LEBAK
- aktualinvestigasi.com | Perekrutan Panwascam oleh Komisioner Bawaslu Lebak diduga telah melanggar  peraturan dan keputusan DKPP  yang harus dilaksanakan Bawaslu  dalam rekrutmen Panwascam, dan hal ini telah terbukti dengan munculnya nama-nama peserta yang lolos menjadi Komisioner pengawas di tiap-tiap Kecamatan di Kabupaten Lebak. Perlu diketahui  Bawaslu Lebak melalui Kelompok Kerja Panitia seleksi telah menetapkan komisioner Panwascam  Kabupaten Lebak pada Rabu, 26/10/2022.


Berdasarkan investigasi, fakta  ditemukan sejumlah nama yang di larang oleh keputusan DKPP nomor.27 - PKE- DKPP/II/2020 tentang: BPD, pendamping Desa dan PKH menjadi Panwascam dan korsek yang ikut mewawancara.

Diantaranya, July pendamping PKH dan Hambali Prades Desa Ciginggang Kecamatan Gunung Kencana.  


Bahkan fakta lain muncul dari salah satu Oknum Komisioner Bawaslu Lebak inisial Asep Saepudin yang diduga telah melanggar kode etik profesi dengan mengatakan pada seseorang via chat whatsapp pada Kamis, 20/10/2022 sebelum tes wawancara kedua dimulai pada Jum'at keesokan harinya dan viral dikalangan peserta tes, dalam pesannya dirinya mengatakan bahwa nama Andri peserta dari gunung kencana tidak bisa lolos menjadi komisioner. Anehnya pernyataan jauh hari sebelum tes wawancara dari 6 besar untuk menentukan 3  orang menjadi komisioner di mulai. Hal ini jelas memicu polemik dikalangan para peserta test yang menganggap Oknum Komisioner Bawaslu Lebak tersebut diduga telah melakukan pelanggaran kode etik dalam menjalankan profesinya yang tertuang dalam keputusan DKPP tentang Kode Etik PKH Nomor: 01/LSJ/08/2018 pasal 10 huruf J. Berbunyi"J. Menjadi pegawai atau petugas pelaksana pemilihan umum pusat, daerah provinsi, daerah kabupaten/kota, kecamatan, dan/atau desa/kelurahan/nama lain;"

3. Etika Profesi TPP, yang diatur dalam Kepmendes PDTT Nomor 40 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Teknis Pendampingan Masyarakat."Disebutkan pada Etika Profesi TPP huruf (G) angka 1 huruf (b) angka 18) terkait larangan TPP, bahwa TPP atau Pendamping Desa dilarang menduduki jabatan pada lembaga yang sumber pendanaan utamanya berasal dari APBN, APBD, dan APBDesa.


Dari paparan aturan tersebut diatas jelas ada larangan bagi tenaga Pendamping Desa, tenaga Pendamping Lokal Desa, Pendamping PKH, Pendamping Jamsosratu, Prades, BPD, Guru Honorer berstatus P3K yang dianggap mendapatkan sumber pendanaan utamanya dari APBN atau sejenisnya.


Sementara itu Herdi Sudrajat selaku aktivis Badak Perjuangan Kabupaten Lebak saat dipintai tanggapannya dirinya mengatakan bahwa, "Carut marut porses seleksi pemilihan Komisioner Panwascam yang digelar oleh Bawaslu Lebak pada tahun 2022 ini dikarenakan tidak adanya transparansi dan integritas dari Komisioner Bawaslu Lebak, hal ini terlihat disamping meloloskan nama-nama komisioner panwascam yang ditenggarai sebagai pendamping, prades juga tidak adanya nilai hasil wawancara yang dipangpang masing-masing peserta tes, bahkan yang saya dengar dari salah satu peserta tes yang masuk 6 besar dia mengatakan bahwa, yang lolos jadi Komisioner Panwascam disalah satu Kecamatan nya itu yang nilai CAT nya paling rendah, sementara dia dan temannya yang nilai CAT nya menduduki peringkat 1 dan dua tidak lolos." Ujar Herdi


"Pemilu berkualitas dan berintegritas dimulai dari penyelenggaranya yang berkualitas dan berintegritas pula, kalimat ini telah menjadi tagline yang meniscayakan adanya penyelenggara pemilu berintegritas jika ingin mewujudkan hasil pemilu yang berintegritas, maka untuk mendapatkan penyelenggara pemilu yang berintegritas dan baik tersebut dibutuhkan proses seleksi yang baik pula." tegasnya.


