Tangerang, Aktual News-Koramil 13/Cisoka Kodim 1510/TRS laksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 dosis ke-2 jenis Sinovac di Pondok Pesantren Daar El Qolam Gintung 3 ( Ponpes Darqo 3) Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang-Banten, Senin (15/11/2021).

Sebanyak 170 siswa-siswi SMP dan SMA Darqo 3, ikuti vaksinasi dosis ke-2. Hadir dalam acara tersebut Sertu M.Sugiarto selaku Babinsa Desa Pasir Gintung, 2 petugas tenaga kesehatan dari TNI yang dipimpin Letda Ckm Samuel selaku dokter TNI, 2 petugas screening dari TNI, 3 petugas relawan tenaga kesehatan dari Mahasiswa Kabupaten Tangerang, Ketua Covid-19 Ponpes Darqo 3 Ustadz Saiful Bahri M.Si.


Sertu M.Sugiarto selaku Babinsa Desa Pasir Gintung dihadapan awak media mengatakan bahwa dirinya bersama intansi terkait, ingin mensukseskan program vaksinasi.

” Dalam hal ini kita bekerjasama dengan intansi terkait ingin mensukseskan program kegiatan vaksinvaksinasi, terutama Kodim 1510 Tigaraksa, kami hari ini mengadakan vaksin dosis ke-2 jenis Sinovac,” Ucap Sugiarto di Ponpes Darqo 3, Senin (15/11/2021).

Lanjut Sugiarto bahwa dirinya berterimakasih kepada Pimpinan Ponpes Darqo Bapak Kyai Zahid Purna Wibawa S.T., yang telah mengijinkan peran serta aktif mensukseskan program vaksin.

” Kami mengucapkan terimakasih kepada pihak Pondok Pesantren Darqo 3 terutama Bapak Kepala Sekolah SMA H. Muhidin, M.Pd., dan Bapak Pimpinan Ponpes Darqo Bapak Kyai Zahid Purna Wibawa S.T., yang telah mengijinkan peran serta aktif mensukseskan program vaksin. Pada hari ini ada dua sekolah yaitu SMP dan SMA dengan jumpah kurang lebih 170 yang akan melaksanakan kegiatan vaksinasi dosis ke-2. Harapan saya selaku Babinsa Pasir Gintung, agar semua para santri termasuk para Guru dan pendidik yang lainnya sudah tervaksin, agar wabah penyakit Covid-19 ini segera berakhir, ” Terangnya.

Sementara H. Muhidin, M.Pd., selaku Kepala Sekolah SMA Darqo 3 dihadapan awak media mengatakan bahwa Alhamdulillah dengan adanya program vaksin dari Koramil 13/Cisoka Kodim 1510/TRS tersebut, dapat membuat santri nyaman dalam belajar.

” Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, hari ini dipondok Pesantren Darqo 3 sedang dilakukan serbuan vaksin dosis ke-2. Harapan kami dengan adanya vaksin ini bisa membuat santri lebih tenang lagi dalam belajar, begitu juga wali santri yang ada dirumah lebih tenang lagi, bahwa putra-putrinya sudah mendapatkan vaksin dosis pertama dan kedua. Terimakasih kami ucapkan kepada TNI khususnya Babinsa Pasir Gintung yang telah memfasilitasi dan bekerjasama sehingga proses pelaksanaan vaksin baik dosis pertama maupun dosis kedua alhamdulillahi bisa terlaksana dengan sebaik-baiknya. Kemudian harapan kami dengan adanya vaksin ini, yang pertama adalah tetap kami doakan TNI beserta jajarannya tetap berkiprah dinegara ini dan juga pandemi ini agar cepat berlalu dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ditempat yang sama Keylila azzahra selaku siswi kelas 3A Darqo 3 dihadapan awak media mengatakan berterimakasih banyak kepada TNI dan semoga pandemi segera berakhir.

