Serang, Banten
- Aktualinvestigasi.com | Kasus stunting di Kabupaten Serang terus mengalami tren penurunan. Capaian tersebut merupakan kerja keras banyak pihak. 


Hal itu diungkapkan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat membuka rembuk Stunting tingkat Kabupaten Serang di Horison Forbis Hotel, Kecamatan Waringinkurung, Senin (13/6/2022).


Kata Tatu, kasus stunting di Banten berdasarkan data Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2019 masih 24,11 persen, sedangkan di Kabupaten Serang  39,43 persen.    


“Kami termasuk wilayah yang menjadi prioritas program dari pusat dalam penurunan stunting, karena 2019 kasusnya diatas provinsi,” kata Tatu.



Menurutnya, penurunan kasus stunting di Kabupaten Serang pada 2021 turun sebanyak 12,23 persen dan tahun 2024 ditargetkan turun sebanyak 14 persen. “Ini bukan pekerjaan mudah dan menjadi tugas bersama karena persoalan kesehatan berkaitan dengan pola hidup sehat masyarakat,” imbuhnya.


Ia mengatakan, Pemkab Serang terus melakukan upaya untuk menurunkan angka stunting dengan melibatkan antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD).


“Kita bagi tugas seperti persoalan air bersih ke Perkim, soal pangan  melalui Pertanian dan ketahanan pangan, sedangkan  untuk peningkatan perekonomian PU dengan pembangunan jalannya, dan tugas ini harus dibagi ke masing-masing OPD,” ucapnya.


Pihaknya menegaskan, kasus stunting bukan penyakit yang harus  diobati namun dicegah. Pasalnya, jika anak sudah terkena maka tidak bisa disembuhkan.


"Stunting bukan hanya kecil pada fisik tapi  yang sangat bahaya adalah juga pada kecerdasan anak,jadi harus dijaga demi masa depan,” ucapnya.


Diketahui, berdasarkan  data SSGI pada tahun 2019 kasus stunting di Kabupaten Serang sebanyak 39,43 persen dan tahun 2021 menurun menjadi  27,3 persen. “Jika 2021 bisa turun 12 persen, kita optimis 2024 turun sebanyak 14 persen,” ujarnya.


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang Agus sukmayadi mengatakan, salah satu upayanya yang dilakukan adalah membentuk Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) yang akan fokus di sepuluh Desa. 


“Tim ini dibentuk untuk melakukan pendampingan pada ibu hamil dan jika ada anak  yang terkena stunting maka akan dibantu penambahan gizinya,” kata Agus.


TPPS juga bertugas memberikan informasi kepada remaja agar menjaga kebersihan tentang reproduksi dan kepada pasangan calon pengantin diberikan pemahaman agar menjaga kesehatan saat hamil. “Kemudian kami berikan Imunisasi secara lengkap kepada balita,” ujarnya. [Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


POLRES SERANG, POLDA BANTEN
  -  Aktualinvestigasi.com | Dilaporkan telah menggelapkan 4 unit kendaraan truk tronton serta 1 excavator milik PT ATR di Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang, RS (56) pengurus pool kendaraan diamankan personil Unit Pidum Polres Serang.


Tersangka warga  Kecamatan Teluk Betung Selatan, Kota Bandar Lampung ditangkap personil Unit Pidum dibantu Satreskrim Polres Tapin di tempat persembunyiannya di daerah Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Kamis (9/6) kemarin.


"Tersangka berhasil kita amankan di tempat persembunyian setelah dilaporkan melakukan dugaan penggelapan 4 kendaraan truk serta 1 unit escavator milik PT ATR ," terang Kapolres Serang AKBP Yudha Satria didampingi Kasatreskrim AKP Dedi Mirza kepada Media, Senin (13/6/2022).


Kapolres menjelaskan sesuai dari laporan pihak perusahaan, kasus dugaan penggelapan ini baru diketahui pada Senin (11/4) kemarin, saat YWS (56) selaku pemilik perusahaan melakukan pengecekan di pool kendaraan.


Saat dilakukan pemeriksaan, ternyata ada 4 kendaraan truk tronton serta 1 unit excavator tidak berada di pool. YWS selanjutnya menanyakan kepada petugas security dan diketahui jika 5 kendaraan berat tersebut telah dikeluarkan oleh tersangka RS yang pada saat itu bekerja sebagai pengurus pool.


