Tangerang
- AktualInvestigasi.com | Kejaksaan Negeri Kabupaten Tangerang bersama Pemkab Tangerang menggelar bakti sosial dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi (HAK) Sedunia tahun 2022 yang diperingati setiap tanggal 9 Desember. Acara tersebut digelar di SD Negeri 1 Desa Muara Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Sabtu (10/12/22).


Dalam sambutannya Sekda mengatakan kegiatan baksos dalam rangka Hari Anti Korupsi (HAK) sedunia merupakan momen yang tepat untuk membantu sesama masyarakat. Menurut dia kepekaan dan kepedulian sosial terhadap sesama khususnya mereka yang membutuhkan, harus terus diasah agar terhindar dari keserakahan.


"Di hari anti korupsi ini, bersama-sama kita memberantas korupsi mulai dari bawah dan meningkatkan kepekaan sosial masyarakat untuk saling membantu," ucap pria yang biasa disapa Rudi Maesyal.



Sekda mengucapkan terima kasih kepada Kejari beserta seluruh jajarannya serta seluruh pihak yang telah membantu terlaksananya bakti sosial bagi masyarakat yang benar-benar membutuhkan.


"Pemkab Tangerang sangat berterimakasih atas dilaksankan baksos ini. Semoga kegiatan ini dapat membantu meringankan beban warga yang sangat membutuhkan di daerah Utara Tangerang," ungkapnya.


Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Tangerang Nova Elida Saragih menambahkan peringatan HAK sedunia merupakan momen dimana kita dapat memberikan pemahaman bersama kepada masyarakat bahwa korupsi perlu diberantas. 


"Korupsi merupakan kejahatan luar biasa. Mari kita sama-sama berantas korupsi dan meningkatkan kesadaran anti korupsi sejak dini. Kita bangkit, Indonesia pulih, bersatu berantas Korupsi," tandas Kajari Nova Elida


Hal yang sama juga dikemukaan oleh aktivis kemanusiaan Reda Manthovani yang juga saat ini menjabat Kajati DKI Jakarta. Dia menandaskan bahwa pemberantasan korupsi harus terus dilakukan, namun upaya pencegahan korupsi juga tidak kalah penting yang harus terus dilakukan, mulai dari sekolah hingga lingkungan terkecil.


"Pencegahan korupsi harus dari bawah. Pencegahan itu perlu diterapkan di sekolah dan disosialisasikan kepada masyarakat, hingga transparan," kata Reda.


Bakti sosial yang digelar dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia antara lain: khitanan massal kepada 100 anak kurang mampu, donor darah 120 orang, pembagian paket sembako kepada masyarakat tidak mampu sebanyak 1.200 orang dan penamanan pohon .


Selain Sekda Kabupaten Tangerang, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Tangerang, DR Reda Manthovani, hadir pula perwakilan kepala OPD, Pengurus Yayasan Peduli Arta Graha, Camat dan unsur Forkopimcam Kec. Teluknaga serta para kades di wilayah Kec. Teluknaga, 


005/RED-AII/Atr


SERANG
- AktualInvestigasi.com | Seorang wartawan Kupasmerdeka.com Kabiro serang Kota, Provinsi Banten, Ade irawan diduga mendapat intimidasi dan ancaman dari oknum pimpinan debt collector bogor, penyebabnya karena ia memberitakan perbuatan pemerasan yang dilakukan oknum debt collector tersebut


Sedang melakukan kegiatan jurnalistik untuk kegiatan bantuan korban gempah bumi wilayah Cianjur.


Sejumlah orang tersebut menghentikan paksa kedaraan yang di tumpangi Ade irawan Kabiro wartawan Kupasmerdeka,


Sekaligus sebagai wakil ketua perkumpulan Komunitas Persaudaraan Gabungan Antar Teman (KOPASGAT) Indonesia,


Berita yang saya buat berdasarkan sesuai kejadian fakta dilokasi mendapat perbuatan sekelompok preman berkedok depcollektor menghadang mobil Ayla A 1627 BW, milik Ade irawan ditengah jalanan jalan cisarua - megamendung dengan kata-kata keras,


"Anak istri saya (termasuk yang berumur 10 tahun) sampai saat ini trauma melihat banyak orang dan memberikan uang pun sebesar Rp2.750.000, karena tidak ada pilihan melihat anak dan istri ketakutan ,” jelasnya.


