Sukoharjo, Aktual News Kegiatan serbuan vaksinasi gratis tahap kedua dosis kedua yang digelar di Gedung Serba Guna (GSG) Markas Yonif Mekanis Raider (MR) 413/Bremoro Kostrad, Jalan Veteran, Palur, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, pada Senin (08/11/2021) diikuti oleh ratusan peserta.

Koordinator vaksinasi, Lettu Ckm dr. Agung Andrew Richard selaku Dokter Yonif Mekanis Raider 413/Bremoro Kostrad menyampaikan, kegiatan itu dilaksanakan guna mendukung percepatan Program Vaksinasi Nasional yang telah ditetapkan pemerintah guna mewujudkan kekebalan imunitas (herd immunity) masyarakat, dengan target 1 juta orang per hari.

“Vaksinasi massal hari ini merupakan vaksinasi gelombang kedua tahap kedua, yang diikuti sebanyak 876 peserta,” terangnya.

Lettu Ckm dr. Agung Andrew Richard menambahkan, bahwa keberhasilan untuk mencapai ratusan orang dalam vaksinasi tersebut, merupakan hasil kerja keras para vaksinator.

“Mereka bekerja sampai sore hari, dengan tujuan untuk melayani seluruh masyarakat di Kabupaten Sukoharjo dan sekitarnya,” terangnya

Di sela berlangsungnya kegiatan vaksinasi itu, masyarakat juga mendapatkan pesan imbauan agar selalu mematuhi protokol kesehatan dengan melakukan 5 M, yaitu memakai masker dengan disiplin, mencuci tangan dengan sabun memakai air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Masyarakat juga diminta untuk tetap menjaga kesehatan dengan menerapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.[Red/Akt-5/Dawam]

 

Aktual News

Serang, Aktual News Berdasarkan hasil analisa dan evaluasi dari data yang bersumber dari Biroops Polda Banten tentang gangguan Kamtibmas di wilayah hukum Polda Banten pada minggu pertama November 2021 mengalami penurunan, pada Senin (08/11).

Pada Anev sebelumnya dijelaskan bahwa gangguan Kamtibmas pada minggu ke-V Oktober kemarin terjadi 42 kasus. Untuk minggu ke-I bulan November menurun menjadi 41 kasus atau menurun 2%.

Karo Ops Polda Banten Kombes Pol Amiludin Roemtaat menjelaskan jika kejadian tindak kejahatan tertinggi terjadi di wilayah hukum Polresta Tangerang yaitu 23 kasus.

“Untuk wilayah hukum Polresta Tangerang Polda Banten, terjadi peningkatan 5 kasus, dari sebelumnya 18 kasus kini menjadi 23 kasus,” kata Kombes Pol Amiludin Roemtaat.

“Setelah Polresta Tangerang, Polres jajaran Polda Banten lainnya yang mengalami peningkatan jumlah gangguan kamtibmas yaitu Polres Serang Kota naik 1 kasus, dari 3 kasus menjadi 4 kasus, dan untuk Polres Cilegon mengalami peningkatan sebanyak 1 kasus dari 4 kasus menjadi 5 kasus” lanjutnya.

Amiludin Roemtaat juga menjelaskan jika gangguan kamtibmas terjadi penurunan di beberapa Polres jajaran Polda Banten.

“Untuk Polres Pandeglang mengalami penurunan jumlah gangguan kamtibmas dari 7 kasus menjadi 3 kasus, Polres Serang dari 5 kasus menjadi 3 kasus dan Polres Lebak nihil kasus, sesuai data untuk gangguan Kamtibmas paling banyak terjadi di pemukiman sebanyak 20 kejadian” jelas Amiludin Roemtaat.

Sesuai maping lokasi kejadian gangguan kamtibmas banyak terjadi di pemukiman.

Amiludin Roemtaat menyatakan dengan adanya  penurunan tingkat kejahatan ini, diharapkan masyarakat  harus lebih waspada di lingkungan sekitarnya.

