protokol Kesehatan di masa Pandemi Covid 19, salah satu caranya adalah selalu memakai masker apabila keluar rumah selalu rajin mencuci tangan usai melakukan kegiatan, jaga jarak dalam melakukan komunikasi dengan orang lain dan hindari kerumunan banyak orang, serta mengurangi Mobilitas ungkapnya.

Kapolres Lebak Polda Banten AKBP Teddy Rayendra,SIK,M.I.K melalui Kapolsek Bojongmanik AKP Yedi Cahyadi mengatakan “sangat dibutuhkan kerjasama yang baik antara babinsa, bhabinkamtibmas serta warga masayarakat setempat upaya memutus dan pencegahan virus corona diwilayah”, ujarnya.

“Bhabinkamtibmas dan Babinsa bekerjasama dengan seluruh lapisan masyarakat untuk saling memberikan informasi apabila ada permasalahan kamtibmas yang timbul di masyarakat khususnya pendisiplinan Protokol Kesehatan mencegah penyebaran Covid 19 diwilayah binaan,” terangnya.

Sementara itu, salah satu warga H. Ujang menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bhabinkamtibmas dan Babinsa yg sudah silaturahmi dengan warga,
“Ucapan terimakasih kepada Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang sudah silaturahmi dengan warga dan sekaligus memberikan pemahaman, ajakan maupun edukasi sosialisasi Vaksinasi penanganan pandemi covid-19”.[Red/Akt-49/Agi].

 

Aktual News

Labuhanbatu, Aktual NewsWakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar S.Pd, M.M, hadir menyaksikan Vaksinasi Masal dilapas kelas IIA Rantauprapat Kelurahan Lobusona Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu, Jum’at 17/9/2021.

Vaksinasi masal gagasan Polri bekerjasama dengan Gerakan Indonesia Pasti Bisa yang dilaksanakan dilapas kelas IIA Rantauprapat ini diperuntukan bagi 200 orang warga binaan.

Wakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa dikesempatan itu mengucapkan banyak terima kasih kepada Polri dalam hal ini Polres Labuhanbatu dan Kalapas kelas IIA Rantauprapat yang telah membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Labuhanbatu dalam menekan laju penyebaran virus Corona Covid-19 dengan memberikan vaksinasi kepada warga binaan.

” Kita ketahui bersama bahwa dilapas ini adalah tempatnya orang yang berkumpul, kemungkinan besar bisa saja terjadi disini varian virus tersebut, Alhamdulillah saya ucapkan terimakasih kepada Polres Labuhanbatu dan Lapas yang bersedia memfasilitasi vaksinasi bagi warga binaan” ucap Wakil Bupati Labuhanbatu.

Selain itu Hj. Ellya Rosa juga menyebutkan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu akan terus berusaha menjadikan masyarakat labuhanbatu lebih sehat dan terhindar dari virus Covid-19, diantaranya dengan terus mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya mengikuti vaksinasi dan tetap melakukan 5 M.

Kalapas Kelas IIA Rantauprapat Jayanta AMd, I.P., SH, menyampaikan Kapasitas dilapas tersebut hanya 375 orang, namun sekarang dihuni 1. 441 orang warga binaan, ini menandakan betapa sulitnya menerapkan Prokes Covid-19, dari itu saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak terlebih Kapolres Labuhanbatu yang telah memberikan vaksinasi kepada warga binaan lapas kelas IIA Rantauprapat.

Dikesempatan yang sama, Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan SIK, MH, mengatakan akan selalu siap bersinergi bersama Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu untuk terus mensosialisasikan akan pentingnya vaksinasi, ” kita ketahui hingga saat ini masih banyak masyarakat yang enggan di vaksin, karena masih mempercayai berita hoax yang tersebar”.

Namun, ucap Kapolres, pihak Polres Labuhanbatu tidak akan terus berusaha memberikan pengertian dan arahan agar masyarakat mau mengikuti vaksinasi agar kabupaten labuhanbatu raya ini semakin sehat dan maju.ujar Kapolres.

Usai memberikan arahan dan sambutan, Wakil Bupati Kabupaten Labuhanbatu beserta unsur Forkopimda lainya meninjau lokasi vaksinasi, terlihat sesekali Wakil Bupati Kabupaten Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar bercengkerama dengan warga binaan lapas kelas IIA dan memberikan nasehat.