” Saya ucapkan terimakasih kepada TNI yang telah menyelenggarakan vaksinasi dosis ke-2 jenis Sinovac, dengan bekerjasama dengan pondok Pesantren Darqo 3. Harapan saya semoga pandemi Covid-19 cepat berakhir, ” Tutupnya.
[Red/Akt-15/Mulyadi]

 

 

AktualNews

Jakarta, Aktual News-Fadli Zon yang biasa rajin nge-tweet, tiba – tiba hilang lenyap dalam 2×24 jam ini. Politisi Gerindra yang biasa rajin kritik tiba-tiba tenggelam bak ditelan samudra luas. Lenyap bersamaan teguran keras dari sang Ketua Partai.

“Padahal ketika itu Fadli membalas berita dengan berkicau, “Deforestasi itu nyata”. Dan di tanggal yang sama, Fadli Zon juga me-retweet unggahan seorang netizen yang bicara soal teroris Lampung.” Ungkap Pengamat Hukum Politik Suta Widhya SH, Senin (15/11) sore di Jakarta.

Menurut Suta konteks sindiran Fadli ke Jokowi
dilontarkan setelah ia melihat postingan berita Jokowi menjajal langsung Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, NTB.

“Tentu saja kondisi dimana – mana tengah hujan lebat. Banyak tanah longsor dan banjir apa yang ditunjukkan oleh Jokowi tidak berkenan di hati Fadli Zon,” lanjut Suta.

Pengamat ini memberi apresiasi atas apa yang dilakukan Fadli Zon karena jujur menyindir Jokowi soal banjir Sintang, Kalimantan Barat.

Banjir di Sintang masih 3 meter tapi sang Presiden kurang peka terhadap nasib rakyatnya. Sejak Kamis 21 Oktober 2021 air belum juga susut di sana. Seperti yang dikatakan oleh Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sintang, Sugiyanto yang mengatakan banjir masih ada di 7 kecamatan dekat Sungai Melawi dan Sungai Kapuas.

“Jika membaca tweet yang ditulis Fadli yang terdiri dari kata-kata ‘Luar biasa, Pak. Selamat peresmian Sirkuit Mandalika. Tinggal kapan ke Sintang, sudah 3 minggu banjir belum surut’ tentu ini sarkasme yang cukup menggelitik,” kata Suta lagi.

Fadli di akun Twitter pribadinya, @fadlizon, seperti yang diposting pada Sabtu 13 Nopember 2021 seakan hanya cuitan Fadli Zon secara pribadi. Namun, segera mengapa Gerindra jadi perlu meminta maaf kepada pihak yang dibuat tidak nyaman? Aneh. [ Red/Akt-01 ]

 

AktualNews

Labuhanbatu, Aktual News-Wakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd, M.M, menyampaikan nota pengantar Ranperda APBD Kabupaten Labuhanbatu tahun Anggaran 2022 pada sidang rapat paripurna DPRD Kabupaten Labuhanbatu di ruang rapat DPRD Kabupaten Labuhanbatu jalan SM.Raja Kecamatan Rantau Selatan Senin 15/11/2021.

Yang mana sebelum penyampaian Ranperda APBD Kabupaten Labuhanbatu tersebut telah disepakati dan ditandatangani beberapa waktu lalu sehingga menjadi dasar dalam proses penyusunan ranperda APBD tahun Anggaran 2022.

Pada penyampaiannya nya wakil bupati memaparkan rencana pendapatan, belanja dan pembiayaan daerah pada ranperda tentang APBD Kabupaten Labuhanbatu tahun 2022.

Yang mana direncanakan dalam Ranperda yaitu (1). Pendapatan Daerah sebesar 1.350.900.796.000, yang terdiri dari Pendapatan Asli Daerah ditargetkan sebesar Rp. 271.141.983.000, dengan uraian pajak daerah ditargetkan sebesar Rp. 141.789.195.000, retribusi daerah sebesar Rp. 10.412.500.000, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan sebesar Rp. 13.940.288.000 dan lain-lain pendapatan asli daerah yang sah sebesar Rp. 105.000.000.000.

Rencana ke 2, menurut Wakil Bupati, pendapatan transfer Yang ditargetkan Rp. 1.061.958.813.000, dan lain pendapatan daerah yang sah sebesar Rp. 17. 800.000.000.

