Kabupaten Tangerang
- AktualInvestigasi.com | Aksi pengeroyokan 3 pelajar SMPN 2 Tigaraksa yang dilakukan puluhan pelajar yang diduga dari beberapa sekolah, pada Sabtu sore (4/2/2023), di Jalan Aria Said Kp. Gudang Desa Pasirnangka, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, akhirnya di tanggapi pihak sekolah.


Kepala SMPN 2 Tigaraksa, Wawan Setiawan mengatakan, terkait masalah ini sudah ditangani pihak kepolisian, karena para orang tua korban sudah melaporkan kejadian ini ke Polsek Tigaraksa.


“Jadi kami berharap penyidik dalam hal ini bisa menemukan akar permasalahan sebenarnya, karena antara pihak SMPN 2 dan SMPN 5 sama-sama sudah melakukan investigasi kepada anak-anak yang bermain bola, dan diatara mereka tidak ada permasalahan apa-apa,” ujarnya Senin (6/2/2023).


Lebih lanjut, Wawan menjelaskan, meskipun ini pertandingan persahabatan, namun banyak penonton yang hadir ke stadion, karena dipublikasikan melalui media sosial (medsos), sehingga banyak orang-orang yang mengetahui dan sengaja hadir disana. Jadi diduga ada sebagian penonton terindikasi niatan tidak baik. 


“Mudah-mudahan ini bisa diusut tuntas, dan karena korban dan pelaku merupakan anak-anak sekolah, semoga para orang tuanya bisa memahami dan menemukan jalan terbaik untuk menyelesaikan persoalan ini untuk kebaikan bersama,” jelas Wawan.


“Selanjutnya, untuk sementara ekstrakurikuler bidang olahraga akan kami bekukan sampai persoalan ini tuntas,” imbuhnya.


Sementara, Kepala SMPN 5 Tigaraksa, Jarkasih menjelaskan, bahwa pertandingan ini sudah teragendakan pada hari Jumat, karena pihaknya sudah terbiasa membangun komunikasi dengan kedua belah pihak.


“Kami terkejut diluar dugaan kami ada kejadian seperti ini, dan kedua sekolah (SMPN 2 dan SMPN 5 Tigaraksa) tidak mendapatkan konfirmasi sebelumnya,” jelasnya.


Oleh karena itu, lanjut Jarkasih, ini menjadi bahan pemikiran kedepan, ada apa sebenarnya.


“Dengan kejadian ini, sementara di SMPN 5, untuk kegiatan yang berkaitan dengan pertandingan sepakbola baik dilapangan stadion maupun futsal akan dibekukan untuk sementara sampai waktu yang belum ditentukan,” terangnya.


Jarkasih menambahkan, terkait masalah ini pihaknya akan mengumpulkan data yang lengkap, dan juga akan dihadirkan para orang tua dari putra putrinya yang ikut serta dalam pertandingan kemarin, baik yang bermain atau menjadi penonton.   


“Hal itu kami lakukan untuk mendapatkan informasi sebenarnya, agar orang tua pun turut membimbing anak-anak diluar sekolah, dimana setiap ada kegiatan sekolah pasti ada surat yang terbitkan, abila tidak ada maka orang tua harus juga ikut melarang untuk tidak memberikan izin untuk mengikuti kegiatan tersebut,” tutup Kepala SMPN 5 Tigaraksa, Jarkasih.


Jurnalis AktualInvestigasi dan Media Banten24 terus menelusuri dan kawal permasalahan terjadinya aksi pengeroyokan terhadap anak dari Rekanan media hingga selesai, sementata keluarga korban pun sudah melaporkan ke pihak yang berwajib,

005/RED-AII/23/Atr


Serang
- Aktualinvestigasi.com | Kepala Bidang Keuangan (Kabidkeu) Polda Banten melakukan silaturahmi kepada Kakanwil DJPb Provinsi Banten dan Kepala KPPN Serang pada Senin (06/02). 


Saat dikonfirmasi Kabidkeu Polda Banten Kombes Pol Retno Dwiyanti, S.E membenarkan kegiatan tersebut. "Benar, kami melaksanakan silaturahmi kepada Kakanwil DJPb Provinsi Banten Bapak Sugiyarto, S.E., Ak., M.Sc., Ph.D. dalam rangka perkenalan sebagai Pejabat baru Kabidkeu Polda Banten, sehingga silaturahmi ini diharapkan dapat memupuk sinergi kerjasama jajaran keuangan Polda Banten dengan jajaran kementerian keuangan," kata Retno. 



Selain anjangsana ke Kantor DJPb Provinsi Banten, Kabidkeu Polda Banten juga melaksanakan silaturahmi dengan Kepala KPPN Serang yaitu Bapak Soegihartono. "Dalam hal ini kami juga mengunjungi Kantor KPPN Serang yang dimana KPPN mempunyai kewenangan perbendaharaan dengan bendahara umum negara, penyaluran pembiayaan atas beban anggaran serta penatausahaan penerimaan dan pengeluaran anggaran melalui kas negara perdasarkan peraturan Undang-undang," ucap Retno.


Diakhir, Kabidkeu berharap kepada kedua Pejabat dimaksud untuk memperlancar tugasnya sebagai pembina fungsi keuangan Jajaran Polda Banten. "Kami berharap dengan adanya kunjungan silaturahmi ini agar nantinya menghasilkan kelancaran penggunaan dana APBN, dan proses pencairannya dapat dilaksanakan secara profesional, transparan dan akuntabel," tutup Retno. [Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Lebak
- aktualinvestigasi.com | Dalam menanggapi dan mengantisipasi maraknya isu penculikan anak, yang terjadi di indonesia, yang berdampak ke wilayah kabupaten Lebak, Kapolres Lebak Polda Banten AKBP Wiwin Setiawan,SIK,MH, segera mengutus jajarannya untuk memberikan rasa aman, dengan memberikan himbauan ke sekolah - sekolah, yang berada di wilayah kabupaten Lebak. Pada Senin  (6/2/2023) pukul 07.00 wib s/d selesai.


Sigap tanggap kapolres Lebak AKBP Wiwin Setiawan S.I.K, M.H, melalui Kasat Binmas IPTU Subara,S.Ip, untuk memberikan rasa aman kepada Masyarakat yang berada di wilayah kabupaten Lebak, khususnya ibu - ibu yang notabene memiliki anak - anak yang masih sekolah. Dengan adanya isu ini, tidak sedikit para orang tua yang rela, mengantar dan menunggu anak - anaknya belajar di sekolah, hanya untuk memastikan keamanan, dan keselamatan anak anaknya. 