Dikatakan lebih lanjut oleh Herdi bahwa, dirinya bersama para aktivis lainnya akan mengumpulkan fakta-fakta temuan dibawah serta bukti-bukti dugaan pelanggaran yang diduga dilakukan oleh oknum Bawaslu Lebak dan akan membawa permasalahan ini ke DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu), sedangkan bagi oknum Perangkat Desa, dan Oknum Pendamping Desa yang telah ditetapkaan sebagai Komisioner Panwascam di Kecamatannya masing-masing, akan disampaikan ke Kepala DPMD Lebak agar diberikan teguran lisan ataupun tertulis." Tandasnya

(006/RED-Al/l/2022/Mujahidin)


Tangerang
- Aktualinvestigasi.com | Pemuda Kecamatan Cisoka peserta kegiatan kemah bhakti pemuda merasa senang dikunjungi oleh orang nomor 1 di Kecamatan Cisoka, yaitu Camat Cisoka pada hari Rabu sore (26/10/2022) di Bumi Perkemahan ( Buper) Kitri Bhakti Curug Wetan.


Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022, Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata ( Disporabudpar ) Kabupaten Tangerang menyelenggarakan kegiatan fasilitasi aksi sosial kemah bhakti kepemudaan tahun 2022,  mulai hari  Rabu hingga Jum'at, 26 sampai dengan 28 Oktober 2022 di Buper Kitri Bhakti.


Peserta kemah bhakti pemuda tahun 2022 adalah adalah organisasi pemuda yang tersebar di 29 ( dua puluh sembilan) Kecamatan se-Kabupaten Tangerang, masing-masing kecamatan 5 ( lima ) orang yang berasal dari unsur KNPI/OKP/Karang Taruna/pelajar yang berusia 16-30 tahun. Peserta akan mengikuti berbagai kegiatan, antara lain diskusi pemuda, bhakti sosial, pembinaan kewirausahaan, penyuluhan pencegahan penyalahgunaan narkoba, kunjungan ke lokasi pengrajin, mengikuti permainan tradisional dan rekreatif, pentas seni, dan sebagainya.



Camat Cisoka, Encep Sahayat, yang datang ke lokasi kemah bhakti di sambut oleh 5 ( lima) orang pemuda peserta dari Kecamatan Cisoka. Mereka adalah: Erwan Aditia, Rendi Galih Permana, Ziki Sudesi, Delis Muspiroh, dan Nabila Rizmaila Anjani.


"Selamat mengikuti kemah bhakti pemuda. Jaga diri dan jaga kesehatan. Jangan lupa sholat dan makan pada waktunya. Ikuti semua kegiatan dengan baik dan sungguh-sungguh. Tetap disiplin, tetap kompak. Patuhi tata tertib dan ketentuan yang sudah ditetapkan. Hormati yang lebih senior, hargai yang junior," ujar Camat Cisoka.[0012/Red-AI/VII/2022/FIRMAN]


Pandeglang
, - Aktualinvestigasi.com |  Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Warga Kampung Wado, Desa Cikentrung, Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang, Banten, menggelar Istighosah yang bertempat di Masjid Jami Al-Hikmah, Senin Malam,(25/10/2022).




Turut hadir dalam acara PHBI,kepala Desa Cikentrung Yusron,

Ustd Dadang catihan sekum MUI kecamatan karang tanjung dan seluruh masarakat dan para kasepuhan kampung Wado.



Ustad Ama Hambali selaku panitia Pelaksana acara ini menjelaskan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakannya setiap peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw. Menurutnya, Istighosah ini bertujuan untuk memohon pertolongan kepada Allah SWT.



“Acara ini kami selenggarakan setiap Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW setiap tahunnya. Istighosah ini bertujuan untuk memohon pertolongan kepada Allah SWT agar diberi keselamatan, kebaikan, serta kemudahan atas segala permasalahan dalam hidup,” Ucap Ustad Ama Hambali.


