LEBAK
- Aktualinvestigasi.com | Terkait temuan Badan Pemeriksa Keuangan adanya kelebihan bayar Perjalanan Dinas anggota DPRD Kabupaten Lebak Tahun 2021 senilai Rp 2,3 Milyar mendapat sorotan publik khususnya masyarakat Lebak.

DPC Ormas Badak Banten Perjuangan (BBP) Kabupaten Lebak Desak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten Periksa Unsur Pimpinan  dan Sekretaris DPRD Lebak. 


Hal ini menindaklanjuti pemberitaan yang dilansir Detik News terkait adanya kelebihan bayar SPPD DPRD Lebak. 


" Saya  melihat dari sudut yang berbeda  menduga dan menilai adanya  konspirasi antara Sekretaris DPRD dengan Pimpinan DPRD karena dengan kewenangan mereka duit itu bisa cair dan juga sebaliknya, dan dengan memposisikan duit negara pada pos perjalanan dinas itu merupakan salah satu dari cara menggali duit untuk kepentingan pribadi", Kata Erot Rohman ketua DPC BBP Lebak dalam rilisnya kepada awak media di Rangkasbitung.


Menurutnya, perkara yang berpotensi terhadap kerugian uang daerah yang notabene uang rakyat pihak Aparat Penegak Hukum (APH) jangan tutup mata, kalau memang fakta dilapangan kelebihan bayar ini terbukti dilakukan secara sengaja dan terstruktur maka jelas itu adalah masuk kedalam tindak pidana korupsi yang telah di rencanakan, dan angkanya juga sangat fantastis, hukum tidak boleh tebang pilih, harus di tegakan terhadap siapapun .


Kami selaku representasi suara rakyat memberikan atensi terhadap Kejati Banten maupun Polda Banten untuk segera memeriksa  Sekretaris DPRD Lebak dan Ketua DPRD Lebak terkait hal ini, karena kami tidak rela adanya tindakan tindakan kotor yang akan mereduksi marwah lembaga aspirasi rakyat kabupaten Lebak tersebut. 


Selanjutnya Erot mengatakan,kalau mengacu  Dalam PP Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah: pada Pasal 14 ayat (2) huruf a yang menyatakan bahwa pejabat penatusahaan keuangan (PPK-SKPD) mempunyai tugas dan wewenang antara lain melakukan verifikasi SPP-UP, SPP-GU, SPP-TU, dan SPP-LS beserta bukti kelengkapannya yang diajukan oleh Bendahara Pengeluaran; dan Pasal 121 Ayat (2) yang menyatakan bahwa pejabat yang menadatangani

dan/atau mengesahkan dokumen yang beraitan dengan surat bukti yang menjadi dasar penerimaan atau pengeluaran atas pelaksanaan APBD bertanggungjawab terhadap kebenaran material dan akibat yang timbul dari penggunaan surat bukti dimaksud; serta Pasal 141 Ayat (1) yang menyatakan bahwa setiap pengeluaran harus didukung bukti yang lengkap dan sah mengenai hak yang diperoleh oleh pihak yang menagih.


" Pengembalian uang atas kerugian negara memang ada satu undang undang yang mengatur itu, tapi ada juga undang undang yang mengamanatkan bahwa pelaku korupsi dapat di jerat hukum tindak pidana korupsi, terlebih kasus DPRD Lebak karena ada unsur kesengajaan yang di rencanakan", ujarnya 


Erot menambahkan pihaknya akan mengawal perkara ini hingga tuntas dan akan melakukan aksi unjuk rasa di kantor DPRD Lebak dan Kejati Banten.

" Kita siapkan aksi demo di Kantor DPRD Lebak dan Kejati Banten", imbuhnya

(006/RED-Al/lll/2022/Mujahidin)


Tangerang, Banten
- AktualInvestigasi.com | Kegiatan Urusan Penyelenggaraan PSU Pemukiman dengan nama paket pekerjaan pembangunan kualitas PSU pemukiman atau jalan lingkungan, yang berlokasi di Kp Cangri Rt 03/04 S/D 04/04 desa jeungjing kecamatan cisoka kabupaten tangerang dengan nomor kontrak 600/SPK.089.PDPP/BRMH/Perkim/2022


Dengan nilai kontrak 189.240.000,00,- 

oleh pelaksana kegiatan CV. Al Maydani Putra, dengan waktu pelaksanaan 60 hari proyek tersebut sumber dana APBD Provinsi Banten TA 2022 Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PERKIM) 


Pantauan jurnalis AktualInvestigasi di lapangan Kamis, Jum'at 07-08/07/2022 "Pembangunan peningkatan kualitas PSU pemukiman (Jalan lingkungan) yang berada di lingkungan kp Cangri Jeungjing sang kontraktor/pemborong dari Cv. Al Maydani Putra lebih mengedepankan KIP dengan menerakan papan proyek dan Kualitas Barang Paving Block uk 300k



