Labuhanbatu, AktualNewsBupati Labuhanbatu dr. H. Erik Adtrada Ritonga, MKM dan Wakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S. Pd, MM menerima kunjungan kerja dari Bupati Tapanuli Selatan H. Dolly Putra Parlindungan Pasaribu, S. Pt, MM beserta rombongan di Ruang Data dan Karya Kantor Bupati Labuhanbatu jl. SM Raja, Kecamatan Rantau Selatan (21/01/2021).

Dalam sambutannya Erik mengucapkan selamat datang kepada Bupati Tapsel beserta rombongan.

“Saya ucapkan selamat datang kepada Bupati Tapsel beserta rombongan di tanah Ika Bina En Pabolo ini,” ucap Erik.

Daerah Kabupaten Labuhanbatu unggul dalam UMKM tetapi untuk pariwisata harus belajar dari Kabupaten Tapsel yang unggul dalam pariwisata salah satunya air terjun sijorni dan harapannya dari kunker tersebut dapat menciptakan sinergi potensi daerah agar dapat memaksimalkan potensi yang ada.

“Di Labuhanbatu ini unggul dengan UMKM nya akan tetapi untuk pariwisata labuhanhatu harus mengadopsi Kabupaten Tapsel yang beberapa pariwisatanya sudah berjalan dengan baik salah satunya air terjun sijorni untuk itu saya berharap dengan kunjungan kerja ini dapat menciptakan sinergi potensi daerah sehingga dapat memaksimalkan potensi yang ada,” tegas Erik.

Bupati Tapsel Dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas sambutan yang baik dari pemkab Labuhanbatu.

“Saya berterimakasih kepada Pemkab Labuhanbatu yang telah menerima saya beserta rombongan dengan baik,” ucap Dolly.

Ia Juga mengatakan dengan kunjungan tersebut Kabupaten Labuhanbatu dan Tapsel diharapkan menjadi saudara yang saling bersinergi untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat.

” Saya berharap dari kunjungan kami di Pemkab Labuhanbatu, kita dapat menjadi saudara yang saling bersinergi untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat, ” harapnya.

Dalam acara tersebut juga dilakukan pertukaran plakat dan cindramata, kemudian dilanjutkan dengan diskusi tentang potensi daerah dan strategi pengembangan kawasan terintegrasi.

Turut hadir, Sekda Labuhanbatu Ir. Yusuf Siagian, M.MA, Ketua TP PKK Labuhanbatu Ny. dr. Hj. Maya Hasmita Erik Adtrada Ritonga, Sp.OG, MKM, Para Asisten Sekdakab Labuhanbatu, Para Pimpinan OPD yang terkait, Ketua TP PKK Tapanuli Selatan. [ Red/Akt-01 ]

 

AktualNews

Labuhanbatu, AktualNews-“Fasilitas Kesehatan (Faskes) di Kabupaten Labuhanbatu harus bisa menyajikan data secara baik dan benar. Dan sudah saatnya kita wajib menggunakan teknologi dalam penyajian data” demikian ditegaskan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu, H. Kamal Ilham, SKM, MKM, melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Friska,E, Simanjuntak, SKM, MM.saat membuka pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengelola Data Dashboard KBPP di ball room Platinum Hotel Rantauprapat Jum’at 21/1/2022.

Faskes Labuhanbatu harus punya tim pengelola data KBPP yang melek teknologi, kini kita sudah memasuki jaman digital yang semua data bisa tersimpan dan tersusun rapi didalamnya, dari itu kita harus berusaha mengikuti perkembangan jaman. mari kita ikuti Pelatihan Pengelola Data Dasboard ini dengan serius.

Menurut Friska, dengan adanya portal dashboard ini akan membantu proses perencanaan. Selama ini mungkin kita kesulitan saat menampilkan data secara praktis karena perlu melihat kembali dari buku register yang digunakan. Jika data sudah di kelola dan di input secara baik dan benar, maka akan sangat memudahkan untuk menyusun perencanaan.

Dalam hal ini, Dinas kesehatan akan mendorong Fasilitas kesehatan untuk membentuk Tim Pengelola Data di setiap Fasilitas. Dengan pendekatan ini, data tidak lagi menjadi tanggungjwab personal saja, tapi ada ketua tim pengelola yang akan melaporkan ke manajemen Fasilitas. “Dan tim ini mesti dikuatkan dengan surat tugas atau SK dari pimpinan masing-masing, “ucapnya.

Disisi yang sama Friska menyampaikan, bahwa Angka Kematian Ibu tahun 2021 mengalami kenaikan menjadi 12 kasus. Kita berharap dengan meningkatkan cakupan KBPP akan berkontribusi pada penurunan angka kematian ibu. Hal ini membutuhkan keseriusan kita bersama. Untuk itu kita berharap program KBPP ini bisa kita perluas ke seluruh Fasilitas Kesehatan di Kabupaten,” tegas Friska.

