Kabupaten Tangerang, AktualNews – Badan Pembinaan Potensi Keluarga Besar (BPPKB) Banten DPC Kabupaten Tangerang serahkan Surat Keputusan ( SK ) kepada DPAC Jayanti yang di ketua Edi, penyerahan ( SK ) tersebut dikantor DPC yang berlokasi di Ruko grand boulevard S1A 61 desa Ciakar kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang Banten.

Acara penyerahan ( SK ) dilaksanakan pada hari Selasa 25 Januari 2022, dan acara tersebut dihadiri oleh H.Hamdan, SH., ketua BPPKB DPC Kabupaten Tangerang, Muslih waka 1, Rohman Sekretaris, Agus Kalabay Humas DPC, Yayat Biro Hukum, Jefry, Rijal, Ade, jajaran dari tingkat DPC Kabupaten Tangerang.

Hadir dari tingkat DPAC Jayanti Edi ketua, Ismail Sekretaris, Mulyati Bendahara, Odon Satgas, Sukma Provost.
Rabu, (26/1/2022).

H.Hamdan, SH., selaku ketua DPC BPPKB Banten melalui Edi selaku ketua BPPKB DPAC Jayanti mengatakan pada awak media Aktualnews.co.id,” hari ini telah dilaksanakan penyerahan SK DPAC BPPKB Banten tingkat kecamatan di Jayanti dengan periode 2022 – 2027 dengan ketua Edi saya pribadi, kami berharap mudah mudahan dengan BPPKB DPAC tingkat kecamatan Jayanti bisa lebih maju dan lebih kompak.

Saat ini kami BPPKB di kecamatan Jayanti baru terbentuk enam ranting dari delapan Desa dengan jumlah anggota Dari mulai tingkat DPAC ke tingkat Ranting lebih dari 200 anggota.

Insya Allah kami akan slalu bersinergi dengan semua unsur baik antar lembaga, intansi pemerintahan, intansi perusahaan maupun intasi Polri, TNI yang ada di Jayanti khususnya dan umumnya dengan seluruh masyarakat Jayanti,” kata Edi.[Red/Akt-49/08/2021/Agi]

 

AktualNews

Cilegon, AktualNews – Ditpolairud Polda Banten lakukan kegiatan pembinaan fisik dan keterampilan bela diri bagi personel Bintara Remaja dan Tamtama Remaja.

Saat ditemui, Dirpolairud Polda Banten Kombes Pol Giuseppe Reinhard Gultom mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personel.

“Hari ini kita melakukan kegiatan pelatihan fisik berupa latihan beladiri. Dimana latihan ini diikuti sebanyak 13 personel Bintara Remaja dan 2 personel Tamtama Remaja,” ucapnya pada Rabu (26/01).

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personel kita, khusus para personel baru,” lanjutnya.

Gultom menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan tersebut dilakukan secara rutin. “Kegiatan ini rutin kita lakukan, supaya seluruh personel diberikan fisik yang kuat dan memiliki ketrampilan bela diri yang mantap,” tutupnya.[Red/Akt-49/08/2021/Agi].

 

AktualNews

Simalungun, AktualNews – Kapolres Simalungun AKBP Nicolas Dedy Arifianto SH, SIK, MH bersama Forkopimda meninjau pelaksanaan Launcing Vaksinasi Booster kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun juga terbuka untuk masyarakat umum secara serentak bertempat di Posko Satgas Penanganan Covid-19 Jalan Asahan Km,6 Desa Lestari Indah Kecamatan Siantar, Selasa (25/1/2022) pagi sekira pukul 09.00 WIB.

Forkopimda yang hadir, Wakil Bupati Simalungun H. Zony Waldi .S.Sos, MM, Kepala Kejaksaan (Kajari) Bobby Sandri SH, MH, Ketua DPRD Timbul J.Sibarani, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Vera Yetti Magdalena SH, MH, Dandim 0207/SML diwakilkan Mayor Inf Fransisco Sidauruk.

Kemudian Kapolsek Bangun AKP L. S. Gultom, Kasat Intelkam AKP. Restu Adi, S.H, Kepala BPBD diwakili Sekretaris Manaor Silalahi, Staf Ahli Akmal Siregar, Asisten Pemerintahan dan Kesra Albert R Saragih, Perwakilan Dinas Kesehatan Henny Roselia Pane, Plt Kepala BPBD Bob Presly Saragih serta Iptu Japen Situmorang.

