Karanganyar, Aktual News Antusias Semangat ribuan warga Desa Plosorejo, Matesih, Karanganyar, Jateng luar biasa demi mendapatkan vaksin covid 19 rela antre hingga 12 jam.saat itu sempat terjadi gangguan jaringan internet hingga lima jam sehingga proses verifikasi data harus menunggu pulihnya jaringan tersebut.

Pantauan Aktual News di kantor Desa Plosorejo diketahui antrean lama karena terjadi gangguan jaringan internet sehingga mengganggu proses verifikasi NIK. Akibatnya verifikasi pendaftaran tertunda dan sekitar pukul 11.00 WIB, setelah itu jaringan kembali normal namun waktu menjadi tertunda. Nakes bisa bekerja kembali.

Kades Plosorejo Hendry Widiati mengatakan ganguan itu terjadi sejak pagi hari sehingga semua petugas vaksin harus menunggu terlebih dulu.”Iya memang terjadi gangguan internet Jawa Bali sehingga vaksinasi di Balaidesa Plosorejo terkena dampak molor hingga sore bahkan sampai malam hari ,” ungkapnya kepada Aktual News Senin (20/9/2021).

Meski demikian lanjut Hendry Widiati sesuai arahan Danrem 074 Warastratama Surakarta serta Dandim 0272 Karanganyar vaksinasi tetap dilangsungkan hingga tuntas sehari itu walaupun sampai malam hari karena kasihan warga yang sudah mendaftar dan antre. Diketahui acara vaksinasi itu diprakarsai oleh Kodim Karanganyar sebanyak 1.300 dosis untuk warga kebetulan dilaksanakan di Desa Plosorejo, dengan sesuai program Bupati Karanganyar

Sementara itu Danrem 074 Warastratama Kolonel Rudy Saladin saat mengunjungi vaksinasi tersebut menyampaikan rasa kagum terhadap semangat dan antusiasme warga masyarakat Desa Plosorejo yang bersemangat untuk sehat ditengah pandemi. “Kami berikan apresiasi mendalam kegigihan kesabaran warga yang harus rela antre lama untuk mendapatkan vaksin,” ungkapnya kepada Aktual News ditengah kunjungan tersebut, Senin (20/9/2021).

Menurut Danrem gangguan teknologi itu masih dalam batas wajar karena banyak faktor namun kesiapan semua panitia luar biasa baik. Pun gangguan itu akhirnya bisa teratasi dan normal kembali sehingga proses vaksin jalan terus. “Kami monitor terus dan semoga tidak sampai malam sudah selesai dan kalaupun sampai malam tetap saja diselesaikan hingga tuntas,” tegasnya.

Dandim 0727 Karanganyar mengapresiasi semangat warga Desa Plosorejo, Matesih yang rela meluangkan waktu untuk vaksin. “Ini bukan soal waktu yang diluangkan atau antrean tetapi potret kesadaran semangat warga akan kesehatan melawan covid 19 dengan tekad untuk mendapatkan vaksin,” ungkapnya.

Terpisah Putri (25) warga Desa Plosorejo mengaku tetap setia menunggu walaupun vaksin berakhir hingga malam hari. “Ndak masalah saya tetap menunggu hingga selesai meski antrean saya nomor 950,” ujarnya.

Sudarni (40) warga Desa Plosorejo menyatakan tetap semangat menunggu hingga rampung.”Saya tetap menunggu walau sampai malam,” tuturnya

Sebagai informasi Desa Plosorejo, Matesih merupakan Desa dengan predikat desa tuntas vaksin yang mana hampir 5.000 warganya sudah hampir selesai divaksin. Sedangkan vaksin hari ini adalah bagian vaksin yang masih terus berlangsung sampai selesai TMMD berahkir vaksin juga tuntas.[Red/Akt-51/Dwm]

 

Aktual News

Labuhanbatu, Aktual NewsWakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa, S.pd. M.M Menghadiri Apel Gelar Pasukan OPS Toba tahun 2021 dihalaman Mako Polres Kabupaten Labuhanbatu, Kecamatan Rantau Utara, Senin (20/09/2021).

Operasi dimaksud akan dilaksanakan selama 14 hari terhitung mulai tanggal 20 September 2021 melibatkan personel Polda Sumut sebanyak 1.295 personel dengan perincian 100 personel dari Satgas Polda dan 1.195 dari Satgas kewilayahan.

Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, SIK. MH dalam pidatonya menyatakan sasaran OPT 2021 yakni mengantisipasi segala bentuk potensi gangguan, Ambang gangguan serta gangguan nyata yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggar lalu lintas.

Diharapkan juga para pelaksana operasi mampu memberikan edukasi serta mengantisipasi tempat yang berpotensi menjadi tempat penyebaran Covid-19 melalui kegiatan bakti sosial, melaksanakan kegiatan penyuluhan tentang penerapan protokol kesehatan dan cara aman dalam berlalu lintas kepada masyarakat. Tidak lupa kapolres mengingatkan untuk para petugas agar bekerja secara profesional, bermoral dan humanis.

Turut hadir Wakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.pd. M.M, Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, SIK, M.H, Wakapolres Labuhanbatu Mhd.Taufik, S.E, M.H, Dandim 0209/LB Letkol Inf Asrul Kuniawan Harahap, S.E, M.Tr, (Han), Perwakilan Labura , Perwakilan Labusel, BPBD Labuhanbatu, Satpol PP Labuhanbatu. [ Red/Akt-16 ]

 

Aktual News

Labuhanbatu, Aktual News” Nomor induk Kependudukan itu Penting” demikian diucapkan Wakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd, M.M, ketika menindak lanjuti permohonan Kalapas kelas IIA Rantauprapat Jayanta SH,MH, terkait status kependudukan warga binaan lapas kelas IIA yang terkendala masalah NIK pada saat penyuntikan vaksin warga binaan beberapa hari lalu.Senin 20/9/2021 diruang kerja Kalapas Kelurahan Lobusona Kecamatan Rantau Selatan.

Termasuk dilapas ini, terlebih dimasa pandemi Covid-19 yang mewajibkan seluruh masyarakat Indonesia untuk mengikuti vaksinasi,, karena salah satu syarat untuk bisa mendapatkan vaksin adalah status NIK yang harus jelas, tambah Wakil Bupati.

“Dijelaskannya, untuk memenuhi kebutuhan itu, pemerintah daerah Kabupaten Labuhanbatu akan memfasilitasinya melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan segera untuk mendata berapa jumlah warga binaan yang bermasalah NIK nya, “ujar Hj.Ellya Rosa.

Kalapas Kelas IIA Rantauprapat Jayanta, SH, MH, sangat berharap kiranya Pemda Kabupaten Labuhanbatu bisa secepatnya menyelesaikan masalah NIK tersebut, ” ada sekitar 1000 lebih warga binaan yang akan kita data, secepatnya akan kita laporkan ke dinas Capil, agar seluruh warga binaan lapas rantauprapat ini segera mungkin mendapatkan vaksin.

“Karena ucap kalapas, sejak pandemi ini bergulir kegiatan dilapas ini di lock down, jadi vaksin itu sangat penting bagi kami agar aktivitas di lapas ini bisa berjalan kembali,” ujarnya.

Sementara itu salah satu warga binaan yang enggan disebutkan namanya sangat berharap kepada pemerintah kabupaten Labuhanbatu untuk menyelesaikan NIK mereka yang bermasalah agar bisa mendapatkan vaksin,” Sudah hampir dua tahun kami tidak bisa bertemu dengan keluarga kami, semoga setelah mendapatkan vaksin kami bisa bertemu secara tatap muka dengan mereka harapnya.

Diruang kerja Kalapas tersebut kehadiran Wakil Bupati Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd, M.M, didampingi Kadisdukcapil Labuhanbatu Maznil Khairi, SE, dan disambut langsung Kalapas Kelas IIA Rantauprapat Jayanta, SH, MH. [ Red/Akt-16 ]

 

Aktual News

Sidoarjo, Aktual News Selama dua minggu Polda Jawa Timur dan jajarannya menggelar Operasi Patuh Semeru 2021, mulai tanggal 20 September 2021 sampai dengan 3 Oktober 2021.

Di wilayah Kabupaten Sidoarjo, Polresta Sidoarjo memulai Operasi Patuh Semeru 2021 dengan apel gelar pasukan yang dipimpin Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro, Senin (20/9/2021). Diikuti personel dari Kepolisian, TNI, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro mengatakan bahwa dalam pelaksanaan Operasi Patuh Semeru 2021, para personel harus lebih mengedepankan upaya yang bersifat preemtif dan preventif.

