DPK KNPI Kecamatan Kronjo Gelar Diskusi Literasi dengan Para Narasumber Bertema " BERDAYA DENGAN PENA"

DPK KNPI Kecamatan Kronjo Gelar Diskusi Literasi dengan Para Narasumber Bertema " BERDAYA DENGAN PENA"

Senin, 24 Januari 2022,

Tangerang, AktualNews – Dewan Pengurus Kepemudaan, Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPK KNPI) Kecamatan Kronjo menggelar kegiatan “GEBYAR KOLABORASI PEMUDA KREATIF” dengan menggandeng Relawan Literasi Indonesia (Relasi) dengan tema “Satukan Energi Literasi Menuju Indonesia Bangkit”. Minggu, 23 Januari 2022.

Acara ke dua digelar di ruangan terbuka di halaman Kecamatan Kronjo, pasca acara diresmikan oleh Camat Kronjo H.Tibi. Diskusi publik dengan para narasumber dengan mengangkat tema “BERDAYA DENGAN PENA” dimoderatori oleh perempuan muda dan cantik sebut saja Suheni Novita (Knpi Kronjo) ditemani lelaki tampan muda dan energik yaitu Ahmad Ramadhan Almuadam (Pengurus forum TBM Kab. Tangerang dan Relasi).

Narasumber pertama Ustad Adung Abdul Haris dengan Karya tulisnya “Sejarah Sumur Sentul” menjelaskan,
” kepada Anggota Karang Taruna khususnya pengurus KNPI Kecamatan Kronjo mengajak pasca acara diskusi ini, ada tindaklanjut dari teman – teman untuk melakukan riset di Pulau Cangkir.

Di samping kita ada anggota – anggota DPRD Kab Tangerang H. Fachrudin yang siap mensuport, bayangkan saja dari tahun 1700 sampai sekarang belum ada buku tentang sejarah Pulau Cangkir. Jadi sesuai dengan tema “Pemuda kreatif” percuma saya bicara tentang sejarah dan diskusi ini jikalau tidak ada tindaklanjut,” saya yakin teman – teman KNPI Kecamatan Kronjo sebagai putra wilayah bisa melakukan itu,” ucapnya.

Di lokasi yang sama, Narasumber kedua Ahmad Syaikhu, M.Hum yang juga seorang penulis dan dosen menerangkan,* membudayakan minat baca memang tak mudah. Perlu kerja-bakti, kerjasama, gotong-royong, tepatnya kerja-kerja kreatif. Dalam upaya itu, teman-teman KNPI Kecamatan Kronjo dan Relasi (Relawan Literasi Indonesia) bersama organisasi kepemudaan setempat, unsur pemerintah di wilayah kecamatan, dan lembaga kemasyarakatan lainnya, bahu-membahu berkolaborasi dalam Gebyar Kolaborasi Pemuda Kreatif, ” ujarnya.

Ahmad Syaikhu menambahkan,” bagaimana saya tidak merasa bangga bisa disandingkan dengan orang hebat, kreatif, dan banyak karya. Ada kang Langlang penulis script FTV asal Gandaria-Mekar Baru, juga H. Fakhruddin -Anggota DPRD Kabupaten Tangerang (asli wong Kronjo) yang juga seorang penulis novel, dan H. Adung Abdul Haris, penulis sejarah Sumur Sentul di kecamatan Kemiri.

Makanya saya rela stay, dari pagi sampai sore, hanya untuk memeriahkan rangkaian acara kolaborasi yang seru ini. Untuk itu, penting saya utarakan bahwa:
*Jika kau merasa bukan siapa-siapa, maka Menulislah* ,” Pungkasnya.

Lanjut pemaparan dari Anggota DPRD Kab Tangerang H. Fachrudin selaku narasumber ketiga dengan karya tulis novel,” saya apresiasi terhadap teman – teman kaula muda KNPI Kronjo berkolaborasi dengan Forum Literasi TBM, merubah dunia bukan hanya dengan fisik saja tapi dengan fikiran yang positif dan menggali potensi diri masing – masing. Sedangkan Literasi ini, membuat tulisan / khayalan yang harus dikembangkan, harus yakin bangsa yang maju adalah bangsa yang gemar membaca, jendela dunia untuk kita memahami dan mengerti sebagai motivasi untuk kita memacu kesuksesan,” pungkasnya.

Kemudian, Langlang Radawa selaku narasumber keempat dengan Karyanya di Movie Script FTV dan SCTV mangatakan,” saya mengapresiasi dari teman – teman KNPI Kronjo kerjasama yang baik dengan Literasi TBM ini adalah sesuatu hal yang baru, kegiatan ini penting digalakkan dan berharap bisa terus berlanjut.karena kegiatan ini lebih berkonsep, artinya tidak hanya sekedar berkerumun tetapi lebih bermanfaat untuk masyarakat. Budaya minat baca harus dikembangkan untuk menuju Kronjo lebih maju dan untuk Indonesia Bangkit,” tutupnya.

Gerakan Gebyar Kolaborasi Pemuda Kreatif Knpi Kronjo dengan Literasi TBM adalah salah satu upaya menyelamatkan negeri dengan narasi mengembangkan minat baca untuk Indonesia bangkit. [Red/Akt-56/suhermanroy]

 

AktualNews

TerPopuler