Vaksinasi Booster itu dilaksanakan Pemkab Simalungun bersama unsur tiga pilar dalam rangka menindak lanjuti Program Pemerintah tentang Pelaksanaan Percepatan Vaksinasi Booster.

Dalam kata sambutannya, Kapolres Simalungun AKBP Nicolas Dedy Arifianto SH, SIK, MH mengharapkan kegiatan vaksinasi booster ini dapat menambah kembali kekebalan tubuh masyarakat terkhusus seluruh ASN yang ada di Pemkab Simalungun agar aktivitas kita semakin fleksibel dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Sebagaimana PPKM Leveling yang ditetapkan dengan prinsip, jika kasus semakin terkendali, maka aktivitas masyarakat dapat semakin produktif dengan demikian Vaksin Booster juga secara tidak langsung berguna untuk penguatan pemulihan ekonomi negara,” kata Kapolres akrab dipanggil AKBP Dedy itu.

Kapolres Simalungun menyampaikan bahwa ancaman Covid-19 belum selesai. “Ancaman ini belum selesai, untuk itu mari kita meningkatkan disiplin pribadi untuk mematuhi protocol kesehatan, demi diri kita dan lingkungan kita,” pintanya.

Wakil Bupati Simalungun H. Zony Waldi .S.Sos, MM, juga menyampaikan apresiasi kepada jajaran satgas Covid-19 Kabupaten Simalungun, vaksinator dan keterkaitan tiga pilar yaitu Pemkab Simalungun, TNI dan Polri yang telah melaksanakan tugas dengan baik, sehingga pada akhir Desember 2021 lalu Kabupaten Simalungun mencapai target vaksinasi dosis 1 sebanyak 70%. “Saat ini ini kita sudah berada di angka 82% untuk dosis 1 dari target sasaran vaksin 778.362 orang di Kabupaten Simalungun,” kata Wakil Bupati.

Wakil Bupati menghimbau kepada seluruh masyarakat agar turut serta mensukseskan kegiatan vaksinasi di Kabupaten Simalungun baik dosis 1 (D1) yang masih tertinggal, dosis 2 (D2) yang masih berjalan. “Ini harus sama-sama kita rampungkan kedepan,” ujarnya.

Terkait vaksinasi anak, Wakil Bupati menyampaikan bahwa di Kabupaten Simalungun target sasaran vaksinasi anak sebanyak 100.318 orang dan sudah 87% tervaksin. “kita berharap dalam waktu dekat vaksinasi untuk anak ini sudah dapat dicapai,” kata Wakil Bupati.

Sementara itu, Ketua DPRD Simalungun menyampaikan bahwa kegiatan vaksinasi sangat penting bagi kesehatan. “Vaksin booster ini sangat penting untuk menambah imun kita, sehingga kita terhindar dari vandemi covid-19. Mari sama-sama kita mendukung vaksin ke 3 dan tetap melaksanakan protokoler kesehatan,” ujarnya.

Target sasaran vaksin booster pada kegiatan launching tersebut sebanyak 600 dosis, dengan petugas vaksinator dari Puskemas Batu 6, Puskesmas Silau Malaha dan Puskesmas Rambung merah. Selain melayani vaksin booster, dikegiatan itu juga melayani vaksin d1 dan d2 yang yang belum melaksankannya.

Selama pelaksanaan kegiatan tetap mematuhi serta melaksanakan protokol kesehatan penanganan penyebaran covid-19.(Red/Akt-35/Ansary)

 

AktualNews

Foto : Ketua Ranting GP Anshor kecamatan kemiri, Asep Irama.

Tangerang, AktualNews – Dewan Pengurus Anak Cabang Ranting (DPAC) Ranting Kecamatan Kemiri menggelar Dzikir dan Sholawat Rijalul Anshor di Mushola Fajrul Karimah, Kampung Kemiri Tegal 02/01 Kecamatan Kemiri, Kabupaten Tangerang. Minggu, 23 Januari 2022.

Acara dibuka dengan pembacaan kalam ilahi oleh Qori Cilik dari Majlis Dzikir Hadadan al Ustad Muhammad Rizky Adriansyah.

Asep Irama selaku Ketua Panitia penyelenggara dalam sambutannya,” saya ucapkan banyak terimakasih atas kehadirannya kepada tamu undangan di Majlis Dzikir Sholawat, yang mana kita berharap semoga kita mendapatkan keberkahan. Tak lupa pula kami haturkan permohonan ma’af bila tempat dan suguhan banyak kekurangan,” ujarnya.

