Simeulue, Aktual News – Beredar informasi Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Simeulue telah mengangkat pegawai kontrak daerah terbaru sebanyak 92 orang berdasarkan Surat Keputusan Bupati Simeulue Nomor : 814.1/BKPSDM-PP/148/X/2021.

Perekrutan pegawai kontrak tersebut dipertanyakan karena tidak melalui prosedur rekrutmen terbuka dan ditengah permasalah gaji kontrak daerah yang terus membengkak, hal itu disampaikan ketua Ormas Pol Pro Jokowi (Projo) DPC Simeulue Yusuf Daud pada saat melakukan audiensi dengan Ketua DPRK Simeulue di Ruang Kerjanya, Senin (6/12).

Dalam pertemuan tersebut Ketua Ormas Projo bersama Ketua LSM Lingkungan Hidup Andre.S, Perwakilan LSM Pemantau Lelang Aceh Fansu Hendri dan Sekretaris LSM Laskar Andriansyah juga mempertanyakan legislasi anggaran dari Badan Anggaran DPRK Simeulue.

Ketua DPRK Simeulue Irwan Suharmi menjelaskan bahwa alokasi anggaran untuk tenaga kontrak yang baru tersebut sudah tersedia untuk 9 bulan dan SK mereka pun dikeluarkan untuk jangka waktu tersebut, selain itu kami juga sudah melakukan pembahasan khususnya dengan pihak Kepegawaian/BKPSDM yang juga dihadiri anggota Banggar, serta perwakilan TAPK pada saat pembahasan anggaran tahun 2022, ujar Irwan Suharni.

Disisi lain pihaknya juga menyadari bahwa saat ini beban anggaran untuk pegawai kontrak sudah sangat berat untuk tahun ini saja kita sudah kekurangan anggaran mencapai 18 Milyar, karena untuk pembayaran gaji pegawai kontrak kita saat ini sudah mendekati angka 50 Milyar, yang dipertegas oleh Anggota DPRK lainnya, yaitu Hamsipar.

Sedangkan untuk jumlah pegawai kontrak daerah yang diangkat tersebut sepengetahuan saya sebanyak 150 orang beserta anggota Damkar, tambahnya.

Menanggapi beban anggaran daerah serta efektifitas kinerja instansi dengan penambahan jumlah pegawai kontrak tersebut pihaknya sepakat untuk kedepan ditahun 2022 ini harus dilakukan pengkajian ulang dan atau di evaluasi melalui sistem kewenangan kami,

“Yah, saya sepakat untuk pegawai kontrak daerah harus dievaluasi”

Dengan berbagai pertimbangan maka baiknya kedepan dilakukan evaluasi kembali melalui sistem kompetensi, jelasnya

PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR
Selain pembahasan rekrutmen pegawai kontrak, pada pertemuan itu juga turut membahas persoalan pekerjaan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Simeulue yang kualitasnya perlu mendapat perhatian dan pengawasan ekstra.

Menindaklanjuti hasil pertemuan sebelumnya Projo dan Tim dengan Kepala Dinas PUPR Simeulue, baca : https://aktualnews.co.id/2021/12/06/warga-sefoyan-keluhkan-irigasi-tidak-berfungsi-pupr-simeulue-akan-upayakan-solusi-konkrit/

Menanggapi hal itu, secara panjang lebar berdiskusi maka ditarik kesimpulan bahwa atas nama DPRK Simeulue secara tegas meminta para rekanan/kontrator agar melaksanakan pekerjaan tepat waktu dan sesuai spesifikasi teknis, tutupnya. [Red/Akt-25/As]

 

Aktual News.

 

Simeulue, Aktual News – Ahmad Yanis Warga sefoyan Kecamatan Simeulue Timur Kabupaten Simeulue keluhkan saluran irigasi di desa tersebut yang tidak berfungsi mengalirkan air ke lahan pertanian milik warga.