Usai berita tayang, Ade mengaku dihubungi melalui tlp whatsapp oleh preman berkedok debt collector mengaku pimpinannya mereka berinisial KR, menanyakan terkait masalah anggota saya masuk media, karenakan posisi pada saat  bergening di Polsek sudah mediasi, 


"kenapa di publikasikan di media, saya ingin klarifikasi terkait anggota saya di media,"


"Disaat bergening mobil inikan tidak setatus kuo dan 86 di jalan begitu ada kesepakatan sebelah pihak ,"saya akan permasalakan abang" ucapnya berinisial KR kepada wartawan kupasmerdeka.com Ade ,


Ditempat terpisah, Advokat Ujang Kosasih.S.H menanggapi, KR yang mengancam wartawan  setelah viral diberitakan dibeberapa media oleh Ade irawan wartawan Kupasmerdeka.com yang merupakan pemilik kendaraan yang akan dirampas seklompok orang atau depkolektor yang memberitakan kejadian berdasarkan fakta,


Seharusnya KR menggunakan Hak Jawab sebagaimana diatur oleh UU No.40 thn 1999 pasal 1.pasal 5.pasal 11 dan pasal 15, itu yang benar 


Bukan malah mengancam-ancam wartawan yang sedang menjalankan tugas sebagai jurnalistik yang diatur dan dilindungi oleh Undang-Undang


Masyarakat harus paham setiap orang yang sedang melaksanakan Udang-Undang tidak dipidana sebagaimana dimaksud pasal 50 KUHP.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Ciamis
- aktualinvestigasi.com | Kegiatan gelar budaya Sunda-Bali di Obyek Situs Ciung Wanara, Karangkamulyan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (8/12/2022) siang berlangsung meriah. Sejumlah budayawan Sunda dan ratusan pandita asal Bali turut hadir mengikuti kegiatan tersebut.


Majelis  Agung Tritangtu  SUNDA BALI NUSANTARA  Menganugerahkan Gelar Kehormatan Kepada  Hj.Ratu Ageng Rekawati dengan Gelar "Sesepuh Agung Panglima Maharani Winata Nagari Jayaning Ciptarasa Sriratuhaji Ing Pajajaran Sunda Nuswantara"., Sosok Hj. Ratu Ageng Rekawati adalah Ketua Harian DPP Paguron Jalak Banten Nusantara yang juga Tokoh Budayawan muda berpengaruh di Banten.


Disamping pemberian gelar adat kehormatan tersebut sekaligus diadakan seremoni sakral penyerahan "Tongkat Komando Pusaka Ciungwanara berusia 700 tahun", oleh Tokoh kasepuhan Sunda dan Tokoh Ketua Pandita Asia yakni, Rd .Uyut Sani Khusus Kepada Ketua Harian DPP Paguron Jalak Banten Nusantara 


"Sebagai Tokoh Budayawan Muda Berpengaruh Mampu Menjaga Keragaman Adat Tradisi  Merawat Keragaman Budaya, Etnis ,Ras ,Suku Dan agama Dalam Memimpin organisasi Terbesar Di Indonesia Tokoh Pimpinan  Wadah PJBN SE Nusantara Melestarikan Menjalankan Aturan Lalakon Amanah Karuhun".


Hj.Ratu Ageng Rekawati Selaku Ketua Harian DPP PJBN dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan GELAR BUDAYA SUDAN BALI Sangatlah luar biasa sebagai bentuk kongrit dalam upaya menghidupkan kembali kesatuan, silaturahmi dan menyamakan enerrgi entitas dan identitas Sunda dan Bali khususnya.


"Saya mengucapkan terimakasih kepada Para Tokoh Kasepuhan lintas Suku Agama Budaya juga apresiasi untuk Panitia Penyelengara Dan Warga Ciamis umumnya. Kegiatan yang telah diinisiasi warga Sunda, Banten serta  Bali ini merupakan cerminan filosofi masyarakat Sunda-Bali yang  dinamakan Tritangtu atau sebuah kelembagaan yang dulu ada di masyarakat kita, Gelar Budaya Sunda-Bali ini salah satu upaya untuk menghidupkan kembali nilai nilai moral yang terkandung didalamnya, " Ujar Ratu Ageng Rekawati 


Hj.Ratu Ageng Rekawati mengatakan kegiatan ini termasuk cukup berat meski dibalut dengan budaya. "Ciamis lagi-lagi bisa membuktikan mampu menyelenggarakan kegiatan dengan konsep yang tidak mudah untuk terlaksana dan Gelar Budaya Sunda-Bali yang berlangsung meriah dan khidmat ini membuktikan bahwa Galuh menjadi pelopor penjaga budaya Nusantara".