Dalam kesempatan ini, Kapolres Lebak Polda Banten AKBP Wiwin Setiawan, SIK,MH melalui Kasat Binmas IPTU Subara,S.Ip juga berkesempatan menjadi pembina upacara bendera, yang dilaksanakan di lapangan sekolah Dasar Negeri 1 Rangkasbitung Barat, serta SDN 1 dan 2 Muara Ciujung Barat Rangkasbitung Kabupaten Lebak Provinsi Banten.


Kasat Binmas IPTU Subara,S.Ip, dalam sambutannya menyampaikan amanat dari kapolres Lebak,

"Saya berharap Masyarakat tidak perlu takut, atau resah yang berlebihan, dan jangan mudah percaya informasi apapun,sebelum mengetahui faktanya," Ungkapnya.


IPTU Subara juga meminta, kepada semua guru agar bisa memberikan pemahaman kepada anak muridnya,

"Kami juga memohon pada semua guru, agar bisa memberikan pemahaman kepada anak muridnya, agar selalu waspada dan tidak mudah terpengaruh, oleh orang lain atau yang tidak dikenal, jangan mudah tergoda bujuk rayu atau iming-iming apapun, sebab anak - anak biasanya jadi sasaran utama kejahatan, karena mudah tergoda dan di iming - iming, baik dengan jajanan atau yang lainnya, jika terjadi pemaksaan oleh orang lain yang tidak di kenal, maka anak - anak diminta untuk berteriak sekeras mungkin, dan berontaklah sekuat tenaga," Pesannya.


Masih kata Kasat Binmas IPTU Subara,S.Ip,

"Jika melihat orang yang mencurigakan, segera melapor ke petugas terdekat, kami dari kepolisian Lebak siap membantu siang maupun malam," Pungkasnya.


kegiatan upacara bendera juga di hadiri oleh, Kasat Binmas IPTU Subara,S.Ip, AIPDA Dedy Wahyudin SE,MM. BRIPKA Endang Supardi SH, BRIPKA Moch.Asep Williyanto, Kepala SD Negeri 1Rangkasbitung Barat, Dewan guru dan staff SDN 1 Rangkasbitung Barat, serta SDN 1 Muara Ciujung Barat Rangkasbitung, hadir juga siswa - siswi SDN 1 Rangkasbitung Barat, serta siswa - siswi SDN 1 dan 2 Muara Ciujung Barat Rangkasbitung Kabupaten Lebak Provinsi Banten.


Antusiasme siswa - siswi SDN 1 Rangkasbitung Barat, serta Murid SDN 1 dan 2 Muara Ciujung Barat Rangkasbitung. Dalam kegiatan upacara bendera kali ini, dilaksanakan dengan sukses, dan penuh khidmat.

(006/RED-Al/lll/2023/Mujahidin)


Tangerang, Banten
- Aktualinvestigasi.com | Aparat Polresta Tangerang Polda Banten menangkap 18 orang terkait kasus penyalahgunaan narkoba. Penangkapan itu dilakukan selama Januari 2023.


"Kami mengamankan 18 orang terkait kasus penyalahgunaan narkoba dan penyalahgunaan peredaran obat keras daftar G berbagai jenis," kata Wakapolresta Tangerang AKBP Indra Mardiana saat konferensi pers di Gedung Serba Guna (GSG), Puspemkab Tangerang, Senin (6/2/2023).



Indra menjelaskan, 18 orang yang ditangkap semua berjenis kelamin laki-laki. Penangkapan dilakukan di wilayah Kabupaten Tangerang.  Dari ungkap kasus itu, polisi mengamankan barang bukti berupa 33,65 gram Sabu, 58.97 gram Sinte, dan 70 butir pil ekstasi


"Serta 1615 butir obat keras jenis tramadol, 2712 butir obat keras jenis hexymer, dan 564 botol minuman keras jenis ciu," papar Indra.


Dikatakan Indra, dalam melancarkan aksinya, para pelaku menggunakan berbagai macam modus. Pelaku penyalahguna penjualan obat keras misalnya, kerap menggunakan modus sebagai toko yang menjual aksesoris kosmetik. 


"Biasanya, para pelanggan yang biasa membeli obat keras itu adalah anak-anak muda," tutur Indra.


Indra memastikan, aparat Polresta Tangerang dan polsek jajaran akan terus memburu para pelaku penyalahguna narkoba dan obat keras daftar G tanpa izin edar. Hal itu, kata dia, merupakan atensi Kapolresta Tangerang Kombes Pol Sigit Dany Setiyono.


"Kami juga ajak masyarakat untuk bersama mencegah peredaran narkoba. Laporkan ke kami apabila mengetahui adanya aktivitas mencurigakan," tandasnya.

[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Kab. Tangerang
- Aktualinvestigasi.com |  Jajaran Polresta Tangerang berkomitmen untuk memberantas geng motor yang kini tengah meresahkan masyarakat.

Wakapolresta Tangerang AKBP Indra Mardiana mengatakan, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin membuat wilayah Tangerang zero geng motor. 


"Zero berandalan bermotor bukan tidak bisa. Insyaallah kita buat kota dan kabupaten Zero berandalan bermotor," kata Indra dalam acara Deklarasi Pencegahan dan Antisipasi Berandalan Bermotor bersama unsur Forkopimda di Tangerang, Senin 6 Februari 2022.



Dia melanjutkan, dari data mapping Polresta Tangerang ada sembilan wilayah di Kabupaten Tangerang yang menjadi pengawasan polisi karena terdapat kelompok berandalan bermotor.


Wilayah tersebut yakni Balaraja, Jayanti, Cisoka, Tigaraksa, Mauk, Rajeg, Pasar Kemis, Cikupa, dan Panongan.


"Ada kelompok geng motor di wilayah tersebut diantaranya Tangbar 79, Pokemon, Warmud, Bikini Bottom, All Star, Cisoka Lovers, The Moon, dan masih ada beberapa lainnya," tuturnya.


Sementara, dilihat dari waktu kejadiannya, Indra menyebut, aksi geng motor di wilayah hukum Polresta Tangerang kerap terjadi di jam rawan mulai pukul 00.00-05.00 WIB.


