Serang
- Aktualinvestigasi.com | Pekan ini, ditemukan dua bayi yang ditelantarkan atau ditemukan di lokasi yang berbeda, Kecamatan Kibin dan Cinangka. Kasusnya tengah ditangani oleh kepolisian, sementara dua bayi yang ditemukan sejak awal dirawat oleh  fasilitas kesehatan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang.


“Alhamdulillah, dua bayi yang ditemukan, baik di Kecamatan Cinangka maupun Kibin, saat ini dalam kondisi sehat. Sejak kejadian ditemukan, satu bayi dirawat oleh Puskemas Cinangka, dan satu bayi lagi di rawat di Rumah Sakit Dr Dradjat Prawiranegara atau RSDP. Kami mendapat perintah dan atensi langsung dari Ibu Bupati untuk merawat kedua bayi dengan baik,” ungkap Kepala Dinas Sosial Kabupaten Serang Subur Priatno dalam keterangan tertulis, Rabu (7/12/2022). 


Menurut informasi yang dihimpun, bayi di Kecamatan Kibin ditemukan oleh warga Bernama Edi Susanto di sekitar lingkungan rumahnya Perum Bumi Nagara Lestari, Desa Nagara, Senin (5/12/2022), sekira pukul 5.30 WIB. Bayi ditemukan tanpa sehelai pakaian pun berjenis kelamin perempuan.


Sementara bayi di Kecamatan Cinangka ditemukan pada Minggu (4/12/2022), sekira pukul 21.30 oleh warga bernama Suhada, di Kampung Tancang, Desa Bulakan. Bayi dibungkus tas dan ditemukan di depan warung berjenis kelamin laki-laki. 


“Saat ini kedua bayi masih dalam perawatan bersama pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, serta kasusnya masih dalam proses penyelidikan aparat kepolisian. Sementara masih dalam pengasuhan kami bersama pihak puskesmas di Puskemas Cinangka, dan RSDP untuk bayi dari Kibin. Saat ini, kami masih menunggu hasil penyelidikan kepolisian,” ujar Subur. 


Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Heni Wihani membenarkan kedua bayi masih dalam perawatan. “Untuk bayi di Cinangka, dirawat dengan baik oleh para bidan dengan penuh kasih sayang. Alhamdulillah dalam kondisi sehat.  Untuk yang dari Kecamatan Kibin, pihak rumah sakit juga maksimal memberikan perawatan,” ujarnya. [0012/Red-AI/VII/2022/Firman].


Tangerang 
- Aktualinvestigasi.com |  Massa aksi serikat buruh dari Serikat Buruh Nasional, Konfederasi Aliansi Serikat Buruh Indonesia (SBN KASBI) bersama serikat buruh diseluruh provinsi Banten bersatu untuk melakukan unjuk rasa kenaikan upah di kantor pusat pemerintahan provinsi banten ( KP3B ).


Di tengah Massa Aksi dari buruh Kasbi yang sedang bersiap - siap berangkat menuju Kantor Gubernur, Kapolsek Pasar Kemis Kompol Maryadi, SH, S.IK, MH menyampaikan kepada Awak Media,


"Kami dari pihak kepolisian Pasar Kemis Polresta Tangerang mengawali dan mendukung serta menjaga kepada rekan - rekan buruh yang hendak melakukan aksi unjuk rasa ini, artinya Kami selaku pengayom berikut pelayanan masyarakat di wilayah kami dan Setiap ada kegiatan dari serikat buruh itu sendiri tentunya sudah jadi tugas kami untuk mengawal dan menjaga demi keamanan kita bersama. Tentunya kami berharap kepada para buruh yang akan melaksanakan aksi agar menjaga ketertiban dalam pelaksanaan, hingga penyampaian aspirasi tidak hal - hal yang diinginkan sehingga terjalinnya hubungan yang baik," Ungkapnya.


Massa aksi buruh berunjuk rasa di depan halaman kantor Gubernur Banten menuntut kenaikan upah tahun 2023 di Kabupaten/Kota selasa, (06/12/2022).


Pada sore hari massa aksi buruh mulai memanas dan Buruh yang berunjuk rasa di depan Kantor pusat pemerintahan provinsi banten ( KP3B ) hingga larut malam, menunggu hasil keputusan dari PJ Gubernur Banten. 