Syafrimet Azis, Program Officer KBPP Pilihan Labuhanbatu, juga menyebutkan, Dashboard KBPP merupakan salah satu inovasi dalam pengelolaan data KBPP dan persalinan yang sangat penting. Syafrimet dalam paparannya mencontohkan analogi kendaraan, yang mana Dashboard sebagai reminder atau pengingat bagi pengendara bahwa ada masalah dengan kendaraan jika ada fitur yang menyala. Saat dashboard BBM berada pada posisi nol, maka pengendara harus segera menuju SPBU.

Demikian juga dengan dashboard KBPP yang digunakan untuk program KBPP. Tahapannya adalah Fasilitas kesehatan melakukan pencatatan data dengan benar, data diinput ke portal KBPP dan di sajikan dalam bentuk dashboard. Maka Pihak Manajemen fasilitas maupun OPD terkait (Dinkes dan DP2KB) mendapatkan informasi yang bisa berbicara tentang kondisi existing capaian KBPP maupun persalinan. Dan ini akan menjadi pengingat untuk masalah-masalah yang mesti diperbaiki,” ujar Syafrimet.

Dalam pelatihan ini, tim Jhpiego hadir dengan diperkuat oleh tim IT Jhpiego dari Jakarta, Yosephine Ryana dan Konsultan IT Rizky Azhar. “Pengenalan dashboard KBPP disampaikan secara simple dan memudahkan agar Dashboard ini tidak terkesan memberatkan, ” ujar Yosephin yang sehari-hari memberikan support untuk IT di program-program Jhpiego di Indonesia.

Proses pelatihan berjalan sehari penuh dan semua peserta langsung melakukan pengisian data eksisting fasilitas masing-masing.

Sedikit perlu diketahui, Program KBPP Pilihan merupakan program kerjasama Jhpiego dengan Kabupaten Labuhanbatu. Saat ini program juga sedang berjalan di 12 Kabupaten (Sumatera Utara, Jawa Barat dan Jawa Tengah) dan akan berlangsung sampai tahun 2023. Jhpiego sendiri adalah organisasi nirlaba yang berfokus pada kesehatan dan merupakan afiliasi dari Universitas Johns Hopkins yang memiliki visi untuk menyelamatkan jiwa, meningkatkan (derajat) kesehatan, dan mengubah masa depan. Jhpiego bermitra dengan pemerintah, pakar kesehatan dan masyarakat untuk membangun ketrampilan/kapasitas dan sistem yang menjamin masa depan yang lebih sehat bagi perempuan dan keluarga.

Pelatihan yang bertajuk “Peningkatan Kapasitas Pengelola Data Dashboard KBPP Kabupaten Labuhanbatu” kali ini diikuti lebih kurang 35 orang pengelola data yang berasal dari RSUD Rantauprapat, RSU Elpi Al Azis, 5 Puskesmas yakni Puskesmas Kota Rantauprapat, Sigambal, Perlayuan, Lingga Tiga, dan Gunung Selamat serta Klinik Hj. Nani.

Dilokasi terlihat, tim pengelola data yang hadir membawa data persalinan dan Capaian KB Pasca Persalinan. Data diinput ke dalam Portal KBPP yang bisa digunakan untuk perencanaan dan perbaikan kualitas capaian KBPP Labuhanbatu. [ Red/Akt-01 ]

 

AktualNews

 

 

Bogor, AktualNews-Ipda Aris Widyanto bersama pemuda RT d an RW dalam mencegah narkoba yang yang dilaksanakan di Kelurahan Curug kecamatan Bogor Barat menggelar acara sinergitas mengabdi melawan narkoba (21/01/2022) Jumat di Kemang Kecamatan Bogor Bogor Barat, Jawa Barat.

Dalam acara yang dihadiri oleh
Ipda Aris Widiyanto Panit Binbinsa,Babinmas, Lurah Curug H Irwansyah, BNN Kabupaten Bogor Bapak Eko, Ketua RW 08 Ketua RT 07.

Pihak BNN dalam sambutanya menerangkan akibat narkoba dan ciri pengguna narkoba,
pemaparanya tentang bahaya narkoba dan kenakalan remaja.

Langkah selanjutnya dari pemuda,RT dan RW bisa mendeteksi secara dini keberadaan narkoba dilingkungan dengan keberadaan narkoba dan mengetahuinya segera mengkoordinasikan dengan aparat.
Peran pemuda RT dan RW dalam mencegah narkoba sangatlah penting.