“Lakukan pengamanan mandiri atau swakarsa dengan  mengaktifkan Pos Kamling di lingkungannya, untuk  mencegah terjadinya tindak pidana kejahatan. Dimana kita ketahui, kejahatan terjadi karena ada niat dan kesempatan. Dengan adanya Siskamling merupakan salah satu upaya menghilangkan kesempatan bagi pelaku kejahatan,” ungkap Amiludin Roemtaat.

Terakhir Kabid Humas Polda Banten AKBP Shinto Silitonga mengajak kepada jajaran Polres untuk meningkatkan KRYD (Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan).

“Sesuai arahan bapak Kapolda, agar para Kapolres untuk meningkatkan kegiatan rutinnya guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dengan KRYD. Melalui kegiatan  preemtif, preventif dan law enforcement atau repressive, sebagai  upaya  Polri  untuk  menekan  terjadinya tidak  kejahatan,” tandas Akbp Shinto Silitonga.[Red/Akt-49/Agi]

 

Aktual News

Labuhanbatu, Aktual NewsBupati Labuhanbatu dr.H.Erik Adtrada Ritonga,M.K.M temu ramah dalam agenda pisah sambut dengan Kapolres Labuhanbatu AKBP. Deni Kurniawan,S.IK,MH, kepada AKBP. Anhar Arlia Rangkuti,S.IK di Kediaman Bupati, Rantau Utara (07/11/2021)

Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak AKBP Deni Kurniawan,S.IK,MH atas kerjasama yang baik selama ini di Kabupaten Labuhanbatu Bupati mengunkapkan selama Kapolres Deni menjabat di Polres Labuhanbatu, terjalin komunikasi yang baik dengan Forkopimda Labuhanbatu.

“Kami juga ingin mengatakan ada saatnya datang ada masanya pergi, artinya adanya perpisahan yang mungkin sebagai sahabat kami merasa kehilangan bahwa Bapak Deni harus meninggalkan labuhanbatu,” ucap Bupati.

Bupati menambahkan, Pemkab Labuhanbatu bersenang hati, Polda Sumatera Utara mengutus Bapak Anhar Arlia Rangkuti di Kabupaten Labuhanbatu.

“Saya lihat rekam jejaknya Bapak ini adalah dari Brimob yang sudah lama melintang di Sumatera Utara. Kami ucapkan selamat datang pak di bumi ika bina en pabolo, mudah-mudahan kerjasama yang baik selama ini bisa kita jalin ke depan dan juga kami lah yang butuh bimbingan dengan Polres Labuhanbatu,” Ucap Bupati

Pada kesempatan yang sama Anhar Arlia Rangkuti,S.IK memperkenalkan diri kepada Bupati Labuhanbatu. Anhar mengucapkan terima kasih atas sambutan dari bapak Bupati Labuhanbatu dan juga kami berharap selama kami disini mohon bantuan dan dukungan sehingga kami bisa berbuat lebih banyak di kabupaten Labuhanbatu ini.

Kemudian Kapolres Labuhanbatu sebelumnya, AKBP. Deni Kurniawan,S.IK,MH dalam sambutannya menyampaikan kata perpisahan. Deni mengatakan Selama 14 bulan bertugas di Labuhanbatu ini begitu mendapatkan pengalaman yang luar biasa, banyak kenangan manis yang diperoleh di Kabupaten Labuhanbatu ini.

Deni juga mengucapkan banyak terima kasih atas kerjasama yang dari Bupati dan Pemkab Labuhanbatu yang selalu mendukung tugas-tugas Polres selama dirinya menjabat sebagai Kapolres Labuhanbatu.

“Dan kami juga mohon maaf selama kami menjabat disini mungkin ada kata maupun perbuatan yang salah telah kami lakukan baik itu secara kinerja Polres Labuhanbatu maupun secara pribadi kami,” tutup Deni.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S. Pd, MM, Para Asisten Setdakab Labuhanbatu, Kabag Umum Setdakab, Plt Kaban BPBD, dan hadirin lainnya. [ Red/Akt-16 ]

 

AktualNews

Labuhanbatu, Aktual NewsPemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu memperingati maulid nabi Muhammad SAW 1443 H, dihalaman kantor Bupati Labuhanbatu jalan SM.Raja Kecamatan Rantau Selatan Senin 8/11/2021.

