Medan, Aktual News-Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumut Brigjen Toga Panjaitan mengaku, pengguna narkoba memanfaatkan warung internet (Warnet) untuk mengkonsumsi narkoba. Hal itu dikatakannya saat memaparkan pengungkapan beberapa kasus narkoba di Kantor BNNP Sumut, Kamis (4/11/21).

“Tapi ada beberapa kasus yang kita ungkap. Salah satunya penggerebekan di beberapa warnet salah satunya Warnet Jalan Sei Wampu, hampir separuh pengunjung yang kita amankan rata-rata positif narkoba,” ucapnya.

“Ini saya kira modus baru ya, biar kuat begadang main internet,” sebutnya.

Saat penggerebekan warnet di Jalan Sei Wampu ini, sebut dia, awalnya pihaknya mendapatkan laporan kalau lokasi tersebut dijadikan tempat penyalahgunaan narkoba Saat kita selidiki ternyata benar ada warnet yang buka 24 jam, kemudian kita lakukan penggerebekan pada 29 Oktober,” bilang dia.

Ketika penggerebekan itu, petugas mengamankan 17 orang dan barang bukti alat isap sabu. “Tidak ada ditemukan narkoba tapi sejumlah alat isap atau bong ditemukan,” ucap Toga.

Namun selanjutnya, petugas memboyong 17 orang itu dan dilakukan pemeriksaan tes urine. Hasilnya, 13 orang positif narkoba.

Tapi ia pun berharap agar Pemko maupun Pemkab berperan penting untuk mengawasi jam operasional warung internet. “Kalau memang jam operasionalnya melewati batasi, tutup saja,” kata dia. [ Red/Akt-35/Ansary ]

 

AktualNews

Medan, Aktual News – Wali Kota Medan Bobby Nasution kembali menunjukkan ketegasannya dalam membina pejabat di lingkungan Pemko Medan. Terbaru, Bobby mencopot jabatan Kepala UPT Operasional dan Pemeliharaan Jalan dan Drainase (OPJD) Dinas PU wilayah Medan Kota, Abidin terhitung per Senin (1/11/2021) lalu.

Wali kota mungkin kecewa dengan kinerja Kepala UPT OPJD Medan Kota terkait kondisi drainase di wilayahnya. Hal itu dilihat Wali kota saat mengunjungi korban angin puting beliung di Kelurahan Binjai, Kecamatan Medan Denai, Sabtu (30/10) tengah malam lalu.

Ketika itu, Bobby Nasution melihat genangan akibat hujan deras disertai angin kencang. Kondisi air tak lancar melewati drainase. Diselidiki ternyata ada masalah di drainase yang menghubungkan Kecamatan Medan Denai, Medan Area dan Medan Kota. Akhirnya genangan banjir berlangsung sekitar satu jam baru surut.

Saat melihat hal itu Wali Kota memanggil kepala UPT OPJD Medan Kota malam itu juga. Yang kemudian membawanya pada pencopotan jabatan. “Ya ini memang benar ada pencopotan Kepala UPT. Hal itu dimaksudkan untuk penyegaran. Kita ingin pejabat yang bisa bekerja dengan baik, cepat dan efektif. Ini juga sebagai pelajaran kepada pejabat lain agar serius bekerja tidak main-main. Apalagi soal drainase. Saya sangat konsern mengatasi persoalan banjir, jadi pejabat saya jangan berleha-leha. Harus kerja keras, cepat dan efektif untuk masyarakat,” kata Wali Kota, Rabu (3/11/2021).

Namun sementara Plt Kadis PU Ferry Ichsan membenarkan hal tersebut. Kata Ferry pencopotan Kepala UPT Medan Kota telah diputuskan Wali Kota, Senin (1/11) lalu. Saat ini posisi tersebut di-Plt-kan yang diisi pejabat dari BKD.

“Lalu kemarin Pak Wali ninjau warga di Kelurahan Binjai. Sekalian mengecek drainase. Kemudian pak wali manggil kepala UPT, sedikit telat juga beliau datang. Drainase juga ada masalah di wilayahnya. Jadi memang dicopot,” bilang Ferry.