"Dengan membawa senjata tajam mereka tidak segan-segan melukai masyarakat yang ditemuinya pada saat konvoi" ujarnya. 


"Para pelaku merupakan anak-anak atau masih di bawah umur," imbuhnya.


Pun begitu, menurutnya, maraknya aksi geng motor dan tawuran pelajar ini menjadi tanggung jawab semua pihak.



"Aksi berandalan bermotor bukan suatu kebanggaan, bukan suatu keberhasilan. Kita tidak menyalahkan siapapun dan ini menjadi motivasi kita semua untuk mencari formula terkait pencegahan geng motor ini," tandasnya. 


Dia pun mengajak pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mencari formula yang tepat untuk menanggulangi aksi berandalan bermotor tersebut.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Kodam Jaya, Tigaraksa
- Aktualinvestigasi.com | Komandan Kodim 0510/Tigaraksa Letkol Arh S.S Bandjar turut menghadiri kegiatan Evaluasi Kerja Tahun 2022 dan Komitmen Kerja Tahun 2023 Satuan Kerja Polda Metro Jaya yang diselenggarakan di Nusantara Hall ICE BSD Convention Exhibition Jl. Boulevard, Kecamatan Pagedangan, Kab Tangerang  Kab.

Tangerang, Senin (06/02/2023).


Dalam kegiatan itu, langsung dihadiri oleh Mayor Jenderal TNI Untung Budiharto, S.E Pangdam Jaya/Jayakarta, Irjen pol  Fadil Imran Kapolda Metro Jaya, Kolonel Inf Harapan Tua Simatupang , S.I.P. Asintel Kasdam Jaya, Kolonel Inf Ardiansah As ops Kasdam jaya, Kolonel Arm Stefie Jantje Nuhujanan Aster Kasdam Jaya,  Letkol Cpm Dwi Indra Wirawan Kapendam Jaya,  Kolonel CPM Irsyad Hamdie Bey Anwar Danpomdam Jaya Letkol Arh S.S Bandjar Dandim 0510/Tigaraksa dan Jajaran Kapolres  Metro Jaya dan Jajaran Kapolsek Polda Metro Jaya.


Di kegiatan itu, Pangdam Jaya menyampaikan apresiasi kepada Polda Metro Jaya beserta seluruh jajarannya yang telah bekerja keras memberikan rasa aman dan nyaman serta pelayanan kepada warga masyarakat di seluruh wilayah hukumnya.



Ditempat terpisah, Dandim 0510/Tigaraksa Letkol Arh S.S. Bandjar mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melakukan perumusan resolusi, strategi dan langkah kerja dalam pelaksanaan program, anggaran, dan kegiatan pada tahun 2023 yang disesuaikan berdasarkan evaluasi pencapaian kinerja tahun 2022.


Kegiatan Rapat Evaluasi Program Kerja dan Anggaran TA. 2022 ini dipimpin langsung Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi, S.I.P., M.B A., M.Han., dan diikuti oleh Irdam II/Swj, Kapok Sahli Pangdam II/Swj, Asrendam II/Swj dan para Asisten Kasdam II/Swj..


Kegiatan Evaluasi Kerja Tahun 2022 dan Komitmen Kerja Tahun 2023 Satuan Kerja Polda Metro Jaya adalah untuk menilai dan mengukur sejauh mana pencapaian Program Kerja dan Anggaran satuan kerja serta menginventarisasi hambatan/kendala dengan mendiskusikan langkah solusi pemecahan permasalahan dalam upaya meningkatkan kinerja pada tahun yang akan datang.


Selanjutnya, Dandim juga menyampaikan, adanya rapat evaluasi akan menjadi pembelajaran ke depan, dimana hal-hal positif dapat dijadikan pedoman dan memperbaiki kekurangan yang ada sebelumnya 


Menurut Dandim, selama ini sinergitas TNI - Polri bersama Forkopimda, khususnya Kodim 0510/Tigaraksa dengan Polresta Tangerang beserta seluruh jajaran, tetap solid, termasuk dengan Forkopimda Kab Tangerang dalam menciptakan wilayah Kabupaten Tangerang  yang aman ,nyaman dan kondusif.


“Kesolidan yang terjaga dan terbina baik selama ini, tentunya akan terus kita tingkatkan bersama - bersama agar wilayah Kabupaten Tangerang selalu aman dan damai. Itu menjadi komitmen dan harapan kita bersama agar yang menjadi program kerja di Tahun 2023 dapat berjalan dengan baik." pungkas Dandim selepas mengikuti kegiatan tersebut.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Kodam Jaya, Tigaraksa
- Aktualinvestigasi.com | Kasdim 0510/Tigaraksa Mayor Inf Hendrik Sudrajat menghadiri rapat forum koordinasi pimpinan daerah kabupaten Tangerang (FORKOPIMDA) tentang pencegahan dan antisipasi berandalan motor serta Deklarasi anti berandalan motor di kabupaten tangerang, Senin (06/02/2023).


Rapat di gelar di Gedung Serba Guna ( GSG ) Jalan H. Somawinata No 1 Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang yang di ikuti sebanyak 150 Orang.



Hadir dalam kegiatan, Ahmed Zaki Iskandar, B.Bus Bupati Kabupaten Tangerang, AKBP Indra Mardiana, SH, S.IK, M.SI Wakapolresta Tangerang, AKBP Bambang Yudhantara Salamun, S.IK Wakapolres Metro Tangerang Kota, AKP D. Iskandar Kasubag Kerma Bagops Polres Metro Tangerang Selatan, Nova Elida Saragih SH MH. Kajari kabupaten Tangerang, KH. Uwes Nawawi Ketua MUI Kabupaten Tangerang, PJU Polresta Tangerang, Para Kadis se-kabupaten Tangerang, Perwakilan guru dan pelajar dan Perwakilan Ormas.


Dalam penyampaiannya Bupati Tangerang Ahmad Zaki Iskandar mengatakan, upaya pencegahan berandalan motor dan tawuran pelajar di Kabupaten Tangerang adalah masalah populasi yang sangat padat pelajar tingkat SMP, SMU. SMK banyak sekali ini tantangan. tingkat generasi anak sekolah cukup tinggi.