Harapan semua bebas narkoba khususnya kelurahan curug. [ Red/Akt-06/Utuy Superman ]

 

AktualNews

Bogor, AktualNews – Tingkatkan perekonomian masyarakat pemerintah Desa Cisarua, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor bangun betonisasi jalan yang bersumber dari anggaran satu milyar satu desa atau lebih akrab disebut samisade.

Hal itu diungkapkan oleh kepala desa Cisarua Samit mengatakan, pembangunan yang bersumber dari samisade ini digunakan untuk mempermudah warga perbatasan Desa Cisarua dengan Provinsi Banten. Kamis (19/01).

Kades Samit pun sangat berterimakasih kepada Bupati Ade Yasin yang telah menggolontorkan dana Samisade kepada Pemerintah Desa Cisarua, Semoga adanya pembangunan ini dapat membantu aktifitas poros desa dengan Provinsi Banten ini bisa dilalui dengan baik.

Sementara itu Sartana, Ketua RW kampung Cieur mengatakan, sangat berterima kasih kepada pemerintah Desa Cisarua dan Pemerintah Kabupaten Bogor Bupati Ade Yasin yang sudah memberikan bantuan anggaran samisade yang direalisasikan untuk pembangunan jalan betonisasi, karena sangat berguna dan bermanfaat bagi dua wilayah yang mayoritas petani.[Red/Akt-23]

 

AktualNews

Serang, AktualNews Kapolres Serang AKBP Yudha Satria memimpin upacara serahterima jabatan (sertijab) Wakil Kepala Kepolisian (Wakapolres) dari Kompol Feby Harianto kepada Kompol Rahmat Sampurno.

Mutasi orang kedua tingkat polres ini dilakukan menyusul turunnya Surat Telegram (TR) Kapolda Banten bernomor ST/ 1 /I/KEP./2022 tertanggal (4/1/2022).

Upacara sertijab dilakukan di halaman Mapolres Serang, Jumat (21/1/2022), dengan protokol kesehatan yang ketat.

Setelah menyerahkan jabatan Wakapolres, Kompol Feby Harianto selanjutkan akan bertugas di Direktorat Reserse Kriminal Khusus sebagai Kanit 2 Subdit 3. Sementara Kompol Rahmat Sampurno sebelumnya menjabat Wakapolres Pandeglang.

Kepada Kompol Rahmat Sampurno, Kapolres Serang mengucapkan selamat datang dan segera menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru karena situasi ke depan tidak bisa dianggap enteng mengingat banyak kegiatan yang akan dihadapi.

“Dengan pengalaman sebagai Wakapolres Pandeglang saya yakin dan percaya akan mampu melaksanakan tugas tersebut,” kata Yudha Satria.

Kapolres juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kompol Feby Harianto yang telah melaksanakan tugas di Polres Serang lebih kurang 5 bulan. Kapolres juga berharap di tempat yang baru akan lebih berprestasi lagi.

“Kepada ibu Iis Feby, saya menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang telah membantu Ketua Cabang Bhayangkari dalam membimbing ibu-ibu Bhayangkari,” ucapnya.[Red/Akt-49/08/2021/Agi]

 

AktualNews

Pandeglang, AktualNews Mabes TNI melalui Paban 5 Bakti, Kolonel Inf Dani Alkadri memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak Gempa di Kabupaten Pandeglang. Penyerahan bantuan tersebut langsung diserahkan oleh Komandan Kodim (Dandim) 0601/Pandeglang Letkol Inf Jani Setiadi di Kampung Cibitung Desa Munjul, Kecamatan Munjul Pandeglang Banten, Jum’at (21/01/2022).

Usai melaksanakan shalat Jum’at, Dandim 0601/Pandeglang Letkol Inf. Jani Setiadi berangkat dari Makodim menuju ke Koramil 0109/Munjul dan tiba di Koramil pada sekitar pukul 16.00 WIB. Kedatangan Dandim disambut oleh Komandan Koramil (Danramil) 0109/ Munjul Letda Czi Abdul Syukur Berserta anggota langsung menuju ke sasaran.

Sasaran pertama yang dikunjungi oleh Dandim yaitu rumah bapak Dulifin di Kampung Cibitung Desa Munjul. Dandim beserta rombongan tiba sekitar pukul 16.19 WIb, dan langsung memberikan bantuan setelah memberikan bantuan kepada bapak Dulifin, dilanjutkan dengan pemberian bantuan kesasaran kedua yaitu rumah bapak Suhandi.

Pada kesempatan tersebut, Dandim 0601/Pandeglang menyampaikan bahwa pemberian bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Mabes TNI melaui Kodim 0601/Pandeglang untuk diberikan kepada masyarakat yang terkena musibah bencana alam gempa dan beliau berharap semoga bantuan ini bisa membantu meringankan warga yang terkena musibah.

