Medan, Aktual NewsSat Ini Kota Medan berstatus PPKM Level 2. Akan terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan. Di antaranya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang sudah dapat dilakukan dengan pengaturan sesuai teknis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tapi, pelaksanaan kegiatan perkantoran yang sudah dapat dilakukan dengan masuk 50 persen dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan. Kemudian aturan mengenai operasional berbagai pasar tradisional, pasar modern dan lainnya diatur sesuai dengan peraturan kepala daerah masing-masing.

Namun menanggapi PTM di Kota Medan, Wali Kota Bobby Nasution mengatakan, pihaknya tinggal menunggu keputusan dari Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi. Sebelumnya, Wali Kota telah menyatakan akan segera memulai kegiatan PTM seiring dengan rasio vaksinasi pelajar di kota itu yang telah mencapai lebih dari 20 persen. “Kita tinggal menunggu keputusan Gubernur,” ucapnya pada wartawan, Selasa (5/10/21).

Lalu,kegiatan PTM ini nantinya dengan menggunakan pengaturan teknis agar tidak memicu munculnya klaster baru Covid-19. Sedangkan vaksinasi pelajar, Wali Kota menjelaskan, dari 105 ribu siswa SD dan SMP di Kota Medan, 35 ribu diantaranya sudah menjalani vaksinasi. Jumlah itu telah memenuhi syarat 20 persen yang ditetapkan untuk memulai PTM.

“Tapi minggu lalu dari sekitar 105 ribu adik-adik dan anak-anak kita yang sekolah SD maupun SMP, baru sekitar 4 ribu yang sudah divaksin. Tapi setelah dilakukan percepatan, kemarin saya cek sudah lebih dari 35 ribu,” katanya.

Namun keputusan dari Gubernur sendiri tetap dibutuhkan agar pelaksanaan PTM dapat dilakukan serentak baik tingkat SD, SMP dan SMA/SMK sederajat. “Kalau SD dan SMP memang kewenangan kita. Tapi SMA kan kewenangannya di Gubernur. Untuk itu kita koordinasi dulu dengan Pemprov. agar nanti PTM-nya bisa serentak di Medan,” tandasnya.

Tapi berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 48 Tahun 2021, per tanggal 4 Oktober 2021, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Medan telah berada di Level 2. Bersama Kota Medan ada 26 kabupaten-kota lain yang berstatus PPKM Level 2. [ Red/Akt-35/Ansary ]

 

Aktual News

 

Pematangsiantar,Aktual News Wali Kota Pematangsiantar Dr.H.Hefriansyah SE.MM
menghadiri upacara peringatan HUT Ke-76 TNI tahun 2021 secara virtual, Selasa ( 05- 10 – 2021) di Aula Makorem 022/PT

Dalam sambutannya Dr.H.Hefriansyah SE.MM,atas nama Pemerintah Kota Pematangsiantar mengucapkan Dirgahayu TNI ke-76, sinergisitas yang terjalin antara TNI dan Pemko Pematangsiantar sudah cukup baik, seperti kerjasama TMMD dalam mendekatkan diri kemasyarakat dalam penanganan pandemi PPKM Level IV dukungan TNI/POLRI sangat kami rasakan.

Harapannya semoga sinergitas tetap terjalin supaya Kota Pematangsiantar dan seluruh wilayah Indonesia bisa PPKM Level I dan hijau.

Sementara itu Danrem 022 Pantai Timur, Kolonel Inf. Parlindungan Hutagalung dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam rangka memperingati HUT Ke-76 TNI Tahun 2021 selaku Danrem beserta jajaran telah menyusun beberapa kegiatan guna memeriahkan HUT Ke-76 diwilayah Korem 022/PT yaitu kegiatan Bhakti Sosial berupa pembagian paket sembako kepada 1000 masyarakat Siantar-Simalungun, pertandingan olahraga tennis dan gowes bareng.

