Kabupaten Serang, Aktual News – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meresmikan gerai Teras Pendopo sebagai sentra produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) di halaman Pendopo Bupati Serang, Kamis (16/12/2021).

Gerai ini merupakan bagian dari realisasi tagline ‘UMKM Bisa’ yang menjadi gerakkan untuk memajukan produk-produk masyarakat.

“Kita punya tagline UMKM Bisa. Akronim ‘Bisa’ dari kata bela, beli, sejahtera. Artinya, untuk memajukan UMKM harus dimulai dari kita, kita membela dengan melakukan pembinaan, kita harus membeli produknya, dan kita harus capai kesejahteraan untuk para pelaku usaha,” ujar Tatu kepada wartawan.

Berbagai produk UMKM dipamerkan dalam peresmian Teras Pendopo. Bahkan Tatu meminta para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) yang hadir untuk membeli langsung. Tak lupa, di gerai Teras Pendopo, Tatu secara sukarela menjadi barista, dan meracik minuman untuk Sekda Tb Entus Mahmud dan para kepala OPD.

Teras Pendopo didirikan atas kerja sama Diskoperindag Kabupaten Serang dengan Graha Kreatif dan Koperasi Senyum Nusantara. Gerai ini setiap hari akan menyajikan kopi lokal dan produk-produk UMKM dari masyarakat Kabupaten Serang. “Semoga Teras Pendopo ini bermakna bagi peningkatan UMKM di Kabupaten Serang,” ujarnya.

Sebelum peresmian Teras Pendopo, Tatu bersama Kepala Bank bjb KCK Banten Budiatmo Sudradjat, dan Sekda Tb Entus Mahmud memberikan bantuan modal sebesar Rp 743 juta untuk 140 pelaku UMKM. Bantuan CSR Bank bjb ini diserahkan kepada penerima di Tennis Indoor Setda Pemkab Serang.

Tatu menyampaikan terima kasih dan kebanggaan atas kerjasama Bank bjb, Graha Kreatif, Hipmikindo, dan Koperasi Senyum Nusantara. “Saya optimis Teras Pendopo bisa membantu pemasaran produk UMKM. Percepatan pemulihan ekonomi saat ini harus dimulai dari sektor UMKM. Tahun 2022, kita canangkan sebagai tahun kebangkitan UMKM,” tegasnya.

Sementara itu, Founder Graha Kreatif Johani Fauzi mengapresiasi gerakkan kemajuan kesejahteraan masyarakat melalui tagline ‘UMKM Bisa’. Menurutnya, Pemkab Serang menyambut dan mendukung salah satu ikhtiar untuk improvisasi mencari pasar bagi UMKM. “Ini keren banget. Semoga ikhtiar melalui Teras Pendopo sebagai sentra UMKM, menjadi pemicu untuk merealisasikan mimpi-mimpi pelaku UMKM untuk naik kelas dan sejahtera,” ujarnya.

Teras Pendopo akan hadir setiap hari. Menyuguhkan aneka kopi lokal dari Kabupaten Serang dan memasarkan produk-produk UMKM dari 29 kecamatan. Konsep Gerai dibuat kekinian dan akan disediakan akustik pada pekan tertentu. Bukan hanya itu, sistem pembayaran akan menggunakan digitalisasi atas kerja sama Koperasi Senyum Nusantara dengan Bank bjb.[Red/Akt-49/Agi]

 

Aktual News

Bogor, Aktual News-Danrem 061/Sk Brigjen TNI Achmad Fauzi S.I.P.,M.M. bersama istri Ketua Persit KCK Koorcab Rem 061 Ibu Meidy Achmad Fauzi dan didampingi oleh Kol Inf Suhandono (Kasi Log Korem 061/Sk , Dr.Heru Dir SDM Rumah Sakit .Marzuki Mahdi, Drs.Irwan Prayitno (Asda II Pemkot Bogor), Camat Bogor Barat , Lurah Menteng, Ibu ibu Pengurus Persit Koorcab Rem 061/Sk menghadiri peringatan Hari AIDS sedunia yang jatuh setiap tanggal 1 Desember, dan digelar pada hari ini Kamis 16 Desember 2021 di Area Rumah Sakit Marzuki Mahdi Heritage Golf Field Jl.Dr.Sumeru 65 Kel.Menteng Kec.Bogor Barat Kota Bogor.

” Hari ini kami menghadiri hari Aids sedunia yang juga digelar disini oleh RS.Marzuki Mahdi bersama dengan anak-anak sehat dan anak-anak hebat, anak-anak kuat. Hari AIDS sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember diperingati untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV (virus yang merusak sistem kekebalan tubuh manusia). Virus ini tentunya dapat menginfeksi dan menghancurkan jenis sel darah putih di dalam tubuh sehingga daya tahan tubuh memburuk dan rentan diserang penyakit.”keterangan tersebut disampaikan oleh Danrem kepada awak media.

