Surabaya, Aktual News-Pemandangan menarik saat aksi buruh menutut kenaikan upah di depan kantor Gubernur Jatim di Jalan  Pahlawan Surabaya, Selasa (26/10/2021).

Para buruh mendapatkan vaksin gratis dari Polrestabes Surabaya usai mereka selesai orasi menyampaikan pendapat untuk Gubernur Jatim Khofifah Indarparawansa terkait upah di Jatim.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Akhamad Yusep Gunawan mengatakan, jika pengamanan aksi damai didepan kantor Gubernur tersebut, dirinya menerjunkan sedikitnya 508 anggota gabungan.

Jajaran Polrestabes Surabaya melaksanakan giat pengamanan unjuk rasa damai yang disampaikan atau dihadiri dari kelompok Serikat Pekerja maupun Buruh di wilayah Jawa Timur dari Pasuruan, Mojokerto kemudian Jember dan bahkan Sidoarjo dan Surabaya sendiri.

Jumlahnya kurang lebih 500 orang dari berbagai industri dan kegiatan berjalan baik dan aman mulai dari masuk kota Surabaya hingga di depan Kantor Gubernur Jatim.

“Saya ucapkan terima kasih telah melaksanakan aksi dengan damai dan aman. Kita juga sediakan vaksin sebanyak 500 dosis bagi buruh dosis 1 mauapun 2,” kata Yusep, Selasa (26/10/2021).

Sementara itu Doni Arianto korlap dari FSPMI mengucapkan terimakasih kepada Kapolreatabes Surabaya atas terselenggaranya Vaksin saat Unjuk rasa Damai tersebut.

“ Saya mengucapakan terimakasih kepada bapak Kapolrestabes Surabaya atas terselenggaranya vaksin ditengah unjuk rasa damai ini , tentunya vaksin kedua ini sangat membantu temen temen buruh, yang kedua adalah upaya dari pemerintah untuk terus menekan angka penyebaran Covid-19” ujar Doni.

Selain melaksanakan kegiatan pengamanan aksi secara damai dan mentaati proses yang berlaku di Kota Surabaya yang masuk zona kuning level 1, anggota juga melaksanakan pemberian masker untuk menjaga kesehatan.

“Kegiatan secara humanis buruh dalam menyampaikan aksi damai ini kami sangat mengucapkan terima kasih sehingga kegiatan berjalan aman dan lancar,” pungkas mantan Dirkrimsus Polda Jatim ini. [ Red/Akt-21 ]

 

Aktual News

Karanganyar , Aktual News – Pengurus Partai Golkar Karanganyar berlanjut , saat ini Ketua Partai Golkar Karanganyar Ilyas Akbar Almadani mengajak segenep Pengurus Partainya ke kantor markas Gerindra, Pertemuan kedua pengurus partai itu bagaikan nostalgia , saudara yang terpisah untuk mencari kepentingan politik masing masing.Hampir pengurus Partai Gerindra dulu dari anggota mantan Partai Golkar, Namun karena mengejar cita cita politiknya berpisah ranjang.

” Pertemuan ini kami Angga. Reuni dengan saudara lama yang sedang berpisah, dan kami akan tetap bersahabat sampai kapanpun, walau berbeda jalan dan tujuan, namun kita bersaudara karena kita dulu satu kandung, tapi saat ini kita disatukan dengan keinginan yang sama untuk membangun dan memajukan Karanganyar ke depan” ungkap Ilyas Senin ( 26/10).

Disaat memberikan keterangan Pers bersama Partai Gerindra Yulianto , dia berkali kali mengulang ulang, bahwa Partai Golkar dan Partai Gerindra itu saudara dan bersahabat, karena itu tidak ada yang perlu dipersoalkan, kalau berbeda pendapat itu wajar.

Dulu ketika Pilkada Partai Gerindra mendukung penuh pencalonan Juliyatmono – Rober sebetulnya Partai Gerindra sudah menyerahkan mandat lewat Saraswati Djojo Hadikusumo, Untuk mendukung Yuli – Rober.