Tampak hadir Wakil Bupati Simalungun H.Zonny Waldi S.Sos MM , para unsur Forkopimda Kota Pematangsiantar dan para unsur Forkopimda Kabupaten Simalungun. [ Red/Akt-40/Kiki ]

 

 

Aktual News

Labuhanbatu, Aktual News-Bupati Labuhanbatu dr. H. Erik Adtrada Ritonga, M.KM adakan audiensi dengan perwakilan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara di Ruang Kerja Bupati, Rantau Selatan, Selasa (05/10/2021).

Hadir dalam audiensi ini, Wakil Rektor I UMSU Prof. Dr. H. Muhammad Arifin, SH. M.Hum, Direktur Pascasarjana UMSU Dr. Syaiful Bahri, M.AP, Wakil Direktur Pascasarjana UMSU Dr M. Fitra Jambar, Pimpinan Magister Manajemen Dr. Fajar Pasaribu, M.M, dan Prodi Notariat Dr. Adi Mansar, SH, M.Hum.

Maksud dari audiensi ini adalah silahturahmi dengan Bupati, sekaligus menjalin kerjasama antara UMSU dengan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dalam bidang pendidikan. UMSU ingin melanjutkan MOU dengan pemkab Labuhanbatu, mengenai ASN yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2.

Bupati mengatakan bahwa Labuhanbatu siap untuk melanjutkan kerjasama dengan UMSU, untuk mengembangakan sumber daya manusia yang ada di Pemkab Labuhanbatu. Bupati juga menyarankan kepada Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Drs. Zainudin Siregar, agar memfasilitasi izin belajar ASN yang ingin melanjutkan pendidikannya.

Selain Kaban BKPP, turut hadir menemani Bupati dalam audiensi ini Asisten I Pemkab Labuhanbatu Drs. Sarimpunan Ritonga M.Pd, Kepala Dinas Pendidikan Labuhanbatu Tongku Ridwan, ST. [ Red/Akt-01 ]

 

Aktual News

Musi Banyuasin, Aktual News – Kebakaran yang terjadi di desa primer 8 Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin yang telah berdampak pada hangusnya rumah ibu Sumiyatun. Hal tersebut membuat Ormas Dewan Pengurus Daerah (DPD) KOMANDO HAM Kabupaten Musi Banyuasin dan Lembaga swadaya masyarakat ( LSM ) GNPKRI tergugah hatinya untuk memberikan bantuan kepada korban kebakaran.

bendahara daerah Ormas KOMANDO HAM DPD Musi Banyuasin terjun langsung ke lokasi untuk memberikan bantuan kepada korban kebakaran ibu Sumiyatun. Senin Siang (4/10/2021)

Ibu Sumiyatun selaku korban kebakaran mengungkapkan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pengurus Ormas DPD KOMANDO HAM kabupaten Musi Banyuasin yang telah berkunjung sekaligus memberikan bantuan berupa uang sebagai bentuk rasa iba atas musibah yang melulu lantakan kediamannya.

“Sebagai ungkapan rasa syukurnya ibu Sumiyatun berdo’a semoga kedepan Ormas KOMANDO HAM DPD Musi Banyuasi Dan LSM GNPKRI menjadi organisasi yg bisa bermanfaat bagi masyarakat luas serta dapat berperan aktif ikut membantu pemerintah daerah dalam bidang apapun,” Ucap Sumiyatun. [ Red/Akt-43/Ahmad Suryani ]

 

Aktual News

Labuhanbatu, Aktual NewsBupati Labuhanbatu dr. H. Erik Adtrada Ritonga, MKM mendampingi Ketua Dekranasnada dr. Maya Hasmita ikuti Webinar dan Talkshow “Toba Jou-Jou Festival” Bank Indonesia via daring di Ruang Rapat Bupati, Rantau Selatan, Selasa (05/10/2021).

