Serang, AktualNews – Personel Sat Samapta Polres Serang Polda Banten melaksanakan Turjawali (pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli) di pagi hari. Selasa (22/02/2022).

Adapun lokasi pengaturan yakni di Simpang tiga Selikur, Simpang tiga Cimiung, Simpang empat Sentul, Simpang tiga Cisait dan didepan SMAN 1 Ciruas.

Kasat Samapta Polres Serang AKP Dadang SW mengatakan kegiatan pengaturan lalulintas yang dilakukan oleh personel Sat Samapta Polres Serang dalam rangka memberikan rasa aman bagi masyarakat pengguna jalan, terlebih di pagi hari dijam sibuk ketika masyarakat banyak yang berangkat bekerja dan keberangkatan anak sekolah kata Dadang.

Selain melaksanakan pengaturan Lalulintas personel juga turut menghimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi Protokol kesehatan yaitu selalu menggunakan masker ketika beraktifitas diluar kata Dadang

Lebih lanjut Dadang juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi Protokol kesehatan Covid-19 untuk menghindari penularan virus Covid-19 dan segera melaksanakan vaksinasi untuk mempercepat pemutusan mata rantai penyebaran virus Covid-19.tutupnya. [Akt-49/08/2021/Agi]

 

AktualNews

Tigaraksa, AktualNews – Dandim 0510/Trs Letkol Inf Bangun I E Siregar memimpin langsung kegiatan tradisi Korps pelepasan pindah satuan Letda Inf Sumijan dari satuan Kodim 0510/Trs ke satuan Korem 052/Wkr setelah lulus pendidikan.

Kegiatan tradisi Korps di gelar di Lapangan Apel Makodim 0510/Trs Jalan Atiek Soewardi, Kecamatan Tigaraksa, Puspemkab Tangerang, Rabu (23/02/2022).

Dandim 0510/Trs Letkol Inf Bangun I E Siregar mengucapkan terimakasih kepada Letda Inf Sumijan beserta istri yang telah mencurahkan pengabdiannya sela bertugas di Koramil 11/Pasar Kemis, Kodim 0510/Trs saat berdinas dengan pangkat bintara.

“Dan saya ucapkan selamat bertugas di tempat yang baru yaitu Korem 052/Wkr, semoga lebih sukses dan berhasil, selamat jalan dan selamat bertugas di tempat yang baru,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Dandim 0510/Trs memberikan plakat dan piagam dan di lanjutkan pemberian selamat oleh jajaran Kodim 0510/Trs.

Hadir dalam pelepasan, Mayor Arh I Wayan Kariana Kasdim 0510/Trs, Kapten Kav Sjahrul Ashari Pasi Pers Kodim 0510/Trs, Lettu Inf Ali Maskuri Pasi Intel Kodim 0510/Trs, para pasi Jajaran Kodim 0510/Trs, para Danramil jajaran Kodim 0510/Trs, Herawati Bangun I E Siregar Ketua Persit Korcab KCK Cabang XXIV Koorcab Rem 052 PD Jaya dan para pengurus Persit KCK Cabang XXIV Koorcab Rem 052 PD Jaya.[Akt- 49/08/2021/Agi]

 

AktualNews

Karanganyar, AktualNews – Komisi B DPRD Karanganyar memonitoring PUDAM Tirta Lawu Unit Kerjo, yang ditrima Bowo Direktur Umum dan kepala unit Ari Yulianto. Rabu (23/2/2022).

Air bersih merupakan kebutuhan utama bagi warga masyarakat maka komisi B adakan monitoring pada Tirta Lawu Unit Kerjo.

Dalam monitoringnya Komisi B DPRD menemukan di Unit Tirtalawu Kerjo ada kekurangan debet air untuk pelanggan yang berada di kecamatan Kerjo.

Monitoring Komisi B yang dipimpin oleh sekretaris Komisi B DPRD Karanganyar Boby, Dalam monitoring Komisi B mendorong untuk meningkatkan debet pasokan Air untuk pelanggan.

Boby sebagai sekretaris Komisi B, mengatakan,” itu ada waduk Gondang sudah jadi segera bisa di manfaatkan untuk kebutuhan warga masyarakat, anggaran bisa dikomunikasikan dengan Pemda kasian warga masyarakat menunggu terlalu lama untuk aksesnya lancar,” tuturnya.