Ferry menambahkan, pihaknya sebagai bawahan Wali Kota Medan mengaku siap menjalankan seluruh intruksi terkait pembenahan untuk mencegah banjir di Medan. “Jadi untuk yang masalah drainase di UPT Medan Kota sudah dicek dan dianalisa, karena arahan pak wali juga agar kerja kita efektif. Insya Allah anggaran 2022 kita benahi,” tandasnya. [ Red/Akt-35/Ansary ]

 

AktualNews

Jakarta, Aktual NewsHari ini Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pemantau Kinerja Pemerintah Pusat dan Daerah (Pemuda) melakukan aksi unjuk rasa di kantor Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Hal ini terkait tuntutan agar memeriksa Sekda Provinsi Jawa Barat yang diduga bagi-bagi jabatan.

“Tuntutan kita adalah periksa Sekda Provinsi Jawa Barat, batalkan pengangkatan 182 pejabat Kabupaten Bandung Barat dan Cabut SK Mendagri No. 821/423/OTDA tentang persetujuan pengangkatan pejabat di Kabupaten Bandung Barat. “Tegas Ketum LSM Pemuda Ungkap Marpaung kepada para awak media di Jakarta, Kamis (04/11/2021)

Untuk diketahui bahwa Kabupaten Bandung Barat adalah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Bandung. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Subang di sebelah barat dan utara, Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang, dan Kota Cimahi di sebelah timur, Kota Bandung di sebelah selatan, serta Kabupaten Cianjur di sebelah barat.

Ungkap mengajak para masyarakat yang peduli terhadap Kabupaten Bandung Barat untuk sama-sama mengawasi para pejabat terkait yang diduga kuat melakukan penyelewengan wewenang

“Kita terus menuntut sesuai dengan yang telah disampaikan sampai menang, “tuntasnya. [ Red/Akt-01/Jalal ]

 

AktualNews

 

Labuhanbatu, Aktual NewsSekdakab Labuhanbatu bersama unsur Forkopimda Labuhanbatu lainya menyaksikan pemusnahan barang bukti narkoba hasil tangkapan Polres Labuhanbatu bulan September 2021 di lapangan Mapolres Labuhanbatu, Kamis 4/11/2021.

Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, SIK, MH, memaparkan
Barang bukti narkoba dimaksud disita dari empat orang tersangka tiga kasus dengan rincian Sabu, 97,2 gram dari tersangka F dan I, Ganja 22.993,72, gram dari tersangka Suardi, Ectasy 200 butir.

Dilokasi, Kapolres juga menyampaikan ada 6 orang yang akan direhab di balai sosial insaf medan, ” ada enam orang yang kita hantarkan ke balai sosial insaf medan untuk dilakukan rehap atas permintaan keluarga, mereka ini semua adalah korban dari penyalahgunaan narkoba, dari itu total 91 orang yang sudah kita rehap, ucap Kapolres.

Diakhir konfrensi pers tersebut Kapolres menghimbau kepada seluruh masyarakat Labuhanbatu untuk menjauhi yang namanya narkoba, karena narkoba itu sangat merugikan dan merusak masa depan.

Disela kegiatan, Sekdakab Labuhanbatu Ir Muhammad Yusuf Siagian, MMA, mengapresiasi kinerja Polres Labuhanbatu dalam menindak pelaku Narkoba. ” Semoga Narkoba dilabuhanbatu dapat diberantas sampai bersih” ucap Sekda.

Hadir menyaksikan pemusnahan barang bukti narkoba dimaksud, Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan SIK, MH, Sekdakab Labuhanbatu Ir Muhammad Yusuf Siagian, MMA, Kajari Labuhanbatu Jefri Penangin Makapedua SH.MH, Ketua Pengadilan Negeri Rantauprapat Delta Tamtama, SH, MH, Danramil Kota Rantauprapat Dedi M.S, para awak media dan personil Polres Labuhanbatu. [ Red/Akt-16 ]

 

 

AktualNews

Labuhanbatu, Aktual NewsWakil Bupati labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd, MM terima audiensi organisasi masyarakat Badan Pembudayaan Kejuangan 45 di Ruang Kerja Wakil Bupati, Kecamatan Rantau Selatan Rabu (3/11/2021).

Dewan harian cabang badan pembudayaan kejuangan 45 Rustam Hasibuan, S.H menyampaikan kunjungan ini bertujuan untuk memperkenalkan pengurus baru dan menyatakan siap membantu mendukung program – program Kerja bupati dan wakil bupati labuhanbatu agar kabupaten labuhanbatu menjadi lebih baik.

