Jakarta
- Aktualinvestigasi.com  | Kegiatan Engineering Trip ke Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Sukses di gelar selama dua hari berturut-turut pada tanggal 20-21 Agustus 2022.


Kegiatan yang digelar oleh Pengurus Wilayah Persatuan Insinyur Indonesia DKI Jakarta (“PW PII DKI Jakarta”) sebagai Organisasi Profesi di bidang Keinsinyuran tersebut berjalan sukses dan lancar. 



Adapun kegiatan dikemas dengan tiga 

acara: Talk Show, Field Trip dan Ecotourism. Engineering Trip ini diikuti oleh 47 peserta yang terdiri atas Pengurus Wilayah dan Pengurus 

Cabang di wilayah DKI Jakarta, pegiat PII dari luar DKI, professional di bidang sumber daya air, pertanian dan perikanan serta masyarakat umum yang berminat dalam kerja keinsinyuran hayati maupun non hayati. Peserta berangkat dari Marina Ancol dil 20 Agustus 2022 pagi.




Sesampai di Pulau Tidung dilanjutkan dengan Talk Show dengan tema:


“Pengembangan Wilayah Kepulauan dalam Kemandirian Pangan, Energi dan Wistata” dengan pembicara: Dr. Ahmad Agus Setiawan, Staf Ahli Bidang Energi Kantor Sekretarian Presiden dan Ir. M. Hatta Sukarno, Senior Manager PAM JAYA, serta pembicara kunci Bapak Sekretaris Camat Kepulauan Seribu Selatan.


Field Trip adalah mengunjungi Instalasi Pengolahan Air Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) dan Pusat Budidaya dan Konservasi Laut (PBKL). IPA SWRO di Pulau Tidung adalah asset PAM JAYA untuk memenuhi kebutuhan dasar air minum warga Pulau Tidung. Kapasitas IPA 3 liter per detik digunakan untuk memenuhi kebutuhan 5.700 warga.


Pengolahan dengan 

menggunakan teknologi Reverse Osmosis mengubah air laut menjadi air minum. PBKL dalam fungsinya melakukan kegiatan keinsinyuran hayati, sebagai contoh adalah pembudidayaan 

ikan nemo, ikan kerapu, pengembangan tanaman mangrove serta transplantasi karang.


Kegiatan Ecotourism dalam Engineering Trip: melakukan penanaman mangrove, pembudidayaan ikan nemo sekaligus snorkeling. Peserta menikmati ecotourism ini, dengan memperhatikan aspek keselamatan yang dipandu instruktur. Bersepeda keliling Pulau Tidung, menikmati sunset di Saung Barat Pulau Tidung adalah momen yang dinikmati peserta.


Antusiasme peserta dalam Engineering Trip nampak dalam setiap rangkaian acara, Talk Show, Field Trip maupun Ecotourism.


Apresiasi atas terselenggaranya Engineering Trip, yang menggabungkan,seperti dalam tag line acara, Sharing, Cultivating, and Healing. Sharing, narasumber berbagi pengalaman dalam kerja keinsinyuran. Cultivating, kegiatan pengembangbiakan ikan nemo, budidaya mangrove dan Healing, menikmati keindahan laut, 

sebagai charging.




Ir. Priyatno Bambang Hernowo, ST., MM., IPU., ASEAN Eng yang merupakan Ketua Pengurus Wilayah PII Provinsi DKI 

Jakarta melalui Wakilnya berharap akan dilakukan kegiatan dengan konsep yang sama di waktu yang akan datang.


"PW PII DKI Jakarta berterimakasih kepada Pemkab Kepulauan Seribu, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, PAM JAYA, dan pihak Sponsor sehingga acara bisa diselenggarakan dengan baik dan lancar, serta tentu kepada Peserta yang telah antusias dan gembira mengikuti acara Engineering Trip”, ungkap Ir. Djuniarman A. Djulkifli, IPU, ASEAN Eng, sebagai Wakil Ketua PW PII DKI Jakarta dalam penutupan acara sebelum ke Marina Ancol. 


Akhirnya peserta sampai dengan selamat di Marina Ancol di 21 Agustus 2022 sore.[Akt-002/Red-AI/I/2022/Agi].


Jakarta
AktualInvestigasi.com| Forum Seniman Peduli TIM (FSP-TIM) gelar aksi di Mahkamah Agung RI (MA) untuk mengawal ‘gugatan’ yang sudah dikuasakan kepada pengacara Effendi Saman, SH. Rombongan seniman yang terdiri ratusan seniman itu hadir di MA sekitar pukul 12.00 WIB, Senin (21/8).


Gugatan dimaksud berupa pengajuan hak uji materiel terhadap Peraturan Gubernur Nomor 63 Tahun 2019 juncto nomor 16 Tahun 2022 yang memberikan kewenangan penuh kepada PT Jakarta Propertindo (Jakpro) untuk mengelola Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki (PKJ-TIM).



“Perusahaan perseroan daerah, yang sesuai Akta Notaris Nomor 24, tanggal 26 Oktober 2021, bidang usahanya adalah perdagangan, jasa dan pengembangan, infrastruktur, serta utilitas real estate dan infrastruktur,” kata Pengurus Forum Seniman Peduli TIM, Mogan Pasaribu (22/8/2022).