Dibuka dengan sambutan dari Wakil Gubernur Sumatera Utara, H. Musa Rajekshah, S.Sos., M. Hum, yang dalam sambutannya Beliau menyampaikan bahwa tujuan dari acara ini adalah untuk mensosialiasikan program Bank Indonesia dalam pengembangan UMKM, mendorong bangkitnya aktivitas perekonomian nasional dan mengangkat awareness masyarakat terhadap potensi pariwisata dan juga mengapresiasi kaum perempuan yang berperan penting dalam mengembangkan UMKM Ulos dan pariwisata yang dilakukan KPW BI Sibolga. Wakil Gubernur berharap agar usaha yang telah dilakukan KPW BI Sibolga dapat terus dilanjutkan oleh Pemerintah daerah setempat, lembaga dan pihak yang terlibat. “Terus berikan bimbingan dan bantuan kepada para pelaku UMKM, pelaku pariwisata dan masyarakat sebagai lini depan ekonomi daerah agar dapat terus berkarya” tutupnya.

Kepala Bank Indonesia Sumatera Utara, Suko Wardoyo mengatakan bahwa wilayah Geografis Sumatera Utara yang terdiri dari dataran tinggi, dataran rendah hingga pantai yang tidak dimiliki daerah lain dapat memberikan hasil melimpah jika dikelola dengan baik dan maksimal dan Bank Indonesia siap untuk bergandengan tangan dengan Pemerintah Daerah untuk mengembangkan setiap potensi tersebut.

Turut hadir mengikuti webinar ini, Kepala Dinas Koperasi UMKM Taufik siregar, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Chairudin nasution perindag , Dewan Kerajinan Nasional Ratna Sari Dewi Siregar. [ Red/Akt-16 ]

 

 

Aktual News

Bogor, Aktual NewsDalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun TNI ke-76 Danrem 061/SK Brigjen TNI Achmad Fauzi S.I.P.,M.M. dengan didampingi oleh Ketua Persit KCK Koorcab Rem 061/SK Ny.Medy Acmad Fauzi menghadiri dan memimpin ziarah di Taman Makam Pahlawan Pondok Rajeg Cibinong Kabupaten Bogor, Senin (4/10).

Kegiatan Ziarah diawali dengan upacara penghormatan kepada arwah para pahlawan yang telah gugur, dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta serta peletakan karangan bunga ditugu TMP yang dilakukan oleh Danrem 061/SK, dan sebelum rangkaian kegiatan ditutup dengan foto bersama, Danrem bersama rombongan melanjutkan kegiatan tersebut dengan tabur bunga.

Usai mengikuti kegiatan tersebut, Danrem menyampaikan kepada awak media bahwa kegiatan tersebut yaitu sebagai bagian dari wujud penghargaan dan penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang yang meraih m.kemerdekaan Indonesia, namun lebih dari itu upacara HUT TNI yang ke 76 adalah untuk mengenang kembali jasa-jasa para pahlawan khususnya TNI yang telah gugur dalam melaksanakan tugas mempertahankan tanah air.

Kemudian lanjutnya, bahwa sebagai penerus bangsa maka sudah selayaknya harus meneruskan perjuangan para pahlawan bangsa agar dapat menjaga NKRI dan merawat kebhinekaan, Tentunya para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan bangsa ini adalah dari berbagai golongan suku bangsa dan agama oleh karena itu maka wajiblah merawat kebhinekaan.

Ia berharap semoga para penerus bangsa bisa mewarisi kebanggaan dan kehormatan para pahlawan yang telah gugur dan dapat meneruskan perjuangan dan cita-cita luhur mereka.” yang jelas kita akan mengabdikan yang terbaik untuk bangsa, pengabdian dan profesional untuk TNI kepada negara dan bangsa .kita cintai. ” Ujar Danrem.
” Kami berharap agar kita tidak melupakan .sejarah, memang kelemahan kita kadang melupakan sejarah para Pahlawan Bangsa.” Pungkasnya. [ Red/Akt-01 ]

 

Aktual News

 

Sumber: Penrem 061/SK

 

Foto : Surat Audensi dan klarifikasi kepada kadis PU Bina Marga dan Sumber Daya Air kabupaten Tangerang, yang tidak digubris

Tigaraksa, Aktual News Yudi kasie Sarana dan Prasarana DPPP Kabupaten Tangerang, Senin 04/10/2021, menerima awak media online Aktualnews.co.id di ruangan kerjanya dan mengatakan dirinya bersedia diwawancarai namun hanya sebentar, namun saat awal pertanyaan Yudi kasie Sapras DPPP Kabupaten Tangerang, menanyakan apakah awak media online Aktualnews.co.id telah lapor dengan petugas jaga di depan, hal aneh awalnya awak media diterima olehnya namun pada awal pertanyaan awak media malah ditanyakan apakah sudah laporan.

