Tangerang,AktualNews-Musibah banjir yang melanda di beberapa daerah di Serang Banten pada Selasa kemarin menimbulkan keprihatinan yang mendalam bagi Masyarakat se Provinsi Banten, begitu pun bagi beberapa organisasi kemasyarakatan yang ada di Kecamatan Jayanti yang tergabung dalam F.AJAIB.

PPBNI Satria Banten DPAC JAYANTI pada kamis pagi (03/3/2022) terlihat begitu antusias dalam menjalankan aksi penggalangan dana di ruas jalan Serang – Tangerang tepat nya di perbatasan 2 kota tersebut dengan menggandeng beberapa ormas dan Lsm yang tergabung dalam F.Ajaib.

Muhammad Holid selaku Sekretaris F.Ajaib yang juga Merangkap Sekjen di PPBNI Satria Banten DPAC JAYANTI sangat prihatin dan merasakan duka yang mendalam terhadap musibah yang menimpa beberapa lokasi di Serang Banten pada Minggu ini.

Sementara itu Ketua DPAC PPBNI Satria Banten Jayanti Arda billy mengatakan ” kita peduli dengan musibah banjir yang melanda sebagian wilayah di Banten ini, untuk itu saya beserta F.Ajaib mengajak masyarakat untuk berbagi dengan saudara nya yang tertimpa musibah di serang Banten dengan menyisihkan sebagian rejeki nya untuk di bagikan kepada saudara nya yang tertimpa musibah banjir pada minggu ini ” ungkapnya.

Rencana nya aksi penggalangan dana tersebut akan di adakan selama 3 ke depan dan pada minggu nya mereka akan mendistribusikan nya langsung ke beberapa lokasi di wilayah yang tertimpa musibah banjir di Serang Banten [Red/Akt-15/ Mulyadi]

 

AktualNews

Karanganyar, AktualNews – Kepastian keamanan dalam menjalankan Ibadah bagi umat beragama di Republik Indonesia dijamin oleh undang undang. Dalam hal ini, Polres Karanganyar menjamin keamanan, kenyamanan dan ketertiban warganya yang merayakan Hari Raya Nyepi.

Polres Karanganyar telah menugaskan sejumlah personilnya untuk melakukan pengaman di hari raya Nyepi tersebut. Anggota Polres Karanganyar bertugas untuk melakukan pengamanan di Pura yang dipergunakan untuk kegiatan perayaan Nyepi 2022. Kamis (3/3/2022).

Selain itu, Petugas Polres Karanganyar juga melakukan kegiatan himbauan taat prokes, pengaturan lalu lintas di jalur wisata serta kegiatan lainnya di beberapa lokasi yang telah ditentukan.

Kapolres Karanganyar AKBP Danang Kuswoyo, S.I.K. mengatakan, Polres Karanganyar menjamin kelancaran Ibadah perayaan Hari Raya Nyepi diwilayah Karanganyar berjalan aman dan damai. Kapolres juga menegaskan, Anggota Polres Karanganyar yang ditugaskan sudah dibagi ke dalam pos masing-masing.

“Hari ini Polres Karanganyar menurunkan personil untuk menjamin keamanan dan kelancaran perayaan Hari Raya Nyepi di Karanganyar, ada empat pura yang dijadikan tempat untuk perayaan, semuanya telah dijaga oleh anggota Polres Karanganyar dan anggota Polsek setempat,” ungkap Kapolres.

Kapolres juga mengatakan, selain memberikan pelayanan di tempat ibadah, anggota Polres Karanganyar juga melakukan patroli di tempat wisata serta memberikan pelayanan di jalur wisata agar tidak terjadi kemacetan.

Untuk memastikan kehadiran anggotanya, Kapolres Karanganyar AKBP Danang Kuswoyo, S.I.K melakukan pemantauan secara langsung di Pura I Gusti Ageng Pemacekan Karangpandan, kegiatan Kapolres dilanjutkan dengan pemantauan arus lalu lintas diwilayah Tawangmangu dan Pos Pendaftaran Pendakian Gunung Lawu jalur Cemoro Kandang.