Saat ini AIDS tetap menjadi masalah kesehatan masyarakat serius yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia, di tengah masa pandemi covid 19. Bahkan WHO menyerukan kepada para pemimpin negara dan seluruh bangsa untuk bersatu menjangkau orang-orang yang saat ini masih belum menerima layanan pengobatan HIV.

” Pada intinya saya berharap kepada mereka agar tetap gembira serta mempunyai keinginan dan keyakinan yang lebih baik agar mereka tetap menjalani hidup ini dengan semangat, karena bagaimanapun masa depan menunggu mereka. tapi kitapun tidak boleh diam, kita harus bisa melakukan yang terbaik untuk mereka, karena saat ini mereka membutuhkan perhatian dan dukungan dari semua pihak.” Tambah Danrem.

” Hari ini kami ikut memperingati hari Aids sedunia dengan memberikan bantuan sembako dan santunan untuk anak-anak sehat anak-anak kuat, dan selain itu mereka juga mendapatkan berbagai hiburan antara lain sulap dan dongeng, itu adalah hiburan untuk mereka agar mereka tetap semangat dan yakin untuk dapat kembali sekolah.” Pungkasnya.

Selain itu Danrem juga menyampaikan terkait covid19 yang mana Kota Bogor sudah berada pada posisi Level I, oleh karena itu ia berharap kepada seluruh elemen masyarakat bersama-sama menanggulangi Pandemi Covid19 agar Covid19 segera berakhir.

Dan Rudi selaku ketua penyelenggara acara menyampaikan bahwa Ia berharap dengan adanya kegiatan yang bekerjasama dengan korem 061 Surya kancana maka dapat menyentuh berbagai pihak lainnya agar dapat bersama-sama mengatasi permasalahan ini,
” karena hal ini bukan hanya tugas kami saja untuk melindungi mereka untuk membuat hidup mereka lebih berkualitas lagi, tapi ini adalah tugas kita bersama, mereka berhak mendapatkan pendidikan dan berhak mendapatkan perhatian dan dukungan moril serta pelayanan kesehatan yang baik dari semua pihak. Dan saya juga berharap jangan sampai pada kasus ini menumbuhkan angka kasus baru lagi itu yang kami harapkan.” Ujar Rudi.

Pada kegiatan hari-hari berkah dan kasih ini Danrem memberikan bantuan berupa paket sembako sebanyak 70 pc kemudian 70 santunan tali asih perlengkapan makan berupa piring dan mangkok keramik sebanyak 70 paket, kipas angin 18″ sebanyak 11 buah serta setrika sebanyak 30 buah. [ Red/Akt-01 ]

AktualNews

 

Madiun, Aktual News Anak anak dan remaja merupakan aset bangsa sekaligus hal nyata, sebagai estafet kehidupan berbangsa dan bernegara ke suatu masa yang lebih gemilang. Karena pentingnya sosok anak muda sebagai human resources, maka semua pihak perlu terlibat dalam pengawasan tumbuh kembang, baik fisik maupun psikis mereka.

Tanggung jawab itu ditempuh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun, Jawa Timur, melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri (Bakesbangpol Dagri), dengan menggelar Sosialisasi Kewaspadaan dan Deteksi Dini Bagi Pelajar SMU/SMK Sederajat, Kamis (16/12).

“Melalui nara sumber yang kompeten kita sampaikan kepada para remaja penerus cita cita bangsa, mengenai dampak cyber. Intinya bermedsos harus diikuti pengetahuan tentang rambu rambu yang menyertainya,” jelas Drs. Sigit Budiarto, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Madiun, kepada jurnalis sebelum acara dimulai sambil menambahkan, bermedsos dengan cara sehat akan menyelamatkan pengguna dari aspek hukum.

Salah seorang nara sumber, Ipda Agus Riyadi, Kanit Tipiter Polres Madiun, dihadapan ratusan pejalar mewakili 15 SMU/SMK yang diundang mengikuti kegiatan di Rumah Makan Kampung Sawah itu menyampaikan pesan lewat ilustrasi video slide.

Awalnya, Ipda Agus Riyadi menyampaikan perkembangan teknologi berbasis internet yang kian ramai dan sulit dibendung. Interaksi dunia maya, katanya, dapat dilakukan dengan mudah menggunakan perangkat pendukung seperti gawai, tabled, handphone dan bermacam perangkat lainnya.

Dilanjutkannya, platform medsos dengan berbagai fitur manarik sebagai fasilitas berkomunikasi juga kian marak. Seperti facebook, twitter, instagram, telegram, game, email dan lainnya akan memicu terjadinya pelanggaran hukum bila dilakukan pribadi yang tidak memahami komunikasi bermedsos.

