Karanganyar, AktualNews – Pangkostrad ( Komando Cadangan Strategis Angkat Darat) Letjen Maruli Simanjuntak, berjiarah ke makam mantan Presiden ke 2 Indonesia Jenderal Besar TNI ( Pur) H. M. Soeharto di Astana Giribangun kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar. Jumat (11/3/2022)

Pengurus makam Astana Giribangun menyambut hangat kehadiran Pangkostrad bersama rombongan, setelah usai pembacaan doa lalu Pangkostrad menaburkan bunga di pusara Almarhum Jenderal besar Soeharto dan Almarhumah ibu Tien Soeharto.

Pangkostrad Letjen Maruli Simanjutak mengukapkan kepada para wartawan, ziarah yang dilakukan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Kostrat, menurut Letjen Maruli Simanjuntak, makna ziarah adalah untuk mengenang dan mengingat jasa dan kiprah Jendral Besar TNI (Pur) H. M. Soeharto dalam perjalanan bangsa khususnya untuk Kesatuan Kostrad.

“Begitu besarnya jasa almarhum Seoharto kepada bangsa dan kesatuan Republik Indonesia ini semasa hidup beliau apalagi terlebih khususnya pada satuan Kostrad,” terangnya.

Lanjutnya, sebagai generasi muda, dengan mengetahui peran H. M. Soeharto diharap sebagai penerus TNI dapat mengabdi lebih baik kepada bangsa dan negara ini,” tutupnya. (Red/Akt-52/Dawam)

 

AktualNews

Labuhanbatu, AktualNews-BUMD didirikan bertujuan untuk turut serta melaksanakan pembangunan daerah khususnya dan pembangunan ekonomi nasional umumnya untuk memenuhi kebutuhan rakyat menuju masyarakat yang adil dan makmur.

Hal tersebut disampaikan Plt Asisten II Bidang Administrasi Drs. Ikramsyah Putra Nasition, MM dalam Focus Group Discussion (FGD) Kajian kebutuhan daerah dan kelayakan usaha terhadap pendirian BUMD pengelolah pasar Kabupaten Labuhanbatu di Ruang Rapat Kantor Bupati Labuhanbatu, Kecamatan Rantau Selatan Jumat (11/03/2022).

Ikramsyah juga berharap dari hasil FGD tersebut dapat menyatukan langkah dana pemikiran untuk membangun daerah yang lebih inovatif demi terwujudnya masyarakat Labuhanbatu yang berkarakter, maju dan sejahtera.

Selanjutnya Materi FGD disampaikan oleh Peneliti Madya Provinsi Sumatera Utara Dr. Jonny Sitorus, S.T, M. Pd dan Peneliti Muda Provinsi Sumatera Utara Dumora Jenny M. Siagian, S.T, M. Si.

Turut hadir Kaban Balitbang Zuhri, SE , Plt Kadis Kominfo Awaluddin Hasibuan, S.T, M. Kom, Kaban Bappeda Hobol Zulkifli Rangkuti, S.Sos, MM, PLT Kepala Bapenda muslih, S.H, M.H, Sekretaris DLH Ida Farida, Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Rosmaidiyani HSB , Kabag Perekonomian Muhammad Sadeli HSB, perwakilan Univa Labuhanbatu, Perwakilan Universitas Labuhanbatu. [ Red/Akt-01 ]

 

AktualNews

Siantar, AktualNews – Seperti sebelumnya kali ini sebanyak 37 orang WBP Lapas Pematangsiantar menjalani program Asimilasi di rumah. Dasar pemberian Asimilasi rumah mengacu pada Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 24 Tahun 2021 tentang syarat dan tata cara pelaksanaan Asimilasi, pembebasan bersyarat, cuti menjelang bebas, cuti bersyarat bagi narapidana dan anak dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran covid-19.

Pemberian asimilasi ini diberikan bagi WBP yang memenuhi syarat dalam hal subtantif dan administratif yakni berkelakuan baik selama menjalani hukuman dan tidak pernah bermasalah terhadap aturan di dalam lapas maupun secara administratif terhadap sisa pidana dan jenis pidana nya.

Selama menjalankan asimilasi tentu saja akan ada ketentuan yang harus dilakukan para WBP selama menjalani program ini, larangan yang tidak boleh dilakukan dan tata cara pelaporan selama menjalani asimilasi di rumah.