Kehadiran para seniman di ruang pengadilan itu adalah sesuatu yang tidak biasa. Agaknya, baru pertama kali dalam sejarah republik, yang sudah menyatakan kemerdekaannya selama 77 tahun ini.


“Tapi, hari ini, sebuah kawasan kesenian yang bersejarah, TIM yang diwariskan oleh Gubernur Ali Sadikin sebagai rumah besar seniman, justru sudah tidak merdeka. Kawasan kesenian milik negara, yang sejak awal didirikan (dan seharusnya) bebas dari intervensi kuasa politik dan ekonomi kapitalistik itu kini telah direnggut oleh PT Jakpro,” Mogan Pasaribu.


Tanpa alasan yang jelas, lanjutnya, tanpa perbincangan yang patut dan benar, dengan para seniman yang memiliki hak sejarah, hak moral, hak kultural, dan hak konstitusional atas ruang ekspresi yang melahirkan atara lain, Rendra, Arifin C. Noer, Huriah Adam, Sardono W. Kusumo, Wahyu Sihombing, Sutardji Calzoum Bachri, Slamet Abdul Syukur dan lain-lain, para seniman yang berpengaruh, dan memberi sumbangsih bagi kemajuan kesenian dan kebudayaan di negeri ini.


54 tahun yang lalu, Ali Sadikin sudah tegas menyatakan bahwa TIM dibangun sebagai investasi kultural. “Hasilnya tidak segera dapat dikecap, tapi memakan waktu yang lama,” kata Ali Sadikin saat meresmikan Taman Ismail Marzuki pada tanggal 10 Nopember 1968, sebagaimana dikutip Pelopor Baru, No. 684 Tahun 1968. Ia pun mengingatkan, “Politik sebagai panglima di bidang kebudayaan tidak boleh terjadi di Pusat Kesenian,” (El Bahar, 12 November 1968).


“Apa yang telah kita tanamkan sebagai modal seni, modal kebudayaan, di kompleks Pusat Kesenian Jakarta ini, akan memberikan bunga dan buah-buah karya seni yang tak terhingga nilainya bagi kehidupan kultural kita di ibu kota di masa-masa yang akan datang!,” ucap Mogan Pasaribu menirukan ucapan Ali Sadikin.[Akt-002/Red-AI/I/2022/Agi].


Kodam Jaya, Tigaraksa
- Aktualinvestigasi.com | Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) bermanfaat untuk masyarakat. Hal tersebut di ungkapkan Letjen TNI Afini Boer Koorsahli Kasad saat melakukan kunjungan di kegiatan TMMD 114, Kodim 0510/Tigaraksa di Desa Waliwis Kecamatan Mekar Baru Kabupaten Tangerang, Senin (22/08/2022).


Tim Wasev Mabesad  dengan menggunakan kendaraan roda dua dari Kantor Kecamatan Mekar Baru meninjau langsung ke lokasi kegiatan TMMD fisik berupa pembangunan pengecoran jalan dan non fisik berupa penyuluhan wawasan kebangsaan.


Dalam kunjungan tersebut Letjen TNI Afini Boer di dampingi Brigjen TNI Edi Sutrisno Kasdam Jaya, Kolonel Arm Stepi Aster Kodam Jaya, Kolonel Arm Mulyadi Kasiter Kodam Jaya dan Dandim 0510/Tigaraksa Letkol Arh Syarief SB.


Letjen TNI Afini Boer Koorsahli Kasad mengatakan, hari ini tim Wasev Mabesad TNI melaksanakan kegiatan touring evaluasi TMMD 114 tahun anggaran 2022 di Desa Waliwis Kecamatan Mekar Baru, Kodim 0510/Tigaraksa.


"Kami tim dari Mabesad meninjau langsung kegiatan fisik berupa pembangunan jalan yang menghubungkan dua Desa sudah jadi dan selesai tentunya berharap dapat bermanfaat bagi masyarakat, dalam aktifitas transfortasi masyarakat," ujarnya.


"Pesan dari Bapak Kasad  kepada seluruh anggota TNI yang tertugas dalam perintah harian Kasad adalah, selalu hadir di tengah masyarakat,selalu berbuat untuk mengatasi kesulitan masyarakat dan menjadi solusi bagi rakyat," jelasnya lagi.



Dalam kesempatan juga Letjen TNI Afini Boer mememinta warga masyarakat bersama teritorial dapat menjaga jalan yang sudah jadi ini, supaya lebih panjang usia pakainya dan lebih lama.


Sementara, Dandim 0510/Tigaraksa Letkol Arh Syarief SB menjelaskan, pengerjaan fisik TMMD reguler 114 di Desa Waliwis Kodim 0510/Tigaraksa bersama masyarakat mengerjakan pengecoran jalan sepanjang 750 meter.