Pembacaan silsilah puji oleh Rifai, kemudian perwakilan Majlis Dzikir Hadadan Sutisna wijaya dalam sambutannya mengajak jama’ah dan tamu undangan untuk membacakan Sholawat Nariyah bersama – sama.

Acarapun dilanjut dengan sambutan lainnya,” saya ucapkan terimakasih atas undangannya kepada sahabat saya dari Ranting Gp Anshor Kecamatan Kemiri, mudah – mudahan kegiatan ini menjadi semakin erat dalam menjalin ukhwah silaturrahim dan menambah keberkahan bagi kita semua. Dan Insyallah PAC GP Anshor dari Rajeg minggu depan Akan gelar acara sperti ini, dan rekan – rekan disini akan kami undang khususnya Sahabat saya Ahmad Syaikhu DPD Gp Anshor Kab Tangerang,” ucapnya.

Adapun Sambutan dari Anggota Dpd Gp Anshor Kab Tangerang Ahmad Syaikhu,
” Mudah – mudahan kegiatan seperti ini dengan Bersilaturrahmi dan membaca sholawat bersama di majlis dzikir rijalul Anshor, kita semua mendapatkan syafa’at dari Nabi Muhammad Saw, karena ada 3 golongan yang mendapatkan Ars Aup – Aup di yaumil kiamah. Salah satunya Silaturrahmi, akan diluaskan riskinya, dipanjangkan umurnya dan beri keberkahan hidupnya oleh Allah Swt,” ujarnya

Dilanjut sambutan dari Andri Gunawan Ketua Forum TBM Provinsi Banten, ” Saya sangat apresiasi kegiatan – kegiatan anak muda diwilayah kemiri khususnya Santri Majlis Dzikir Hadadan yang dipimpin oleh Ustad Adung Abdul Haris dan rekan Gp Anshor Kecamatan Kemiri. Dengan Kegiatan seperti ini, berkumpul membaca sholawat bersama adalah suatu pergerakan yang baik, selain membangun silaturrahmi ukhwah islamiah dan juga menumbuhkan kekuatan iman kita didalam beragama. Tentunya saya sedikit menyampaikan dan mengajak kepada rekan – rekan yang ada disini untuk semangat belajar terutama minat baca dan menulis, karena literasi adalah kemampuan di dalam menggunakan keterampilan, percakapan di dalam kehidupan. Salah satu Tokoh Nahdatul Ulama (NU) GP Anshor yang menjadi Inspirasi saya adalah Putra dari K.H Hasyim Ashari pendiri NU yaitu Wahid Hasim. Beliau yang dikenal sebagai ulama Kharismatik dan juga Mentri Agama Pertama di Republik Indonesia. Perjuangan beliau melalui berbagai tulisan – tulisan maupun juga inspiransi yang banyak sekali. Ini harus kita gaungkan kepada generasi – generasi muda agar tidak luput dari membaca. Untuk itu saya mengajak kepada Santri Hadadan dan rekan – rekan Gp anshor , Ayoo! Kita bersama – sama menggaungkan ” IQRO (Baca) bukan hanya menambah wawasan namun menjadi pondasi yang kuat bagi umat, dalam rangka mengembangkan potensi diri dan membantu masyarakat luas, ” ucap Andri.

Sambutan terakhir sekaligus penutup dari Acara tersebut oleh Ustad Adung Abdul Haris,” NU Anshor adalah Garda terdepan umat islam di Indonesia, maka dari itu kita harus bangga menjadi Umat Islam dan Perkuatkan tali silaturrahmi dengan mengadakan acara – acara sperti ini yang membangun semangat berjuang dan mengenang sejarah ulama – ulama terdahulu. Terus lanjutkan didalam berorganisasi tentunya mengarah ke hal yang positif dan bermanfaat bagi umat,” Acara Ditutup dengan do’a oleh Ustad Adung. [Red/Akt-56/suhermanroy]

 

AktualNews

Cigudeg, AktualNews – Dalam rangka menangani kemacetan di wilayah barat Kabupaten Bogor, Bupati Bogor, Ade Yasin, merilis Perbup Nomor 120 Tahun 2021 tentang Pembatasan Waktu Operasional Kendaraan Angkutan Barang Khusus Tambang di ruas jalan Kabupaten Bogor.

Dalam Perbup tercatat, waktu operasional kendaraan angkutan barang khusus tambang mulai pukul 20.00 – 05.00 WIB.

Perbup mulai efektif per tanggal 1 Januari 2022 meskipun peraturannya sudah ditetapkan sejak tanggal 29 Desember 2021.