Dari kondisi rencana pendapatan daerah yang dikemukakan di atas bahwa pendapatan transfer masih memiliki kontribusi yang paling dominan terhadap total pendapatan daerah yang direncanakan pada ranperda tentang APBD tahun Anggaran 2022. tentu kondisi ini mencerminkan bahwa pemerintah Kabupaten Labuhanbatu masih memiliki ketergantungan yang sangat besar terhadap pendapatan transfer dari pemerintah atasan. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu tetap melakukan langkah dan upaya secara menyeluruh agar pendapatan asli daerah ke depan lebih dapat ditingkatkan sebagai wujud kemandirian daerah sesuai dengan amanat undang-undang otonomi daerah.

Disampaikan juga oleh wakil bupati komposisi alokasi belanja daerah yang direncanakan pada ranperda APBD Kabupaten Labuhanbatu tahun 2022 sebesar Rp. 1. 372.697.945.700. alokasi belanja tersebut diprioritaskan untuk penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah yang dilaksanakan oleh seluruh organisasi perangkat daerah.tutup Wakil Bupati.

Sebelumnya pada sidang paripurna yang sama ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu Hj.Meika Riyanti Siregar, SH, mengatakan bahwa rapat paripurna kali ini berdasarkan hasil rapat Badan musyawarah DPRD Kabupaten Labuhanbatu tanggal 2 November 2021 yang menetapkan bahwa rapat paripurna pembahasan Rancangan peraturan daerah tentang APBD Kabupaten Labuhanbatu tahun 2022 dilaksanakan pada hari ini Senin 15 November 2021.ujarnya.

Paripurna DPRD Kabupaten Labuhanbatu kali ini dihadiri, Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu, Hj. Meika Riyanti Siregar SH, Wakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar,M.Pd, M.M. perwakilan Polres Labuhanbatu, Perwakilan Kodim 0209/lb, Wakil Ketua DPRD, Sekdakab Labuhanbatu, Para Kepala OPD, Anggota DPRD dan tamu undangan. [ Red/Akt-16 ]

 

AktualNews

Labuhanbatu, Aktual News-Pilar utama dalam menolong orang adalah keikhlasan, kalau sudah ikhlas sesorang akan mudah masuk membantu segala kegiatan. Hal tersebut disampaikan oleh Asisten Pemerintahan Setdakab Labuhanbatu Drs. Sarimpunan Ritonga, M.Pd, saat mewakili Bupati Labuhanbatu membuka Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Korps Sukarela Palang Merah Indonesia, di Aula Kodim 0209 Labuhanbatu, Senin (15/11/2021).

“Modal utama masuk PMI ini cuma satu, ikhlas, kalau sudah ikhlas disiplin, kalau sudah ikhlas menolong, Allah akan memudahkan segala usaha kita dalam menolong orang,”ucap Sarimpunan.

Sarimpunan mengatakan bahwa dalam diklatsar ini, peserta akan ditempa secara knowledge, skill, dan adab nya.

“Adik-adik akan dilatih, bukan hanya fisik, tapi juga psikis, karena untuk menolong orang, harus dipastikan kalau kita mampu dan memiliki kemampuan untuk menolong,” jelas Sarimpunan.

Menutup sambutannya, Sarimpunan mengucapkan selamat mengikuti pelatihan kepada 40 orang peserta yang terdiri dari 28 putri dan 12 putra.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua PMI Labuhanbatu Mora Tahan Setiadi mengucapkan terima kasih kepada semua hadirin atas kedatangan dan dukungannya. Mora mengatakan kegiatan ini adalah kegiatan rutinitas PMI Labuhanbatu, dalam rangka membantu sedikit tugas Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu.

“Kami sebagi manusia, tidak hanya berpangku kepada pemerintah, kami hadir sebagai relawan untuk membantu sekecil apa pun,” kata Mora.

Senada dengan Asisten I, Mora mengatakan bahwa dalam memberikan bantuan, relawan harus dibekali ilmu dan teknik, dan pelatihan ini berguna untuk memberikan pengetahuan.

