Cisoka, Tangerang
Aktualinvestigasi.com|Danau biru cigaru yang pada awalnya merupakan tempat tambang pasir yang sudah menghasilkan pasir terbaik di Kabupaten Tangerang,  seiring berjalannya waktu  aktifitas tambang di lokasi Cigaru terhenti karena adanya Perda dari pemerintah kabupaten Tangerang yang menyatakan lokasi tersebut dapat berbahaya jika terus menerus digali dan diambil pasirnya.

Setelah aktifitas tambang pasir tersebut terhenti pemerintah pun tidak dapat berbuat banyak terhadap Masyarakat setempat dan dalam waktu terakhir lokasi tambang pasir dengan air yang jernih berwarna biru dengan alam yang indah untuk Foto foto di lokasi tersebut, Banyak masyarakat baik masyarakat cisoka ataupun luar Cisoka yang datang untuk Foto foto dan menikmati indahnya alam di lokasi tersebut, telaga biru cigaru yang terletak di Desa Cisoka Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang Provinsi Banten.

Selasa, (10/5/2022).

Danau biru cigaru dengan luas lahan 2 hektar yang sebelumnya tambang pasir akan tetapi sekarang berubah menjadi tempat wisata alam di Desa Cisoka ini memberikan tempat tempat wahana pendukung tambahan lainnya seperti kolam renang, kapal pesiar hiasan, bebek bebekan, dan yang jelas talaga biru cigaru ini terkenal dengan air danaunya yang berwarna biru.


Andi warga Desa Cisoka selaku pengurus Telaga biru cigaru mengungkapkan

" Tiket masuk telaga biru cigaru saat ini 5000 untuk mobil, 3000 untuk motor, untuk tiket masuk ke wahana pareasi, masuk ke kapal perorang 5000, kolam renang 10.000 perorang, bebek air 20.000 perbebek, untuk wahana getek 10.000 perorang, jadi di talaga biru cigaru ini terdapat 4 wahan.

Harapan kami dari Pokdarwis ingin lebih maju kedepannya, dan tidak mungkin pokdarwis itu bisa memajukan sama kelompoknya saja, mungkin ingin dibantu sama Pemilik lahan ini, atas kerja sama semua pihak pengennya telaga biru cigaru ini lebih maju lagi , "

Pemerintah Cisoka sangat mendukung dan sangat membantu, insya Allah mereka pun akan terjun langsung ke sini untuk menata lagi keadaan di Telaga biru cigaru, Bupati dan Dinas Pariwisata kemarin pernah  meninjau ke lokasi ini, kita ingin jalan arah ke Cigaru ini diperlebar," Ujarnya.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Cisoka, Tangerang
- Aktualinvestigasi.com | Ibu Bana Putri ke tiga dari Alm Baning Pemilik usaha olahan Kacang sangrai Ciri khas makanan di kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang Banten, Ibu Bana dan Suami ucapkan terimakasih kepada Camat Cisoka Encep Sahayat sudah berkunjung ke tempat usaha rumah olahan kacang sangrai miliknya.

Ibu Bana dan suami meneruskan usaha Bapaknya yaitu Baning sekitar 22 tahun lamanya, dan Ibu Bana beserta suami pun berkeinginan agar usaha kedepannya bisa lebih maju lagi, dan tempat olahannya pun bisa tambah besar.

Selasa, (10/5/2022).


Ibu Bana putri dari Baning beserta suami rohman mengatakan dihadapan Camat Cisoka dan para Wartawan

" Kacang Almarhum bapak kami Baning sudah lama berdiri sudah turun temurun dari anak yang ke dua dan diteruskan sama kami sebagai anaknya pak baning kira kira sudah 22 tahunan kami memproduksi rumahan kacang sangrai ini. 

Satu hari kami olah untuk dipasarkan sebanyak 3 karung dan untuk pemasaran kami pasarkan di sekitaran Cisoka, dan ada juga yang datang dari Bandung, dari Jawa, Surabaya, mereka tahunya usaha olahan kacang kami dari mulut kemulut ," Kata rohman.

