Sidoarjo, AktualNews – Pemkab Sidoarjo berkomitmen menata berbagai ikon kota serta ruang-ruang publik. Salah satunya rencana pembangunan landmark kota yang akan ditempatkan di perempatan Babalayar Ramayana atau City Plaza (Ciplaz) Sidoarjo.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mengatakan, perempatan Babalayar merupakan bagian dari jantung wajah kota Sidoarjo. Meski tempatnya sangat strategis, selama ini ternyata belum mendapat sentuhan penataan kota.

“Perempatan Mall Ciplaz ini ada di jantung kota Sidoarjo. Harus menjadi oase arsitektural kota di tengah pesatnya aktivitas warga. Tidak seperti sekarang, kelihatan tak tersentuh sama sekali,” ujarnya kepada media, Selasa (15/2/2022).

Muhdlor yang belum genap setahun dilantik menjadi bupati itu mengatakan, selama ini Sidoarjo memang masih minim tempat-tempat ikonik. Padahal, sambung dia, landmark alias tetenger kota adalah elemen penting untuk membantu orang mengorientasikan diri di dalam kotanya. Selain tentu saja untuk membantu orang mengenali suatu daerah.

“Nantinya di perempatan itu, penataannya kita bikin terintegrasi. Artinya bukan hanya landmark baru, tetapi sekitarnya juga harus ditata. Juga harus semakin bersih,” jelas Muhdlor.

Nantinya, desain arsitekturnya akan melibatkan partisipasi publik. Pemkab Sidoarjo akan melombakannya. Semua arsitek atau pegiat desain diperbolehkan ikut. Jurinya pun akan melibatkan sejumlah arsitek ternama.

“Yang jelas dalam waktu dekat karena sudah kita siapkan anggaran pembangunannya,” terang Muhdlor.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Bahrul Amig sebelumnya sudah rapat koordinasi dengan instansi terkait termasuk Polresta Sidoarjo dan Kodim 0816 untuk membahas penataan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Pelibatan instansi kepolisian dan TNI itu bagian dari kerja kolaboratif bersama jajaran Forkopimda Sidoarjo dalam melakukan penataan kota.

“Betul, tahun ini akan ada pembangunan landmark atau ikon di perempatan Babalayar. Kemarin sudah kita rapatkan di Kantor DLHK,” ujar Bahrul Amig.

Rencana kapan akan dimulai pembangunannya, Amig menyampaikan tinggal menunggu desain jadi, “Kita tunggu desainnya jadi, karena nanti akan disayembarakan dulu untuk desainnya. Pak Bupati yang mengumumkan nanti,” pungkasnya.(Red/Akt-21/Redho)

 

AktualNews

Serang, AktualNews – Sidokes Polres Serang Polda Banten melaksanakan Swab antigen terhadap personel Polres Serang guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Senin, (14/02/2022).

Kapolres Serang AKBP Yudha Satria melalui Kasidokes Polres Serang PENDA Asep Hidayat mengatakan kegiatan ini dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 varian Omicron dilingkungan kerja Polres Serang.

Lebih lanjut Asep mengatakan bagi personel yang merasakan adanya keluhan atau gejala-gejala yang menyerupai gejala Covid-19 agar segera melakukan test Swab antigen di Sidokes Polres Serang.

Kami juga dari Sidokes Polres Serang telah membagikan vitamin kepada Personel guna menambah imunitas untuk pencegahan terpapar virus Covid-19 varian Omicron tutur Asep.

Dan kami menghimbau kepada personel Polres Serang untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dan menjaga kesehatan dengan cara berolahraga, memakan makanan yang bergizi serta jangan lupa Bahagia,” tutupnya. [Akt-49/08/2021/Agi].

 

AktualNews

Tigaraksa, AktualNews – Koramil 13/Cisoka Kodim 0510/Trs bersama tiga pilar terus melaksanakan operasi penerapan protokol kesehatan dalam rangka PPKM level 3. Kegiatan operasi pemeriksaan Protokol Kesehatan di Pasar Cisoka Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang, Senin (14/02/2022).

Kegiatan operasi Yustisi PPKM level 3 dilaksanakan oleh 2 personil Babinsa Koramil 13/Cisoka yang di pimpin Sertu Wuryanto personil Polsek dan Satpol PP.

Dandim 0510/Trs Letkol Inf Bangun I E Siregar melalui Danramil 13/Cisoka Kapten Inf Jefriansen Sipayung menuturkan, dengan sering dilakukan operasi yustisi PPKM level 3 ini, diharapkan masyarakat tidak lengah untuk senantiasa menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

“Dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan, dapat menekan penyebaran Covid-19, untuk operasi yustisi ini di fokuskan di jalan raya Cisoka depan pasar Cisoka,” jelas Danramil.

Dijelaskan, selain untuk mendukung pemutusan Covid 19 PPKM level 3 untuk mengedukasi masyarakat, pentingnya protokol kesehatan di tengah pandemi.

“Dalam kegiatan penyekatan masih di temukan pelanggaran pengemudi kendaraan yang masih mengabaikan Protokol Kesehatan dengan tidak menggunakan masker,” katanyaPPKM Level 3, Koramil 13/Cisoka Operasi Yustis di Pasar Cisoka

Kodam Jaya, Tigaraksa – Koramil 13/Cisoka Kodim 0510/Trs bersama tiga pilar terus melaksanakan operasi penerapan protokol kesehatan dalam rangka PPKM level 3. Kegiatan operasi pemeriksaan Protokol Kesehatan di Pasar Cisoka Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang, Senin (14/02/2022).