Sementara yang lain masih ada di temukan pemborong tidak mengedepan kan papan proyek / KIP dan kualitas barang, dan ada juga yang mengurangi volume tidak sesuai Spek atau RAB, bahkan pemborong sulit di temui untuk di mintai keterangan oleh awak media selaku sosial kontrol di lapangan, 


Hal tersebut berbeda dengan pemborong/Kontraktor pemilik Cv. Al Maydani Putra, dan Cv. Cahaya Kontraktor mereka lebih terbuka bahkan sebelum pekerjaan di gelar, papan proyek di pasang lebih awal untuk memberi tanda akan di laksanakan proyek tersebut ke masyarakat, begitu juga dalam memilih  kualitas barang paving block yang Bagus,


Bahkan si pemborong/kontraktor ikut mengawasi para pekerja di lapangan dan selalu memberi arahan karena takut kerjaan nya tidak bangus atau asal asalan tidak sesuai apa yang ia inginkan semoga ini menjadi cermin bagi para pemborong/kontraktor lain, 


Asrianto kontraktor proyek tersebut kepada Jurnalis AktualInvestigasi.com mengatakan, Pengerjaan pemasangan paving block sengaja lebih mengutamakan kualitas yang bagus dengan menggunakan paving block uk 300k di lingkungan pemukiman warga kp cangri Rt 03/04 S/D 04/04 desa jeungjing agar kuat bertahan lama dan tidak cepat rusak, Ucapnya


Adapun untuk lebar atau panjang di sesuaikan dengan kondisi lapangan dan anggaran, karena kalau proyek dari provinsi tidak menentukan panjang atau lebar tapi lebih melihat kondisi lapangan yang ada, dan saya atur semaksimal mungkin dengan memilih barang yang bagus karena kondisi lapangan lebar saya buat jalan ini 3 meter dengan peving block Uk 300k. Jelasnya


Sambung Asrianto, Untuk para pekerja yang melaksanakan kegiatan ini diambil dari masyarakat sekitar agar warga bisa ikut serta dan merasakan dalam kegiatan ini dan bisa menambah penghasilan warga itu sendiri, 


“Dengan adanya pembangunan dari APBD provinsi Dinas Perkim provinsi banten ini bisa meningkatkan dan memajukan warga desa selain itu jalan-jalan diperkampungan tidak lagi becek dikala musim penghujan dikarenakan sudah kita laksanakan dengan pemasangan paving block” pungkasnya.


Sementara itu salah satu warga  mengatakan, Saya sebagai warga sini merasa bangga dengan cara pengerjaannya lebih teliti dan kualitas paving block pun cukup bagus apa lagi Pemborong nya ikut mengawasi, dan pekerjanya pun tidak mengambil dari luar daerah melainkan dari warga desa jeungjing sini Ucapnya


“Saya sebagai warga sini yang ikut dalam pekerjaan paving block merasa terbantu dengan kegiatan ini,dikarenakan dengan diikut sertakan dalam pembangunan jalan Cangri setidaknya bisa membantu perekonomian keluarga kami,”Tutup nya

(005/RED-AII/atr)


Serang, Banten
Akualinvestigasi.com | Jakson Beay Danramil 0602-19/Cikande 2 hari menjabat kembali melakukan kunjungan kerja ke Puskesmas Cikande dan disambut baik oleh Hj. Iisnawati D. ST. M.Kes., selaku kepala Puskesmas Cikande Kabupaten Serang Provinsi Banten. 

Jumat, (8/7/2022). 


Jakson Beay Komandan Koramil 0602-19/Cikande mengatakan 


" Dihari ke dua kami menjabat sebagai komandan Koramil 0602-19/Cikande yang sebelumnya saya kunjungan ke Kecamatan dan Desa, saat ini kami kembali kunjungan kerja ke Puskesmas Cikande dan kami pun disambut baik oleh Kepala Puskesmas Cikande, " Tegasnya. 


Sambung Danramil " yang kami bahas dalam kunjungan kerja tersebut karena Puskesmas menyangkut kesehatan dan sebelumnya kita dilanda Covid-19, Virus Corona jadi kami pun akan terus bekerja semaksimal mungkin untuk antisivasi dalam memutus mata rantai Virus Corona, dan kami berharap agar virus Corona Covid-19, ini berlalu agar ekonomi di negara ini khususnya di wilayah Cikande kembali pulih, " Ucapnya.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Jakarta
- Aktualinvestigasi.com | Danjen Kopassus Mayjen TNI Iwan Setiawan, S.E., M.M. memimpin acara serah terima jabatan Kapen Kopassus dan tradisi korps penerimaan serta pelepasan kepada sejumlah pejabat perwira menengah di lingkungan Kopassus. 


Untuk serah terima Pejabat Kepala Penerangan Kopassus dari Letnan Kolonel Inf Achmad Munir kepada Letnan Kolonel Inf Rizky Marlon Iriano Silalahi, S.I.P.