“Kepada adek adek, ikuti apa yang disampaikan oleh instruktur. Pesan saya, pertama mantapkan niat itu, anda sudah dipilih menjadi sukarelawan. Kedua, semangat dalam memberikan bantuan. Masuk PMI, jika niat mantap memberikan bantuan, akan selalu dibantu Allah,” tutup Mora.

Hendra Pandapotan , Ketua Bidang Relawan dan Anggota PMI Labuhanbatu mengatakan pelatihan ini akan berlangsung selama 7 hari, dari tanggal 15 sampai dengan 21 November 2021 di Kodim 0209 Labuhanbatu. Selama pelatihan, peserta akan menerima pendidikan dan pelatihan di kelas dan di lapangan dari pelatih yang berasal dari PMI dan TNI.

Turut hadir dalam acara ini, Wakil Ketua DPRD Abdul Karim Hasibuan, Kepala Dinas Pendidikan, Sekretaris Dinas Kesehatan, Perwakilan Kodim 0209, Perwakilan Kapolres, perwakilan PMI Sumut, dan tamu undangan lainnya. [ Red/Akt-16 ]

 

AktualNews

Belawan, Aktual News Satuan Brimob Polda Sumut berikan kejutan di hari ulang tahun Korps Marinir Ke-76 dengan menyambangi Mako Yonmarhanlan 1 Belawan Jalan Serma Hanafiah, Senin (15/11/21).

Saat Personil Brimob tersebut mendatangi Markas Yonmarhanlan dengan menggunakan mobil kendaraan taktis sambil menyanyikan lagu selamat ulang tahun sembari membawa kue yang sudah dipersiapkan guna berikan surprise kepada personil Marinir.

Namun adapun personil Brimob tiba di Mako Yonmarhanlan Belawan pada pukul 12.30 wib dibawah pimpinan Danden Gegana Sat Brimob Polda Sumut Kompol Hendriyanto SH MH.

“Lalu kedatangan dan kegiatan hari ini merupakan bentuk sinergitas dan soliditas hasil hubungan erat kekeluargaan yang selama ini dibentuk antara TNI dan Polri,” sebut Kompol Hendriyanto.

Tapi ia menambahkan, melalui kegiatan hari ini, Sinergitas TNI POLRI yang sudah terjalin kompak selama ini, akan semakin kuat dan solid serta saling menghormati, menghargai saling bahu membahu dalam bertugas untuk mengamankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Namun pada kesempatan yang baik ini, semoga di HUT ke-76 Korps Marinir semakin sukses serta Jaya selalu dengan mengabdi kepada ibu pertiwi untuk Indonesia tangguh Indonesia tumbuh dan dicintai rakyat,” tandasnya.

Danyon Marhanlan Belawan 1 Mayor Marinir Indra Fauzi Umar Mengaku tersanjung atas ucapan selamat HUT ke-76 Korps Marinir yang cukup hangat dari anggota Brimob.

“Disini kami merasa tersanjung, bahkan tidak menyangka tiba-tiba rombongan Brimob datang dengan menyuguhkan kue tar sambil menyanyikan lagu selamat ulang tahun. Semalam kami yang menyambangi Brimob di hari ulang tahun nya dan sekarang bergantian Brimob yang menyambangi kami.

Lalu kegiatan persaudaraan yang positif ini harus terus di pupuk guna menjaga soliditas dan Sinergitas TNI-POLRI agar semakin kokoh dan solid guna mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh,” tutupnya.]Red/Akt-35/Ansary]

 

Aktual News

Surabaya, Aktual News Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta, didampingi Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo, beserta Pejabat Utama (PJU) Polda Jatim. Menggelar Apel Gelar Pasukan Ops Zebra Semeru 2021.

Kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Mapolda Jawa Timur, Senin (14/11/2021) pagi. Ops Zebra Semeru 2021, akan dimulai pada 15 – 28 November 2021, selama dua pekan kedepan.

Apel gelar pasukan ops zebra semeru 2021, selain diikuti oleh anggota Polri, juga diikuti oleh jajaran dari TNI, Satpol-PP, Dishub, maupun Linmas.

