Kodam Jaya, Kodim 0503/JB
Aktualinvestigasi.com | Untuk mengantisipasi terjadinya aksi pencurian pada rumah kosong yang ditinggal pemiliknya mudik lebaran, Koramil 01/Tamansari Kodim 0503/Jakarta Barat tingkatkan Patroli baik di siang hari maupun malam hari.

Ungkap Mayor Inf Missin MD, selaku Pgs Danramil Tamansari, dalam upaya memberikan rasa aman ditengah masyarakat yang menjalani mudik lebaran ini, pihaknya melalui Babinsa akan meningkatkan kegiatan patroli diseluruh wilayah Kecamatan Tamansari.

“Agar patroli tersebut berjalan dengan baik sehingga tindakan kriminalitas dapat kita antisipasi, maka kami setiap harinya menurunkan Babinsa bersama personil tiga pilar rutin patroli keliling  di wilayah binaan kami."urai Mayor Missin di Makoramil. Rabu (04/05).


Babinsa Serda Abdi Amrizal yang melaksanakan patroli bersama personil tiga pilar menjelaskan, patroli hari ini kami adakan penyisiran di kelurahan keagungan mulai jalan Kesederhanaan Rt. 003/005, jalan Kp Jawa Malang Rw. 007, Jalan JKamp Jawa Malang Rt. 009/007, jalan Kesejahteraan ll, Rt.002/008, jalan Keagungan, Rt. 005/ 008, Kel. Keagungan.

"Patroli dalam rangka pengamanan wilayah terutama rumah-rumah kosong yang di tinggal mudik rutin kami laksanakan sesuai atensi Pgs Danramil Tamansari, Mayor Inf Missin MD."ucap Babinsa Serda Abdi Amrizal. [Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Serang
- Aktualinvestigasi.com| Personel Sat Samapta tingkatkan Patroli KRYD di wilayah Hukum Polres Serang antisipasi Kriminalitas dan pencurian Rumah Kosong yang ditinggal mudik. (05/05/2022).

Patroli Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) dilaksanakan oleh 1 regu Patroli Sat Samapta Polres Serang yang dikomandoi oleh Bripka Willy Sofian Hastien (PS Kanit II Dalmas Polres Serang).

Sasaran utama dari pelaksanaan patroli KRYD yaitu Rumah Kosong yang ditinggal mudik oleh pemiliknya. 

Kasat Samapta Polres Serang AKP Dadang SW mengatakan kegiatan patroli KRYD yang dilaksanakan oleh anggota Sat Samapta merupakan rangkaian dari kegiatan Operasi Ketupat Maung 2022, yaitu Satgas (Satuan Tugas) preventif.


Dadang mengatakan kegiatan patroli KRYD adalah bentuk hadirnya Polisi ditengah-tengah masyarakat dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman, dan dalam rangka mengantisipasi adanya gangguan Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) seperti Tawuran, Geng motor.

Lebih lanjut Dadang mengatakan selain menjaga Kamtibmas regu patroli juga menghimbau agar masyarakat tetap mematuhi Protokol kesehatan Covid-19 dan melakukan pembagian masker terhadap masyarakat yang tidak menggunakan masker.

Dadang juga menghimbau kepada masyarakat, apabila mengalami atau melihat telah terjadi tindakan kriminalitas, dan membutuhkan kehadiran polisi agar menghubungi *Layanan Kepolisian 110* tutupnya.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


SERANG
  - Aktualinvestigasi.com | Guna mencegah terjadinya kejahatan konvensional, diantaranya aksi pencurian pada rumah kosong yang ditinggal pemiliknya mudik lebaran Idul Fitri, Kapolres Serang AKBP Yudha Satria menginstruksikan kepada jajarannya meningkatkan patroli di jam rawan.

Instruksi Kapolres Serang tersebut ditindaklanjuti para Kapolsek dengan meningkatkan patroli rutin yang ditingkatkan (KRYD) di wilayah hukum masing-masing polsek.

"Sesuai perintah pimpinan, sejak musim mudik lebaran, kami melakukan patroli setiap malam di permukiman untuk antisipasi terjadinya pencurian di rumah kosong yang ditinggal masyarakat mudik," ujar Kapolsek Cikande Kompol Salahudin kepada , Rabu (4/5/2022).

Dikatakan Kapolsek, patroli kamtibmas di permukiman tersebut mulai digiatkan sejak H-4 hingga H+7 Lebaran nanti atau selama pelaksanaan Operasi Ketupat Maung 2022 dalam rangka pengamanan mudik dan Lebaran.


Selain permukiman warga, patroli juga dilakukan di kawasan industri serta berkordinasi dengan petugas Satpam industri untuk memastikan kondisi aman dan kondusif.

"Melalui personil Bhabinkamtibmas, kita sudah memberikan himbauan melalui Pengurus RT dan RW untuk memastikan rumah dalam kondisi aman dari bahaya. Kita juga berkordinasi dengan petugas satpam daerah industri untuk memastikan kondisi aman," kata Salahudin.