Namun ditengah panasnya percaturan politik yang penuh dinamika , ahkirnya Partai Gerindara dan PKS berubah mencabut dukungan Pada Yuli – Rober, dan mengajak bersama PKS, Rohadi Widodo – Retno Wahyuningsih, menjadi persaingan ketat dalam pilkada saat itu.

AW Mulyadi sekjen Partai Golkar Karanganyar menambahkan, sudah bulat tekat, Partai Golkar calonkan Ilyas Akbar Ahmadani sepagai cabub pilkada 2024 dan AW Mulyadi berharap Partai Gerindra tidak salah mendukung lagi, Dukung Pencalonan Ilyas.

Yulianto ,Ketua Partai Gerindra mengatakan, Masalah mencalonkan itu adalah urusan DPP Partainya bukan cabang penentunya.masalah dukung mendukung masih jauh dan waktu panjang, dan juga nunggu pemilihan Legislatif dulu 2024 maka masih ada pembahasan kedepan.

” Perkara Partai Gerindra salah mendukung seperti ditahun 2019 karena itu hanya dinamika politik saja.karena DPC itu hanya menjalankan perintah DPP saja, sebaiknya yang lalu biarlah menjadi kenangan yang akan datang baru dipikirkan yang terbaik,” ungkapnya. [ Red/Akt-52/Dawam ]

 

 

Aktual News

Labuhanbatu, Aktual News-Bupati Labuhanbatu dr. H. Erik Adtrada Ritonga, M.K.M menghadiri pelantikan Pengurus Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Kabupaten Labuhanbatu, di Gedung Nasional Rantauprapat, Jl. Jend. Ahmad Yani, Selasa (26/10/2021).

Melalui bimbingan dan arahanya Bupati Labuhanbatu mengucapkan selamat dan sukses kepada pengurus Dekopin Periode 2020-2025 yang telah dilantik oleh Dekopin Wilayah Sumatera Utara.

“Kiranya Kepada pengurus baru dilantik dapat bekerja keras dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik sehingga koperasi yang ada di Labuhanbatu dapat berkembang dan menjadi soko guru perekonomian di Labuhanbatu,” kata Bupati.

Bupati menyebutkan kiranya koperasi menjadi sarana simpan pinjam bagi masyarakat, dan menjadikan koperasi sebagai tempat favorit membangkitkan perekonomian didaerah Kabupaten Labuhanbatu.

Ketua Dekopinda Labuhanbatu terpilih masa bakti 2020-2025 Sabaruddin Marpaung SE mengatakan berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 Bab XI Pasal 57 ayat 1, Koperasi secara bersama-sama mendirikan satu organisasi tunggal yang berfungsi sebagai wadah untuk memperjuangkan kepentingan dan bertindak sebagai pembawa aspirasi Koperasi. Dalam penjelasannya disebutkan organisasi tersebut adalah Dekopin.

Sabaruddin menjelaskan bahwa banyak koperasi yang tutup karena kurangnya SDM yang paham mengenai koperasi, oleh sebab itu Dekopin berencana mengadakan pelatihan dan sosialisasi tentang koperasi kepada para pengawas koperasi.

Hadir dalam acara ini perwakilan Dekopin Wilayah Provinsi Sumatera Utara, Juniari Siahaan. Juniari mengucapkan selamat kepada Pengurus terpilih. “Semoga dapat mengemban amanah ini dengan baik”.

Juniari juga mengapresiasi rencana Dekopin Labuhanbatu yang akan melakukan pelatihan kepada pelaku koperasi. “Karena masih banyak pelaku koperasi yang kurang atau bahkan tidak memahami jatidiri koperasi, apa itu jati diri koperasi,” jelas Juniari.

Turut hadir dalam acara ini, Asisten II Setdakab Labuhanbatu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Pengurus Dekopin Labuhanbatu, Para ketua koperasi yang ada di Labuhanbatu, perwakilan Koperasi Siswa, dan tamu undangan. [ Red/Akt-16 ]

 

 

Aktual News

Foto : Muhammad Lukmanul Hakim, Kepala Desa Bunar, Kecamatan Sukamulya.