"Pemilik kendaraan baru mengetahui jika kendaraan berat sudah tidak ada saat melakukan pemeriksaan. Setelah ditanyakan ternyata kendaraan telah dikeluarkan oleh tersangka RS pada saat masih bertugas sebagai pengurus pool," kata Kapolres.


Mengetahui kendaraan-kendaraan berat milik perusahaan tidak ada di pool, pihak perusahaan berupaya untuk menemui tersangka RS yang sudah tidak lagi bekerja di PT ATR. 


Karena RS tidak berhasil ditemui, pihak perusahaan menelusuri keberadaan 5 kendaraan berat tersebut. Setelah ditelusuri, 4 truk dan 1 excavator tersebut diketahui telah dijual oleh tersangka RS kepada pengusaha yang diketahui berinisial MU.


"Setelah mengetahui bahwa kendaran operasional perusahaan telah dijual tanpa sepengetahuan pemilik, pihak PT ATR melaporkan ke Mapolres Serang. Atas kejadian itu, pihak perusahaan mengaku mengalami kerugian sebesar Rp2 miliar," terang Kapolres.


Berbekal dari laporan tersebut, Kasatreskrim AKP Dedi Mirza mengerahkan personil Unit Pidum yang dipimpin Ipda Iwan Rudini untuk bergerak melakukan penyelidikan. Dari hasil penyelidikan diketahui jika tersangka RS melarikan diri ke wilayah Tapin, Kalimantan.


"Setelah berkordinasi dengan pihak Polres Tapin, tersangka RS berhasil diamankan di tempat persembunyian di wilayah Kabupaten Tapin," kata Kapolres. 


Tersangka RS saat ini masih dalam pemeriksaan intensif. Namun dari keterangan tersangka ketika menjual kendaraan perusahaan dibantu oleh satu tersangka lainnya yang identitasnya sudah diketahui dan masih dalam pengejaran alias DPO


"Tersangka RS saat ini masih dalam pemeriksaan intensif untuk mengetahui motif penggelapan. Atas perbuatannya, tersangka RS dikenakan Pasal 372 KUHP tentang tindak pidana penggelapan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara," tandasnya. [Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Serang, Banten
Aktualinvestigasi.com | Seni beladiri Bandrong dan Debus Banten, yang merupakan kesenian tradisional daerah Banten Sambut kedatangan Rombongan Sail dan Touring Sekeseler Siliwangi yang saat itu dipimpin oleh Danrem 064/MY Brigjen TNI Yunianto, Mingggu Sore (12/6/2022) di Pantai Gopek Kecamatan Kasemen wilayah Kodim 0602/Serang yang disambut oleh Dandim Kolonel Inf  Susilo, S.Sos.


Demikian disampaikan Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) III/Siliwangi saat dihubungi di sela-sela mendampingi kegiatan Pangdam III/Siliwangi Tak’ziah di Rumah duka Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.


Setelah beristirahat, rombongan berbaur bersama masyarakat menyaksikan acara hiburan rakyat yang diadakan di Pantai Gopek, Kecamatan Kasemen.  Masyarakat dapat berbaur dengan anggota TNI, bersama- sama menikmati hiburan dan hidangan yang ada, tanpa adanya rasa sungkan atau takut. Usai kegiatan Danrem bersama rombongan menginap di rumah warga di sekitar Pantai Gopek.


Kapendam menambahkan pada pagi harinya, rombongan meninjau pameran UMKM, juga pembagian 500 paket sembako, pengobatan massal, dan vaksinasi serta penanaman 3000 bibit tanaman Mangrove di bibir Pantai Gopek. Kegiatan ini untuk menumbuhkan kebersamaan antara TNI dan Rakyat yang merupakan  implementasi perintah harian Kasad, juga anjuran Presiden Joko Widodo agar memperbaiki ekosistem yang rusak dengan melakukan penanaman pohon.


“Sesuai dengan anjuran Presiden Joko Widodo saat meresmikan Persemaian Rumpin Bogor beberapa waktu yang lalu, agar kita memperbaiki ekosistem dengan melakukan penanaman pohon, maka di setiap titik check point Sail dan Touring Sekeseler Siliwangi ini, kita adakan kegiatan penanaman pohon, khusunya pohon Mangrove, disamping kegiatan sosial lainnya”, tuturnya.



Sementara itu, Danrem 064/MY di tempat terpisah  mengatakan, kegiatan Sail dan Touring Sekeseler Siliwangi ini, tidak hanya akan berhenti di Kodim 0602/Serang saja, namun rombongan akan mengelilingi wilayah Korem 064/MY yaitu Kodim 0623/Cilegon, Kodim 0601/Pandeglang, serta Kodim 0603/Lebak.  