Adapun tuntutan baruh banten bersatu tersebut sebagai berikut : 


1. Tetapkan UMK TANGERANG RAYA sebesar 24,50%

2. Berlakukan kembali UMSK di tahun 2023

3. Tolak fomulasi perhitungan upah melalui PP 36

 

Dan akhir massa buruh unjuk rasa saat perwakilan serikat buruh pekerja menyampaikan hasil keputusan yang disepakti dan ditandatangani oleh PJ Gubernur banten di atas mobil komando


Berikut hasil keputusan kenaikan upah tahun 2023

- Kabupaten Pandeglang, kenaikan upah sebesar 6.43%.

- Kabupaten Lebak, Kenaikan upah sebesar 6,17%.

- Kabupaten Serang, Kebaikan upah Sebesar 6,59%.

- Kabupaten Tangerang, Kenaikan upah sebesar 7,02%

- Kota Tangerang, kenaikan upah  sebesar 6 97%.

- Kota Tangerang Selatan, Kenaikan upah sebesar 6, 34%

- Kota Cilegon, kenaikan upah sebesar 7,30%.

- Kota Serang, kenaikan upah sebesar 6,24.


Unjuk rasa buruh yang berlangsung di depan Kantor Pusat Pemerintahan Provinsi Banten berlangsung damai.[0012/Red-AI/VII/2022/Firman].



Serang
- Aktualinvestigasi.com | Personel Polsek Kopo Polres Serang  Polda Banten Melaksanakan Sispam Mako atau Sistem Pengamanan Markas Komando, Rabu (07/12/2022)


Kegiatan Sispam Mako tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengamanan terhadap Mako antisipasi terjadinya kejahatan terhadap mako Polsek Kopo


Kapolres Serang AKBP Yudha Satria, S.H., S.Ik melalui Kapolsek Kopo IPTU Satibi, M.H disampaikan Kanit Binmas Polsek Kopo sebagai Pawas pada malam hari ini menyampaikan bahwa personil Polsek Kopo harus selalu siaga di setiap waktu untuk mencegah adanya hal yang tidak diinginkan.


Personil yang piket selalu saya tekankan untuk terus siaga dan selalu menerapkan pengamanan body sistem yaitu saling menjaga sesama anggota piket. Hal ini saya tekankan demi keselamatan Anggota saya di Polsek Kopo.[0012/Red-AI/VII/2022/Firman].


Kabupaten Tangerang
, - Aktualinvestigasi.com | Dalam rangka penegakan supermasi hukum terkait dugaan penganiyan dan pengroyokan bersenjata tajam di wilayah hukum polsek mauk, peristiwa terjadi di jalan raya Mauk - Tangerang, beberapa bulan lalu (Rabu, 29 juni 2022, pukul 17.00 wib). 


yang nyaris menewaskan Joni (korban) akibat luka tusukan yang menyasar pada anggota tubuhnya sehingga harus dilarikan ke Rumah sakit untuk menjalani perawatan intensif.


Dengan demikian, keluarga korban meminta bantuan hukum kepada Nana Anggraena, S.H. dan Dedi Suherman, S.H. dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH PASEBA Tangerang Utara). 


Senin, 05 desember 2022, pukul 14.00 wib Nana Anggraena, S.H. dan Dedi Suherman, S.H. selaku kuasa hukum dari Joni (korban), mendatangi Kantor Polsek Mauk untuk mempertanyakan perkembangan Kasus penganiayaan terhadap kleinnya, yang diduga ada empat tersangka pada peristiwa tersebut, baru satu tersangka yang berhasil diamankan pihak kepolisian sektor mauk dan saat ini tiga tersangka yang kini masih dalam penyelidikan dan masuk sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO).


Di depan halaman Kantor Polsek Mauk, Nana Anggraena, S.H selaku kuasa hukum korban menjelaskan kepada awak media


" kami datang kesini untuk menyampaikan antensi kepada Kapolsek Mauk terkait kasus pengeroyokan terhadap klein kami, yang mana pelaku diduga berjumlah empat orang. Satu pelaku sudah ditahan dan saat ini sedang menjalani persidangan dan di vonis hukuman oleh hakim di Pengadilan Negeri Tangerang Kota. Namun, ada tiga pelaku yang belum ditahan atau ditangkap, kami mendapatkam kabar dari keluarga korban dan warga sekitar bahwa pelaku masih berkeliaran bebas di wilayah hukum Polsek Mauk, " Ucap Nana Anggraena, S.H.