Ahmad Yanis,Warga Desa Sefoyan

 

Ketua Ormas Projo DPC Simeulue Yusuf Daud, bersama Ketua LSM Lingkungan Hidup Andre.S, Perwakilan LSM Pemantau Lelang Aceh Fansu Hendri dan Sekretaris LSM Laskar Abriansyah yang meninjau saluran irigasi tersebut melihat fakta bahwa saluran irigasi itu kering (tidak ada air).

Keadaan Saluran Irigasi Sefoyan (Kering)

Keterangan warga mengatakan permasalahan tersebut bahkan sejak dibangun pertama kali hingga pembangunan yang kedua pada tahun 2021 ini hanya sebentar saja berfungsi, ungkap Yanis (6/12).

Menindak lanjuti keluhan serupa yang juga ditemukan di beberapa titik saluran irigasi kecamatan lain di Kabupaten Simeulue, maka Ketua Projo DPC Simeulue beserta Tim mendatangi Dinas PUPR Simeulue untuk menyampaikan dan memintai tanggapan pihak terkait.

Menurut ketua Projo Yusuf Daud, apabila saluran-saluran irigasi di Simeulue ini banyak tidak berfungsi berarti ada kemungkinan unsur-unsur pelanggaran hukum, namun terlebih dahulu kita coba minta dulu respon pihak dinas, ujarnya kepada awak media.

Plt. Kepala Dinas PUPR Simeulue Ir. Edi Arsah yang ditemui Tim LSM dan Ormas Pol Pro Jokowi ini pun mengakui ada sejumlah penyebab diantaranya karena faktor perubahan iklim serta gejala pergeseran permukaan tanah yang retak diduga menjadi penyebab banyak saluran irigasi tidak mendapatkan debit air, hal itu terjadi pasca Gempa Tsunami 2004 saat itu, Sebaut Edi Arsah.

Lebih lanjut Edi Arsah yang didampingi Kepala Bidang Tata Ruang Fikrianto, ST, MT menegaskan saat ini dirinya sedang menata dan membentuk tenaga pendukung teknis di Dinas PUPR untuk membantu tugas-tugas yang dihadapinya, hal itu disampaikan Edi Arsah menanggapi sejumlah masukan yang disampaikan Ketua Projo beserta Tim, khususnya terkait berbagai persoalan teknis kegiatan di Simeulue yang secara kualitas banyak ditemukan minim bahkan gagal fungsi.

“yang pasti Dinas PUPR Simeulue akan segera upayakan solusi konkrit”

Pernyataan Edi Arsah tersebut sekaligus menegaskan kekhawatirannya terhadap sejumlah kegiatan proyek fisik di Simeulue yang belum sesuai progres, sementara waktu yang tersisa hanya tinggal 25 hari, sebutnya.

Pada kesempatan itu, Ketua Projo beserta Tim berharap agar cukup sudah kasus-kasus korupsi di Dinas tersebut dan mohon berbenah. [Red/Akt-25/As].

 

Aktual News.

Panyabungan, Aktual News Dalam rangka untuk terus mengantisipasi dan mencegah penularan Covid-19, Babinsa Koramil 13/Panyabungan Kodim 0212/Tapsel Serda AJ. Zega bersama Bhabinkamtibmas dan Satpol PP serta Instasi terkait lainnya lakukan penegakan disiplin Protokol Kesehatan (prokes) di Lintas Mandailing di Depan Mapolres Mandailing Natal, desa Mompang Julu, Kecamatan Panyabungan Utara, Kabupaten Mandailing Natal. Senin (06/12/2021).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan diawali apel bersama di Mapolres dengan melakukan penegakan prokes mengecek masyarakat yang melintas sekaligus menyampaikan himbauan kepada masyarakat penegakan prokes.

Disebutkan Serda AJ. Siregar, penegakan Protkes yang digelar ini menyasar para warga masyarakat yang melintas dan belum menegakkan prokes.