Senada Di Katakan Abah Anton Charliyan Selaku Tokoh Besar Jawa Barat Dan Dewan Pembina DPP PJBN Mengatakan Setelah datangnya ratusan pandita yang disucikan di Bali ke Ciamis bisa menjadi angin segar pariwisata Kabupaten Ciamis. Setelah pulang ke daerahnya dan mengabarkan kepada jemaahnya untuk berkunjung ke Ciamis.


"Sebanyak 130 pandita yang disucikan di Bali ke Ciamis. Kita berharap setelah ini mengabarkan kepada umatnya bisa berkunjung ke Ciamis. Ketika kunjungan banyak jadi berkah bisa menangkap manfaat untuk Ciamis," ujarnya.


Gelar budaya Sunda-Bali diawali dengan parade peserta di halaman parkir menuju area acara. Kemudian Ngistrenan Tritangtu Kasepuhan Agung Tatar Sunda dan Bali diiringi rajah Siliwangi dan Tarawangsa.


Kemudian penanaman pohon suci oleh para tokoh Sunda, Bali dan dilanjutkan penghormatan kepada alam dan lingkungan.


Terakhir adalah penampilan berbagai kesenian khas Sunda dan Bali. Seperti tari Amba, tari jaipong, tari kolaborasi panglikur, silat mangin, kawih Sunda, tari Pendet Bali, angklung sered dan kacapai suling.

(006/RED-Al/lll/2022/Mujahidin)


Lebak
- aķtualinvestigasi.com | Jajaran Sat Resnarkoba Polres Lebak Polda Banten kembali berhasil mengamankan Ribuan Obat Tanpa Izin Edar pada Rabu (7/12/2022) di Kp.Bojong Cae Ds.Bojong Cae Kec.Cibadak Kab.Lebak.


Obat-obatan tersebut diamankan dari seorang Pelaku SH (26) Warga 

Desa Bojong Cae, Cibadak Kabupaten Lebak.


Kapolres Lebak Polda Banten AKBP Wiwin Setiawan, SIK, MH melalui Kasat Resnarkoba Polres Lebak AKP Malik Abraham, SPd membenarkan pengungkapan tersebut,

"Ya jajaran Sat Resnarkoba Polres Lebak Polda Banten pada Rabu (7/12/2022) di Kp.Bojong Cae Ds.Bojong Cae Kec.Cibadak Kab.Lebak berhasil mengamankan Pelaku SH (24) warga Desa Bojong Cae, Cibadak Kabupaten Lebak," ucap Malik. Sabtu (10/12/2022).


"Dari Pelaku SH  barang bukti yang berhasil diamankan yaitu berupa 1 (satu) buah tas gendong warna hitam, 1.358 (seribu tiga ratus lima puluh delapan) butir obat warna kuning merek 

Hexymer, 120 (seratus dua puluh) butir obat merek tramadol, uang tunai hasil penjualan sebesar Rp.75.000,- (tujuh puluh lima ribu rupiah), 1 (satu) Handphone merek OPPO warna Gold," ungkapnya.



"Obat-obatan tersebut sering disalahgunakan, Efek samping serius yang  bisa muncul adalah halusinasi, gelisah, jantung berdebar cepat dan tidak beraturan, hingga sesak napas, bahkan henti napas," terang Malik.


"Sehingga penggunaan obat tersebut harus dengan resep dokter, dan peredarannya pun harus ada pengawasan dari pemerintah serta harus memiliki surat izin edar," tambahnya.



"Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya pelaku  dikenakan Pasal 196 atau Pasal 197 UU RI No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dengan ancaman hukuman Paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun penjara serta pidana denda paling sedikit 1 Miliar dan paling banyak 10 miliar," tegas Malik.

