Cibodasari, Kota Tangerang, Banten
- Aktualinvestigasi.com | Untuk menekan penderita penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Pemerintah Kelurahan Cibodasari, Cibodas, Kota Tangerang melakukan fogging dan pemberantasan sarang nyamuk (PSN), Sabtu (13/8/2022). Apalagi belum lama ini sejumlah warga setempat terkena penyakit DBD.


Lurah Cibodasari, Panji Buana mengatakan, fogging dilakukan berdasarkan laporan Ketua RT/RW 06 bahwa adanya korban DBD.


“Adanya laporan dan atas permintaan dari lingkungan maka kami Pemerintah Kelurahan segera menindaklanjuti kegiatan fogging ini,” kata Panji dilokasi fogging, Sabtu (13/8/2022) siang.


Panji juga mengimbau warga untuk lebih peduli dengan melakukan program 5M di rumahnya masing-masing. Sebab hal tersebut merupakan langkah yang sangat efektif untuk pencegahan penyakit DBD.


“Jaga pola hidup bersih dan sehat. Masyarakatpun harus lebih peduli terhadap lingkungan,” ucapnya.


Hal sama disampaikan Ketua RW 06, M. Riza Nasution, bahwa pemberantasan penyakit DBD menjadi tanggungjawab bersama sehingga tidak bisa hanya diserahkan kepada Pemerintah saja.


“Masyarakat juga harus berperan aktif dalam melakukan upaya preventif atau pencegahan. Dan Kader Jumantik harus berkoordinasi dengan Pengurus RT/RW untuk mencegah potensi DBD," ujarnya.


Sementara itu Ketua RT 04/06 Ferry Arief Rachmad mengapresiasi kepada Pemerintah Kelurahan Cibodasari yang telah sigap dan tanggap menindaklanjuti laporan.


“Terima kasih kepada Pak Lurah yang telah sigap dan tanggap, juga hadir langsung dalam kegiatan fogging dilingkungan RW 06. Dan untuk warga tetap jaga kebersihan juga terapkan 5M,” pungkasnya.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Bandar Lampung
Aktualinvestigasi.com | Ido Lesmana akhirnya terpilih menjadi Ketua Koordinator Wilayah ( Korwil ) Forum Pers Independent Indonesia ( FPII ) Pesisir Barat.


Kepastian Pengurus Korwil Pesisir Barat tersebut tercantum dalam SK dengan nomor 018/SK/KORWIL/PESISIR BARAT/ FPII/VIII/ 2022, yang mana penyerahan SK tersebut diserahkan langsung oleh Joshua Deo Rahmanto selaku Sekretaris Setwil FPII Lampung kepada Ido selaku ketua Korwil Pesisir Barat Sabtu, 13 Agustus 2022 di Kantor sekretariat Wilayah FPII Provinsi Lampung yang berada di Jln . Pulau Tegal RT 02 LK II kelurahan Way Dadi Kecamatan Sukarame Bandar Lampung.


Dalam sambutannya pada saat penyerahan SK Korwil Pesisir Barat, Joshua yang disaksikan Aminudin Ketua Setwil FPII Lampung berpesan agar kepengurusan Korwil Pesisir Barat dapat mengembangkan FPII di Kabupaten Pesisir Barat sampai ke tengah - tengah masyarakat. "FPII di Pesisir Barat diharapkan dapat bekerjasama dengan semua pihak guna mendukung kemajuan Kabupaten Pesisir Barat" ujar Joshua.


Selain memaparkan tugas dan fungsi masing-masing pengurus dan dilanjutkan dengan ruang tanya jawab, Joshua berpesan agar semua pengurus terus menjalin kekompakan baik di internal pengurus dan anggota FPII Korwil dari daerah lain. Menutup pembicaraannya Joshua menitip pesan agar pengurus Korwil Pesisir Barat yang baru dapat menjaga marwah FPII di Kabupaten tersebut, dan terus meningkatkan profesionalisme sebagai jurnalis.