Milad nabi junjungan umat muslim tersebut dihadiri Bupati Labuhanbatu, dr.H.Erik Adtrada Ritonga, M.K.M, Wakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar,M.Pd, Sekdakab Labuhanbatu Ir.Muhammad Yusuf Siagian, M.M.A, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Kabag, Kaban, Camat, Ketua TP.PKK Labuhanbatu, dr.Maya Hasmita, S.Pog, Kakankemenag Drs. Sarifuddin, M.Pd, ,Ketua MUI, seluruh ASN Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, Ketua DPD Alwasliyah Labuhanbatu dan Ketua DPD Muhammadyah Labuhanbatu.

Melalui tema “Membangun Ukhuwah Islamiah Dalam Meningkatkan ASN Yang Profesional Dan Berkarakter” Bupati Labuhanbatu dr.H.Erik Adtrada Ritonga,M.K.M, dalam bimbingan dan arahannya berpesan kepada seluruh ASN dan pejabat Pemkab Labuhanbatu untuk merendahkan hati dan tidak sombong.

” Rendahkanlah hati kita dan jangan sombong dengan baju yang kita pakai, ikutilah suri tauladan baginda Rasullulah SAW, karena ini hanya titipan dari Allah SWT, yang bisa hilang sewaktu-waktu”.

Menurut Bupati, ” jika sifat sombong dihati kita para ASN dilabuhanbatu ini bisa dihilangkan maka kita mampu memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Labuhanbatu, dan pembangunan dilabuhanbatu dapat terlaksana dengan baik, “ucap Bupati.

Bupati berharap seluruh ASN untuk bergandeng tangan bekerjasama melayani masyarakat dan menjalankan roda pemerintahan sesuai tupoksinya masing-masing, Bupati juga berharap seluruh ASN agar meningkatkan ukhuwah dan silaturahmi sesuai tema yang diangkat pada peringatan maulud kali ini.

Diakhir bimbingan dan arahannya Bupati Labuhanbatu mengatakan, Maulid adalah sebuah momentum untuk kita mengingat kembali peradapan yang terjadi 14 abad lalu, yang mana kita di ingatkan sosok kepribadian Rasul yang menakjubkan, yang wajib menjadi suri tauladan umat Islam hingga akhir jaman, ” semoga kita mampu mengikuti jejak Baginda junjungan umat sepanjang masa” ujarnya.

Sementara itu Ketua panitia pelaksana, Drs. Sarimpunan Ritonga, Mpd, melaporkan, terselenggaranya peringatan Maulid ini hasil dari rapat kordinasi dinas, OPD beserta camat dengan representasi dari 5800 an orang ASN yang berjumlah 1000 orang ASN Pemkab Labuhanbatu yang berhadir.

Disisi yang sama, Ketua MUI Labuhanbatu Drs. Abdul Hamid Zaid pada kesempatanya memaparkan manfaat mengikuti dan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, menurutnya, pahala yang besar ibarat mengikuti perang badar pada masa Rasulullah bagi mereka yang memperikati hari kelahiran nabi Muhammad SAW.

Melengkapi kegiatan hari itu, Idris Aritonang, S.Sos,i, dalam tausiyahnya menyampaikan, ada yang harus kita tauladani dalam diri Rasulullah, diantaranya perkataan Rasulullah yang tidak pernah menyakiti orang lain, dan sifatnya yang pemaaf yang memberi maaf sebelum diminta.

Diakhir tausiyah ustadz berpesan kepada seluruh ASN Kabupaten Labuhanbatu untuk meningkatkan kekompakan dan kebersamaan kerja di lingkungan pemerintah sesuai tupoksinya. [ Red/Akt-16 ]

 

AktualNews

Cikupa , Aktual News – Sekretaris Lurah (Sekel) Kelurahan Bunder Dewi , bersama Stap  Kelurahan  melakukan monitoring kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas disekolah SDN Kadu Kelurahan Bunder, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang Senin 13/11/2021.

