Bali, Aktual NewsAgustinus Nahak, SH, MH terpilih kembali sebagai ketua Forum Bela Negara (FBN) DPD Bali. Hal ini resmi dalam rapat kerja wilayah Forum Bela Negara (FBN) di Bali, Rabu, 28 Desember 2021

“Terima kasih, saya siap totalitas melanjutkan program-program kebangsaan dalam konsep bela negara setelah mendapatkan kepercayaan memimpin kembali Forum Bela Negara (FBN) DPD Bali. “Jelas Agustinus Nahak kepada wartawan di Bali, Selasa (28/12/2021)

Sebagai informasi rapat kerja wilayah Forum Bela Negara (FBN) Bali mengakomodir usulan dan rekomendasi serta aspirasi dari Ketua Umum DPP Forum Bela Negara, Laksda TNI (Purn) Prof. Dr. Setyo Harnowo berkenaan dengan gagasan untuk merangkul Majelis Desa Adat (MDA), Pasikian Pecalang Bali, Yowana Bali dan Paiketan Krama Bali kedalam wadah kepengurusan sehingga nuansa kearifan lokal bisa terakomodasi dalam memperkuat upaya bela negara di Bali serta atas saran dewan penasehat dan dewan pakar agar melakukan konsolidasi internal dengan pembentukan pengurus baru.

“Tidak hanya itu, kami bahkan juga akan merangkul para bupati dan walikota, juga beberapa tokoh agama dan tokoh masyarakat serta para akedemisi untuk bersama-sama meningkatkan penerapan nilai-nilai bela negara kepada setiap anak bangsa,” kata Agustinus Nahak, SH, MH. Saat Rapat Kerja Wilayah FBN Bali di Hotel FAME, Sunset road, Denpasar-Bali, Selasa (28/12/2021).

Selain ketum FBN yang memberikan pengarahan interaktif secara daring, Direktur Bela Negara kemenhan RI, Brigjen TNI Dr. Jubei Luvianto hadir secara daring selaku keynot speaker. Setelah sebelumnya rapat kerja berlangsung pengurus FBN Bali melakukan audiensi dengan Wagub Bali Cok Ace.

Penyelenggaraan Rapat Kerja Wilayah diikuti oleh para pengurus FBN Bali tersebut yang sebelumnya rencana kegiatan adalah Musyawarah Wilayah namun setelah berkonsultasi dengan Ketum Bela Negara di Kementerian Pertahanan dan mengingat belum adanya penyelenggaraan Musyawarah Nasional maka diputuskan hanya bersifat rapat kerja organisasi yang membahas sejumlah agenda strategis dalam meningkatkan upaya penguatan bela negara disetiap dimensi kehidupan sehari-hari dan berdasarkan kesepakatan dewan penasehat dan dewan pakar tetap mempercayakan kepada Agustinus Nahak, SH, MH., AKP (Purn) Ketut Suryanto dan A.A. Mirah untuk melanjutkan kepemimpinan.

“FBN Bali juga akan merangkul kalangan akademisi seperti forum rektor bersama mahasiswa untuk bergerak bersama untuk menggaungkan prinsip-prinsip bela negara dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,” terang Agustinus.

Ketua Tim Perumus Rakerwil Valerian Libert Wangge, S.H yang membacakan Berita Acara Rumusan/Rekomendasi Akhir Rakerwil I/2021. Tim Perumus dilengkapi Sekretaris Noflin Ester Sarapung dan Anggota Tonny Kuswardion serta Ketua Pelaksana Raker, Tonny Kushertanto.

DPW Forum Bela Negara Bali berdiri pada tahun 2016 dengan para pendirinya diantaranya, Ir Nyoman Partana, SH, MH, Dr I Gusti Kade Sutawa, MM., Jonathan Soeharto, SH., Chandra Salim, Agustinus Nahak, SH, MH dan Pino Bahari.

“Terima kasih atas partisipasi semua sehingga lancar dan sukses terselenggaranya giat rapat kerja ini, salam bela negara! “Tuntas Agustinus Nahak. [ Red/Akt-01/Jalal ]

 

 

AktualNews

 

Jakarta, Aktual News– Hari kemarin, tanggal 27 Desember 2021, tepat setahun Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan 27 Desember sebagai “Hari Kesiapsiagaan Epidemi Internasional” yang diinisiasi sebagai sebuah pengingat awal mula pandemi Covid-19 merebak dan menyebar sangat cepat, menghantui hampir seluruh negara di dunia, tak terkecuali Indonesia.

Sebuah pernyataan yang dilansir menyertai diresmikannya hari peringatan tersebut mengatakan bahwa keputusan Majelis Umum PBB tersebut merupakan sebuah upaya untuk menyoroti pentingnya pencegahan, kesiapsiagaan penangan dan kemitraan berbagai pihak untuk melawan epidemi.