Namun amat miris, bah tak dihiraukan peraturan yang dibuat oleh bupati, masih banyak kendaraan yang beroperasi di pagi hari bahkan tak mengenal waktu.

Pantauan awak media Aktualnews.co.id di lapangan masih banyak kendaraan angkutan barang yang masih melintas jalan raya Jasinga – Cigudeg di pagi hari sampai sore hari.

Sementara itu Ijul pengendara yang melintas menuturkan, sudah hampir satu bulan yang saya ketahui ada peraturan dari Pemerintah Kabupaten Bogor akan pembatasan oprasional kendaraan angkutan barang, namun sampai saat ini dilapangan, lalu lalang kendaraan diruas jalan Cigudeg masih seperti biasanya bahkan di jam anak-anak pulang dan masuk sekolah,” ungkapnya.

“Saya heran, padahal peraturan ini Bupati langsung yang membuat tapi seperti dihiraukan begitu saja apa karena kurangnya sosialisasi kepada para supir atau tidak adanya petugas yang merajia para kendaraan tersebut.” Ucap Ijul.

Sementara itu Oding salah satu supir ketika di konfirmasi terkiat Peraturan Perbup Nomor 120 Tahun 2021 pembatasan oprasional mengatakan, Saya belum tau pak prihal peraturan tersebut.” ungkapnya.

“Mungkin kalau saya sudah tau saya tidak akan beroperasi karena dapat bahaya juga untuk saya kena sanksi kalau ada rajia, karena tidak tau ya saya beroperasi saja”Pungkas Oding [Red/Akt-57/Andi Suprihadi]

 

AktualNews

Foto: Ahmad Suhud Direktur Eksekutif LSM BP2A2N (kanan), mempelajari/menelaah bersama dengan tim dari media online. Yanuar (BantenNet), Haryanto (AktualNews), Dewo/Zulkarnain (Derapfakta)

 

Tangerang, AktualNews-Dugaan korupsi blt-dd dan dana desa di Desa Pasanggrahan kecamatan Solear kabupaten Tangerang, sedang menjadi sorotan publik, Ahmad Suhud Direktur Eksekutif LSM BP2A2N, bersama dengan rekan-rekan dari tim media online seperti tampak dalam foto, Ahmad Suhud sedang melakukan pengkajian dan telaahan beberapa berkas seperti.

1. Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LKPPD), tahun 2020. Ds Pasanggrahan kecamatan Solear;
2. Informasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (IPDD), Ds Pasanggrahan kecamatan Solear tahun 2020;
3. Peraturan Kepala Desa Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Penjabaran Perubahan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2020 (Pemerintahan Desa Pasanggrahan kecamatan Solear).
4. Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LPPD), Tahun 2020, Pemerintahan Desa Pasanggrahan kecamatan Solear kabupaten Tangerang Tahun 2021.
5. Peraturan Desa Nomor 6 Tahun 2020, Tentang Perubahan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2020, hal dimana Ahmad Suhud melakukan pengkajian dan telaahan agar dugaan korupsi Anggaran dana desa di desa Pasanggrahan menjadi terang benderang dan tidak menjadi polemik di publik.

Alokasi Dana Desa dan Dana Desa (ADD/DD), diduga rawan di korupsi terutama di bidang pengadaan barang dan jasa yang menjadi tren atau modus korupsi kolusi dan nepotisme,

Ahmad Suhud selaku Direktur Eksekutif LSM BP2A2N, mengatakan kepada awak media online AktualNews.co.id, dan awak media online Derapfakta.com, dan awak media online BantenNet.com pengkajian dan telaahan ini dilakukan guna untuk melengkapi pelaporan ke Aparat Penegak Hukum (APH), guna membuat laporan dugaan korupsi anggaran dana desa dan anggaran pilkades desa Pasanggrahan kecamatan Solear kabupaten Tangerang, dan dari informasi yang berkembang dugaan korupsi anggaran dana desa di desa Pasanggrahan kecamatan Solear telah ditangani oleh pihak penyidik Polda Banten, satu hal yang perlu di ketahui ujar Suhud dugaan korupsi anggaran. Pilkades telah di laporkan ke kejaksaan negeri Tigaraksa oleh lembaganya, harapan Suhud dugaan korupsi di kabupaten Tangerang khususnya di Desa Pasanggrahan kecamatan Solear agar menjadi terang benderang dan dapat menyeret aktor intelektualnya, pasalnya kata Suhud dari tahun ke tahun dugaan korupsi Dana Desa (DD), di kabupaten Tangerang tidak pernah ada pelaku yang di perkarakan atau menjadi tersangka padahal banyak kasus dugaan korupsi anggaran dana desa yang sempat viral di beritakan namun pada akhirnya sepi bak ditelan bumi, hal ini yang menjadi tantangan tersendiri untuk dirinya sebagai masyarakat dan direktur eksekutif LSM BP2A2N, untuk mengambil sikap agar dugaan korupsi dana desa dan korupsi anggaran Pilkades di Desa Pasanggrahan kecamatan Solear menjadi terang benderang ujar Suhud
[ Red/Akt-26/Har ]

