Serang, AktualNews – Grup 1 Kopassus kembali tanggap bencana banjir di Kawasan Desa Kasemen, Pasca terjadinya bencana Banjir pada hari Selasa pagi Grup 1 Kopassus kembali mengadakan kegiatan tanggap bencana Banjir wilayah seputaran Serang.

Hari ini 51 orang di bawah pimpinan langsung Kolonel Inf I Gede Putra Yasa kembali diterjunkan untuk membantu warga masyarakat terdampak Banjir, utamanya masyarakat yang berada di wilayah kawasan Kasemen. Rabu (2/3/2022)

Pada hari kedua pasca bencana Banjir, banyak masyarakat yang mulai kembali ke rumahnya untuk memeriksa kondisi rumah dan perlengkapannya. Warga juga dibantu oleh anggota Grup 1 Kopassus untuk mengevakuasi beberapa perabotan rumah yang masih dapat diselamatkan.

Saat ini masyarakat sangat membutuhkan air bersih untuk minum serta beberapa kebutuhan bahan makanan. Grup 1 Kopassus juga akan melaksanakan kegiatan sosial untuk membantu kesulitan masyarakat tersebut.

 

“Kami akan selalu membantu masyarakat di tengah kondisi pasca Banjir saat ini. Kami juga sedang menyiapkan beberapa kebutuhan bagi masyarakat yang terdampak Banjir”, ujar Dangrup 1 Kopassus.

Grup 1 Kopassus akan selalu siap, sigap dan tanggap terhadap pekembangan kondisi lingkungan sekitar dan akan selalu membantu kesulitan masyarakat di masa pasca bencana banjir di wilayah Serang.[Red/Akt-49/08/2021/Agi]

 

AktualNews

Tigaraksa, AktualNews – Mengatasi minimnya persediaan darah di RSPAD selama penanganan kasus Covid-19, Kodim 0510/Trs menggelar kegiatan donor darah di Aula Makodim, jalan Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang, Selasa (01/03/2022).

Kegiatan donor darah dilakukan dalam rangka aksi tanggap Covid-19 untuk mengantisipasi kekurangan stok darah selama darurat pandemi virus Corona.

Dandim 0510/Trs Letkol Inf Bangun I E Siregar mengatakan, kegiatan donor darah ini merupakan perintah dari Komando Atas, untuk membantu RSPAD saat Pandemi Covid-19.

“Donor yang kita lakukan ini diharapkan bisa membantu PMI dalam rangka menjaga ketersediaan stok darah yang sewaktu-waktu dibutuhkan masyarakat, dalam kondisi seperti saat ini, ketersediaan darah bisa sangat berpengaruh,” ungkapnya.

Dijelaskan, pelaksanaan donor darah diikuti oleh puluhan prajurit dengan proses bertahap atau bergiliran dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Yakni, dengan tetap menjaga jarak dan menggunakan masker guna menjamin keselamatan personil.

“Kita akan terus melakukan hal positif dan bermanfaat bagi masyarakat, salah satu cara yang kami pilih adalah dengan aksi donor darah ini, untuk donor darah di Kodim 0510/Trs berhasil mengumpulkan 37 kantong darah,” ungkap dandim.[Red/Akt-49/08/2021/Agi]

 

AktualNews

Tangerang, AktualNews – Anggota Polresta Tangerang Polda Banten sigap terjun ke lokasi insiden tanah longsor di Desa Pematang, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Selasa (1/3/2021). Longsor terjadi di tanah yang berada di samping aliran sungai dekat Perumahan Puri Permai.

Kapolresta Tangerang Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengatakan, longsor terjadi akibat curah hujan yang tinggi hingga menyebabkan debit air di sungai bertambah. Sehingga, tanah di samping kali ambrol karena tingginya volume air.

“Anggota kami bersama 3 pilar sigap turun ke lokasi untuk menindaklanjuti dan melakukan pembersihan agar aliran sungai kembali normal dan longsor tidak meluas,” kata Zain.

Zain menambahkan, setelah petugas turun ke lokasi dan melakukan proses tindak lanjut, kini aliran air di sungai kembali normal. Namun, anggota tetap bersiaga memonitor lokasi mengingat curah hujan yang terhitung masih tinggi.