Pihaknya juga mewanti-wanti kepada seluruh personil yang melakukan patroli untuk menemui petugas ronda malam yang ada di pemukiman untuk tidak bosan mengecek ulang rumah-rumah yang ditinggal pemiliknya mudik.

"Untuk mengingatkan masyarakat, saya sudah tekankan kepada anggota yang patroli untuk mengingatkan warga yang ronda malam agar meningkatkan pengawasan lingkungan," tandasnya.

Senada dikatakan, Kapolsek Carenang AKP Samsul Fuad bahwa pihaknya telah meningkatkan patroli kambtibmas untuk nencegah adanya kejahatan konvensional atau gangguan kamtibmas yang memanfaatkan kelengahan masyarakat di tengah musim mudik lebaran. 

"Mencegah terjadinya adanya kejahatan konvensional atau gangguan kamtibmas, kita meningkatkan kegiatan patroli kamtibmas di tengah-tengah masyarakat," tutur Samsul Fuad. 

Selain kegiatan patroli kamtibmas, kata Kapolsek, dalam giat patroli juga dimanfaatkan untuk melakukan pengawasan serta himbauan penerapan protokol kesehatan oleh masyarakat demi menekan angka penyebaran Covid 19 di masa libur Idul Fitri 1443 Hijriyah.

"Selain menciptakan suasana libur lebaran yang aman dan nyaman, baik dari sisi kamtibmas sekaligus mengedukasi masyarakat untuk tetap patuh terhadap ketentuan pencegahan Covid-19," kata Kapolsek. [Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Polsek Kragilan, Polres Serang
- Aktualinvestigasi.com | melaksanakan Patroli  KRYD (Kegiatan Kepolisian Rutin yang Ditingkatkan) dan Pembubaran Kerumunan pada  Kamis (05/05/2022) pukul 21.00 WIB.

Kegiatan tersebut di pimpin oleh Panit 2 RESKRIM AIPTU SARSONO, dengan kekuatan personil sebanyak 5 personil.

Pada kesempatan tersebut Kapolsek Kragilan, KOMPOL YUDI WAHYU HINDARTO. S.H.,S.IK menyampaikan, dalam Giat tersebut menargetkan pencegahan Covid-19 di wilkum Polsek Kragilan dan pengendara kendaraan pengguna jalan raya R4 maupun R2 guna mengantisipasi Tindak Pidana C3 (Curat, Curas dan Curanmor).


"Adapun tujuan Patroli KRYD untuk Antisipasi Kerumunan, monitoring  dan penertiban balapan liar.

" Sedang untuk sasaran kegiatan dalam rangka pencegahan Penyebaran Virus Covid-19, yaitu tempat kumpul - kumpul seperti Guantibmas seperti Genk Motor, Premanisme, R4/R6, Pelaku C3, Miras, Narkoba, Sajam, Balap liar, serta jenis kejahatan lainnya.

KOMPOL YUDI WAHYU juga menerangkan tindakan yang dilakukan dalam pelaksanaan patroli tersebut pihak Polsek Kragilan melakukan pemeriksaan kendaraan serta barang bawaan, pembubaran kegiatan yg bersifat berkerumun yang berada di wilayah hukum polsek Kragilan. 

" Hasil yang di capai dalam patroli tersebut tidak di temukannya orang berkerumun, Genk motor, Premanisme yang berada di wilayah Kragilan. Kegiatan Patroli KRYD selesai pukul 23.30 WIB berlangsung aman dan lancar.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Polsek Kragilan, Polres Serang
- Aktualinvestigasi.com | Guna memastikan keamanan tahanan serta kesehatan Para tahanan, Jajaran Polsek Kragilan Polres Serang Polda Banten yang di pimpin oleh Pawas Piket AIPTU SARSONO dan SPK AIPTU MUGNI secara rutin melaksanakan pengecekan tahanan di ruang sel tahanan Mako Polsek Kragilan Pada Hari Kamis (05/05/2022). Pagi

Kapolsek Kragilan Kompol, YUDI WAHYU HENDARTO, S.H.,S.IK menjelaskan, melaksanakan tugas pengecekan tahanan untuk selalu waspada dan wajib bertanggungjawab menjaga keamanan tahanan dan keselamatan tahanan termasuk juga kebersihan ruang Tahanan 

Kapolsek Kragilan,Kompol Yudi Wahyu Melalui Pawas Yg Piket AIPTU SARSONO , mengingatkan anggota yang piket jaga sudah di Jadwalkan oleh Perwira Pengawas dan setiap anggota yang melaksanakan tugas jaga tahanan agar selalu memperhatikan barang- barang yang di bawa oleh tahanan dan pengunjung tahanan. 