Sementara Ido selaku Ketua FPII Korwil Pesisir Barat yang baru, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus Setwil FPII Lampung, yang sudah memberi kepercayaan kepada dirinya dan rekan-rekan untuk menjadi bagian dari keluarga besar FPII Lampung sekaligus diberi kesempatan mengembangkan FPII di Pesisir Barat.


"Iya yang pertama kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pengurus Setwil FPII Lampung sehingga hari ini kami sudah diberikan SK kepengurusan sebagai Korwil Pesisir Barat  dan menjadi bagian dari keluarga besar FPII Lampung. Kami juga akan selalu minta bimbingan dan arahan dari pengurus Setwil dan rekan-rekan yang lain dalam rangka mengembangkan FPII di Kabupaten Pesisr Barat" ucap Ido.


Sementara diketahui pengurus FPII Pesisir Barat yang baru diberikan SK untuk masa bhakti 2022-2027 antara lain :


1. Ketua Korwil : Ido Lesmana 

2. Sekretaris : Yusron

3. Bendahara : Siti Umiyati

4. Ketua Divisi Organisasi : Adi Windra, S.Pd

5. Ketua Divisi Advokasi : Sopandi

6. Ketua Divisi Jaringan : Azhan

7. Ketua Divisi Pengembangan : Yasir Arfat

8. Ketua Divisi Lingkungan Hidup : Umi Hamida

9. Ketua Divisi Pendikbud : Meli Bidana.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Gading Serpong, Tangerang Selatan
- Aktualinvestigasi.com | Bertempat di Bezwalk, Gading Serpong Tangerang, Kementerian Hukum dan HAM RI melaksanakan Gowes Sehat dalam rangka memperingati HDKD ke-77 Tahun 2022. 


Kegiatan diikuti oleh perwakilan Kanwil Kemenkumham Banten dan DKI Jakarta. Sabtu (13/08/2022).


Hadir juga dalam kegiatan tersebut Dirjen HAM, Staf Ahli menteri bidang politik dan keamanan, Kepala BPSDM, Irwil III, Dirjen AHU, Kabiro Umum Kemenkumham serta para peserta yang berjumlah kurang lebih 490 orang. 


Dalam sambutannya, Ketua panitia iwan santoso Selaku irwil III mengatakan bahwa Kegiatan gowes sehat yang akan di laksanakan merupakan implementasi jiwa dan raga bagi insan pengayoman. 


"Seperti yang kita ketahui, Kemenkumham ada wadah olahraga, Yaitu persatuan olahraga pengayoman," ujarnya. 


"Kami menyampaikan terimakasih penghargaan sebesar besarnya. Dengan adanya kegiatan ini semakin meningkatkan tali silaturahmi jajaran kemenkumham," tambahnya. 


Iwan juga menambahkan bahwa maksud dan tujuan Ini salah satunya sebagai sarana untuk menimbulkan sportifitas. 


"Ini rangkaian HDKD ke-77 Tahun 2022, Kegiatan dilaksanakan oleh seluruh insan pengayoman se indonesia, Tingkat pusat kita laksanakan disini. Di gading serpong tangerang," tandasnya. 


Mewakili Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H Laoly, kepala BPSDM Asep Kurnia membuka kegiatan dengan diiringi sorak para peserta Gowes Segat. 


kepala BPSDM Asep Kurnia mengingatkan para goweser Untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban. [Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Cisoka, Tangerang
- Aktualinvestigasi.com | Dalam upaya pengembangan dan penerapan teknologi tepat guna ( TTG) dan pengelolaan sumber daya alam (SDA) sebagai upaya optimalisasi SDA, memajukan ekonomi desa, penguatan kapabilitas masyarakat, dan peningkatan partisipasi masyarakat, Kecamatan Cisoka menyelenggarakan pembinaan  Pos Pelayanan Teknologi ( Posyantek) TTG pada hari Kamis (11/8/2022) di aula Gedung Bersama Keagamaan Kecamatan Cisoka.


Pembinaan Posyantek TTG diikuti oleh para Kepala Desa, antara lain Kepala Desa Cempaka, Perus, Kepala Desa Karangharja, Hj.Aliyah, Kepala Desa Jeungjing, Nurlelah, Kepala Desa Selapajang, Nurfakih, Kepala Desa Cibugel, Sudarwan, perangkat Desa dan ketua Posyantek antar desa, Jamaludin.

