Foto : Ahmad Suhud Direktur Eksekutif Lembaga BP2A2N

 

Tangerang, AktualNewsAhmad Suhud Selaku Direktur Eksekutif Lembaga Swadaya Masyarakat Badan Pengawas penyalahgunaan Aset dan Anggaran Negara (LSM BP2A2N) minta kepada Bupati Kabupaten Tangerang untuk memberhentikan Anggota Badan permusywaratan Desa (BPD) yang terlibat Aktif menjadi pengurus partai Politik di kabupaten Tangerang,karena hal tersebut dilarang sesuai dengan Undang-undang No 6 Tahun 2014 pasal 66 bahwa anggota BPD dilarang penjadi pengurus partai Politik ucap Suhud

Dimana BPD sebagai parlemennya Desa dipilih oleh masyarakat desa dalam perwakilan setiap wilayah dan langsung di utus menjadi perwakilan masyarakat sebagai BPD Desanya yang kemudian dilaporkan oleh kepala desa kepada pak camat untuk dilaporkan kepada pak Bupati untuk dilantik dan di SK kan oleh Bupati dan dibagikan SK tersebut melalui camat setempat,hal ini tentu akan sangat merugikan Masyarakat dan juga Anggaran Negara karena jelas BPD desa akan mendapatkan insentif dan harus profesional dalam bekerja dan menjalankan tupoksinya terutama menampung dan menyampaikan aspirasi masyarakat,lain hal ketika anggota BPD nya adalah aktif menjadi pengurus partai Politik dan ini secara undang-undang jelas dilarang.

Berdasarkan informasi yang didapat bahwa di wilayah Kabupaten Tangerang banyak anggota BPD yang terlibat sebagai pengurus partai politik,salah satunya di wilayah Kecamatan Jambe kabupaten Tangerang Dimana menurut informasi ada 2 orang anggota BPD desa terlibat aktif sebagai pengurus partai Politik,ada inisial ES yang menurut informasi menjabat sebagai ketua BPD Desa diwilayah kecamatan Jambe juga aktif sebagai pengurus Partai politik dikecamatan Jambe kemudian ada juga inisial A yang juga menjabat sekertaris BPD desa diwilayah kecamatan Jambe yang juga menjabat sebagai salah satu pengurus partai Politik di Kecamatan Jambe hal ini tentu amat sangat di larang oleh Undang-undang dan aturan,kemudian menurut informasi juga di kecamatan solear inisial M yang juga salah satu anggota BPD desa menjabat sebagai pengurus partai Politik dikecamatan solear hal ini tentu harus segera diatasi agar tidak jadi persoalan dan polemik dikemudian hari.

Ahmad Suhud Selaku Direktur Eksekutif LSM BP2A2N meminta Bupati Tangerang,forum BPD kabupaten Tangerang dan camat setempat untuk segera memanggil yang bersangkutan dan mengevaluasi jika benar adanya segera untuk memberhentikan yang bersangkuta,kami mendapat laporan dari masyarakat dan ini kami akan sikapi karena dianggap bisa merugikan keuangan Negara ucap Suhud

Menjadi BPD di desa setempat Menurut Suhud merupakan wadah yang baik untuk menampung dan menyampaikan aspirasi masyarakat serta salah satu fungsi nya melakukan kontroling dan pengawasan terhadap penyelenggara pemerintah desa setempat maka ini merupakan tugas mulia yang diemban ketika dilaksanakan sesuai dengan Tupoksi ucap Suhud. [ Red/Akt-26/Har ]

 

AktualNews

 

 

Labuhanbatu, AktualNewsMenindaklanjuti surat dari Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayan dan Kesejahteraan Keluarga Pusat, Sebanyak 50 kader Kabupaten Labuhanbatu menerima pembekalan via daring yang diselenggarakan oleh PKK Pusat dan Satgas Covid-19 Nasional di Aula Kantor PKK Jalan WR. Supratman, Padang Matinggi, Rantau Utara, Selasa (8/2/2022).