Giat pagi hari sekira pukul 9:00 Wib itu dihadiri Wakil Bupati Kabupaten Labuhanbatu Hj.Ellya Rosa Siregar,S.Pd, M.M, Dandim 0209/lb Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap, SE, MTr,(Han), Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan SIK, MH, Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu Hj.Meika Rianti Siregar, SH, Kalapas kelas IIA Rantauprapat Jayanta ,A, MD, I.P, SH, Kajari Labuhanbatu Jefri Penangin Makapedua, SH, MH, Ketua MUI SE Labuhanbatu Raya, Dua orang Vaksinator dan satu cadangan dan 200 warga binaan yang mengikuti vaksinasi. [ Red/Akt-16]

 

Aktual News

Foto : Betonisasi di jln salak Rt 06/011. Perum kirana surya Kecamatan Solear kab, Tangerang.

Solear, Aktual News Pekerjaan peningkatan jalan atau betonisasi di jalan Aalak perumahan Taman Kirana Aurya yang dikerjakan asal jadi, hal tersebut berdasarkan wawancara awak online media AktualNews.co.id, dengan salah satu warga sebut saja J ( inisial-red ), kepada awak media, J mengatakan pekerjaan betonisasi tersebut dilaksanakan pada hari Kamis 09/09/2021, dan malamnya dilakukan pengecoran, dan dari penjelasan. J ( warga-red ), pekerjaan tersebut juga tidak dilakukan pengerasan sebelumnya, masih menurut, J jangankan pengerasan bahan material seperti batu split aja cuma satu (1), truk dan hanya disebar pakai pengki plastik seperti menyebar pupuk saja, lebih lanjut J mengatakan awalnya papan proyek/papan anggaran ada terpasang namun setelah pengecoran selesai paginya papan tersebut di lepas entah dibawa kemana,

Lebih jauh J juga mengatakan kepada awak media Kamis 16/09/2021, 09:27 Wib. dirinya kecewa dengan kwalitas betonisasi tersebut, kekecewaan tersebut berdasarkan, sepengetahuan dirinya (J-red), pengawasan dari dinas atau instansi terkait tidak terlihat memantau pekerjaan tersebut makanya bahan material seperti batu split saja hanya satu truk yang digunakan.

Untuk diketahui pekerjaan peningkatan jalan Salak Rt 06/011. Taman Kirana Surya Solear kabupaten Tangerang, dari Dinas Perumahan Pemukiman dan Pemakaman (Perkim), kabupaten Tangerang, tanggal pembuatan 05 Juli 2021, tahap paket saat ini ” paket telah selesai “, metode pengadaan, pengadaan langsung dengan nilai pagu sebesar Rp 170.000.000,- ( Seratus tujuh puluh juta Rupiah ), sumber dana APBD 2021,

Dari keterangan warga tersebut diharapkan pihak inspektorat kabupaten, Tangerang dapat memeriksa kwalitas dan kuantitas betonisasi tersebut, dikarenakan ada indikasi dan dugaan kecurangan dan tidak menutup kemungkinan adanya unsur kerugian keuangan negara di pekerjaan betonisasi tersebut.[ Red/Akt-26/Har ]

 

Aktual News

 

