Cisoka, Tangerang
- Aktualinvestigasi.com Hari kedua Idul Fitri 1443 H/2022 M mulai banyak warga yang mengunjungi tempat-tempat wisata dan taman bermain untuk liburan atau sekedar menikmati pemandangan alam dan bermain, termasuk danau biru " Cigaru " dan Taman Cicido.

Seperti diketahui bahwa danau biru 

" Cigaru " berada di desa Cisoka Kecamatan Cisoka dan Taman Cicido berada di desa Bojongloa Kecanatan Cisoka.

Selasa, (3/5/2022).


Camat Cisoka, Encep Sahayat, S.Pd., M.Pd., Kp.  yang datang memantau ke kedua tempat wisata di Kecamatan Cisoka tersebut mengatakan bahwa setelah 2 (dua) tahun lebih  danau biru " Cigaru " dan Taman Cicido tidak beroperasi karena adanya PPKM, mulai hari raya idul fitri tahun ini kedua tempat wisata tersebut mulai dibuka dan menerima kunjungan warga yang ingin berwisata.

" Alhamdulillah danau biru Cigaru mulai tanggal 2 Mei kemarin sudah buka dan menerima kunjungan warga yang berwisata, sedangkan untuk Taman Cicido baru mulai buka hari ini, Selasa 3 Mei 2022 dan kedua tempat wisata itu sudah mulai ramai dikunjungi masyarakat, baik warga kecamatan cisoka  dan sekitarnya maupun warga yang berasal dari wilayah dan daerah lain seperti dari Kota Tangerang dan Tangerang Selatan"

Selain memantau mulai dibukanya tempat wisata danau biru "Cigaru" dan Taman Cicido, Camat Cisoka yang didampingi tim dari Kecamatan Cisoka juga menyampaikan warwar atau woro-woro kepada pengunjung agar tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus covid-19, terutama memakai masker, menjaga jarak dan tidak berkerumun, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau handsanitizer. [Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Serang, Banten
Aktualinvestigasi.com | Alat pendeteksi tsunami atau Inexpensive Device for Sea Level Measurement (IDSL) kini sudah terpasang di sekitar Gunung Anak Krakatau (GAK).Alat tersebut mampu mendeteksi saat terjadi anomali air dengan sistem peringatan otomatis.

Selasa, (3/5/2022).

Saat ini di kawasan sekitar Gunung Anak Krakatau sudah terpasang IDSL yang berlokasi di mercusuar pulau Rakata. Alat tersebut berfungsi sebagai alat deteksi dini tsunami yang  menginformasikan melalu pergerakan air laut  yang diakibatkan oleh gelombang tsunami yg bersumber dari kepulauan Krakatau yang  berjarak sekitar 47 km ke daratan pesisir selat Sunda.

himbau kepada wisatawan,pemilik hotel, pemilik tempat wisata pantai dan masyarakat luas bisa lebih tenang. Namun tetap waspada dan  mengikuti informasi dari pihak yang berwenang,(LLJ).[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Serang
- Aktualinvestigasi.com |  Seorang wisatawan asal Petir  Kabupaten Serang dilaporkan tenggelam di Pantai Florida indah Cinangka pada Selasa (03/05) sekitar pukul 12.30 WIB. 

"Saat ini korban Suhaepi (23) berhasil dievakuasi oleh tim SAR gabungan dalam kondisi sudah tidak bernyawa," kata Dirpolairud Polda Banten Kombes Pol Giuseppe Reinhard Gultom. 


Korban berangkat dari Petir bersama teman-temannya pada sekitar pukul 09.00 WIB dan tiba di Cinangka pukul 10.30 WIB. Sesampainya di Pantai Florida Indah korban bersama tiga temannya Sadibana, Ridho dan Awan berenang. "Setelah berenang kami menuju ke pantai namun kami tidak melihat korban," kata Sadibana. 


Ketiga temannya lalu berusaha mencari korban selama 30 menit namun korban tidak juga berhasil ditemukan sehingga Sadibana berinisiatif melaporkan ke petugas kepolisian yang ada di tepi pantai. 