Tambah rohman " Harapan kami untuk kedepannya, minta dukungan dan Doanya kepada pak Camat, pak lurah, dan juga kepada para wartawan supaya usaha kami ada peningkatan baik peningkatan tempat olahan supaya besar, dan bagus, " tutup rohman.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Cisoka, Tangerang
- Aktualinvestigasi.com | Kacang sangrai yang banyak diminati oleh masyarakat baik kalangan atas atau bawah, yang selalu diburu banyak orang Contoh di Cisoka, Banyak orang yang datang ke kecamatan Cisoka untuk berburu ciri khas makanan Cisoka yaitu Kacang Sangrai, Kacang sangrai Cisoka pertama kali ada diproduksi oleh Pak Baning warga Kp cilukun rt 04/02 Desa Cisoka Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang Provinsi Banten.

Selasa, (10/5/2022).

Kacang Baning yaitu kacang tanah yang disangrai yang artinya proses penggorengan yang digoreng tanpa minyak goreng dalam wajan yang diaduk dengan pasir dan dengan kayu bakar untuk pengapian didalam tungku, kacang tersebut diaduk aduk sampai kering dengan waktu yang cukup lama saat mengolahnya.

Encep Sahayat, S.Pd, M.Pd, Kp., Camat Cisoka meninjau langsung ke rumah Baning usaha rumahan kacang sangrai di Kp.cilukun Desa Cisoka.

" Kacang pak baning ini enak sekali dan olahan sangraiannya sangat kering, gurihnya juga sangat kerasa, kacangnya juga ada rasa manis manisnya, ketika dikunyah renyah, membuat ketagihan yang makan ," Ungakapnya.


Sambung Camat " Usaha kacang pak baning ini emang usaha rumahan yang dirintis oleh pak baning jaman dulu sampai sekarang turun temurun dan saya pikir ini harus dilanjutkan bukan hanya oleh anaknya yang sekarang tapi jika memungkinkan oleh penerus berikutnya dan juga oleh masyarakat sekitar perlu berkembang nanti misalnya dari pemasaran supaya lebih maju dibantu oleh anaknya melalui medsos, media Media lain. 

Dan tempat olahan kacang pak baning ini agak mojok mungkin harus dibuat strategis misalnya di depan perapatan Cisoka, atau perapatan mau masuk ke rumah pak baning atau didepan rumah pak baning dibuatkan plang simbol nama usaha olahan kacang pak baning biar orang tahu semua, supaya tertata, dan lebih maju lagi keluarga pak baning juga merasakan manfaatnya dan masyarakat sekitar juga sama merasakan manfaatnya, dan kita yang di Cisoka juga ikut terkenal dengan nama ciri khas makanan kacang pak baning " Ujar Camat.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Cisoka, Tangerang
- Aktualinvestigasi.com | Satu bulan penuh umat islam melaksanakan puasa Ramadhan 1443 H, 1 Syawal 1443 dan selesai puasa di bahagia kan dengan datangnya Idul Fitri yang jatuh pada hari Senin, 2, 3 Mei 2022,  Pasca Idul Fitri Kecamatan Cisoka kembali masuk sesudah melaksanakan libur hari raya dan Camat Cisoka pada pagi hari Senin, 9 Mei 2022  memimpin apel pagi dan melakukan halal bihalal bersama para pegawai kecamatan Cisoka kabupaten Tangerang Provinsi Banten.

Senin, (9/5/2022).


Menurut Encep Sahayat, S.Pd, M.Pd, Kp., selaku Camat Cisoka pada saat mulai aktivitas dan melakukan apel pagi Camat Cisoka menyampaikan dihadapan para Pegawai Kecamatan Cisoka, dengan santun dan humainis Camat Cisoka mengatakan

"Alhandulillah setelah selama 1 (satu) bulan  berpuasa, kita berlatih sabar, disiplin, takut kepada Allah, jujur,  rajin membaca al qur'an, ikhlas, dan amalan-amalan baik lainnya, semoga semua itu berimbas kepada keseharian kita dalam melaksanakan tugas dan fungsi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat ," Ujar Camat.

Camat pun berpesan pada seluruh pegawai kecamatan Cisoka beserta perangkat lainnya seperti Desa dan Jajarannya, dengan memulainya aktifitas Pasca Idul Fitri agar semua pegawainya bisa melaksanakan tugas dengan baik

" Hari ini semuanya harus sudah memulai lagi melaksanakan tugas dengan baik," tutup Camat. [Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].

Diberdayakan oleh Blogger.