Tangerang
- AktualInvestigasi.com | Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid menjadi narasumber talkshow memperingati hari Toleransi Internasional yang jatuh setiap tanggal 16 November. Acara yang diikuti oleh para perwakilan pemangku agama di Kabupaten Tangerang tersebut digelar di GSG Puspemkab Tigaraksa, Senin (19/12/22).


Sekda pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa keberagaman merupakan hal terdekat dan melekat bagi masyarakat Indonesia, terlebih di Kabupaten Tangerang yang merupakan wilayah urban dan memiliki keragaman agama, suku, etnis, budaya dan bahasa.


"Keberagaman dan toleransi ini merupakan wujud nyata Indonesia kecil di Tangerang. Toleransi sangat penting dalam rangka menjaga keutuhan dan persatuan. Hidup rukun dan damai, saling memahami pentingnya memberi ruang satu sama lain," jelas Sekda.


Sekda juga berharap kegiatan ini dapat dijadikan agenda tahunan, bukan hanya sebagai sarana silahturahmi tetapi juga sebagai sarana edukasi pentingnya toleransi terhadap berbagai ragam budaya, suku, agama dan sosial masyarakat Kab. Tangerang. 



"Peringatan hari toleransi ini diharapkan menjadi sarana edukasi bagi setiap masyarakat untuk menumbuhkan toleransi pada sesama," jelasnya.


Sementara itu, Imam besar Masjid Istiqlal Prof. DR. KH Nasarudin Umar memberikan apresiasi atas toleransi yang sangat baik terhadap perbedaan dan keberagaman di Kab. Tangerang. Menurut dia, toleransi di Kab. Tangerang menjadi keunikan tersendiri karena pimpinan atau tokoh-tokoh agama dari hulu sampai hilir dilibatkan pada saat menyelesaikan suatu permasalahan untuk menciptakan suatu daerah yang makmur.


"Di Tangerang tokoh-tokoh agama, mulai dari hulu ke hilir terus dilibatkan dalam menyelesaikan permasalah. Bukan itu saja, tetapi semua pihak diajak untuk menciptakan kondisi yang kondusif," jelas Nasarudin Umar.


Bendasarkan data dari Kesbangpol Kabupaten Tangerang ada sekitar kurang lebih 3,1 juta jiwa jumlah umat, diantaranya: Islam sekitar 93,82 persen, Kristen Protestan 3,11 persen, Kristen Katolik 1,3 persen, Budha 1,6 persen, Hindu 0,06 persen dan Konghucu sekitar 0,02 persen.


Sedangkan jumlah rumah ibadah sendiri di Kabupaten Tangerang masjid 1.792, mushola 3.328, gereja Kristen Protestan 43, gereja Kristen Katholik 3, Vihara 22, Pura 1 dan Kelenteng 4.


Selain talkshow, pada acara tersebut juga dilakukan pemberian bantuan sarana dan prasana rumah ibadah dan juga penghargaan kepada mereka yang telah memberikan dedikasi dan pengorbanannya dalam menjaga dan merawat kerukunan umat beragama di Kab. Tangerang.


Hadir pula pada acara tersebut antara lain: Kepala Kementrian Agama Kabupaten Tangerang A Baijuri, Kepala Kantor Kesbangpol Kab. Tangerang, Arif Rahman, Romo Diosesan Antonius Suryadi selaku Ketua Komisi Hubungan Antar Agama dan Kemasyarakatan, Pendeta Samuel D Luas selaku Wakil Sekjen Asosiasi FKUB Se-Indonesia dan para tokoh lintas agama di Kabupaten Tangerang.



005/RED-AII/atr


TANGERANG
  –  Aktualinvestigasi.com | Pengupasan tanah merah, yang lebih dikenal dengan Galian C di wilayah desa pengarengan Kecamatan Rajeg  Kab. Tangerang, yang melintas di jalur wilayah desa kemiri kec kemiri dan pengguna jalan yang melintas di jalan tersebut. Karena dinilai dapat merugikan masyarakat pengguna jalan  apalagi saat  hujan turun," Sabtu 17/12/22


Kepala desa pengarengan saat di kompirmasi melalui via whtsaf mengatakan, belum ada yang datang pihak yang punya galian tersebut ke kantor desa. Nanti tunggu hari Senin Kami pihak desa akan menyetop proyek galian tersebut," ujar kepala desa pengarengan 


Camat kemiri Hadiyanto saat di kompirmasi  di mintai keterangan terkait galian tersebut karna lintas kemiri jawab camat *Tidak ada ijin* tegas camat Hadiyanto," ujarnya 


“Bagaimana tidak terganggu dengan pengupasan tanah merah galian C, yang konon katanya belum mengantongi izin itu, kala siang hari panas akan menimbulkan debu, kemudian saat hujan turun, jalannya kotor dan licin. Sehingga akan mengganggu  pengguna jalan  tersebut.