"Ini merupakan Tugas kita. Masalah Tawuran, Minuman keras dan Narkoba. tugas elemen - elemen masyarakat semuanya,  termasuk orang tua ini wajib untuk berupaya mencegah hal seperti ini. Pemda dengan Kajari sudah berupaya memberikan penyuluhan kepada Anak- anak pelajar bahkan kita sudah deklarasi tapi . setelah deklarasi damai anak - anak tawuran lagi di kabupaten Tangerang," ujarnya.


"Saya berharap kepada kadis pendidikan memberikan materi tambahan di sekolah dengan Ilmu ilmu agama adakan penyuluhan di sekolah. Agar mahasiswa  kurang waktu bermainya atau waktu luangnya, yang menimbulkan kerugian bagi kalian. jangan sok jagoan kalau sudah ketangkep Polisi yang rugi diri kalian sendiri, di penjara yang rugi adalah keluarga," katanya lagi.


Menurut Bupati sebentar lagi melaksanakan Ibadah puasa Ramadan yang siangnya puasa malamnya kumpul - kumpul di jalan. dengan melakukan kegiatan yang melanggar hukum . Kalau sudah terjadi pasti ada penyesalan. medsos sangat luar biasa sekali. "Saya berharap kadis pendidikan memberikan program tambahan sehingga kedepan lebih baik lagi," ungkapnya.


Sementara, AKBP Indra Mardiana, SH, S.IK, M.SI Wakapolresta Tangerang menambahkan, ini merupakan tugas semua untuk mencari solusi Brandalan motor pada pagi ini kita rembuk mencari pormula menangani Brandalan ini. bukan tugas Pemerintah kab. Tangerang. 


"Bukan kita saling menyalahkan terkait Brandalan motor ini. di Kabupaten Tangerang bukan wilayah yang kecil dengan Jumlah penduduk 2 juta," ucapnya.


Di waktu yang sama Kasdim 0510/Tigaraksa Mayor Inf Hendrik Sudrajat mengatakan, untuk menjadikan Hal tersebut menjadi kondusif perlu adanya suport dan dukungan dari seluruh komponen masyarakat agar kedepan Kabupaten Tangerang menjadi kondusif. 


"Kenapa kegiatan Brandalan Motor ini terjadi di jam rawaan karena kelompok ini sudah bisa membaca kondisi keadaan karena kurangnya pengawasan dari kita semua,"Terutama pengawasan dari orang tuanya sendiri." tegasnya.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Kodam Jaya, Tigaraksa
- Aktualinvestigasi.com |  Batituud Koramil 14/Panongan Peltu Misbach persiapkan benteng negara di masa datang, dengan melakukan pembinaan serta memberikan wawasan yang matang kepada peserta latihan Taekwondo binaan Koramil 14/Panongan. Senin (06/02/2023).


Berlangsung di halaman Koramil 14/Panongan, peserta latihan Taekwondo di gembleng dan diberi materi untuk tetap cinta tanah air dan membela kaum yang lemah serta bisa mengerti tentang berlatih bela diri, selain bisa untuk membentengi diri sendiri juga untuk membentengi orang lain dari hal hal yang membahayakan.



Danramil 14/Panongan Kapten Inf Agus halim siregar mengatakan “Kami memberikan masukan serta menerangkan mekanisme untuk pengembangan agar peserta latihan bisa semakin bertambah, selain itu kita juga memberikan wawasan mental serta kebangsaan agar mereka siap dimasa yang akan datang membentengi negara, tentunya dengan penanaman ideologi serta cinta tanah air,” 


“Nantinya dengan berjalannya waktu Koramil 14/Panongan akan bekerja sama dengan sekolah sekolah yang ada di kecamatan Panongan, agar anak anak tingkat SD, SMP, serta SMA bisa diadakan giat ekstra kurikuler di sekolah yaitu bela diri Taekwondo,” Pungkas Batituud Koramil 14/Panongan, Peltu Misbach.

[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Cikande, Serang
- Aktualinvestigasi.com | Disela kegiatan rutin sambang desa, Bhabinkamtibmas Polsek Cikande Polres Serang Bripka Suardi yang bertugas sebagai pembina di desa Cikande, Kecamatan Cikande melakukan gotong royong membantu warga membuat jalan gang di pemukiman warga Kampung Cimasuk, Desa Cikande, Kecamatan Cikande Kab. Serang. Senin (6/2/2023).


Dengan berseragam lengkap dirinya mengikuti kegiatan gotong royong membantu pembuatan Jalan gang hasil swadaya masyarakat setempat.


“Jadi selain memastikan situasi kamtibmas tetap aman, kami juga ikut terlibat dalam membangun kebersamaan dengan masyarakat mewujudkan Polri yang humanis, diantaranya dengan kerja bakti bersama warga,” terang Bripka Suardi.


Menurut Bripka Suardi, dengan membiasakan ikut berpartisipasi pada setiap kegiatan masyarakat bhabinkamtibmas bisa lebih dekat dengan masyarakat, sehingga dapat membantu tugas kepolisian dalam ikut menjaga keamanan dan ketertiban.


“Momen ini sangat bermanfaat bagi Polri khususnya dalam membina keakraban dan kedekatan anggota dengan lingkungan masyarakat sehingga, memudahkan komunikasi dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif, dan aman di lingkungan masyarakat,” ujarnya.


Ditambahkan, kegiatan tersebut salah satu cara untuk memupuk budaya gotong royong di masyarakat yang saat ini mulai ditinggalkan dan juga mengajak masyarakat untuk membiasakan dan membudayakan gotong royong, karena dengan gotong royong pekerjaan akan lebih mudah dan cepat selesai.


Kapolsek Cikande Kompol Andhi Kurniawan,S.Pd.,S.I.K.,mengatakan bahwa apa yang dilaksanakan oleh anggotanya yaitu Bhabinkamtibmas sudah tepat dan hal tersebut sesuai dengan apa yang selalu kami tekankan agar setiap anggota Bhabinkamtibmas selalu menjalin sinergi dan membaur bersama warga dalam kehidupan bermasyarakat.


"Tentunya dengan kebersamaan dan sinergitas, pelaksanaan tugas menjaga kamtibmas akan lebih mudah," kata Kapolsek Cikande.

