Rangkasbitung
- Aktualinvestigasi.com | Lapas Kelas III Rangkasbitung Kanwil Kemenkumham Banten Kedatangan Inspektur Wilayah I pada Inspektorat Jenderal

Kemenkumham RI, Icon Siregar. Turut mendampingi Irwil I tim auditor Inspektur jenderal, Pimti pratama Kanwil Banten diantaranya Kadiv Pemasyarakatan dan Kadiv Administrasi serta pejabat di lingkungan Kanwil Banten, Jumat (22/07)


Kedatangan Inspektur Wilayah I disambut langsung oleh Kepala Lapas Kelas III Rangkasbitung, Budi Ruswanto beserta jajaran Lapas Rangkasbitung


Dalam kunjungan tersebut Irwil I, Icon Siregar beserta rombongan meninjau langsung dapur bersih Lapas Rangkasbitung, bengkel kerja Lapas Rangkasbitung, serta meninjau kamar hunian WBP dan membuka ruang diskusi bersama WBP Lapas Rangkasbitung.



Dalam kesempatan ini, Icon Siregar juga menyempatkan melihat Ruang layanan Kunjungan Lapas Rangkasbitung sekaligus menyapa pengunjung Warga Binaan Pemasyarakatan yang sedang dikunjungi


“saya sudah keliling Lapas dan rutan se-Indonesia, Lapas Rangkasbitung ini saya lihat luar biasa, bersih, asri dan nyaman, terlihat juga busines prosess dalam pemberian layanan terbaik bagi masyarakat, sudah lebih layak sebetulnya ini mendapat WBK/WBBM, tadi juga saya tanya langsung keluarga soal layanan dsini semua kompak jawab sangat baik” Kata Icon Siregar dalam audiensinya bersama seluruh WBP yang disambut riuh tepuk tangan.


Kepala Lapas Rangkasbitung, Budi Ruswanto kunjungan kerja dan arahan-arahan pa Irwil I tentunya menjadi vitamin tambahan bagi kami dalam memberikan pengabdian bagi institusi.

"Ya tidak ada rumus ya, intinya kami komitmen dan konsisten dalam memberikan yang terbaik bagi masyarakat, bangsa dan negara" Ungkap Budi sapaan akrab Kalapas.

(006/RED-Al/lll/2022/Mujahidin)


Rangkasbitung
- Aktualinvestigasi.com | Dalam rangka Hari Dharma Karya Dhika ke-77 tahun 2022, Lapas kelas III Rangkasbitung Kanwil Kemenkumham Banten menjadi tuan rumah pertandingan sepak bola untuk wilayah Serang raya yang memperebutkan piala Kakanwil Kemenkumham Banten cup, acara ini digelar di Stadion Ona Rangkasbitung, Kamis (21/07)


Mengawali babak penyisihan Lapaskas fc julukan tim sepak bola Lapas Rangkasbitung tampil meyakinkan dengan menang telak skor 11-1 melawan Imigrasi Serang, dan laga lanjutan sudah ditunggu tim kuat Rutan serang namun bisa dikalahkan dengan skor 7-1 dan di semifinal Lapaskas fc berhasil mengalahkan Lapas Cilegon dengan skor 5-0 



Pertandingan sepak bola ini berjalan dengan penuh semangat dan antusias, baik dari pemain maupun penonton, Skil yang diperlihatkan pemain tiap tim membuat pertandingan menjadi menarik untuk ditonton, saling serangan banyak terjadi di setiap pertandingan, meski demikian masing-masing pemain sangat menjunjung tinggi sportifitas


Kerja keras akhirnya membuahkan hasil, Lapas Rangkasbitung berhasil membuktikan diri dengan menyabet juara ke - 2 dalam piala Kakanwil Kemenkumham Banten cup ini.