Kegiatan ini dalam rangka mendukung pencegahan Covid-19 serta mendorong percepatan Vaksinasi Covid-19 untuk mewujudkan Herd Immunity Masyarakat Indonesia. Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2017 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 36 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 99 tahun 2017 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam Pasal 7 ayat (2) huruf c bahwa kelompok kerja IV sebagai pengelola program kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat.

Resmi membuka pembekalan tersebut, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengatakan erjuangan kita menghadapi covid 19 belum berakhir dan Peran kader pkk dalam mendorong perubahan perulaku masyarakat sangat diperlukan.

Keluarga sebagai kelompok paling kecil, ayah dan ibu harus bisa memberikan contoh perilaku protokol kesehatan. Penting bagi keluarga menjaga kesehatan mental keluarga, sebagai bentuk upaya menjaga imunitas tubuh, dan merupakan tugas PKK untuk membantu mendorong hal tersebut,” ucap Suharyanto.

Mengahiri sambutannya, Suharyanto mengucapkan selamat mengikuti pembekalan kepada seluruh kader PKK yang mengikuti pembekalan via daring tersebut.

Adapun materi yang diberikan adalah “Gerakan PKK Keluarga Sehat Tanggapa dan Tangguh Bencana Dalam Rangka Menuju Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Masa Pandemi Covid-19”, “Peningkatan Protokol Kesehatan Dalam Upaya Pencegahan Covid-19”, “Penggunaan Aplikasi Bersatu Lawan Covid-19 (BLC)”, dan “Mendorong Percepatan Capaian Vaksinasi Covid-19”
Ketua IV Bidang Kesehatan Keluarga dan Lingkungan Safriati Safrizal mengatakan pembekalan ini diharapkan dapat menjadikan Kader PKK Pro Sehat Kendali Covid-19 Sebagai Duta Perubahan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Dengan Pembekalan Kader PKK Pro Sehat Kendali Covid-19 diharapkan dapat mensosialisasikan kepada masyarakat pentingnya disiplin terhadap protokol kesehatan dengan menerapkan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan,” jelas Safriati.

Safriati berharap kegiatan ini juga dapat mendorong percepatan capaian Vaksinasi dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya Vaksinasi Covid-19. Kader PKK Pro Sehat kendali Covid-19 tetap melaksanakan tugas sampai dengan Covid-19 dinyatakan berakhir oleh pemerintah dan selanjutnya tetap menjadi Duta Perubahan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan masing-masing. [ Red/Akt-01 ]

 

AktualNews

Labuhanbatu, AktualNews-Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu dr.Hj. Maya Hasmita, SP.Og, MKM memberikan tetes vitamin A secara simbolis kepada anak-anak usia dini, di halaman rumah Bupati Labuhanbatu Kelurahan Padang Matinggi Kecamatan Rantau Utara Selasa 8/2/2022.

Pemberian vitamin A dimaksud dalam agenda pemberian vitamin serentak yang rutin dilakukan disetiap posyandu dibulan Februari dan bulan Agustus, yang bertujuan memberikan kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan bagi tubuh balita.

dr. Maya sembari memberikan tetes vitamin kepada belasan anak-anak tersebut mengajak kepada para orang tua untuk selalu rutin membawa anak-anak nya keposyandu terdekat agar tumbuh kembang dan kesehatan anak lebih terjamin.

” Jangan merasa bosan demi kesehatan dan tumbuh kembang buah hati kita, berikan yang terbaik untuk mereka salah satunya dengan rutin membawa mereka ke posyandu” ucap dr.Maya.

Didampingi ketua Pokja 1, Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Friska Simanjuntak, SKM, MKM, ibu-ibu PKK dan staf Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu, dr. Maya berharap dengan adanya rutinitas pemberian vitamin ini anak-anak diKabupaten Labuhanbatu dapat tumbuh sehat dan berkembang karena anak merupakan aset daerah yang perlu dijaga.

Dilokasi yang berbeda tepatnya di jalan Erlangga Kelurahan Cendana pada Posyandu teratai, usai memantau dan memberikan tetesan Vitamin A, Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Friska, E, Simanjuntak SKM, MKM, menyebutkan bahwa agenda pemberian vitamin A ini sudah menjadi rutinitas posyandu di seluruh pos yang berada di Kabupaten Labuhanbatu yang selalu dilakukan disetiap bulan, Februari dan Agustus.