Menyikapi pernyataan Yudi kasie Sapras DPPP Kabupaten Tangerang, terkait hal tersebut di atas, pada tanggal 07 Juni 2021, Aliansi Sadar Pembangunan Tangerang (Aspeta), telah melayangkan surat audensi dan klarifikasi kepada kadis Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA), namun hingga kini surat tersebut tidak ditanggapi, kuat dugaan Yudi kasie Sapras DPPP kabupaten Tangerang, dengan melontarkan pertanyaan kepada awak media terkait laporan sebelum wawancara hal untuk menghindari wawancara dengan awak media online Aktualnews.co.id, dan hal tersebut secara tidak langsung Yudi kasie Sapras DPPP kabupaten Tangerang, telah menghalangi tupoksi wartawan dan itu jelas wartawan/jurnalis dalam menjalankan tugas sebagai wartawan untuk mencari atau meminta konfirmasi terkait adanya dugaan memalsukan atau merubah data yang ada di LPSE kabupaten Tangerang, terkait pekerjaan yang dilakukan di TPU kp.Pabuaran/kelapa Rt 02/01 (seharusnya Rt 05/02). Ds Pangkat kecamatan Jayanti, kabupaten Tangerang, namun Yudi kasie Sapras sengaja berdalih harus laporan terlebih dahulu sebelum awak media melakukan wawancara, sepengetahuan awak media online Aktualnews.co.id, hampir semua Dinas di kabupaten Tangerang, sulit jika dimintai konfirmasi bahkan surat Audensi saja tidak pernah ada tanggapan, jangankan Dinas, DPRD kabupaten Tangerang, tidak pernah menanggapi surat Audensi dari Aspeta sampai sekarang???
[ Red/Akt-26/Har ]

 

Aktual News

Serang, Aktual News Suasana kediaman Danrem 064/MY Brigjen TNI Yunianto mendadak ramai pagi ini, Selasa (05/10). Kapolda Banten IJP Dr. Rudy Heriyanto membawa Wakapolda Banten BJP Ery Nursatari dan semua pejabat utama Polda memberi kejutan untuk merayakan Hari Ulang Tahun TNI ke-76 secara sederhana di rumah dinas Danrem 064/MY.

Tumpeng besar dan lagu selamat ulang tahun mengiringi kedatangan Kapolda Banten dan rombongan, disambut langsung oleh Danrem 064/MY Brigjen TNI Yunianto dan beberapa pejabat utama Korem 064/MY.

“Selamat ulang tahun TNI Ke-76, kita percaya TNI akan senantiasa profesiona dan selalu menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia,” ujar Kapolda Banten.

Acara sederhana perayaan HUT TNI ke-76 diawali dengan pembacaan doa yang disampaikan oleh Dirpamobvit Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi yang kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Brigjen TNI Yunianto. Sesaat kemudian Yunianto memberikan suapan tumpeng kepada Kapolda Banten.

“Terus terang saya terharu karena baru pertama kali sekali sejak berdinas saya mendapat kejutan seperti ini dari Kapolda yang membawa lengkap pejabat utamanya. Terimakasih atas kejutannya dan kami yakin TNI dan Polri di Banten selalu sinergis dan solid dalam menjaga kedaulatan negara dan kamtibmas di wilayah Banten,” kata Yunianto.

Sesuai dengan tema HUT TNI ke-76 Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang, Kapolda Banten berinisiatif untuk menjaga sinergitas dengan Korem 064/MY, merayakan hari ulang tahun TNI ke-76 bersama secara sederhana.

“Kegiatan sederhana namun bermakna, bersama Korem 064/MY, Polda Banten bersatu, berjuang untuk menang dalam menjaga kedaulatan negara dan memelihara kamtibmas di Banten,” kata Kapolda Banten IJP Dr. Rudy Heriyanto.

