Labuhanbatu, AktualNewsBupati Labuhanbatu dr. H. Erik Adtrada Ritonga, MKM memaparkan delapan program prioritas Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu pada Pra Musrembang Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023 Zona Pantai Timur pada Selasa (01/03/2022) di Ballroom – Inalum Building Office Center Kuala Tanjung Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batubara.

Adapun delapan program prioritas Pemkab Labuhanbatu yaitu :

1.Peningkatan kualitas dan pemenuhan Akses pendidikan.

2. Peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

3. Peningkatan kesempatan kerja dan berusaha melalui penyediaan lapangan kerja.

4. Peningkatan daya saing melalui sektor Agraris.

5. Peningkatan daya saing melalui sektor wisata.

6. Peningkatan kualitas reformasi birokrasi.

7. Peningkatan sosial kemasyarakatan dan olahraga.

8. Pembangunan infrastruktur yang baik dan berwawasan lingkungan.

Acara yang langsung dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara Edi Rahmayadi tersebut bertujuan untuk mendukung system perencanaan yang terintegrasi agar pembangunan berjalan dengan baik sehingga apa yang menjadi kebutuhan masyarakat menjadi program prioritas.

Acara tersebut dihadiri 12 Kepala daerah se-Sumatera Utara antara lain Walikota Medan, Walikota Binjai, Walikota Tebing Tinggi, Walikota Tanjung Balai, Bupati Langkat, Bupati Deli Serdang, Bupati Batu Bara, Bupati Asahan, Bupati Labuhanbatu Utara, Bupati Labuhanbatu dan Bupati Labuhanbatu Selatan. [ Red/Akt-01 ]

 

AktualNews

Serang, AktualNews – Grup 1 Kopassus cepat tanggap bencana banjir di Kawasan Masjid Agung Banten (1/3/2022)

Derasnya hujan yang mengguyur wilayah Serang sejak Senin malam mengakibatkan wilayah kawasan Banten Lama tergenang banjir. Selain itu banjir juga disebabkan oleh jebolnya Bendungan Karet yang berada di sekitar lokasi. Wilayah yang tergenang banjir mulai dari pertigaan menuju kawasan religi Masjid Agung Banten Lama sehingga ruas jalan ditutup lantaran banyak kendaraan yang mogok.

Arus air yang cukup deras mencapai ketinggian sepaha orang dewasa sehingga menyulitkan proses evakuasi warga masyarakat sekitar. Tim Kopassus yang terdiri dari 51 orang dibawah pimpinan Kolonel Inf I Gede Putra Yasa langsung terjun ke lapangan membantu proses evakuasi. Tim membawa 4 perahu karet dengan perlengkapan lengkap langsung sigap membantu warga untuk menuju ke tempat evakuasi yang lebih aman. Anak-anak dan ibu-ibu langsung diangkut menggunakan perahu karet dan beberapa bayi digendong orang tuanya dan dibantu anggota Grup 1 Kopassus.

Tidak memerlukan waktu lama Tim dapat mengevakuasi warga sekitar Masjid Agung Banten. Saat ini warga memerlukan air bersih dan beberapa bahan makanan. Kondisi sekitar lokasi saat ini masih tergenang air namun sudah mulai berangsur turun.

Grup 1 Kopassus akan selalu siap, sigap dan tanggap terhadap pekembangan kondisi lingkungan sekitar.[Red/Akt-49/08/2021/Agi]

 

AktualNews

Labuhanbatu, AktualNews-Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Labuhanbatu Raya menggelar Rapat Koordinasi percepatan vaksinasi Covid-19 dosis kedua di aula Yanpiter Polres Labuhanbatu jalan Wr.Suprqtman Rantauprapat Kecamatan Rantau Utara Selasa 1/3/2022.

Rapat koordinasi tersebut dipimpin langsung oleh Dandim 0209/LB Letkol Inf. Asrul Kurniawan Harahap, S.E.,M.Tr (Han) dan Kapolres Labuhanbatu AKBP Anhar Arlia Rangkuti, S.I.K.,M.H.dan diikuti pimpinan OPD 3 Kabupaten Labuhanbatu Raya yakni Kadis Kesehatan, Kaban BPBD, Kasat Pol PP, Kadis Dukcapil, Kadis Sosial, Kadis Pendidikan dan Kadis PMD.