Lanjut Nana, Kami berharap kepada aparat penegak hukum untuk segera menangkap tiga pelaku yang saat ini buron. Hukum harus ditegakkan tak perlu pandang bulu, siapapun itu. Jika Mereka bersalah maka harus ditangkap dan diproses secara hukum yang berlaku, " Dalihnya Pengacara Muda dari Paseba Tangerang Utara.


Nana juga menambahkan, "kami tidak bertemu dengan Kapolsek Mauk, namun kami bertemu dengan penyidik unit 1 yang menangani kasus ini yaitu pa irvan. Dia berkata kepada kami, senang dengan kedatangan dari LBH Paseba dan kasus ini sedang dalam proses penyelidikan dan sudah dikeluarkannya surat penangkapan para pelaku",ungkapnya.


Di tempat terpisah orang tua korban, Sutejo mengatakan kepada awakmedia,


"Kami selaku orang tua korban telah menyerahkan kasus ini kepada Lembaga hukum (LBH Paseba Tangerang Utara). Alhamdulillah kondisi anak saya sudah membaik, tetapi luka dalam yang mengenai lambungnya masih dirasa anak saya, sehingga joni anak saya (korban) masih melakukan brobat jalan. Harapan kami dari keluarga korban melalui Bantuan Lembaga Hukum Paseba Bapak Nana Anggraena, S.H. dan Dedi Suherman, S.H.selaku Kuasa hukum Kami, dapat mendampingi kasus ini, dan kepada pihak kepolisian mauk agar segera menangkap ketiga pelaku yang masih belum tertangkap alias buron," Tutupnya.[0012/Red-AI/VII/2022/Firman].


Lebak
- aktualinvestigasi.com | Di hari ketujuh, Operasi Pekat II Maung 2022 Polres Lebak Polda Banten Sasar Peredaran Miras dan Aksi Premanisme di Wilayah Kabupaten Lebak.  Rabu (7/12/2022) pukul 10.30 wib.


Operasi Pekat II Maung tahun 2022 dilaksanakan selama sepuluh (10) hari dimulai tanggal 1 s/d 10 Desember 2022 dalam rangka penanggulangan penyakit masyarakat seperti aksi premanisme, kejahatan jalanan, perjudian, miras, Prostitusi, Narkoba di Daerah hukum Polres Lebak.



Kapolres Lebak Polda Banten AKBP Wiwin Setiawan,SIK,M.H. melalui Kabag Ops Polres Lebak Polda Banten Kompol Eddy Prasetyo,H,SE mengatakan,

"Ya hari ini , Polres Lebak Polda Banten melaksanakan Operasi Pekat II Maung tahun 2022 dengan Sasar Peredaran Miras dan Aksi Premanisme di wilayah Kabupaten Lebak," ujar Eddy. 


"Seperti kita ketahui bersama Operasi Pekat II Maung tahun 2022  selama sepuluh (10) hari dimulai tanggal 1 s/d 10 Desember 2022 dalam rangka penanggulangan penyakit masyarakat seperti aksi premanisme, kejahatan jalanan, perjudian, miras, Prostitusi, Narkoba di Daerah hukum Polres Lebak." Terangnya.


"Kita ingin memastikan suasana aman dan kondusif Jelang perayaan Natal dan tahun baru 2023 di Wilayah Kabupaten Lebak," ungkap Eddy. 


"Kami mengajak kepada seluruh komponen masyarakat Kabupaten Lebak untuk bersama -sama menjaga Harkamtibmas di lingkungan sekitar dari aksi Kejahatan baik C3 , kejahatan Jalanan, Balap liar maupun penyakit masyarakat seperti Premanisme, Judi, miras dan lain-lain, apabila ada kejadian  laporkan ke nomor Call Center Polres Lebak 08772660881," tutupnya.