Nara sumber berasal dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang.



Camat Cisoka, Encep Sahayat, S.Pd., M.Pd., Kp. dalam ssmbutannya mengatakan bahwa TTG merupakan teknologi yang sesuai dengan kebutuhuan masyarakat , dapat menjawab permasalahan masyarakat, tidak merusak lingkungan, dapat dimanfaatkan dan dipelihara oleh masyarakat secara mudah, serta menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan aspek lingkungan.


"Setelah mengikuti pembinaan posyantek TTG ini diharapkan para Kepala Desa dan perangkat desa memahami apa itu posyantek TTG, dapat menggali potensi TTG yang dapat dikembangkan dan memfasilitasi pengembangan TTG yang ada di masyarakat desa, sehingga pada gilirannys dan memberikan manfaat bagi masyarakat," ujar Camat Cisoka.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Cisoka, Tangerang
- Aktualinvestigasi.com | Dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-77 kemerdekaan Republik Indonesia dan memperingati 10 Muharram yang biasa disebut hari lebaran anak yatim, Sekolah Dasar Negeri ( SDN) Jeungjing 1 Kecamatan Cisoka menggelar aksi peduli dengan menyantuni 90 orang anak yatim yang ada di wilayah Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangetang pada hari  Kamis (11/8/2022).


Aksi peduli santunan anak yatim ini dihadiri oleh Camat Cisoka, Encep Sahayat, Kepala Desa Jeungjing, Nurlelah, Ketua PGRI Kecamatan Cisoka, Suhandi, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah ( K3S) SD, Jajat, komite sekolah, orang tua siswa dan undangan lainnya.


Camat Cisoka, Encep Sahayat, S.Pd., M.Pd., Kp. mengapresiasi kepala sekolah, komite sekolah, guru dan tenaga kependidikan, para siswa, dan orang tua siswa yang telah mampu menyelenggarakan aksi peduli dengan menyantuni 90 orang anak yatim.


"Kami mengapresiasi kepala sekolah, komite sekolah, guru dan tenaga kependidikan, para siswa dan orang tua siswa yang telah dapat menyelenggarakan santunan kepada anak yatim," ujar Encep.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Tangerang, Banten
-- Aktualinvestigasi.com | Dalam menyambut 10 Muharram 1444 Hijriyah, merupakan hari Lebaran Yatim dimana bulan tersebut bulan suci bagi umat islam yang mempunyai keutamaan amalan didalamnya. Salah satunya tanggal 10 Muharram yang juga biasa di sebut dengan Idul Yatama atau Lebaran Anak Yatim.


Bertepatan di hari Asyura atau 10 Muharam 1444 Hijriyah, Effendri yang menjabat Ketua paguyuban Pedagang Pasar Kemiri kecamatan Kemiri telah  menyantuni 50 anak yatim dl wilayah desa kemiri, Sabtu (13/08/22). 


Acara santunan yatim tersebut, bertempat di kediaman rumah bapak Effendri di jalan pendidikan kampung Kemiri, RT 009/003 Desa Kemiri, Kecamatan Kemiri Kabupaten Tangerang Banten 



Dalam penyampaiannya Effendri mengatakan, santunan ini sebagai bentuk yang telah di ajarkan oleh nabi Muhammad Saw, Karena beliau sangat cinta terhadap anak anak yatim


" Alhamdulillah tahun ini, saya bisa memberikan 50 paket  kepada anak yatim  dilingkungan desa kemiri " Jelasnya 



" Harapan saya, semoga di tahun depan kegitan santunan yatim piatu ini, bisa lebih meriah lagi dan  Semoga anak anak yatim bisa terus melanjutkan sekolah, dan jangan sampai mereka putus sekolah.