Rapat Koordinasi Percepatan Capaian Vaksinasi Dosis di Kabupaten Labuhanbatu Raya ( Aula Polres Labuhanbatu, 1 Maret 2022)

Dalam rapat Kapolres Labuhanbatu, AKBP Anhar Arlia Rangkuti menyampaikan, pada kesempatan hari ini kita semua berkumpulbuntuk menyamakan persepsi bagaimana cara menangani suatu perkara yang sedang dihadapi seluruh negara yakni Pandemi Covid19.

” Dari itu, Kita harus sama-sama bekerja sesuai porsinya masing-masing siapa yang lebih harus bertanggung jawab, jadi tidak lagi ada istilah saling lempar bola ini harus kita selesaikan secara bersama -sama”.

Kapolres menekankan bahwa pelaksana vaksinasi ini adalah tanggung jawab Pemerintah Daerah dan itu sudah diatur dalam keputusan Mendagri, ” Kami dari Polri dan TNI adalah sebagai support. Seperti kemarin yang disampaikan oleh Kapolda Sumatera Utara, kalo nanti vaksin itu ada yang kadaluarsa maka akan kami periksa. Jadi sampai jangan ada nanti hal-hal yang tidak mengenakkan. Karena kita harus sama-sama bekerja dan membangun Labuhanbatu Raya ini”.

Disampaikan Kapolres, dari informasi yang saat ini diterima bahwa Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan sudah memasuki Level 3. Sedangkan Labuhanbatu Utara dilevel 2.

“Mari kita satukan persepsi bahwa kita ini adalah aparatur Pemerintah bagaimana kita melayani masyarakat dan ini adalah tanggung jawab kita bagaimana Masyarakat kita bisa sehat semua. Kita harus segera bergerak, bertindak, segera berlari untuk mengejar ketinggalan kita dari kabupaten-kabupaten yang ada di Sumatera Utara”.Ujar Kapolres.

Sementara itu Dandim 0209/LB Letkol Inf. Asrul Kurniawan Harahap SE, MTr (Han) menyatakan sepakat musuh bersama saat ini adalah covid yang tidak bisa dilihat dan ada kaitannya dengan kesehatan.

” Sudah pasti ini menjadi tugas tenaga kesehatan baik yang dinas maupun di Puskesmas untuk melakukan penanganan dan percepatan vaksin. Kita tidak saling menyalahkan, tetapi kita harus bisa sama-sama bekerja”.

Dandim menambahkan bahwa Polri dan TNI memiliki keterbatasan untuk tenaga vaksinator, yang ada hanya di puskesmas-puskesmas.

Dijelaskan Asrul,
Sekarang ini dilabuhanbatu untuk dosis 2 lansia mencapai 30%, umum mencapai 50%. ini masih jauh dari target yang diharuskan untuk mereda penyebaran Covid-19, Bertanggung jawablah dengan jabatan kita, ini kita urusan kemanusiaan. Mari kita laksanakan tanggungjawab yang sudah kita kerjakan sebelumnya jangan ada kata lelah. Kami dari TNI – POLRI siap membantu Pemerintah Daerah dalam penangan Covid dan Vaksin (tutupnya).

Kemudian Rapat dilanjutkan dengan pemaparan Materi yang dipimipin oleh Wakapolres Labuhanbatu Kompol Drs. Hermansyah dan Kabag OPS Polres Labuhanbatu Kompol Wirhan Arif,SH,SIK,MH dan diikuti oleh para peserta rapat yang hadir.

Turut hadir mengikuti rapat tersebut, Kakan Kemenag Labuhanbatu, Kadis Kesehatan se-kabupaten Labuhanbatu Raya, Kepala BPBD se-labuhanbatu Raya, Kadisdukcapil Labuhanbatu, Plt.Kadis PMD Labuhanbatu, Pejabat Polres Labuhanbatu, Kapolsek Se Labuhanbatu, Danramil se- Labuhanbatu, Camat se- Labuhanbatu, Camat Se Labuhanbatu Utara, Kepala Puskesmas Se Labuhanbatu, Kepala Puskesmas Se Labuhanbatu Utara, Danpos TNI AL, Danpos Pol Air, dan Para Undangan Lainnya. [ Red/Akt-01 ]

 

AktualNews

Medan, AktualNews – Pasca rapat penanganan banjir yang dipimpin Wali Kota Medan Bobby Nasution di Balai Kota, Senin (28/2/2022), Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan langsung mensiagakan sejumlah alat beratnya di seputaran Lapangan Merdeka Medan.