Penetapan tersebut, dilakukan beberapa hari setelah ratusan pemimpin dunia berkumpul dalam sidang khusus PBB yang dilakukan secara virtual pada akhir 2020 lalu sebagai tanggapan terhadap Covid-19, tepatnya satu tahun, setelah virus tersebut terdeteksi di Wuhan, Cina.

Para pemimpin Negara yang hadir dalam pertemuan kala itu menuntut tindakan segera untuk menjamin pemerataan vaksin virus.

Satu tahun setelah ditetapkannya Hari Kesiapsiagaan Epidemi Internasional ini, penanganan Covid-19 di berbagai Negara terus membaik. Demikian pula di Indonesia.

Kekalutan yang melanda dan menimbulkan kepanikan yang mencekam ketika kasus COVID-19 mulai muncul di Indonesia pada awal 2020, telah berkurang cukup signifikan dan puncak penyebaran virus telah terlampaui.

Kendati begitu, berbagai upaya pencegahan dan penanggulangan terus dilakukan secara massif oleh pemerintah dan imbauan terhadap masyarakat untuk disiplin menerapkan prosedur kesehatan tak henti digaungkan.

Pemerintah Indonesia mengambil langkah amat serius dalam penanggulangan pandemic COVID-19 sambil tetap memperhitungkan keberlangsungan putaran roda perekonomian. Segala upaya tersebut mulai menunjukkan hasil menggembirakan. Program vaksinasi saat ini bahkan telah menjangkau anak-anak usia 6-11 tahun.

Kala diminta pernyataan terkait Hari Kesiapsiagaan Epidemi ini, Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan apresiasi atas semua pencapaian terkait penanggulangan pandemi COVID-19.

“Kita harus tetap tangguh, bahu membahu bergotong royong, menolong sesama, kita pasti menang menghadapi pandemic ini, bahkan tumbuh menjadi semakin solid. DPR RI senantiasa mengawal bangsa ini supaya tetap kuat dan kokoh menghadapi badai ini,” Puan menegaskan.

Pakar kesehatan masyarakat, Cri Sajjana Prajna Wekadigunawan mengatakan, bila dalam masa dua pekan paska tahun baru 2022 tak terjadi lonjakan kasus COVID-19, maka, program vaksinasi bisa dianggap berhasil dan pada 2022 nanti masyarakat bisa berharap akan dapat lebih leluasa dari pada saat ini.

“Tapi kita tetap tak boleh lengah dan harus tetap waspada, karena sampai saat ini, kami para peneliti belum dapat memperkirakan apakah tahun depan pandemic saat ini akan bisa menjadi endemi atau belum,” kata pakar kesehatan masyarakat yang biasa disapa Weka itu.

Weka juga mengimbau masyarakat untuk mengalokasikan uang yang dimiliki sekarang lebih untuk membeli makanan dan minuman yang bergizi bukan untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif.

“Makanan bergizi bukan sekedar susu ya. Makanan bergizi yang penting adalah makanan yang sehari-hari kita makan harus memenuhi piramida gizi seimbang yakni banyak makan buah-buahan dan sayuran yang diolah dengan baik sehingga kandungan vitamin dan mineralnya terjaga. Vitamin dan mineral akan mampu meningkatkan kekebalan tubuh dalam pencegahan penyakit, tak terkecuali Covid-19,” katanya.

Hal yang tak kalah penting, tentu saja tetap berdisiplin menerapkan prokes, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas. Selain itu, vaksinasi juga perlu segera dilakukan, sembari terus juga melakukan testing (tes), tracing (pelacakan), dan treatment (pengobatan). [ Red/Akt-01/MHR ]

 

AktualNews

Foto Dokumentasi : Penutupan dan Pembubaran Panitia Pilkades di Salah Satu Rumah Makan di Kopo/Maja

 

Pasanggrahan, Aktual News-Setelah, adanya sorotan dari Direktur Eksekutif LSM BP2A2N. “Suhud” terkait indikasi adanya dugaan korupsi anggaran Pilkades desa Pasanggrahan Solear sebesar Rp 157.000.000,- melalui media online AktualNews.co.id, sabtu 25 Desember 2021,

Esoknya harinya minggu 26 Desember 2021, tayang juga pemberitaan dari media online lokal Redaksi24.com dengan judul berita “BPD Pasanggrahan Temukan Indikasi Mark up Anggaran Pilkades”, satu hal yang menarik setelah Suhud menyoroti adanya indikasi dugaan korupsi anggaran Pilkades desa Pasanggrahan kecamatan Solear kabupaten Tangerang, sebesar Rp 157.000.000,- (Seratus lima puluh juta rupiah), melalui media online AktualNews.co.id,

Jamaludin sekretaris BPD Desa Pasanggrahan juga angkat bicara melalui media online Redaksi 24.com, dugaan itu terungkap saat BPD melakukan pemeriksaan laporan pertanggung jawaban (LPJ), penggunaan anggaran yang di serahkan panitia Pilkades Pasanggrahan, jadi tidak mungkin panitia tidak paham mengenai anggaran yang di duga fiktif dalam LPJ. artinya ada yang ga sinkron, kami akan memanggil semua yang terlibat dalam penyusunan LPJ ini, (sumber berita-red), disini terlihat adanya dugaan saling lempar tanggung jawab???

