Anak Penjaga Rumah Dinas Peternakan Jadi Lurah Binong

Anak Penjaga Rumah Dinas Peternakan Jadi Lurah Binong

Selasa, 22 November 2022,


Tangerang
- AktualInvestigasi.com |  "Juhri Saputra, Lurah Binong, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang berasal dari keluarga yang sederhana. Dimana, sang ayah bekerja sebagai penjaga rumah dinas dan sang ibu hanya mengurus rumah tangga saja.


Ia menceritakan, ayahnya yang juga bekerja sebagai petani berusaha mencari penghasilan tambahan dengan bekerja sebagai penjaga rumah Dinas Peternakan Kabupaten Tangerang pada tahun 1980an (skarang Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan) Dimana, setiap hari Sabtu dan Minggu, sang ayah harus menjaga dan membersihkan rumah dinas tersebut.


"Ayah merupakan panutan bagi saya. Dari cara beliau beribadah, berjuang untuk keluarga dan bekerja dengan mengutamakan kejujuran," katanya, Senin (21/11).


Pria kelahiran 9 September 1977 ini mengatakan keberhasilannya saat ini tidak terlepas dari bimbingan sang ayah yang selalu mengingatkannya agar selalu bekerja dengan ikhlas dan jujur.


"Ayah hanya tamatan Sekolah Rakyat (SR) tingkat Sekolah Dasar (SD). Beliau bekerja hanya dengan keikhlasan dan kejujuran," ungkapnya.


Anak ke enam dari tujuh bersaudara ini mengatakan, sejak sang ayah bekerja menjaga rumah dinas, dirinya kerap mengikuti sang ayah. 


"Disana apa saja saya kerjakan mulai dari cuci piring, cuci mobil, bersihin rumah. Pokonya saya kerjakan yang bisa saya kerjain," ujarnya.


Pada tahun 2000, Juhri mulai aktif sebagai karyawan magang bagian administrasi di Dinas Peternakan Kabupaten Tangerang. 


"Sebagai seorang anak magang tentu penghasilan yang didapat masih terbilang sedikit. Apa lagi saat itu saya sudah menikah," katanya.


Setelah lebih kurang tiga tahun bekerja sebagai karyawan magang, Juhri sempat mencari sampingan lain dengan berjualan kantong pastik kresek di pasar.


"Sempat saya putus asa. Saya mau jadi tukang panggul di pasar waktu itu buat nambah penghasilan. Tapi saya sempat dua hari ikut teman saya jualan plastik kresek di pasar tradisional," ujarnya.


Namun, berkat dukungan sang istri, lanjut Juhri, dirinya mampu kembali bangkit dan memulai kesuksesannya sedikit demi sedikit.


"Masih ditahun 2003 saya masuk jadi honorer TKK di Dinas Peternakan. Kemudian Tahun 2005 saya diperbantukan di Badan Diklat (BKD) sebagai staf administrasi," ungkapnya.


Ditahun 2009, karier Juhri semakin menanjak. Ia diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan ditahun 2010 ayah 3 orang anak ini resmi menjadi Pwgawai Negeri Sipil (PNS) murni.


"Alhamdulillah 2011 promosi jadi Kasi Pemerintahan di Kelurahan Cisauk sampai 2014. Kemudian di akhir tahun 2014 saya kembali ke BKD sebagai Kasubid Pengadaan Pegawai pada BKPSDM Kabupaten Tangerang dan pada Oktober 2020 saya mendapatkan amanah sebagai Lurah Binong hingga saat ini," pungkasnya.

005/RED-AII/atr

TerPopuler