Tangerang, AktualNews – Dewan Pengurus Kepemudaan, Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPK KNPI) Kecamatan Kronjo menggelar kegiatan “GEBYAR KOLABORASI PEMUDA KREATIF” dengan menggandeng Relawan Literasi Indonesia (Relasi) dengan tema “Satukan Energi Literasi Menuju Indonesia Bangkit”. Minggu, 23 Januari 2022.

Acara ke dua digelar di ruangan terbuka di halaman Kecamatan Kronjo, pasca acara diresmikan oleh Camat Kronjo H.Tibi. Diskusi publik dengan para narasumber dengan mengangkat tema “BERDAYA DENGAN PENA” dimoderatori oleh perempuan muda dan cantik sebut saja Suheni Novita (Knpi Kronjo) ditemani lelaki tampan muda dan energik yaitu Ahmad Ramadhan Almuadam (Pengurus forum TBM Kab. Tangerang dan Relasi).

Narasumber pertama Ustad Adung Abdul Haris dengan Karya tulisnya “Sejarah Sumur Sentul” menjelaskan,
” kepada Anggota Karang Taruna khususnya pengurus KNPI Kecamatan Kronjo mengajak pasca acara diskusi ini, ada tindaklanjut dari teman – teman untuk melakukan riset di Pulau Cangkir.

Di samping kita ada anggota – anggota DPRD Kab Tangerang H. Fachrudin yang siap mensuport, bayangkan saja dari tahun 1700 sampai sekarang belum ada buku tentang sejarah Pulau Cangkir. Jadi sesuai dengan tema “Pemuda kreatif” percuma saya bicara tentang sejarah dan diskusi ini jikalau tidak ada tindaklanjut,” saya yakin teman – teman KNPI Kecamatan Kronjo sebagai putra wilayah bisa melakukan itu,” ucapnya.

Di lokasi yang sama, Narasumber kedua Ahmad Syaikhu, M.Hum yang juga seorang penulis dan dosen menerangkan,* membudayakan minat baca memang tak mudah. Perlu kerja-bakti, kerjasama, gotong-royong, tepatnya kerja-kerja kreatif. Dalam upaya itu, teman-teman KNPI Kecamatan Kronjo dan Relasi (Relawan Literasi Indonesia) bersama organisasi kepemudaan setempat, unsur pemerintah di wilayah kecamatan, dan lembaga kemasyarakatan lainnya, bahu-membahu berkolaborasi dalam Gebyar Kolaborasi Pemuda Kreatif, ” ujarnya.

Ahmad Syaikhu menambahkan,” bagaimana saya tidak merasa bangga bisa disandingkan dengan orang hebat, kreatif, dan banyak karya. Ada kang Langlang penulis script FTV asal Gandaria-Mekar Baru, juga H. Fakhruddin -Anggota DPRD Kabupaten Tangerang (asli wong Kronjo) yang juga seorang penulis novel, dan H. Adung Abdul Haris, penulis sejarah Sumur Sentul di kecamatan Kemiri.

Makanya saya rela stay, dari pagi sampai sore, hanya untuk memeriahkan rangkaian acara kolaborasi yang seru ini. Untuk itu, penting saya utarakan bahwa:
*Jika kau merasa bukan siapa-siapa, maka Menulislah* ,” Pungkasnya.

Lanjut pemaparan dari Anggota DPRD Kab Tangerang H. Fachrudin selaku narasumber ketiga dengan karya tulis novel,” saya apresiasi terhadap teman – teman kaula muda KNPI Kronjo berkolaborasi dengan Forum Literasi TBM, merubah dunia bukan hanya dengan fisik saja tapi dengan fikiran yang positif dan menggali potensi diri masing – masing. Sedangkan Literasi ini, membuat tulisan / khayalan yang harus dikembangkan, harus yakin bangsa yang maju adalah bangsa yang gemar membaca, jendela dunia untuk kita memahami dan mengerti sebagai motivasi untuk kita memacu kesuksesan,” pungkasnya.

Kemudian, Langlang Radawa selaku narasumber keempat dengan Karyanya di Movie Script FTV dan SCTV mangatakan,” saya mengapresiasi dari teman – teman KNPI Kronjo kerjasama yang baik dengan Literasi TBM ini adalah sesuatu hal yang baru, kegiatan ini penting digalakkan dan berharap bisa terus berlanjut.karena kegiatan ini lebih berkonsep, artinya tidak hanya sekedar berkerumun tetapi lebih bermanfaat untuk masyarakat. Budaya minat baca harus dikembangkan untuk menuju Kronjo lebih maju dan untuk Indonesia Bangkit,” tutupnya.