(006/RED-Al/lll/2022/Mujahidin)


Cianjur, Jawa Barat
- AktualInvestigasi.com | Saat kejadian gempa pukul 14.30 wib dicianjur dan dirasakan oleh para santri pondok pesantren darul Huda di desa Gasol kidul kecamatan cugenang kab Cianjur prov.jawa barat, pada saat santri sedang mengaji secara tiba tiba terdengar suara gemuruh didalam tanah dan dibarengi dengan getaran dan menurut santri tiba tiba tanah bergoncang ke atas bukan kekiri atau kanan dan goncangan tanah tersebut membuat banyaknya rumah warga disekitar desa Gasol kidul roboh.


Setelah kejadian para santri pondok pesantren darul Huda setelah mengefakuasi guru mengajinya langsung keluar membantu mengefakuasi rumah warga dan pada saat mengefakuasi 8 orang yang meninggal saat kejadian tertimpa oleh bangunan rumah karena guncangan yang begitu luar biasa.

Senin, (5/12/2022).


Ibnu warga Tangerang santri dari pondok pesantren darul Huda saat diwawancara menjelaskan pada awak media  


" Saat kejadian saya sedang mengaji sekitar jam 14.30 wib kalo yang saya rasakan guru sedang menerangkan kitab ketika saya hendak menulis perkataan guru dalam surahan itu terasa ada suara gemuruh juga ada getaran namun getarannya berbeda yang saya dengar itu gemuruh bukan suara rumah rumah roboh tapi gemuruh kaya berada dibawah tanah kaya ada yang mau keluar.


Dan dia getarannya bukan kiri kekanan tapi goyang keatas begitu kejadian saya langsung loncatin pagar lumayan tinggi sekitar semeter dan tanah sudah pada retak dan waktu itu saya fokus pada guru saya kedalam rumah melihat kondisi posisi guru ada dilantai dua memang kebetulan yang sedang mengajar itu anaknya ," jelasnya.

Masih dengan Ibnu " alhamdulillah ketika kejadian dimajelis gak langsung roboh jadi kita masih punya kesempatan untuk lari kita keluar dan kita fokus ke guru dilantai dua kita cari guru itu tangga sudah roboh setelah kita mengamankan semuanya dan alhamdullilah gak ada korban jiwa cuma hanya luka luka lalu kita mengefakuasi warga jadi warga juga yang disini yang mengefakuasikan kebanyakan santri karena itu dibagi bagi 25 bagian kiri, 25 kebagian kanan bahkan ada warga yang meninggal disitu dibelakang itu yang mengefakuasi santri diwilayah sini yang meninggal.

di TPU sini ada 8 orang dan yang meninggal campur laki laki perempuan, 4 orang lagi mengaji saat itu rumah langsung ambruk  2 meninggal ditempat, 2 lagi posisi lagi diluar terus kita beri minum gak lama wafat, disini santri kurang lebih ada 250 orang ," ungkapnya.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Tigaraksa, Tangerang
- Aktualinvestigasi.com | Panitia pembangunan Masjid Besar Ismatul Khasanah Kecamatan Tigaraksa saat ini sedang membutuhkan sumbangan donasi dana  pembelian beton ready mix sebanyak 70 meter Kubik (M3) untuk pengecoran kolom Sloop lantai atas, bila ada yang ikhlas membantu disilahkan untuk menyampaikan langsung atau melalui transfer ke rekening atas nama masjid tersebut. 07/12/2022


Demikian disampaikan wakil ketua panitia pembangunan H. Sukirno melalui Vidio durasi pendek yang dikirimnya, ia juga berharap target pengumpulan dana sebesar 63 juta tercapai sehingga pengecoran dapat terlaksana pada hari Minggu besok (11/12/2022).


"Kami mohon kepada muslimin muslimat yang memiliki harta lebih agar dapat menyisihkan menyumbangkan guna penyelesaian pembangunan Masjid Besar Ismatul Khasanah ini, semoga Allah SWT memberikan Rizqi melimpah dan berkah sehingga bisa dipakai untuk ibadah termasuk menyumbang ke pembangunan rumah Allah,"  ucap H. Sukirno. 


