Bogor, AktualNews – Adanya pengunduran diri Ketua LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) Sekertaris LPM dan Bendarahara LPM Desa Kalongsawah, hari ini Pemerintah Desa Kalongsawah melakukan Musdes (Musyawarah Desa) pembentukan LPM baru. Jum’at (11/02).

Dalam rangak pemilihan dan pembentukan LPM tersebut dihadiri langsung oleh perwakilan RT, RW Babinsa, BPD, tokoh masyarakat dan Kepala Desa Kalongsawah Nurhasanah

Nurhasanah Kepala Desa Kalongsawah menuturkan, mengundurkan dirinya Ketua LPM, Sekertaris dan Bendahara dan ketidak aktifnya LPM sebelumnya, kami Pemerintah Desa Kalongsawah kembali melakukan pemilihan dan pembentukan LPM,” ungkapnya.

“Pemilihan ketua LPM, Sekertaris dan Bendahara ini sendiri kami lakukan dengan cara Musdesus (Musyawarah Desa) di Aula Desa Kalongsawag dan di pilih langsung oleh perwakilan ketua RT, RW dan tokoh masyarakat, sedangkan LPM yang sebelumnya pemilihan hanya sepihak tanpa adanya musyawarah desa seperti hari ini,” ucap Nurhasanah.

Nurhasanah berharap terpilihnya Ketua LPM dan jajaran hari ini semoga dapat bersinergi dengan Pemerintah Desa karena LPM adalah lembaga dan mitra kerja Pemerintah Desa,” tuturnya.

“Jadi apabila ada apapun itu mari kita bekerjasama dan menumbuh kembangkan masyarakat,” tutupnya.[Red/Akt-57/Andi Suprihandi]

 

AktualNews

Karanganyar, AktualNews – Sebagai salah satu Polsek yang berada di Ibukota Kabupaten Karanganyar, Polsek Karanganyar menyadari bahwa wilayahnya memiliki banyak titik yang merupakan destinasi masyarakat untuk melakukan aktifitas baik siang maupun malam hari.

Kapolsek Karanganyar AKP Nawangsih Retna Waruju, hari Jumat (11/2/2022) pagi, memimpin anggotanya untuk melakukan kegiatan berupa pemasangan spanduk Himbauan taat prokes di depan kantor Polsek Karanganyar. Tidak berhenti disitu, Sosok satu-satunya Polwan yang menjabat Kapolsek di jajaran Polres Karanganyar tersebut melakukan kegiatan penyemprotan cairan desinfektan di Taman Pancasila yang notabene sebagai tempat terjadinya transaksi jual beli kuliner di malam hari.

Kegiatan penyemprotan desinfektan yang dilakukan Polsek Karanganyar bersinergi dengan Koramil Karanganyar, Pemerintah Kecamatan Karanganyar dan BPBD Kabupaten Karanganyar dilakukan dengan penuh semangat. Menggunakan kendaraan dinas Polsek dan PBD, kegiatan berlangsung dengan lancar.

“Kegiatan yang kami lakukan sebagai bentuk pelaksanaan dari arahan Bapak Kapolres Karanganyar, Kami siap mendukung dan melaksanakan perintah pimpinan. Diharapkan dengan pemasangan spanduk tersebut, masyarakat kembali ingat untuk menerapkan protokol Kesehatan. Demikian juga dengan penyemprotan desinfektan, kami mengharap masyarakat juga kemudian mendukung kegiatan kami dengan mengurangi mobilitas dan menjauhi kerumunan meskipun tempatnya sudah kami semprot desinfektan,” terang Kapolsek.

Melanjutkan kegiatannya, Kapolsek Karanganyar dan unsur terkait melakukan Operasi yustisi dan pembagian masker di beberapa lokasi yang ada di wilayahnya.

Kapolres Karanganyar AKBP Danang Kuswoyo S.I.K., mengatakan, kegiatan seperti yang dilakukan oleh Polsek Karanganyar tersebut merupakan salah satu bentuk kegiatan yang sangat baik dalam hal pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayahnya.

