Labuhanbatu, AktualNews-Ketua TP. PKK Kabupaten Labuhanbatu Ny.dr.Hj.Maya Hasmita Erik Adtrada Ritonga,Sp.OG,MKM, mendukung Asi Eksklusif Mencegah Stunting yang dirangkai dengan peluncuran Pil KB bagi Ibu Menyusui secara daring di Puskesmas kota Rantauprapat Kecamatan Rantau Utara Rabu 19/1/2022.

Kegiatan dimaksud diselenggarakan oleh BKKBN pusat dan diikuti oleh beberapa BKKBN provinsi seperti Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Sulawesi Selatan dan Provinsi Lainnya.

Ketua TP. PKK Kabupaten Labuhanbatu
pada kesempatan itu mengajak kepada para ibu-ibu menyusui dan hamil untuk mengikuti program Keluarga Berencana (KB) guna mencegah Stunting dan hal-hal lainnya.

Beliau Juga Menyampaikan agar Ibu-Ibu rajin membawa anaknya ke Posyandu untuk mendapatkan vitamin guna meningkatkan imun tubuh bagi anak-anak,”  karena anak adalah titipan dari Tuhan dan Asset Masa Depan yang harus kita jaga dan rawat,” ujarnya.

Di akhir kata dr.Maya mengucapkan terima kasih kepada para ibu-ibu yang sudah melakukan vaksinasi guna mencegah penyebaran covid 19, ” bagi yang belum kami harapkan untuk tidak takut di vaksin dan segera melakukan vaksinasi”, harapnya.

Di akhir acara Ketua TP PKK Kab. Labuhanbatu Ny.dr.Hj.Maya Hasmita Erik Adtrada Ritonga,Sp.OG,MKM memberikan vitamin,obat-obatan dan tali asih kepada ibu-ibu menyusui dan hamil sebanyak 20 orang.

Turut Hadir mendampingi, Kepala Dinas P2KB Kab. Labuhanbatu, Kepala Puskesmas Kota Rantauprapat, Pengurus Ikatan Dokter Indonesia Kabupaten Labuhanbatu, Pengurus Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten. Labuhanbatu, Pengurus TP PKK Kabupaten Labuhanbatu,dan para Ibu-Ibu menyusui dan hamil. [ Red/Akt-01 ]

 

AktualNews

Labuhanbatu, AktuaNews-Semua pihak yang terkait harus saling berkoordinasi untuk mensukseskan acara tersebut, hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S. Pd, MM dalam lanjutan rapat persiapan pelaksanaan musabaqah tilawatil qur’an Hadist ke-51 dan festival seni qosidah ke-36 tingkat kabupaten Labuhanbatu tahun 2022 di Ruang Rapat Kantor Bupati, Kecamatan Rantau Selatan Rabu (19/01/2022).

Dalam rapat tersebut diputuskan tanggal pelaksanaan musabaqah tilawatil qur’an Hadist ke-51 dan festival seni qosidah ke-36 tingkat kabupaten Labuhanbatu tahun 2022 akan diundur dari yang seharusnya tanggal 9-14 februari 2022 menjadi tanggal 15-19 februari 2022 dan dilaksanakan di Lapangan Sepakbola PT. Pangkatan (Sivef) Kecamatan Pangkatan.

Tema yang diambil adalah “Dengan MTQ ke-51 dan Festival Nasyid ke-36 mari Kita Bolo Labuhanbatu dengan Pengamalan Nilai Al’quran dan Semangat Seni Budaya Islam untuk Mewujudkan Labuhanbatu Berkarakter dan Maju”.

Dalam arahannya Sekda Labuhanbatu Ir. M. Yusuf Siagian, M. MA mengatakan agar camat yang menjadi tuan rumah untuk berkoordinasi dengan pihak Event Organizer (EO) untuk menfinalkan persiapan acara tersebut serta berkoordinasi dengan pihak Kodim 0209/LB dan Polres Labuhanbatu untuk pelaksanaan Prokes Covid-19 agar acara tersebut tidak menjadi tempat penyebaran Virus Covid-19.