Seusai melaksanakan baksos, vaksinasi dan penanaman pohon mangrove, rombongan selanjutnya melanjutkan perjalanan menuju ke wilayah Kodim 0623/Cilegon.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Serang, Banten
Aktualinvestigasi.com | Polda Banten menggelar Apel Pasukan dalam rangka Operasi Patuh Maung 2022 selama 14 hari terhitung mulai tanggal 13-26 Juni 2022 yang dilaksanakan di Lapangan Apel Polda Banten pada Senin (13/06) pagi.


Apel gelar pasukan ini dipimpin langsung oleh Wakapolda Banten Brigjen Pol Drs. Ery Nursatari dihadiri Kasrem  064/MY  Kolonel Inf. Nurkhan, Kadishub Provinsi Banten Dede Bambang Hartono, Kepala Bappenda Provinsi Banten Dr. Mahdani, Kasat Pol PP Provinsi Banten Agus Supriyadi, Kepala PT Jasa Raharja Sigit Harismun, Direktur PT Astra Infra Tol Road dan Pejabat Utama Polda Banten.


Apel diikuti oleh 720 personel  terdiri dari 400 personel Polda Banten dan 320 personel Polres jajaran.



Dalam kesempatan ini Wakapolda Banten Brigjen Pol Drs. Ery Nursatari mengatakan apel gelar pasukan ini merupakan wujud kesiapan Polda Banten dan jajaran dalam menciptakan masyarakat yang tertib, patuh hukum dalam berlalu lintas."operasi ini diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas, menurunkan fatalitas korban kecelakaan dan mengurangi tingkat pelanggaran lalu lintas,” kata Ery Nursatari. 


Wakapolda Banten menjelaskan tujuan dan target Operasi Patuh Maung 2022. “Operasi ini bertujuan untuk menciptakan situasi lalu lintas aman tertib dan lancar di lokasi rawan kecelakaan pelanggaran dan kemacetan, meningkatkan ketertiban, kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas,” katanya.


Dalam amanatnya Ery Nursatari mengajak masyarakat untuk dapat mematuhi paraturan lalu lintas. "Saya mengajak masyarakat untuk tertib berlalu lintas dan jangan takut sama polisi lalu lintas kalau memang sudah membawa surat-surat yang lengkap dan mematuhi  peraturan lalu lintas pasti petugas tidak akan memberi tindakan,” ujar Ery. 


Saat ditemui Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Budi Mulyanto menghimbau kepada para pengguna jalan untuk selalu mematuhi peraturan berlalu lintas. "Dengan disiplin berlalu lintas, maka akan tercipta keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas," ungkap Budi.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Jakarta
- Aktualinvestigasi.com | Dikutip dari Media Penabanten.com Praktek Penipuan berkedok investasi yang merugikan masyarakat di Indonesia memang tidak pernah surut. Setelah viralnya kasus investasi belakangan ini mendominasi pemberitaan. Satu kasus berhasil diungkap, puluhan kasus berikutnya bermunculan.


Pengusaha investasi yang selalu mengincar korban menghubungi calon korban pura pura kenal minta waktu ketemuan bujuk rayu agar calon korban tertarik dengan iming-imingi meraup keuntungan besar dengan mudah dalam waktu yang cepat dibumbui dengan referensi banyak nasabah yang sukses ,menunjukan  bukti bukti nasabah lain  yang mencairkan keuntungan milyaran rupiah salah satu daya tarik untuk calon nasabah. Tanpa menjelaskan Resiko diawal calon nasabah digiring untuk bergabung dulu dan diajak main trading diaplikasi yang sudah dipersiapkan perusahaan. Setelah bergabung dan main trading   resiko modal berkurang baru dikasih tau dan untuk terus main dan mendapatkan untung harus ditambah modalnya dan begitu terus nasabah dijanjikan keuntungan dan modal tidak hilang agar nasabah mau terus menambah modal. inilah salah satu praktek jebakan yang dilakukan Pialang dan Tim nya untuk melancarkan aksinya.


Sebut saja korban (WW) Melalui Kuasa Hukumnya Mukti Ali.SH., M.Kn. dari Kantor Hukum SAGO.MGP AND PARTNER telah melayangkan somasi tiga kali berturut-turut ke Perusahaan Investasi PT. Kontak Perkasa Futures diJakarta, namun setelah di undang dalam musyawarah yang dihadiri Direkturnya PT Kontak Perkasa Futures Wahyu Setiawan bersama Pialang Steven Hippy dalam Musyawarah tersebut kami meminta Uang klien kami dikembalikan seperti yang kami ingatkan dalam somasi tertulis, tidak membuahkan hasil Pihak PT Kontak Perkasa Futures mengklaim bahwa pialang dan marketing nya sudah bekerja sesuai prosedur.