Diketahui masjid ini berlokasi di pusat kota tepatnya bersebelahan dengan kantor Kecamatan Tigaraksa dipinggir jalan Arya Jaya Sentika, sehingga bila waktu sholat Jum'at terlihat ruangan masjid yang ada sudah penuh sesak oleh jamaah maka pihak DKM nya beberapa waktu lalu memutuskan untuk membangun masjid dengan kontruksi 2 lantai.


"Alhamdulillah sejak Pantia Pembangunan dibentuk dengan formasi baru dan bekerja terlihat bangunan fisik sudah ada kemajuan, bahkan lebaran tahun ini lantai bawah bisa dipakai sholat Ied," ungkap Ahmad Hidayat panitia bagian Penggalangan dana. 


Dia juga menyampaikan apabila ingin memberikan infak sodaqoh untuk masjid bisa datang langsung ke panitia atau mengirim via transfer ke rekening bank BJB nomor ; 0093 6341 87100 atas nama Masjid Besar Ismatul Khasanah. "Semoga Allah SWT melancarkan cita-cita kita semua membangun masjid ini sehingga lebih nyaman dalam ibadah sholatnya nanti," pungkasnya serius.



005/RED-AII/atr


Kabupaten Tangerang
- Aktualinvestigasi.com | Pemerintah Kabupaten Tangerang memberikan penghargaan dalam penyusunan dan penatausahaan anggaran serta pelaporan keuangan dan tata kelola barang milik daerah kepada perangkat daerah tahun 2022.


Pemberian penghargaan "Gemilang Financial Award" pelaksanaan pengelolaan keuangan diberikan langsung oleh Bupati Tangerang, A.Zaki Iskandar yang didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch.Maesyal Rasyid pada hari Rabu ( 7/12/2022 ) di hotel Holiday Inn.


Pada pemberian penghargaan tersebut, Kecamatan Cisoka ditetapkan sebagai perangkat daerah kecamatan terbaik dalam pengelolaan keuangan tahun 2022. Penghargaan diterima langsung oleh Camat Cisoka, Encep Sahayat.


Camat Cisoka mengatakan bahwa penghargaan yang diterimanya dari Bupati Tangerang merupakan berkah sekaligus amanah yang Allah berikan, juga hasil tim kerja Kecamatan Cisoka, khususnya tim perencanaan dan pengelolaan keuangan serta pejabat pelaksana teknis kegiatan.


"Bersyukur kepada Allah, ini adalah berkah sekaligus amanah. Terimakasih kepada seluruh tim kerja Kecamatan Cisoka, tim perencanaan dan pengelolaan keuangan  dan para pejabat pelaksana teknis kegiatan yang telah bekerja mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, pengeloaan penatausahaan anggaran, pengelolaan pelaporan keuangan dan pengelolaan barang milik daerah. Semoga penghargaan ini menjadi motivasi bagi semuanya untuk lebih menhoptimalkan pelayanan dan kinerja," ujar Encep.


Encrp juga mengatakan bahwa berdasarkan penjelasan tim penilai, kriteria penilaian Gemilang Financial Award meliputi tata kelola penyusunan anggaran, tata kelola penatausahaan anggaran, tata kelola pelaporan keuangan dan tata kelola barang milik daerah.[0012/Red-AI/VII/2022/Firman].


Kabupaten Tangerang
- Aktualinvestigasi.com | Dalam rangka memberikan penghargaan dan memperkuat  pengakuan partisipatif perempuan Kabupaten Tangerang yang telah melakukan, membangkitkan, mendorong, dan mengajak perempuan lainnya di sekelilingnya dalam meningkatkan kualitas hidup perempuan dan anak, Pemerintah Kabupaten Tangerang menyelenggarakan pemilihan perempuan inspiratif tingkat Kabupaten Tangerang tahun 2022.


Penyelenggaraan pemilihan perempuan inspiratif tingkat Kabupaten Tangerang dimulai sejak bulan Oktober dan puncaknya  pada hari Selasa ( 6/12/2022 ) bertempat di Hotel Istana Nelayan Jati Uwung, Kota Tangerang.



Camat Cisoka, Encep Sahayat yang didampingi istri yang juga ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga ( TP PKK) Kecamatan Cisoka , Ny.Iis Riswi hadir mendampingi peserta utusan Kecamatan Cisoka pada acara puncak pemilihan perempuan inspiratif di hotel Istana Nelayan, Jati Uwung Kota Tangerang pada hari Selasa (6/12/2022).