“Pada kegaiatan ini, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta pihak terkait juga membagikan masker kepada warga tentunya sekaligus untuk menegaskan para warga supaya terus menggunakan masker saat keluar rumah” ujarnya.

Selain itu, petugas juga meminta kepada masyarakat, dimasa penerapan pemberlakukan PPKM diharapkan dalam beraktivitas di tempat umum untuk tetap menjaga jarak dan tetap menggunakan masker.

“Hal ini sebagai bagian sinergitas kami dalam langkah serta berupaya pada penanganan serta memutus mata rantai penyebaran Virus Covid-19 di wilayah Kecamatan Sawang.

“Kami akan terus secara rutin melakukan penegakan protokol kesehatan dan juga membagikan masker kepada warga secara gratis dengan harapan agar masyarakat terlindungi dari penyebaran covid-19.” tutup Serda AZ. Zega.[Red/Akt-02]

 

Aktual News

Sosa, Aktual News Babinsa Koramil 09/Sosa Kodim 0212/Tapsel Serda Andik Santoso melaksanakan kegiatan penegakan protokol kesehatan (prokes) Covid -19 di Bank Unit BRI di Pasar Ujung Batu Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas, Senin (06/12/2021).

Dalam kegiatannya, Babinsa Serda Andik Santoso bersama security melakukan pengawasan dan terus menghimbau warga masyarakat nasabah BRI untuk tetap terapkan prokes.

“Untuk hari ini, kita lakukan penegakan dan pengawasan protokol kesehatan kepada nasabah BRI, kita juga sekaligus mensosialisasikan program vaksinasi Covid-19” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, juga digunakan oleh Babinsa menekankan kepada warga tentang penegakan disiplin masyarakat terhadap pegawai Bank dan masyarakat pengunjung yang harus selalu mengikuti protokol kesehatan, di lapangan kita masih menjumpai masyarakat yang enggan dan pura pura tidak ingat memakai masker.

“Kita harus disiplinkan masyarakat untuk tetap menggunakan masker bila keluar rumah, kami memberikan sosialisasi kepada masyarakat. Kami tidak bosan dan terus himbau dan sosialisasikan kepada masyarakat yang pentingnya membiasakan diri untuk menjalankan protokol kesehatan” imbuhnya.

Lebih lanjut, Babinsa juga menyampaikan, bahwa dalam minggu ini tingkat kesadaran masyarakat semakin meningkat dan ada kemajuan untuk sadar dan menggunakan masker serta patuh protokol aman Covid-19.[Red/Akt-02]

 

Aktual News

Bogor, Aktual News-Inilah Amanat Danrem 061/Sk Brigjen TNI Achmad Fauzi S.I.P.,M.M. yang disampaikan saat memimpin Acara Serah Terima Jabatan Komandan Kodim 0607/Kota Sukabumi dari Pejabat Lama ke Pejabat Baru, yaitu dari Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo kepada Letkol Inf Dedi Aryanto S.I.P., serta pelaksanaan acara tradisi satuan. Senin (6/12).

Yang mana dalam amanatnya tersebut Danrem menyampaikan bahwa Alih tugas dan jabatan seperti pergantian Dandim 0607/Kota Sukabumi adalah salah satu hal yang biasa dalam lingkungan TNI, hal itu untuk memberikan gambaran kehidupan organisasi bahwa dinamika dilingkungan TNI AD Secara profesional sebagai organisasi militer yang selalu ingin dalam kondisi yang lebih maju dan modern. Selain itu, penugasan yang cukup tinggi pada saat ini menghendaki adanya suatu penyegaran, dengan harapan akan lebih mengoptimalkan kinerja organisasi.

Kemudian lanjutnya, tantangan tugas yang dihadapi TNI Angkatan Darat ke depan semakin berat, seiring dengan perkembangan lingkungan strategi yang dinamis dan kompleks.
Menyikapi hal tersebut, sewajarnya apabila TNI Angkatan Darat, terus berupaya dan meningkatkan kemampuan militernya sebagai alat pertahanan negara matra darat, Untuk itu langkah- langkah tersebut harus diikuti dengan peningkatan kualitas SDM dan profesionalisme prajurit yang ada di wilayah.