[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


SIDOARJO_
  Aktualinvestigasi.com | Begitu mahal dan sulitnya untuk mengakses atau memperoleh Informasi publik bahkan harus mengikuti sidang demi sidang, padahal yang di butuh kan itu informasi yang berhubungan dengan birokrasi, sebagai pertanggung jawaban kepada masyarakat dan sifatnya umum, lagi pula itu sudah di atur oleh undang-undang keterbukaan informasi Publik (KIP) UU No 14 Tahun 2008. 


Seperti yang di alami dan dirasakan oleh perkumpulan masyarakat PKN (Pemantau Keuangan Negara), untuk memperoleh atau mengakses informasi publik harus melakukan gugatan ke Komisi Informasi, itu pun harus menunggu lama terkait dengan agenda sidang bahkan harus banding ke PTUN (Pengadilan Tata Usaha Negara ) dan Kasasi Ke MA (Mahkamah Agung)  Klimaksnya sampai turun kejalan melakukan orasi demi untuk mendapatkan atau memperoleh dokumen Informasi publik tersebut. 


Melihat Penomena seperti ini sebagai Ketua Umum PKN Patar Sihotang, SH, MH sangat kecewa dan miris, mengingat apa yang di lakukan dari anggota PKN ini sebagai bentuk kecintaan kepada republik ini, tapi sepertinya kenapa di persulit, dihambat bahkan sampai di jegal, 

"Saya sendiri melihat penomena seperti ini kadangkala merasa geram, sepertinya mereka-mereka ini tidak ingin ada perubahan ke arah yang lebih baik, padahal kita perkumpulan PKN ini sudah memohon terkait dengan LPJ itu berdasarkan mekanisme, sesuai prosedur dan sudah sesuai dengan perintah Undang- undang, tapi sepertinya masih saja di persulit. dan kadangkala harus di sertai perang mulut, bahkan harus turun kejalan orasi hanya ingin mendapatkan Informasi Publik tersebut, ini kan terasa aneh," tegasnya 


Patar Menambahkan bahwa Undang- undang terkait Keterbukaan Informasi publik ini belum berjalan maksimal sebagaimana mestinya, mengingat di lapangan masih banyak ditemukan kendala, permasalahan bahkan hanya untuk sebuah dokumen Informasi Publik harus berakhir di MA( Mahkamah Agung), salah satu contoh PKN Versus PTUN beliau juga menyayangkan putusan komisioner Komisi Informasi yang menyidangkan sengketa Informasi Publik PKN versus PTUN (Pengadilan Tata Usaha Negara ) di provinsi Jawa timur harus dilakukan Banding, Mengingat putusan tersebut cenderung tidak sesuai dengan keinginan PKN dan cenderung mencederai Undang- undang KIP itu sendiri.

"Ya sesuai dengan putusan komisioner PKN versus PTUN kita lakukan banding, karena disitu ada poin-poin yang tidak sesuai yang kita tidak sepakati, mengingat sesuai dengan permohonan kita dari awal bahwa yang kita minta itu berupa soft copy dan hard copy terkait dengan perjalanan dinas Ketua PTUN dan jajarannya. tapi sesuai putusan kemarin hanya bisa di perlihatkan dan di baca.sepertinya ada kejanggalan terkait dengan putusan tersebut. tapi yang jelas PKN tidak akan tinggal diam dan melawan karena secara tidak langsung sudah menciderai Undang- undang KIP  dan masyarakat," Pungkasnya.(Tim/Red)


Kodam Jaya, Tangerang
- Aktualinvestigasi.com | Upaya dalam menciptakan generasi muda yang handal Babinsa Kelurahan Pondok Aren, Koramil 07/PDA, Kodim 0506/Tgr Peltu Ahmad melakukan pembinaan kepada Saka Wira Kartika (SWK) SMK Negeri 2 Tangerang Selatan, Minggu (05/02/2023).


Dandim 0506/Tgr Letkol Inf Ali Imran melalui Danramil 07/PDA Kapten Kav Djatman menjelaskan, pembinaan bertujuan agar para pemuda menjadi pemuda yang handal sehingga dapat bersaing di masa yang akan datang.


"Kegiatan pembinaan Pramuka tersebut guna mendukung program TNI AD bidang Teritorial yang bertujuan untuk membina generasi muda agar memiliki kegiatan yang positif guna mencegah kegiatan yang negatif," ujarnya.


Lebih lanjut Danramil menambahkan, kegiatan pembinaan pramuka tersebut bermaksud untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan serta kedisiplinan, yang nantinya dapat berguna bagi dirinya dan masyarakat luas.

[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Kodim 0505/Jakarta Timur
- Aktualinvestigasi.com | Mantapkan penataan Koperasi yang sehat, Primer Koperasi Kartika Mulya Jaya melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Ke-51 Tahun 2023,  kegiatan RAT diselenggarakan di Aula Makodim yang diikuti seluruh prajurit dan PNS, Senin (06/02/2023).


Dengan mengusung tema “ Kita Mantapkan Penataan koperasi yang Sehat Usaha Organisasi dan Keuangan secara terpadu Menjadi Koperasi Mandiri, Maju dan Profesional”, Rapat Anggota Tahunan (RAT) dibuka oleh Pasi Pers Kodim 0505/Jakarta timur Mayor Arh M. Sianturi yang mewakili Dandim 0505/JT sebagai Pembina Primer Koperasi Mulya Jaya.



Dalam amanatnya Dandim 0505/JT yang dibacakan oleh Pasi Pers Mayor Arh M. Sianturi adalah sbb : Dandim memberikan apresiasi kepada pengurus Primkop Kartika Mulya Jaya yang telah melaksanakan tugas dengan baik dan penyelenggaraan RAT ini sebagai salah satu kewajiban yang telah diamanatkan oleh undang-undang nomor 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian.


Perlu kita ketahui bersama bahwa kemajuan koperasi yang sudah diraih selama ini membuktikan bahwa kinerja Primer koperasi Mulya Jaya Kodim 0505/Jakarta Timur sangat bagus. Kapuskop berharap anggota prajurit dan PNS selalu memberikan saran dan masukan supaya Primer Koperasi Kodim 0505/JT dapat berkembang dan lebih baik lagi ditahun yang akan datang. “Apabila Koperasi maju maka akan dapat meningkatkan kesejehteraan anggota.


“Tugas pokok Primer Koperasi Kartika Mulya Jaya adalah membantu dalam usaha meningkatkan kesejahteraan Prajurit dan PNS beserta keluarganya.