Lanjut Boby, realitanya debet Air bila musim kemarau cuma 40% air yang tersedia, gimana bisa mencukupi pelanggan yang sudah ada, belum lagi rumah yang belum bisa terjangkau, masih 4 kelurahan yang belum dimasuki PUDAM looo, paparnya.(Red/Akt-52/Dawam)

 

AktualNews

Labuhanbatu, AktualNews-Bupati Labuhanbatu dr. H. Erik Adtrada Ritonga, MKM mengikuti Rapat Koordinasi Pemberantasan Korupsi di Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Sumatera Utara yang dilaksanakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia via daring di Ruang Rapat Bupat, Kantor Bupati, Rantau Selatan, Rabu (23/02/2022).

Rapat koordinasi ini dilaksanakan secara langsung di Aula Tengku Rizal Nurdin Jl. Sudirman No. 41 Medan.

Membuka rakor tersebut Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan kepada seluruh peserta rapat untuk mengikuti dan memahami rapat ini dengan baik. Gubernur juga mengucapkan terima kasih kepada KPK yang tidak langsung menyalahkan, tapi masih memberikan pembinaan.

Ketua Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Edi Mulia mengatakan dalam upaya memberantas korupsi perlu membangun sistem pengendalian intern yang memadai.

“Walaupun kalau sistemnya sudah bagus, tapi orangnya yang ngga bener tetap tidak bagus,” ucap Edi.

Edi juga menjelaskan identifikasi titik rawan koorupsi yaitu Perencanaan Penganggaran APBD, Pengadaan Barang dan Jasa, Perizinan, Pengawasan PJP, Manajemen ASN, Optimalisasi Pajak Daerah, Manajemen Aset Daerah, dan Tata Kelola Keuangan Desa.

Edi menambahkan BPKP mendukung kuat MCP yang dilakukan KPK, karena juga merupakan tugas BPKP. MCP atau Monitoring Center for Prevention merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh KPK untuk memudahkan monitoring upaya koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi yang dioperasikan salah satunya oleh pemerintah daerah.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan Pemberantasan korupsi terintegrasi melalui pengelolaan bersama MCP di provinsi Sumatera Utara.
“Kita sadari korupsi menjadi tantangan yang sangat berat. Kita jauh tertinggal dari negara negara yang sudah maju. Ini sebuah pekerjaan yang memerlukan sinergitas berbagai pihak. KPK tidak bisa memberantas korupsi kalau tidak ada dukungan dari pemerintah,” jelas Marwata.

Marwata menjelaskan jenis bentuk korupso menyebabkan kerugian negara, gratifikasi, penggelapan dalam jabatan, benturan kepentingan dalam pengadaan, perbuatan curang, pemerasan, dan suap menyuap.

Marwata berharap dengan adanya MCP yang telah dilaunching tahun lalu dapat mengurangi tindak korupsi di seluruh daerah. Acara dilanjutkan dengan Apresiasi dari KPK kepada Admin MCP di Sumatera Utara.

Turut mendapingi Bupati mengikuti rakor ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu, Inspektur Kabupaten Labuhanbatu , Asisten 1 2 3 Sekdakab Labuhanbatu, Staf ahli Bupati, beberapa kepala OPD, dan peserta rapat lainnya. [ Red/Akt-01 ]

 

AktualNews

Simalungun,AktualNews-Bupati Kabupaten Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, diwakili Wakil Bupati Zonny Waldi, melantik 55 Kepala Sekolah SMP Negeri di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Simalungun, Rabu (23/2/22) di Balai Harungguan Djabanten Damanik.

Wakil Bupati Simalungun dalam kesempatan tersebut mengucapkan selamat kepada Guru yang dilantik menjadi Kepala Sekolah.

Zonny Waldi juga meminta, agar dalam menjalankan tugas, para kepala sekolah bisa lebih amanah, bekerja tulus dan iklas untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Ditambahkan nya, sebagai guru yang diberikan tugas tambahan sebagai kepala sekolah, diminta untuk bekerja mengembangkan kereatifitas dan inovatif.

“Amanah dalam mengemban jabatan yang diberikan, tingkatkan kereatifitas dan inovatif dalam menjalankan tugas,”ucap Wakil Bupati Simalungun.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati meminta agar kepala sekolah, melaporkan jika ada tenaga pengajar atau guru yang tidak mau divaksin tanpa alasan yang jelas.

Ditegaskannya, bahwa tenaga pengajar yang tidak ingin divaksin harus diberikan sanksi, dan bagi guru yang sudah bersettifikasi, akan kembali ditinjau jika tidak ingin divaksin.

“Laporkan kepada Dinas Pendidikan jika ada guru yang tidak mau divaksin, akan kita berikan sanksi,”ucap Zonny Waldi.