Tangerang, AktualNews – Bupati Tangerang H. Ahmed Zaki Iskandar, B.Bus, SE, M.Si, menerima kunjungan silaturahim Paseba Tangerang Utara terkait aspirasi masyarakat untuk pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Tangerang Utara, bertempat di Pendopo Bupati Tangerang, Jalan Ki samaun Kota Tangerang, Selasa (25/01/2022).

Kunjungan Paseba Tangerang Utara tersebut disambut hangat oleh Bupati Zaky, dengan ramah tamah dan bincang – bincang seputar pembangunan yang sedang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang, antara lain : Pembangunan Infrastruktur, sarana dan prasara yang disiapkan untuk masyarakat Tangerang Utara sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dan memberikan kemudahan – kemudahan fasilitas bagi masyarakat.

Hal itu diungkapkan oleh bupati dihadapan hadirin, antara lain : Sekda kabupaten Tangerang Drs. Moh. Maesyal Rasyid, M.Si, Kepala Bapeda Kabupaten Tangerang Ir.Taufik Emil, Kepala BPKAD kabupaten Tangerang Muhammad Hidayat, SE, Ketua DPRD kabupaten Tangerang H. Kholid Ismail, S.Ag, MM dan Pengurus Paseba Tangerang Utara, antara lain : H. Imam Fachrudin, S.Ag, SH, Thohirudin, ST, MM, CTMP, Sadullah, SE, MM, Linda, S.Pd, Ade Parhatun, S.Kom, M. Khotib Rifai, SE, MM, Irwanto dan Nuryanah, S.Pd. serta Sugandi Itra, MM ketua TP2D.

Terkait pembentukan Daerah Otonomi Baru, Bupati Tangerang menyampaikan arahan – arahan positif kepada Paseba dan mengajak untuk memikirkan keadaan dan situasi setelah DOB Tangerang Utara dibentuk.

“Untuk membentuk DOB itu perlu ada kesiapan – kesiapan yang matang, seperti mempersiapkan fasilitas infra Struktur Pusat Pemerintahan, kemudian kesiapan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sehingga tidak menyusahkan masyarakatnya sendiri,” jelas Bupati dengan gamblang.

“Lagi pula untuk membentuk DOB tersebut perlu dilakukan pada saat momentum yang tepat, bukan seperti anak umur 13 tahun yang berkeinginan untuk meminta kendaraan motor kepada ayahnya, sehingga keperluan untuk penggunaan motor tersebut harus dipersiapkan kelengkapannya, artinya saya sebagai pemimpin ingin rakyatnya sejahtera, yang jelas saya menerima aspirasi masyarakat ini namun harus melihat momentum yang tepat untuk pembentukan DOB Tangerang Utara,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Ketum Paseba Tangerang Utara menyampaikan ucapan terima kasih atas silaturahmi dengan Bupati Tangerang dan kesiapan Paseba Tangerang Utara dalam rangka mengawal pembangunan yang sedang dilaksanakan di Tangerang Utara.

“Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Bupati atas perkenannya menerima silaturahmi kami dan sebagaimana arahan pak Bupati, insya Allah paseba siap menjadi mitra pemerintah dalam melaksanakan pembangunan dan memberikan solusi yang baik sehingga apa yang diharapkan oleh masyarakat dapat tercapai,” tutupnya.

Pertemuan tersebut berjalan lancar dan diakhiri dengan berfoto bersama dan penyerahan legalitas Paseba oleh Sekjen Paseba kepada Bupati Tangerang. [Red/Akt-56/suhermanroy]

Sumber Redaksi :
www.pasebanews.online

 

AktualNews

Foto : Pengadilan Tindak Pidana Korupsi di Ambon. 

Ambon, AktualNews-Seakan belum merasa lelah melakoni kegiatan penggeledahan beberapa kantor pemerintah daerah Kabupaten Buru Selatan di Namrole, Tim KPK kembali menggeledah rumah kediaman pengusaha Lim Sin Tiong alias “Tiong”, yang terletak di Jln Raya Nametek, Namlea Kabupaten Buru, pada siang jelang sore kemarin, hari Senin (24/4).