Kegiatan PTM di sekolah dilaksanakan hari ini. Kami bersama stap monitoring ke sekolah-sekolah dan protokol kesehatan (prokes) pencegahan COVID-19 sudah diterapkan dengan baik. Sejumlah sekolah yang melaksanakan PTM diwilayah Kelurahan Bunder diantaranya,  SDN Kadu, TK dan Paud ,” ujar Dewi.

Ia juga berpesan kepada para pelajar untuk rajin belajar dan bersemangat ke sekolah. Selama ini, anak-anak belajar secara daring dan tidak ke sekolah. Dengan diberlakukannya lagi PTM dimasa pandemi COVID-19 akan membangkitkan semangat anak-anak untuk belajar namun tetap harus disiplin jaga jaga prokesnya saat agar kegiatan PTM berjalan lancar.

“Harapan kita semua bahwa pandemi COVID-19 segera usai dan kita akan kembali menjalani kehidupan secara normal, kegiatan PTM hari ini dengan hasil baik dan lancar,” tutur Dewi.

Kepala sekolah SDN Kadu Yati Sumiati mengatakan sebelum masuk ke sekolah siswa siswi wajib mencuci tangan dengan sabun, memakai masker selama berada disekolah, didalam kelas duduk siswa siswi berjarak satu setengah meter, yang masuk sekolah hanya lima puluh persen dan orang tua /wali murid yang mengantarkan anak diperbolehkan hanya sampai depan pintu gerbang sekolah,” ungkap Yati Sumiati. [Red /Akt- 03/Rusli ]

 

AktualNews

Medan, Aktual News Demo puluhan masyarakat yang tergabung dalam Serikat Pekerja/ Buruh Sumatera Utara yang tergabung dari Serikat Buruh Merdeka Indonesia (SBMI), DPC F SB KIKES, KSBSI dan PPMI geruduk kantor Wali Kota Medan menutut kenaikan upah untuk pekerja.
Puluhan pekerja ini menggunakan pakaian serba merah dan membawa sejumlah bendera merah.

“Namun ini merupakan aspirasi kami menuntut agar menaikkan upah pekerja Sumut 8%, juga naikkan upah di Kota Medan dan Deli Serdang sebesar 10%. Semoga aspirasi ini didengar Wali Kota Medan,” sebut salah satu perwakilan dari SBMI Merdeka, Rintang Berutu bersama rekan seprofesi Berton Panjaitan dan Indra Hariadi.

Tapi puluhan pekerja tersebut menuntut agar melakukan revisi SK Wali Kota Medan No.560/18.K/VI/2021 Tentang Dewan Pengupahan Kota Medan serta SK Wali Kota Medan No.560/19.K/VI/2021 Tentang Lembaga Kerjasama Tripartit Kota Medan sesuai dengan anggaran yang telah ada. “Jadi kami di sini berharap bertemu dengan Wali Kota atau Wakil Wali Kota Medan,” bilangnya.

Namun sementara itu, Asisten Pemerintahan Kota Medan M Sofyan tampak bersama Kadis Ketenagakerjaan Kota Medan Hannalore Simanjuntak mengatakan akan menyampaikan aspirasi puluhan pekerja tersebut.

“Tanpa mengurangi rasa hormat mewakili Wali Kota Medan karena beliau telah memiliki agenda lain, maka aspirasi para pekerja akan kami sampaikan. Kami juga berharap penyampaian aspirasi ini bisa dengan baik dan damai. Mengingat kita juga masih dalam masa pandemi,” ucap Sofyan diamini Hannalore.

Namun, dialog antara pihak Pemko Medan juga tidak menemukan kesepakatan. Sebab para buruh ingin bertemu langsung dengan Wali Kota Medan atau Wakil Wali Kota Medan sehingga akhirnya utusan dari serikat pekerja diterima masuk ke Gedung Pemko Medan guna membahas tuntutan dari puluhan buruh tersebut. [Red/Akt-35/Ansary]

 

Aktual News

Serang, Aktual News Kapolda Banten memimpin Rapat Koordinasi Lintas Instansi tentang Kewaspadaan dan Mitigasi Bencana yang diselenggarakan di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Polda Banten pada Senin (08/11). Rapat dihadiri Nana Suryana, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten dan Suwandi, Kepala Badan Meteorologi, Llimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Banten. Selain itu, Rakor dihadiri secara internal oleh Wakapolda Banten, Irwasda dan para Pejabat Utama Polda Banten serta para Kapolres jajaran.