“Selain di lokasi itu, anggota Polresta Tangerang bersama 3 pilar juga bersiaga di lokasi-lokasi rawan terjadi genangan air,” ucapnya.

Zain merinci, anggota bersiaga di Kawasan Industri Olex di Desa Pematang, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang. Di lokasi ini, lanjut Zain, terjadi genangan air setinggi mata kaki.

“Anggota bersiaga di lokasi untuk membantu dan mengingatkan masyarakat yang melintas dengan kendaraan utamanya roda dua agar berhati-hati,” terang Zain.

Selain di wilayah Tigaraksa, Zain menambahkan, anggota juga bersiaga di jalan yang tergenang air di Kampung Pasir Randu, Desa Cibadak, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang.

Seperti halnya di wilayah Tigaraksa, anggota bersiaga untuk melakukan tindakan agar air segera surut. Serta memberikan bantuan dan mengimbau pengendara agar lebih waspada.

“Sampai saat ini, di wilayah lain belum ada laporan terjadi genangan air. Namun anggota Tim tanggap darurat tetap kami siagakan untuk sigap terjun ke lokasi apabila terjadi luapan air ataupun longsor,” tutur Zain.

Pada kesempatan itu, Zain mengimbau masyarakat untuk waspada karena curah hujan yang tinggi. Kata Zain, masyarakat agar berhati-hati saat berkendara. Juga agar mengecek saluran atau instalasi listrik, menjauhi pohon, tembok, atau tiang serta baliho yang berpotensi roboh.

“Dan diharapkan masyarakat mengecek saluran drainase untuk memastikan aliran air lancar,” tandasnya.[Red/Akt-49/08/2021/Agi]

 

AktualNews

Medan, AktualNews – Direktorat (Dit) Reserse Kriminal Umum Polda Sumut terus mendalami kasus dugaan tewasnya penghuni kerangkeng yang berada di areal rumah pribadi Bupati Langkat non aktif, Terbit Rencana Perangin-angin.

Direktur Reskrimum Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, melalui Kabid Humas Kombes Pol Hadi Wahyudi, mengatakan penyidik Dit Reskrimum Polda Sumut telah menaikan status Penyelidikan menjadi penyidikan kasus kerangkeng Bupati Langkat non aktif tersebut.

“Hasil gelar Perkara Penyidik menaikan Dari penyelidikan ke Penyidikan, atas dasar dua laporan Polisi (LP) Nomor : LP/A/263/2022/SPKT POLDA SUMUT, tanggal 10 Feb 2022, korban an. Sarianto Ginting dan laporan Polisi Nomor : LP/A/264/2022/SPKT POLDA SUMUT, tanggal 10 Feb 2022, korban an. Abdul Sidik Isnur alias Bedul,” katanya dikutip Rabu (2/3/2022).

Hadi mengungkapkan, naiknya status penyidikan itu setelah Dit Reskrimum Polda Sumut melakukan rangkaian Penyelidikan dan gelar perkara pada Sabtu 26 Februari 2022 dengan memeriksa lebih dari 70 saksi termasuk Bupati Langkat non aktif itu sendiri dan keluarga terdekatnya.

Juru bicara Polda Sumut itu menuturkan beberpa waktu lalu melakukan pembongkaran kedua makam atas nama Sarianto Ginting dan atas nama Bedul seta melakukan olah TKP, menyita sejumlah barang bukti diantaranya surat pernyataan, kursi panjang terbuat dari kayu tempat memandikan jenazah, gayung untuk memandikan jenazah, kain panjang motif batik, tikar plastik dan selang kompresor

“Ekshumasi (pembongkaran) terhadap makam Sarianto Ginting sebagaimana dituangkan dalam Visum Et Repertum (VER): 01/II/2022/RS BHAYANGKARA, Tanggal 12 Februari 2022,” tuturnya.

“Pelaksanaan ekshumasi (penggalian makam) pada Sabtu 12 Februari 2022 dengan hasil sebagaimana dituangkan dalam Visum Et Repertum (VER): 02/II/ 2022/ RS BHAYANGKARA, Tanggal 12 Februari 2022,” sebutnya.