Lanjut Kapolres Karanganyar HKBP Danang Kuswoyo S.I.K mengungkapkan,“ kegiatan yang sudah dilaksanakan semoga memberikan manfaat yang baik bagi Masyarakat dan kami mengharap doa serta kerjasama dari masyarakat agar upaya yang kita lakukan ini mendapat hasil yang baik.” ungkapnya.(Red/Akt-52/Dawam)

 

AktualNews

 

Medan,AktualNewsUntuk menekan angka penyebaran Covid-19, Pemko Medan terus mempercepat program vaksinasi. Kali ini jajaran pegawai Dinas Pencegahan Pemadam Kebakaran (P2K) Kota Medan yang menerima suntik vaksin dosis III atau booster di Kantor P2K Jalan Candi Borobudur, Medan, Kamis (10/2/22).

Namun dari 260 orang pegawai, sebanyak 120 orang menerima suntikan vaksin yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Medan tersebut.

Lalu Kepala Dinas P2K Albon Sidauruk mengatakan, pelaksanaan Vaksinasi ini merupakan upaya dalam mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi Covid-19.

“Tapi pelaksanaan Vaksinasi ini merupakan wujud dukungan Dinas P2K dalam upaya percepatan vaksinasi sebagaimana visi misi Pak Wali Kota Medan Bobby Nasution. Adapun vaksin yang digunakan jenis Pfizer,” sebutnya.

Tapi Albon menjelaskan, pihaknya sangat mendukung dengan adanya vaksinasi booster tersebut. Sebab, ini juga merupakan upaya untuk mencapai kekebalan komunal.

“Kami ucapkan terima kasih pada Dinas Kesehatan yang telah membantu pelaksanaan Vaksinasi ini. Kami harap vaksinasi ini bisa membuahkan hasil seperti yang diinginkan,” harapnya.

Tapi sementara salah seorang pegawai Dinas P2K mengaku senang dan lega usai mendapatkan vaksinasi Booster. “Saya sangat bersyukur mendapatkan suntikan vaksin Booster ini,” bilangnya. [Red/Akt-35/Ansary ]

 

AktualNews

Bogor, AktualNews-Danrem 061/Suryakancana Brigjen TNI Achmad Fauzi S.I.P.,M.M mendampngi kunjungan kerja Kabaintelkam Mabes Polri dalam peninjauan kegiatan vaksinasi Booster untuk masyarakat Kota Bogor yang diselenggarakan oleh Polresta Bogor yang digelar di Ballroom IPB International Convention Center jl. Raya Padjadjaran Kelurahan Tegallega Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor, Kamis (10/2).

Brigjen TNI Achmad Fauzi tentunya sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan vaksinasi Booster yang diselenggarakan oleh Polresta Bogor, kegiatan tersebut adalah salah satu upaya mendukung pemerintah dalam menanggulangi wabah covid 19 dan omicron. Di mana saat ini wabah covid 19 kembali meningkat dan varian omicron juga sudah mewabah ke berbagai wilayah. Oleh karena itu dengan pemberian vaksin dosis ketiga ini diharapkan mampu menambah meningkatkan imunitas tubuh seseorang.

Kemudian Danrem juga mengatakan bahwa vaksinasi booster ini diberikan kepada warga masyarakat yang sudah melaksanakan vaksin dosis pertama dan dosis kedua yang jarak atau jeda waktu dari dosis kedua dan ketiga adalah minimal 6 bulan.

Selain itu Danrem juga menyampaikan bahwa untuk meminimalisir atau mencegah penularan wabah covid 19 dan omircon selain vaksinasi warga masyarakat juga diharapkan untuk terus mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 5 m yaitu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah atau saat berinteraksi dengan orang lain kemudian selalu menjaga jarak tidak berkerumun, mengurangi mobilitas dan membersihkan tangan sesering mungkin bisa menggunakan air bersih dan sabun atau menggunakan hand sanitizer. Dan warga masyarakat juga diharapkan untuk terus meningkatkan pola hidup yang lebih baik lagi antaranya mengkonsumsi makanan yang sehat kemudian rajin berolahraga serta menjaga kebersihan lingkungan rumah dan sekitar.