Kegiatan operasi Yustisi PPKM level 3 dilaksanakan oleh 2 personil Babinsa Koramil 13/Cisoka yang di pimpin Sertu Wuryanto personil Polsek dan Satpol PP.

Dandim 0510/Trs Letkol Inf Bangun I E Siregar melalui Danramil 13/Cisoka Kapten Inf Jefriansen Sipayung menuturkan, dengan sering dilakukan operasi yustisi PPKM level 3 ini, diharapkan masyarakat tidak lengah untuk senantiasa menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

“Dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan, dapat menekan penyebaran Covid-19, untuk operasi yustisi ini di fokuskan di jalan raya Cisoka depan pasar Cisoka,” jelas Danramil.

Dijelaskan, selain untuk mendukung pemutusan Covid 19 PPKM level 3 untuk mengedukasi masyarakat, pentingnya protokol kesehatan di tengah pandemi.

“Dalam kegiatan penyekatan masih di temukan pelanggaran pengemudi kendaraan yang masih mengabaikan Protokol Kesehatan dengan tidak menggunakan masker,” katanya.[Akt-49/08/2021/Agi].

 

AktualNews

Karanganyar, AktualNews – Pimpinan Daerah Muhammadiyah PDM Kabupaten Karanganyar, Jateng akuisisi sebanyak tiga Perguruan Tinggi Swasta PTS di Jateng untuk dimerger jadi satu yakni Universitas Muhammadiyah Karanganyar atau UMUKA. Ketiga PTS yang diakuisisi itu yakni Akademi Pariwisata Widya Nusantara (APWN) Surakarta, Akademi Sekretari Manajemen Santa Ana (ASMI) Semarang dan Akademi Peternakan Karanganyar (APEKA).

Penandatanganan Akta akuisisi dan sekaligus penggabungan tiga PTS menjadi Universitas Muhammadiyah Karanganyar dilakukan di Aula SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar, Senin (14/2/2022) dengan dihadiri masing-masing pihak. Sedangkan dari PDM Karanganyar dihadiri Ketua PDM Muhammad Samsuri dan Sekretaris Sarilan M. Ali.

Sekretaris PDM Karanganyar Sarilan M. Ali mengatakan penandatanganan secara resmi dilakukan setelah dibacakan Akta Notaris Penggabungan Perguruan Tinggi nomor: 12/2022 oleh Notaris Budi Santoso dari Kantor Notaris Budi Santoso, S.H., M.Kn. dan disepakati para pihak dilakukan penanda tanganan Akta.

“Dengan penggabungan tiga Prodi dari tiga lembaga ini ke dalam Universitas Muhammadiyah Karanganyar, maka jumlah total terdapat 10 Prodi yang akan diajukan izinnya ke Kemendikbudikti,” papaernya kepada wartawan Senin (14/2/2022). Menurut Sarilan panggilan akrabnya, dalam pendirian Universitas Muhammadiyah Karanganyar diajukan izin tujuh Prodi baru bersama tiga Prodi dari PTS yang bergabung.

Sarilan menjelaskan akuisisi tiga PTS itu dilakukan sebagai langkah taktis tekad PDM mendirikan UMUKA, mengikuti dinamika regulasi, yang mana saat ini terdapat moratorium pendirian universitas baru. “Dengan berbagai pertimbangan komprehensif akhirnya PDM Karanganyar memilih melakukan akuisisi tiga PTS tersebut,’ jelas Sarilan.

Adapun untuk operasional UMUKA ditargetkan secepatnya sambil menunggu perkembangan perizinan merger tersebut. “Semua ini status on proses dan kami mohon doa semuanya” pungkasnya.

Sementara itu suasana haru pecah usai dilakukan penandatanganan tersebut. Pada sambutannya dari ketiga perwakilan PTS yang diakuisisi merasa terharu teringat kejayaan masong-masing hingga sekarang terpaksa merelakan untuk dilepas.

“Rasanya semedot (berat, red) ketika saya harus berpisah dengan lembaga yang sudah cukup lama kami kelola ini, namun saya bangga karena pengelola baru ini (Muhammadiyah) punya misi yang sama dan sangat berpengalaman mengelola lembaga pendidikan,” ungkap Ketua Yayasan Pendidikan Karanganyar mewakili APEKA,
Dr. Hj. Diwi Acita Irawati, M.P.

Menanggapi akuisisi tersebut Ketua PDM Karanganyar Muhammad Samsuri, menyampaikan terima kasih atas kebesaran hati para pemilik PTS yang merelakan untuk menggabungkan lembaganya kepada Universitas Muhammadiyah Karanganyar.

“Kami meyakini bahwa niatan pendirian PTS dari bapak dan ibu kala itu adalah sebagai sebuah amal jariyah dan yakinlah bahwa Muhammadiyah Karanganyar tidak akan pernah menghilangkan fakta bahwa pendirian Universitas Muhammadiyah Karanganyar tidak lepas dari kerelaan tiga lembaga yang telah merelakan melebur diri,” terangnya.(Red/Akt-52/Dawam)

 

AktualNews

Diberdayakan oleh Blogger.