Ketika ditanya apakah ada yang sudah ditetapkan tersangka, kabid humas mangatakan “Tentu naiknya status penyidikan ini akan ada potensi penetapan itu,” ucap Hadi sembari menambahkan Dit Reskrimum Polda Sumut terus bekerja mendalami peristiwa kerangkeng tersebut.

“Percayakan kasusnya kepada kami (Polda Sumut). Kami akan bekerja secara transparan dan profesional,” tegas mantan Kapolres Biak Numfor, Papua, tersebut.

Diketahui, Penyidik Direktorat (Dit) Reserse Kriminal Umum Polda Sumut memeriksa Bupati Langkat, Terbit Rencana Perangin-angin, selama 9 di Gedung KPK, Jakarta.

“Iya, kita sudah meminta keterangan, Ada 30 pertanyaan yang diajukan dalam pemeriksaan tersebut, keluarga dekatnya juga sudah dimintai keterangan,” katanya.(Red/Akt-35/Ansary)

 

AktualNews

Karanganyar, AktualNews – Warga masyarakat Diky Ardga Rohmansyah, warga Popongan, Karanganyar ini melaporkan aduan via whatsapp ke Kapolsek Karanganyar, AKP Nawangsih, perihal adanya Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang masuk ke dalam rumahnya. Selasa (2/3) sekitar pukul 16.32 WIB.

Merespon aduan warganya tersebut, Kapolsek Karanganyar bersama Kanit Samapta Ipda Ronald, Kanit Reskrim Aipda Yulio, dan Bhabinkamtibmas Bripka Erwin, langsung menuju rumah Diky menggunakan mobil dinas patroli Polsek Karanganyar.

Benar saja, saat tiba di lokasi, Kapolsek Karanganyar mendapati seorang perempuan yang berumur sekitar 55 tahun, namun tidak membawa identitas apapun berada di dalam rumah Diky.

Ketika ditanya, Kapolsek Karanganyar menyampaikan bahwa yang bersangkutan tidak bisa menjawab siapa nama, keluarga, maupun alamat rumahnya.

“Jawaban Ibu ini selalu berubah – ubah, Ia hanya membawa beberapa pakaian dalam kardus, tanpa identitas, dan barang berharga lainnya,” terang AKP Nawang.

“Selanjutnya, sekitar pukul 17.00 WIB, Ibu ini kami antarkan ke Dinas Sosial Kabupaten Karanganyar untuk menerima perawatan dan nanti dibantu untuk mencari alamat dan keluarganya,” tutup Kapolsek.

Terpisah, Kapolres Karanganyar AKBP Danang Kuswoyo menyampaikan apresiasi atas respon cepat personil Polres Karanganyar dalam menanggapi setiap laporan maupun aduan warga. Sehingga diharapkan kehadiran Polisi dapat dirasakan manfaatnya oleh warga yang sedang membutuhkan.

“Ini adalah salah satu upaya Polres Karanganyar untuk dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, serta untuk mewujudkan Polri yang Presisi,” terang Kapolres. ( Red/Akt-52/Dawam )

 

AktualNews

Foto Dokumentasi ; Anri Saputra Situmeang,S.H,.M.H

Tangerang ,AktualNewsPerkumpulkan Media Center DPRD Kab. Tangerang selasa 1 maret 2022, menggelar acara Media Center Awards pada Tahun 2022 di Gedung Serba Guna (GSG) Kabupaten Tangerang. Anggi Muda selaku Ketua Panitia acara Media Center Awards Sebelum menggelar Penganugrahan award, media center menggelar Diskusi Publik yang bertajuk “Peran Legislatif dan Eksekutif Kabupaten Tangerang Dalam Pemulihan Ekonomi Di Tengah Pandemi Covid-19”.