“Jangan sampai ada barang- barang yang berbahaya seperti pisau, handphone, minuman yang beralkohol, korek api, rokok dan barang berbahaya lainnya yang dapat merugikan diri sendiri maupun petugas jaga," imbaunya. 

AIPTU SARSONO, mengatakan, hal tersebut di lakukan demi menjaga keselamatan tahanan itu sendiri, karena siapapun yang di tahan pasti merasakan tekanan mental karena sebagian dari hak- hak nya sudah di batasi, dan tak lupa agar menjaga kebersihan ruang tahanan tetap di jaga demi kesehatan dan kenyamanan tahanan. 

"Pengecekan tahanan rutin dilaksanakan, supaya ruang tahanan bersih, sehat, aman dan kondusif," tukasnya.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


POLRES SERANG
- Aktualinvestigasi.com | Kapolres Serang AKBP Yudha Satria, SH., S.Ik bersama Pamatwil Polda Banten AKBP Agung Riyanto (Irbid I Itwasda Polda Banten) dan Pejabat Utama Polres Serang mendatangi tempat-tempat wisata di Daerah Hukum Polres Serang untuk memastikan masyarakat bisa berekreasi dengan aman, nyaman dan sehat, Salah satunya ia melihat langsung tempat wisata di Kecamatan Binuang, Kabupaten Serang, Banten, Rabu (4/5).

Dalam kesempatan tersebut, ia bersama rombongan berkeliling objek wisata Binuang Waterpark yang didampingi oleh Bapak Yudi Syahrial pemilik langsung objek wisata tersebut.

Kapolres Serang AKBP Yudha Satria, SH., S.Ik mengungkapkan, momen libur Idul Fitri tahun ini dimanfaatkan masyarakat untuk berekreasi. Sehingga pihaknya terus menghimbau kepada para pengelola maupun pengunjung obyek wisata untuk terus menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19. 

“Kami memastikan pengunjung berwisata dengan baik dan sesuai prokes. Di sini sudah sangat baik,” katanya.

Ia memprediksi wisatawan lokal maupun dari daerah lain akan meningkat terus hingga selesai libur Lebaran nanti. Peningkatan pengunjung ini juga dibarengi dengan pengamanan kepolisian agar masyarakat senang dan aman selama berwisata.

“Kami bersama jajaran Pemkab Serang, Polres, serta Kodim mendorong agar tempat rekreasi kembali normal. Masyarakat senang dan tetap sehat,” ujarnya.


Pemilik Obyek Wisata, Yudi Syahrial juga menambahkan, dibanding tahun sebelumnya, tahun ini masyarakat bisa berwisata kembali. Tercatat ada 4.000 pengunjung dengan kapasitas maksimal di Binuang Waterpark ini bisa mencapai 6.000 ribu pengunjung.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolres Serang dan Jajarannya yang selalu membantu mangamankan dan memberikan himbauan untuk memastikan penerapan Prokes Covid-19 sudah betul - betul dijalankan para pengunjung obyek wisata, sehingga bisa memulihkan perekonomian pelaku usaha dan masyarakat bisa berwisata dengan aman, nyaman dan sehat.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pak kapolres serang dan jajarannya yang selalu sigap mengamankan dan memastikan prokes covid-19 dilaksanakan di tempat wisata kami, dan juga tak pernah lelah selalu memberikan himbauan prokes kepada para pengunjung,” tutup yudi. [Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Serang
- Aktualinvestigasi.com| Kapolres Serang bersama Ketua Bhayangkari Cabang Serang Ny Vivi Yudha Satria dan Pejabat Utama Polres Serang sambangi para tahanan di rutan Mako Polres Serang. Rabu, (04/05/2022).

Kedatangan Kapolres Serang AKBP Yudha Satria untuk mengucapkan Selamat Idul Fitri 1443 Hijrah dan berbagi kebahagiaan dihari lebaran dengan para tahanan. 

Didampingi Ketua Bhayangkari Ny. Vivi Yudha, Wakapolres Serang Kompol Rahmat Sampurno dan Pejabat Utama Polres Serang, Kapolres Serang bercengkrama dan bersenda gurau bersama para tahanan.


Kasat Tahti Polres Serang IPTU Desma Priatna mengatakan kedatangan Kapolres beserta ketua Bhayangkari disambut antusias para tahanan, menurutnya kegiatan yang dilakukan merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama. 

"Meskipun status mereka saat ini merupakan tahanan Polres Serang, ya sebagai manusia biasa, tentunya para tahanan pasti rindu juga akan suasana hari raya Idul Fitri" ujar Desma, Rabu, 04/05/2022. 

Lebih lanjut Desma mengatakan kehadiran Kapolres beserta ketua Ibu Bhayangkari dan Pejabat Utama Polres Serang, sedikit mengobati kerinduan para tahanan dimomen perayaan lebaran Idul Fitri.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].

Diberdayakan oleh Blogger.