Encep mengatakan bahwa perempuan inspiratif merupakan perempuan-perempuan yang telah berkiprah di masyarakat melalui kegiatan-kegiatan kesehatan dan lingkungan, pendidikan dan sosial budaya serta pencegahan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak.


"Tujuan pemilihan perempuan inspiratif adalah untuk memberikan penghargaan kepada perempuan inisiator pembangunan yang telah berkiprah untuk pembangunan, memberikan ruang berbagi pengetahuan dan pengalaman perempuan inspiratif yang telah dilakukan di masyarakat, menginspirasi perempuan lain untuk berbuat lebih banyak dalam masyarakat, serta mendokumentasikan dan mempublikasikan kisah inovasi perempuan inspiratif dalam hal membangun masyarakat ," papar Camat Cisoka.


Sementara itu, Ketua TP PKK Kecamatan Cisoka, Ny.Iis Riswi mengatakan bahwa tahapan pemilihan perempuan inspiratif diawali dari seleksi administrasi, kemudian wawancara dan terakhir finalisfan puncak kegiatan.


"Alhamdulillah kader PKK Desa Selapajang sebagai peserta Kecamatan Cisoka yang bernama B.Riyanti atau Bunda Yona terpilih sebagai juara 1 untuk bidang pendidikan", ujar Iis Riswi yang juga istri Camat Cisoka.[0012/Red-AI/VII/2022/Firman].


Kabupaten Tangerang
- Aktualinvestigasi.com | Dalam rangka memberikan penghargaan dan memperkuat  pengakuan partisipatif perempuan Kabupaten Tangerang yang telah melakukan, membangkitkan, mendorong, dan mengajak perempuan lainnya di sekelilingnya dalam meningkatkan kualitas hidup perempuan dan anak, Pemerintah Kabupaten Tangerang menyelenggarakan pemilihan perempuan inspiratif tingkat Kabupaten Tangerang tahun 2022.


Penyelenggaraan pemilihan perempuan inspiratif tingkat Kabupaten Tangerang dimulai sejak bulan Oktober dan puncaknya  pada hari Selasa ( 6/12/2022 ) bertempat di Hotel Istana Nelayan Jati Uwung, Kota Tangerang.


Camat Cisoka, Encep Sahayat yang didampingi istri yang juga ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga ( TP PKK) Kecamatan Cisoka , Ny.Iis Riswi hadir mendampingi peserta utusan Kecamatan Cisoka pada acara puncak pemilihan perempuan inspiratif di hotel Istana Nelayan, Jati Uwung Kota Tangerang pada hari Selasa (6/12/2022).


Encep mengatakan bahwa perempuan inspiratif merupakan perempuan-perempuan yang telah berkiprah di masyarakat melalui kegiatan-kegiatan kesehatan dan lingkungan, pendidikan dan sosial budaya serta pencegahan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak.


"Tujuan pemilihan perempuan inspiratif adalah untuk memberikan penghargaan kepada perempuan inisiator pembangunan yang telah berkiprah untuk pembangunan, memberikan ruang berbagi pengetahuan dan pengalaman perempuan inspiratif yang telah dilakukan di masyarakat, menginspirasi perempuan lain untuk berbuat lebih banyak dalam masyarakat, serta mendokumentasikan dan mempublikasikan kisah inovasi perempuan inspiratif dalam hal membangun masyarakat ," papar Camat Cisoka.


Sementara itu, Ketua TP PKK Kecamatan Cisoka, Ny.Iis Riswi mengatakan bahwa tahapan pemilihan perempuan inspiratif diawali dari seleksi administrasi, kemudian wawancara dan terakhir finalisfan puncak kegiatan.


"Alhamdulillah kader PKK Desa Selapajang sebagai peserta Kecamatan Cisoka yang bernama B.Riyanti atau Bunda Yona terpilih sebagai juara 1 untuk bidang pendidikan", ujar Iis Riswi yang juga istri Camat Cisoka.[0012/Red-AI/VII/2022/Firman].

Diberdayakan oleh Blogger.