Tapi alat berat ini diturunkan untuk membantu wilayah apabila banjir kembali terjadi mengingat intensitas hujan kemungkinan masih tinggi.

Namun diturunkan alat berat ini tidak terlepas dari instruksi Bobby Nasution dalam rapat tersebut. Sebab, saat meninjau banjir mulai Minggu (27/2/2022) malam sampai Senin (28/2/2022) dini hari sekitar pukul 03.00 WIB, orang nomor satu di Pemko Medan ini tidak melihat ada alat berat yang diturunkan sehingga banjir lama baru surut.

“Saya tidak melihat ada alat berat yang diturunkan. Selesai rapat ini, saya minta alat-alat berat disiagakan di seputaran Lapangan Merdeka. Apabila hujan deras turun dan banjir terjadi kembali, bisa cepat diturunkan untuk membantu wilayah-wilayah yang terdampak banjir,” kata Bobby Nasution.

Lalu selain alat berat,Wali kota juga minta kepada masing-masing UPT untuk mensiagakan para petugasnya guna mengatasi banjir jika kembali terjadi. “Saya minta masing-maing UPT buat petugas piket. Begitu banjir terjadi, langsung turun. Tadi malam saya turun, tidak ada petugas dari UPT yang terlihat. Padahal cukup lama saya melakukan peninjauan,” ungkapnya.

Kawasan Lapangan Merdeka, salah satu menjadi titik banjir tadi malam. Oleh karenanya Wali kota minta agar Dinas PU segera membersihkan drainase di kawasan yang merupakan Titik O Kota Medan tersebut. Instruksi ini langsung ditindaklanjuti Dinas PU, tak lama setelah rapat mobil penyedot lumpur pun diturunkan untuk menyedot lumpur yang memenuhi drainase di seputaran Lapangan Merdeka.(Red/Akt-35/Ansary)

 

AktualNews

Kabupaten Tangerang, AktualNews – Tak terima kepala Desanya dan nama Desanya dicatut dalam grup medsos dengan nama grup

” Berita Cisoka dan Sekitarnya ”

Staf kepemerintahan dan Jaro Desa Bojong Loa laporkan oknum pengunggah ke Polresta Tangerang, guna dimintai keterangan dalam sebuah unggahan di akun sosmed sebelumnya dua oknum tersebut yaitu ( Y ) dan ( S ) warga desa Bojong Loa, kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang Banten mengunggah terkait pembagian BLT secara tidak merata kemasyarakat sekitar, dan hal tersebut dibantah oleh kepala Desa Bojong Loa yaitu Jusepta bahwa menurut keterangan Jusepta warga sudah dimintai data oleh RT masing masing untuk pengajuan BLT atau BPNT dan Desa hanya mempasilitasi dan data tersebut yang dapat dan tidaknya ada di pemerintah pusat baik Dinsos atau Kemensos bukan dari Desa atau kecamatan, dan apa yang sudah diamanatkan oleh pemerintah pusat Desa hanya menjalankan saja.
Senin, (28/2/2022).

Jusepta selaku kepala Desa Bojong Loa mengatakan pada awak media,” saya menghimbau kepada warga saya di Desa Bojong Loa yang saya sayangi dan saya cintai agar jika melakukan pengaduan pada tempatnya bukan dimedia sosial yang belum tentu kebenarannya, terkait kejadian kutipan di akun media sosial Facebook di group

” kabar berita cisoka ”

itu buat saya sangat melampaui batas sampai stap dan Jaro saya tidak Terima dengan kejadian tersebut nama desa dan kepala Desanya dicatut di media sosial stap saya pada sore hari menyambangi polresta Tangerang meminta agar masalah tersebut bisa diselesaikan karena pada siang hari dua oknum tersebut sudah dipanggil yaitu ( Y ) dan ( S ) tapi ( S ) malah tidak datang dengan alasan di Kp.Janur karena yang ditulis oleh dua oknum tersebut lewat medsos ke dua staf saya membuat pelaporan ke Polres karena UU ITE tidak bisa ke Polsek.