Terutama dalam rangka mengedukasi masyarakat terkait kepatuhan protokol kesehatan (Prokes), serta keselamatan berlalu lintas.

Prioritas kita tetap pada pencegahan penyebaran Covid-19, khususnya di wilayah Kabupaten Sidoarjo yang grafik penyebarannya terus menurun. Kedepankan pendekatan humanis terkait edukasi hingga penegakan disiplin protokol kesehatan ke masyarakat,” kata Kapolresta Sidoarjo kepada para personel yang bertugas.

Ia juga menyampaikan bahwa dalam Operasi Patuh Semeru ini, sebagai upaya mengantisipasi euforia masyarakat, seiring dengan melandainya penyebaran Covid-19.

Diharapkan diperhatikan betul oleh para personel yang terlibat. Bahwa faktor penilaian level PPKM, meskipun berdasakan Kementerian Kesehatan kita berada di level 1, tetapi berdasarkan penilaian Kementerian Dalam Negeri untuk Kabupaten Sidoarjo masih berada di level 3.

Karenanya, sasaran dari digelarnya operasi ini antara lain, segala bentuk kegiatan masyarakat yang berpotensi menyebabkan klaster baru penyebaran Covid-19.

Titik-titik kerumunan masyarakat, masyarakat yang tidak patuh protokol kesehatan, masyarakat yang tidak disiplin berlalu lintas dan lokasi rawan pelanggaran serta kecelakaan lalu lintas.[Red/Akt-21/Redho]

 

Aktual News

Surabaya, Aktual News Selama 14 hari kedepan, 20 September hingga 03 Oktober 2021 Polri akan menggelar Operasi Patuh Semeru 2021. Begitu juga jajaran Polda Jatim serta wilayah Polrestabes Surabaya.

Dilaksanakannya operasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan disiplin masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Kasatlantas Polrestabes Surabaya, AKBP Teddy Chandra menjelaskan, tujuan dari operasi Patuh Semeru itu sendiri adalah guna meningkatkan ketertiban dan kepatuhan serta disiplin masyarakat dalam berlalu lintas. Mencegah penyebaran Covid 19 serta mewujudkan Kamseltibcarlantas yang mantap.

Nantinya, petugas Satlantas Polrestabes Surabaya akan mengedepankan giat preemtif 50 % dan giat preventif 50 % guna meningkatkan simpati masyarakat terhadap Polri.

Untuk sasaran utamanya sendiri ada 4 poin antara lain, segala bentuk kegiatan masyarakat yang berpotensi menyebabkan cluster baru Covid 19. Masyarakat yang tidak patuh akan protokol kesehatan serta masyarakat yang tidak disiplin dalam berlalu lintas dan lokasi rawan kecelakaan dan kerumunan,” jelas Teddy, Senin (20/9/2021).

Lanjutnya, untuk jumlah keseluruhan anggota polrestabes Surabaya yang dilibatkan adalah 337 personil yang akan melaksanakan kegiatan kepolisian dengan komposisi preemtif dan preventif.

Petugas juga akan memantau lokasi rawan macet, pelanggaran dan laka lantas serta rawan terjadinya kerumunan massa sekaligus sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat seperti kepatuhan terhadap 5M dan lain-lain,” tambah Teddy.

Selain itu anggota lalulintas, Teddy menambahkan akan melaksanakan penyuluhan kepada seluruh masyarakat tentang Kamseltibcarlantas dan bahaya
Covid-19 serta pendisplinan protokol kesahatan kepada masyarakat melalui kegiatan PPKM.

Sementara itu, lokasi pengendalian mobilitas masyarakat atau Penyekatan dilakukan di Bundaran Waru Depan Cito, Bundaran Bulog sisi Utara A Yani, Karang Pilang Jembatan Baru Mastrip, dan Merr Ir Soekarno.

Disetiap pos itu, personil akan melaksanakan pengaturan, penjagaan serta permeriksaan dokumen perjalanan secara random selama 24 jam,” tambah Teddy.

Beberapa ruas jalan juga akan dilakukan pembatasan mobilitas masyarakat berupa penutupan jalan yang dimulai pada Senin hingga Minggu pukul 22.00 sampai pukul 05.00 WIB.