Kalapas Rangkasbitung, Budi Ruswanto yang merupakan striker dari tim Lapas Rangkasbitung sangat optimis setelah beberapa agenda latihan yang telah dilalui oleh tim secara konsisten dapat menjadikan Lapas Rangkasbitung menjadi juara


“Kami Optimis setelah beberapa agenda latihan yang telah dilalui tim secara konsisten dapat menjadikan Lapas Rangkasbitung menjadi Juara, dan alhamdulillah Lapas Rangkasbitung sabet juara ke 2. Kegiatan ini juga diharapkan dapat merefresh sejenak dari padatnya rutinitas agar dapat bekerja kembali dan dapat beraktifitas dengan penuh semangat dan yang terpenting adalah Silaturahmi dan Sportifitas” ujar Kalapas

(006/RED-Al/lll/2022/Mujahidin)


Cikande, Serang
- Aktualinvestigasi.com | Masyarakat Kp. Kemuning Desa Cijeruk Kecamatan Kibin kabupaten Serang Provinsi Banten, Jumat (22/7/2022). mengeluhkan adanya penumpukan sampah dan genangan air limbah dari beberapa perusahaan yang mengakibatkan tersendatnya aliran air sungai cikambuy, pada saat hujan turun sungai Cikambuy selalu cepat banjir dan menggenangi pesawahan pemukiman masyarakat wilayah desa Cijeruk.


Warga Desa Cijeruk mengeluh dan melapor kejadian tersebut pada Babinsa Cikande dengan sigap Babinsa Cikande adanya laporan dari masyarakat sekitar merespon dan melaporkannya kepada Kapten Inf Jakson Beay selaku Danramil 0602-19/Cikande.


Danramil 0602-19/Cikande menindak lanjuti kejadian tersebut dan meninjau langsung kelokasi didampingi oleh Babinsa Cikande dan warga sekitar.


Danramil 0602-19/Cikande Jakson Beay menjelaskan pada awak media


"Kami Datang ke lokasi aliran air sungai Cikambuy untuk memberikan solusi pada masyarakat sekitar Kp. Kemuning desa Cijeruk Kec. Kibin Kabupaten Serang dengan adanya laporan pada babinsa kami.


Adanya penumpukan sampah dan genangan air limbah tersebut dari beberapa perusahaan yang menurut warga sudah melaporkan ke pihak-pihak terkait dan hal tersebut mengakibatkan tersendatnya aliran air sungai Cikambuy ," Ungkap Danramil.



Tambah Danramil " Baru menjabat 2 Minggu sebagai Danramil 0602-19/Cikande, Masyarakat Kp. Kemuning menyampaikan keluh kesahnya pada kami, saya selaku Danramil harus melihat langsung terkait dampak limbah atau banjir ketika hujan turun, agar Koramil 0602-19/Cikande bisa berkoordinasi kepada instansi lainya guna melihat langsung ke sungai Cikambuy di Kp.Kemuning Desa Cijeruk yang selama ini sebagai penampungan limbah industri dari beberapa Kawasan Industri di Cikande ," Tegas Danramil.


"Harapan masyarakat Kp. Kemuning desa Cijeruk, agar pihak-pihak terkait dapat membantu mencari solusi sehingga segera diadakan normalisasi sungai Cikambuy,"[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Lebak
  - Aktualinvestigasi.com | Anggota Polsek Leuwidamar Brigadir Marna Anggiat Melaksanakan Commander Wish Kapolda Banten "YUK NGOPI WAE " bersama dengan warga Masyarakat Ngobrol Santai sambil Mengopi bertempat di kp. Pagilan ds. Bojongmenteng Kec. Leuwidamar Kab. Lebak. 

Kamis (21/07/2022). 


Dalam kegiatan "Yuk Ngopi Wae" Kapolsek Leuwidamar dan anggota Polsek Leuwidamar Polres Lebak melakukan himbauan dan sosialisasikan Prokes serta menyampaikan pencegahan covid-19 dengan 5M (Memakai masker, Mencuci Tangan menggunakan sabun atau hansetinezer, Menjaga jarak, Menjauh kerumunan, Mengurangi mobilitas.


"Dan menyampaikan agar tetap memperhatikan jarak atau physical distancing, serta selalu berdoa agar semuanya terhindar dari virus Corona/Covid 19," ucap Kapolsek Leuwidamar Akp Sudedi, disela-sela kegiatannya."