“Seyogyanya Paban 5 Bakti, Kolonel Inf Dani Alkadri, berkeinginan untuk menyerahkan bantuan secara langsung kepada warga terdampak gempa di Pandeglang, karena beliau dulu pernah menjabat sebagai Dandim di Kodim Pandeglang ini namun karena kegiatan yang padat maka penyerahan bantuan diwakilkan oleh Kodim 0601/Pandeglang,” ucap Dandim.[Red/Akt-49/08/2021/Agi]

 

AktualNews

Serang, AktualNews – Menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama, Komandan Batalyon 12 Grup-1 Kopassus beserta jajaran membagikan paket sembako kepada warga sekitar yang kurang mampu dan kepada masyarakat binaan di Kampung Tegal Tongleng Umbul Tengah, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Jumat 21 Januari 2022.

Komandan Batalyon 12 Grup-1 Kopassus, Mayor Inf Andi Aziz menyatakan program Jumat Berkah bertajuk Asabha Peduli ini merupakan salah satu implentasi kita dalam membantu masyarakat sekitar yang kurang mampu serta masyarakat binaan.

“Pemberian paket sembako ini bentuk rasa kepedulian dan perhatian Batalyon 12 Grup-1 Kopassus kepada masyarakat sekitar yang berpenghasilan dan ekonomi belum cukup memadai serta membutuhkan,” ujar Komandan Batalyon 12 Grup-1 Kopassus, Mayor Inf Andi Aziz saat kegiatan Jumat Berkah.

Ia menambahkan dalam kegiatan ini selalu memperhatikan protokol kesehatan di tengah masa pandemi Covid-19 ini, namun untuk nilai historis tetap ditanamkan pada setiap prajurit Kopassus agar selalu berbuat yang terbaik dan memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

“Dimasa pandemi Covid-19 seperti saat ini, kita tidak boleh menyerah dan harus tetap memberikan inovasi yang dapat membantu serta meringankan beban masyarakat sekitar dan juga mendukung program yang dicanangkan oleh pemerintah, khusunya Pemerintah provinsi Banten,” imbuhnya.[Red/Akt-49/08/2021/Agi]

 

AktualNews

Foto : Kades Sirnagalih Amat Suparta beserta staf dan Ketua RW.07 melakukan kunjungan sekaligus memberikan bantuan kepada pihak keluarga yang memiliki balita yang memiliki penyakit Sirosis Ascetis. Jumat (21/1/2022).

Bogor, AktualNews Sebagai bentuk kepedulian terhadap warga masyarakat terutama yang membutuhkan bantuan serta ukuran tangan dalam upaya meringankan beban bagi masyarakat khususnya yang berada di wilayah Desa Sirnagalih, Kecamatan Tamansari tepatnya di Kp.Ciomas RT.03 / RW.07.

Kades Sirnagalih Amat Suparta Jumat (21/1/2022) beserta staf dan Ketua RW.07 melakukan kunjungan sekaligus memberikan bantuan kepada pihak keluarga yang memiliki balita yang memiliki penyakit Sirosis Ascetis atau hati (liver) kedatangannya disambut pihak keluarga dengan gembira.

Kades Sirnagalih Amat Suparta kepada awakmedia aktualnews.co.id mengatakan,” kami selaku pemerintahan Desa Sirnagalih tentunya sangat prihatin dengan kondisi warganya terutama balita yang memiliki penyakit Sirosis Ascetis hati liver, bahkan upaya pihak keluarga dalam penanganannya sudah dilakukan untuk melakukan pengobatan dan perawatan, alhasil sampai saat ini kondisi balita masih tetap kondisinya memprihatinkan,” ucapnya.

Dikatakannya, meskipun demikian kami sangat berharap agar keluarganya bersabar dan terus berusaha dengan berbagai cara untuk penanganannya, sedangkan menurut pihak keluarga untuk penangan penyakit tersebut harus ada yang sekitar dua ratus juta rupiah dan hal ini tentunya sangat berat bagi pihak keluarga sehingga balita tersebut penanganannya di rumah saja,” ungkapnya.

Ditambahkannya, namun demikian tentunya segala sesuatu Allah yang berkehendak dan kita hanya bisa berusaha semoga pihak keluarga dimudahkan serta mendapat jalan keluarnya, diharapkan kepada pihak keluarga untuk sabar dan berdoa agar apa yang menjadi ujian ini bisa kita petik hikmahnya sehingga buah hati yang dimilikinya bisa sembuh seperti biasa.