Penutupan jalan tersebut dilakukan di Jalan Darmo (Alfalah sampai dengan Polisi Istimewa), Jalan Tunjungan (Siola sampai dengan Hotel Majapahit), Jalan Pemuda (Monkasel sampai dengan Air Mancur). Gubenur Suryo sampai dengan Grahadi, Kupang Indah, dan Jemurhandayani (mulai simpang 3 Kantor Pos).[Red/Akt-21/Redho]

 

Aktual News

Balaraja, Aktual News-Di hari jadi RSUD Balaraja yang telah mencapai usia satu (1), Dasawarsa, dalam kesempatan ini Senin tanggal 20/09/2021.09:35 Wib, kepada awak media AktualNews.co.id, Bpk Ilham yang menjabat sebagai kepala ruangan Aria Wirakencana ( Ruang Bedah Umum ), RSUD Balaraja bersama tim work di antaranya,

1. Ilham ( kepala ruangan ),
2. Dr Nafarudin
3. Debby
4. Budi
5. Ika Yunita
6. Galih
7. Laela
8. Ulfa, dirinya ( Bpk Ilham-red ), sangat senang dan bangga dapat mengabdikan diri di RSUD Balaraja kabupaten Tangerang, sejak diresmikannya RSUD Balaraja kabupaten Tangerang, oleh Bpk A. Zaki Iskandar Bupati kabupaten Tangerang, pada tahun 2014 hingga kini RSUD Balaraja, telah memberikan layanan sesuai moto dan visi RSUD Balaraja, ya itu ” Berkualitas Prima dengan sentuhan Nurani “.

Dirinya bangga telah menjadi bagian dari keluarga besar RSUD Balaraja, di hari jadi RSUD Balaraja yang telah mencapai satu dasawarsa dengan memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat kabupaten Tangerang.

Harapan Bpk Ilham semoga RSUD Balaraja kedepanya akan lebih baik lagi dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat, dirinya pun sangat berterimakasih kepada rekan-rekan yang berada di ruangan Aria.

“Wirakencana disaat pandemi Covid-19, rekan-rekannya tetap melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat atau pasien yang dirawat di ruangan Aria Wirakencana, (Ruang Bedah Umum), RSUD Balaraja, tanpa mengenal kata lelah, “ujarnya di akhir wawancara dengan awak media online AktualNews.co.id
[ Red/Akt-26/Har ]

 

Aktual News

Labuhanbatu, Aktual News-Bupati Labuhanbatu dr. H. Erik Adtrada Ritonga, MKM. memimpin Apel Gabungan Kelompok I, II, III, dan IV di Halaman Gedung Diklat Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Labuhanbatu, Rantau Selatan, pada Senin (20/09/2021).

Mengawali hari kerjanya, dihadapan para ASN Pemkab Labuhanbatu, Bupati mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh ASN di Lingkungan Kabupaten Labuhanbatu yang telah mendorong terbangunnya suasana kondusif di Ika Bina En Pabolo.

Bupati H. Erik juga menyampaikan pengalamannya bersama Wakil Bupati Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd, MM dilantik dan diambil sumpah oleh Gubernur Provinsi Sumatera Utara atas nama Presiden Republik Indonesia.

“Merupakan suatu amanah bagi kami, karena kita akan memulai tugas sebagai Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu dalam berjuang membangun kabupaten Labuhanbatu yang sama-sama kita cintai,” jelasnya.

Pada kesempatan ini juga, Bupati mengajak seluruh ASN di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu untuk lebih bersinergi dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan.

“Mari kita hilangkan sekat-sekat yang merintangi tekad kita dalam membolo Labuhanbatu. Pertahankan yang baik dan tinggalkan kebiasaan yang kurang baik. Kita saling menjaga komunikasi yang dialogis dan memberikan solusi-solusi yang terbaik untuk kelancaran proses pembangunan di daerah yang kita cintai ini”.

Selain itu beliau berharap pemerintah kabupaten lebih isentif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, karena pejabat adalah pelayan masyarakat, bukan untuk dilayani masyarakat. Dan terkait kondisi pandemi Covid-19, H.Erik menegaskan peranserta seluruh lapisan ASN untuk bergandeng tangan menekan laju penyebaran virus tersebut, agar Labuhanbatu cepat bangkit dan lebih sehat. Tutupnya.