Keberhasilan koperasi hanya dapat terwujud berkat adanya kerja keras dan semangat pengabdian yang tinggi oleh pengurus, badan pengawas dan pembina serta yang tidak kalah pentingnya adalah adanya rasa ikut memiliki dari seluruh anggota terhadap kesuksesan dan kemajuan koperasi.


Pada kesempatan yang sama ketua Primer Koperasi Kartika Mulya Jaya Kapten Inf Hadi Sasmungi  juga menjelaskan secara umum, bahwa penataan Koperasi, Organisasi usaha secara terpadu diharapkan kedepannya menjadi maju dan Profesional.


Dari laporan singkat Ketua Primer Koperasi Kapten Inf Hadi Sasmungi, dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan Primkop Kartika Mulya Jaya untuk tahun buku 2022 mengalami kenaikan yang signifikan, baik pendapatan usaha, maupun pendapatan SHU.


Dari hasil Rapat Anggota Tahunan tutup buku tahun 2023 disimpulkan bahwa secara umum Primer koperasi Mulya Jaya dapat melaksanakan semua rencana kerja, rencana anggaran dan semua hasil keputusan Rapat Anggota Tahunan sehingga dapat bermanfaat bagi Prajurit dan PNS Kodim 0505/Jakarta Timur beserta keluarganya.


Hadir dalam Rapat Anggaran Tahunan adalah Kapuskop A Dam Jaya  Kolonel Inf Haris Panca Putra, Pasi Pers Mayor Arh M. Sianturi mewakili Dandim 0505/JT, Para Pasi Staf, Danramil 01 s/d 08, Kepala primer Koperasi Kodim 0505/JT Kapten Inf Hadi Sasmungi , Ketua pengawas Primer Koperasi Mayor Inf Agus, Anggota Pengawas Koperasi, seluruh pengurus Primkop Mulya Jaya, anggota Prajurit dan PNS Kodim 0505/JT.


Aktualinvestigasi.com


[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Serang
- Aktualinvestigasi.com | Satbrimob Polda Banten kembali menggencarkan penegakan disiplin bagi personel Brimob melalui pelaksanaan Operasi Penegakkan, Ketertiban dan Disiplin (Ops Gaktibplin).


PS. Kasi Provos Iptu ade firman memerintahkan anggotanya menggelar kegiatan patroli dengan sasaran tempat hiburan malam di wilkum Polda Banten pada Sabtu malam (04/02). “Kita melakukan kegiatan ini untuk mencegah dan mencari anggota yang melanggar aturan dengan memasuki tempat hiburan malam yang dapat menurunkan kepercayaan masyarakat” ujar ade.


Menurut Ade sebagai anggota Polri harus memahami esensi nilai-nilai Tribrata dan Catur Prasetya dalam wujud komitmen moral. "Sebagai anggota Polri harus memahami esensi nilai-nilai Tribrata dan Catur Prasetya dalam wujud komitmen moral dan aturan tersebut sudah tertuang dalam Kode Etik Profesi Polri yang berisikan aturan-aturan yang merupakan inti landasan etik atau filosofis yang berkaitan dengan perilaku maupun ucapan mengenai hal-hal yang diwajibkan, dilarang, patut, atau tidak patut dilakukan oleh anggota Polri dalam melaksanakan tugas, berwenang , dan tanggung jawaab jabatan," terang Ade.



Anggota Polri, tanpa terkecuali Brimob harus mampu menjadi teladan masyarakat dalam kedisiplinan dan kepatuhan terhadap peraturan. “Operasi Gaktiplin ini merupakan kegiatan rutin sebagai bagian dari pembinaan bagi personel dan menghindari pelanggaran yang dapat menurunkan kepercayaan masyarakat. Sehingga penting bagi Brimob Banten untuk menjaga kedisiplinan dan kepatuhan dilingkungan sendiri.” tutup Ade [Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Lebak
- Aktualinvestigasi.com |Mendapat informasi dari warga terkait penemuan mayat di Kampung Carelang, Desa Kolelet Wetan, Kecamatan Rangkasbitung tepatnya di Sungai Ciujung, personel Polsek Rangkasbitung gerak cepat dengan mendatangi TKP penemuan mayat seorang laki-laki untuk segera dievakuasi pada Minggu (05/02).


Kapolsek Rangkasbitung AKP Pipih Iwan Hermansyah menjelaskan kronologis penemuan mayat di Sungai Ciujung. "Awalnya pada Minggu (05/02) sekira jam 10.30 Wib, saat itu salah satu saksi sedang memancing di pinggir sungai, selanjutnya melihat mayat mengambang diatas permukaan air dengan posisi telungkup dan menggunakan celana pendek berwarna hitam," kata Pipih.


Diduga awalnya korban tenggelam, selanjutnya saksi memberitahukan perihal penemuan mayat tersebut kepada warga setempat dan langsung menghubungi Polsek Rangkasbitung. "Kemudian anggota Polsek Rangkasbitung langsung mendatangi TKP," jelas Pipih. 


Selain cek TKP anggota Polsek Rangkasbitung juga berkoordinasi dengan Unit Identifikasi Satreskrim Polres Lebak. "Selanjutnya anggota Polsek Rangkasbitung mengevakuasi mayat tanpa identitas tersebut dan dibawa ke Rumah Sakit Umum Adjidarmo Rangkasbitung untuk dilakukan pemeriksaan medis penyebab kematian korban," tutupnya. 

 [Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Serang
- Aktualinvestigasi.com |Menerima laporan dari masyarakat bahwa telah terjadi laka laut orang hilang terseret arus di perairan Cibungur tepatnya di PT. Menjangan Mas Kampung Cibungur Masjid Desa Cibungur Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Pandeglang. Dua orang pria dilaporkan hilang berinisial TF (43) dan AE (39) yang merupakan warga setempat.



Kemudian Kapolres Pandeglang AKBP Belny Warlansyah melalui Kasat Polairud Polres Pandeglang Polda Banten AKP Zul Ahmadi Ampera menjelaskan kronologi peristiwa tersebut. “Pada Minggu (05/02) sekitar pukul 16.00 Wib di perairan pantai Cibungur tepatnya di area tambak udang PT. Menjangan Mas telah terjadi laka laut, pada saat korban TF dan AE serta saksi DI (48) sedang melakukan pengecekan pipa tambak udang yang berada dipantai berjarak sekitar 100 M dari daratan, pada saat melakukan perbaikan, tiba-tiba ombak besar datang dan langsung menyeret korban,” ucap Zul.