” Saya ucapkan selamat datang kepada Letkol inf Dedi Arynto S.I.P sebagai Dandim 0607/Kota Sukabumi yg baru, laksanakanlah tugas dan tanggung jawab secara optimal dan tanggung jawab. Dan kepada Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo saya ucapkan terima kasih dan penghargaan atas dedikasinya selama ini yang telah menjabat sebagai Dandim 0607/Kota Sukabumi.”Pungkas Danrem dalam sambutannya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Kasrem 061/Sk kemudian para Kasi Korem 061/Sk, Para Dandim Jajaran Korem 061/Sk dan para Kabalak Aju Rem 061, serta Ketua Persit KCK Koorcabrem 061dan pengurus. [ Red/Akt-01 ]

 

AktualNews

 

Sipirok, Aktual News– Dalam upaya mendukung penanganan di tengah masa pandemi Covid-19, Babinsa Koramil 03/Sipirok Kodim 0212/Tapsel, Peltu Agustiar melalui tugas pembinaan kewilayahan rutin melaksanakan pembinaan komunikasi sosial (Komsos) bersama warga di wilayah binaan

Seperti yang dilaksanakannya hari ini, melalui komsosnya ia menyampaikan himbauan tentang penerapan protokol kesehatan (prokes) kepada masyarakat di Kelurahan Pasar Sipirok Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan, Senin (06/12/2021)

Dikatakan Babinsa Peltu Agustiar dalam komsosnya, bahwa pihaknya dan juga aparat lainnya di wilayah gencar menyampaikan himbauan dan ajakan kepada warga untuk tetap menerapkan prokes dan program vaksinasi Covid-19

“sifatnya kita terus menghimbau dan mengajak untuk bersama-sama melakukan tindakan pencegahan, salah satunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari” ujarnya

ia juga menyampaikan tentang pentingnya warga untuk mengikuti program vaksinasi sebagai upaya menciptakan kekebalan terhadap virus Covid-19.

“Kita juga harus mengikuti vaksinasi, karena vaksin Covid-19 ini bisa menciptakan sistem kekebalan pada tubuh terhadap virus Covid-19” imbuhnya.

Babinsa juga berharap kepada kepada masyarakat untuk senantiasa mengikuti aturan atau himbauan pemerintah demi kesehatan dan keselamatan bersama. [ Red/Akt-03/Adam Nasution ]

 

AktualNews

 

Medan, Aktual News Saat Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan Siti Suciati SH mengingatkan Perusahaan Umum Daerah (PUD) Kota Medan agar berbenah dan memperbaiki kinerja, sehingga mampu mencapai target sesuai yang diinginkan.

Namun Siti juga mengapresiasi langkah PUD Pasar Kota Medan yang membayarkan 50 Persen tunggakan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi karyawan muslim yang tertunda pada tahun 2020 lalu, pada Jumat (3/12/2021) lalu.
“Tapi terbatasnya tunggakan THR tersebut, merupakan bentuk keseriusan direksi baru Suwarno SE, sehingga mampu menyelesaikan tunggakan 50 persen THR karyawan PUD Pasar pada tahun lalu,” bilang Suci, dikutip Minggu (5/12/2021).

Lalu dia berharap, agar kinerja Dirut PUD Pasar Kota Medan bersama jajarannya bisa diikuti oleh PUD lainnya. “Dengan kinerja seperti ini, niscaya target PAD Kota Medan tahun depan dapat tercapai dengan maksimal,” katanya.

Namun dia menambahkan, terlaksananya pembayaran THR ini, merupakan sebuah kolaborasi yang baik antara Direksi dan karyawannya. “Berarti, Dirut PUD Pasar yang baru sekarang berhasil membangun komunikasi yang baik. Sehingga semua program dari Walikota Medan dapat diaplikasi dengan kinerja positif,” tandasnya.