Disebutkan Friska, hal ini dilakukan sebagai bentuk upaya Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dalam memberikan pemenuhan hak kesehatan bagi anak dan balita sesuai dengan Permenkes no.21 thn 2015 tentang pemberian Vitamin A pada bayi usia 6-11 bulan,dan balita usia 12-59 bln, serta ibu ibu Nifas.

Diakhir kegiatan, Friska mengajak seluruh kader posyandu untuk selalu mengajak dan menghayo hayokan kepada seluruh ibu-ibu disekitarnya agar rutin membawa balitanya keposyandu, dan kepada orang tua Friska menghimbau agar ibu-ibu di kabupaten Labuhanbatu ini untuk selalu membawa buah hati nya ke posyandu.

Dislokasi posyandu teratai terdata ada 36 anak balita mengikuti posyandu dan mendapatkan vitamin A. Dan Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu akan selalu melakukan Aksi Pemberian Vitamin A pada bulan Timbang Februari dan Agustus. [ Red/Akt-01 ]

 

AktualNews

Foto : Doktor KH. Mohamad Mahrusillah,.MA,

Tangerang, AktualNews – Selamat dan sukses atas diraihnya gelar Doktor KH. Mohamad Mahrusillah,.MA, yang sebagaimana yang kita ketahui kelulusan gelar Doktor tidak didapatkan dengan mudah. Suatu proses pencapaian yang sungguh sangat luar biasa dari kerja keras, usaha dan doa untuk meraihnya. Doktor KH. Mohamad Mahrusillah. MA, adalah Dosen di Fakultas STISNU Tangerang.

Beliau mengambil fokus dan totalitas di mana hari ini adalah pengukuhan dalam manunggaling maqamat tertinggi dari sarjana. Konsisten dalam asbab pada akhirnya tajrid, KH Mohamad Mahrusillah. MA, dikukuhkan dalam sidang Promosi Doktor Pendidikan Islam SPs UIN Jakarta. Beliau produk salafiyah balerombeng Banten yang terkenal tidak terlalu akomodatif dengan sekolah. Hari ini hari yang sangat spesial, pertama, kerawuhan Gus Umar Fayumi yang meng_ijazahi teknik cosmic manaqib Syaikh Abdul Qadir al-Jailani. KH Mohamad Mahrusillah. MA hadir memahami cosmic semesta, belajar menata tatakelola manajemen diri, Selasa 8/02/2022.

Selamat atas sidang promosi doktor (Dr. KH. Mohamad Mahrusillah Zarkasyi, MA) di auditorium Prof. Suwito Sekolah Pascasarjana (Sps) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kiai muda asal Banten, dalam sidang promosi doktor menyatakan “disertasi bukanlah Alquran, sebaik-baik orang yang menghafal Alquran ia tidak boleh menambah dan mengurangi satu hurufpun dari firman-firman itu, dan sebodoh-bodohnya kandidat doktor ia harus menambah dan mengurangi konten dan substansi dari penelitiannya, sehingga dapat ditemukan novelty yang jelas. Dengan demikian, model pembelajaran story telling kajian kitab Fathul Mu’in dapat dengan mudah dipahami oleh santri. Menyampaikan pesan-pesan hukum yang terkandung dalam kitab Fathul Mu’in melalui kisah-kisah dapat dengan mudah menarik pemahaman hukum berdasarkan teks yang dipahami sesuai dengan realitas yang dihadapi oleh umat hari ini”, tutupnya.