Ketua Pemuda irma Kampung Wado, Aan menyebutkan bahwa suasana kegembiraan tidak hanya di rasakan oleh warga setempat, tapi juga di rasakan warga sekitar umumnya wilayah Kecamatan Cadasari.


“Warga sangat antusias menghadiri acara istighosah ini, hal itu terbukti dari banyaknya jemaah yang datang, tidak hanya warga setempat, tapi juga banyak warga dari luar yang turut memeriahkan,” ujarnya.


“Pada tahun ini, yang hadir sekitar 5000 orang.” Lanjut Aan


Dalam kesempatan ini, turut hadir juga Kh.Abuya Muhtadi Cidahu, Sekaligus putera dari Alm. Abuya Dimyathi Cidahu, memimpin Istighosah dalam acara ini. (HERU).[0012/Red-AI/VII/2022/FIRMAN]


Cisoka Tangerang
- Aktualinvestigasi.com | Partnerships in Environmental Management for The Seas of East Asia (PEMSEA) Network of Local Governments (PNLG) Meeting Summit 2022 telah secara resmi dimulai. PEMSEA Network of Local Governments tersebut akan berlangsung mulai tanggal 25 hingga 29 Oktober 2022. Selain dihadiri oleh delegasi belasan negara, juga dihadiri oleh delegasi-delegasi dari berbagai daerah di Indonesia, juga akan dikunjungi oleh masyarakat Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan sekitarnya.



Untuk lebih menyemarakkan gelaran PEMSEA, juga sekaligus mengangkat perekonomian masyarakat, di pelataran parkir Hotel Atria dibuka pula PEMSEA Expo untuk para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kabupaten Tangerang. Berbagai produk dapat dijumpai dan dibeli di PEMSEA Expo tersebut.


Camat Cisoka, Encep Sahayat di tengah-tengah kesibukannya sebagai observer PNLG Meeting Summit menyempatkan diri untuk mengunjungi dan berbelanja di stand UMKM dari Kecamatan Cisoka pada hari Rabu (25/10/2022). Encep bersyukur  dan merasa bangga produk rumahan yang dibuat oleh warga Kecamatan Cisoka tampil di arena PEMSEA Expo yang begitu semarak dan megah, juga banyak menarik pengunjung untuk mendatangi dan membelinya.


"Alhamdulillah, bersyukur kepada Allah dan merasa bangga produk buatan rumahan pelaku usaha mikro kecil Kecamatan Cisoka dapat tampil  di PEMSEA Expo yang meriah dan megah ini. Selain itu juga banyak yang datang dan membeli," ujar Encep.


Ketua Forum Pengusaha Mikro (Forsamik), Jupe, berterima kasih kepada Camat Cisoka yang terus menerus mensuport, memotivasi dan memfasilitasi pelaku usaha mikro kecil sehingga dapat meraih kesempatan dan keuntungan.


"Terimakasih kepada Pak Bupati Tangerang, Pak Wakil Bupati, Pak Sekda,   Kadis Koperasi dan Usaha Mikro, juga Bapak Camat Cisoka yang telah memberikan kesempatan kepada pelaku usaha mikro kecil untuk tampil di PEMSEA Expo," ujar Jupe.[0012/Red-AI/VII/2022/FIRMAN]


Tangerang
- Aktualinvestigasi.com | Opening ceremony atau acara pembukaan Partnerships in Environmental Management for The Seas of East Asia (PEMSEA) Network of Local Governments (PNLG) Meeting Summit 2022 dilaksanakan di Hotel Atria  Gading Serpong pada hari Rabu (26/10/2022) dan dihadiri oleh Presiden PNLG, He Le Quang Nam dan Menteri Lingkungan Hidup RI, Siti Nurbaya Bakar. Hadir pula para perangkat daerah dan camat serta undangan lainnya.


Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar , yang juga Vice President PLNG menyambut delegasi PNLG dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh delegasi yang hadir.



Camat Cisoka, Encep Sahayat, yang hadir sebagai observer mengaku bangga Bupati Tangerang sebagai Vice President PNLG dan juga penyelenggaraan PNLG Meeting Summit di Kabupaten Tangerang.


"Tentunya kita patut bersyukur dan berbangga, Pak Bupati Tangerang mendapat kepercayaan dan amanah sebagai Vice President PNLG sekaligus penyelenggaraan PNLG Meeting Summit di Kabupaten Tangerang," ujar Encep.