Apel Gabungan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu, Para Asisten Pemkab Labuhanbatu, Kepala Dinas seluruh OPD, dan Para Eselon II, III, dan IV. [ Red/Akt-16 ]

 

Aktual News

Tangerang, Aktual News Paseba Tangerang Utara resmi menjadi perkumpulan yang berbadan hukum berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI) Nomor AHU-0010689.AH.01.07.TAHUN 2021 Tanggal 09 September 2021. Pasca terbit AHU, Paseba Tangerang Utara menggelar pelantikan terhadap 10 (sepuluh) orang ketua departemen yang dilaksanakan di Cafe NU TEAH Food & Coffee, Sepatan, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Minggu, (19/9/2021).

Pelantikan yang digelar disela-sela rapat terbatas Pengurus Paseba Tangerang Utara dihadiri oleh Jajaran Dewan Pimpinan Pusat (DPP) berserta para calon ketua departemen.

Ketua Umum Paseba Tangerang Utara H. Imam Fachrudin, S.Ag SH menyampaikan bahwa Paseba sebetulnya sudah hampir dua tahun berdiri sejak tanggal 22 Februari 2020, dan kini sudah mendapatkan Penetapan badan hukum perkumpulan oleh Negara.

” Kini payung hukum Paseba sangat jelas dan perlu ambil langkah kongkrit, salah satunya melakukan penetapan struktur turunan berupa Ketua-ketua Departemen ,” ujar Imam Fachrudin Pengacara IF Law Office dan Advokat Nasional LBH EM80 & Partner.

Sekjen Paseba Tangerang Utara Thohirudin ST MM CTMP memaparkan tugas dan fungsi ketua departemen, diantaranya harus mampu membangun komposisi dan personalia yang solid sebelum diusulkan sebagai Surat Keputusan (SK) ke DPP.

Lebih lanjut Sekjen menyampaikan bahwa AHU Paseba Tangerang Utara selain dapat digunakan untuk mendirikan Lembaga Bantuan Hukum, juga dapat digunakan untuk mendirikan Lembaga-lembaga lainnya.

” AHU Paseba Tangerang Utara, selain dapat digunakan sebagai Lembaga Bantuan Hukum (LBH) tapi dapat juga digunakan sebagai Lembaga Pendidikan, Lembaga CSR, Lembaga Zakat, Lembaga Dakwah, Lembaga Training, Lembaga Camp Learning, Lembaga Kewirausahaan dan Lembaga-lembaga lainnya, serta bisa menjalin kerjasama dengan Swasta dan Pemerintah ,” ujar Thohirudin seorang Akademisi Dosen Universitas Pamulang dan Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia Kota Tangsel.

” Bukan sekedar membangun 10 departemen, kedepan insyaallah kami akan membangun 11 komunitas dan 14 lembaga sebagai turunan badan hukum Paseba ,” pungkas Thohirudin.

Berikut nama-nama yang hari ini dilantik sebagai Ketua Departemen:
1. Arifin Siregar sebagai Ketua Departemen Satuan Tugas dan Keamanan.
2. Asnawi Suhaemi sebagai Ketua Departemen Usaha Ekonomi Kerakyatan dan UMKM.
3. Karta Wijaya sebagai Ketua Departemen Keanggotaan Kaderisasi dan Komunitas Sosial.
4. Sukma Ringgit SH sebagai Ketua Departemen Advokasi Bantuan Hukum Masyarakat dan HAM.
5. Nurdin Kurniawan sebagai Ketua Departemen Pemberdayaan dan Pengembangan Masyarakat.
6. Sigid Dwi Prasetiyo SH sebagai Ketua Departemen Ketenagakerjaan, Tata Ruang dan Lingkungan Hidup.
7. Mohan Mehra Sebagai Ketua Departemen Seni dan Budaya.
8. Lestari Sebagai Ketua Departemen Tani dan Nelayan.
9. Amir Hidayat Sebagai Ketua Departemen Humas, Media dan Komunikasi.
10. Saepudin SH sebagai Ketua Departemen Pendidikan dan Keagamaan.

Pelaksanaan rapat terbatas Pengurus Paseba Tangerang Utara berjalan dengan lancar dan sesuai protokol kesehatan.[Red/Akt-49/Agi].

 

Aktual News

Diberdayakan oleh Blogger.