" Untuk itu kita semua harus Menyayangi, melindungi dan menyantuni anak yatim, karena itu  merupakan anjuran dari Allah dan Rasulullah SAW" imbuh Effendri


Sementara disampikan oleh ketua RT Ma' Mun RT 09/03, dengan adanya santunan yatim piatu ini, pertama saya ucapkan terima kasih kepada bapak Effendri yang telah membantu dan menyantuni anak anak yatim piatu, " ucap Ma'mun


Semoga dengan adanya santunan ini, anak anak yatim piatu  sangat membantu kepada anak anak yang kurang mampu


masih ma' mun " semoga pak Effendri diberikan kelancaran dalam segala usahanya dan di panjangkan umurnya serta dimudahkan dalam segala urusannya " tukasnya


Anak yatim mempunyai kemuliaan tersendiri di hadapan Allah dan Rasulnya, dimana Rasulullah SAW juga lahir dalam keadaan yatim. Ayahnya meninggal dunia saat Beliau masih dalam kandungan.


Salah satu dalil yang menguatkan untuk menyantuni anak yatim adalah sebagai berikut.


Rasulullah SAW bersabda : “Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) disurga seperti ini. Kemudian beliau mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah dan merenggangkan keduannya”.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


TANGERANG
- Aktualinvestigasi.com | Paska ramainya  pemberitaan terkait sikap Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tangerang H. A. Baijuri ,yang dianggap alergi dan cuek kepada wartawan dan LSM, membuat dirinya merasa kaget,mengingat selama ini hubungannya dengan  kawan - kawan wartawan dan LSM dan dengan siapun sangat dekat dan baik - baik saja. 


Dihadapan awak media, H. A. Baijuri mengklarifikasi kesalahpahaman yang terjadi antara dirinya dengan rekan - rekan media dan LSM.


"Mengenai kejadian kemarin itu, saya atas nama lembaga  dan atas nama pribadi mohon maaf yang sebesar-besarnya, karena waktu hari Jum'at itu saya benar-benar tidak tahu kalau ada rekan-rekan datang ke kantor untuk ketemu saya,"ucapnya. 


Lanjut Baijuri, "Pas kebetulan waktu itu di kantor sedang ada acara lomba dan saya sedang main bola volly,setelah selesai saya langsung masuk ke ruangan saya untuk ganti pakaian,setelah itu saya langsung turun lagi ke bawah untuk membagikan piala,

"ungkapnya.


Baijuri mengakui dirinya sempat melihat ada rekan - rekan sedang bincang-bincang dengan stafnya.


"Saya sempat melihat ada rekan-rekan sedang bincang-bincang dengan staf.

Saya kira itu guru sekolah karena saya belum kenal, maklum saya belum lama kan disini,"

dalihnya.


Untuk memberikan keyakinan kepada awak media, Kepala Kemenag Kabupaten Tangerang ini mengulangi kalimat yang kurang lebih sama artinya.


"Saya benar-benar tidak tahu,karena staf saya tidak menyampaikan ke saya, mungkin karena saat itu melihat saya sedang sibuk sekali, tapi ya sudahlah mungkin ini akan ada hikmahnya sekaligus untuk evaluasi buat saya kedepannya, akan saya tatar kembali staf saya agar lebih ramah lagi dalam menyambut tamu,"janjinya. 


Dalam kesempatan tersebut awak media menyinggung persolan perkelahian santri di pondok pesantren Daer Qolam Jayanti.

H.A Baijuri mengatakan pihak Kemenag Kabupaten Tangerang minggu depan akan melakukan sidak ke ponpes Daer Qolam.


"Minggu depan kami lakukan sidak, setelah itu akan memanggil ketua yayasan ponpes tersebut untuk mengklarifikasi apa yang sebenarnya terjadi dan seperti apa SOP di sana,kan semua sudah jelas diatur dalam Undang-undang nomor 18 tahun 2019,"

ujarnya. 


"Mohon bersabar ya rekan-rekan, nanti kami akan sampaikan kembali seperti apa hasil di lapangan setelah kita turun,dan memintai keterangan dari pengurus ponpesnya,yang nanti akan jadi rekomendasi kami ke pimpinan,"pungkasnya. 


Sekedar informasi tambahan, H.A.Baijuri,

S.Pd.,M.Si menggantikan H. Dedi Mahfudi,M.Si menjadi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tangerang yang pindah tugas sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang Selatan.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].

Diberdayakan oleh Blogger.