Namun apabila melanggar ketentuan yang berlaku seperti membuat keresahan di tengah masyarakat dan termasuk melakukan tindak pidana lagi, maka akan dilakukan pencabutan Surat Keputusan Asimilasi di Rumah dan akan kembali masuk ke Lapas lagi.

Program Asimilasi di rumah ini dilakukan tanpa dipungut biaya apapun, sebagai pengoptimalan hak-hak WBP termasuk dalam Pelayanan.
Dan setelah mereka keluar dari Lapas para keluarga dan kolega menyambut dengan antusias di depan pintu keluar lapas sehingga rasa haru dan hangat sangat terasa di depan pintu P2u Lapas.(Red/Akt-35/Ansary)

 

AktualNews

Siantar,AktualNewsSeperti sebelumnya kali ini sebanyak 37 orang WBP Lapas Pematangsiantar menjalani program Asimilasi di Rumah. Dasar pemberian Asimilasi rumah mengacu pada Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 24 Tahun 2021 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, Cuti Bersyarat bagi Narapidana dan Anak Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran COVID-19.

Pemberian asimilasi ini diberikan bagi WBP yang memenuhi syarat dalam hal subtantif dan administratif yakni berkelakuan baik selama menjalani hukuman dan tidak pernah bermasalah terhadap aturan di dalam lapas maupun secara administratif terhadap sisa pidana dan jenis pidana nya.
Selama menjalankan asimilasi tentu saja akan ada ketentuan yang harus dilakukan para WBP selama menjalani program ini, larangan yang tidak boleh dilakukan dan tata cara pelaporan selama menjalani asimilasi di rumah.
Namun apabila melanggar ketentuan yang berlaku seperti membuat keresahan di tengah masyarakat dan termasuk melakukan tindak pidana lagi, maka akan dilakukan pencabutan Surat Keputusan Asimilasi di Rumah dan akan kembali masuk ke Lapas lagi.

Program Asimilasi di rumah ini dilakukan tanpa dipungut biaya apapun, sebagai pengoptimalan hak-hak WBP termasuk dalam Pelayanan.
Dan setelah mereka keluar dari Lapas para keluarga dan kolega menyambut dengan antusias di depan pintu keluar lapas sehingga rasa haru dan hangat sangat terasa di depan pintu P2u Lapas.[Red/Akt-35/Ansary.]

 

AktualNews

Karanganyar, AktualNews – setelah warga masyarakat Karanganyar menunggu lama akhirnya Masjid Agung Madaniyah sudah selesai dan sudah digunakan untuk beribadah. Pada waktu pembukaan masjid Agung Madaniyah Karanganyar Juliyatmono MM sebagai Bupati Karanganyar menjadi Khotib pada sholat Jumat. Jumat (11/3/2002).

Masjid Agung Madaniyah, bangunan masjidnya mencontoh masjid Nabawi yang di Mekah, sangat megah dan indah serta sejuk untuk menjalankan Ibadah.

Pada waktu pembukaan masjid semua pejabat SKPD dan DPRD kabupaten Karanganyar menjalankan sholat Jumat di Masjid Agung Madaniyah ini sebagai simbol bahwa masjid sudah dibuka untuk umum untuk warga masyarakat Karanganyar dan umum mulai hari Jumat (11/3/2002).

Dalam menjalankan Khotib Juliyatmono mengambil dari ayatullah Ayat suci AlQuran Surat Al Imron ayat 133 – 134. ” Ciri – ciri orang yang bertaqwa adalah sebagaimana yang di Surat Al Imron 132- 134, Senang memohon Ampun kepada Alloh SWT, juga bersedekah, serta memaafkan kepada sesamanya, juga harus menahan amarah. Selalu berbuat baik pada orang lain,” isi Khotib jumat Juliyatmono.

Juliyatmono mengatakan, dengan terkait masjid sebentar lagi memasuki bulan Ramadhan yang mana masjid tersebut digunakan dari sekarang untuk menghadapi ibadah sholat tarawih, nanti sholat tarawih bisa dilakukan di masjid ini, karena mesjid sudah selesai dibagun maka sekaligus difungsikan,” ujar bupati Karanganyar.

Adapun terkait dengan peresmian masjid Agung Madaniyah ini oleh Presiden Jokowi, Bupati menjelaskan terus berproses dan berkomunikasi dengan mensesneg guna untuk menuggu kesediaan waktu Presiden untuk meresmikan.

Lanjut Bupati bahkan kemarin lusa sudah diadakan gladi simulasi persiapan peresmian masjid Agung Madaniyah.