Sebelumnya Kami panggil ke dua oknum tersebut ke kantor Desa guna dimintai keterangan terkait apa yang sudah mereka lakukan dengan unggahan di medsos terkait Desa Bojong Loa dan saya selaku kepala Desa dan kedua oknum tersebut saat kami panggil yang datang hanya ( Y) dan ( S ) di panggil tidak datang alasannya sedang di Kp.Janur, ke dua Staf saya karena oknum tersebut diajak baik tapi tidak bisa ke dua Stap kami datang ke Polresta Tangerang meminta penyelesaian di Polresta Tangerang,” ungkapnya.

Tambah Jusepta, intinya saya menyayangkan kenapa ( Y ) dan ( S ) menyampaikan sebuah pengaduan tidak pada tempatnya dan malah diakun sosmed, saya selaku kepala Desa Bojong Loa berharap tidak ada masalah terjadi seperti ini lagi membuat aduan tapi tidak pada tempatnya apa lagi di akun sosmed, kalo ingin meminta penjelasan dari kami selaku aparatur pemerintah khususnya Desa Bojong Loa Cisoka silahkan datang ke kantor atau silaturahmi ke rumah langsung silahkan 1×24 Jam pintu rumah saya terbuka untuk warga.

Kedepannya saya berharap warga Desa Bojong Loa agar bisa membantu kami memberikan semangat membangun Desa Bojong Loa kearah yang lebih baik lagi khususnya ( Y ) dan ( S ) agar Desa Bojong Loa bisa lebih maju lagi dan bisa ada perubahan dan bisa lebih harmonis,” ucap Jusepta.

Jusepta mengajak warganya untuk bergotong royong memajukan dan mengharumkan Desa Bojong Loa

“Mari kita bergotong royong bersama sama mengharumkan Desa Bojong Loa dan Desa Bojong Loa agar bisa lebih maju lagi baik dari segi perekonomian ataupun kesejahteraan hidup, membuat desa aman, tertib dan nyaman,” ungkapnya.[Red-Akt-49/08/2021/Agi]

 

AktualNews

Foto Dokumentasi : Lokasi pembangunan Puskesmas/Puskesmas pembantu Blok I, perumahan taman kirana surya desa Pasanggrahan Solear

 

Solear, AktualNews-Dari sistem informasi pemerintah daerah (SIPD), kabupaten Tangerang, tahun anggaran 2021, terdapat 10 (sepuluh), item kegiatan pembangunan yang di duga fiktif diantaranya ;

1. Pemeliharaan talud atau turap taman kirana surya Blok H. Rw 012 Ds Pasanggrahan kecamatan Solear, (OPD, kecamatan Solear)
2. Betonisasi kp lodog Rt 02/06. Ds Pasanggrahan kecamatan Solear, (OPD dinas bina marga dan sumber daya air),
3. Pembangunan lapangan olahraga lapangan bola Blok H. Perumahan taman kirana surya, (OPD dinas pemuda, olahraga kebudayaan dan pariwisata)
4. Pembangunan gedung puskesmas/puskesmas pembantu fasos & fasum Blok i, taman kirana surya kab, Tangerang Pasanggrahan, (OPD dinas kesehatan) ; (catatan puskesmas pembantu yang ada kurang memadai dan tidak layak),
5. Pembangunan jalan kategori jalan rusak berat taman kirana surya Blok I, Rt 07/011. Ds Pasanggrahan kecamatan Solear, (OPD SDA)
6. Pembangunan jalan (jalan yang ada rusak berat), Kp Tugu-kav pemda, Rt 04/01, perumahan taman kirana surya kab, Tangerang Solear Pasanggrahan, (OPD SDA),
7. Pembangunan jalan/jalan yang ada rusak berat Rt 06/09, samping lapangan Blok H, perum taman kirana surya kabupaten Tangerang solear Pasanggrahan, (OPD SDA),
8. Pembangunan jalan/jalan yang ada rusak berat Kp pasir Dage, Rt 02/05, s/d Kp manggu Rt 03/06, kab, Tangerang Solear Pasanggrahan, (OPD SDA),
9. Pemeliharaan turap wilayah kecamatan Solear, turap yang ada longsor Rt 07/012, perumahan taman kirana surya kab Tangerang Solear Pasanggrahan, (OPD, kecamatan Solear),
10. Pembangunan gedung pemberdayaan masyarakat/warga (catatan: masyarakat sangat membutuhkan), fasos & fasum yang terletak di Rw 09, perumahan taman kirana surya kab Tangerang Solear Pasanggrahan, (OPD, dinas tata ruang dan bangunan), dari 10 item kegiatan pembangunan yang di duga fiktif kesemuanya atas usulan Madrais mantan kepala desa.