Danrem 061/Suryakancana bersama dengan unsur Forkopimda yang diantaranya Walikota Bogor kemudian Dandim 0606/Kota Bogor, Kapolresta Bogor Kota, Dandenpom lll/l Bogor, Wakapolresta, Kadinkes Kota Bogor serta GM Mall Botani, mendampingi Komjen Pol.Drd.H.Ahmad Dofiri, M.Si selaku Kabaintelkam Mabes Polri meninjau pelaksanaan vaksinasi dan juga melaksanakan kegiatan lainnya diantaranya mengikuti video conference dengan mendengarkan arahan Kapolri. [ Red/Akt-01 ]

 

AktualNews

 

Jakarta, AktualNews– Natalia Rusli selaku kuasa hukum RSO meminta kepada ketiga orang pelapor segera dipanggil paksa oleh Polda Metro Jaya guna mempercepat proses hukum dan memenuhi panggilan Polda Metro Jaya.

Ketiga pelapor tersebut bernama Maria Jenny Indrajana, F setiawan Wibowo, dan Nanny melalui kuasa hukumnya dari LQ Indonesia Lawfirm dengan alasan sakit terus-menerus tanpa adanya bukti kuat.

“Kami meminta kepada para ketiga nama tersebut, untuk segera menghadiri panggilan pemeriksaan penyidikan dari Polda Metro jaya,” kata Natalia Rusli dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Kamis (10/2).

Natalia menganggap ketiga pelapor dengan sengaja mengulur waktu proses percepatan terselesaikannya laporan tersebut dengan alasan yang bertele-tele.

“Sudahlah jangan banyak drama, harus kooperatif dong,” kata pengacara kondang ini.

Padahal pada 2 minggu yang lalu pihak pelapor berceloteh melalui kuasa hukumnya, Hamdani dari LQ Indonesia Law firm di media sosial, meminta kepolisian untuk segera menaikan laporan tersebut ke tingkat penyidikan dengan alasan kliennya tidak kooperatif dan tidak memenuhi panggilan sebanyak 6 kali.

Tidak hanya menyebarkan berita hoaks dan menuduh klien Natalia seorang yang mangkir 6 kali, ia juga kerap kali menyebarkan fitnah dan menjelekkan kliennya di media sosialnya khususnya Youtube resmi milik LQ Indonesia Law Firm. Tetapi tuduhan tersebut ditampik dengan jelas.

Tentu sudah jelas, kata Natalia, kliennya sudah sangat kooperatif dengan mengambil dan menerima sendiri Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) serta mengikuti seluruh prosedur yang berlaku, tetapi yang tidak kooperatif adalah ketiga pelapor yang seakan menghilang dan kabur dari proses pelaporan yang mereka lakukan itu.

“Klien kami ketika SPDP saja mengambil sendiri ke Polda Metro Jaya langsung. Anehnya, Hamdani ini beralasan bahwa kliennya sakit, tetapi tidak pernah terlampir surat keterangan dari dokter ataupun rumah sakit sebagai penguatnya,” tambahnya.

Ia juga menegaskan pihak LQ Indonesia Law Firm agar jangan asal bunyi di media sosial dengan memfitnah orang tanpa bukti valid. Tetapi malah dirinya dengan sengaja memperlambat proses pemeriksaan itu sendiri.

“Katanya mau cepat selesai, tapi pas disuruh dateng malah hilang,” tegas Natalia.

Natalia menganalogikan perilaku ketiga pelapor dengan sebutan “Maling Teriak Maling”, yang  bermakna seorang maling menyalahkan orang lain sebagai kambing hitam untuk melancarkan aksinya.

“Sekali lagi, saya meminta kepada Polda Metro Jaya agar segera ‘PANGGIL PAKSA!!!’ ketiga pelapor itu,” imbuhnya.

Adapun, laporan polisi no LP/2644/V/YAN.2.5/2020/SPKT.PM yang dilaporkan pada tanggal 4 Mei 2020 sudah naik proses penyidikan, dan klien Natalia ini sudah kooperatif memenuhi semua tahapan laporan di kepolisian.

Natalia juga meminta ketiga pelapor tersebut agar mengerti teknis pelaporan jangan asal lapor, tanpa mengetahui proses hukum dan siapkan bukti valid tanpa perlu berkoar-koar di media sosial.