Menurut rencana, PNLG Meeting Summit 2022 akan dilaksanakan mulai tanggal 25 sampai dengan 29 Oktober 2022 dan salah satu agendanya adalah kunjungan lapangan ke "Ketapang Aquaculture" di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk.[0012/Red-AI/VII/2022/FIRMAN]


Kota Serang, Banten
- Aktualinvestigasi.com |Rapat Kerja Tahunan Dewan Pimpinan Daerah LSM Pemantau Kinerja Aparatur Negera PN Banten bertajuk membangun sinergitas dan integritas, berlangsung secara apik (Rabu, 26/10/2022)


Acara Rakerda dimulai dengan mendengarkan laporan tahunan yang disampaikan secara apik oleh Rahmat Suteja selaku Ketua DPD PENJARA PN Banten


"Rakerda ini bertujuan membangun solidaritas, sinergitas serta meng-integritaskan semua pemikiran dalam menyusun program program kerja kedepan, kami akan tonjolkan program Pemberdayaan, Pencegahan dan Pimbanaan"ucapnya


Lebih lanjut laporan tahunan juga disampaikan Fahrur Rozi sebagai Ketua Kajian dan Analisa "PENJARA PN sebagai Lembaga sosial kontrol telah berhasil membantu mengakomodir segenap permasalahan yang ada di tengah masyarakat, kita telah cegah segala bentuk korupsi yang bakal terjadi, kita bina yang sudah terjadi dan kita berdayakan segenap anggota dan masyarakat agar bersikap arif dan memahami norma norma kehidupan di Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945"tutur nya



Rapat Kerja Daerah DPD PENJARA PN Banten diagenda akan berlangsung selama dua hari kedepan, Rahmat S selaku Ketua LSM PENJARA PENJARA PN Banten juga berpesan "kita harus siap membantu masyarakat, menggali potensi yang ada dan harus mampu menjadi motivator dan fasilitator yang baik"ungkapnya


PENJARA PN sebagai Non Goverman Organisation Lembaga Swadaya Masyarakat telah dikenal selama ini mengedepan sikap sikap humanis, persuasif dengan mengutamakan upaya PENCEGAHAN, PEMBINAAN, dan PEMBERDAYAAN, dengan Legalitas Nomor AHU 000134.01.07.Tahun 2019 tidak ragukan lagi telah melahirkan sosok sosok yang kompeten dan mampu menjadi mata telinga dan mulut masyarakat dalam menciptakan masyakat yang madani bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) dengan berpedoman pada Pancasila, UUD 1945 dan PP 71 Tahun 2000 Tentang Peran Serta Masyarakat dan Pemberian Penghargaan dalam Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dan menjadi pengawal tegaknya segenap hukum dan aturan Per Undang Undangan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Editor : Agi


Tangerang
, - Aktualinvestigasi.com | Sudah di ketahui diduga membawa miras saat mau nonton pertandingan bola, kepsek sman 16 jayanti mengelak saat di konfirmasi awak media di ruang kantornya SMAN 16 JAYANTI kab Tangerang - Banten. Selasa ( 25/10/22) 


Tersiar kabar siswa dan siswi sman 16 jayanti diduga membawa miras saat akan berangkat nonton.

pertandingan bola, kabar tersebut tercium oleh awak media dan langsung investigasi kebenaran kabar tersebut. 


Awak media mendatangi sekolah sman 16 jayanti dan bertemu dengan kepala sekola(kepsek) yang di dampingi guru olah raga saat   di konfirmasi terkait adanya siswa dan siswi yang kedapatan diduga membawa miras saat mau nonton pertandingan sepak bola,nanun dihalau oleh pihak kepolisan polsek cisoka beserta satpol pp kecamatan jayanti.