Pasca paparan dari Kepala BMKG Propinsi Banten dan Kepala BPBD Propinsi Banten, Kapolda Banten IJP Dr. Rudy Heriyanto memberikan beberapa instruksi strategis kepada para Pejabat Utama dan para Kapolres jajaran untuk waspada bencana dan optimal dalam melaksanakan mitigasi bencana jika terjadi.

“Para Kapolres harus mampu mengidentifikasi dan menginventarisasi kerawanan bencana di wilayahnya seperti rawan banjir, longsor, gempa, angin puting beliung dan potensi kerawanan lainnya, dan petakan lokasi-lokasi rawan bencana tersebut di wilayah masing-masing,” tegas Rudy Heriyanto.

Dengan memahami karakter kerawanan bencana dan lokasi rawan, maka Polda Banten dan Polres jajaran dapat menyusun rencana kontijensi bersama pihak terkait. “Pasca penyusunan rencana kontijensi secara bersama, Kapolres agar segera laksanakan apel kesiapsiagaan bencana dan simulasi-simulasi mitigasi bencana bersama TNI dan instansi terkait lainnya dengan menampilkan sumber daya peralatan dalam apel. Apel ini menjadi representasi bagi masyarakat bahwa polisi, TNI dan pemerintah daerah siap untuk menghadapi situasi bencana alam dampak La Nina,” kata Rudy.

Selain itu, jika memang bencana alam terjadi, maka personel Polri harus hadir memberikan pertolongan dan perbantuan kepada masyarakat. “Saat terjadi bencana alam, personel kepolisian harus tanggap membantu warga yang terdampak bencana, hadir di tengah warga yang mengalami kesulitan bersama dengan personel dari TNI dan instansi terkait lainnya,” kata Rudy.

Pasca memberikan pertolongan saat bencana, maka selanjutnya yang menjadi perhatian adalah penyediaan tempat pengungsian yang aman, mudah diakses dan memiliki sanitasi yang baik untuk digunakan korban bencana. “Siapkan tempat-tempat pengungsian yang aman sehingga mudah diakses serta lengkapi sanitasi dan dapur umum untuk konsumsi” tegas Rudy Heriyanto.

Guna mengikuti perkembangan ketinggian level air, maka Rudy Heriyanto meminta agar para Kapolres jajaran melakukan koordinasi yang intens dengan para penjaga juga pengelola pintu-pintu air. “Sesuai pengalaman sebelumnya, maka progres informasi ketinggian air di bendungan-bendungan perlu di-update, para Kapolres agar berkomunikasi intens dengan para pengelola pintu air,” perintah Kapolda Banten IJP Dr. Rudy Heriyanto.

Pasca bencana, selalu dibutuhkan kehadiran alat-alat berat untuk dapat digunakan di lokasi bencana. “Untuk itu para Kapolres perlu mendata para pemilik alat berat dan memploting alat berat tersebut pada lokasi yang rawan bencana, sehingga siaga untuk digunakan saat bencana alam terjadi,” kata Rudy.

Pada bagian akhir, Kapolda Banten memerintahkan jajaran reserse baik di tingkat Polda maupun Polres untuk melakukan penegakan hukum terhadap aktivitas penambangan liar dan penebangan pohon secara ilegal pada lokasi-lokasi yang dilindungi, sehingga tidak berdampak pada bencana alam tersebut. “Jangan ragu untuk lakukan penegakan hukum terhadap aktivitas penebangan pohon ilegal dan penambangan liar yang menjadi salah satu faktor terjadinya bencana alam” tutup Rudy Heriyanto.[Red/Akt-49/Agi]

 

Aktual News

Diberdayakan oleh Blogger.