“Untuk camat yang menjadi tuan rumah agar terus berkoordinasi dengan pihak EO untuk menfinalkan acara ini dan koordinasi juga dengan kodim 0209/LB dan Polres Labuhanbatu untuk pelaksanaan prokes covid 19 agar jangan sampai acara ini menjadi tempat penyebaran virus covid-19,” kata Sekda.

Turut hadir dalam rapat ini Asisten l Drs. H. Sarimpunan Ritonga, M. Pd, Plt Asisten II Ikramsyah Putra, MM, Para Kepala OPD dan perwakilan, Pewakilan Kodim 0209/LB, Perwakilan Polres, Kepala Kantor Kemenag Labuhanbatu, Ketua MUI Labuhanbatu, Perwakilan PUDAM, LASQI, LPTQ, dan tamu undangan lainnya. [ Red/Akt-01 ]

 

AktuaNews

Bogor, AktualNews-Dengan didampingi oleh Brigjen TNI Ahmad Fauzi S.I.P., M.M. selaku Danrem 061/Sk, Pangdam lll/Slw Mayjen TNI Agus Subiyanto SE., M.Si yang didampingi juga oleh Asintel Kasdam lll/Slw Kolonel Inf Muhammad Tohir, kemudian Danpomdam lll/Slw Kolonel. Cpm Tugino, Kapendam lll/Slw Kolonel Inf Ari Tri Hedianto, Kazidam lll/SLW Kolonel Czi Chandra Adibrata, Kabekangdam lll/SLW Kolonel Cba Irawan melaksanakan kunjungan kerja ke wilayah Kodim 0621/Kab.Bogor Korem 061/Sk di Makodim 0621 Jl. Tegar beriman Kelurahan Tengah Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Selasa (18/1).

Adapun kegiatan kunjungan kerja Pangdam lll Siliwangi tersebut yaitu dalam rangka silaturahmi dengan Forkopimda Kabupaten Bogor serta untuk melakukan koordinasi terkait permasalahan lahan di wilayah Kabupaten Bogor, yang mana salah satunya telah dipergunakan sebagai pembangun rumah pengungsian pasca bencana alam di Sukajaya dan Cigudeg, di mana itu telah menjadi kendala, diantaranya terkait permasalahan penggantian pohon dan pembebasan lahan di wilayah PTPN. Keterangan tersebut disampaikan oleh Pangdam III Siliwangi.

Kemudian ia menambahkan bahwa rencananya pada tahun 2022 akan dibangun kembali rumah untuk warga masyarakat yang terdampak dari bencana di Sukajaya dan Cigudeg yaitu sebanyak 500 rumah. Dan terkait hal tersebut diatas Bupati Bogor Ade Yasin juga menyampaikan hal yang sama bahwa di mana Pemkab Bogor akan terus memperhatikan warga masyarakat yang terdampak bencana Sukajaya dan Cigudeg. dan rencananya Pemkab Bogor juga akan merencanakan kembali untuk pembangunan 1000 rumah lagi.

Dan terkait covid-19 Pangdam menyampaikan bahwa saat ini untuk pelayanan vaksinasi di wilayah Jawa Barat sudah hampir mencapai 80%, sedangkan untuk wilayah Banten belum mencapai target yang diharapkan dan semoga dalam minggu-minggu ini bisa mencapai 70%. untuk varian Omricon di kabupaten Bogor sudah ada yang terinfeksi akan tetapi hanya 1 orang dan itu pun sudah dinyatakan negatif. Pangdam menjelaskan bahwa ia bersama jajarannya terus aktif menghimbau kepada warga masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, bagaimanapun juga semua harus tetap waspada akan penyebaran virus tersebut.

Dan untuk terkait Covid- 19 ataupun varian Omicron Bupati Bogor menjelaskan bahwa untuk menghindari penyebaran covid-19 Forkopimda Kab Bogor sudah melakukan antisipasi di wilayah, misalnya dengan penerapan PPKM di beberapa titik khususnya di area wisata.