“Masyarakat yang beribadah di Pura dapat melaksanakan perayaan Nyepi dengan khidmat, tertib dan taat prokes, anggota Polres Karanganyar telah saya arahkan untuk melaksanakan Pengamanan guna memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi umat Hindu dalam menjalankan rangkaian Ibadah Nyepi,” tegas Kapolres.

Kapolres Karanganyar mengajak seluruh masyarakat untuk mengurangi mobilitas diluar rumah mengingat Karanganyar masih memberlakukan PPKM level 3. Kapolres juga mengingatkan agar masyarakat tetap mematuhi protokol Kesehatan serta melengkapi Vaksinasi sampai vaksin dosis 3 atau booster. ( Dawam )

 

AktualNews

Medan, AktualNews – Ketika Kapolsek Percut Sei Tuan melakukan peningkatan pencapaian vaksinasi di daerah hukumnya, khususnya untuk Kecamatan Medan Tembung Kota Medan dengan cara mendata dan melacak lansia dan anak anak dan serta masyarakat yang belum divaksin, Rabu (2/3/2022).

Namun dalam pelaksanaannya, personil yang diterjunkan untuk mendatangi para lansia dan anak serta masyarakat yang belum divaksin bekerjasama dengan pihak kelurahan dan Babinsa.

Tapi selanjutnya personil kepolisian Percut Sei Tuan menghimbau kepada masyarakat yang belum divaksin untuk segera divaksin dan akan mengantar jemput mereka ketempat pelaksanaan vaksinasi yang diadakan di mako Polsek Percut Sei Tuan.

Kapolsek Percut Sei Tuan Kompol M. Agustiawan, S.T., S.I.K mengatakan percepatan vaksinasi ini untuk mencegah penyebaran virus covid-19 varian Omicron.

Namun Kapolsek juga menyebutkan, pada Rabu (2/3/2022) pihaknya mengadakan vaksinasi di 2 lokasi.

lokasi 1 mako Polsek Percut Sei Tuan dan lokasi ke 2 di Taman Aseng PT. CML Desa Tanjung Selamat Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang.(Red/Akt-35/Ansary)

 

AktualNews

Bogor, AktualNews-Dandim 0621/Kab Bogor Letkol Kav Gan Gan Rusgandara menghadiri kegiatan Komitmen Kebangsaan Lintas Agama Dalam Modernisasi Dan Toleransi Beragama Yang digelar oleh Forkopimda Kabupaten Bogor di New Gazebo Hotel Grand Mulya Bogor. Selasa (1/2).

Bertemakan ” Memperkokoh Komitmen Kebangsaan Tokoh Lintas Agama Dalam Modernisasi dihadiri oleh Bupati Bogor Hj.Ade Yasin, kemudian Kapolres Bogor AKBP Dr.Iman Imanuddin S.H.,S.I.K., M.H., serta ketua MUI Kabupaten Bogor KH.Ahmad Mukri Aji M.A., M.H.

Dengan diadakannya kegiatan tersebut, Dandim 0621/Kab Bogor sangat mengapresiasi dan mendukung, dimana hal itu tentunya sangatlah penting untuk merekatkan kembali rasa nasionalisme, persatuan dan kesatuan bangsa. Hal tersebut disampaikan Dandim kepada awak media usai menghadiri kegiatan tersebut.

” Sesama anak bangsa kita harus terus merekatkan rasa persaudaraan, menjalin silaturahmi, menghargai perbedaan dan saling menghargai menghormati dan saling mendukung. Karena sesungguhnya itulah ciri budaya bangsa kita yang selalu menjunjung tinggi persaudaraan.” Ujar Dandim.