“Para pelapor ini harusnya mengetahui teknis, jangan asal lapor saja, harus sertakan bukti valid juga jangan sebar hoaks di media sosial, dan ketika di panggil malah banyak ALASAN” pungkas Natalia.

Menurut Ahli Hukum Pidana Khaerul Huda, Panggil paksa yang dimaksud dalam proses penyidikan dapat dilakukan terhadap tersangka, pelapor ataupun saksi. Hal ini diatur di dalam Pasal 112 ayat (2) Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHP).

“Orang yang dipanggil wajib datang kepada penyidik dan jika ia tidak datang, penyidik memanggil sekali lagi, dengan perintah kepada petugas untuk membawanya (Panggil Paksa),” jelas Huda dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (10/2).[ Red/Akt-01 ]

 

 

AktualNews

 

Labuhanbatu, AktualNews-Berikan fasilitas terbaik kepada PAUD, karena PAUDlah yang akan mencetak generasi emas di masa depan. Hal tersebut disampaikan  Bupati Labuhanbatu dr. H. Erik Adtrada Ritonga, M.K.M. usai pengukuhan Kelompok Kerja Bunda Paud dan Sosialisasi Bunda Paud Sekabupaten Labuhanbatu di Aula Hotel Permata Land Rantauprapat, Rantau Utara, Kamis (10/2/2022).

Paud adalah tempat belajar sambil bermain, tentu fasilitasnya harus memadai. Agar anak-anak tidak hanya belajar saja atau bermain saja.

“Kepada OPD terkait, saya ingatkan, fasilitasnya segera berikan, untuk mencetak generasi emas, yang akan menggantikan kita 20 tahun atau 30 tahun kedepan,” jelas Bupati.

Bupati juga menambahkan dengan aktivitas  sebagai orang tua, anak kita mungkin kurang mendapatkan pendidikan dari kita.

“Berterima kasih lah kita kepada guru-guru PAUD,” ucap Bupati.

Bupati berharap Pokja Bunda Paud nantinya dapat  menciptakan generasi dengan karakteristik yang baik, bertaqwa, dan mencintai apa yang dikerjakannya.

Menutup arahannya Bupati mengucapkan selamat atas pelantikan Pokja Bunda Paud Kabupaten  Labuhanbatu. Semoga bisa bekerjasama dengan tingkat pedesaan sehingga bisa membangun kabupaten labuhanbatu dan bersinergi dengan OPD yang ada.

Ketua TP PKK sekaligus Bunda Paud Labuhanbatu Ny. dr. Hj. Maya Hasmita, Sp.OG., M.K.M mengucapkan selamat dan sukses kepada  Pokja Bunda Paud Kabupten Labuhanbatu.

“Saya berharap kepada pengurus memiliki dedikasi yang tinggi dan menjadi pelopor pelayanan yang berkualitas,” ucap Maya.

Maya juga mengatakan dirinya sebagai Bunda Paud labuhanbatu, siap melahirkan generasi emas yang sehat cerdas dan ceria.

“Bunda paud dan Pokja Bunda Paud adalah mitra dari pemerintah, oleh sebab itu anak anak harus dididik dengan baik, agar dapat menghasilkan pemimpin peminpin yang berkualitas di kabupaten Labuhanbatu,” tutup Maya.

Adapun susunan kepengurusan Kelompok Kerja Bunda Paud Kabupaten Labuhanbatu Periode Tahun 2021 – 2024 adalah Ketua Nurleha Ritonga, Wakil Ketua Munawar, Sekretaris Ermita, Wakil Sekretaris Yashlihani, Bendahara Vera Muharni Amak dan pengurus di bidang lainnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi terkait peran, tugas, dan tanggung jawab Pokja Bunda Paud Labuhanbatu oleh Wakil Ketua Pokja Bunda Paud Provinsi Sumayera Utara Ny. Aminah Yunus, S.Pd., MM.