Penggeledahan terhadap rumah pengusaha lokal Namlea yang sering disapa “Tiong Lakusu” ini dilakukan oleh 3 (tiga) orang anggota Tim KPK, yang didamping oleh beberapa personil Polri dari Kepolisian Resort Buru di Maluku. Rangkaian penggeledahan ini sendiri, kata Sumber, dilakukan kurang lebih 2 (dua) jam bermula tak beberapa lama setelah pkl 14:00 tetapi baru berakhir pelaksanaannya pada kira-kira pkl 16:30 WIT.

Baik pihak Tim KPK di Namlea mau pun Kapolres Buru, AKBP Egia Febri Kusumawiatmaja, S.I.K., M.I.K., sampai berita ini dikirim ke meja redaksi belum berhasil dihububungi, namun menurut salah satu sumber terpercaya dari Kota Namlea yang meminta namanya tidak dimediakan, ini merupakan bagian dari rangkaian penggeledahan pada beberapa kantor milik instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Buru Selatan di Namrole.

Dari Namlea Kabupaten Buru melalui telepon selulernya Sumber mengatakan, Tim ini melakukan penggeledahan setelah kurang lebih 5 (lima) jam sebelumnya Tiong diperiksa secara maraton dengan status “Saksi” oleh pihak KPK pada Ruang Sat Reskrim Mapolres Buru di Jln Pendopo No. 1 Namlea, Senin (24/1), mulai kira-kira pkl 09:00 sampai pkl 14:00 WIT.

Ditanyakan apakah rangkaian penggeledahan ini berhubungan dengan sesuatu kasus baru yang melibatkan lain orang atau pejabat lain lagi, menurut Sumber, sepertinya tidak. “Ini kelihatannya berhubungan dengan penggeledahan pada sejumlah kantor instansi-instansi pemkab Buru Selatan di Namrole beberapa hari lalu. Jadi sepertinya tidak berdiri sendiri atau bukan kasus lain yang berhubungan dengan seseorang pejabat lain atau juga peristiwa yang lain”, tukasnya.

Sebab bersamaan dengan Tiong, tuturnya, pada hari Senin (24/󠆧1) itu pula, sejumlah pejabat dari lingkup Pemerintah Kabupaten Buru Selatan ikut diperiksa dan dimintai keterangan oleh Tim KPK bertempat di ruang Sat Reskrim Polres Buru. Mereka antara lain : Agus Mahargianto (PNS Balai Pelaksanaan Jalan XVI Ambon), Cones. A. Sahetapy (Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Buru Selatan), Gregorius Yosep Tortet (Kepala Bidang pada Bappeda dan Litbang Kabupaten Buru Selatan), Joseph A.M.Hungan (Kabid Bina Marga Dinas PU Kabupaten Buru Selatan), dan Gamar The (Bendahara BPKAD Kabupaten Buru Selatan).

Sementara itu, sejak hari Rabu (19/󠆧1) Tim KPK yang terdiri dari 12 (dua belas) orang turun langsung melakukan pengeledahan di Namrole terkait dugaan gratifikasi mantan Bupati Buru Selatan 2 (dua) periode, Tagop Sudarsono Soulissa, dalam proyek-proyek infra struktur di daerah itu selama tahun 2011-2016. Prosesi penggeledahan ini berlangsung selama 4 (empat) hari berturut-turut degan menyambangi sejumlah kantor unit Pemerintah Kabupaten Buru Selatan di Namrole.

Pada hari pertama, Rabu (19/1) itu, Tim memecah diri menjadi 2 (dua) Sub Tim masing-masing melakukan penggeledahan di Pendopo Bupati dan Kantor Bupati Buru Selatan di KM 21 Elfule kurang lebih selama 8 (delapan) jam dengan mendapat pengawalan ketat sejumlah personil Brimob.

Dilanjut pada esoknya hari ke-2, Kamis (20/󠆧1), Tim kembali memecah menjadi 3 (tiga) Sub Tim turun lagi  melakukan penggeledahan pada sejumlah lokasi berbeda. Sub Tim 󠆧1 menggeledah Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) di Jln Raya Elfule KM 21 Namrole yang dipimpin Jeane Rinsampessy selaku Plt Kadis dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) di KM 21 Labuang, lalu Sub Tim ke 2 menyeruduk Kantor Bappeda di Labuang Namrole dan Kantor Dinas Penanaman Modal Daerah di Jln Trans Leksula Labuang Namrole, sedangkan Sub Tim ke-3 menggeledah Kantor Inspektorat dan Kantor Dinas Sosial serta Kantor Dinas PMPD semuanya di Jln Raya Labuang KM 3 Namrole.