Sebelum memberikan amanat, Kapolda jatim menyematkan pita tanda operasi kepada perwakilan dari anggota Polri, TNI dan Dishub.

Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta, menyebutkan, apel hari ini saya menyampaikan tiga hal yang pertama terkait dengan sinergitas TNI, Polri dan Stakeholder.

“Kedua, dalam pelaksanaan operasi ini maka kita harus sabar, memecahkan masalah dan komunikasi dengan baik. Terakhir apa yang kita kerjakan, kita inginkan dengan masyarakat belum tentu sama, karena itu perlu komunikasi” kata Irjen Nico Afinta, Senin (14/11/2021) pagi.

Lanjut Irjen Nico, operasi ini bertujuan mewujudkan Kamseltibcarlantas dan menjaga keselamatan nyawa masyarakat. Karena kecelakaan terjadi salah satunya karena adanya pelanggaran.

“Ini tidak akan berhasil kalau masyarakat dan stakeholder tidak bersatu,” lanjutnya.

Diharapkan dengan adanya operasi ini kami melihat kesiapan seluruh stakeholder dan harapannya operasi berjalan dengan sukses.[Red/Akt-21/Redho]

 

Aktual News

Medan, Aktual News Polda Sumatera Utara tidak ragu-ragu mengambil langkah tegas apabila masih ditemukan lokasi hiburan malam yang bandel buka lewat jam operasional saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 (dua) di Kota Medan.

“Tapi kalau melanggar itu akan diambil langkah tegas. Kita tidak melihat siapapun pemiliknya akan kita sikat. Namun yang kita lihat itu aturan yang berlaku,” kata Kabid Humas Polda Sumatera Utara Kombes Pol Hadi Wahyudi, Senin (15/11/2021).

Namun kata dia, beberapa hari yang lalu, Pemkot Medan dan Polrestabes telah menyegel tiga lokasi hiburan malam karena dinilai melanggar aturan protokol kesehatan saat PPKM Level 2. “Kemarin sudah dikasih contoh bagi yang membandel. Masih berani lagi ucapnya.

Tapi dia menambahkan, para pemilik usaha hiburan malam diminta untuk tetap mematuhi aturan yang berlaku. Karena, menurut dia, Kota Medan masih diposisi level 2.

“Harusnya ikuti aja aturan Pemda (tentang PPKM level 2). Jangan melawan aturan pemerintah,” bilangnya.

Namun Kabid Humas pun berharap para pengusaha atau pemilik hiburan malam dapat mematuhi aturan yang berlaku sehingga perekonomian dan berjalan. “Yang penting usaha berjalan, ekonomi tetap berjalan, tetapi aturan level 2 harus dipatuhi. Aturan itu salah satunya terkait jam operasional, kapasitas pengunjung, tempat duduk/meja dan sebagainya,” jelasnya.

Tapi ia menambahkan, dengan dijalankannya aturan yang berlaku pandemi Covid-19 cepat berlalu khususnya di Kota Medan. “Harus dipatuhi la, kita tidak mau terus-terusan seperti ini,” ucap Hadi.

Tapu sebelumnya, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution mendadak merazia sejumlah hiburan malam di Kota Medan, Minggu (14/11/2021) dini hari.

Saat itu dilakukan bersama TNI-Polri dan Satpol PP, tak tanggung-tanggung, tiga hiburan malam sekaligus disegel dan ditutup oleh Wali Kota itu. Pasalnya, ketiga hiburan malam tersebut mengabaikan Protokol Kesehatan (Prokes). Adapun lokasi hiburan malam yang disegel dan ditutup sementara oleh Wali Kota adalah High Five, Heaven Seven dan Shoot.