 

Pasalnya dari informasi yang beredar via pesan WhatsApp (WA), ketua BPD Desa Pasanggrahan Solear dan ketua panitia Pilkades desa Pasanggrahan kecamatan Solear kabupaten Tangerang, senin 20 Desember 2021, pukul 15:14 Wib, duduk bersama dalam rangka penutupan dan pembubaran panitia Pilkades Pasanggrahan, yang artinya ketua BPD Desa Pasanggrahan Solear, selaku penanggung jawab Pilkades di Desa Pasanggrahan terindikasi adanya saling menutupi dengan saling lempar tanggung jawab terkait adanya korupsi anggaran Pilkades lalu.

Maka dari itu Suhud selaku direktur eksekutif LSM BP2A2N, Senin 27 Desember 2021, mengirimkan surat klarifikasi kepada ketua BPD Desa Pasanggrahan kecamatan Solear dan kepada panitia Pilkades Pasanggrahan Solear, terkait indikasi adanya dugaan korupsi anggaran Pilkades desa Pasanggrahan.

Suhud juga mengatakan jika mengutip pernyataan dari Jamaludin, sekretaris BPD Desa Pasanggrahan di media online Redaksi24.com, yang mana Jamaludin sekretaris BPD Desa Pasanggrahan mengatakan “Temukan Indikasi Mark up Anggaran Pilkades”, penyelewengan ini anggaran bisa mencapai 270 juta, disini kata Suhud jelas telah adanya korupsi (bukan mark up), jelas Suhud,

Kita harus bisa membedakan antara mark up dengan korupsi ujar Suhud, seperti contoh mark up adalah belanja barang dan jasa yang dibayarkan dengan melebihkan atau lebih mahal dari harga barang yang telah ditentukan dan korupsi adalah belanja barang dan jasa yang tidak ada fisiknya, dengan pernyataan Jamaludin sekretaris BPD Desa Pasanggrahan Solear di media online tersebut, yang mengatakan adanya indikasi temuan dugaan mark up anggaran Pilkades di desa Pasanggrahan, dapat diartikan pernyataan Jamaludin jika mark up akan ada pengembalian dan bukan pidana ujar Suhud, masih menurut Suhud nanti seperti apa hasil klarifikasi dari ketua BPD Desa Pasanggrahan dan panitia Pilkades desa Pasanggrahan Solear, atas jawaban surat klarifikasi yang telah dilayangkan oleh lembaganya ke pihak terkait
[ Red/Akt-26/Har ]

 

AktualNews

Foto : Tebing yang longsor di pinggir kali Gang Blodes Jln.Bina Harja Kp.Blodes Rt 02/Rw 02, Ds.Cijujung, Kec.Sukaraja, kabupaten Bogor.

Bogor, Aktual News Tebing di pinggir kali Gang Blodes Jln.Bina Harja Kp.Blodes Rt 02/Rw 02, Ds.Cijujung, Kec.Sukaraja, kabupaten Bogor longsor.

Peristiwa longsornya tebing di pinggir kali Gang Blodes diketahui sejak lama, hampir satu tahun lebih, namun belum ada tindakan perbaikan dari pemerintah maupun dinas terkait.

Tebing yang longsor tersebut hanya berjarak 2 meter dari pemukiman warga dan tebing hanya dipagar dan diberi tanda berupa tulisan peringatan.

Tebing yang berada di Gang Blodes tersebut sudah mengikis sebagian jalan umum yang biasa dilalui oleh warga.

Saat ditemui awak media Aktual News, Selasa (28/12/2021) Tatang Sanjaya ketua Rt 02/Rw 02 Kp.Blodes Rt 02/Rw 02, Ds.Cijujung, Kec.Sukaraja mengatakan,” longsor ini terjadi sudah lama, satu tahun lebih tetapi sampai sekarang belum ada tindakan perbaikan dari pemerintah.

Sudah beberapa kali ada yang datang kesini foto-foto dan mengecek tebing yang longsor, tapi sampai sekarang belum ada perbaikan,” ujar Tatang.