” Hari ini sudah terjadi lonjakan yang cukup tinggi ada 42 orang terinfeksi covid akan tetapi itu belum dapat dipastikan apakah itu termasuk kasus varian omicron atau bukan. Namun ini tetap menjadi perhatian atau warning bagi kita agar selalu berhati-hati, kurangi kerumunan dan jangan melakukan aktivitas yang tidak penting atau batasi kegiatan diluar rumah.” Ujar Bupati.

” Dan terkait ini juga tentunya kami akan membahas bersama dengan tim satgas covid 19 yang mana dalam hal ini terkait persiapan kedepannya menghadapi yang menurut pemerintah pusat akan terjadi lonjakan varian Omicron. Kita harus mengantisipasi jangan sampai lonjakan kali ini seperti pada kasus di tahun yang lalu, jadi mudah-mudahan semua bisa teratasi. Wilayah Kabupaten Bogor dalam pelaksanaan vaksinasi dapat dipastikan sudah sesuai dengan target pemerintah pusat dan vaksinasi booster pun saat ini sedang berjalan, semoga ini bisa berjalan lancar tidak seperti tahun lalu. Dan selain itu Kabupaten Bogor sudah beberapa waktu yang lalu telah menerapkan penggunaan aplikasi pedulilindungi di tempat-tempat atau area publik lainnya misalnya di tempat wisata, perkantoran, mall dan lain sebagainya nya di tempat-tempat tersebut tentunya sudah menggunakan aplikasi pedulilindungi saat hendak memasuki area tersebut, yang artinya bahwa seseorang yang bisa masuk ke lokasi tersebut adalah orang yang sudah melakukan vaksin dosis pertama dan kedua.

Karena apabila sudah melaksanakan vaksinasi kedua tersebut maka seseorang dapat langsung menggunakan aplikasi pedulilindungi yang dalam aplikasi tersebut seseorang dapat dipastikan telah melaksanakan vaksinasi covid-19.” Terang Bupati.

” Jadi apabila ada warga masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi ataupun baru melaksanakan vaksin dosis pertama untuk segera melakukan vaksinasi baik vaksinasi dosis pertama maupun vaksinasi dosis kedua.” Pungkasnya.

Hadir pada kegiatan tersebut Danrem 061/Sk, Brigjen TNI Ahmad Fauzi, S.I.P, M.M., Kasilog Korem 061/Sk Kolonel Inf Soehardono, Dandim 0621/Kab. Bogor, Letkol Kav Gan Gan Rusgantara S.Hub.Int., Bupati Bogor, Hj. Ade Munawaroh Yasin SH., M.H., Ketua DPRD Kab. Bogor, Rudi Susmanto, S.Si., Sekda Kab. Bogor, Drs. Burhanudin, M.Si., Dandenpom III/1 Bogor, Letkol Cpm Anggun H. S.H. M.Sc., Kapolres Bogor, AKBP DR. Iman Imanuddin S.H.,S.I.K.,M.H., Wakil Ketua I DPRD Kab. Bogor, Agus Salim Lc., Kepala PN Cibinong Kab. Bogor, Bpk. Khamim Thoharis, SH.,M.Hum, Kajari Kab. Bogor, Bpk. Agustian Sunaryo S.H, C.N, M.H., Kepala BPN Kab. Bogor, Bpk. Sepyo Achanto, S.H., M.H. [ Red/Akt-01 ]

AktualNews

 

Medan, AktualNews – Diduga prilaku dua oknum guru SMP Negeri 28 Medan yang menghina siswi didiknya dengan pernyataan miskin dan bodoh beberapa hari lalu, mendapat kecaman keras dari DPRD Medan. Salah satunya dari anggota Komisi II Wong Chung Chen.

Tapi pihaknya, kata Wong Chung, akan memanggil Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan, Laksama Putra Siregar untuk dimintai keterangan.