Salah satu nominasi Media Center Awards 2022 dengan kategori praktisi hukum inspiratif di nobatkan kepada Anri Saputra Situmeang,SH.,MH.,C.NSP.,C.CL.
Anri Situmeang sangat bangga dan sukacita dinobatkan kategori praktisi hukum inspiratif dalam acara media center awards, semoga seluruh rekan media khususnya di media center yang berada di DPRD Kab. Tangerang selalu menjadi terdepan dalam memberikan informasi dan jaya selalu dalam menjalankan profesi pers.
[ Red/Akt-26/Har ]

 

AktualNews

 

Bogor, AktualNews-Pada tanggal 16 Februari 2022 hingga tanggal 17 Februari, Korem 061/Suryakancana melaksanakan pelatihan pembekalan keterampilan mekanisasi pertanian atau disebut juga dengan smart farming, kegiatan tersebut adalah kerjasama antara Kodam lll/Siliwangi dengan BLK Lembang Bandung (Depnaker Rl). Pelatihan tersebut yaitu untuk meningkatkan sumber daya manusia bagi para prajurit di lingkungan Korem 061/Suryakancana, bertempat di Aula Sudirman Kodim 0621/Kabupaten Bogor.

Kegiatan pelatihan tersebut dibuka oleh Wa.aspers Kasdam lll/Slw letkol Arh Syafa Susanto dan dihadiri oleh Dandim 0621/Kabupaten Bogor Letkol Inf Gan Gan Rusgandara. Kemudian Pbd Sahlur Spersdam lll Mayor Caj Yudianto serta Pasi pers Korem 06. Dan kegiatan tersebut diikuti oleh 10 orang dari masing-masing Kodim jajaran 061/Sk yang totalnya sebanyak 50 orang. Sedangkan tim pelatih yaitu dari balai latihan kerja Lembang yang dipimpin oleh bapak Iwan Hermawan.

Pelaksanaan pelatihan pembekalan keterampilan mekanisme pertanian atau smart farming di hari pertama yaitu pemberian materi tentang pengenalan smart farming dengan menggunakan aplikasi internet, sedangkan pelatihan pada hari ke-2 yaitu pemberian materi dan dilanjutkan dengan teori praktek perakitan alat smart farming dan cara penggunaan smart farming, yang mana penyampaian materi dan teori di hari kedua yaitu disampaikan oleh perwakilan dari tim pelatihan BLK Lembang yang dipimpin oleh bapak Iwan Hermawan.

Pada kesempatan tersebut, para personil TNI yang terlibat pada kegiatan tersebut diberikan materi dan teori tentang teknologi pertanian yang menggunakan alat smart farming. Smart farming (pertanian pintar) yaitu merupakan sebuah aplikasi yang dapat mengatur pertanian melalui teknologi canggih,
penggunaan platform yang dikonektivitaskan dengan perangkat teknologi contohnya tablet dan handphone. Dalam prakteknya, metode smart farming yaitu menggabungkan antara platform berbasis Internet of Things dengan alat dan mesin pertanian (alsintan). Tentunya agar hal tersebut selaras alat produksi pertanian tidak lagi dioperasikan secara konvensional namun dikendalikan dengan teknologi, oleh karena itu alsintan harus ditingkatkan atau di-upgrade.

Menurut bapak Iwan bahwa ada dua cara yang bisa digunakan sebagai smart farming yaitu dengan cara manual dan otomatis. Dalam pengelolaan smart farming kedua cara tersebut menggunakan HP atau tablet,dan bisa digunakan dengan jarak jauh. Dan menurutnya lagi bahwa teknologi tersebut bisa diaplikasikan dengan menggunakan sebuah alat yang dimasukkan ke komponen kemudian dimasukkan ke HP. Dan dengan menggunakan HP itulah maka proses pertanian bisa dikendalikan melalui jarak jauh.
” Dengan menggunakan platform ini, maka kita bisa mengelola pertanian dari jarak jauh. Misalnya kita dapat menyiram 1 hektar lahan tanaman hanya dengan menggunakan media HP/tablet.” Pungkasnya.

Sistem ini rencananya akan dilaksanakan di setiap Koramil masing-masing Kodim jajaran Korem 061/Sk. Dengan harapan agar kedepannya para prajurit TNI yang ingin berkebun dapat dengan mudah merealisasikan keterampilan mekanisme pertanian dan dapat menularkan teknologi ini kepada masyarakat. [ Red/Akt-01 ]

 

AktualNews

 

Diberdayakan oleh Blogger.