Datang pada hari ke-3 Jumat (21/󠆧1), Sub Tim ke-󠆧1 menggeledah Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil pimpinan Ruslan Makatita serta Dinas Kesehatan di Jln Raya Elfule yang dikepalai Ibrahim Banda, bersamaan dengan itu Sub Tim ke-2 pada Dinas Kelautan dan Perikanan di Jln Manggadua Elfule Namrole yang dipimpin Djafar Souwakil serta Dinas Lingkungan Hidup pimpinan Lukman Solissa, sedangkan Sub Tim ke-3 hanya sempat menyambangi kantor Dinas Perhubungan yang dikepalai La Ode Adam Malik.

Hingga terakhir hari ke-4 Sabtu (22/󠆧1), penggeledahan hanya pada Dinas Pendidikan dengan Plt Kepala Dinas Edison Biloro, yang semula dijadwalkan kemarinnya, Jumat (21/󠆧1), oleh Sub Tim ke-3, namun karena ketika didatangi hari itu tidak ditemukan orang akhirnya dipending.

Menanggapi kabar ini, Rusdi Hena, salah satu warga asal Maluku di Jakarta mengaku sudah mendapat informasi tentang penetapan status Tagop Sudarsono Soulissa selaku tersangka di KPK, maka oleh karena itu penggeledahan serta pemeriksaan terhadap saksi-saksi sebagai tindak lanjut yang dilakukan KPK di Namrole dan Namlea disambut gembira.

Tetapi dia berharap, KPK jangan berhenti pada Tagop melainkan harus menelisik lebih jauh pada daerah-daerah kabupaten/kota yang lain. Banyak laporan dari berbagai daerah di Maluku sudah masuk ke KPK sejak bertahun-tahun lalu sampai sekarang terkesan ditutup-tutupi, bahkan salah satunya pemberian gratifikasi oleh seorang Pengusaha Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) di Bula disebut dalam putusan yang sudah berkekuatan hukum bahkan penerima gratifikasi sudah sekian tahun menjalani pidananya di Lapas Sukamiskin Banding, namun sampai sekarang pelaku pemberi gratisikasi dan mereka yang patut diduga sama-sama terlibat belum diapa-apakan.

Menurut dia, sejumlah moment penting beberapa waktu lalu sempat mencederai citra kelembagaan KPK, oleh karena itu, kepemimpinan KPK sekarang yang diketuai Firly Bahuri perlu menunjukan komitmen serta konsistensinya agar cedera itu bisa cepat sembuh hingga redup citranya segera pulih kembali seperti dahulu, antara lain pada masa kepemimpinan Taufiqurrahman Ruki,yang dinilainya cukup mengundang simpati.[ Red/Akt-13/Munir Achmad ]

 

AktualNews

 

 

Foto : Pengadilan Tindak Pidana Korupsi di Ambon.

Karanganyar, AktualNews – Ketua DPD II Partai Golkar Karanganyar Ilyas Akbar Almadani, putra semata wayang Bupati Karanganyar, Jateng Juliyatmono, dikenalkan sebagai kandidat calon bupati Karanganyar periode selanjutnya di forum yang dihadiri para kepala Dusun. Selasa (25/1).

Forum bertajuk pembinaan kepala dusun se-Kecamatan Matesih itu urung dihadiri Bupati Juliyatmono.
Tak ada perwakilan dari Pemkab yang mengisi pembinaan para kepala dusun tersebut. Justru Ilyas yang merupakan Ketua DPD II Partai Golkar Karanganyar mengisinya dengan berbagai keberhasilan pemerintah daerah dalam merealisasikan RPJMD.

Adapun RPJMD tersebut penjabaran visi misi kepala daerah periode 2018-2023. Para elite Partai Golkar Karanganyar yang duduk di DPRD dan struktural juga hadir, terutama di Dapil tersebut.
Di awal acara, anggota Fraksi Golkar DPRD Karanganyar Suparmi membuka kegiatan itu. Ia menyebut satu persatu yang hadir di muka forum. Giliran mengenalkan Ilyas, putra semata wayang Bupati Juliyatmono ini dikenalkan sebagai calon bupati yang sudah mendapat restu partai.