(006/RED-Al/lll/2022/Mujahidin)


Cianjur, Jawa Barat 
- AktualInvestigasi.com | Gempa yang melanda Cianjur hingga mencapai kekuatan magnitudo (M) 5,6 memporak - porandakan rumah dan gedung bangunan lainnya hampir 20 hari lalu, Masih menyisakan kepedihan dan trauma bagi para Korban pengungsi dampak bencana., Sehingga sampai saat ini masih banyak para donatur yang secara suka rela menyisihkan rezekinya untuk disumbangkan.




Pada Hari kamis (9/12/2022) sekira jam 14.30 wib Rombongan Laskar Merah Putih Komando Ketua Umum H.M Arsyad Cannu tiba di lokasi desa nagrak atau desa Benjot Cugenang Cianjur Jawa Barat.





Bergerak dari Jakarta, Markas Besar Laskar Merah Putih yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum H.M Arsyad Cannu serta kadernya yang terjun langsung memberikan dukungan berupa makanan Kecil, Obat-obatan (P3K), Peralatan mandi, Selimut, Handuk, Sajadah, Pampers dan perlengkapan bayi dan balita dan serta berikan bantuan uang tunai bagi anak-anak korban bencana di lokasi pengungsian.




“Kita lakukan bantuan untuk saudara-saudara kita yang terkena musibah, bencana di Cianjur, semoga bantuan ini bermanfaat bagi saudara kita,” tutur Arsyad.




Arsyad juga mengungkapkan bahwa, “sesama anak bangsa Indonesia yang kita cintai tentunya kita merasa terpanggil untuk membantu meringankan apa yang saat ini dirasakan semoga bermanfaat bagi saudara kita disana, untuk itu kami secepatnya berangkat ke lokasi kejadian, ucapnya dengan penuh semangat untuk memberikan sesuatu untuk para korban.






Selain itu Ketua umum juga berikan Uang Tunai Untuk Perbaikan Total beberapa Masjid Yang Mengalami kerusakan karena gempa bumi. 




Sebelum menuju Jakarta, Ketua Mada Jabar H. Awandi Siraj bersama Markas cabang se-Jawa barat menyisir area terparah dampak bencana dampingi Ketua Umum H.M Arsyad Cannu di dampingi jajaran pengurus Markas Besar, ketua Markas Daerah DKI Jakarta dan jajarannya.




ketika diwawancara para awak media di lokasi Desa Benjot Cugenang Cianjur, Ketua umum Laskar Merah Putih, H.M. Arsyad Cannu menerangkan.




"Semoga dengan terjadi nya musibah gempa bumi ini semoga berakhir dan kita dapat tabah menerimanya," Ucapnya.




Kerugian material rumah rusak berat dapat informasi sejumlah 6.570 unit. Kemudian rumah yang rusak sedang sejumlah 2.071 unit rumah yang rusak ringan ada 12.641, sisanya semuanya masih terus dilaksanakan pendataan.




Masih di lokasi Gempa, di luar kegiatan kemanusiaan, H Nanang Syaiful Ghozi. SH  Waketum LBH Laskar Merah Putih memberikan statement menindaklanjuti dan menyanggah berita yang bersurat bahwa berita Haffezur Rahman Awan Sebagai Ketua Dewan Pendiri.


"Ada beberapa hal yang perlu diketahui, bahwa surat yang dikeluarkan Haffezur ini sangat tidak berdasarkan AD ART dimana Sungguh nya pemilihan Ketua Umum di laskar merah putih ini sesuai AD ART adalah dipilih oleh Majelis Dewan Pendiri dan yang kedua pemecatan perihal Ketua Umum kami, H.M Arsyad Cannu yang tidak melalui majelis tinggi dewan pendiri adalah tidak sah atau tidak benar."




 Mengingat apa yang disampaikan Haffezur Rahman Awan yang mengaku Sebagai Ketua Dewan Pendiri yang membuat kegaduhan kepada seluruh kader Laskar Merah Putih di Indonesia baik dari tingkat markas daerah maupun markas cabang, sehingga pimpinan di markas besar yang di pimpin oleh para dewan pendiri yang dihadiri Mada DKI Jakarta, Mada Jabar, Mada Banten, Mada Lampung dan Mada Jawa tengah dan juga Melalui meeting zoom dengan mada-mada daerah lainnya dan juga dihadiri badan pengurus Markas Besar menyimpulkan :