Kepada awak media, Mukti Ali.SH., M.Kn. mengatakan bahwa kliennya (korban) tertarik melakukan investasi di PT Kontak Perkasa Futures karena janji dan diimingi  keuntungan besar dan uang tidak hilang. kenyataannya klien kami tertipu oleh ucapan Pialang dan tim marketingnya PT. Kontak perkasa Futures yang merayu klien kami bergantian dengan peran nya masing masing meyakinkan klien kami.


Mukti Ali menutup pintu untuk bermusyawarah Lanjutan, dan akan lakukan upaya Hukum dan yakin Tidak ada pihak yang kebal Hukum.

Upaya Hukum yang akan kami tempuh Melaporkan ke kepolisian dengan dugaan Penipuan Penggelapan bersama sama.


Ditanyai tentang pasal yang dilaporkan terkait penipuan investasi PT. Kontak Perkasa Futures, Mukti Ali menjelaskan bahwa yang akan dilaporkan terkait dengan Pasal 378 KUHP tentang Penipuan dan atau Pasal 372 KUHP tentang Penggelapan, Juncto Pasal 55 KUHP dan atau bisa dikembangkan nanti TPPU nya UU No. 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantan dan pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Tergantung pengembangan nya nanti oleh penyidik unsur mana saja yang memenuhi. 


Segala sisi kita gali untuk mengungkap praktek kecurangan ini, Tidak menutup kemungkinan kita akan berkonsultasi juga ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). tutup Mukti Ali.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Tangerang Selatan, Banten
- Aktualinvestigasi.com | Acara Deklarasi dan Pelantikan Pengurus DPC dan DPAC Badak Banten Perjuangan se Tangerang Selatan dilaksanakan serentak 12-06-2022

Acara ini dihadiri oleh Walikota Tangerang selatan yang diwakili oleh Kabid Pariwisata Disbudpar Tangerang Selatan, Para Wakil Rakyat (DPRD), Tokoh masyarakat, tokoh seni budaya, dan para tokoh Ormas dan segenap kader Badak Banten Perjuangan Tangerang Selatan.



Lucky Wahyudi selaku Ketua Dewan Pimpinan Cabang Badak Banten Perjuangan (DPC BBP) dalam pidatonya menyampaikan betapa terharu dan bangganya menjadi kader Badak Banten Perjuangan.

"Saya merasa bangga dan terharu dengan gegap gempitanya para Kader Badak Banten Perjuangan  yang hadir di acara Deklarasi dan Pelantikan pada hari ini, terbukti sudah bahwa Kader Badak Banten Perjuangan kokoh dalam persatuan dan kompak dalam setiap kegiatan"

"Bahu membahunya kader Badak Banten dari tingkatan DPAC, DPC dan DPP dalam mensukseskan kegiatan memberikan spirit bagi saya sebagai Ketua DPC BBP Tangsel untuk lebih meneguhkan eksistensi BBP di Tangsel"

"Sebagaimana pesan Kanda  H. Eli Sahroni (Ketua Umum) bahwa Momentum deklarasi dan pelantikan ini adalah pintu gerbangnya gerakan Badak Banten Perjuangan di Tangerang selatan untuk bergerak bersama seluruh komponen dalam berkontribusi untuk kemajuan Tangerang Selatan" ungkap Lucky

"Kehadiran Eksekutif, legislatif dan pada tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan tokoh /aktivis keormasan membuktikan bahwa Badak Banten Perjuangan diterima oleh Publik (Masyarakat Tangerang Selatan, red)".

"Badak Banten Perjuangan Tangerang selatan akan menjadi pemersatu dan penguat hubungan antar ormas di Tangerang selatan, sekaligus menjadi partner (mitra,red) Pemerintahan demi untuk kemajuan Tangerang Selatan". 

"Kami yakin Badak Banten Perjuangan dengan dorongan segenap pihak terutama jajaran DPP dan seluruh kader BBP serta para tokoh lainnya akan menjadikan BBP ruhay di Tangerang selatan". Pungkasnya

(006/RED-Al/lll/2022/Mujahidin)

Diberdayakan oleh Blogger.