” Mungkin cita-cita kita semua sama, menjadikan Indonesia lebih maju lagi khususnya Kabupaten Bogor, oleh karena itu kita harus terus memupuk rasa saling asah, saling asih dan saling asuh, dimana kita harus memiliki rasa toleransi antar umat beragama ditengah modernisasi yang terus berkembang. Kita harus ingat, kita adalah Indonesia yang terlahir ditengah perbedaan, itu yang diberikan Tuhan pada kita, oleh karena itu marilah kita sama-sama menjaga apa yang sudah diberikan Tuhan pada kita. Karena dengan kita saling bergandengan tangan, tentunya kita bisa membawa Indonesia khususnya kabupaten Bogor ke arah lebih baik lagi .” Tambahnya.

Menurutnya lagi, bahwa selain kegiatan silaturahmi Kebangsaan tersebut, rencananya Forkopimda akan menggelar kegiatan lainnya, diantaranya yaitu diskusi Toleransi beragama, Pemuda Peduli Puncak, Bedah rumah, Podcast Moderasi dan Toleransi Beragama. Dan dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan seluruh warga Kabupaten Bogor mendukung dengan maksimal. Yaitu dengan arti kata turut berperan serta dalam menjaga kestabilan wilayah dengan saling menjaga, saling menghargai dan menghormati. [ Red/Akt-01 ]

AktualNews

 

Bogor. AktualNews – Selama 41 tahun mengemban tugasnya, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan selalu berusaha meningkatkan kinerja serta kualitas pelayanan kepada pelanggan secara berkesinambungan.

Hal tersebut ditegaskan dengan diraihnya penghargaan dari PUPR sebagai BUMD Air Minum dengan kategori sehat dan kinerja terbaik No. 1 di Jawa Barat sekaligus menduduki peringkat ke-4 sebagai BUMD Air Minum dengan kinerja terbaik di Indonesia, penghargaan dari BPKP Jawa Barat atas pencapaian terbaik kinerja keuangan, operasional dan tata kelola perusahaan, serta penghargaan Perpamsi Award 2021 dengan kategori BUMD Air Minum Sehat dengan cakupan pelayanan terbaik wilayah Kabupaten. Penghargaan tersebut patut diapresiasi sebagai kado di HUT Perumda Air Minum Tirta Kahuripan ke-41 sebagai landasan untuk meningkatkan pelayanan di Kabupaten Bogor.

Kinerja Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor mendapatkan nilai 71,55% yang berarti berkinerja “Baik” pada tahun 2020 sesuai dengan Keputusan Mentri Dalam Negeri No. 47 Tahun 1999. Saat ini Perumda Air Minum Tirta Kahuripan telah melayani 26 dari 40 Kecamatan di wilayah Kabupaten Bogor dengan cakupan layanan wilayah administrasi sebesar 33,40% dan jumlah pelanggan sebanyak 198.590 sambungan. Tentunya pencapaian ini tidak lepas dari peran serta seluruh elemen Perusahaan, mulai dari Bupati dan Pemerintah Daerah, DPRD Kabupaten Bogor, Direksi, Dewan Pengawas, Karyawan, Pelanggan dan elemen lain yang masing-masing memberikan kontribusi sesuai fungsi dan perannya masing-masing.

Selain terus berupaya memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan dengan adanya smart water meter dan ISO 17025 mengenai kualitas air bersih, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan juga mengharapkan dukungan stake holders dalam hal regulasi mengenai perlindungan dan pemanfaatan sumber air baku terutama mata air baru, yang pada akhirnya dapat mendukung meningkatnya kinerja Perumda Air Minum Tirta Kahuripan khususnya dalam hal penambahan cakupan pelayanan di Kabupaten Bogor.

Peringatan HUT Perumda Air Minum Tirta Kahuripan kali ini dilaksanakan di sumber Mata Air Ciburial yang dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati beserta jajarannya, Forkopimda, Pimpinan DPRD Kabupaten Bogor, Direksi, Dewan Pengawas, pegawai Perumda dan unsur masyarakat di lingkungan Mata Air Ciburial dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Lokasi ini dipilih karena Mata Air Ciburial sudah mengaliri selama 100 tahun lamanya ke sejumlah wilayah yang ada di Kabupaten Bogor dan sekaligus mengajak warga sekitar Mata Air Ciburial untuk ikut melestarikan alam di sekitar sumber mata air yang telah berdiri sejak jaman Belanda tahun 1922. Kegiatan ini mengusung tema “Memuliakan Alam Dan Melayani Kabupaten Bogor”, dengan harapan kegiatan HUT tidak hanya bersifat seremonial belaka, namun dapat memberikan dampak nyata bagi lingkungan dan masyarakat.