Gerakan Gebyar Kolaborasi Pemuda Kreatif Knpi Kronjo dengan Literasi TBM adalah salah satu upaya menyelamatkan negeri dengan narasi mengembangkan minat baca untuk Indonesia bangkit. [Red/Akt-56/suhermanroy]

 

AktualNews

Tangerang, AktualNews – Forum Aktivis Jayanti Bersatu (F-AJAIB) Gelar Pemasangan Spanduk himbauan dukungan para LSM dan Ormas yang ada dikecamatan Jayanti, pada Dishub Kabupaten Tangerang di Pos Perbatasan Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Serang. Senin, (24/01/2022).

Unsur Masyarakat yang tergabung dari berbagai LSM dan Ormas bersama-sama menyerahkan pemasangan spanduk untuk himbauan serta dukungan terhadap penetapan perbup no.47 tahun 2018 tentang waktu operasional angkutan kendaraan barang khusus tambang : Tanah, Pasir, Batu, diruas Jalan Kabupaten Tangerang.

Unsur yang tergabung dalam Forum Aktivis Jayanti Bersatu (F-AJAIB) : LSM Pusaka, LSM Matahari, LSM Penjara, LSM GBB, LSM WARS, Ormas PPBNI Satria Banten, PP, FBN, BPPKB, FKPPI, LAPBAS.

Sementara pada saat peliputan dilokasi, awak media mengkonfirmasi kepada Kasno Gustoyo ketua Forum Aktivis Jayanti Bersatu (F-AJAIB) Sekaligus ketua Umum DPP LSM Pusaka memaparkan “kami selaku masyarakat Jayanti yang tergabung dalam seluruh elemen masyarakat baik LSM dan Ormas yang ada dikecamatan Jayanti mendukung peraturan bupati nomor 47 tahun 2018 tentang batasan waktu jam operasional kendaraan tambang itu sendiri.

Jika ada pelanggar yang memang tidak mematuhi dari himbauan serta kinerja dinas terkait dalam hal ini Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang dalam kurun waktu 3 hari sampai 1 Minggu ini maka kami tidak segan-segan membuat aksi lanjutan dengan membawa persoalan ini kepada yang memberi kebijakan yaitu bupati kabupaten Tangerang. Tuturnya.

Dalam waktu bersamaan Sepi Supriatna,SE selaku Wakatim Pos Pemantauan perbatasan Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Serang menyampaikan ” Kami ucapkan terima kasih kepada Forum Aktivis Jayanti Bersatu (F-AJAIB) ini yang telah membantu, mendukung dengan adanya Perbup nomor 47 Tahun 2018. Ucapnya.

“Ketika ada pelanggaran dalam pelaksanaannya bagi pelanggar kita lakukan putar balik dari kecamatan Jayanti dikembalikan lagi ketempat asalnya”.

Adapun terkait waktu pemberlakuannya dimulai dari pukul 22.00 wib – 05.00 wib (dini hari). Sistem penerapan perbup ini sudah dilakukan pada tahun 2018 dimana pada saat perbup tersebut dikeluarkan. Ungkapnya.

“Sekali lagi kami apresiasi terhadap adanya forum Aktivitis Jayanti Bersatu (F-AJAIB) kami ucapkan sangat-sangat terimakasih kepada rekan aktivitas forum warga jayanti ini” tutupnya.

Camat Jayanti Yandri Permana, S.STP diruang kerjanya memberikan tanggapan dengan adanya kegiatan pemasangan sekaligus adanya forum Aktivitis Jayanti Bersatu (F-AJAIB) ini “Inisiatif itu sah-sah saja, dipersilahkan yang penting tetap nyambung berkoordinasi ke instansi-instansi terkait yang memiliki kewenangan ini, dishub selaku pelaksana regulasi itu kemudian yang kedua dengan kepolisian setempat Polsek, karena ini masuk dalam wilayah hukum Polsek ditambah lagi dalam pengaturan lalulintas dan lain-lain. Tuturnya.

“Jangan sampai nanti ada suatu aktivitas yang mengatasnamakan Forum AJAIB ini yang nantinya malah menimbulkan hal-hal yang kontradiktif”.

Harapannya dalam kegiatan ini “prinsipnya sah-sah saja tetap harus bersinergi maksud dan tujuannya, berkoordinasi dengan dishub dan Polsek” Tutupnya.[Red/Akt-49/08/2021/Agi]

 

AktualNews

Bogor, AktualNews – Salah satu prinsip koperasi adalah melakukan pendidikan terhadap anggota nya. Itu yang dilakukan oleh KSPPS BAIK cabang Pamijahan Kabupaten Bogor.

Kegiatan pendidikan anggota untuk wilayah Desa Pasarean yang dilaksanakan pada Jum’at, 21 Januari 2022 ini bertempat di kantor KSPPS BAIK cabang Pamijahan dan di Majlis Riyadus Sholihin dengan materi STBM.