Maluku, Aktual NewsMasyarakat Maluku, lebih khusus warga Kota Ambon patut bersyukur karena dalam waktu dekat ini pada salah satu pojok hamparan kota, spesifiknya di pelataran “Pantai Mardika”, akan segera berdiri sebuah gedung pasar yang megah. Untungnya lagi, walau pun kelasnya tak beda bila dibandingkan dengan gedung-gedung mall yang megah di ibukota dan kota-kota besar lainnya, namun bangunan pasar ini bukan dibangun dengan biaya perusahaan-perusahaan swasta yang lazimnya ‘profit oriented, melainkan sepenuhnya dibiayai oleh Pemerintah Pusat cq Kementerian PUPR melalui Dana APBN tahun anggaran 2021.
Salah satu sumber Kementerian PUPR, kepada media ini mengatakan, untuk pembangunan “gedung pasar” yang baru ini di Kota Ambon ini, Pemerintah cq Kementerian PUPR telah menganggarkan dana sebesar Rp 153.454. 500.000,- (seratus lima puluh tiga milyar empat ratus lima puluh empat juta lima ratus ribu rupiah).
Pelaksanaan tender proyek dengan nama paket “Pembangunan Pasar Mardika” ini sudah dimulai sejak Juni 2021 lalu, dan tahapannya sekarang hanya tinggal menunggu saja penetapan Panitia Lelang tentang perusahaan manakah yang tampil sebagai Pemenang Lelang.
Manajemen konstruksi pembangunan, kata dia, telah lebih dahulu ditenderkan,sekarang sudah selesai dan dimenangkan oleh PT. Ciriajasa Cipta Mandiri di Jln Ciputat Raya Kebayoran Baru Jakarta Selatan dengan biaya sebesar Rp 2.514.619.000,- (dua milyar lima ratus empat belas juta enam ratus sembilan belas ribu rupiah). Pelaksanaan tender Manajemen Konstruksi, menurut sumber ini, diikuti oleh beberapa perusahaan antara lain terdapat PT Virama Karya (Persero) Cabang Makassar di Sulawesi Selatan dan PT Yodya Karya (Persero) perusahaan BUMN yang beralamat di Jln Cikini Raya Jakarta Pusat, namun endingnya dimenangkan oleh PT Cirijasa Cipta Mandiri, sebuah perusahaan penyedia Jasa Konsultan Perencana serta Manajemen Konstruksi dan Pengawasan yang berdiri sejak tahun 1991.
Lebih lanjut dikatakan, ketika pelelangan proyek “Pembangunan Pasar Mardika” ini dibuka, lebih 200 perusahaan yang mendaftarkan diri, tetapi penyerahan dokumen hanya dilakukan oleh 14 perusahaan. Diantara ke-14 perusahaan yang ikut pada saat-saat akhir jelang lelang, terdapat 7 perusahaan swasta dan 6 perusahaan BUMN ditambah 1 perusahaan BUMD.
Adapun perusahaan-perusahaan BUMN/D yang ikut dalam pelelangan proyek pembangunan “gedung pasar tradisional-modern” untuk Kota Ambon ini, terdiri dari : PT Adhi Karya (Persero) Tbk.PT Brantas Abipraya (Persero)PT Hutama Karya (Persero)PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk anak perusahaan BUMD PT Pembangunan Jaya milik pem-prov DKI, PT Nindya Karya (Persero)PT Waskita Karya (Persero) Tbk serta PT Wijaya Karya Bangunan Gedung yang juga salah satu anak perusahaan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.
Sementara perusahaan-perusahaan swasta yang turut berakrobat meliputi : PT Citra Prasasti Konsorindo yang beralamat di Jln Kemakmuran III Marga Jaya Kota Bekasi, PT Delima Agung Utama di Jl. Suryalaya XII No. 6 Buah Batu Bandung, PT Djasa Ubersakti Tbk yang konon baru saja menandatangani Kontrak sebuah proyek hampir senilai Rp 60 Milyar dari pihak KPK,  PT Lince Romuli Raya di Jl. Gunung Sahari Ancol Ampera V Jakarta bersama PT Sinar Cerah Sempurna di Jl. Karangrejo Barat Tinjomoyo Semarang dan PT Suatri di Jl. DR. Ratulangi Mariso, Kota Makassar.
Terpisah, staf pengajar Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pattimura Ambon, DR Siti L. Divinubun S.Pd, M.Pd., menyatakan menyambut baik atensi serta inisiatif pemerintah pusat cq Menteri PUPR DR. Ir. Basuki Hadimulyono, M.Eng mau peduli dengan mengalokasikan dana yang lumayan besar nilainya terhadap Kota Ambon hanya khusus untuk membangun sebuah bangunan pasar.
Dihubungi media ini melalui ponselnya, sore hari Jumat (10/9), Divinuvun mengatakan : Mungkin saja ada orang berpendapat lain, tetapi selaku bagian warga Kota Ambon, pembangunan baru gedung Pasar Madika ini tentu saja disyukuri sebab setidak-tidaknya geliat rutinitas ekonomi masyarakat sehari-hari kelak berlangsung dalam suasana yang lebih sehat dan juga lebih  bermartabat. Ini bisa memberikan rangsangan atau stimulans bagi masyarakat terutama orang-orang yang bermukim di sekeliling gedung pasar untuk melakukan revitalisasi terhadap rumah kediaman mau pun lingkungan pemukiman masing-masing.
Patut disyukuri, tandasnya, sebab bangunan gedung lama yang dibangun pada dekade 1980an sudah berusia kurang lebih 40an tahun, lagi pula kelihatan tidak terawat dengan baik sehingga menampilkan kesan sebuah bangunan tua yang lusuh. Selain itu penataan lingkungannya juga terabaikan, mengakibatkan kesan kumuh disamping kesemrawutan nampak di mana-mana.
Dia menilai, sampai turunnya proyek besar bernilai jumbo ini tentu tidak lepas dari upaya-upaya keras Walikota Ambon Richard Louhenapessy melakukan upaya-upaya pendekatan dengan mengusung argumentasi-argumentasi yang brilyant. Sebab secara normatif, alokasi anggaran Pemerintah Pusat untuk membiayai sesuatu proyek di daerah  lazimnya didasarkan pada usulan Pemerintah Daerah masing-masing, yang mesti berangkat dari argumentasi yang realistis dan rasional, apalagi anggaran itu demikian besarnya padahal hanya khusus untuk membangun sebuah bangunan gedung pasar.
Tentu selain surat usulan dengan aneka-ragam dokumen lampiran sebagaimana lazimnya, kata dia, tidak mustahil masih lagi diselingi dengan rangkaian perdebatan serta adu-argumentasi yang alot ketika alasan Pemerintah Kota Ambon dibalik usulan alokasi anggaran untuk pembangunan gedung pasar ini dipertanyakan para pembuat kebijakan di Jakarta.
Bagi saya turunnya anggaran sebesar ini bagi sebuah proyek pasar di Kota Ambon merupakan sebuah prestasi yang juga patut diberikan apresiasi. Kita harus bisa berlaku obyektif memberikan penilaian terhadap prestasi semacam ini dengan melihat korelasi antara runtunan tali-temali prosesnya dari tahapan awal hingga turunnya proyek besar ini ke Kota Ambon dengan sistem birokrasi anggaran yang kita tahu, tukasnya.
Hanya dia berharap iktikad baik Walikota Louhenapessy yang mengilhami munculnya gagasan awal hingga turunnya proyek pasar megah ini harus terus dijadikan landasan inspirasi. Bila kelak sudah selesai dan akan difungsikan, kata dia, penempatan para pedagang harus diatut secara arif. Apa yang dimaksudkan di balik frasa “arif”, menurut dia : Jauhi pertimbangan-pertimbangan subyektif yang dapat mengakibatkan seseorang pedagang yang ada hak malah dirugikan, apalagi dengan alasan-alasan laten yang lazim misalnya gara-gara tak punya orang dalam.[ Red/Akt-13/Munir Achmad ]