" Mengingat apa yang dilakukan Haffezur Rahman Awan yang selau melakukan perpecahan atau kegaduhan terhadap kader-kader maka para dewan pendiri beserta jajaran pengurus Markas Besar telah memutuskan untuk memecat atau mengeluarkan Haffezur Rahman Awan Sebagai Ketua Dewan Pendiri. Oleh karena itu saya dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) sampaikan dan meminta agar para kader untuk tetap solid tetap kompak tetap semangat bersama pimpinan kita ketua umum H.M Arsyad Cannu, baik dari markas daerah maupun markas tingkat ranting.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


LEBAK
- AktualInvestigasi.com | Pelayanan Rumah Sakit Misi Lebak Sangat Efesien Terhadap Masayarakat Serta Fasilitas Kesehatan yang diberikan Sangat Sesuai Dengan Aturan Yang berlaku,Sabtu(10/12/2022)


Hal ini sangat berdampak baik terhadap masyarakat khususnya Di Wilayah Kabupaten Lebak,karna Selain Pelayanan Yang Efesien lingkungan pun Sangat Bersih hingga membuat para pasien merasa 

Nyaman akan kesehatan ketika Dirawat di RS Misi lebak karna Sesuai Dengan Standar Oprasional Prosedur (SOP) Merupakan Suatu Pedoman Atau Acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja instansi pemerintah maupun non usaha, Berdasarakan indikator-indikator  teknis,administratif,dan prosedural seduai tata kerja.



Salah satu keluarga Pasien sekaligus Ketua Umum Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Pemuda Banten Bersatu (LSM GPBB) Ifan Febriyanto Mengatakan “Saya Sangat Mengapresiasi kinerja Direktur RS Misi Lebak Beserta Jajaranya yang sangat membantu terhadap masyarakat baik Yang menggunakan BPJS PBI atau Non PBI tanpa ada perbedaan sama Sekali,pelayanan sangat ramah,Sopan Serta Santun Dan Sigap.


,”Lanjut ifan “Ini harus menjadi Contoh bagi Rumah Sakit Lain Yang Berada Di Provinsi Banten Khususnya Di Wilayah Lebak.

harapan saya ke depannya hal ini harus tetap terjaga Sampai kapan pun karna memberikan Dampak yang luar 

Biasa bagi para pasien serta keluarga pasien,”katanya”


Direktur Rumah Sakit Misi Lebak drg. Denny Hardianto, MPH., MH Mengatakan” Pelayanan pasti akan terus kita tingkatkan mutunya sesuai harapan masyarakat. RS Misi berharap semakin dekat dengan masyarakat pak, dan berkontribusi pada pemberdayaan kesehatan masyarakat kabupaten Lebak dan sekitarnya,”Ungkapnya.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Tigaraksa, Banten
- AktualInvestigasi.com | Semaraknya acara Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Desa Tapos bagaikan perhelatan MTQ tingkat Provinsi, selain karena gebyarnya terlihat dengan pawai Ta'aruf ribuan massa ternyata juga dihadiri mantan Walikota Tangsel 2 periode Airin Rachmi Diani (ARD) selaku tokoh perempuan di Provinsi Banten.


Kehadiran ARD yang digadang-gadang akan maju sebagai Calon Gubernur Banten diusung Partai Golkar itu bukan untuk kampanye politik namun memenuhi undangan Kepala Desa Tapos Khaerudin yang menganggap Ibu ARD sebagai tokoh perempuan yang memiliki peran sumbangsih kuat terhadap pembangunan di Banten terutama eksistensi gender di pemerintahan.


Pembukaan MTQ Desa Tapos yang dimulai usai pawai ta'aruf itu digelar nampak juga selain dihadiri para tokoh ulama, Ketua BPD Tapos dan anggota, tokoh masyarakat, tokoh pemuda se-Desa Tapos juga tak ketinggalan hadir para Kepala Desa yang tergabung dalam wadah Apdesi Kecamatan Tigaraksa yang dipimpin Kades Sodong Doni Bambang Priyangga.



ARD saat didaulat untuk menyampaikan kata sambutannya menyatakan bersyukur bisa hadir ditengah-tengah masyarakat desa Tapos yang semangat menyemarakan MTQ tingkat Desa, bahkan ia merasa senang bisa silaturahmi apabila diundang dalam kegiatan bernuansa religi seperti di Desa Tapos.