“Saya tetap berusaha memohon dan meminta Beliau Bapak Presiden jokowi untuk meresmikan masjid Agung Madaniyah ini,” tutup Bupati. (Red/Akt-52/Dawam)

 

AktualNews

Siantar, AktualNews – Kepala Badan Narkotika (BNN) kota Pematangsiantar Dr. Tuangkus Harianja, M.M menyambut hangat audensi para Pengurus dan Anggota Komite Wartawan Reformasi Indonesia(KWRI) Siantar simalungun, Jumat (11/3/2022) di ruang kerjanya, pukul 10.00 wib.

Ketua KWRI Siantar Simalungun, Jannes Boang Manalu didampingi sekretaris, Marjo Situmorang, Bendahara, Ansary Nasution dan juga anggota KWRI Siantar Simalungun, mengatakan bahwa maksud dan tujuan audiensi pengurus KWRI ke BNNK pematangsiantar untuk bekerja sama bagaimana mengantisipasi maraknya peredaran Narkoba di kota ” Sampangambei Manoktok Hitei”.

Selanjutnya, Sekretaris KWRI Siantar Simalungun, Marjo situmorang berharap kerja sama yang baik antara BNNK Pematang Siantar dengan KWRI terkait pemberitaan dan kegiatan kegiatan BNNK Siantar.

Kepala BNNK Siantar, Dr. Tuangkus Harianja, M.M sangat senang dan bangga akan kehadiran pengurus KWRI di kantor BNNK pematangsiantar.

Hariandja mengatakan, untuk memberantas peredaran Narkoba di pematangsiantar bukan hanya dari pihak BNNK saja, melainkan harus bekerja sama dengan pihak terkait, seperti walikota Siantar, Kapolres Pematang Siantar, masyarakat dan juga insan pers yang ada di Siantar Simalungun.

“semoga dari sekarang kita bisa bekerja sama dalam melakukan pemberantasan peredaran narkoba di kota ini, memang tidaklah mudah untuk melakukannya, namun apabila kita bisa bekerja sama mensosialisasikan kepada masyarakat tentang bahaya Narkoba dan mengajak seluruh elemen masyarakat dan instansi ikut ambil bagian dalam memerangi Narkoba saya optimis kota Siantar akan bersih dari Narkoba” ungkapnya.

Harianja melanjutkan, apabila semua instansi melakukan Instruksi Gubernur Sumut yang tertuang dalam Instruksi Gubernur Nomor 188.54/17/INST/2021. Sebagai tindak lanjut dari instruksi Presiden RI Nomor 2 tahun 2020.TENTANG PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN PENYALAHGUNAAN/PEREDARAN NARKOTIKA DAN PREKURSOR NARKOTIKA atau (P4GN) yang ditujukan kepada seluruh instansi di seluruh Sumatera Utara, Hingga tingkat Lurah/Desa/RT/RW, maka tidak tertutup kemungkinan generasi kita akan terselamatkan dari bahaya Narkotika.

“Dalam pencegahan peredaran Narkoba boleh juga dengan membuat kegiatan Positif, seperti di dinas pendidikan, kita akan buatkan lagu Anti Narkoba di setiap sekolah sekolah, asal instansi dan Kepala Daerah mau dan serius untuk bersama-sama memerangi Narkoba,” ungkapnya.

Diakhir pertemuan, ketua BNNK Pematangsiantar melakukan photo bersama dengan pengurus dan para anggota KWRI Siantar Simalungun.(Red/Akt-35/Ansary)

 

AktualNews

Serang, AktualNews-Peduli kemanusian para Rekan Rekan dari Media Center Solear (.MCS ) yang berasal dari Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang Banten menyerahkan bantuan sosial kepada korban banjir di Kampung Magersari RT 01 RW 05 Kelurahan Kota Baru Serang Kota Banten, Kamis 09 Maret 2022.

Rombongan kemanusiaan organisasi kewartawanan dari Kecamatan Solear ini, secara simbolis menyerahkan Bantuan berupa kebutuhan pokok seperti beras, mie instan, Pop Mie, Biscuit , kepada Dedi selaku ketua RW 05 Kampung Magersari Kelurahan Kota Baru Kota Serang Banten.

Dalam sambutannya, Dedi mewakili warga masyarakat di Kampung Magersari Kelurahan Kota Baru Kota Serang Banten, mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada MCS asal Kecamatan Solear ini, yang telah sangat peduli sekali dengan musibah banjir yang menimpa warganya.