“Air adalah sumber kehidupan maka dari itu merawat lingkungan hari ini untuk kehidupan yang lebih baik di masa depan,” pesan Bupati dalam sambutan HUT Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Ke-41 yang ditandai dengan penanaman pohon di sumber mata air Ciburial.

Adapun rangkaian kegiatan peringatan HUT Perumda Air Minum Tirta Kahuripan yang diselenggarakan antara lain adalah bedah musholla disekitar Ciburial, penanaman pohon, santunan anak yatim serta program diskon sambungan baru 40% yang berlaku hingga Maret 2022.

Harapan manajemen di hari ulang tahun Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor yang ke-41 ini semoga menjadi landasan bagi perusahaan untuk dapat menuju tingkat yang lebih tinggi dalam berbagai aspek serta kehadirannya semakin memberikan nilai lebih bagi masyarakat Kabupaten Bogor sehingga tujuan untuk menjadi perusahaan air minum terbaik dan termaju di Indonesia dapat segera terealisasi.(Red/Akt-07/Koswan)

 

AktualNews

Karanganyar, AktualNews – Baru bulan ini Sudah berjalan penyaluran uang tunai, yang sebelumnya bantuan pangan non tunai (BPNT)/Kartu Sembako mendapat respons positif bagi para penerimanya. Mereka merasa bantuan tunai lebih fleksibel dalam pemanfaatannya daripada diberikan dalam bentuk sembako. Terlebih, mereka merasakan sembako yang ditebusnya dari e-warong, menyusut.

Pengakuan para penerima BPNT mengemuka di kunjungan kerja Anggota Komisi VIII DPR RI di Balai Desa/Kecamatan Karangpandan Karanganyar, Jateng, Rabu (2/3/22). Sekadar informasi, penyaluran BPNT pada tahun lalu masih disalurkan berupa beras, telur dan sayuran atau komoditas pertanian lainnya. Nilainya per penerima Rp200 ribu per bulan yang diberikan tiga bulan sekali. Pada tahun ini, Kemensos sudah memberikannya secara tunai per tiga bulan.

“Sembako yang diterima, susutnya banyak. Misalnya senilai Rp600 ribu, susutnya sampai Rp.50 ribu sendiri,” kata Mardi warga Desa Bangsri.

Sedangkan warga Desa Bangsri, Hartono mengaku heran setelah bantuan pangan diterima, ternyata lebih mahal dari harga pasaran. Ia sempat menghitung paket bantuan pangan kurang dari Rp.200 ribu.

Widodo, warga Desa Tohkuning mengaku sepakat BPNT diganti uang tunai. Menurutnya, penggunaan lebih fleksibel.

“Kalau saat sangat butuh dana, bisa pakai uang BPNT,” katanya yang mengaku sudah setahun lebih mendapatkan bantuan pangan.
Menanggapi hal itu, Paryono mengatakan problem BPNT menjadi perhatian khusus pihaknya dengan Kementrian Sosial. Berbagai aduan masyarakat seakan tak pernah sepi.
“Beras yang seharusnya 15 kilo jadi 12 kilo. Tomat hanya dua buah dan kubis seperempat kilo. Harusnya lebih dari itu senilai Rp200 ribu. Memang diberi sembako tapi nilainya malah lebih sedikit,” ungkapnya.

Mengenai perubahan penyaluran BPNT dari barang ke uang tunai, regulasinya terus dimatangkan. Ia mengatakan, perubahan ini memberikan semangat kemandirian bagi keluarga penerima manfaat. Konsekuensinya bagi e-warong, katanya, bakal muncul kegaduhan.