Turut hadir dalam acara ini Ketua Pokja Bunda PAUD Provinsi Sumatera Utara Maya Nova Fadli, unsur Forkopimda Labuhanbatu, para Kepala OPD terkait, para Camat, perwakilan Persit, Perwakilan Bhayangkari, Pengurus Pokja Labuhanbatu, ormas, dan undangan lainnya. [ Red/Akt-16 ]

 

AktualNews

Foto Dokumentasi : Tim Intel kejaksaan Negeri Tigaraksa Tangerang, Saat Memintai Keterangan kepada Kpm blt-dd, Tahun Anggaran 2021, Ds Pasanggrahan kecamatan Solear

 

 

Solear, AktualNews-Dua hari berturut-turut pihak kejari Tigaraksa Tangerang, memintai keterangan kepada keluarga penerima manfaat (Kpm-red), blt-dd tahun anggaran 2021, terkait adanya dugaan korupsi dan penyalahgunaan wewenang atau jabatan pada penyaluran blt-dd di Desa Pasanggrahan kecamatan Solear kabupaten Tangerang.

Nana Lukmana, S.H, memantau langsung pengumpulan bahan keterangan (Pulbaket-red), dari tim Intel kejaksaan Negeri Tigaraksa, selama dua hari berturut-turut ” 09/02/2022 s/d 10/02/2022″, secara maraton permintaan keterangan kepada kpm blt-dd tahun anggaran 2021, permintaan keterangan berlangsung di aula kantor Desa Pasanggrahan kecamatan Solear, Nana Lukmana kepada awak media online AktualNews.co.id, mengatakan saat ini pihaknya baru memintai keterangan kepada kpm blt-dd, desa Pasanggrahan Solear kabupaten Tangerang

Selanjutnya pihaknya juga akan memintai keterangan kepada pihak pemerintahan atau pejabat Desa Pasanggrahan Solear, yang notabene sebagai penyalur atau penanggung jawab pengguna anggaran untuk blt-dd tahun anggaran 2021, dan seperti apa mekanisme pembagian dan pemilihan calon penerima blt-dd, sehingga penerima bantuan blt-dd tepat sasaran dan sesuai aturan ujar Nana Lukmana, S.H, kepada awak media online AktualNews.co.id

Ditempat yang sama Ahmad Suhud Direktur LSM BP2A2N, tampak hadir pula di kantor Desa Pasanggrahan kecamatan Solear, awak media pun menghampiri Ahmad Suhud, kehadiran dirinya di kantor Desa Pasanggrahan Solear, (Ahmad Suhud-red), adalah bentuk apresiasi terhadap kinerja kejaksaan negeri Tigaraksa kabupaten Tangerang, atas dugaan korupsi bantuan sosial tunai tahun anggaran 2021, di Desa Pasanggrahan kecamatan Solear,
[ Red/Akt-26/Har ]

 

AktualNews

 

Bogor, AktualNewsDitengah masa pandemi covid 19 tas yang saat ini masih mewabah di tanah air khususnya di wilayah kabupaten Bogor, banyak para petani yang juga mulai merasakan dampak dari penyebaran wabah tersebut, oleh karena itu untuk membantu para petani dalam mengurangi biaya produksi maka komandan kodim 0621/kabupaten Bogor Letkol Kav Gan Gan Rusgandara S.Hub.Int dengan menggandeng Babinsa Koramil Cariu Serma S.Sonagar akan memberikan pelatihan keterampilan budidaya maggot khusus para petani atau warga masyarakat.

Budidaya maggot adalah proses penguraian sampah yang bisa menghasilkan pupuk kompos dan bisa dimanfaatkan untuk menyuburkan tanaman. Di mana proses penguraian yang tersebut akan menghasilkan Kasgot atau bekas kotoran maggot yang bisa dijadikan pupuk organik. Hal tersebut disampaikan oleh Dandim 0621 kabupaten Bogor saat membuka pelatihan keterampilan budidaya maggot untuk wilayah kodim 0621/kabupaten Bogor TA 2022 yang didampingi oleh pasiter kodim 0621/kabupaten Bogor mayor Inf Andika fitriadi, yang digelar di aula Sudirman Makodam 0 6 2 1/Kab. Bogor, Kamis (10/2).