“Terima kasih atas kepedulian rekan rekan Wartawan yang sudah turut peduli dengan warga kami, yang mana hampir semua terdampak banjir beberapa waktu lalu,” ujar Dedi

Dedi selaku Ketua RW 05 menjelaskan, hingga saat ini bantuan masih terus mengalir dari berbagai kalangan dan adapun rumah rumah warga yang terendam air kurang lebih ada sekitar 200 an rumah

“Alhamdulillah ya, hingga hari ini bantuan masih terus berdatangan, dan ini rekan rekan wartawan dari MCS asal Kecamatan Solear juga ikut menyalurkan bantuannya kepada warga kami, Insya Allah bantuan ini secepatnya akan kami salurkan,dan semoga kedepanya MCS terus jaya dan terus peduli kepada masyarakat terutama dalam melakukan kegiatan kegiatan Baksos di Propinsi Banten’ Imbau nya

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Media Center Solear (MCS ) Jhon S. Simamora didampingi Humas dan pengurus inti serta para anggota MCS lainnya mengatakan , ” Hari ini kami dari MCS, menyalurkan bantuan sosial untuk saudara saudara kami yang terkena banjir, sedikit banyak nya bantuan yang bisa kami berikan mudah mudahan dapat meringankan beban warga yang terkena musibah,” ujar Jhon S. Simamora.

Lanjut Jhon.S. S.Simamora menjelaskan,kalau bansos sumbangan yang didapat merupakan bersumber dari hasil penggalangan dana selama Dua hari yang di lakukan oleh semua para Jajaran anggota MCS

“Bantuan Ini kita dapatkan dari para1 dermawan saat kami melakukan penggalangan dana selama Dua hari, dan semoga ini menjadi ladang amal dan ibadah untuk rekan rekan MCS, yang terlibat dalam giat kemanusiaan ini.” pungkas nya

Dalam.kesempatan ini Humas MCS, Datuk Abdul Nasir, mengucapkan terima kasih kepada Rekan Rekan MCS yang sudah menyempatkan waktunya untuk ikut memberikan bantuan Sosial ( Bansos ) berupa sembako yang terdiri dari Beras, Mie Instan, Pop Mie dan Biscuit, untuk saudara saudara kita di Kampung Magersari RW 05 Kelurahan Kota Baru Kota Serang Banten, harapanya dengan adanya bantuan seperti ini semoga bisa terus berlanjut kedepanya untuk ikut membantu jika ada Saudara Saudara kita yang terkena Musibah pinta nya semoga MCS ini terus kompak dan guyub sesama anggota serta jaga selalu kebersamaan’ tutur nya.

Salah satu Warga di kampung Magersari RT01 RW 05 Kelurahan Kota Baru Serang Kota Banten, Riyan ( 30 tahun ) menyampaikan kepada Media Center Solear ( MCS ) di lokasi bekas banjir awal mula air datang nya begitu cepat sekitar pukul 05.00 Pagi Wib dan setelah itu warga di sini langsung bergegas cepat mencari dataran yang tinggi , dan alhamdulilah di sini kami warga Lingkungan Magersari RT01 RW 05 Kelurahan Kota Baru Serang kota, semua nya dalam keadaan selamat semua tidak ada korban jiwa hanya rumah kami saja yang terendam lebih kurang 15 meteran hingga sampai merendam atap rumah rumah di sini’ tutur nya

Masih menurut Riyan warga Magersari , menuturkan kepada MCS di kampung Magersari RT 01 RW 05 Kelurahan Kota Baru Kota Serang Banten ini yang terendam ada sekitar kurang lebih 200 KK yang terendam dan untuk korban jiwa tidak ada hanya harta benda kami yang kerendam air dan alhamdulilah hari ini kita mendapat bantuan Sembako dari Rekan Rekan Media Center Solear, sekali lagi diri nya atas nama pribadi dan warga disini mengucapkan terima kasih banyak atas bantuanya semoga MCS selalu bersenirgi dengan masyarakat di setiap kegiatan kegiatan Baksos dan lain lainya dan harapan kedepanya semoga dari pihak pemerintah kota Serang akan terus memberikan bantuan bantuan.lainya serta membenahi tempat tempat yang terdampak banjir agar nantinya segala kegiatan perekonomian masyarakat disini serta lain lainya bisa berjalan lancar dan normal kembali” pungkas nya.
[ Red/Akt-26/Har ]
Pengirim Media Center Solear Peduli

Diberdayakan oleh Blogger.