Foto Dokumentasi: peta lokasi pembangunan Puskesmas/Puskesmas pembantu perumahan taman kirana surya Ds Pasanggrahan kecamatan Solear kabupaten Tangerang

 

Dan kegiatan tersebut sudah direkomendasikan oleh kecamatan, SKPD, TAPD, dengan status validasi mitra Bappeda, dan hal tersebut berdasarkan rekomendasi koefisien anggaran

Diharapkan pihak terkait serius untuk menyikapi kasus dugaan pembangunan yang fiktif tersebut, sangat disayangkan masyarakat dinina bobokan oleh blt-dd, dan pembangunan tahun anggaran 2021 nyaris lepas dari pantauan masyarakat
[ Red/Akt-26/Har ]

 

AktualNews

 

 

Serang, AktualNews – Personel Polres Serang Polda Banten laksanakan apel siaga antisipasi hari libur dan pengecekan ruang tahanan Polres Serang. Senin (28/02/2022).

Piket Pawas Polres Serang Iptu Muklas mengatakan apel siaga ini dalam rangka mengecek kesiapan personel yang melaksanakan Siaga. Pada saat hari libur, Personel harus tetap siaga sewaktu-waktu diperlukan selalu siap,” tutur Muklas.

Selain melaksanakan pengeceka Personel kita juga melakukan pengecekan terhadap ruang tahanan, mulai dari Jumlah tahanan, kesehatan tahanan dan keadaan ruang tahanan. Semuanya kita pastikan dalam keadaan baik.

Lebih lanjut Muklas mengatakan dari hasil pemeriksaan Alhamdulillah Personel yang melaksanakan tugas siaga semua dalam keadaaan sehat tidak ada yang terpapar Covid-19. Dan dari hasil pengecekan ruang tahanan juga dalam keadaan baik,” ujar Muklas.

Muklas juga menghimbau kepada piket jaga tahanan agar selalu cek tahanan secara berkala untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan tutupnya. [Red/Akt-49/08/2021/Agi]

 

AktualNews

Tigaraksa, AktualNews – Masa PPKM level 3, dimana pandemi Covid 19 dan Omicron sangat cepat penyebarannya, disikapi dengan serius oleh TNI – Polri dan pemerintah.

Gerakan PPKM Level 3 semakin di intensifkan oleh Koramil 09/Mauk, Kodim 0510/Trs bersama Polsek Mauk dan Satpol PP dengan menggelar Operasi PPKM gabungan di malam hari dengan sasaran di Jalan Raya Sukadiri, Desa Gintung Kec Sukadiri dan jalan raya Lontar DS Lontar kec kemeri kab Tangerang , Minggu (27/02/2022)) malam, pukul 20.00 WIB.

Operasi PPKM Level 3 ini dilakukan pada malam hari dan menyasar beberapa lokasi yang disinyalir bisa menimbulkan kerumunan massa dan juga pengguna jalan. Salah satunya, ialah warung pedagang dan pengguna kendaraan.

Selain memberikan himbauan kepada pengguna jalan, aparat gabungan juga mengingatkan pedagang dan pembeli wajib patuhi prokes , sekaligus membagikan masker.

Sedangkan kepada pedagang makanan, diingatkan untuk melayani pembelinya tidak makan ditempat dan menutup usahanya sesuai waktu yang ditentukan.