Tidak hanya itu, dalam acara juga menyaluran program *SEBELAS (Sedekah Beras Segelas)* dan tidak kalah menggugah juga dibagikan santunan kepada 12 anak yatim dari wilayah Kp. Sindang Asih, Desa Pasarean, Kec. Pamijahan Kabupaten Bogor.

Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada staff cabang Pamijahan yang sudah berkontribusi dan mensukseskan kegiatan, juga ucapan terima kasih kepada anggota KSPPS BAIK cabang Pamijahan yang sudah turut serta dalam program *SEBELAS* untuk anak yatim. [Red/Akt-34/Abah YS]

Sumber Rudi Rusdiawan (Kepala Cabang)

 

AktualNews

Labuhanbatu, AktualNews-Wakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S. Pd, MM didampingi Asisten I Pemerintahan dan Kesra Drs. sarimpunan Ritonga, M. Pd mengikuti rapat kerja bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Ketua KPK dan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) melalui Vidio Conference (Vidcon) di Ruang Kerja Wakil Bupati Jl. SM Raja, Kecamatan Rantau Selatan Senin (24/01/2022).

Dalam rapat tersebut Mendagri Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D memaparkan mengenai faktor penyebab terjadinya korupsi: 1. Sistem yaitu biaya politik yang tinggi, Rekruitmen ASN dengan imbalan, 2. Integritas yaitu moralitas dan mentalitas 3. Budaya (culture) yaitu praktek menyimpang dalam organisasi (tindakan korupsi dianggap hal yang biasa), pertemuan secara fisik berpotensi menimbulkan kerawanan korupsi.

Ketua KPK Komjen. Pol. (Purn.) Drs. Firli Bahuri, M.Si menyampaikan begitu banyak ruang yang dapat menjerat kepala daerah kedalam korupsi yaitu 1. Reformasi Birokrasi (Rekruitment dan promosi jabatan), 2. Pengadaan barang dan jasa, 3. Filantropi/ sumbangan pihak ketiga, 4 Recofusing dan realokasi anggaran covid-19 untuk APBD dan APBN, 5.Pengadaan jaring pengaman sosialsosial/ social safety NET untuk pemerintah pusat dan daerah, 6. Pemulihan ekonomi nasional, 7. Pengesahan RAPBD dan laporan pertanggung jawaban keuangan kepala daerah (LPJKD) .

KPK dalam mencegah korupsi sudah melakukan upaya melalui pendekatan pendidikan dan perbaikan sistem pemerintahan. Pemberantasan korupsi juga membutuhkan sebuah orkestrasi dengan menciptakan sistem integritas nasional yang dimana setiap kamar – kamar kekuasaan harus mengambil peran dalam rangka pemberantasan korupsi.

Firli menegaskan jangan pernah mengira KPK hanya ada di ibukota, mata KPK hanya ada di ibukota tapi harus diingat mata KPK itu adalah seluruh masyarakat Indonesia.

Ia juga berharap Indonesia bersih dari korupsi karena ia menyakini kalau kepala daerah merupakan putra/putri terbaik pilihan rakyat indonesia untuk membangun Indonesia. [ Red/Akt-01 ]

 

AktualNews

Karanganyar, AktualNews Ribuan kader dan pengurus DPC PDIP Karanganyar, Jateng melakukan penanaman pohon pete, nangka dan mangga secara serentak di seluruh Kabupaten Karanganyar, Minggu (23/1/2022).

Adapun simbolis penanaman pohon dipusatkan di kawasan hutan tepatnya Dusun Sangiran Desa Krendo Wahono, Gondangrejo, Karanganyar yang dilakukan Ketua DPC PDIP Bagus Selo beserta pengurus ranting, anak ranting serta organisasi sayap partai.

Ketua DPC PDIP Karanganyar Bagus Selo mengatakan penanaman pohon ini intruksi DPP PDIP dalam rangka prihatin terhadap kerusakan alam hingga berdampak pada bencana alam dan cuaca ekstrem. Selain itu kegiatan tersebut dalam rangka peringatan HUT PDIP ke-49 dan kado khusus kepada ketua umum PDIP Megawati Soekarno Putri yang ke-75.

“Tema besar HUT PDIP ke-49 ini adalah bangunlah jiwa dan badannya untuk Indonesia sehingga penanaman pohon adalah bentuk aksi nyata PDIP peduli alam,” ungkap Bagus Selo kepada wartawan, Minggu (23/1/2022). Selain itu lanjut Bagus Selo penanaman pohon tersebut merupakan kado khusus DPC PDIP Karanganyar kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri ke-75 yang mana sangat besar jasanya membesarkan partai.

Adapun mengapa dilakukan penanaman pohon karena pohon adalah filter alam sehingga dengan bumi semakin hijau maka potensi bencana alam lebih kecil.