 

Masih menurut Amat Suparta, adapun donasi yang terkumpul dari masyarakat selama dua Minggu mencapai Rp.7.446.000 secara langsung diserahkan kepada pihak keluarga, mudah-mudahan bisa meringankan bebannya, serta ini bukan hanya untuk saat ini saja kedepan juga kami siap untuk melakukan bantuannya,” tegasnya.

Keluarga penerima bantua Ela Anitasari yang didampingi suaminya Risna Lesmana yang memiliki balita yang memiliki penyakit Sirosis Ascetis atau hati ( liver ) bernama Prameswari Wisanti berusia 5 bulan sangat berterima kasih kepada pihak Desa Sirnagalih. Dalam hal ini Kades Sirnagalih Amat Suparta yang sudah memberikan bantuan kepada keluarga kami, dan kami berterimakasih kepada masyarakat Desa Sirnagalih yang sudah membantu selama ini.[Red/Akt-07/Kuswanto]

 

AktualNews

Serang, AktualNews Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy membuka secara resmi kegiatan workshop guru PAUD atau pendidikan anak usia dini yang digelar Himpaudi Banten di Plaza Aspirasi, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang. Kamis, (20/1).

Dalam sambutannya Andika meminta para pendidik atau guru saat ini dapat beradaptasi dengan dunia baru pada era milenial.

“Agar pendidikan tetap bisa berselancar di atas gelombang pergeseran.

Bukan tenggelam di bawah sistem pendidikan mesti berpacu mengimbangi perubahan,” kata Andika.

Turut hadir dalam acara yang diikuti oleh 530 pendidik/guru PAUD se-Banten tersebut, Bunda PAUD Provinsi Banten Adde Rossi Khoerunnisa dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, kependudukan dan KB Provinsi Banten Sitti Ma’ani Nina.

Menurut Andika, hal baru yang muncul hari ini, di era percepatan informasi seperti sekarang, akan menjadi usang dalam tempo kurang dari dua tahun. Menariknya, kata dia, para murid masa kini bisa luwes menyesuaikan diri dengan percepatan itu. “Ini sekaligus tantangan bagi kita para guru, terlebih pendidik PAUD yang mendidik anak-anak usia dini,” imbuhnya.

Andika menyebut, sebagian besar guru hari ini keteteran beradaptasi dengan kebiasaan baru tersebut, alih-alih menghakimi murid zaman sekarang mengalami attention deficit disorder atau gangguan kemerosotan perhatian yang disebabkan oleh konsumsi internet pada gadget, kata Andika, hal itu justru terjadi sesungguhnya karena murid mengalami kebosanan karena guru dan sekolahnya ketinggalan zaman.

Menurut andika, pada dasarnya anak-anak memiliki hasrat ingin tahu dan belajar.

Hasrat itu padam karena gurunya mengajar dengan kebiasaan zaman manual, tantangannya,” kata dia, adalah bagaimana guru dan sekolah menjadikan belajar menarik, menyenangkan dan menawarkan pengalaman menantang, sebagaimana ditawarkan game online yang membuat anak-anak kerasan dan kecanduan.

Meski begitu, lanjutnya, gawai tidak bakal menggantikan peran guru dan sekolah tradisional. Yang harus dilakukan adalah guru mesti proaktif melengkapi pembelajaran anak menggunakan piranti mobile. Model pembelajaran elektronik, kata Andika, malahan menawarkan alternatif yang terjangkau bagi pendidikan tradisional.

Ketua Himpunanan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini atau Himpaudi Banten, Yayah Rukiyah mengatakan, pelatihan pendidik PAUD ini merupakan program pertama yang diselenggarakan. Dalam pelatihan tersebut, guru atau pendidik PAUD untuk menerapkan pembelajaran kreatif, inovatif dan berbasis proyek.

Pembelajaran baca tulis dan berhitung (calistung) tidak boleh diberikan oleh anak usia dini, tetapi pendidik dan tenaga kependidikan menerapkan pembelajaran berbasis project,” kata Yayah.[Red/Akt-49/08/2021/Agi]

 

AktualNews

Tangerang ,AktualNews-Fakta menarik seputar dugaan adanya Pungutan Liar (Pungli), dan kisruhnya blt-dd, Desa Pasanggrahan kecamatan Solear kabupaten Tangerang tahun 2020, ternyata pihak inspektorat kabupaten Tangerang telah amembuat berita acara penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan.