 

Aktual News

Foto : Desain Pasar Mardika Ambon

Labuhanbatu, Aktual News-Forkopimda Kabupaten Labuhanbatu ikut serta mendengarkan pengarahan presiden RI Jokowi Dodo secara virtual diruang rapat Bupati Labuhanbatu jalan SM. Raja Rantauprapat Kecamatan Rantau Selatan Kamis 16/9/2021 dalam rangkaian kunjungan kerja Presiden RI ke Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan yang sama juga dihadiri oleh Bupati Labuhanbatu dr. H. Erik Adtrada Ritonga, M.K.M, secara langsung di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara Medan.

Pengarahan Presiden RI dimaksud terkait naik dan turunya varian kasus harian penyebaran virus Corona Covid-19 di daerah pemerintahan Kabupaten/Kota masing-masing.

Salah satu arahan Presiden RI Ir Joko Widodo agar seluruh forkopimda tidak hanya kerja diruangan, namun harus lebih sering terjun langsung ke lapangan memberikan pengertian kepada masyarakat akan pentingnya vaksinasi untuk menekan angka penyebaran virus Corona Covid-19.

Angka penyebaran Covid-19 di Indonesia Alhamdulillah jauh turun dibanding dengan negara lain diasia tenggara seperti Malaysia, Filipina dan Thailand, mudah-mudahan dengan terpenuhinya target peserta vaksinasi dapat terus menghantarkan Indonesia ke zona hijau.jelas Jokowi.

Dilihat dari paparan Presiden, Labuhanbatu dalam status yang baik, yang beberapa bulan lalu dititik merah kini berada di titik kuning, atau dalam grafik biru yang menandakan Kabupaten Labuhanbatu dalam capaian terbaik penurunan angka kasus penyebaran Covid-19 dibanding kabupaten labuhanbatu selatan.

Presiden Jokowi Dodo didampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin. Menegaskan agar seluruh Forkopimda mengejar target penurunan virus tersebut melalui vaksinasi, ” Jangan ada stok vaksin, habiskan vaksin yang ada, agar masyarakat memperoleh vaksin menyeluruh”.

 

Terlihat hadir para unsur Forkopimda Kabupaten Labuhanbatu di Ruang Rapat Bupati Labuhanbatu Wakil Bupati Kabupaten Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, SPD, MM, Dandim 0209/lb Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap SE, MTr, (Han) Wakapolres Labuhanbatu KOMPOL Mhd Taufiq, SE.,MH. Kajari Rantauprapat Jefri Penangin Makapedua SH, MH, Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu Hj. Meika Riyanti Siregar, SH, Sekdakab Labuhanbatu Ir Muhammad Yusuf Siagian, MMA, Asisten 1 Drs Sarimpunan Ritonga, Mpd, Asisten III Zaid Harahap, SE, Kadiskominfo Rajid Yuliawan, S.Kom, Kadispenda Labuhanbatu Muslih SH, Kadinkes Labuhanbatu H.Kamal Ilham, SKM, M.Kes, Kabag Pemerintahan Icut Rivai dan beberapa staf Setdakab Labuhanbatu. [ Red/Akt-16 ]

 

Aktual News

Diberdayakan oleh Blogger.