"Saya pribadi berterima kasih dan bersyukur bisa bersilaturahmi dengan para tokoh ulama tokoh masyarakat apalagi diacara religi seperti MTQ ini, cuma saya himbau kepada bapak-ibu semua yang hadir disini agar jangan lupa setelah acara selesai agar mengambil sampah yang bertebaran dan buang ke tempatnya supaya kita memiliki kesadaran bersama untuk tetap jaga kebersihan," ucap Ibu ARD yang disambut tepuk tangan yang hadir.


Selanjutnya prakata Kades Tapos Khaerudin juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran ibu ARD di acara MTQ desa Tapos, ia berharap nanti jalinan silaturahminya terus berkelanjutan dengan warga Desa Tapos Kecamatan Tigaraksa.


"Kami atas nama warga Desa Tapos berterima kasih atas kehadiran ibu ARD di acara MTQ, kami yakin jadwal ibu padat tapi masih bisa menyempatkan untuk datang. Semoga Allah SWT slalu memberi kesehatan dan semangat kepada ibu untuk terus berkiprah," ujar Kades Khaerudin seraya tersenyum sumringah.



005/RED-AII/atr


Tangerang, Banten
- AktualInvestigasi.com | Proyek betonisasi di Perumahan Taman Adiyasa Rt 002/006 desa Cikuya Kecamatan Solear 

terjadi retak retak bahkan nampak terlihat retak telor dan sudah di tutup dengan bahan namun sebagaian masih terlihat, 


Proyek yang di kerjakan oleh Cv Tuah Timan dengan nilai Proyek 148, 627, 000.00 anggaran dari APBD tahun 2022 di keluarkan oleh Dinas Bina Marga Dan Sumber Daya Air, kabupaten tangerang patut di pertanyakan kualitasnya 


Menurut Keterangan warga Jumat 09/12/2022 proyek tersebut di kerjakan malam dan dinihari, kalau yang retak retak itu di kerjakan siang hari pas matahari panas panasnya, "Saya menanyakan ke pekerja, "Bang ko retak retak ?  iya bu matahari nya panas banget, jawab pekerja, Ucap si ibu kepada awak media 


Kades Cikuya Ade Safei yang akrab di sapa Ade Black, Di ruang kerjanya saat di konfirmasi. Dirinya tidak tau proyek tersebut itu punya siapa, bahkan  pemborong nya tidak ada Komfirmasi apa lagi izin, saat akan melakukan pekerjaan di wilayah nya, sama proyek Peving block yang tidak jauh dari rumah nya pemborong juga sama tidak ada konfirmasi atau permisi ke saya selaku Kades, jelasnya 


Endang S Kabid Investigasi LSM Lembaga Sosial Kontrol Badan Adpokasi Penyelamat Aset Negara Tindak Pidana Korupsi ( BAPAN TIPIKOR ) Angkat Bicara, "Pengecoran proyek yang dikerjakan oleh CV TT di Perum Adiyasa Rt.004/006 Desa Cikuya -  Solear jelas lemahnya pengawasan Dinas terkait 


Dirinya melihat tidak ada pemandatan di badan jalan dan terkesan ada nya pembiaran di duga mengurangi ketebalan speak , ada kecurangan  demi meraup kepentingan kantong sendiri. 


Jika pengerjaan proyek tersebut tidak sesuai dengan RAB, maka pihak terkait dapat memberikan sangsi administratif, teguran tertulis, pengehentian sementara pekerjaan kontruksi, pembatasan kegiatan usaha, hingga pembekuan izin,"


Bahkan kalau menurut Ombudsman RI, Pekerjaan tidak sesuai RAB, itu Bentuk pelanggaran dan penipuan sanksinya Pidana atau adanya dugaan pihak kontraktor mengerjakan proyek tidak sesuai RAB, Tegasnya 


005/RED-AII/atr


Tangerang
- AktualInvestigasi.com | Aparat Polresta Tangerang Polda Banten mengamankan seorang pria berinisial B (22). Tersangka B ditangkap di rumahnya di Kelurahan Bagan Barat, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir, Riau.


Kapolresta Tangerang Kombes Pol Raden Romdhon Natakusuma mengatakan, tersangka B ditangkap lantaran diduga melakukan tindak pidana pemerasan dengan modus menyebarkan video rekaman hasil dari Video Call Sex antara korban dan pelaku ke media sosial.