Pelimpahan penanganan perkara atas dugaan terjadi pungutan liar pada pelaksanaan bantuan sosial covid-19. Dalam berita acara disebutkan pada hari ini Senin, tanggal sepuluh bulan Mei Tahun dua ribu dua puluh satu (10/05/2021) telah dilakukan penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan pelimpahan penanganan perkara atas dugaan terjadi pungutan liar pada pelaksanaan bantuan sosial covid-19, pada Desa Pasanggrahan kecamatan Solear kabupaten Tangerang dengan hasil sebagai berikut:

A. Jumlah Temuan : 2
B. Jumlah Saran/Rekomendasi : 2
a. Administrasi sebanyak : 2
b. Keuangan sebanyak : 0
Nilai kerugian Desa (01) : Rp. 0,00;
Kewajiban Setor Kepada Negara (02) : Rp. 0,00;
Telah dikembalikan sebesar sisa : Rp. 0,00;
Dengan rincian sebagai berikut kerugian Desa (01) Rp. 0,00:
Jumlah Temuan senilai Rp. 0,00;
Telah dapat ditarik Rp. 0,00;
Sisa Rp. 0,00;
Kewajiban Setor Kepada Negara (02) Rp. 0,00;
Jumlah Temuan senilai Rp. 0,00;
Telah dapat disetor Rp. 0,00;
Sisa Rp. 0,00;
C. Hasil pembahasan tindak lanjut hasil pemeriksaan terhadap Saran/Rekomendasi
– Selesai (S) : 2
– Dalam Proses (DP) : 0
– Belum Selesai (B) : 0
Tindak lanjut hasil pemeriksaan pelimpahan penanganan perkara atas dugaan terjadi pungutan liar pada pelaksanaan bantuan sosial covid-19 oleh inspektorat kabupaten Tangerang pada Desa Pasanggrahan kecamatan Solear kabupaten Tangerang Tahun 2020 dinyatakan Selesai. Demikian berita acara ini kami buat rangkap 2 (dua) untuk digunakan dimana, dan bilamana kami perlukan.

Berita Acara Penyelesaian Tindak Lanjut Pemeriksaan pelimpahan penanganan perkara atas dugaan terjadi pungutan liar pada pelaksanaan bantuan sosial covid-19, dikeluarkan oleh di Tigaraksa, 10 Mei 2021, dan di tanda tangani oleh a/n inspektur kabupaten Tangerang kasubag evaluasi dan pelaporan. Ahmad Suryanto, S.Pd,M.Si, dan Madrais (mantan kades Pasanggrahan-Solear), maka dari itu Ahmad Suhud Direktur Eksekutif LSM BP2A2N angkat bicara terkait BAP yang dikeluarkan oleh inspektorat kabupaten Tangerang, prihal penanganan perkara dugaan terjadi pungutan liar pada pelaksanaan bantuan sosial covid-19 seperti disebutkan di atas, Ahmad Suhud mengatakan BAP tersebut terasa janggal pasalnya perkara dugaan adanya pungutan liar seperti yang tertuang dalam BAP tersebut diduga ada hal yang tidak sesuai dengan fakta dan pemberitaan media online yang sempat viral ujar Suhud kepada awak media online AktualNews.co.id.

Dari catatan awak media online AktualNews.co.id, terkait hal dugaan penyaluran blt-dd Desa Pasanggrahan kecamatan Solear tidak sesuai dan di sunat pernah tayang beritanya pada 2 juli 2020, dan media online Bantennet juga memberitakan hal tersebut pada tanggal 29 Juni 2020 dengan judul berita “Kisruh Pemotongan BLT-DD Desa Pasanggrahan Ada Dugaan Dilakukan Secara Sistematis” dari viralnya pemberitaan pemotongan blt-dd tersebut selang beberapa hari kemudian diadakan pengembalian kepada KPM, dari hal tersebut ujar Suhud dengan adanya pengembalian pemotongan secara hak ya harus dikembalikan kepada KPM tetapi secara hukum harus ada pertanggung jawaban, pasalnya bantuan sosial covid-19 adalah bantuan untuk bencana nasional maka dari ujar Suhud harus ada pertanggung jawabannya, dan BAP dari inspektorat kabupaten Tangerang juga harus dipertanyakan, yang artinya BAP tersebut atas adanya laporan seseorang atau lembaga kepada inspektorat kabupaten Tangerang, atas dugaan adanya pemotongan blt-dd di Desa Pasanggrahan dan itu bukan pungli ujar Suhud. [ Red/Akt-26/Har ]

 

AktualNews

 

 

Jakarta, AktualNews-Melalui press release yang di kirimkan via pesan WhatsApp (WA), oleh Frans Tobing & Partners kepada awak media online AktualNews.co.id, Jum’at 21 Januari 2022, pukul 15:34 Wib. Dalam press release disebutkan pada hari Selasa, 18 Januari 2022, majelis hakim pengadilan niaga pada pengadilan negeri Jakarta Pusat, telah membacakan putusan atas permohonan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU), yang di ajukan oleh PT Bank JTust Indonesia, Tbk (PT BJTI), terhadap PT Grup Lease Finance Indonesia (PT GLFI), dengan nomor perkara 475/Pdt.Sus-PKPU/2021/PN Niaga Jakarta Pusat.