"Untuk pengerjaan sendiri di mulai pada tanggal 26 Juli 2022 lalu, Alhamdulillah pengerjaan pengecoran jalan, pembuatan turap dan gorong - gorong sudah selesai 100 persen dan pada tanggal 24 Agustus 2022 besok akan dilakukan penutupan," jelasnya.


Dislokasi yang sama Muhamad Risman warga Desa Waliwis mengucapkan terimakasih kepada TNI yang telah membangun jalan yang sudah lama rusak.


"Tentunya jalan yang di bangun oleh bapak TNI ini sangat bermanfaat buat kami, dan kami segenap warga masyarakat akan menjaga dan merawat supaya awet,dan dapat meningkatkan lagi perekonomian warga desa kami nantinya" ucapnya.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Kodam Jaya, Tigaraksa
- Aktualinvestigasi.com | Hadirnya TNI di Kecamatan mekar baru tepatnya di Desa Waliwis disambut oleh aparat pemerintah Sekitar dan juga saat kehadiran TNI terlihat disekitar anak anak pelajar Sekolah Dasar (SD) yang saat itu ada diwilayah sekitar menyambut baik dengan rasa bangga anak anak tersebut menghampiri para petugas TNI dan dengan luar biasanya Jendral berbintang tiga yang didampingi Dandim 0510/Tigaraksa hadir meninjau dan langsung di serbu anak - anak sekolah dasar tersebut untuk bisa bersalaman, saat kunjungan tim Wasev Mabesad TNI yang di pimpin Letjen TNI Apini Boer di Desa Waliwis Kecamatan Mekar Baru Kabupaten Tangerang, Senin (22/08/2022).


Kunjungan tim Wasev Mabesad tidak lain untuk mengecek langsung hasil kegiatan TMMD reguler 114, maupun kegiatan non fisik, Kodim 0510/Tigaraksa. Tanpa komando kedatangan rombongam disambut dengan gembira oleh anak anak SD itu terlihat sangat gembira bisa dekat dengan TNI.


"Sejumlah anak-anak sekolah dasar yang bertepatan dengan usainya jam pelajaran, menyambut dengan penuh semangat dan rasa bangga serta ceria dengan kedatangan kami," kata Dansatgas TMMD reguler 114, Kodim 0510/Tigaraksa Letkol Arh Syarief SB.

 

Menurut Dandim, Satgas TMMD 114 Kodim 0510/Tigaraksa juga akrab dengan anak-anak sebagai wujud komunikasi sosial, serta memupuk jiwa nasionalisme. Satgas TMMD selama bertugas di Desa Waliwis sering bercerita hingga memberi pertanyaan seputar pancasila dan NKRI menjadi salah satu cara komunikasi sosial kepada anak-anak.

 

"Saya berharap, seluruh kegiatan yang dilakukan Satgas TMMD Kodim 0510/Tigaraksa bersama masyarakat dapat menjadikan manfaat yang sebaik-baiknya," katanya.


Sementara, Ramun (10) kelas 4 SD tersebut mengaku bercita cita menjadi TNI. "Lalu aku besar nanti aku ingin menjadi TNI biar kaya bapak Jendral tadi, tegap gagah dan berani," ungkapnya.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Lebak
- aktualinvestigasi.com | Ratusan butir obat tanpa izin edar berhasil diamankan Jajaran Sat Resnarkoba Polres Lebak Polda Banten.


Selain itu dua orang pelaku WH (19) dan SD (25) pengedar  berhasil diamankan pada (16/8/2022) di Jalan raya pasar malingping kp. Polotot. Ds. Sukaraja Kecamatan Malingping Kab. Lebak Provinsi Banten.


Kapolres Lebak Polda Banten AKBP Wiwin Setiawan,SIK,M.H. melalui Kasat Resnarkoba Polres Lebak AKP Malik Abraham, Spd membenarkan hal tersebut,

"Ya benar, Jajaran Sat Resnarkoba Polres Lebak telah berhasil mengamankan dua orang Pelaku pengedar yaitu WH (19) dan SD (25) pada (16/8/2022) di Jalan raya pasar malingping kp. Polotot. Ds. Sukaraja kec. Malingping," ujar Malik. (22/8/2022).



"Dari keduanya kita berhasil mengamankan 37 (tiga puluh tujuh) butir obat  jenis Tramadol HCI, 240 (dua ratus empat puluh) butir obat  jenis Hexymer, uang tunai hasil penjualan sebesar Rp. 125.000 (seratus dua puluh lima ribu rupiah), 1 (satu) unit handphone merk Infinix warna biru, 1 (satu) unit handphone merk Samsung warna biru," ungkapnya.


"Penangkapan ini berawal dari informasi masyarakat kemudian kami melakukan penyelidikan dan akhirnya kami berhasil mengungkap peredaran obat farmasi tanpa izin edar di wilayah Kabupaten Lebak," lanjut Malik.



"Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya Pelaku dikenakan pasal 197 atau pasal 196 UU RI Nomor 36 tentang kesehatan dengan ancaman maksimal 15 tahun penjara dan denda paling banyak satu miliar lima ratus juta rupiah," tegasnya

(006/RED-Al/lll/2022/Mujahidin)

Diberdayakan oleh Blogger.