Empud ketua LSM GPBB angkat bicara adanya proyek galian, bahwa galian C tersebut diduga kuat belum memiliki izin alias ilegal. “kepada media menyampaikan, bahwa pihaknya menyayangkan kegiatan galian C tanah merah itu beroperasi tanpa izin.


“Ini termasuk unsur pembangkangan dan mengangkangi Peraturan Daerah (Perda), karena jelas-jelas untuk perizinan galian C dan galian tambang lainnya yang sejenis untuk Kab. Tangerang, tidak pernah mengeluarkan izinnya, karena yang mengeluarkan izin itu, adalah kewenangan Dinas terkait  Provinsi,” tegasnya.


Empud ketua LSM GPBB kec. Kemiri meminta instansi terkait agar segera respek secepatnya, dan tanggap terhadap keluhan masyarakat, karena hal itu menyangkut nyawa manusia. Jangan sampai setelah ada korban barulah  pihak terkait eksen ke lapangan dan menindak.


(Red/tim)


Cisoka, Tangerang
- Aktualinvestigasi.com | Warga Desa Cempaka geram pada penjual Obat Tramadol Dan Hexymer dan warga mengamuk membuat 1 toko penjual Obat tramadol dan Hexymer berkedok toko kosmetik hancur oleh warga, bertahun tahun diperingatkan oleh warga seolah olah penjual obat tersebut menantang dan tidak ada kapok kapoknya, lemah dan kurang tegas APH dan Pemerintahan Cisoka seolah olah tutup mata adanyah penjulan barang tersebut yang bisa menghancurkan generasi penerus bangsa.


Warga gerudug toko obat tramadol dan Hexymer berkedok  toko kosmetik yang ada didesa cempaka karena warga sudah lelah dan kesal tidak ada yang berani menutup toko obat tersebut, ada apa ???


Kejadian tersebut pada hari Minggu, 18 Desember 2022, di Kp Sadang desa cempaka kecamatan Cisoka kabupaten tangerang provinsi Banten 1 toko obat tramadol dan Hexymer hancur oleh warga.

Senin, (19/12/2022).


O warga sekitar mengatakan pada awak media 


 " Sesuai fakta bertahun tahun dimediasi ada aksi didesa komplit waktu bikin pernyataan, tanda tangan ada fotonya yang punya toko juga semua yang punya toko miras segala macam, sidak BPOM ada, bikin petisi warga dan ulama ada saya salinannya ada, entar ditindak tutup buka lagi buka lagi kan gitu.



kemarin sudah kelimak yang punya tokonya kerumah saya tadinya mau ijin buka lagi sama saya gak boleh kalo buka lagi percuma warga pasti turun, nah akhirnya gua mah warga ke si Muis yang punya toko obatnya gak minta apa apa minta pindah dari desa gua doang terserah mau dimana dimana kalo emang masih mau dagang obat mah jangan didesa cempaka syukur syukur keluar dari Cisoka, " ya udah bang gua gak mau dagang lagi " kata si M udah salaman dengan saya benar Lo ya, gua minta waktu seminggu mau cari kontrakan baru, kenapa gak lama jualan lagi saya mah sudah menyampaikan ke lurah, ke tokoh bahwa M sudah mengalah dia mengalah sudah mau pindah kenapa dapat seminggu lebih, buka lagi, pas warga pada kumpul buat parkiran masjid atuh kesulut pas lagi rame warga, ada santri, ada imam masjid atuh sudah jadilah hal ke kemarin ," jelasnya.


Masih dengan O " intinya warga gak mau ada lagi yang kaya begitu didesa cempaka, syukur syukur dicisoka ," ungkapnya. ( Red )


Cisoka, Tangerang
AktualInvestigasi.com | Badan Pembinaan Potensi Keluarga Besar Banten ( BPPKB ) Banten, adakan kerja bakti untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat antara lain membantu membersihkan pemakaman umum (TPU)  Desa Caringin, di motori oleh Daud selaku ketua Ranting BPPKB Desa Caringin dan dibantu para anggota yang begitu antusias dan tidak ketinggalan juga para tokoh masyarakat serta warga sekitar ikut dalam kegiatan sosial tersebut yaitu membersihkan tempat pemakaman umum ( TPU) Minggu, (18/12/2022).