“Kerena seorang guru harus memiliki etika yang baik dan benar dalam menyampaikan perkataan. Dalam waktu dekat Kadis Pendidikan akan kami panggil untuk dimintai keterangan,” terang Wong Chung, Selasa (18/1/2022)

Namun sebelumnya,ada dugaan penghinaan itu dikarenakan siswi itu belum bisa membayar uang sekolah.

Lalu masalah itu pun sempat dimediasi dan kedua oknum guru menyatakan permintaan maaf. Meski begitu, masyarakat tetap mengadukan hal itu kepada DPRD Medan.

Tapi Kepala Sekolah SMPN 28 Medan, Horas Pohan kepada awak media mengatakan, dua oknum guru di sekolahnya yang menghina siswa itu, juga sudah dipanggil Dinas Pendidikan dan sudah dibuat surat perjanjian.[ Red/Akt-35/Ansary]

 

 

AktualNews

Labusel, AktualNewsMusrenbang Desa Aek Goti yang digelar di balai pertemuan Desa Aek Dusun Pandan Sari Kecamatan Silangkitang Kabupaten Labuhanbatu Selatan Rabu 19/1/2022 berlangsung singkat, pasalnya Musrenbang dimaksud hanya di hadiri tiga OPD dan satu ketua tim.

OPD tersebut adalah Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian dan Satpol PP,

Kendati demikian 17 kepala dusun yang berada di Desa tersebut tetap mengajukan aspirasinya demi pembangunan di dusun mereka masing-masing.

Mewakili masyarakat didusunya, ke tujuh belas kepala dusun mengajukan tiga pokok permohonan, seperti Infrastruktur, Sosial Budaya dan Ekonomi Kemasyarakatan.

Mengawali kegiatan, Pj. Kepala Desa Aek Goti Sarino, S.Sos, mengajak kepada peserta Musrenbang untuk menyampaikan aspirasinya yang membangun daerah nya, baik pembangunan fisik bangunan maupun fisik SDM masyarakat.

Aspirasi yang saudara sampaikan tentunya akan menjadi bahan pertimbangan, meskipun tidak semuanya terealisasi namun apa yang bapak ibu sampaikan akan menjadi bahan yang akan dibahas di intansi terkait.

Mengapa, mungkin bapak ibu berfikir Musrenbang tinggal judul saja, yang tidak kunjung terealisasi, perlu kita fahami kemungkinan besar ada daerah lain yang dinilai menjadi prioritas.ucap Sarino.

Sekretaris Camat Silangkitang Giono, S,Pd, Juga mengajak peserta yang berhadir untuk menyampaikan ide maupun aspirasinya untuk meningkatkan pembangunan daerahnya meskipun hari ini aspirasi tersebut belum bisa disahuti.

Dikesempatan itu, ketua BPD Desa Aek Goti Achmad Rojali Siregar menegaskan kiranya Pemda Labusel memberikan kepastian batas Desa, antara desa Aek goti dan kampung dalam, karena menurut Mat jali agar tidak terjadi tumpang tindih jika nantinya pihak desa akan melakukan pembangunan fisik.

Menyikapi pernyataan ketua BPD Desa Aek Goti itu, ketua tim Musrenbang Desa Aek Goti Ismail Sulaiman ST, menyebutkan, hari ini kita hadir bersama beberapa OPD, yang siap mendengar usulan masyarakat baik itu infrastruktur, Sosial Budaya dan Ekonomi.

Permasalahan tapal batas kiranya pihak BPD melakukan proses administrasi ke Tarahan pemerintah, ” buatlah usulanya sesuai dengan volumenya agar menjadi pembahasan di renja OPD tahun 2023. Ujarnya.

Lebih lanjut di ucapkan Ismail, seharusnya usulan masyarakat ini di sahuti oleh dinas bersangkutan, namun kebanyakan dinas tidak berhadir saya juga akan sampaikan usulan bapak ibu ke tingkat kabupaten.tegasnya.