Selain sebagai dosen Doktor KH. Mohamad Mahrusillah,. MA adalah tokoh agama pengasuh pondok pesantren Al-Hasaniah Kp. Rawalini Kec. Teluknaga Kab. Tangerang, wawancara dengan wartawan AktualNews melalui pesan singkat Whatsapp yang dalam paparnya,” pada tantangan untuk pencapaian menjadi Doktor tidak ada yang berat kecuali kita mau menulis dan bimbingan, semua itu kalo dirasa berat ya berat kalo dirasa enteng ya enteng saja, semua apapun yang kita lakukan bukan kerja kita akan tetapi kerja sama,” ucapnya. [Red/Akt-41-Yunadin]

 

AktualNews

Foto : Rumah Bpk Cahyono penerima bantuan sosial tunai (BST)

 

Solear,AktualNews-Modus dugaan korupsi bantuan sosial tunai dan bantuan langsung tunai di Desa Pasanggrahan kecamatan Solear kabupaten Tangerang, di duga kuat telah terjadi sejak tahun 2020, dari penelusuran awak media online AktualNews.co.id bersama dengan rekan media online Derapfakta.com di dapati fakta yang mengejutkan.

Foto : Dugaan pemalsuan NIK KTP, guna mendapatkan blt-dd.

Fakta tersebut dimana didapati adanya dugaan korupsi BST dan BLT-DD di desa Pasanggrahan kecamatan Solear dengan berbagai modus, seperti
1. Tanda tangan penerima diduga di palsukan
2. Rata-rata penerima bst dan blt-dd penerimanya itu-itu saja
3. Memalsukan atau menggandakan NIK KTP
4. Penerima sudah lama pindah tetapi namanya terdaftar sebagai penerima bantuan (BST)
5. Nama penerima bantuan blt-dd diganti secara sepihak
6. Adanya pemotongan blt-dd, kepada masing-masing KPM, sebesar Rp. 50.000,-(Lima puluh ribu rupiah), sekedar catatan bulan April tahun 2020 pemerintahan desa Pasanggrahan Solear, menyalurkan bantuan langsung tunai sebesar Rp. 502.200.000,- (Lima ratus dua juta, dua ratus ribu rupiah), untuk 279 keluarga penerima manfaat (Kpm-red), Januari s/d Desember 2020, pemerintahan desa Pasanggrahan Solear kembali menyalurkan blt-dd sebesar Rp. 251.000.000,- (Dua ratus lima puluh satu juta), untuk 279 kpm, dan pada bulan Oktober, November, Desember pemerintahan desa Pasanggrahan kembali menyalurkan blt-dd, tahun 2020 kepada 279 kpm, di tahun 2020 desa Pasanggrahan kecamatan Solear kabupaten Tangerang, telah menggelontorkan anggaran sebesar Rp 1.054.400.000,- (Satu miliar lima puluh empat juta, empat ratus ribu rupiah), untuk bantuan sosial terdampak Covid-19, dengan adanya pandemi Covid-19 pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten Tangerang, mengelontorkan hingga pemangkasan anggaran untuk mengatasi perekonomian masyarakat akibat dampak dari Covid-19, dengan bantuan anggaran yang begitu besar sehingga berpotensi menjadi lahan ajang korupsi berjamaah di desa Pasanggrahan kecamatan Solear.

Seperti wawancara awak media online AktualNews.co.id bersama dengan rekan dari media online derapfakta.com, dengan beberapa ketua Rt di wilayah Rw 012, mengatakan tanda tangan penerima BST bukan tanda tangan dirinya, bahkan salah satu ketua Rt mengatakan warganya yang bernama Cahyono sudah lama pindah rumah sebelum dirinya menjabat sebagai ketua Rt, Cahyono telah lama pindah karena rumahnya telah dijual ujarnya kepada awak media
[ Red/Akt-26/Har ]

 

AktualNews

Foto : Ahmad Suhud Direktur Eksekutif Lembaga BP2A2N

Tigaraksa,AktualNews-Langkah Cepat proses penegakan hukum oleh Kejaksaan Negeri Kabupaten Tangerang terhadap persoalan dugaan korupsi dana BLT DD desa pasanggrahan kecamatan Solear terus bergulir dan berjalan, dengan kembali melakukan pemeriksaan untuk dimintai keterangan terhadap KPM

Ahmad Suhud Selaku Direktur Eksekutif LSM BP2A2N Mengapresiasi Langkah Cepat Kinerja Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Tangerang serta akan terus memantau dan mengawal perkembangan kasus Dugaan Korupsi BLT DD Dana Desa Pasanggrahan Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang ucapnya ke Media

Dalam kunjungan kerja beberapa pekan lalu ke Kejaksaan Negeri Kabupaten Tangerang yang langsung diterima oleh Kasie Intel kejaksaan Negeri kabupaten Tangerang Nana Lukmana, S.H, penangan BLT DD dana Desa Pasanggrahan Kecamatan solear menjadi Prioritas dan setelah rampung baru soal dugaan Korupsi Dana Pilkades Desa Pasanggrahan Ucapnya.