Tapi menurut Politisi Partai Gerindra ini, kebocoran PAD Kota Medan selama ini dari sektor retribusi pasar dikarenakan tidak maksimalnya para dirut bekerja.

“Lalu coba bayangkan, saat kepemimpinan Dirut PUD Pasar yang lama, saldo yang ada hanya 400 juta. Sedangkan saat ini, dikepemimpinan Dirut Suwarno, saldonya naik 10 kali lipat. Sehingga, tunggakan 50 persen THR karyawan tahun lalu bisa dibayarkan,” tegasnya.[Red/Akt-35/Ansary]

 

Aktual News

Karanganyar, Aktual News Sebanyak tujuh anggota relawan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dikirim ke Kabupaten Lumajang, Jawa Timur guna berpartisipasi membantu korban letusan atau erupsi Gunung Semeru.

Tujuh anggota relawan MDMC itu dilepas secara resmi di halaman Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar, pada Minggu (5/12/2021).

Acara pelepasan relawan tersebut dilakukan oleh Wakil Ketua PDM Karanganyar Suriyanto dengan disaksikan oleh Ketua MDMC Karanganyar Ngadiman dan Ketua LazisMU Ahmad Zaki Mustofa.

Selanjutnya, tujuh relawan tersebut akan bergabung dengan 13 orang relawan MDMC dari kabupaten lain se-Jateng dan berkumpul di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) untuk diberangkatkan malam ini menuju Lumajang melalui jalur darat.

Wakil Ketua PDM Karanganyar Suriyanto, mengatakan bahwa pengiriman sebanyak 20 relawan MDMC itu dibawah perintah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jateng yang memutuskan status tanggap darurat.

“Tanggap darurat merupakan respon cepat dari PWM Jateng terhadap bencana alam. Maka, Muhammadiyah segera turut berperan aktif dan bergerak cepat untuk kemanusiaan,” ungkap Suriyanto, di sela pelepasan tujuh relawan asal PDM Karanganyar itu, pada Minggu (5/12/2021).

Adapun formasi tujuh relawan MDMC Karanganyar tersebut terdiri dari satu orang dokter RS PKU Muhammadiyah Karanganyar yakni dr Ananta Novan serta tiga orang paramedik, dua orang bagian SAR dan seorang sopir.

Selain itu juga dibawakan paket obat – obatan serta perlengkapan kebutuhan operasional lainnya dan satu buah mobil operasional dari MDMC Karanganyar.

“Diharapkan esok pagi tim relawan kemanusiaan MDMC sudah sampai Lumajang dan langsung bergerak,” tandasnya.

Adapun selama 10 hari di Lumajang, sebanyak 20 relawan dari PWM Jateng jnj akan menempati kantor PDM Kabupaten Lumajang sebagai base camp komando.

Semetara itu, Direktur Lazismu PDM Karanganyar Ahmad Zaki Mustofa, mengatakan pihakya telah menginstruksikan kepada seluruh kantor-kantor layanan LazisMU di Karanganyar untuk melakukan penggalangan donasi kemanusiaan untuk korban bencana erupsi Gunung Semeru.

“Selain misi pengiriman relawan, kami dari LazisMU Karanganyar sudah bergerak mencari donasi untuk segera dikirimkan ke Lumajang guna meringankan beban para korban letusan Gunung Semeru,” jelas Ahmad Zaki Mustofa.

Pelepasan tujuh anggota relawan MDMC Karanganyar di halaman RS PKU Muhammadiyah Karanganyar, pada Minggu (05/12/2021), untuk menuju ke Lumajang, Jawa Timur untuk membantu korban bencana erupsi Gunung Semeru.[Red/Akt-52/Dawam]

 

Aktual News

Diberdayakan oleh Blogger.