Wakil Bupati Lebak Membuka Focus Group Discussion (FGD) Pembentukan Kawasan Industri Hijau Cileles Di Kabupaten Lebak

Wakil Bupati Lebak Membuka Focus Group Discussion (FGD) Pembentukan Kawasan Industri Hijau Cileles Di Kabupaten Lebak

Jumat, 23 Desember 2022,


Lebak
- aktualinvestigasi.com | Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi menghadiri sekaligus membuka Focus Group Discussion (FGD) Pembentukan Kawasan Industri Hijau Cileles Di Kabupaten Lebak, bertempat di Aula Multatuli Setda Lebak, Rabu (21/12/2022).


Acara dihadiri oleh 75 peserta FGD yang terdiri dari Unsur OPD terkait, Perbankkan, Perusahaan dan tokoh masyarakat dengan narasumber yaitu Deputi Perwilayahan Industri Kemenperin Republik Indonesia, Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Provinsi Banten dan Kepala DPMPTSP Kabupaten Lebak. 


Dalam laporannya Sekretaris DPMPTSP Lebak, Rukim selaku Ketua Panitia FGD melaporkan dalam rangka meningkatkan pertumbuhan investasi di Kabupaten Lebak saat ini Pemkab Lebak tengah menyusun rencana pembentukan kawasan industri hijau cileles di kabupaten lebak dimana direncanakan luas rencana kawasan industri dimaksud adalah 3.190 Ha tersebar di Desa Prabugantungan, Desa Cipadang, Desa Pasindangan, Desa Cikareo, Desa Mekarjaya dan Desa Margamulya.



"Kawasan industri tersebut sudah ditetapkan dalam revisi peraturan daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Lebak 2022-2042" Ungkap Ketua Panitia FGD.


Wabup Lebak  dalam sambutannya menjelaskan bahwa Kabupaten Lebak merupakan salah satu Kabupaten terbesar di Provinsi Banten yang memiliki sumber daya alam yang melimpah dengan perkebunan dan pertanian menjadi sektor yang memberikan kontribusi terbesar terhadap perekonomian daerah dimana hal tersebut menyimpan peluang untuk dapat dikembangkan dielaborasikan dengan konsep kawasan industri hijau

yang mengedepankan konsep ramah energi dan pengurangan dampak limbah.


"Berdasarkan hasil kajian Pra FS yang dilaksanakan oleh Kementerian Investasi/BKPM-RI salah satu calon lokasi potensial untuk kawasan industri hijau di Kabupaten Lebak yaitu lahan seluas 3.192 hektare yang terletak di Kecamatan Cileles" Ungkap Wabup Lebak 


Wabup juga berharap melalui pembentukan Kawasan Industri Hijau ini dapat membangun iklim investasi yang baik sehingga pertumbuhan perekonomian di Lebak dapat meningkat. Untuk itu Wabup juga berharap dukungan seluruh stakeholder agar kawasan industri hijau dapat segera terwujud.


Dalam acara itu juga dilakukan penandatanganan surat pernyataan dukungan pembentukan kawasan industri hijau oleh berbagai stakeholder terkait seperti PLN dan Telkom.

(006/RED-Al/lll/2022/Mujahidin)

TerPopuler