“Ini mas Ilyas, xalon bupati, jangan lupa (Pilkada serentak) 27 November 2024,” ungkap Suparmi di hadapan para kadus.
Kepada para kadus, mereka dipersilakan menyampaikan aspirasi ke para anggota legislatif yang hadir di hadapannya.
Sementara itu Ilyas menyampaikan kehadirannya di forum itu bukanlah agenda kampanye politik. Mengenai dirinya disebut-sebut cabup periode mendatang, ia merasa tak perlu mengomentarinya. Ia mempersilakan wartawan menanyakannya langsung ke Bapak Suparmi.

Lebih lanjut dikatakan, dirinya selaku ketua DPD II Golkar Karanganyar berkewajiban menyampaikan keberhasilan Bupati Juliyatmono memimpin Karanganyar. Ia juga menganggap capaian tersebut berkat usaha keras para stakeholder di pemerintahan kabupaten, kecamatan, desa dan unsur lainnya.

“Ini bukan kampanye, tapi capaian sejak 2013 di bawah kepemimpinan pak Juliyatmono yang selama ini sudah banyak kemajuan tentang insfrastruktur tentang perekonomian masyarakat serta sukses dalam perang memberantas virus Covid 19 perlu disampaikan ke masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu Koordinator Kadus se-Kecamatan Matesih Triyono menyatakan kesiapannya mendukung pencalonan Ilyas di Pilkada serentak 2024 mendatang. Kepada Ilyas, ia meminta usulan atau permintaan para kadus dibawa ke ranah kebijakan strategis.

“Tolong tunjangan kadus ditingkatkan lagi tahun ini. Tagihan BPJS selama ini diambil dari gaji, jadi penerimaan siltab tinggal sedikit. Tolong jangan lagi seperti itu pasti semua kadus mendukung di 2024. Kita juga minta direkreasikan dengan mas Ilyas,” pintanya. ( Dawam)

Karanganyar, AktualNews – Kelompok peternak di Karanganyar, Jateng membudidaya rumput pakchong untuk menyiasati harga pakan yang melambung. Jenis tanaman persilangan rumput gajah ini menyuplai nutrisi ternak dan mengurangi ketergantungan konsentrat pabrikan.

Ketua Kelompok Ternak Cempaka Unit Usaha Peternakan Punukan, Desa Ngadiluwih Matesih, Rohmat mengatakan harga konsentrat Rp.4.050-Rp.4.200 perkilogram dari sebelumnya Rp.4.000 perkilogram. Ia biasanya membeli 1,5 ton sekali transaksi.

“Memang untuk perkilo, kenaikan harganya tak seberapa. Tapi saya belinya banyak, sangat terasa, apalagi per hari butuh 60 kilogram konsentrat, habisnya kurang lebih sebulan,” paparnya kepada AktualNews.co.id disela aktivitasnya di kandang.

Kelompok peternak yang memiliki 20 anggota ini memelihara 300 ekor kambing jenis boer dan dorper serta 16 ekor sapi jenis limosin. Selain konsentrat pabrikan mahal, ternyata pakan lain juga harganya fluktuatif. Seperti ampas jagung, ampas ketela pohon, bekatul, ampas kopi dan sebagainya.

“Dimusim penghujan ini, pakan ternak memang lagi mahal-mahalnya, soalnya kandungan airnya berlebih, curah hujan tinggi,” katanya.

Guna menyiasati ongkos pakan, para peternak memproduksi sendiri sebagian kebutuhan tersebut. Satu diantaranya tanaman pakchong. Jenis rumput ini memiliki kandungan nutrisi yang baik dikonsumsi ternak.

Rohmat mengatakan, bibit pakchong ditanam di lahan 3 ribu meter persegi. Saat ini tanaman tersebut sudah berusia satu bulan dan diperkirakan panennya dua atau tiga bulan lagi.

“Kendalanya pada lahan kurang luas, sehari dibutuhkan 5 kuintal pakan oplosan bekatul dengan pokchong, sedangkan populasi ternak terus bertambah. Tidak diimbangi produksi tanaman pakan yang cukup,” katanya.

Rumput pokchong memang bisa diganti dengan rumput liar dan tanaman lain. Namun kandungan nutrisinya tidaklah sebagus rumput pokchong.
Di kandang ini, ternak diberi makan tiga kali dengan menu berlainan. Pada pagi hari diberi pakan hijau tanpa fermentasi, sedangkan siang dan sore jenis konsentrat dan fermentasi. (Red)Akt-52/Dawam )

 

AktualNews

Diberdayakan oleh Blogger.