Dalam permohonan PKPU tersebut PT BJTI, menyatakan bahwa PT GLFI memiliki kewajiban utang yang harus dibayarkan kepada PT BJTI dan memperkirakan PT GLFI tidak dapat memenuhi kewajiban yang sudah jatuh tempo dan dapat ditagih dikarenakan izin usaha PT GLFI telah dicabut oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pada tanggal 09 September 2021.

Foto : Press release permohonan PKPU.

Namun, dalil PT BJTI tersebut adalah keliru, meskipun izin usaha telah dicabut, PT GLFI masih dapat melaksanakan hak dan kewajibannya dalam rangka melakukan penyelesaian hak dan kewajiban para debitur dan pihak yang berkepentingan. Hal ini sesuai dengan ketentuan dalam pengumuman OJK Nomor Peng-66/NB.1/2021 tentang pencabutan izin usaha perusahaan pembiayaan PT Grup Lease Finance Indonesia.

Dalam putusan perkara PKPU nomor 475/Pdt.Sus-PKPU/2021/PN Niaga Jkt.Pst, Majelis Hakim menyampaikan beberapa hal yang menjadi perimbangan hukum. Majelis Hakim yaitu, pertama, bahwa kedudukan kedua pihak dalam perjanjian pembiayaan antara PT BJTI dengan PT GLFI sama-sama sebagai pihak yang memberikan dananya (debitur) untuk pihak ketiga.Kedua, perkara PKPU ini masih ada kaitannya dengan perkara yang sedang dalam proses upaya hukum kasasi yaitu perkara Nomor 321/Pdt.G/2019/PN.JKT.PST oleh karenanya perkara PKPU ini termasuk perkara yang tidak sederhana. Ketiga, keberadaan hutang PT GLFI kepada PT BJTI masih belum dapat ditentukan karena masih adanya proses upaya hukum kasasi sehingga keberadaan kreditur lain juga tidak relevan untuk dipertimbangkan. Atas dasar pertimbangan diatas, Majelis Hakim dalam amar putusannya memutuskan bahwa permohonan PKPU dengan nomor perkara 475/Pdt.Sus-PKPU/2021/PN Niaga Jkt.Pstn Dinyatakan Ditolak.

Press release ini dikeluarkan di Bekasi oleh Frans Asido Tobing & Partners, tertanggal 20 Januari 2022, dan di tanda tangani oleh Frans Asido Tobing, S.H.,M.H. [ Red/Akt-26/Har ]

 

AktualNews

Labuhanbatu, AktualNewsSebanyak 75 kepala Desa Se-kabupaten Labuhanbatu menandatangani MOU berupa Fasilitas Kredit KMG (Kredit Multiguna) dengan PT. Bank Sumut cabang rantauprapat di ruang data dan karya Bupati Labuhanbatu jalan SM. Raja Rantauprapat Kecamatan Rantau Selatan Kamis 20/1/2022.

Penandatanganan MOU yang disaksikan Bupati Labuhanbatu dr.H.Erik Adtrada Ritonga, MKM, dan Wakil Bupati Labuhanbatu Hj.Elyya Rosa Siregar, M.Pd, MM, ini bertujuan untuk mensejahterakan perangkat desa dengan mempermudah layanan akses kredit di Bank Sumut.

Melalui bimbingan dan arahannya, Bupati Labuhanbatu menyampaikan kiranya semua masyarakat dilabuhanbatu ini dari kota sampai desa bisa menikmati keberadaan Bank Sumut.

Menurut Bupati, para perangkat desa adalah kreditur yang sudah jelas, dalam artian jelas gajinya, pekerjaannya dan tempat tinggalnya.jadi tidak perlu lagi diragukan kelancaran kreditnya.” Saya ingin SK jabatan perangkat desa bisa berlaku di Bank Sumut ataupun Bank lainya” ujar Bupati.

Diakhir bimbingan, Bupati mengajak, seluruh kepala desa dan perangkat bisa manfaatkan MOU ini untuk mensejahterakan dan meningkatkan taraf perekonomian masing-masing.

Sebelumnya, Plt, Kepala Dinas PMD Labuhanbatu Abdi Jaya Pohan selaku panitia pelaksana dalam laporannya menyampaikan kegiatan hari ini atas petunjuk dan perintah Bupati Labuhanbatu agar perangkat desa yang ada di kabupaten labuhanbatu mendapatkan fasilitas kemudahan kredit di Bank Sumut, yang bertujuan untuk kesejahteraan perangkat desa diKabupaten Labuhanbatu.

