Simeulue, Aktual News- Dalam rangka mengenang keteladanan wali Allah Tengku Khalilullah atau yang akrab di kenal warga Simeulue sebagai Tengku Diujung, Kapolres Simeulue AKBP Panji Santoso melaksanakan giat acara Haul.

Acara Haul tersebut dilaksanakan di Makam Tengku Khalilullah Desa Latak Ayah Kecamatan Simeulue Cut, Kabupaten Simeulue pada Sabtu (8/1).

Adapun Haul yang dalam pengertian bahasa merupakan tradisi peringatan kematian seseorang dengan tujuan mendoakan ahli kubur agar semua amal ibadah yang dilakukannya diterima Allah sekaligus mengenang keteladanan semasa hidup dari tokoh yang diperingati tersebut.

Acara yang di sambut antusias dan dukungan penuh dari semua kalangan masyarakat serta ulama se-kabupaten Simeulue tersebut mendapat apresiasi yang luar biasa karena merupakan yang pertama kalinya digagas langsung oleh Kapolres di Simeulue, Ujar Yusuf Daud Ketua Projo DPC Simeulue kepada awak media Aktual News.

“Kita benar-benar apresiasi dan sangat bangga atas acara yang digagas Bapak Kapolres ini mengingat jasa Tuanku Tengku Diujung adalah Tokoh pembawa penyebaran Agama Islam pertama kalinya ke Simeulue” Sebut Yusuf.

Ketu Projo bersama KH.Nuril Arifin

Sementara KH. Nuril Arifin atau akrab disapa Gus Nuril yang menghadiri acara tersebut dalam tausiyahnya menyampaikan arti pentingnya mengingat tokoh masyarakat yang sudah berjasa serta pentingnya melestarikan budaya, jelas Yusuf.

Sekali lagi sebagai warga Simeulue saya sangat berterima kasih atas diselenggarakannya acara ini, terima kasih Bapak Kapolres dan Mbah Gus Nuril yang sudah jauh-jauh datang menghadiri acara Haul di Makam Penghulu yang di mulyakan oleh segenap warga Simeulue ini. Tutup YusufDaud. [Red/Akt-25/As]

 

Aktual News.

Bogor, Aktual NewsPergantian jabatan atau alih tugas di lingkungan organisasi TNI AD merupakan hal yang biasa dan menjadi bagian dari dinamika organisasi yang berkaitan dengan pembinaan personel dan pembinaan satuan. Dan ini adalah salah satu hal yang dipandang sebagai upaya perwujudan untuk meningkatkan kinerja setiap personel yang mewakili organisasi, pemahaman, harapan, tugas, fungsi dan peran dapat diemban dengan sebaik-baiknya. Melalui serah terima jabatan ini, juga diharapkan akan memacu semangat dan kreativitas, sehingga melahirkan ide serta pikiran baru dalam rangka memberikan pengabdian yang terbaik bagi kemajuan TNI Angkatan Darat, Bangsa dan Negara. Hal tersebut dijelaskan oleh Danrem 061/Sk Brigjen TNI Achmad Fauzi S.I.P.,M.M. saat menyampaikan sambutannya pada lepas sambut Dandim 0621/Kab.Bogor dan juga Kapolres Bogor dari pejabat lama ke pejabat baru di Auditorium Setda Kabupaten Bogor, Jum’at (7/1).

Dalam sambutannya, Danrem 061/Sk juga menyampaikan bahwa jabatan apapun yang di percayakan di pundak kita, merupakan amanah dari Tuhan yang Maha Kuasa yang kelak akan di mintai pertanggungJawabannya. Dan dalam kaitan tugas dan tanggung jawab Kodim 0621/Kab.Bogor sebagai satuan kewilayahan, maka peran Dandim sangat penting dalam rangka mendukung tugas Korem dan juga tugas Forkopimda, karena Dandim memiliki peran yang sangat strategis dalam hal melakukan upaya pembinaan wilayah karena Kodim dan jajarannya bersentuhan langsung dg masyarakat, baik dalam merencanakan, mengkoordinasikan dan mengendalikan, serta pemeliharaan kehidupan kemanunggalan TNI dengan rakyat agar terciptanya stabilitas wilayah yang kondusif. ” Tambahnya.

Diakhir sambutannya Danrem mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tulus kepada Letkol Inf Sukur Hermanto yang telah menyelesaikan tugas dan tanggung jawab dengan baik sebagai Dandim 0621/Kab. Bogor. Danrem menambahkan bahwa ia yakin dengan berbagai pengalaman tugas yang telah dimiliki, tentunya akan terus memberi sumbangsih dan karya tebaik dalam melaksanakan tugas selanjutnya. “Terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dedikasi serta loyalitas dalam pelaksanaan tugas selama di Satuan ini. Selamat bertugas di tempat yang baru,” pungkas Danrem.