Lebih lanjut Akp Sudedi Menerangkan Selain dalam rangka agar dekat dengan masyarakat Leuwidamar Personil Polsek Leuwidamar duduk bersama dengan masyarakat, kegiatan Yuk Ngopi Wae juga adalah salah satu program Kapolda Banten Irjen Pol Dr. Rudy Heriyanto, SH, MH, M.B.A yang disampaikan dalam Commander wish Kapolda Banten yang ke 3, Yuk Ngopi Wae.


"Commander Wish ini bertujuan untuk menyamakan persepsi, serta langkah program kerja Polda Banten ke depan. Utamanya terkait pelaksanaan tugas kepolisian dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, dengan Jargon Pendekar Banten, “Yuk Ngopi Wae” guna menjadi Polisi yang Empati, serta Polisi yang di cintai dekat dengan rakyat.

(006/RED-Al/lll/2022/Team)


Serang
- Aktualinvestigasi.com | Guna mendorong kesiap-siagaan Jajaran pegawai, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Banten memberikan Bimbingan Teknis Tanggap Darurat dan Mitigasi Bencana. Bimbingan teknis ini dilakukan untuk mempertajam kepekaan Jajaran terhadap bencana dan memberikan petunjuk teknis jalur yang harus dilalui jikalau terjadi bencana. 


“Apel pagi ini bukanlah apel pagi biasa, namun dirangkap dengan pembukaan Bimbingan Teknis Tanggap Darurat dan Mitigasi Bencana. Bimbingan teknis tim tanggap darurat ini bukan saja kebutuhan untuk divisi pemasyarakatan namun juga divisi administrasi, divisi keimigrasian dan divisi pelayanan hukum dan HAM,” ujar Kepala Kantor Wilayah Tejo Harwanto saat menjadi pembina apel pagi sekaligus membuka bimbingan teknis, Rabu (20/07/2022). 



Jikalau melihat filosofi dari bencana itu sendiri, terdapat dua jenis bencana yaitu bencana yang tidak dapat diprediksi,  yang berasal dari Tuhan Yang Maha Esa, dan bencana yang terjadi karena kelalaian manusia. “Bencana yang tidak dapat diprediksi yang berasal dari Tuhan, yang sudah saya alami sendiri di Banten adalah bencana puting beliung, dan Gempa bumi sedangkan yang berasal dari manusia misalnya adalah banjir dan kebakaran,” jelasnya 


Dalam literasi, diketahui bahwa dalam tanggap darurat bencana terdapat tiga hal yang kondisi penting yang harus menjadi perhatian. Pertama adalah pra bencana, saat terjadi bencana, dan terakhir pasca bencana. Pra bencana adalah situasi yang sudah harus kita persiapkan sewaktu-waktu terjadi bencana, untuk itu, perlu dibuat titik poin kumpul. Titik poin kumpul ini sudah menjadi bagian dari menjalankan pra bencana


Kedua saat terjadi bencana, kondisi ini yang paling krusial. Tejo harwanto menyebut, untuk itulah bimbingan teknis ini dilakukan sehingga jajaran Kantor Wilayah Kemenkumham Banten dapat memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk menghadapi bencana. 


Terakhir adalah pasca bencana. Pada kondisi inilah harus dilakukan pemulihan kondisi korban bencana, harus adanya pusat informasi yang dapat dihubungi untuk mengetahui jumlah korban, kondisi korban, dan identitas korban (jika terdapat korban jiwa). 


Tejo harwantopun tidak memungkiri bahwa setiap kegiatan memerlukan sarana dan prasarana, pun dalam menanggapi bencana memerlukan sarana dan prasarana yang menunjang hal tersebut. Salah satu contohnya seperti harus tersedianya Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di titik-titik tertentu di kantor. 


“Saya berharap dari tim tanggap bencana ini dapat memahami mulai dari awal deteksi bencana hingga proses pasca bencana. Tidak dapat dipungkiri, untuk dapat memahami dan memiliki kemampuan tersebut, bimtek ini tidak dapat hanya dilakukan satu kali saja. Mudah-mudahan bimbingan teknis ini menjadi salah satu penambah pengetahuan dan keterampilan semua pegawai yang nantinya dapat berguna,” pungkasnya.

(006/RED-Al/lll/2022/Mujahidin)

Diberdayakan oleh Blogger.