"Sesaat setelah menerima laporan, petugas Ditpolairud dan tim SAR melakukan pencarian dan berhasil menemukan korban lalu langsung mengevakuasi korban ke Klinik Bertha, namun korban sudah dinyatakan meninggal dunia," kata Reinhard Gultom. 

Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Shinto Silitonga menghimbau kepada para pengunjung wisata di kawasan pantai baik yang ada di Anyer hingga Sawarna untuk senantiasa berhati-hati dan mengutamakan keselamatan diri saat menikmati wisata. "Tetap berhati-hati dan patuhi arahan petugas kami di lapangan," tutup Shinto Silitonga. [Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Jakarta
- Aktualinvestigasi.com| Posko Operasi Ketupat tahun 2022 melaporkan bahwa terjadi 51 kecelakaan di Jalan Tol sepanjang musim arus mudik Lebaran 2022. Angka itu rekapitulasi mulai tanggal 23 April hingga 2 Mei 2022.

"Sementara kecelakaan di jalan non-tol terjadi sebanyak 2.894 kejadian," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada awak media, Selasa (3/5).

Jika ditotal secara keseluruhan jumlah kecelakaan di tol maupun non tol sebanyak 2.945. Tetapi, angka itu mengalami penurunan sebanyak 1 persen jika dibandingkan tahun 2021 lalu, yang dimana adanya larangan mudik bagi masyarakat. 

"Jumlah korban meninggal dunia, luka ringan mengalami penurunan. Untuk luka berat ada peningkatan," ujar Dedi.

Dalam kesempatan ini, Korlantas Polri, kata Dedi juga mengimbau kepada seluruh masyarakat yang mudik untuk menghindari puncak arus balik yang diperkirakan terjadi pada tanggal 6,7,8 Mei 2022.

"Karena itu, bisa dipertimbangkan oleh warga setelah silaturahmi dengan keluarga, bisa dimanfaatkan waktu pulang lebih awal. Kalau memang waktunya cukup bagi yang cuti, bisa pulang setelah tanggal 9," ucap Dedi.

Dalam menghadapi puncak arus balik, polisi juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengurangi potensi kepadatan. Yakni, One Way dan Contraflow.

Adapun pelaksanaan skema itu saat arus balik, yaitu;

- Jumat 6 Mei 2022

Mulai pukul 14.00 WIB sampai 24.00 WIB dari Gerbang Tol Kalikangkung Km 414 sampai KM 47 Tol Cikampek, diteruskan contraflow sampai dengan KM 28.500.

- Sabtu 7 Mei 2022

Mulai pukul 07.00 WIB sampai 24.00 WIB dari Gerbang Tol Kalikangkung KM 414 sampai KM 3.500 Gerbang Tol Halim.

- Minggu 8 Mei 2022

Mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan hari Senin, 9 Mei 2022 pukul 03.00 WIB dari Gerbang Tol Kalikangkung KM 414 sampai KM 3.500 Gerbang Tol Halim.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Cilegon
- Aktualinvestigasi.com |  DalamAktualinvestigasi.com|  rangka memberikan situasi aman dan nyaman pada saat lebaran, personel Ditpamobvit Polda Banten melakukan pengamanan di PT Indo Raya Tenaga yang berada di Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon pada Selasa, (03/05).

Adapun pengamanan ini dipimpin langsung oleh Ipda Mujianto selaku Perwira Pengawasan (Pawas) di PT Indo Raya Tenaga yang didampingi oleh Aipda Jimmi HP Situmorang, Bripka Ahmad Cahyadi, Bripka Iman Bachtiar, Bripda Pahrurozi serta diikuti oleh security PT Indo Raya Tenaga.

Saat dikonfirmasi, Dirpamobvit Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi membenarkan terkait pengamanan tersebut. Ia menyebutkan pengamanan ini bertujuan untuk memberikan jaminan keamanan pada salah satu objek vital nasional yang ada di wilayah hukum Polda Banten. "Iya benar, bahwa hari ini personel Ditpamobvit Polda Banten telah melakukan pengamanan di PT Indo Raya Tenaga. Dimana pengamanan ini dilakukan dalam rangka untuk memberikan jaminan keamanan pada salah satu objek vital nasional yang menjadi mitra Polda Banten," ucap Edy Sumardi.