Atas hasil Kunjungan kerja Tersebut LSM BP2A2N akan terus mengawal kasus dugaan korupsi baik dana BLT DD Desa Pasanggrahan maupun yang menjadi prioritas Lembaganya yaitu korupsi dana Pilkadesa Desa Pasanggrahan Tahun 2021 ucap Suhud.
[ Red/Akt-26/Har ]

 

AktualNews

Foto : Ahmad Suhud Direktur Eksekutif Lembaga BP2A2N

Medan, AktualNews – Untuk mewujudkan Kota Medan yang tertata dengan rapi, tertib dan indah Pemerintah Kota (Pemko) Medan melalui PUD Pasar Medan kembali melakukan penertiban pedagang kaki lima (PKL) di Pasar Kampung Lalang, Senin (7/2/2022). Penertiban PKL ini tetap mengedepankan tindakan persuasif dengan melakukan sosialisasi dan edukasi terhadap PKL.

Namun sebelum dimulai penertiban, tim gabungan yang terdiri dari PUD Pasar Medan, Satpol PP, Bhabinkamtibas, Babinsa, perwakilan kecamatan, kelurahan, dan para pegawai di jajaran PUD Pasar Medan terlebih dulu melakukan apel di areal parkir Pasar Kampung Lalang. Apel dipimpin oleh Dirut PUD Pasar Medan Suwarno didampingi Dirops Ismail Pardede, Dirkeu/Adm Fernando Napitupulu, Dirbang/SDM Imam Abdul Hadi, Kacab II Budi F Putra dan Kepala Pasar Kampung Lalang Dohar Simatupang serta para kepala bagian.

Lalu usai apel Tim gabungan bergerak memberikan sosialisasi dan edukasi kepada para PKL di seputaran Pasar Kampung Lalang dan di Jalan Pribadi. Para PKL diberitahu supaya memindahkan lapak. Karena areal yang dipakai berjualan merupakan fasilitas umum dan mengganggu arus lalulintas. Beberapa saat setelah menerima imbauan tersebut, para PKL membongkar sendiri lapaknya. Para PKL diminta untuk berjualan di dalam areal pasar yang lokasinya lebih representatif.

Tapi dari keterangan para PKL di Jalan Pribadi samping Pasar Kampung Lalang, mereka mengaku menyewa lapak dari pemilik ruko. Besaran sewa yang dibayar bervariasi, mulai dari Rp300 ribu hingga Rp1 juta. Mendengar ini, para direksi menemui para pemilik ruko untuk mengecek informasi tersebut. Para direksi lalu meminta agar hal tersebut tak lagi diteruskan.

Dirut Suwarno mengungkapkan sosialisasi dan edukasi berjalan dengan tertib dan kondusif. “Kami menyampaikan terima kasih kepada para PKL yang telah mau membongkar sendiri lapaknya. Ini sebuah permulaan yang baik untuk pembenahan,” bilang Dirut.
Namun untuk pengawasan agar tak lagi ada PKL menggelar lapak, lanjut Dirut, selanjutnya akan dibangun posko di seputaran Pasar Kampung Lalang. Dirut mengajak seluruh pihak sama-sama menjaga agar tak lagi ada PKL membuka lapaknya di tepi jalan.

“Persoalan mengatasi PKL harus melibatkan kolaborasi dari berbagai kalangan, termasuk pedagang itu sendiri,” tandasnya.(Red/Akt-35/Ansary)

 

AktualNews

Diberdayakan oleh Blogger.