Lanjut Bagus Selo, pohon bermanfaat memberikan keseimbangan alam dan stabilitas ekosistem serta mitigasi perubahan iklim yang mampu menyerap karbondioksida serta polusi dalam skala besar.

Lebih lanjut Bagus Selo yang juga Ketua DPRD Karanganyar itu menjelaskan selain acara terpusat di Desa Krendo Wahono, Gondangrejo namun penanaman pohon secara serentak dilakukan diseluruh ranting yakni 177 desa di Karanganyar. “Untuk yang 176 desa dilakukan serentak dan hasil kegiatan dilaporkan ke DPC PDIP lengkap dengan foto dan video untuk selanjutnya dilaporkan kepada DPD PDIP Jateng,” tandasnya.

Adapun pada acara di Desa Krendo Wahono tersebut dihadiri Ketua Komisi B DPRD Jateng Sumanto SH derta Muspika Gondangrejo juga sejumlah kades serta tokoh masyarakat setempat.

“Diharapkan pohon-pohon itu kelak bisa tumbuh besar bermanfaat bagi bumi dan masyarakat terutama jika sudah berbuah,” pungkasnya.

Sementara itu ditengah penanaman pohon juga dilakukan pembagian paket sembako oleh DPC PDIP kepada warga kurang mampu.(Red/Akt-52/Dawam)

 

AktualNews

Tangerang, AktualNews – Dewan Pengurus Kepemudaan, Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPK KNPI) Kecamatan Kronjo menggelar acara Gebyar Kolaborasi Pemuda Kreatif bekerjasama dengan para Relawan Literasi Indonesia (Relasi) dan berbagai unsur element masyarakat Kronjo. Minggu, 23/01/2022.

Kegiatan tersebut mengangkat tema ” Satukan Energi Literasi Untuk Indonesia Bangkit “. Pada kesempatan ini hadir Camat Kronjo H.Tibi M.Pd, M.Si KP, Anggota DPRD Kabuputen Tangerang H.Fachrudin Spd, I, Ketua Forum TBM Provinsi Banten Andri Gunawan S.Kom, Ketua Pelaksana Iqbal Qurnawan, Perwakilan DPK KNPI Kab Tangerang Juwandi/Jhoe, Ketua DPK KNPI Kec – Kronjo Ade Eka Perdana S.Pd dan jajaran, DPAC Banser Kec Kemiri, Marching Band SMAN 9 Tangerang, Tari Merak SMPN 2 Kronjo, Tari Tradisional MAN 4 Tangerang, Tari Daerah Cahaya Ipkal dan Bakung Literasi, Akustik SMAN 9 Tangerang dan Penutup Do’a Ustad Adung Abdul Haris Penulis Sejarah Semur Sentul.

Camat Kronjo H.Tibi dalam sambutannya mengatakan,” saya sangat mensupport kegiatan – kegiatan positif yang diselenggarakan oleh para pemuda Kecamatan Kronjo khususnya DPK KNPI Kronjo, bersama – sama membangun wilayah kecamatan Kronjo lebih baik lagi, karena pemuda adalah penggerak menuju perubahan,” ucapnya.

Kemudian H.Tibi memukul dram (bedug) 3 kali, tanda acara dibuka. Di tempat yang sama ketua DPK KNPI Kecamatan Kronjo Ade Eka Perdana S.pd menyampaikan,” Alhamdulillah kegiatan ini banyak mendapatkan suport baik dari pemerintah kecamatan Kronjo, termasuk juga Dewan DPRD Kab Tangerang dan Okp yang ada di wilayah kecamatan Kronjo. Kegiatan ini bertujuan untuk menjadikan pemuda Kronjo lebih kreatif, inovatif dan inspiratif. Menuju Masyarakat yang lebih baik, terutama mengajak kepada masyarakat untuk tingkatkan dan membudayakan minat baca,” ujarnya.

Andri Gunawan S.Kom selaku ketua Forum Taman Baca Masyarakat (Forum TBM) Provinsi Banten memaparkan, “Alhamdulillah, kegiatan kolektif dan kolaboratif yang digelar KNPI dan Relasi di Kecamatan Kronjo Kabupaten Tangerang ini dapat terselenggara dengan baik. Saya sangat bangga dan mengapresiasi para panitia atas terselenggaranya kegiatan kolaborasi ini. Dan saya berharap kegiatan kolaborasi literasi seperti ini dapat terus ditingkatkan dan dikembangkan diberbagai daerah lainya. Karena selain dapat menggali berbagai potensi para pemuda kreatif disetiap daerah juga dapat membangkitkan kesadaran kolektif agar kita semua turut serta mewujudkan Indonesia bangkit dari masa pandemi,” tutupnya.[Red/Akt-56/Suhermanroy]

 

AktualNews

Diberdayakan oleh Blogger.