“Saya dulu kalau pacaran dilalui dengan ketemuan terlebih dahulu, untuk janjian, baru pergi ke tempat wisata, misalnya. Sekarang lebih canggih. Langsung pencet dari rumah bisa langsung ketemu pacar dimana saja kapan saja,” ungkap Ipda Agus Riyadi.

Ipda Agus Riyadi kemudian membuat permisalan, seorang siswa yang cintanya ditolak seorang siswi yang juga penjual kue. Karena ditolak, siswa pun melalukan bullying alias perundungan terhadap siswi yang menolak cintanya.

“Karena merasa mangkel, siswa mengedit foto kue buatan siswi dengan membubuhi ulat. Tentu ini membuat jajanan siswi tidak laku, dan tentu merugikan siswi,” jelas Ipda Agus Riyadi.

Jika sudah mengarah ke cyber crime, lanjut Ipda Agus Riyadi, maka aparat kepolisian bisa mengambil langkah dengan melakukan tindakan delik biasa maupun dengan delik aduan. “Jika perundungan itu telah viral, tanpa diberi pengaduan pihak korban pun polisi bisa mengambil langkah delik biasa (tanpa aduan),” tegas Ipda Agus Riyadi.

Sebab itu, pesan Ipda Agus Riyadi, para siswa diharapkan bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan cara yang sehat agar terhindar dari persoalan hukum.

Sementara salah seorang pelajar putri peserta acara tersebut menuturkan, mengikuti kegiatan tersebut menjadi lebih memahami seluk beluk menggunakan media sosial.

Dia akan menyampaikan kepada teman sekolah yang tidak bisa hadir, atau tetangga kampung terkait penggunaan medsos yang aman baik bagi dirinya maupun pihak lain.

Acara tersebut dibuka Sekretaris Bakesbangpol Kabupaten Madiun, Suroso, S.Sos, sebagai bentuk sosialisasi Undang Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.  [ Red/Akt-01/fin ]

 

AktualNews

Labuhanbatu, Aktual News-Bupati Labuhanbatu, dr.H.Erik Adtrada Ritonga, MKM, dampingi Kapolda Sumatera Utara (Sumut), Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak MSi, meninjau pelaksanaan percepatan vaksinasi Covid-19 di MTS. Nur Ibrahimi Rantauprapat Kamis pagi 16/12/2021.

Selain Bupati Labuhanbatu, Kapolres Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Anhar Arlia Rangkuti beserta Dandim 0209/LB, Letkol Inf Asrul Kurniawan dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Labuhanbatu, Jefri Penanging Makapedua SH, juga terlihat antusias mendampingi ku jungan kerja Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak.

Dilokasi,Kapolda Sumut dan juga Bupati Labuhanbatu terlihat menyapa siswa dan juga guru yang sedang melakukan vaksinasi dihalaman milik sekolah tersebut.

Orang nomor satu di jajaran Kepolisian Daerah Sumatera Utara itu meminta kepada seluruh instansi untuk bersama-sama melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Labuhanbatu. Dia berharap, target akhir Desember 2021 ini sebesar 70 persen dapat tercapai.

Pada kesempatan mendampingi Kapolda Sumut tersebut, Bupati Labuhanbatu, dr H Erik Adtrada Ritonga, mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) yang dipimpinnya akan terus berupaya semaksimal mungkin melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 ini. Tentunya dengan tetap bekerjasama dengan TNI – Polri, agar target sebanyak 70 persen hingga akhir Desember 2021 ini dapat terealisasi

“Pemkab Labuhanbatu akan terus bersinergi dengan TNI – Polri dalam upaya pelaksanaan percepatan vaksinasi hingga mencapai target 70% sampai akhir Desember 2021 ini,” kata dr H Erik Adtrada Ritonga.

Usai melakukan peninjauan di MTS. Nur Ibrahimi, Bupati beserta rombongan terus mendampingi giat Kapoldasu menuju Mapolres Labuhanbatu guna melakukan hal yang sama. Kemudian Bupati Labuhanbatu, Dandim 0209/lb, Kajari, dan Kapolres menghantarkan Kapoldasu ke Awak Helikopter menuju pulang ke Mapolda. [ Red/Akt-16]

 

AktualNews

Kabupaten Serang – Aktual News Sinta Selaku sekretaris di Dinas Koperindag Kabupaten Serang yang menghubungi Wawan sang inovator dalam berkreatifitas membuat mesin pembulat Bakso dari Desa Koper, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang Provinsi Banten ini di respon baik oleh pemerintah Kabupaten Serang khususnya oleh Hj.Ratu Tatu Chasanah, SE., M.Ak., selaku Bupati Kabupaten Serang Provinsi Banten. Kamis, (16/12/2021) Pagi.