Dan kepada Letkol Kav Gan gan Rusgandara sebagai Dandim 0621/Kab. Bogor Ia mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas, diiringi harapan semoga sukses selalu dalam melaksanakan tugas dan pengabdiannya di Kabupaten Bogor.
“Segeralah beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan tugas yang baru. Berbagai tantangan tugas, sudah menunggu untuk segera diselesaikan. Hal-hal positif dan yang sudah baik agar terus dilanjutkan dan ditingkatkan. Sedangkan, yang masih kurang agar diperbaiki, dibenahi dan disempurnakan,” pungkasnya.

Dan sebagai pejabat lama yang akan meninggalkan tugasnya di wilayah Kabupaten Bogor, Letkol Inf Sukur Hermanto dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Komandan Korem 061/Sk, dan juga kepada Forkopimda Kabupaten Bogor, kemudian kepada Bupati Kabupaten Bogor serta Ketua Dewan yang selama ini sudah bekerjasama dalam menjaga kondusifitas wilayah dan membangun Kabupaten Bogor sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu Ia juga memohon maaf apabila selama berdinas di Kabupaten Bogor ada hal-hal yang salah yang Ia lakukan baik dari perkataan tingkah laku.

” Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas segala dukungan dan bantuan kepada satuan kami dan terkhusus kepada kami pribadi dan keluarga.” Pungkas Dandim.

Sedangkan sebagai pejabat baru, Letkol Kav. Gan Gan Rusgantara pada kesempatan tersebut memperkenalkan diri kepada seluruh jajaran TNI/Polri dan Forkopimda Bogor termasuk kepada stakeholder. Dan Ia pun juga mengatakan bahwa saat ini Ia siap untuk mengemban amanah yang telah dipercayakan kepadanya sebagai Komandan Kodim 0621/Kab.Bogor.

” Kami siap mendukung untuk program program Bupati bogor agar Kabupaten Bogor tetap maju, nyaman dan berkeadaban. Dan kami mohon doa restu terutama dari Forkompimda agar bisa membawa Kabupaten Bogor dengan aman dan kondusif.

Hj. Ade Yasin selaku Bupati Bogor pada kesempatan yang sama mengucapkan terimakasih kepada pejabat lama Dandim 0621/Kab Bogor dan Kapolres Bogor yang selama ini lebih kurang satu tahun bekerjasama/berkolaborasi dalam membangun Kabupaten Bogor. Diantaranya kolaborasi dalam membangun jembatan rawayan kemudian pelaksanaan percepatan vaksinasi di wilayah Kabupaten Bogor lalu pengamanan diberbagai event di wilayah Kabupaten Bogor, yang mana TNI Polri dan Forkopimda bekerja sama bahu-membahu dalam melaksanakan dalam segala kegiatan.

Turut hadir dalam Sertijab tersebut, Danlanud ATS , Komisioner Kompolnas, Ibu Poengky Indarty, Komisioner Komnasham, Bpk. Chaerul Anam, Anggota DPR RI, Elly Rachmat Yasin, Ketua DPRD Kab. Bogor, Rudi Susmanto, S.Si., Sekda Kab. Bogor, Drs. Burhanudin, M.Si., Kepala Kantor Kementrian Agama Kab. Bogor, Drs, H.Abas Resmana, M.Si., Ketua MUI Kab. Bogor Bpk. DR., KH. Ahmad Mukri Aji MA., MH. serta para tamu undangan. [ Red/Akt-01 ]

 

 

AktualNews

Semarang, Aktual News – Kapolda Jateng melalui Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy, mengimbau masyarakat untuk bijak menggunakan izin pemasangan listrik khususnya di persawahan. Hal ini diungkapkan Iqbal menyikapi pemberitaan media massa terkait jatuhnya sejumlah korban jiwa akibat tersengat jebakan tikus berlistrik di persawahan.

“Sudah banyak korban jiwa yang meninggal akibat jebakan listrik di persawahan. Di Sragen, Kudus dan beberapa daerah lain. Terakhir seminggu lalu, Hadi Sukarno, 65, warga Patihan Sidoharjo, Sragen meninggal karena jebakan listrik. Dia menjadi korban ke 23 kasus seperti sejak 2020 di Sragen” ungkap Kabidhumas, Jumat (7/1).

Ditambahkan, kebanyakan kasus seperti ini bermula dari penyalahgunaan ijin pemasangan listrik oleh warga. Izin yang semula di gunakan untuk pemasangan pompa air persawahan tapi digunakan juga untuk memasang kawat listrik jebakan tikus.