Dengan curah hujan yang tinggi struktur tanahpun menjadi rawan longsor, sebelum ada kejadian hal-hal yang tidak kita inginkan apalagi sampai ada korban jiwa, saya berharap pemerintah ataupun dinas terkait untuk segera memperbaikinya,” tutup Tatang.[Red/Akt-23]

 

Rosis Aditya
Aktual News

Karanganyar, Aktual News Launching pencanangan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun secara resmi dibuka oleh Bupati Karanganyar H. Juliyatmono yang hadir didampingi Wakil Bupati H. Rober Christanto. Vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun kali ini serentak dilaksanakan di 21 Puskesmas se-Kabupaten Karanganyar. Dan kali ini kegiatan launching diselenggrakan di Aula MI Muhammadiyah Karanganyar pada Senin(27/12/21).

Menurut KH. Samsuri selaku ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Karanganyar sekaligus mewakili Kepala Sekolah MI Muhammadiyah sampaikan ucapan terimakasih yang sebar-besarnya kepada pemerintah yang sudah menggalakan program vaksinasi ini, bahkan digelarnya pun serentak.

” Dari 1.500 an siswa yang ada di MI Muhammadiyah, pagi ini yang divaksin 500 siswa terlebih dahulu yang lainya mengikti jadwal yang sudah ditentukan”, terangnya.

Sementara itu Bupati Karanganyar H. Juliyatmono dalam sambutanya sampaikan bahwa vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun ini adalah bentuk ikhtiar pemerintah untuk mempersiapkan program belajar tatap muka di sekolah tahun depan. Sanjungan Bupati pun tak luput disematkan bagi MI Muhammadiyah ini karena MI Muahammadiyah Karanganyar ini adalah madrasah yang setara SD namun jumlah siswanya paling banyak di Karanganyar.

Juliyatmono, orang nomor satu di bumi Intanpari ini berharap supaya ikhtiar melalui vaksinasi ini bisa menghasilkan hasil yang maksimal, siswa-siswi yang di vaksin bisa menambah imunitasnya dan para rang tua tidak ragu lagi untuk melepas anaknya ke sekolah.

” Resmi tanggal 27 Desember ini kita(Pemkab Karanganyar) mulai canangkan dosis pertama vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun yang di gelar serentak di 21 Puskesmas yang ada di Karanganyar. Harapanya dosis pertama ini nanti bisa selesai di pertengahan bulan Januari”, jelas nya .(Red/Akt-52/Dawam)

 

Aktual News

Labuhanbatu, Aktual News-Setelah berakhirnya babak final antara tim kesebelasan Disperindag vs Disdik dan Sekdakab vs Pol-PP, maka berakhirlah sudah liga OPD perebutan piala Bupati Labuhanbatu.

Senin 27/12/2021, usai pertandingan Bupati Labuhanbatu dr.H.Erik Adtrada Ritonga, MKM, menutup turnamen tersebut sekaligus menyerahkan trophy dan juga hadiah kepada kesebelasan Pol-PP sebagai juara pertama dan Setdakab sebagai juara kedua Trophy diserahkan oleh Wakil Bupati Labuhanbatu Hj.Ellya Rosa Siregar, Mpd, MM, diikuti penyerahan trophy dan hadiah kepada Dinas Pendidikan sebagai juara ke tiga oleh Kajari Rantauprapat Jefri Penangin Makapedua, SH, MH, dan Disperindag sebagai juara ke empat Trophy diserahkan oleh Dandim 0209/lb, Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap SE, MTr,(Han).

Selanjutnya Bupati mengucapkan selamat atas kemenangan yang diraih oleh semua tim, semoga para tim kesebelasan dapat meningkatkan silaturahmi antar OPD dan bisa mengikuti event yang sama ditahun depan.

Bupati juga berpesan kiranya dengan suksesnya liga OPD Kabupaten Labuhanbatu kali ini menjadi pendukung untuk meningkatkan kecintaan masyarakat labuhanbatu akan berolah raga, saya yakin bila masyarakat cinta dan gemar berolahraga selain menjadikan tubuh sehat tingkat kenakalan juga pasti berkurang.ujarnya.

Usai memberikan ucapan selamat Bupati Labuhanbatu didampingi Wakil Bupati Labuhanbatu, Dandim 0209/lb, Kajari Rantauprapat, Ketua Pengadilan Negeri Labuhanbatu, Perwakilan Polres Labuhanbatu menyapa dan foto bersama dengan para pemain di pinggir lapangan.

Pertandingan yang meriah itu disaksikan beberapa kepala OPD, Para Asisten, para pejabat lingkungan Pemkab Labuhanbatu dan ratusan penonton pendukung kesebelasan. [ Red/Akt-16 ]

 

AktualNews

Diberdayakan oleh Blogger.