Dari pantauan awak media, beberapa kalangan sangat menyayangkan Musrenbang Desa Aek Goti kali ini, aspirasi masyarakat yang seharusnya didengar langsung oleh instansi berkaitan, kali ini mengambang. ” Tidak ada kesan berbobot Musrenbang kali ini” ujar Rahmad. [ Red/Akt-16/R.Yazis Purba]

 

AktualNews

Labuhanbatu, AktualNewsSebagai bentuk kepedulian dengan ibu – ibu penyapu jalan DLH (Dinas Lingkungan Hidup) bekerjasama dengan YKI (Yayasan Kanker Indonesia) cabang Labuhanbatu mengadakan Penyuluhan Tentang Kanker Payudara untuk ibu – ibu penyapu jalan di Aula Kantor Dinas Lingkungan Hidup, Kecamatan Rantau Selatan, Rabu (19/01/2021).

Ketua YKI cabang Labuhanbatu Ny. dr. Maya Hasmita Erik Adtrada Ritonga, MKM dalam Sambutannya mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memberikan arahan mengenai pencegahan kanker payudara. Dan berharap ibu – ibu yang hadir hari ini dapat menjadi perpanjangan tangan kami untuk mensosialisasikan kepada masyarakat luas atau paling tidak kepada keluarga sendiri.

“Tujuan kami mengadakan kegiatan ini agar ibu – ibu mendapatkan ilmu bagaimana cara pencegahan dan menditeksi sejak dini kanker payudara dan saya juga berharap agar ibu – ibu dapat menjadi perpanjangan tangan kami untuk mensosialisasikan tentang kanker kepada masyarakat atau paling tidak kepada keluarga,” kata Maya.

YKI cabang Labuhanbatu dan PKK juga sedang menggalakkan IVA test untuk pencegahan kanker serviks. Pemeriksaan IVA test juga akan diberikan gratis. Jika perlu akan mendatangkan langsung dokternya untuk melakukan pemeriksaan kepada ibu – ibu.

“Saya sebagai ketua YKI cabang Labuhanbatu bersama PKK Labuhanbatu sedang menggalakkan IVA test untuk pencegahan kanker serviks, salah satu program kami adalah pemeriksaan gratis di puskesmas, salah satunya adalah Puskesmas Rantau Selatan. Jadi saya menghimbau agar ibu – ibu untuk melakukan pemeriksaan ke puskesmas jika diperlukan kami akan mendatangkan langsung dokternya untuk melakukan pemeriksaan kesini,” ucap Maya.

Sementara itu, Plt Kadis Lingkungan Hidup Sortauli Triana Manurung, ST mengucapkan terimakasih kepada YKI cabang Labuhanbatu karna telah peduli dengan ibu – ibu penyapu jalan untuk ikut serta dalam penyuluhan kanker. dan saya berharap kegiatan ini akan terus berlanjut terlebih tentang penyuluhan mengenai IVA test dan kami dari DLH akan menfasilitasi kegiatan tersebut.

Turut hadir Sekertaris YKI cabang Labuhanbatu Ir. Hj. Diah Aulidan Yusuf Siagian, Friska Simanjuntak, SKM, dr. Nuraini Siregar, MKM, dr. Melti Apriana. [ Red/Akt-01 ]

 

AktualNews

Bogor, AktualNews– Muspika Kec Megamendung bekerjasama dengan PT Eiger Adventure Land menggelar Vaksinasi massal di Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor, di Aula Kantor Desa Sukagalih Kp.Cikopo Selatan RT 001/001. Vaksinasi ini diperuntukkan bagi masyarakat umum wilayah sekitar dengan menggunakan vaksin sinovac, vaksin Jhonson dan vaksin astrazeneca, Selasa (18/1).