Bupati Kabupaten Serang ketika mendapatkan berita dari Media Aktualnews.co.id terkait pemerintah dan Bupati Kabupaten Serang dengan inovatif dari Wawan, dan hal tersebut yang waktu lalu sudah direspon oleh Pemdes dan karena dengan jumlah penduduk Kabupaten Serang 1,6 jiwa dan kondisi pandemi seperti saat ini jadi pemerintah Kabupaten Serang memfokuskan ke Mikro miko kecil, adanya Wawan yang sudah berinovasi Bupati Kabupaten serang sangat bangga.

Sinta pun menjelaskan kepada awak media Aktualnews.co.id bahwa Sinta Sekretaris Dinas Koperindag bukan Stap ahli Bupati Kabupaten Serang dan sinta pun tidak berbicara bahwa Bupati Kabupaten Serang mengundang khusus akan tetapi Dinas Koperindag memberikan kesempatan kepada Wawan agar bisa bertemu dengan ibu Bupati dan undangan khusus adanya dari Dinas koperindag untuk Wawan bisa mempunyai kesempatan bertemu langsung dengan Bupati Kabupaten Serang.

Sinta selaku Sekretaris Dinas koperindag menjelaskan pada awak media Aktualnews.co.id “memang saya yang menghubungi pak Wawan tapi saya bukan staf ahli Bupati dan saya dishare beritanya dari Ibu Bupati jadi saya bukan staf ahli Bupati, memang saya yang telpon

” pak wawan yuk ikutan stan bazar di depan pendopo ”

Memang ibu care ketika dapat dari berita Aktualnews.co.id terkait pemerintah ibu respon baik sebenarnya kalo inovatif seperti itu sebenarnya pak Wawan sudah dari PEMDES itu salah satu hasil TPG, sebenarnya sudah ada respon dari pemerintah dari PEMDES waktu itu pak Wawan dapat dari TPG dikarenakan jumlah penduduk Kabupaten Serang kan 1,6 jiwa dan sebenarnya sudah ada care cuma dengan kondisi pandemi sekarang ini dan kita fokus ke mikro-mikro yang kecil.

Alhamdulillah Ibu Bupati adanya pak Wawan yang berinovasi Ibu Bupati sangat bangga karena pak Wawan ini sering diajak pameran waktu sama PEMDES.

Sudah ada catatan dari PEMDES cuma bukan dari Diskoperindag mungkin dari PEMDES karena banyak inovasi inovasi masyarakat Kabupaten Serang itu rata-rata berinovasi semua atau inovator semua jadi banyak yang terlewat dari kita yang tidak terlalu fokus ke pak Wawan, tapi karena dia sesuai dengan kondisi ekonomi akhirnya memang saya telpon langsung ke pak Wawan.

” Pak Wawan saya Sinta dari Diskoperindag saya dapat berita ini dari ibu Bupati karena berita itu di share oleh ibu Bupati, kita ada acara launcing hari ini UMKM bisa ”

karena pak Wawan itu termasuk dalam UMKM karena pendapatannya dibawah dua milyar namanya itu bidang usahakan.

Apapun jenisnya, dia kan usaha dan itu artinya binaan dari Dinas kami yaitu Dinas Koperindag akhirnya saya undang khusus pak Wawan untuk kita kasih salah satu stan bazar hari ini biar nanti pak Wawan ketika ibu Bupati kunjungan bisa ngobrol ,” ungkap Sinta.

Sinta mengatakan pada awak media Aktualnews.co.id bahwa sinta sekretaris Dinas Koperindag bukan Staf ahli Bupati

” Jadi saya itu sekretaris Dinas Koperindag bukan Staf ahli Bupati, kita tidak bilang bahwa ibu mengundang khusus cuma kita memberi kesempatan agar pak Wawan bisa bertemu dengan ibu Bupati dan memang kalo undangan khusus itu dari dinas Koperindag agar pak wawan juga bisa berkesempatan bertemu dengan ibu Bupati langsung, tapi sebenarnya respon dari ibu Bupati bahwa ibu Bupati itu merespon ditindak lanjuti oleh kami dari dinas kami dinas Koperindag makanya kita ajak untuk mengisi stan UMKM hari ini yang bertempat di halaman pendopo jam 09.00 pagi mulai itu dengan simbolis penyerahan CSR Bjb ke 140 pelaku UMKM nanti dilanjutkan dari lapangan tenis in dor menuju halaman pendopo akan launching teras pendopo dan launching UMKM bisa, tapi launching teras pendopo itu salah satu isi stannya untuk pada saat sekarang ini untuk mendampingi stan teras pendopo itu pak Wawan jadi seluruh UMKM semua kita undang perwakilan dari masing-masing kecamatan yang ada di kabupaten Serang , ” Tutup Sinta.[Red/Akt-49/Agi]

 

Aktual News

Diberdayakan oleh Blogger.