Tangerang, Aktual News Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar melantik dan mengambil sumpah Atau Janji Pengangkatan 77 kepala desa pada 26 Kecamatan bertempat di Lapangan Maulana Yudha Tigaraksa Kabupaten Tangerang, pada Kamis, (14/10/2021).

Salah satunya, Kepala Desa Terpilih, yang dilantik Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, yaitu Kepala Desa Bunar, Kecamatan Sukamulya, Muhammad Lukmanul Hakim, pria kelahiran Tangerang, (11/12/1993). Pria yang juga putra daerah asli Sukamulya ini pernah menempuh pendidikan di SDN Bunar 1, SMPN 2 Balaraja, MAN Balaraja, dan melanjutkan Ke Perguruan Tinggi di IAIN Serang jurusan Muamalah.

Dirinya juga sangat aktif mengikuti Organisasi Himata Banten, dan pernah aktif di salah satu Ormas BPPKB.

Perlu diketahui, dirinya juga pernah menempuh ilmu agama di Pondok Pesantren Darul Tafkir, Buniayu, Kecamatan Sukamulya.

Pada Tahun 2017, dirinya resmi melepas masa lajangnya dan menikahi seorang wanita idamannya pilihan hatinya yaitu Ida Hodriyah (22), dan dikaruniai 2 orang anak, yaitu Adam Haetami (4) tahun, Fika (5 bulan).

” Saya ingin mengaktifkan organisasi kepemudaan dari sisi olahraga (sepak bola), dan karang taruna nya akan lebih aktif mengikuti semua bidang olahraga nantinya, dengan cara aktif melaksanakan latihan, bisa mengikuti kompetisi sepak bola di berbagai wilayah, khususnya kabupaten tangerang, dan kami juga akan menyiapkan sarana dan prasarana olahraga penunjang lainnya,” ucapnya, Saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Selasa (26/10/2021).

Dirinya memiliki keiginan dan program kerja untuk memajukan wisata religi makam nyimas melati. Dengan cara membangun dan mengembangkan potensi daerah yang ada di Desa Bunar.

“Nantinya cagar budaya ini akan kami benahi untuk membangun fasilitas infrastuktur jalan yang memadai, serta fasilitas penunjang lainnya, akan kami kawal dan kami wujudkan wisata religi yang kekinian seperti contoh di Wisata Ziarah Banten Lama,” ungkapnya.

Menurutnya, Membuat ruang terbuka hijau bagi para peziarah agar lebih nyaman ketika berada di wisata religi makam nyimas melati dan membangun ruang ramah anak agar para orang tua serta warga sekitar bisa berwisata sambil ziarah, serta akan membangun objek atau maskot (ciri khas) patung atau tulisan “Nyi Mas Melati” agar para wisata selain ziarah juga bisa mengabadikan moment atau bisa foto bersama keluarga dan masyarakat desa Bunar khususnya nanti bisa merasakan perubahannya.

Dirinya juga memiliki orang tua yang saat ini dikenal sebagai tokoh agama yaitu H.Fahruroji (H.Fahri) Pendiri sekaligus Pimpinan Pondok Pesntren Raudathul Sibyan, yang ada di Desa Bunar Kecamatan Sukamulya.

“Sesuai dengan kepercayaan yang sudah diamanahkan oleh warga desa Bunar kepada saya, insya allah saya akan amanah menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai kepala desa, dan ingin membangun desa bunar menjadi lebih baik lagi untuk kabupaten tangerang yang gemilang,” ujarnya.[Red/Akt-49/Agi]

 

Aktual News

Medan, Aktual News Dangsir Siregar selaku Kepala Desa (Kades) Panaungan dituntut 7 tahun penjara. Jaksa Penuntut Umum (JPU) Amiruddin Alamsyah Harahap, menilai terdakwa terbukti melakukan tindak pidana korupsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBD) Tahun 2019 – 2020 di Desa Penaungan, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan sebesar Rp.882 juta.