Untuk vaksin sinovac jumlah warga masyarakat yang tervaksin untuk dosis pertama sebanyak 20 orang dan untuk dosis kedua sebanyak 133 orang, kemudian untuk Vaksin Johnson hanya suntikan dosis pertama saja yaitu sebanyak 33 orang, sedangkan vaksin astrazeneca jumlah yang tervaksin yaitu 328 orang itu adalah suntikan vaksin dosis kedua. Jadi jumlah keseluruhan warga masyarakat di wilayah Megamendung Desa Sukagalih yang tervaksin yaitu sebanyak 514 orang. Pada pelayanan vaksinasi massal ini, tim vaksinator yang bertugas membantu memberikan pelayanan vaksinasi kepada masyarakat yaitu sebanyak 26 orang yang terdiri dari tenaga kesehatan Puskesmas Sukamanah sebanyak 4 orang kemudian dari Korem 061/Sk Rumah Sakit Salak sebanyak 12 orang dan pendukung lainnya atau tim relawan sebanyak 15 orang.

Pelaksanaan vaksinasi kolaborasi gelaran Muspika Kec Megamendung bersama PT Eiger Adventure Land adalah sebagai wujud kepedulian dan perhatian PT.Eiger Adventure Land kepada warga masyarakat di wilayah Megamendung. Dan selain itu kegiatan tersebut adalah dalam rangka mendukung program pemerintah untuk menanggulangi wabah pandemi covid 19. Perlu diketahui memang saat ini coronavirus disease 19 di wilayah Kabupaten Bogor sudah melandai atau angka penyebarannya sudah mulai menurun, akan tetapi antisipasi harus tetap dilakukan oleh siapapun, jangan sampai semua lengah terhadap penyebaran covid-19. bahkan saat ini varian baru dari penyebaran wabah virus Corona sudah masuk ke tanah air yaitu varian Omicron, keterangan tersebut disampaikan oleh Imanuel N. Wirajaya selaku Direktur PT. Eiger Adventure Land saat dikonfirmasi oleh awak Media.

Vaksin ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan imunitas tubuh seseorang agar terhindar atau meminimalisir penularan wabah covid 19 ataupun omicron, jadi dengan itu maka PT. Eiger adventure land akan terus mendukung program Pemerintah terkait hal ini. Di mana saat ini pun PT Eiger Adventure Land bersama dengan Muspika Megamendung dan Kelurahan Sukagalih terus aktif memberikan yang terbaik untuk warga masyarakat sekitar, dengan harapan Megamendung dan wilayah sekitar segera terbebas dari covid-19 atau varian lainnya, atau menjadi zona hijau. Ucapan terima kasih juga disampaikan dari Muspika Kec Megamendung dan warga masyarakat kepada PT. Eiger yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, yang mana telah memberikan paket sembako kepada masyarakat yang sudah di vaksin.

Kegiatan vaksinasi massal kolaborasi antara PT Eiger adventure Land bersama dengan Muspika Megamendung mendapat apresiasi dan dukungan dari Danrem 061/Sk. Di mana menurut Brigjen TNI Ahmad Fauzi selaku Danrem, bahwa apa yang dilakukan oleh PT Eiger Adventure Land adalah satu hal yang luar biasa yang patut diapresiasi karena apa yang dilakukan oleh PT Eiger adalah salah satu bentuk kepedulian dari perusahaan anak bangsa kepada warga masyarakat di wilayah Megamendung dan sekitarnya. Terlebih Eiger pada kegiatan tersebut telah memberikan bantuan sembako kepada warga masyarakat dimana saat ini di tengah wabah pandemi covid 19 banyak warga masyarakat yang perekonomiannya terimbas. tentunya banyak warga masyarakat yang sangat membutuhkan uluran tangan dari berbagai pihak. Dan dengan adanya bantuan dari Eiger dapat dipastikan warga masyarakat sangat terbantu.

Kegiatan vaksinasi massal yang diprakarsai oleh Muspika Kec Megamendung dan Suport dr PT. Eiger langsung dipantau oleh Camat Megamendung, Danramil, Kapolsek dan , Kades Sugalih, serta perwakilan dari PT. Eiger Andri Haryadi serta dukungan Nakes dari Rumah Sakit Salak yaitu Letda Ckm Dr. Niko dan juga Dr. Ramli selaku kepala Puskesmas Sukamanah dan para relawan. [ Red/Akt-01 ]

 

AktualNews

 

Diberdayakan oleh Blogger.