“Saya enggak masalah dimusuhi pedagang (e-warong). Itu demi masyarakat yang sangat membutuhkan. Jangan disunat kebanyakan hanya untuk kepentingan pribadi, Bagi kaminselaku DPR sangat setuju dibagikan langsung uang tunai dan kami senang seterusnya dibagikan secara tunai” jelasnya
Kepala Dinas Sosial Karanganyar, Sugeng Raharto mengatakan pencairan BPNT secara cash and carry ditangani PT Pos.

“Penggunaannya tetap untuk beli sembako sebagaimana tujuan BPNT. Dan boleh dibelanjakan dimana saja. Bagaimana nanti realisasi di lapangan, silakan langsung ke kantor pos,” ujarnya singkat via whatsapp ketika dihubungi wartawan. ( Red/Akt-52/Dawam)

 

AktualNews

Labuhanbatu, AktualNews-Atas nama Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dibawah pimpinan dr.H.Erik Adtrada, MKM, Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu memberikan bantuan berupa sembako dan asupan gizi tambahan kepada Ahmad Risky seorang bayi yang kini dalam asuhan Lembaga Perlindungan Anak Indonesia di Rumah Aman LPAI jalan dokter Hamka Perumahan Padang Pasir Kelurahan Urung Kompas Kecamatan Rantau Selatan Rabu 2 Maret 2022.

Diketahui sebelumnya Ahmad Risky adalah anak dari masyarakat desa bandar Kumbul yang kedua orang tuanya dinilai memiliki kelainan jiwa, dari sinilah awal Ahmad Risky boca 9 bulan diadopsi oleh LPAI.

Sebelumnya Ahmad Risky juga selalu mendapat pantauan secara rutin dari Puskesmas janji, bantuan sembako dan asupan gizi juga selalu diberikan.

Melihat hal ini, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu H.Kamal Ilham SKM, MM, memandang perlu memberikan perhatian khusus kepada bayi tersebut.

Rabu 2 Maret 2022, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu H.Kamal Ilham SKM,MM didampingi Kabid Kesmas Friska E.Simanjuntak,SKM,MKM, Kapus Janji
Raja Ritonga,SKM,MKM, Kasi Kesga Gizi Naili Akmal SKM, memberikan bantuan langsung berupa sembako dan susu yang diterima langsung oleh pengurus LPAI Labuhanbatu Zahra.

Kamal menyampaikan, kiranya ini lah yang bisa diberikan sebagai bentuk perhatian kami kepada bayi ini, ” semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya” ujar Kamal.

Disitu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu yang juga merupakan penasehat LPAI ini menghimbau kepada Kapus janji dan juga Kabid Kesmas untuk selau memantau dan memperhatikan perkembangan gizi bayi tersebut, ” Kordinasi selalu dengan LPAI, Pantau terus perkembangan kesehatanya”, ucapnya.

Disisi yang sama, Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Friska E Simanjuntak, SKM, MKM, mengatakan akan selalu memperhatikan perkembangan kesehatan dan kebutuhan gizi bayi dimaksud.

Hal senada juga dikatakan Kapus Janji Raja Ritonga,SKM, MKM, pihaknya terus menerus akan melalukan pemantauan seperti yang telah dilakukan sebelumnya, ” akan kami pantau seperti masa bayi ini ditangan kedua orangtuanya” ujarnya.

Zahra, salah satu pengurus LPAI mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kabupaten labuhanbatu dalam hal ini dinas kesehatan kabupaten labuhanbatu yang telah peduli dan memperhatikan keadaan bayi yang saat ini ada dalam asuhan ya.

Penyerahan bantuan sembako dan asupan tambahan gizi tersebut di saksikan beberapa pengurus dan pengasuh di LPAI dan juga para pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu. [ Red/Akt-01 ]

 

AktualNews

Sidoarjo, AktualNews Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) berkomitmen akan membuka ruang lebar bagi pengembangan seni dan budaya di Kota Delta.

Ia juga berjanji akan membangun ekosistem yang lebih luas lagi bagi pelaku seni dan budaya dengan membuka market lebih besar melalui pameran atau ekspose.

