Proyek Peningkatan Jalan Aspal Hotmix di Desa Telaga Sari Cikupa Asal Jadi

Proyek Peningkatan Jalan Aspal Hotmix di Desa Telaga Sari Cikupa Asal Jadi

Selasa, 13 Desember 2022,


Cikupa, Tangerang
- AktualInvestigasi.com | Infrastruktur di suatu wilayah sangatlah penting, mengingat infrastruktur adalah salah satu modal suatu wilayah berkembang meningkat menjadi wilayah maju.


Pembangunan infrastruktur secara masif dan merata di seluruh pelosok tanah air merupakan suatu pondasi suatu wilayah untuk mampu berkompetisi dengan wilayah lain.


Namun kali ini tidak sesuai harapan, pembangunan infrastruktur Jalan hotmik Desa Talaga Sari RT.10 RW.02 Kecamatan Cikupa belum juga dua hari sudah alami retak-retak bagaikan diguncang gempa Bumi. Senin, 12/12/2022.


Diketahui sebelumnya peningkatan jalan hotmik tersebut dikerjakan oleh CV.Prisma Tiga Bersaudara, dengan anggaran senilai Rp. 128.714.000.00,- sumber dana APBDP Kabupaten Tangerang, TA 2022.


Dari pengamatan Awak Media pada hari Sabtu, 10/12/2022 yang lalu, diduga proyek dikerjakan asal-asalan, yang mana proses teknis pelaksanaannya tidak sesuai degan Rencana Anggaran Biaya (RAB).



Benar saja, belum juga dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, proyek tersebut sudah menjadi keluhan dan perbincangan, yang mana baru juga dua hari pengerjaannya selesai, proyek peningkatan jalan hotmik sudah mengalami kerusakan.


Dari penelusuran Awak Media di lokasi, peningkatan jalan hotmik tersebut memang benar mengalami retak dan menjadi perbincangan beberapa masyarakat setempat.


Salah satunya dikeluhkan oleh warga yang berinisial W, menurutnya waktu pengerjaan memang terlihat tidak ada pengerasan terlebih dahulu sebelum diaspal, terlihat ingin buru-buru selesai pengerjaannya.


"Padahal belum ada mobil yang lewat kesini tapi sudah rusak, kemarin juga pekerjanya kita kasih es banyak juga tuh, tapi ko pengerjaanya asal-asalan begini, heran sayamah," ucap inisial W kepada Awak Media. 


Disisi lain, Dori selaku RW setempat saat dikonfirmasi Awak Media terkait peningkatan jalan hotmik yang rusak dan dikeluhkan warganya itupun mengatakan, bahwa dirinya dan masyarakat setempat menginginkan peningkatan jalan hotmik yang rusak segera diperbaiki.


"Tentu kami sebagai penerima manfaat dari perbaikan jalan ini, bisa benar-benar merasakan kualitas jalan yang bagus sesuai spek yang sudah ditentukan," ujarnya kepada Awak Media. 


Ditempat yang sama, Aryani mantan Sekertaris Desa (Sekdes) yang kebetulan berada di lokasi pun meminta kepada CV.Prisma Tiga Bersaudara agar meninjau ulang dan memperbaiki jalan yang belum apa-apa sudah retak tersebut.


"Ya kita minta jalan yang rusak ini bisa segera di perbaiki,"  tutur Aryani. 


Tak sampai disitu, Awak Media langsung mendatangi Kantor Desa Telaga Sari untuk menggali informasi lebih lanjut, namun menurut keterangan Kasi Perencanaan Desa saat dikonfirmasi Awak media, ia tidak mengetahui terkait pelaksanaan teknis pengerjaan di lapangan, karena menurutnya proyek tersebut aspirasi dari dewan.


"Kita sebagai Pemerintah Desa sifatnya hanya mengetahui saja, terkait spek dan kualitas tidak sesuai Anggaran Rencana Biaya, itu bisa di tanyakan langsung kepada kontraktornya," terang Kasi Perancangan Desa Talaga Sari. Senin 12/12/2022.


Seharusnya pihak Dinas terkait lebih selektif lagi dalam penunjukan kontraktor yang akan mengerjakan suatu proyek, sehingga dikemudian hari tak menimbulkan polemik di kalangan masyarakat, apalagi sampai merugikan hajat hidup orang banyak.


Anggaran yang di gelontorkan oleh Negara untuk infrastuktur pun bukan main-main, terbilang cukup besar. Tentu dengan nilai anggaran yang besar itu pula Negara menaruh harapan, agar pengerjaan infrastruktur bisa terlaksana dengan baik dan benar.


Sampai berita ini di terbitkan, Dinas Bina Marga Dan Sumber Daya Air Kabupaten Tangerang Belum Dapat Dikonfirmasi.[Red /AI 013/Tiem]

TerPopuler