“Jatuhnya korban jiwa karena jebakan listrik itu seperti itu patut disayangkan. Pemasangan jaringannya bisa jadi tidak sesuai prosedur keselamatan dan ilegal,” sebut Iqbal.

Pihak Polda Jateng, tandas Iqbal, sudah mengkoordinasikan tentang teknis izin pemasangan listrik di persawahan. Pengajuan izin tersebut, harus melewati beberapa tahap. Antara lain mengurus surat perizinan berusaha berbasis risiko yang dikeluarkan dari Kementrian Investasi /Kepala Badan Penanaman Modal atas rekomendasi dinas di Pemda.

“Untuk pengurusan izin bisa diperoleh secara online,” tambah Iqbal.

Langkah selanjutnya, menurut Iqbal, adalah mendaftar ke PLN dengan menyertakan surat pernyataan bahwa listrik akan digunakan sesuai ketentuan.

“Adapun pernyataan yang ditulis adalah untuk menggunakan sesuai peruntukannya yaitu untuk pompa air guna mengaliri sawah,” tandasnya.

Namun dalam banyak kasus, tambah M Iqbal, warga menggunakan listriknya tidak hanya untuk memompa air, tapi juga untuk memasang jebakan tikus.

“Menghilangkan nyawa orang lain seperti itu melanggar pasal 359 KUHP yang berbunyi barang siapa karena kesalahannya (kealpaannya) menyebabkan orang lain mati, diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau pidana kurungan paling lama satu tahun,” tegasnya.

Kabidhumas melanjutkan, setiap orang yang berniat memasang jebakan listrik harus mengurungkan niatnya itu, karena melanggar aturan dan membahayakan nyawa orang lain.

“Itu pelanggaran dan berkonsekuensi pidana. Siapa yang masih melanggar, beresiko dipenjara,” tutupnya. [ Red/Akt-52/Dawam/Humas ]

 

AktualNews

Bogor, Aktual NewsSebanyak 100 bantuan paket sembako dan santunan tali asih diberikan oleh Danrem 061/Sk Brigjen TNI Achmad Fauzi S.I.P.,M.M. kepada anak-anak yatim piatu dan Disabilitas yang tinggal di Kota Bogor, Jum’at (6/1).

Bantuan ini adalah bentuk kepedulian terhadap anak-anak yatim-piatu yang memang ini adalah tanggung jawab siapapun yang mampu untuk saling berbagi. Korem 061 sendiri melaksanakan kegiatan berbagi seperti ini sudah sebanyak lebih dari 45 kali yang digelar baik di Makorem maupun di 5 wilayah jajaran Korem 061/Sk, hal itu disampaikan oleh Danrem usai memberikan bantuan kepada anak-anak yatim piatu yang digelar di depan Masjid Nur Inayah Makorem 061/Sk Jl.Merdeka no.64 RT 004/03 Kelurahan Ciwaringin Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor.

Selanjutnya Danrem menyampaikan beberapa hal lainnya kepada anak-anak yatim-piatu, Danrem mengingatkan agar belajar lebih giat lagi dan tetap semangat serta rajin berdoa.
” Kesempatan untuk sukses adalah milik siapa saja, termasuk milik anak-anak yatim piatu dan disabilitas, oleh karena itu maka jangan pernah berkecil hati, kesempatan bisa kalian raih asalkan kalian bersungguh-sungguh dalam mengejarnya, asalkan kalian rajin belajar, berdo’a dan selalu semangat. Kedepannya bangsa ini tentunya akan dilanjutkan oleh kalian, bangsa ini membutuhkan orang-orang yang hebat, dan diantaranya adalah kalian. ” Ujar Danrem.

Kemudian lanjutnya, Danrem menghimbau agar anak-anak bangsa tidak terpengaruh budaya yang salah, jangan melakukan hal-hal yang dilarang, yang dapat merusak diri sendiri. Dan kemudian Danrem juga menghimbau agar selalu mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 5M.

Pelaksanaan Jumat berkah Korem 061/Suryakancana juga dihadiri oleh Kasrem 061/Sk Kol.Inf Mahesa Fitriadi S,A,P. Kemudian, Mayor (K) Zurnalita selaku Pasi Pers Korem 061/Sk, Pasiter Korem 061/Sk Mayor Arm Nanda, Pabintal Rem Letda Inf Entis Sutisna S.E, Ketua Persit KCK Kirana Koorcab Rem serta para PNS Korem 061/Sk. [ Red/Akt-01 ]

AktualNews

 

Diberdayakan oleh Blogger.