"Korban seorang pria berinisial Y, tinggal di kawasan Tigaraksa. Total Y diperas hingga mencapa Rp16 juta," kata Romdhon, Rabu (7/12/2022).



Romdhon menjelaskan kronologis peristiwa itu. Kata Romdhon, Rabu (26/10/2022) berkenalan dengan wanita yang mengaku bernama Riana di aplikasi Mi-Chat. Perkenalan itu berlanjut ke obrolan pesan di aplikasi What's App. Bahkan, korban dan pelaku melakukan video call.


"Saat video call, tersangka yang aslinya seorang pria melakukan manipulasi seolah-olah dirinya adalah wanita. Hal itu dilakukan untuk membuat korban tertarik," ucap Romdhon.


Aktivitas video call itu ternyata di rekam oleh tersangka. Tersangka B kemudian mengancam akan menyebarkan video itu. Korban pun diminta oleh tersangka untuk mengirimkan uang sebesar Rp3 juta untuk membeli tas, Minggu (18/10/2022). Di hari yang sama, korban juga diminta kembali mengirimkan uang sebesar Rp1,5 juta.


Senin (19/10/2022), korban kembali mendapatkan ancaman bahwa videonya akan disebar. Bahkan, tersangka B mengirim foto istri dan teman korban. Korban diancam, videonya akan disebarkan ke istri korban.


"Korban yang tertekan dan tak ingin malu, meminta tersangka untuk tidak menyebarkan video itu. Tersangka pun kembali memeras korban dengan meminta uang sebesar Rp7 juta untuk liburan ke Bali," terang Romdhon.


Pengancaman dan pemerasan yang dilakukan tersangka B terus dilakukan hingga mencapai Rp16,2 juta. Korban pun melaporkan peristiwa itu ke Polresta Tangerang, Rabu (26/10/2022).


Mendapatkan laporan, petugas pun langsung bergerak . Dipimpin Kanit Krimsus Satreskrim Polresta Tangerang Ipda Prasetya Bima Praelja, tersangka pun dapat diketahui keberadaannya. Petugas pun meringkus tersangka.


Sementara itu,Kanit Krimsus Satreskrim Polresta Tangerang Ipda Prasetya Bima Praelja menyampaikan, dari penyelidikan itu terungkap bahwa tersangka adalah seorang pria. Dari penyelidikan juga terungkap, korban tipu daya tersangka mencapai 50 orang dari berbagai daerah di Indonesia dengan hasil uang yang didapat mencapai Rp500 juta. 


"Kepada kami, tersangka mengaku telah melakukan tindak pidana pemerasan dengan modus menyebarkan video rekaman VCS kepada sekitar 50 orang dengan keuntungan atau hasil yang tersangka dapat mencapai ratusan juta," kata Bima.


Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 45 ayat (1) juncto Pasal 27 ayat (1) dan Pasal  45 ayat (4) juncto Pasal 27 ayat (4) Undang-Undang Nomor 19 tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Polsek Cikande Polres Serang
- AktualInvestigasi.com | Polsek jajaran Polres Serang Polda Banten memperketat penjagaan, pasca-peristiwa bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Bandung, Rabu (7/12/2022) kemarin.


Petugas jaga Polsek Cikande memeriksa setiap orang yang hendak masuk ke Kantor Polsek Cikande secara humanis.


Kapolsek Cikande Kompol Andhi Kurniawan,S.Pd.,S.I.K.,mengatakan, ini sesuai dengan perintah dari Kapolres Serang AKBP Yudha Satria,S.H.,S.I.K untuk memperketat penjagaan kantor dan mememeriksa setiap orang yang masuk ke mapolsek.


"Kami penjagaan Polsek Cikande Polres Serang, personel bersenjata disiagakan di pintu masuk dan semuasecara ketat di Mako  orang yang masuk ke Polsek Cikande akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh Petugas" Kata Kompol Andhi Kurniawan, Kamis (8/12/2022).



Penjagaan ketat akan terus dilakukan hingga batas waktu yang belum ditentukan. Penjagaan ketat ini dilakukan di seluruh Polsek yang ada di Polres Serang Polda Banten.


"SOP nya sama sesuai atensi, perketat penjagaan sampai nanti ada perintah lebih lanjut," ucapnya.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Serang
- AktualInvestigasi.com | Seranya Mungkin belum pernah membayangkan sebelumnya bahwa beberapa tetes darah yang kita sumbangkan bisa menjadi sangat berarti bagi orang lain.Satu sumbangan darah dapat menyelamatkan sebanyak tiga nyawa dan setidaknya ada satu orang di dunia yang membutuhkan darah setiap dua detik.