Ustadz agis pembina ranting caringin mengatakan " Kami selaku Organisasi BPPKB Desa Caringin kami siap untuk membantu memajukan wilayah kami terutama kecamatan cisoka sesuai moto BPPKB Berjuang Beramal Berahlakul Karimah siap membantu masyarakat apabila ada yang membutuhkan bantuan  kami siap apapun permasalahannya yang penting kami bisa melakukannya". Ungkapnya


Sambung Daud ketua BPPKB DPRT Caringin "Saya siap untuk memajukan desa Caringin umumnya Cisoka danjuga sangat bersyukur atas kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan kang Deni selaku ketua DPAC BPPKB Cisoka  sehingga saya bisa membantu warga sekitar dan ini adalah pengalaman pertama saya bertindak sebagai ketua BPPKB ranting Caringin dan buat bara pengurus DPAC BPPKB Cisoka terutama Ketua Deni, Pembina Upep Suparta, Sekrtaris Agi, Bendahara mardi dan para pengurus lainya sekali lagi saya ucapkan terima kasih ," ucapnya.



Masih dengan Daud "Buat masyarakat yang ada di wilayah desa caringin ayo kita gabung ke BPPKB dan kita belajar bareng gunakan organisasi ini untuk menimba ilmu dan wawasan guna membuat masyarakat menjadi   cerdas. Tutup. Daud.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Lebak
- aktualinvestigasi.com | Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya menyerahkan Piala Bupati kepada pemenang Turnamen Futsal Tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Lebak, Minggu (18/12/2022). 


Pada kesempatan tersebut Bupati juga menutup secara resmi turnamen futsal yang sebelumnya telah digelar dari tanggal 17 Desember 2022 di Gor Ona. Turnamen ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Lebak ke-194.


"Saya bangga dan berbahagia bisa berdiri di tengah anak-anakku yang memiliki semangat luar biasa terutama dalam menjunjung suportivitas untuk menggali diri dalam bidang olahraga. Semoga event ini bisa terus memotivasi kita dalam membangun Kabupaten Lebak," ucap Bupati saat memberikan sambutannya.



Bupati pun berpesan untuk selalu menjaga perdamaian dan keamanan dalam setiap pertandingan, dengan begitu akan tercipta suasana yang kondusif dan para atlet dapat bertanding dengan maksimal.


Tim futsal SMKN 2 Rangkasbitung berhasil menjuarai turnamen futsal tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Lebak setelah sebelumnya sempat mengalahkan tim futsal SMK PGRI Rangkasbitung.

(006/RED-Al/lll/2022/Mujahidin)


Lebak
- aktualinvestigasi.com | Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Lebak didampingi pengurus Kwarcab Pramuka Lebak memberikan bantuan penanggulangan bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Sabtu (17/12/2022).


Bantuan berupa uang tunai sebesar 40 juta rupiah lebih diserahkan Wabup Lebak kepada Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten  Cianjur.


Wabup Lebak usai menyerahkan bantuan menyampaikan turut duka yang mendalam terhadap para korban yang terdampak bencana gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Cianjur, dan berharap para korban diberikan ketabahan dan kesabaran atas musibah yang terjadi.


"Duka masyarakat cianjur, merupakan duka kita bersama, dan kita hadir disini sebagai wujud kepedulian para anggota pramuka di Kabupaten Lebak atas duka yang menimpa saudara kita di cianjur karena pramuka itu bagaikan satu tubuh, satu sakit bagian lainpun akan merasakan sakit" Ungkap Wabup.



Wabup juga menjelaskan bantuan uang tunai berasal dari  iuran Kwarran dan Gudep Se Kabupaten Lebak.


"Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh kwaran se Kabupaten Lebak yang telah bahu membahu memberikan bantuannya kepada saudara kita di cianjur ini" Pungkas Wabup.

(006/RED-Al/lll/2022/Mujahidin)


Tigaraksa, Banten
- AktualInvestigasi.com |Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar mengukuhkan 150 orang pengurus dan anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat tingkat kecamatan se-Kab. Tangerang. Acara tersebut digelar di GSG Puspemkab Tangerang.


Kegiatan yang diprakarsai Kantor Kesbangpol Kabupaten Tangerang sebagai leading sektornya itu selain diikuti semua Pengurus FKDM Kecamatan yang berjumlah 5 (lima) orang juga hadir seluruh Camat selaku penanggung jawab FKDM kecamatan dan juga tak ketinggalan hadir Pengurus FKDM Kabupaten Tangerang yang ketuanya H. Tisna Hambali Rudani, SH pensiunan ASN mantan Kabag Pemerintahan Pemda Kabupaten Tangerang.