Dandim 0510/Trs Letkol Inf Bangun IE Siregar melalui Danramil 09/Mauk Kapten kav Burhanudin menjelaskan, pada razia yang dilakukan oleh aparat gabungan TNI, Polri Dan Satpol PP terdapat beberapa pelanggar prokes yang berhasil dijaring oleh petugas.

“Sesuai informasi yang kami terima, masih ada pengguna jalan dan para pedagang yang mengabaikan disiplin protokol kesehatan ,” ujar Danramil.

Menurut Kapten kav Burhanudin, selain sanksi berupa teguran pihaknya juga memberikan sanksi berupa hukuman disiplin, dan berjanji tidak melakukan pelanggaran prokes kedepannya.

“Kita juga memberikan wawasan dan pemahaman kepada pelanggar bahwa pentingnya patuh protokol kesehatan,” Pungkas Kapten kav Burhanudin. [Red/Akt-49/08/2021/Agi].

Tigaraksa, AktualNews – Komandan Kodim 0510/Tigaraksa Letkol Inf Bangun I.E Siregar SH, M.I Pol, meninjau pelaksanaan Serbuan Vaksinasi ke-3 Booster Astra Zeneca kepada masyarakat di Wilayah Kodim 0510/Trs yang dilaksanakan di Gedung Parkir PT.Federal Food Indonesia Jl.Otonom Cikupa-Ps.Kamis Ds.Pasirgadung RT.002/002 Kec.Cikupa, Kab Tangerang, Mingu (27/02/2022).

Serbuan Vaksiansi Booster diberikan kepada masyarakat dan karyawan PT.Federal Food Indonesia dengan penanggung jawab Kapten Kav Eduwardus Panjaitan Danramil 04/Ckp.

Sedangkan untuk pengamanan berjalannya serbuan vaksinasi, diturunkan aparat gabungan dari Koramil 04/Ckp, Unit Inteldim 0510/Trs dan Polsek Cikupa.

Kedatangan Dandim 0510/Trs Letkol Inf Bangun I.E Siregar SH,M.I Pol yang didampingi Mayor Arh I Wayan Kariana Kasdim 0510/Trs disambut oleh Kapten Kav Eduwardus Panjaitan Danramil 04/Ckp, Lettu Inf Ali Maskuri Pasi Inteldim 0510/Trs, Frans Staff HRD PT.FFI, dan peserta Vaksinasi.

Dandim 0510/Trs Letkol Inf Bangun I.E Siregar menyampaikan kedatangannya untuk memastikan program vaksinasi massal kepada masyarakat berjalan aman, lancar serta tepat sasaran. “Mulai dari pendataan peserta vaksin, pelaksanaan vaksinasi sampai entry data peserta vaksin hal itu dilakukan untuk memastikan pelaksanaan vaksinasi berjalan sesuai dengan yang diharapkan.” jelasnya.

Dikesempatan itu, Dandim juga mengimbau kepada masyarakat dan karyawan yang akan divaksin untuk tidak ragu mengikuti vaksin Covid –
19, karena vaksinasi ini salah satu upaya pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dan virus Omicron.

“Serbuan vaksinasi merupakan salah satu upaya untuk membantu pemerintah dalam mempercepat program vaksinasi dan terbentuknya herd immunity. Sengaja kita sasar para karyawan disebabkan mereka beraktivitas berkelompok, dan itu rentan terpapar Covid-19,” ujar Letkol Inf Bangun IE Siregar.

 

Sebelum meninggalkan lokasi kegiatan, Dandim juga menekankan pemberlakukan protokol kesehatan (prokes) tetap dijalankan dan dipatuhi, karena vaksinasi ini bukan membuat kita kebal terhadap virus Covid-19, tetapi untuk meningkatkan imunitas tubuh guna mengurangi dampak atau risiko apabila terpapar.

“Tetaplah gunakan masker, selalu cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dan jaga jarak minimal 1 meter. Kurangi mobilitas, jika tidak bekerja dan tidak ada kepentingan yang mendesak lebih baik tetap tinggal di rumah saja,” pesan Letkol Inf Bangun IE Siregar.[Red/Akt-49/08/2021/Agi]

 

AktualNews

Bogor, AktualNews– Danrem 061 suryakancana Brigjen TNI Rudy Saladin MA dengan didampingi oleh komandan kodim 0606/kota Bogor kolonel lnf Robby Bulan melaksanakan peninjauan kegiatan vaksinasi Cinta Tanah Air Cegah Covid-19 yang diselenggarakan oleh kodim 0606/kota bogor bersama PDAM kota Bogor di kantor PDAM jalan. Siliwangi no.121 Kel. Sukasari Kec. Bogor Timur Kota Bogor, Senin (28/2).