Namun Jaksa Penuntut Umum (JPU) Amiruddin Alamsyah Harahap, dalam mota tuntutannya menuturkan bahwa terdakwa terbukti bersalah melanggar Pasal 2 ayat 1 Jo Pasal 18 undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi, sebagaimana diubah dengan undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas indang-undang Nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

” Majelis hakim menjatuhkan terdakwa dengan hukuman 7 tahun penjara dan denda Rp.200 juta dengan subsider 6 bulan kurungan,” sebut jaksa dihadapan majelis hakim yang diketuai Eli Warti, di Ruang Cakra VIII, Pengadilan Negeri Medan, Senin (25/10/2021).

Tapi selain itu, jaksa penuntut umum juga meminta agar pria tamatan SMP itu membayar uang pengganti (up) sebesar Rp.882 juta.

“Dalam waktu paling lama satu bulan setelah peroleh hukum tetap dan jika tidak dibayar maka akan diganti dengan penjara selama 3 tahun 3 bulan,” kata jaksa.

Sedangkan dalam pertimbangan jaksa, hal yang memberatkan perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas tindak pidana korupsi.

“Tapi hal yang meringankan, terdakawa sopan dalam persidangan dan mempunyai tanggung jawab bagi keluarganya,” ucap jaksa.

Usai mendengar tuntutan jaksa, hakim ketua menunda persidangan hingga pekan mendatang dengan agenda pembelaan dari terdakwa (pledoi).[Red/Akt-35/Ansary]

 

Aktual News

dokumentasi : Almarhumah Ibu Rohmah saat menerima bantuan KTP gratis dari Bang Kodir bagian pelayanan KTP disdukcapil kab, Tangerang

 

Cisoka, Aktual NewsKini ibu Rohmah warga Kp Nagreg desa Cisoka kecamatan Cisoka telah berpulang ke Rahmatullah… hampir satu (1), tahun perjuangan ibu Rohmah dalam mencari keadilan untuk mendapatkan bayinya kembali tak kunjung mendapat keadilan, hingga dirinya mengindap atau di vonis kanker payudara dan akhirnya Ibu Rohmah Senin 25 Oktober pukul 13:00 Wib, berpulang ke Rahmatullah…. innalillahi wa’innalilahi rojiun semoga almarhumah Ibu Rohmah khusnul khotimah, selamat jalan pencari ke adilan.

 

Dari keterangan keluarga almarhumah Ibu Rohmah, sebelum wafat Ibu Rohmah (almarhumah-red), sempat meminta untuk melihat anaknya hingga dua (2), anaknya tak kunjung di antarkan hingga wafat, Ibu Rohmah tidak diberi kesempatan melihat buah hatinya, untuk catatan dari sejak melahirkan Ibu Rohmah hanya satu kali di pertemukan dengan anaknya hingga kasus pencari keadilan hak asuh anaknya yang telah di rampas paksa, Ibu Rohmah (almarhumah-red), dan suaminya diantar awak media online AktualNews.co.id, mendatangi kantor Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak (DP3A), Kabupaten Tangerang guna mendapatkan bantuan hukum untuk mendapatkan hak asuh anaknya yang telah terampas namun DP3A kabupaten Tangerang, diduga tidak berpihak kepada masyarakat miskin seperti almarhumah Ibu Rohmah, padahal Negara telah membentuk lembaga bantuan hukum untuk rakyat atau masyarakat tidak mampu yang membutuhkan bantuan hukum terutama DP3A kabupaten Tangerang.

Diduga kuat ada kepentingan dalam perkara Ibu Rohmah almarhumah mencari keadilan, hingga awak media online AktualNews.co.id, beberapa kali memberitakannya kasusnya ibu Rohmah bahkan almarhumah juga telah meminta bantuan perlindungan hukum ke Polresta Tangerang namun perjuangan almarhumah sia-sia hingga terbawa keliang lahat .[ Red/Akt-26/Har ]

 

Aktual News

Bogor, Aktual NewsDanrem 061/SK Brigjen TNI Achmad Fauzi S.I.P., M.M. menghadiri Pelaksanaan Pendayagunaan Koramil Model TA. 2021 yang digelar di Makorem 061 Suryakancana, Senin (25/10).