Edy Sumardi menjelaskan dalam pengamanan tersebut dilakukan oleh personel Ditpamobvit Polda Banten dan dibantu oleh security PT Indo Raya Tenaga. "Pengamanan ini dilakukan oleh personel gabungan yaitu dari Ditpamobvit Polda Banten dan security setempat. Mereka melakukan penjagaan di gerbang perusahaan serta melakukan pemeriksaan terhadap seluruh kendaraan dan juga tamu maupun karyawan yang masuk ke kawasan perusahaan. Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan," ucap Edy Sumardi.

Edy Sumardi melanjutkan "Selain itu, mereka juga melakukan patroli menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua di seluruh kawasan perusahaan untuk menyusuri area yang dianggap rawan serta tidak lupa juga melakukan pengecekan melalui CCTV," lanjutnya.

Edy Sumardi juga menyatakan, bahwa selain melakukan pengamanan, personel Ditpamobvit Polda juga memberikan himbauan protokol kesehatan kepada seluruh karyawan dan masyarakat sekitar PT Indo Raya Tenaga. Dimana tujuannya untuk mengingatkan kepada seluruh karyawan dan masyarakat bahwa betapa pentingnya mematuhi protokol kesehatan.

Sementara itu, Ipda Mujianto selaku Pawas PT Indo Raya Tenaga menambahkan bahwa pengamanan dan patroli tersebut berjalan dengan aman dan lancar. "Alhamdulillah kegiatan pengamanan hari ini berjalan dengan aman dan lancar. Serta selama patroli ini tidak ada gangguan yang menonjol yang mengakibatkan terganggunya kegiatan operasional perusahaan maupun kegiatan masyarakat sekitar," tutupnya. [Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Polres Serang, Polda Banten
  - Aktualinvestigasi.com| Personel Polres Serang amankan kegiatan Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin bersama ibu Wury Estu Handayani melaksanakan olahraga pagi dengan mengitari Pondok Pesantren An Nawawi Tanara Kabupaten Serang. Selasa, (03/06/2022).


Personel Polres Serang melaksanakan pengamanan jalur yang akan dilewati Bapak RI 2, yaitu melakukan pengontrolan area jalur agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kapolres Serang AKBP Yudha Satria melalui Kasat Samapta Polres Serang mengatakan kegiatan pengamanan ini merupakan rangkaian kegiatan kunjungan kerja Wakil Presiden selama di Pondok Pesantren An Nawawi.

Kegiatan pengamanan VVIP ini untuk memastikan kegiatan Wakil Presiden selama di Ponpes berjalan dengan aman dan lancar tanpa adanya gangguan. [Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Kodam Jaya, Tigaraksa
- Akualinvestigasi.com | Upaya untuk mengantisipasi Penyebaran Covid di hari raya idul Fitri, Koramil 11/Pasar Kemis, Kodim 0510/Trs melakukan, operasi PPKM. Hal ini untuk mengimbau warga masyarakat dan pengguna jalan untuk tetap melakukan Protokol Kesehatan (Prokes) menggunakan masker.

Personil Koramil 11 Pasar Kemis masih tetap semangat dan masih menemukan warga yang mengabaikan prokes tidak menggunakan masker.

Operasi Yustisi PPKM level 2 di wilayah Koramil Sepatan untuk memberikan imbauan prokes, mengantisipasi penyebaran kembali virus Covid 19.

Untuk operasi yustisi PPKM level 2 hari ini di Jalan Raya Kutabaru Kelurahan Kutabaru Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang, Selasa (03/05/2022).

Dandim 0510/Trs Letkol Inf Bangun I E Siregar melalui Danramil 11/Pasar Kemis Kapten Arm Tedy Susanto menjelaskan, dalam operasi yustisi massa PPKM level 2 di lebaran ke-2 ini, Koramil 11 Pasar Kemis selalu membawa masker untuk di berikan kepada warga yang lalai tidak menggunakan masker.