ENJANG SUHAYAT, Spd kepsek sman 16 jayanti saat di konfirmasi awak media diruang kantornya membenarkan adanya siswa dan siswinya meminta izin berangkat nonton pertandingan sepak bola sebagai suporter karena ada perwakilan siswa setiap kelas ikut bertanding sepak bola ajang setaun sekali di daerak karawaci.jelasnya


Kepsek juga membenarkan saat siswa siswinya sekitar 50 orang yang akan berangkat nonton pertandingan sepak bola di datangi pihak aparat kepolisian polsek cisoka,namun saat itu siswa dan siswi tidak membawa sajam dan miras kemudian di  arahkan balik lagi kesekolah sman 16 jayanti untuk di adakan pembinaan di sekolah saja,jadi tidak di bawa ke polsek cisoka.ucapnya


Enjang wahyu.Spd guru olah raga sman 16 jayanti mempertegas keterangan kepsek terhadap awak media,siswa kami sudah meminta izin akan berangkat  menonton pertandingan sepak bola kami siapkan dua mobil bus, untuk berangkat kesana.ungkapnya


siswa yang akan menonton sebagi suporter pertandingan sepak bola berangkat lebih awal,namun saat itu ada laporan bahwa ada masalah saat mau berangkat,kemudian kami mendapat impormasi bahwa ada aksi tauran pelajar smp di daerah cikande kemudian pihak kepolisian saat patroli melihat  siswa siswi kami kumpul di pinggir jalan raya tepatnya perapatan warudoyong jayanti akan berangkat nonton pertandingan sepak bola.ungkapnya


Risky.A,kasi satpol pp kec jayanti memaparkan di hadapan awak media saat di konfirmasi awak media di ruang kerjanya,saat itu saya di telpon warga bahwa ada aksi tauran pelajar,kemudian saya bergegas ke tkp dan menyaksikan ada siwa sman 16 jayanti sedang di geledah aparat kepolisiaan dan kedapatan membawa jenis minuman keras.pungkasnya


Saat berita ini di terbitkan pihak kepolisan belum sempat di konfirmasi awak media.


Editor : Agi


Rangkasbitung
- aktualinvestigasi.com | Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Rangkasbitung Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten terus memperkuat potensi keahlian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), sebanyak 20 orang WBP mengikuti Kegiatan Pelatihan Teknik Pemasangan Baja Ringan tahap lanjutan yang bekerjasama dengan PT. Swen Inovasi Transfer, Selasa (25/10)


Kegiatan Pelatihan sendiri sudah digelar sehari sebelumnya, Kalapas Rangkasbitung, Budi Ruswanto ditempat yang berbeda menyampaikan bahwa pelatihan teknik pemasangan baja ringan yang dilakukan merupakan modal untuk kembali ke tengah masyarakat setelah bebas nanti.

“Pelatihan ini kita lakukan agar warga binaan pemasyarakatan mendapatkan ilmu yang nantinya menjadi bekal keahlian dalam hidup di masyakarat, jadi yang pernah ikut sebelumnya sekarang lebih dikuatkan lagi bahkan bisa sampai praktek dari nol bahan sampai berdiri, jadi sudah bisa teruji kompetensi di Lapangannya nanti" Ujar Kalapas


"Dengan adanya kegiatan ini diharapkan WBP Lapas Rangkasbitung mempunyai keterampilan bersertifikasi sehingga setelah menjalani pidana di Lapas Rangkasbitung bisa mendapatkan kesempatan untuk diterima di dunia kerja dan melaksanakan fungsi sosialnya, baik sebagai anggota atau kepala keluarga maupun anggota masyarakat" pesan Kalapas


Kegiatan pelatihan secara resmi dibuka oleh Kasubsi Pembinaan, Eka Yogaswara menyampaikan harapannya kepada WBP Lapas Rangkasbitung untuk mengikuti kegiatan dengan serius dan penuh tanggung jawab.


“Jadi Pemasangan Baja ringan ini potensi sekarang ya, sudah banyak kebutuhannya, minimal ditahap lanjutan ini kita semua sudah hatam materil dan tekniknya, jadi kelak kita mau pasanga sendiri atau mau ikut-ikutan pasang/ kerja sudah bisa, tinggal niat dan pilihan hidup kitalah kedepan kompetensi kan sudah dimiliki," Pesan Yoga nama panggilan Kasubsi Pembinaan


Kegiatan pembukaan pelatihan berjalan dengan hikmat, lancar, tertib, dan aman. Dilanjukan dengan praktek lapangan di halaman rumah dinas Lapas Rangkasbitung

(006/RED-Al/l/2022/Mujahidin)

Diberdayakan oleh Blogger.