Dalam kesempatan itu, Danrem 064/MY Brigjen TNI Yunianto menyatakan senantiasa siap bersinergi dan totalitas mendukung Polda Banten dalam menjaga kondusifitas di wilayah Banten dari berbagai gangguan dan ancaman.

“Kami akan bersinergi seoptimal mungkin bersama Polda Banten dalam menjaga situasi Kamtibmas sehingga pembangunan nasional di Provinsi Banten dapat berjalan dengan lancar,” tambah Yunianto.

Pada kesempatan yang sama, Kabid Humas Polda Banten AKBP Shinto Silitonga menyampaikan bahwa kegiatan hari ini menjadi representasi sinergitas dan soliditas TNI-Polri di Banten.

“Korem 064/MY dan Polda Banten berkomitmen untuk senantiasa memberikan kontribusi terbaik dalam pelayanan dan perlindungan masyarakat di Banten,” tutup Shinto Silitonga pasca foto bersama di akhir acara.[Red/Akt-49/Agi].

 

Aktual News

Karanganyar, Aktual News Bupati Karanganyar Juliyatmono mm , pantau vaksinasi sampai ke plosok-plosok Desa, guna memberi motifasi pada warga masyarakatnya untuk menambah antusiasme vaksinasi.

Vaksinasi di kabupaten Karanganyar ini targetnysa 70 persen, namun per kemarin data yang masuk sudah mencapai 68,68 persen untuk hari ini Senin 4/10/2021 sudah penuh mencapai target 70 persen. Sikatakan bupati Karanganyar ketika mematau vaksinasi di Desa Girilayu Matesih, Senin (4/4/21).

Kalau vaksin masih tersedia lanjut Juliatmono ” vaksin lanjut terus sampai tuntas tervaksin semuanya”.

“Di Kecamatan Matesih ini ada 5 desa tuntas vaksin yang dipelopori Desa Plosorejo bersamaan dengan TMMD, sekarang disusul dengan desa lainya yang pada saat ini sudah mencapai 90 persen yang sudah tervaksin, Desa yang tuntas vaksin di kecamatan Matesih antara lain Desa Plosorejo, Desa Karangbangun, Desa Koripan, Desa Pablengan dan Desa Matesih”. Ungkapnya

“Di karanganyar ini Antusiasme dan greget masyarakat sangat tinggi karena tahu bahwa vaksin itu menyehatkan, menambah kekebalan tubuh bisa bergaul dengan siapapun tidak was was atau tidak kuatir tertular virus Covid 19 namun harus tetap prokes. Surat vaksinnya juga bisa untuk mengamankan diri untuk persyaratan bepergian menghindari razia “. Jelasnya.

Juliatmono sangat peduli pada vaksinasi ini , RT dan RW harus menyiapkan data masyarakatnya yang belum tervaksin, yang nanti “Petugas akan datang kerumah rumah mendekati pada warga yang belum divaksin dan akan divaksin kerumah rumah keliling membawa armada sampai tuntas”. Terangnya.

Bupati Karanganyar juga buka Ling malam hari mengantisipasi pada masyarakatnya, “mencoba menjaring yang siang hari byak kesibukan, malam hari bisa datang vaksinasi di tempat-tempat yang kita sediakan. Terbukti kemarin malam, Besuk malam juga malam Kamis, Minggu ini juga masih dibuka buka Ling malam hari”. tambahnya.

Camat Matesih mengatakan, untuk Desa Plosorejo yang tuntas vaksin pertama yang dibarengi dengan TMMD sengkuyung, calon vaksin ada 4005 orang, yang belum tervaksin ada 125 orang karena punya riwayat penyakit juga ada yang karena sakit dan ada yang belum mau beberapa orang, ini tuntas pertama, pada saat ini juga ada 4 desa lainya, desa karangbangun, desa Matesih, desa Pablengan dan Desa Koripan ini sudah mencapai 90 persen yang sudah tervaksin. Program vaksin di kecamatan Matesih Kudusnya ini sudah melebihi target yang ditentukan dari 70 persen bisa menjadi kurang lebih 80 persen.[Red/Akt-51/Dawam]

 

Aktual News

Diberdayakan oleh Blogger.