Selanjutnya Zul mengatakan setelah mendapatkan laporan tersebut anggota Satpolairud Polres Pandeglang langsung melakukan olah TKP. “Anggota melakukan pencarian korban mulai pukul 16.00 Wib dan dihentikan pada pukul 18.15 Wib. Pencarian korban akan dilanjutkan pada Senin (06/02),” tutup Zul.

 [Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Serang
- Aktualinvestigasi.com | Polda Banten laksanakan apel pagi rutin yang dipimpin Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto yang bertempat di lapangan Polda Banten pada Senin (06/02).


Kegiatan ini dipimpin langsung Kapolda Banten didampingi Wakapolda Banten Brigjen Pol M. Sabilul Alif serta didampingi PJU Polda Banten.


Dalam sambutannya Rudy memberikan apresiasi kepada seluruh personel Polda Banten. “Dalam kesempatan apel kali ini saya ingin mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh personel atas kinerja dan dedikasi kinerja selama saya menjabat 2 tahun di Polda Banten,” ucap Rudy.



Selain mendapat arahan, apel pagi kali ini agak berbeda karena Kapolda Banten memberikan hadiah kepada personel yang dapat menghafal Asmaul Husna. "Dalam kesempatan ini terdapat tiga personel yang teripilih menghafal Asmaul Husna dan mendapatkan hadiah berangkat Umroh dari Kapolda Banten," kata Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Didik Hariyanto.


Adapun tiga personel tersebut yaitu Bripka Eka Dirgantara, Briptu Yulia Bakri dan Pengatur Agung Prabowo.


Didik mengungkapkan pemberian hadiah ini merupkan bentuk apresiasi pimpinan dan juga sebagai dukungan motivasi kepada personel. “Hal ini merupakan bentuk motivasi dan apresiasi pimpinan kepada personel atas kinerja dan dedikasi,” tutup Didik.


Selain itu pembacaan Asmaul Husna merupakan hal yang wajib dilakukan oleh seluruh personel Polda Banten sebelum pelaksanaan apel pagi. "Bapak Kapolda Banten mengajak seluruh personel yang beragama Muslim untuk membaca Asmaul Husna sebelum pelaksanaan apel pagi guna lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT agar dapat meksimal dalam melaksanakan tugas dan diberikan keselamatan," tutup Didik. 

 [Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Kragilan
- Aktualinvestigasi.com | guna membangun sinergitas dan kemitraan dengan warga Desa Dukuh Kec Kragilan, Bripka Adi Herwansyah S.H., silahturahmi  ke warga, Senin (06/02/23) .


Dalam kesempatan ini Bripka Muhidin menjelaskan bahwa sudah menjadi tugas dan kewajiban saya selaku Bhabinkamtibmas untuk mendekatkan diri kepada Masyarakat guna semakin terjalin nya silahturahmi dan komunikasi yang baik antara Bhabinkamtibmas dengan warga.


Tak lupa juga selaku Bhabinkamtibmas selalu memberikan pesan kepada warga sentuhan nya agar berperan aktif dan ikut serta dalam membantu tugas polri untuk menjaga situasi kamtibmas tetap aman dan kondusif.


Kapolsek Kragilan Kompol Firman Al Hamid S.H,.M.H, menutur kan bahwa kegiatan sambang ke desa-desa merupakan kegiatan rutin yang harus di lakukan oleh para Bhabinkamtibmas untuk menggali setiap informasi kamtibmas di desa binaan nya masing-masing, dan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat," ucap Kapolsek.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


SERANG
- Aktualinvestigasi.com |Apel Pagi merupakan kewajiban bagi setiap anggota POLRI, selain untuk mendengar arahan pimpinan dan pengecekan personel, apel pagi juga bermanfaat untuk melatih kedisiplinan bagi setiap anggota POLRI.


Seperti halnya yang telah dilaksanakan oleh anggota Polsek Kragilan Polres Serang yang dipimpin oleh Panit 1 Intelkam Polsek Kragilan Iptu Yusuf Bertempat Di Halaman Mapolsek Kragilan, Senin (06/02/2023).


Kapolsek menegaskan, kepada seluruh anggota tentang pentingnya pelaksanaan apel pagi sebelum melaksanakan tugas, selain untuk mengecek kehadiran personel juga bertujuan untuk mengetahui kesiapan anggota dalam melaksanakan tugas melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat dengan baik.


Kapolres Serang AKBP Yudha Satria, S.H., S.Ik melalui Kapolsek Kragilan KOMPOL Firman Hamid, S.H., M.H. Dalam arahannya yang disampaikan oleh Iptu Yusuf menjelaskan bahwa, ”dalam kegiatan apel pagi hari ini ditekankan kepada seluruh anggota Polsek Kragilan agar terus menjaga kekompakan personel, karena Solidaritas antar personel itu penting untuk menjaga dan meningkatkan kinerja anggota agar tetap baik khususnya dalam melayani masyarakat,” jelasnya.


Kapolsek juga tidak lupa berpesan agar tetap tingkatkan kewaspadaan, jaga keselamatan diri dalam bertugas serta patuhi aturan dan ikuti kebijakan pimpinan dalam upaya menciptakan situasi wilayah yang aman Kondusif dan pelayanan pada Masyarakat.


( Humas Polsek Kragilan )

 [Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


SERANG
- Aktualinvestigasi.com | Kanit Binmas Bersama Bhabinkamtibmas Polsek Kopo Polres Serang  melaksanakan kegiatan  sambang dan silaturahmi kepada Komite Sekolah SDN Nyompok 1 Desa Nyompok Kecamatan Kopo Kabupaten Serang, bertujuan menjalin silaturahmi dan memberikan pesan-pesan Kamtibmas, Senin (06/02/2023). 


Pada kesempatan ini Kanit Binmas berharap Para Guru lebih meningkatkan pengawasan kepada Para Muridnya untuk mencegah tindak kejahatan dilingkungan sekolah. 


“Di sisi lain pihak sekolah mengucapkan banyak terimakasih atas kunjungan Kanit Binmas beserta Bhabinkamtibmas dan diharapkan kegiatan seperti ini tetap berkelanjutan. 