Dilaksanakannya pelatihan keterampilan budidaya maggot tersebut yaitu dalam rangka meningkatkan keterampilan bagi para Babinsa dan para petani termasuk warga masyarakat di wilayah binaan Koramil jajaran kodim 0621 kabupaten Bogor korem 061/sk. Yang mana dalam pelatihan tersebut diharapkan para Babinsa nantinya dapat mendukung pemerintah membantu para petani dalam meningkatkan perekonomian kehidupannya. Di wilayah kabupaten Bogor masih banyak warga masyarakatnya yang hidupnya mengandalkan dengan bercocok tanam oleh karena itu ia mencoba mencari solusi bagaimana cara mendukung para petani dalam meminimalisir biaya produksi. Dan salah satu program yang akan dilaksanakan oleh kodim 0621 kabupaten Bogor yaitu budidaya maggot.

Budidaya maggot
ini sudah berhasil dilakukan oleh Serma S.Sonagar, oleh karena itu ilmu atau metode yang telah berhasil dilakukannya diharapkan dapat disebarkan di seluruh kecamatan dan apabila ada anggota masyarakat yang ingin bercocok tanam tapi tidak memiliki modal yang besar untuk membeli pupuk yang bagus ini adalah salah satu solusi yang ditawarkan oleh kodim 0621/kabupaten Bogor.

Budidaya maggot dapat menggunakan dari sampah organik di mana sampah organik yang dibutuhkan adalah sampah organik basah sampah organik basah yaitu sampah yang berasal dari sisa makhluk hidup dan bisa terurai alami oleh bakteri misalnya sisa sayuran sisa buah-buahan dan lain sebagainya sampah organik basah inilah yang dapat diolah menjadi pupuk, kompos dan juga tambahan pakan ternak.

“Kegiatan ini adalah salah satu program kodim dalam membantu pemerintah mengentaskan kemiskinan atau mengatasi kesulitan masyarakat khususnya para petani di sekeliling kita terutama di tengah masa pandemi covid 19 ini. Jadi yang saya inginkan apa yang nanti disampaikan atau au diberikan oleh pak sonagar dapat dilaksanakan oleh semua Koramil dan kemudian disebarkan kembali kepada masyarakat. Dalam hal ini yang kita butuhkan adalah peran serta warga masyarakat juga di mana untuk membuat pupuk organik kita hanya membutuhkan sampah basah yaitu dari sisa makanan, dan sampah itu sendiri sangat mudah didapatkan ganti setiap rumah pun pasti memiliki sampah basah. Jadi sampaikanlah hal itu kepada warga masyarakat agar mereka mengumpulkan sampah-sampah nya kemudian diserahkan ke para Babinsa lalu nanti pihak Koramil mengolah sampah tersebut menjadi pupuk yang kemudian pada akhirnya pupuk tersebut dapat dibagikan kembali kepada warga masyarakat secara gratis,”ujar Dandim.

“Dengan seperti itulah kita dapat membantu masyarakat khususnya para petani yang berada di wilayah binaan Koramil masing-masing kita dapat membantu para petani bercocok tanam dengan memberikan pupuk secara gratis, itu artinya apa yang kita bantu dapat mengurangi biaya produksi mereka dan akhirnya keuntungan para petani dapat semakin meningkat, “tambahnya.

“Rencana jangka panjang program kodim 0621 kabupaten Bogor dalam membantu pemerintah mengentaskan kemiskinan yang ada di wilayah kabupaten Bogor yaitu dengan memperluas budidaya maggot. Mungkin kedepannya kita bisa bekerjasama dengan desa kemudian kecamatan dengan harapan semoga program ini menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya.

Kegiatan pembukaan pelatihan budidaya maggot juga dihadiri oleh Letda INF Mamat.R. selaku dan unit Intel kodim 0621/kabupaten Bogor kemudian, Letda Inf sayoko selaku pesan di kodim 0621/kabupaten Bogor, Peltu(K) Susilo, bati pers kodim 0621/kabupaten Bogor, perwakilan Babinsa dari tiap Koramil kodim 0621 kabupaten Bogor serta warga masyarakat dari tiap desa binaan di seluruh Koramil jajaran kodim 0621/kabupaten Bogor. [ Red/Akt-01 /Hera ]

 

AktualNews

 

Diberdayakan oleh Blogger.