Dalam sambutannya Bupati Zaki menyatakan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) merupakan bentuk respon Pemerintah Kabupaten Tangerang sebagai amanat Peraturan Dalam Negeri Nomor 46 Tahun 2019 Perubahan atas Peraturan Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2018 tentang kewaspadaan Dini di daerah. 


"Forum ini dibentuk sebagai wadah dan jembatan bagi aspirasi masyarakat, kemudian juga kerawanan-kerawanan sosial yang ada di masyarakat. Sekaligus juga sebagai forum yang nantinya akan membina masyarakat kita," ungkap Bupati Zaki, Senin (19/12/2022).


Bupati menekankan bahwa kondisi dan situasi lingkungan yang aman dan nyaman merupakan tanggungjawab bersama, baik itu aparatur pemerintah, masyarakat maupun pihak lainnya. Untuk itu, Bupati berharap pengurus dan anggota yang dikukuhkan bisa bekerjasama dan berkoordinasi secara aktif dengan seluruh stakeholer yang ada di masyarakat.


"Mudah-mudahan dengan dibentuknya forum ini bisa bekerjasama dengan aparatur tingkat kecamatan, kabupaten maupun aparatur penegak sipil, termasuk aparat penegak hukum dan masyarakat," tuturnya.


Sementara itu Ketua FKDM Kecamatan Tigaraksa H. Ahmad Haerudin ditemui usai pengukuhan mengapresiasi  kepada Bupati Tangerang A Zaki Iskandar yang demikian peduli terhadap kenyamanan keamanan wilayah sampai mengukuhkan langsung jajaran pengurus FkDM tingkat kecamatan se-kabupaten Tangerang hari ini.


"Insya Allah kami akan langsung bekerja sesuai tupoksi, langkah awal kita akan rapat kerja dulu menetapkan langkah program dan pastinya langsung audiensi dengan Muspika Tigaraksa untuk menyamakan persepsi sehingga sinergitas dapat terjalin dengan kuat," ucap H. Ahmad Haerudin ditemui terlihat bersama pengurus lainnya diantaranya Endang Lasun, Toto Heryanto, H. Marsait. 


005/RED-AII/atr


Lebak
- aktualinvestigasi.com | Kedapatan Miliki Narkotika Jenis Shabu, Sat Resnarkoba Polres Lebak Polda Banten berhasil mengamankan pelaku dan barang buktinya.


Pelaku SP (21) Warga Desa Giriharja Kecamatan Cipanas diamankan berikut barang bukti satu bungkus rokok yang didalamnya tersimpan Narkotika Jenis Shabu seberat 0,18 gram.



Kapolres Lebak Polda Banten AKBP Wiwin Setiawan, SIK, MH Melalui Kasat Resnarkoba Polres Lebak AKP Malik Abraham,S.Pd membenarkan hal tersebut, 

"Ya pada hari Sabtu (17/12/2022) pukul 03.30 wib, Alhamdulillah Jajaran Sat Resnarkoba Polres Lebak berhasil mengamankan pelaku SP (21) di Pinggir Jalan yang berada di Kp Cika’ak Pasir Desa Giriharja Kecamatan Cipanas Kabupaten Lebak," ucap Malik Senin (19/12/2022).


"Dari pelaku SP kami berhasil mengamankan barang bukti satu bungkus rokok yang didalamnya tersimpan Narkotika Jenis Shabu seberat 0,18 gram," ungkapnya.


"Polres Lebak dalam hal ini Sat Resnarkoba Polres Lebak terus memberantas peredaran Narkoba di Wilayah Kabupaten Lebak," terang Malik.


"Karena Bahaya Penyalahgunaan Narkoba sangat berbahaya, dapat merusak masa depan para pemuda sebagai generasi bangsa, Narkoba bisa masuk ke semua kalangan anak-anak, pemuda maupun orang dewasa, untuk itu perlu kerjasama seluruh komponen masyarakat khususnya warga masyarakat Kabupaten Lebak," tambahnya.


"Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya pelaku dikenakan Pasal 114 ayat (1) UU RI. No. 35 Tahun 2009 Tentang 

Narkotika  dengan ancaman pidana paling singkat 5 Tahun, paling lama 20 tahun atau seumur hidup," tukas Malik.

(006/RED-Al/lll/2022/Mujahidin)

Diberdayakan oleh Blogger.