Dalam menyambut peringatan  Hari Juang TNI AD ke 77 Tahun 2022 yang jatuh pada tanggal 15 Desember 2022 mendatang, Korem 064/MY menggelar Baksos ( Bakti Sosial ) donor darah bertempat di Gor Maulana Yusuf Jalan Maulana Yusuf No 9 Kota Serang. Jumat  (10/12/2022).


Sementara itu, peserta donor darah adalah Prajurit Korem 064/MY, Perwakilan dari Satdisjan jajaran Korem 064/MY, Yonif 320/BP Kostrad, Brimob Polda Banten, Persit KCK Koorcabrem 064 PD III/Siwangi, PNS Korem 064/MY serta FKPPI.


Komandan Korem 064/MY Brigjen TNI Tatang Subarna melalui Kapenrem Mayor Inf Ade Hermansyah menyampaikan, kegiatan bakti sosial yang digelar ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Juang TNI AD ke-77 tahun 2022.


“Kami bekerja sama dengan PMI untuk membantu mengumpulkan darah agar stok darah di PMI aman, dan ucapan terima kasih kepada peserta donor darah yang ikut serta dalam kegiatan bakti sosial donor darah dalam rangka Hari Juang TNI-AD. Ucapnya



Bakti Sosial Donor Darah ini merupakan salah satu wujud kepedulian TNI terhadap masyarakat untuk memberikan sumbangsih kepada sesama yang membutuhkan pertolongan.


" Semoga semua ini memjadi amal ibadah dan mendapat balasan setimpal dari Allah SWT. Karena orang yang mau mendonorkan darahnya ini adalah orang-orang yang berhati mulia "[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Kodam Jaya, Tigaraksa
- AktualInvestigasi.com | Dandim 0510/Tigaraksa Letkol Arh S.S. Bandjar hadir di apel Babinsa se-Kodam Jaya, apel Babinsa di ambil langsung oleh Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Untung Budiharto di Lapangan Tenis Jasdam Jaya Jalan Mayjen Sutoyo Markas Kodam Jaya/Jayakarta, Jum'at (09/12/2022).


Dalam apel Babinsa ada sebanyak 1.697 anggota Babinsa jajaran Kodam Jaya yang bertatap muka menerima wejangan langsung dari Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Untung Budiharto.



Dandim 0510/Tigaraksa Letkol Arh S.S Bandjar mengatakan peran aktif Babinsa dalam mendukung tugas-tugas Kodam Jaya di wilayah sangat penting sehingga barometer Babinsa sebagai ujung tombak dan sebagai mata telinga, mendengar, melihat, meredam dan merasakan aspirasi masyarakat serta memonitor perkembangan situasi di wilayahnya. Dalam pengarahan Pangdam ini, Kodim 0510/Tigaraksa mengerahkan 330 orang personil babinsa". Katanya.


"Dalam kesempatan tersebut Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto mengucapkan terimakasih kepada seluruh Babinsa yang  hari ini anggota Babinsa berkumpul di Makodam Jaya dalam rangka apel Babinsa," ujarnya.


Pangdam juga menilai capaian tugas yang sudah dilaksanakan oleh anggota Babinsa sebagai bagian dari tiga pilar, terlibat langsung dalam pendistribusian bantuan masyarakat, memberikan paket sembako, melaksanakan program stunting perbaikan gizi dan mengajak masyarakat untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan dengan kekuatan ideologi Pancasila sangat di apresiasi.


"Pada kesempatan tersebut, Pangdam Jaya juga secara simbolis menyerahkan kaos dan topi untuk anggota Babinsa sebagai wujud perhatiannya atas kinerja yang telah dilaksanakan Babinsa sejauh ini," ungkapnya.


Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Untung Budiharto mengajak di bulan Desember ini ada agenda perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 perlu antisipasi keamanan di wilayah melibatkan anggota Babinsa. “Mari kita berikan kenyamanan warga ibukota dan sekitarnya untuk perayaan tersebut.selalu jaga faktor keamanan dalam bertugas serta hindari pelanggaran. “Ajak Pangdam Jaya.

[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].

Diberdayakan oleh Blogger.