Dalam operasi PPKM level 2 menurunkan sedikitnya 3 personil yang di pimpin Serka Sakip bersama Polsek Pasar Kemis 3 personil dan Satpol PP Kecamatan Pasar Kemis 4 orang satgas Covid 19.

"Operasi yustisi PPKM level 2 memberikan tindakan kepada warga yang membandel tidak pakai masker, hal tersebut untuk menekankan ulang terkait Protokol Kesehatan (Prokes), agar tetap di patuhi, seperti memakai masker dan menjaga jarak serta mencuci tangan yang sudah menjadi kebiasaan baru untuk mencegah penyebaran virus Corona," ungkap Danramil.

Danramil menegaskan, bagi warga yang di dapati tidak menggunakan masker langsung ditegur dan di berikan masker. [Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Polres Serang, Polda Banten
  -  Akualinvestigasi.com | KA SPK Polres Serang IPTU Sumadi melaksanakan pengecekan ruang tahanan Polres Serang antisipasi banyaknya keluarga tahanan yang membesuk tahanan. Selasa, (03/05/2022).

IPTU Sumadi menghimbau kepada piket jaga tahanan agar mengecek ruang tahanan secara berkala, pastikan tahanan dalam keadaan sehat dan baik.


Sumadi juga memberikan arahan kepada personel piket jaga tahanan agar setiap pembesuk tahanan harus mematuhi Protokol kesehatan Covid-19, dan lakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan tahanan secara teliti agar tidak ada barang berbahaya yang lolos kedalam ruang tahanan.

Lebih lanjut Sumadi mengatakan jika ada kejadian sekecil apapun agar dilaporkan kepada Ka SPKT dan kepada Pimpinan secara berjenjang. Laksanakan tugas sesuai Standar Operasional Prosedur untuk menghindari pelanggaran. [Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].



Serang, Banten
- Aktualinvestigasi.com | Komandan Korem 064/MY sambut kedatangan Wakil Presiden Repubulik Indonesia KH. Ma’ruf Amin ke Pondok Pesantren An Nawawi Tanara pada Senin (2/05/2022).

Kedatangan Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin disambut oleh Danrem 064/Maulana Yusuf Brigjen TNI Yunianto, Karoops Polda Banten Kombes Pol A. Roemtaat, Danlanal Banten Kolonel (P) Budi Iriyanto, Dandim 0602/Serang Kolonel (Inf) Susilo dan Kapolres Kab Serang AKBP Yudha Satria.

Danrem 064/MY Brigjen TNI Yunianto mengatakan bahwa Korem 064/MY telah mempersiapkan personel untuk melaksanakan pengamanan VVIP tersebut,” Korem 064/MY telah mempersiapkan personel yang ditugaskan dalam pengamanan VVIP Kunjungan Pribadi Bapak Wakil Presiden RI ke Pondok Pesantren An Nawawi,” kata Danrem.


Brigjen TNI Yunianto menginstruksikan untuk seluruh personel pengamanan baik dari ring 1 s/d ring 3 agar laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab

"Harapan saya pada pelaksanaan pengamanan ini tidak boleh seperti kegiatan rutin biasa tapi merupakan selalu operasi baru agar selalu tetap waspada dan kepada seluruh personel pengamanan masuk kedudukan sesuai ring dan zona pengamannya masing masing," ucap Danrem

"Dan apabila mendapatkan informasi atau menemukan hal hal yang menonjol terindikasi kemungkinan adanya gangguan keamanan dan kenyamanan VVIP agar kesempatan pertama segera dilaporkan Komando atas," Pungkas Danrem.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Polres Cilegon, Polda Banten
- Akualinvestigasi.com | melaksanakan kegiatan Apel Kesiapan Pengamanan jalur wisata pantai Anyer Cinangka didaerah hukum Polres Cilegon Polda Banten dan dipimpin oleh Dirlantas Polda Banten dan didampingi Karoops Polda Banten dan Kapolres Cilegon Polda Banten AKBP Sigit Haryono, Sik, SH serta Personel yang terlibat Sprin Pengamanan dari Polda Banten dan Polres Cilegon di Mercusuar Anyar, Selasa, (03/05).