Turut mendampingi Danrem yaitu Kasrem 061/Sk dan juga Kasi Ter 061/Sk, dan dihadiri oleh Para Babinsa sewilayah Kodim 0621/Kabupaten Bogor.

Dalam sambutannya Danrem menjelaskan bahwa Koramil model adalah Koramil yang memiliki kondisi mendekati ideal dan mewakili sebagian besar karakteristik wilayah Korem serta dijadikan percontohan bagi Jajaran Koramil lainnya dalam menghadapi perkembangan situasi, kondisi dan permasalahan di masyarakat yang semakin kompleks sehingga memberikan tuntutan kepada Apkowil untuk meningkatkan kemampuan Binter dalam mewujudkan ketahanan wilayah aspek darat.

Kemudian lanjutnya, bahwa kebijakan pendayagunaan Koramil Model merupakan bagian dari upaya peningkatan kualitas latihan teritorial yang diharapkan mampu untuk memberikan visualisasi pelaksanaan tugas binter secara aplikatif melalui penunjukan salah satu Koramil sebagai wahana percontohan yang merepresentasikan keseluruhan wilayah Korem 061/Suryakancana.

“Pendayagunaan Koramil model difokuskan pada peningkatan sumber daya manusia Apkowil yang telah bertugas sebagai Babinsa maupun personel baru yang akan bertugas di wilayah. Disamping pelaksanaan tugas pokoknya sebagai Satkowil, Koramil Model juga menyelenggarakan berbagai kegiatan latihan yang bersifat pembekalan pendahuluan dan latihan berupa penyegaran aplikatif sehingga kompetensi Babinsa di wilayah dapat senantiasa mampu mengimbangi dinamika kehidupan masyarakat di wilayah. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan personel aparat Komando kewilayahan dalam pelaksanaan Binter sehingga diperoleh kesamaan pola pikir dan kemampuan dalam mendeteksi, mengenali, menganalisa serta mengambil tindakan terhadap perubahan dan perkembangan dinamika di wilayah guna mewujudkan kekuatan Wilayah Pertahanan aspek Darat yang tangguh, ” tambahnya.

Selain itu forum ini juga sebagai wahana diskusi untuk saling bertukar pikiran, saling memberi dan mengisi dalam meningkatkan peran Binter di wilayah sehingga personel Satkowil dapat menerapkan Binter yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Adapun sasaran yang ingin dicapai dalam kegiatan ini antara lain terwujudnya pemahaman dan kemampuan apkowil tingkat Koramil dalam mengaplikasikan pengetahuan teritorial di wilayah binaan kemudian terwujudnya pembinaan mental dan fisik, semangat yang tangguh dan profesional dari Apkowil tingkat Koramil untuk melaksanakan tugas binter di wilayah; serta terwujud dan terpeliharanya kesadaran bela negara oleh masyarakat serta kemanunggalan TNI rakyat.

Dengan tercapainya sasaran dan peningkatan tersebut akan dapat mewujudkan kemampuan Koramil Model untuk melaksanakan fungsinya dalam rangka meningkatkan kemampuan aparat Komando kewilayahan dalam pelaksanaan pembinaan teritorial.

Kemudian Danrem mengajak kepada seluruh peserta untuk bekerjasama dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, sehingga dapat mencapai sasaran sesuai maksud dan tujuan seperti yang kita inginkan, saya yakin dan percaya kegiatan hari ini dapat memberikan inspirasi dan dorongan semangat kepada kita untuk dapat bekerja yang terbaik bagi keberhasilan pelaksanaan tugas pokok, sampaikan permasalahan-permasalahan di lapangan kepada pimpinan atau anggota staf Teritorial Korem sehingga mudah-mudahan permasalahan tersebut dapat dijadikan masukan dan pertimbangan pada pelaksanaan bidang teritorial yang akan datang.

” Semoga kita semua dapat melanjutkan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara yang kita cintai bersama ini.” Pungkas Danrem. [ Red/Akt-01]

 

Aktual News

Sumber: Penrem 061/SK

Koramil Model TA

Diberdayakan oleh Blogger.