Dia juga meminta, agar Kepala Sekolah yang baru dilantik, bisa menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam proses pembelajaran di sekolah.

“Jaga disiplin protokol kesehatan di lingkungan sekolah,” pintanya. [ Red/Akt-40/Kiki ]

Medan, AktualNews– Guna mengoptimalkan pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi di Sumatera Utara, Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. R. Z. Panca Putra S, M.Si, menghadiri kegiatan rapat koordinasi program pemberantasan korupsi terintegrasi di wilayah Sumatera Utara, Selasa (22/02).

Kegiatan yang digelar di Kantor Kejaksaan Tinggi Sumut ini turut dihadiri Wakil ketua KPK Alexander Marwata, Kajati Sumut IBN Wiswantanu, S.H., M.H, penyidik kejaksaan dan Kepolisian beserta Inspektorat.

Rapat koordinasi ini guna menyamakan persepsi antar aparat penegak hukum khususnya tindak pidana korupsi dan berkoordinasi atas kendala yang dihadapi dalam penegakan tindak pidana korupsi.

Kapolda Sumut mengatakan sejauh ini koordinasi antara Polda Sumut, Kejati Sumut, Pengadilan Tinggi Medan dan BPKP Sumut sudah terjalin dengan sangat baik dan terus dilakukan.

“Koordinasi terkait perkara-perkara yang perlu dikoordinasikan terus dilakukan. Ilmu pemahaman tentang permasalahan Tipikor ini juga perlu di update terus”, ujarnya.

Menurut Panca, perlu ditambah kualitas tentang pemahaman tindak pidana korupsi agar proses penegakan hukum tindak pidana korupsi tepat sasaran sehingga dapat dimaksimalkan upaya pengembalian kerugian uang negara.

“Kita ingin kegiatan pemberantasan korupsi yang dilaksanakan dapat memberikan dampak yang baik dan efek jera bagi para pelaku tindak pidana korupsi. Jangan sampai kita menghukum orang karena ketidaktahuan yang bersangkutan dan memberikan hukum terlampau berlebihan”, lanjutnya.

“Karena apabila perkara dengan nilai kasus korupsi yang rendah dilanjutkan sampai ke persidangan maka negara akan dirugikan 2 kali dengan biaya perkara yang di persangkakan kepada pelaku tindak pidana.

Untuk itu, pemberantasan korupsi harus efektif dan efisien”, pungkasnya.[Red/Akt-35/Ansary ]

 

 

AktualNews

 

Siantar ,AktualNews-Baru hari pertama kerja setelah dilantik pada tanggal 22-02-2022 semalam.

Ibu Wakil Walikota Pematangsiantar dr. Hj Susanti Dewayani, Sp.A langsung mengikuti acara Rapat Koordinasi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi di Lingkungan Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara yang dilaksanakan di gedung Aula Tengku Rizal Nurdin

Dimana pada acara tersebut Gubernur Provinsi Sumatera Utara, H. Edy Ramayadi dalam sambutannya menyampaikan :
“Kita sudah bersepakat mencanangkan Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Provinsi Sumatera Utara. Saya yakin KPK mendukung program ini. Selain itu untuk Kepala Daerah para Bupati maupun Walikota agar percaya diri dalam menjalankan tugasnya untuk mensejahterakan rakyat. Kita sama-sama tahu mengurus daerah tidak gampang. Oleh karena itu Negara menpersiapkan perangkat – perangkat seperti KPK dalam bidang pengawasan, ada BPK dalam bidang laporan dan pertanggung jawaban, ada BPKP yang mengawal dari perencanaan anggaran sampai pelaksanaan. Kita sebagai pejabat Politik, Gubernur, Bupati, Walikota tinggal mengikutinya dan melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab”. Tutupnya

Turut mengarahkan :
1. Pengarahan dari Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah (BPKP), Direktur Pengawasan Akuntabilitas Keuangan Daerah, Edi Mulia.

2.Pengarahan dari Pimpinan KPK, Alexander Mawarta.

3.Pengarahan dari Kemendagri.

Dimana setelah selesai pengarahan dari narasumber Pengarah acara di lanjutkan dengan Pemberian Apresiasi kepada Kepala Daerah yang berprestasi.

Hadir pada Acara tersebut para Walikota dan Bupati Se-Provinsi Sumatera Utara beserta jajarannya. [Red/Akt-35/Ansary ]

 

AktualNews

Diberdayakan oleh Blogger.