Kapolres Cilegon Polda Banten AKBP Sigit Haryono, Sik, SH mengatakan bahwa hari ini kami Polres Cilegon Polda Banten melaksanakan kegiatan Apel Kesiapan Pengamanan jalur wisata pantai Anyer Cinangka yang masuk dalam daerah hukum Polres Cilegon Polda Banten, Kami dibantu dari Polda Banten yang dipimpin oleh Karoops dan Dirlantas Polda Banten.


Saya menambahkan apa yang disampaikan bapak dirlantas dan Kabid humas Polda Banten terkait dengan pertama saya bisa menjawab pertanyaan pimpinan dari bapak Kapolda dan Bapak Kapolri jika rekan-rekan bekerja dengan benar, jika rekan-rekan tidak bekerja dengan tidak baik Saya tidak bisa menjawab dengan benar, yang sering ditanya oleh pimpinan di Anyer ini adalah Himbauan Protokol Kesehatan dan penerapan protokol kesehatan ada tidak pelayanan vaksinasi, bagaimana penerapan barcode peduli lindungi, itu pernah kejadian pengunjung ramai dan barcode hanya 5 orang jadi semua yang masuk tidak membarkot aplikasi pedulilindungi. Ujar AKBP Sigit Haryono

Kalau kita mengandalkan tukang parkir atau ticketing tidak akan berjalan, nanti kita dilapangan atau tempat yang sudah di ploting, kita bantu dan suruh mereka melewati tempat atau barcode yang sudah disediakan, silahkan himbau untuk di bawa saja sehingga menghindari antrian untuk masuk ke dalam pantai atau hotel. Tambah AKBP Sigit Haryono.

Kita pastikan masing-masing hotel yang punya pantai itu harus mempunyai alat pengeras atau himbauan untuk memantau jumlah pengunjung pantai, dan kepada seluruh personil sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Kabid humas Polda Banten bahwa setiap personil wajib sadar kamera sehingga menghindari yang namanya kegiatan-kegiatan yang negatif dapat dipublish oleh masyarakat yang ingin memancing ataupun agar petugas di lapangan emosi sehingga mereka menjadi atau membuat konten yang menjadi viral. Tambah AKBP Sigit Haryono.

Dan pastikan setiap pelaksanaan tugas di lapangan agar menghindari pelanggaran pelanggaran baik yang disebabkan oleh diri kita sendiri ataupun yang secara tidak sengaja. Melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab Sehingga nantinya pekerjaan kita di lapangan menjadi ladang ibadah. Tutup AKBP Sigit Haryono.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Polda Banten, Polres Cilegon
- Aktualinvestigasi.com | Kasat Binmas Polres Cilegon Polda Banten memberikan himbauan bagi pengunjung pantai di daerah hukum Polres Cilegon. Selasa, (03/5/2022), Polres Cilegon Polda Banten AKBP Sigit Haryono SIk SH melalui kasat binmas AKP Hadi Subeno SH MSI membenarkan bahwa satbinmas Polres Cilegon Polda Banten melaksanakan himbaun (woro-woro) kepada pengunjung pantai agar tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah varian baru covid 19.

Hadi juga menghimbau kepada pengunjung pantai untuk mengawasi putra-putrinya apabila berenang di pantai dan menjaga barang bawaannya agar terhindar dari pelaku kejahatan.


Menghimbau kepada pemilik pantai untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan menyiapkan barkot peduli lindungi,tempat cuci tangan menyiapkan sabun,masker serta hand sanitizer dan tak kalah penting nya harus menyiapkan regu atau pengawas pantai untuk menghindari pengunjung pantai yang tenggelam.semoga tidak ada hal yang kita tidak inginkan.

Kami dari satbinmas polres Cilegon Polda Banten tidak bosan bosannya untuk memberikan himbauan kepada pengunjung pantai di daerah hukum polres Cilegon agar situasi kondusif dan pengunjung pantai melaksanakan liburan dipantai tetap aman dan kondusif"tutup nya.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].

Diberdayakan oleh Blogger.