Hal itu diungkapkan Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor saat membuka pameran Keris dan Benda Pusaka yang digelar di Kantor Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Sidoarjo Rabu (2/3/2022).

Kegiatan dalam rangka Hari Jadi Sidoarjo ke 163 itu dibuka dengan Tarian Banjarkemuning. Produk budaya asli Sidoarjo itu sudah tercatat di Hak Kekayaan Intelektual (HKI) oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Pameran benda pusaka atau Tosan Aji yang digelar Pemkab Sidoarjo itu diikuti tidak kurang dari 30 kolektor. Mereka berasal dari Sidoarjo dan luar daerah.

Pusaka yang dipamerkan mulai dari keris peninggalan era kerajaan Singosari, Majapahit, Mataram hingga era Pakubuwono ke VIII. Selain itu, ada juga Keris buatan Mpu era 1900 an yang ikut dipamerkan. Rata-rata benda pusaka yang dipamerkan dibuat pada abad 17 era Sultan Agung Raja Kesultanan Mataram.

Ribuan benda pusaka yang dipamerkan itu sebagian besar bisa dibeli atau dimahar oleh pengunjung. Ada juga yang tujuannya hanya untuk dipamerkan saja tidak dijual.

Untuk harga bervariatif, mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah. Potensi ekonomi dari market pameran benda Tosan Aji itu lumayan besar bila dilihat dari nilai pusaka yang tawarkan para kolektor.

Gus Muhdlor yang genap menjabat setahun itu mengatakan, sedari awal dirinya berikrar untuk membangun ekosistem yang baik, khususnya di dunia seni. Pemkab Sidoarjo akan memberikan perhatian kepada pelaku seni. Salah satunya dengan membangun market agar pelaku seni seperti ini dapat survive.

“Kalau kita tidak peduli pada kesenian itu, misalnya lukis dan kita tidak bangun ekosistemnya, tidak ada marketnya, orang bisa gambar tapi keluarganya tidak bisa makan,” ucapnya.

Untuk saat ini, dirinya memohon maaf bila event seperti ini masih terbatas. Pasalnya dilakukan disaat pandemi Covid-19. Namun dirinya berjanji event seperti ini akan digelar lebih besar bila pandemi telah berakhir. “Mungkin tahun depan atau beberapa bulan kedepan akan kita buat lagi di MPP yang lantai dua, saya kira itu sangat representatif,” janji putra KH Agoes Ali Masyhuri itu.

Bupati Sidoarjo yang akrab dipanggil Gus Muhdlor tersebut juga berharap melalui pameran seperti ini akan menumbuhkan kecintaan generasi muda kepada budaya asli Sidoarjo.

Dirinya tidak bisa membayangkan apabila generasi muda mendatang telah kehilangan kecintaannya terhadap budayanya sendiri. Hal tersebut dapat terjadi ditengah arus digitalisasi saat ini.

Oleh karenanya, diharapkan semua pihak dapat menumbuhkan kecintaan budaya asli Indonesia khususnya yang ada didaerahnya sendiri. “Ini tugasnya kita semua untuk mulai menumbuhkan kecintaan kepada budayanya sendiri, jangan sampai orang Sidoarjo kehilangan Sidoarjonya, orang Jawa kehilangan Jawanya, orang Indonesia lupa nusantaranya,” paparnya.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Sidoarjo Djoko Supriyadi juga berharap kegiatan seperti ini akan menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Sidoarjo.

Dikatakannya kegiatan pameran kali ini tidak hanya diikuti oleh kolektor benda pusaka dari Sidoarjo saja. Namun juga dari Jember, Lumajang, Pasuruan, Surabaya, Lamongan dan Probolinggo. Padahal menurutnya peminat yang ingin mengikuti kegiatan kali ini cukup banyak. “Kami terpaksa menolak teman-teman yang lain ikut gabung di acara ini karena memang keterbatasan tempat,” tandas Djoko.(Red/Akt-21Redho)

 

AktualNews

Diberdayakan oleh Blogger.