Sementara Rudi Asrol Hakim Kepala PT.Bank Sumut cabang rantauprapat pada kesempatanya mengatakan kiranya penyaluran kredit nantinya dapat meningkatkan taraf perekonomian perangkat desa di Labuhanbatu dan tentunya juga mampu membawa Labuhanbatu lebih maju lagi.

“Harapanya, kepada para kepala desa dan perangkat Sudi menggunakan produk Bank Sumut, seperti ATM, Banking dan layanan lainya, karena pemegang saham di Bank Sumut ini salah satunya adalah bapak dan ibu semua”. disinilah letak kerjasama itu, ujarnya.

Sesi acara, penandatanganan MoU dilakukan secara simbolis oleh kepala desa sei tampang Asmui, dan kepala desa afdeling 1 Joni Asmara.

Turut hadir menyaksikan penandatanganan tersebut Kepala Dinas PMD Kabupaten Labuhanbatu Abdi Jaya Pohan, para kepala Bank Sumut unit Sigambal, Aek Nabara, Bilahilir, dan A. Jamu, dan juga seluruh kepala desa se-kabupaten Labuhanbatu. [ Red/Akt-01 ]

 

AktualNews

Tangerang, AktualNews Warga Desa Kemiri Tegal, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Tangerang khususnya pemuda yang sempat keluhkan lapangan bulutangkis yang digunakan untuk latihan sudah tidak layak lagi karena jaring net yang rusak dan lantainya pun masih tanah, garis servisnya juga terbuat dari bambu.

Dengan rasa syukur dan gembiranya, warga/pemuda Desa Kemiri Rt 002/Rw 001 setelah mendapatkan bantuan dari Yayasan Erick Thohir ” BANTEN BERAKHLAK ” berupa bahan – bahan material semen, pasir, batu sprit dan lainnya, kini lapangan tersebut akan segera direnovasi. Kamis, 20 Januari 2022.

Adapun perwakilan dari Yayasan H. Erick Thohir, Andri Gunawan menuturkan,” pada hari ini Bapak Menteri BUMN H.Erick Thohir memberikan bantuan kepada masyarakat, berdasarkan usulan warga Desa Kemiri, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Tangerang berupa bahan – bahan material untuk sarana olahraga bulutangkis. Dan Alhamdulillah Yayasan Erick Thohir melalui Gerakan Banten Berakhlak sudah banyak sekali membantu masyarakat, baik itu melalui sarana olahraga, sarana ibadah dan lain sebagainya,” ujarnya.

Salah satu tokoh masyarakat Ustad Adung Abdul Haris yang juga selaku Pimpinan Majlis Dzikir Hadadan sekaligus penulis buku sejarah Sumur Sentul menyampaikan,” saya mewakili warga Desa Kemiri Tegal Rt 002/Rw 001 mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak Menteri H.Erick Thohir yang telah memberikan bantuan berupa material untuk sarana olahraga bulutangkis, yang Insya Allah dan mudah – mudahan dalam waktu dekat ini sudah bisa teralisasikan.

Sarana bulutangkis ini sangat multifungsi, selain digunakan untuk olahraga bulutangkis, juga bisa digunakan untuk untuk pelatihan pencak silat terumbu Banten Padepokan Macan Putih Kemiri dan sangat kebetulan lokasi lapangan bulutangkis, berdekatan dengan Musholah yang nanti bisa dimanfaatkan untuk kegiatan keagamaan semisal Maulid Nabi dan yang lainnya otomatis lapangan bulutangkis ini akan kami manfaatkan,” ucap Ustad Adung Abdul Haris.

“Ada tiga fungsi yang nantinya untuk sarana olahraga ini, yang pertama bisa untuk kegiatan anak muda dalam olahraga seni budaya beladiri, untuk keagamaan dan untuk olahraga bulutangkis itu sendiri.
Sangat bermanfaat bantuan dari Bapak H. Erick Thohir ini, maslahat dunia akhirat,” tutupnya.

Dikatakan oleh Ogy selaku kordinator renovasi lapangan bulutangkis mengatakan,” saya tak kurang – kurang mengucapkan ribuan terimakasih kepada Bapak Mentri H.Erick Thohir yang sudah mewujudkan keinginan warga desa Kemiri untuk merenovasi lapangan bulutangkis, berkat kebaikan beliau kami bisa memiliki lapangan bulutangkis yang rapih. Dan untuk teknis pengerjaannya kami dan warga serta pemuda melakukan gotong royong bersama – sama, mudah – mudahan atas kemurahan hati Bapak Mentri Erick Thohir selalu diberi kesehatan, kelancaran dan keberkahan oleh Allah swt,” Katanya.[Red/Akt-56/Suhermanroy]

 

AktualNews

Diberdayakan oleh Blogger.