Saat penyegelan ketiga lokasi hiburan malam itu, muncul video pengacara kondang Hotman Paris yang mengajak warga kumpul-kumpul di hiburan malam Holywings. Dalam video singkat itu, Hotman Paris menyebut bahwa Holywings Medan yang berada di Jalan Merak Jingga akan melaksanakan grand opening pada Minggu (14/11/2021).[Red/Akt-35/Ansary]

 

Aktual News

Labuhanbatu, Aktual NewsBupati Labuhanbatu dr. H. Erik Adtrada Ritonga,MKM hadiri final sekaligus menutup Kontes Liga Dangdut di Waterboom Desa Janji, Kecamatan Bilah Barat, Minggu (14/11/2021).

Sebelum pengumuman juara, Bupati mengucapkan selamat atas terlaksananya Kontes Liga Dangdut di Kabupaten Labuhanbatu.

“Siapapun yang nanti jadi juara, berarti yang benar-benar mempunyai suara dan akting panggung yang bisa menghidupkan suasana,” ucap Bupati.

Bupati juga mengatakan bahwa Kontes Liga Dangdut serupa juga akan dilaksanakan di kecamatan lainnya. Bupati berpesan kepada semua peserta untuk terus menggali potensi.

“Latih terus potensi yang ada, agar bisa membawa nama Kabupaten Labuhanbatu di tingkat nasional,” tutupnya.

Sebanyak 48 orang mengikuti kontes Liga Dangdut Kecamatan Bilah Barat. Para peserta merasa senang dan bangga dengan kehadiran Bupati Labuhanbatu yang ikut menyaksikan penampilan mereka. Adapun yang menjadi juara dalam kontes ini adalah:

Juara 5 / Harapan 2 Parianus Gulo
Juara 4 / Harapan 1 Mustapa Jahri Pasaribu
Juara 3 Lokot Halomoan Hsb
Juara 2 Vivi Agustina Siregar
Juara 1 Adison Hasibuan

Setelah pengumuman pemenang, Bupati memberikan ucapan selamat dan juga hadiah kepada para pemenang.

Turut hadir dalam acara ini
Kadispora, Kadis PMD, Camat Rantau Utara, Camat Bilah Barat, dan para tamu undangan. [ Red/Akt-16 ]

 

AktualNews

Tangerang, Aktual NewsDengan berlokasi di RM ISTANA CIMANCEURI Balaraja pada Minggu pagi (14/11/2021) PPBNI SATRIA BANTEN menggelar sebuah acara Rapat Konsolidasi yang bertema “Meningkatkan Peran serta Ormas PPBNI SATRIA BANTEN Sinergi Organisasi untuk Prestasi” yang di ikuti dari masing masing kepengurusan tingkat DPC,DPAC, dan DPRt yang tersebar di 16 Kecamatan dan terbagi dalam 2 wilayah yaitu wilayah Barat dan Selatan.

Turut hadir dalam rapat Konsolidasi tersebut antara lain ketua DPC Kabupaten Tangerang Ary As’ari Marnan dan juga Sekretaris DPC Kabupaten Tangerang H.Aenilah Syarif SH dan Seluruh ketua DPAC se Tangerang beserta jajaran kepengururusan di tingkat DPRt .

Sementara itu Ketua DPAC PPBNI SATRIA BANTEN Kecamatan Jayanti Deby Yusuf Arda bily kepada Media mengatakan ” Para Ketua ranting sangat di mohon kehadiran nya dalam acara tersebut, karena acara itu sangat penting untuk meningkatkan Pengetahuan kita dalam menjalankan roda Organisasi ” kata nya mantap.

Di tempat yang sama Ketua ranting Desa Pasir muncang Bung Iwan kepada media menambahkan ” Saya arahkan semua jajaran kepungurusan di tingkat ranting agar semua ikut dalam acara Silaturahmi dan Konsolidasi ini sebab dengan hadir nya mereka bisa menambah wawasan mereka tentang Organisasi masyarakat ” ucapnya kepada media AktualNews.

Acara Silaturahmi dan Konsolidasi yang di gelar di RM ISTANA MANCEURI pada minggu pagi itu serasa tambah meriah dengan di selingi pertunjukan Debus dan Pencak silat yang merupakan Kesenian atau budaya asli dari tanah leluhur Banten.[Red/Akt-15/Mulyadi]

 

AktualNews

Diberdayakan oleh Blogger.