Vaksinasi ini adalah vaksinasi tahap ketiga (Booster) yang mana vaksin ini adalah untuk melengkapi vaksin sebelumnya yaitu vaksin tahap pertama dan kedua dengan jeda waktu antara vaksin kedua dengan ketiga ini adalah minimal 6 bulan. Dan bagi warga masyarakat usia diatas 18 tahun ke atas yang sudah melakukan vaksinasi tahap ke-1 dan ke-2 dengan persyaratan yang sudah ditentukan dapat mengikuti atau mendapatkan vaksinasi booster, keterangan itu disampaikan oleh danrem kepada awak media.

Menurutnya lagi bahwa target vaksinasi gelaran korem 061 suryakancana pada hari ini yaitu sebanyak 4000 orang ter vaksin dengan memaksimalkan 14 tim yang telah disiapkan untuk melaksanakan pelayanan vaksinasi sedangkan untuk di PDAM kota Bogor target hari ini yaitu sebanyak 400 orang khususnya untuk keluarga besar PDAM kota Bogor. Dan secara keseluruhan untuk di wilayah Kota Bogor Ada 4 titik yang menggelar pelaksanaan vaksinasi dan untuk di wilayah kabupaten Bogor ada tiga titik.

” long weekend kali ini kami memaksimalkan 14 tim yang ada untuk melaksanakan vaksinasi mobile dengan menggunakan infrastruktur milik pemerintah termasuk fasilitas fasilitas umum lainnya, diantaranya di pusat perbelanjaan, terminal, lokasi wisata maupun pasar.” Ujarnya.

Kemudian lanjutnya, vaksinasi menjadi sangat penting dikarenakan vaksinasi dapat meningkatkan imunitas tubuh seseorang sehingga dapat meminimalisir penularan maupun penyebaran covid 19 dan juga varian omicron. Di mana saat ini kedua virus tersebut kembali meningkat. Dan untuk mencegah penyebaran virus tersebut lebih luas lagi maka perlu adanya peran serta dari berbagai pihak termasuk dari warga masyarakat untuk sama-sama menanggulangi wabah pandemi ini, mungkin salah satunya dengan cara cara melaksanakan vaksinasi baik tahap pertama tahap kedua maupun tahap ketiga.

” Vaksinasi ini tentunya aman dan juga gratis jadi bagi siapapun yang sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan berhak mendapatkan vaksinasi.” Ujar Danrem .

Selain itu Danrem juga mengimbau kepada warga masyarakat atau para peserta vaksinasi di PDAM untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 5 m, yaitu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah maupun saat berinteraksi dengan orang lain kemudian selalu menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas dan juga membersihkan tangan sesering mungkin bisa menggunakan air bersih dan sabun ataupun dengan hand sanitizer.

Kebersihan lingkungan rumah dan sekitar tentunya juga menjadi penting dalam mengantisipasi penyebaran covid-19 seperti yang disampaikan oleh danrem juga yaitu warga masyarakat dihimbau juga untuk menjaga kebersihan lingkungan rumah dan lingkungan sekitar, di mana virus juga dapat berkembang di tempat yang kurang sehat sehingga selain meningkatkan pola hidup lebih baik misalnya rutin berolahraga kemudian mengkonsumsi makanan yang sehat, menjaga kebersihan dan juga menjadi penting.

Ucapan terimakasih kepada Dirut PDAM yang telah ikut membantu pelaksanaan kegiatan vaksin ini juga disampaikan oleh Danrem sebagai bentuk apresiasi akan kelancaran jalannya pelaksanaan vaksinasi cinta tanah air.

Pada pelaksanaan kegiatan tersebut turut hadir Dirut PDAM H.Rino Indira Gusniawan, Danramil 0603/Bogor Timur, Manager Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor. [ Red/Akt-01 ]

 

AktualNews

 

Diberdayakan oleh Blogger.