Sedangkan tradisi pelepasan perwira Kopassus yaitu Kolonel Inf Agus Bhakti, Letkol Inf Eka Wira Dharmawan, Mayor Cba Bobby Satria Putra, Mayor Cku Frans Dirman, Kapten Cba Anggi Pandu Christian Simanjuntak, masing-masing beserta istri yang akan bertugas melanjutkan pengabdian di luar satuan Kopassus.


"Saya berharap agar dapat mengabdi dan berkarya dengan lebih baik lagi," harap Danjen Kopassus, di Aula Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta.


Danjen Kopassus juga menyampaikan selamat datang kepada seluruh pejabat baru yang secara resmi telah menjadi bagian dari keluarga besar Korps Baret Merah ini, diantaranya Kolonel Inf Wawan Kusnendar, Letkol Inf Nur Wahyudi, Letkol Inf Amril H. Tehupelasury, Letkol Inf Rizky Marlon Iriano Silalahi, Letkol Cba Adi Yanto, Mayor Czi Gede Dedik Suprapto dan Kapten Cba Donny Dwi Apriyanto masing-masing beserta istri.


"Atas nama Danjen Kopassus dan pribadi, saya ucapkan selamat datang di Kopassus, semoga dapat bekerja dengan baik sesuai dengan bidang tugas, yang diemban masing-masing," kata Danjen.


Danjen berharap, agar dedikasi dan pengabdian yang dtunjukkan di satuan lama dapat terus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan lagi di Kopassus.


"Sehingga saudara dapat memberi warna dan suasana baru sesuai dengan jabatan yang diemban masing-masing," terang Mayjen TNI Iwan Setiawan.


Dijelaskan Danjen Kopassus, pergantian pejabat di lingkungan TNI AD merupakan bagian dari sistem pembinaan organisasi guna pembaruan dan penyegaran pemikiran dalam rangka kemajuan.


"Proses estafet kepemimpinan diharapkan dapat membawa dan mengantarkan satuan yang dipimpin ke arah yang lebih baik, lebih maju dan senantiasa dapat memberikan karya terbaik untuk Kopassus dan TNI AD," terang Jenderal TNI bintang dua ini.


"Buatlah langkah-langkah inovatif dan kreatif dalam mendukung pencapaian tugas pokok Kopassus," tutup Danjen Kopassus Mayjen TNI Iwan Setiawan.[0012/Red-AI/VII/2022/FIRMAN]


SERANG
, - Aktualinvestigasi.com | Pemerintah Kabupaten Serang berkomitmen akan membantu perbaikan sarana dan prasarana madrasah swasta yang rusak. 


Hal itu disampaikan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat menghadiri rapat kerja Forum Komunikasi Kepala Madrasah Swasta (FKKMS) Kabupaten Serang di Aula Tb Suwandi Pemkab Serang, Rabu (6/7/2022).


Menurut Tatu, keberhasilan Pemkab Serang dinilai dari peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) salah satunya adalah faktor Pendidikan. “Suatu daerah tidak akan maju jika SDM tidak dipersiapkan dengan baik,” kata Tatu.



Kata Tatu, madrasah dan sekolah swasta lainnya masih membutuhkan bantuan dari pemerintah karena keterbatasan yang dimilikinya. “Insyallah jika keuangan sudah membaik harus masuk ke ranah ini, karena sekolah swasta sangat mebantu Pemda dalam meningkatkan harapan lama sekolah di Kabupaten Serang,” ucapnya.


Dia menilai, madrasah akan  menjadi pondasi utama bagi anak didik agar akidah dan akhlaknya terbangun sejak dini. “Walaupun anak itu cerdas jika pendidikan agamanya kurang maka kurang benteng untuk bekal kehidupannya,” tuturnya.


Tatu juga meminta pengurus FKKMS berkomunikasi secara intens dengannya agar program tersebut bisa terlaksana sesuai dengan harapan bersama. “ Kita komitmen untuk bangun Pendidikan bersama demi kemajuan daerah,” imbuhnya.


Ketua FKKMS Erwin Mahrobi menuturkan, pihaknya  mengapresiasi kerjasama Pemkab Serang yang akan membantu madrasah untuk  mendapatkan fasilitas yang layak. “Kami akan berkoordinasi dengan pihak kemenag untuk mendata sekolah,” ucapnya.


Ia mengatakan, jumlah madrasah swasta di Kabupaten Serang Raudhatul Athfal sebanyak 197, Madrasah Ibrtidaiyah 138, Madrasah Tsanawiyah 200, dan Madrasah Aliyah 90. 


Menurutnya, saat ini madrasah di Kabupaten Serang membutuhkan perhatian secara khusus dari Pemkab Serang. “Kurang lebih 40 persen madrasah disini membutuhkan perhatian,” ucapnya 


Sementara itu, Kasubag Tata Usaha Kementrian Agama Kabupaten Serang  Wasid Aulawi, mengaku jika anggaran kemenag saat ini belum bisa memenuhi kebutuhan untuk madrasah. "Kami membutuhkan sinergi dengan pemerintah setempat untuk membantu seluruh madrasah".[0012/Red-AI/VII/2022/FIRMAN]

Diberdayakan oleh Blogger.