Ellya Rosa mengucapkan terima kasih telah berkunjung ke Pemkab Labuhanbatu, dan berharap badan pembudayaan kejuangan 45 dapat bekerjasama dan mengawasi jalan nya pemerintahan dalam membolo labuhanbatu.

Turut hadir Dewan Harian Cabang Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Labuhanbatu Rustam Hasibuan, S.H dan Para Pengurus. [ Red/Akt-16 ]

 

AktualNews

Labuhanbatu, Aktual NewsBersama Forkopimda Provinsi Sumatera Utara, Bupati / Walikota serta Forkopimda Kabupaten / Kota Se-Sumatera Utara dan diikuti Panglima TNI beserta Kapolri, Bupati Labuhanbatu dr. H. Erik Astrada Ritonga M.K.M, mengikuti rapat kordinasi Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sumatera Utara melalui video conference di Ruang Rapat Bupati, Rabu (03/11/2021).

Membuka rapat ini, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengucapkan terima kasih kepada Kapolri dan TNI yang telah menghadiri rapat ini. Edy Rahmayadi menjelaskan per tanggal 2 November 2021, kasus konfirmasi positif Covid-19 di Sumatera utara sebanyak 105.854 kasus, sembuh 102.665 dan meninggal 2.887 kasus.

Mengenai vaksinasi, di Sumatera utara ditargetkan 11.419.559, sampai dengan saat ini capaian dosis I sebesar 5.409.845 (47,37%) dan dosis II sebesar 3.349.898 (29,33%). Masih ada 16 kabupaten / kota yang capaian vaksinnya di bawah 40%, termasuk kabupaten Labuhanbatu dengan persentase 37,35%.

“Kami akan berusaha, tolong Panglima dan Bapak Kapolri, kami mohon arahan sehingga kami lebih yakin dan kami lebih bersemangat untuk melakukan kegiatan-kegiatan, kepentingan masyarakat khususnya di Sumatera Utara ini,” tutup Gubernur.

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Listyo Sigit Prabowo, dalam paparannya menjelaskan bahwa Indonesia menempati posisi teratas se-Asia Tenggara dalam rangka pemulihan covid-19. Kapolri mengatakan capaian ini perlu dipertahankan dengan perkuatan prokes dan meningkatkan capaian vaksin.

“Kalau kita abai, kita lengah, resiko terjadinya gelombang ke-3 covid akan meningkat,” katanya.

Kapolri juga menambahkan, saat ini Indonesia akan menyelenggarakan berbagai event internasional di berbagai daerah seperti Indonesian Badminton Festival, International Football Championship U-15, KTT G20 dan kegiatan lainnya.

“Ini menunjukkan kepercayaan dunia internasional kepada Indonesia, dengan adanya berbagai event dan pelonggaran ini, diharapkan perekonomian Indonesia tumbuh baik, namun harus tetap waspada dengan transmisi varian covid yang belum masuk ke Indonesia,” jelas Kapolri.

Pada kesempatan yang sama, Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa pandemi Covid-19 sudah berlangsung kurang lebih dua tahun. Negara lain sudah banyak yang terkena gelombang ke-3, karena diberikan rileksasi dan lupa dengan 3M protokol kesehatan.

“Kita Indonesia tidak boleh lengah, tidak boleh lupa, dan harus terus melaksanakan protokol kesehatan,” kata Hadi.

Hadi juga menambahkan Indonesia perlu meningkatkan tracking, tracing, dan testing. Menurutnya, saat ini masyarakat melakukan pengecekan, hanya untuk skrining persyaratan pergi ke luar kota. Hal lain yang menjadi fokusnya adalah vaksin, Hadi mengatakan masih banyak masyarakat yang tidak mau divaksin.

“Perlu kerjasama dari semua pihak, sosialisasi kepada masyarakat, bahwa vaksin itu menyelamatkan masyarakat, bukan membahayakan masyarakat,” jelasnya.

Turut hadir mendampingi Bupati mengikuti rapat ini, Wakapolres Labuhanbatu, Kasat Intel, Danramil, Kaban BPBD, Kadis Perhubungan, dan Kadis kesehatan. [ Red/Akt-16 ]

 

AktualNews

Diberdayakan oleh Blogger.