Ditempat terpisah Kapolres Serang AKBP Yudha Satria, S.H., S.I.K. melalui Kapolsek Kopo IPTU Satibi, M.H. mengatakan, “Kegiatan Bhabinkamtibmas tersebut untuk menjalin silaturahmi dengan para guru-guru sehingga dapat terjalinnya komunikasi yang baik dan berkelanjutan guna terciptanya situasi Kamtibmas di lingkungan Sekolah yang aman kondusif” ujar kapolsek.

 [Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


CIKEUSAL - Aktualinvestigasi.com | Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, panitia pengawas pemilu (Panwaslu) kecamatan Cikeusal melaksanakan kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji panitia Pawaslu kelurahan/Desa di aula Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang, Senin (06/02/23).


Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni,Ketua PPK Kecamatan Cikeusal,Ketua Panwascam Kec. Cikeusal,Kepala KUA Kec. Cikeusal,Sekmat Kec. Cikeusal,Kanit Binmas Polsek Cikeusal,Kanit Provos Polsek Cikeusal,Kanit Intelkam Polsek Cikeusal,Dan peserta serta tamu undangan


Kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji panitia Pawaslu dilakukan guna mempersiapkan diri untuk menghadapi atau jelang pelaksanaan pemilu pada tahun 2024.



Dalam hal ini, Kapolsek Cikeusal AKP Humaedi S,H melalui Kanit Binmas Polsek Cikeusal Bripka Urip HS mengatakan bahwa " Polri khususnya Polsek Cikeusal siap untuk mengamankan dan mensukseskan pelaksanaan pemilu tahun 2024 mendatang, guna menciptakan keamanan dan kondusifitas wilayah selama jelang maupun pada saat dan setelah pemilu dilaksanakan".

 [Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


SERANG
- Aktualinvestigasi.com | Upacara bendera yang wajib dilakukan oleh siswa-siswi di sekolah, pada umumnya dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah masing-masing. Namun, ada yang tak biasa pada kegiatan upacara yang digelar pada hari Senin (06/02/2023) Pukul 07.00 WIB. Kanit Binmas Bersama Bhabinkamtibmas hadir memberikan edukasi dan bertindak sebagai Pembina upacara bendera di sekolah. 


Menindaklanjuti hal tersebut  Kanit Binmas Polsek Kopo IPDA Heru bersama Bhabinkamtibmas Polsek Kopo Polres Serang silaturahmi sekaligus menjadi Pembina upacara di SDN Nyompok 1 Desa Nyompok Kec. Kopo Kab. Serang. 



Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan jiwa nasionalisme, patriotisme, serta sikap patuh hukum peraturan perundangan-undangan. Kepada para generasi penerus bangsa, serta sebagai penambah motiviasi belajar para siwa-siswi untuk menjadi insan muda yang cerdas, dan bertaqwa, mampu bermanfaat bagi masyarakat bangsa dan negara.


Kapolres Serang AKBP Yudha Satria, S.H., S.I.K melalui Kapolsek Kopo IPTU Satibi, M.H. disampaikan Kanit Binmas IPDA Heru kepada seluruh siswa dengan perkembangan dunia pendidikan saat ini para siswa harus bisa memilih mana yang bersifat baik dan mana yang tidak baik.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


SERANG
- Aktualinvestigasi.com | Bhabinkamtibmas Polsek Kopo Polres Serang menyambangi SDN Nyompok 1 Desa Nyompok Kec. Kopo Kab. Serang untuk memberikan himbauan dan mengedukasi para anak dalam menjaga keamanan diri dan ketertiban baik di sekolah maupun saat berada di rumah. Senin (06/02/2023). 


Kehadiran Bhabinkamtibmas Desa Nyompok Briptu Rohman bersama Kanit Binmas IPDA Heru kes sekolah dengan kegiatan sambang tersebut diharapkan bisa  menjadi sebuah motivasi dan semangat anak-anak melalui imbauan dan edukasi yang disampaikan.


"Dengan kegiatan sambang bertemu anak sekolah dasar ini, kami berharap polisi dapat menjadi sahabat anak," ujarnya.


Bhabinkamtibmas Polsek Kopo dalam edukasinya, apabila ada bentuk pemaksaan dari orang tidak dikenal sebaiknya segera berteriak untuk meminta tolong agar bisa diketahui orang sekitar.


"Anak-anak semua kami imbau agar bijak dalam bermedia sosial dan diharapkan anak-anak juga agar fokus untuk belajar supaya bisa menggapai cita-cita sesuai harapan orang tua," ujarnya.


Ditempat terpisah Kapolres Serang AKBP Yudha Satria, S.H., S.Ik melalui Kapolsek Kopo IPTU Satibi, M.H. mengatakan "Kegiatan ini bukan untuk ditakuti anak-anak namun sebaliknya Polisi adalah sahabat anak, selalu dekat dengan anak dalam rangka membentuk karakter yang dimulai dari usia dini dan diperkenalkan bahwa Polisi sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat," Pungkas Kapolsek.[Ak-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Cikande, Serang
- Aktualinvestigasi.com | Polsek Cikande Polres Serang menggelar patroli kegiatan rutin yang ditingkatkan ( KRYD ) dan Patroli dialogis di wilayah Hukum Polsek Cikande, sebagai upaya pencegahan terhadap gangguan kamtibmas dan menciptakan situasi yang aman dan kondusif.


Terpantau, Tim patroli Polsek Cikande Polres Serang melaksanakan Patroli dengan rute patroli di sekitaran wilayah Kecamatan Cikande dan Kecamatan Kibin Kab. Serang, Sabtu (4/2/2023) Malam.


Adapun beberapa tempat yang menjadi sasaran patroli seperti obyek vital kawasan Industri Modern, Pertokoan, Perbankan, gerai ATM dan tempat nongkrong anak muda dan pemukiman masyarakat.


Kapolsek Cikande Kompol Andhi Kurniawan,S.Pd.,S.I.K., menjelaskan bahwa patroli tersebut rutin dilakukan, tujuannya untuk menjaga situasi kamtibmas wilayah hukum Polsek Cikande tetap kondusif sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman.


” Ya, Patroli seperti ini rutin dilakukan dengan tujuan menjaga kamtibmas tetap kondusif di wilayah hukum Polsek Cikande untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, ” terang Kapolsek Cikande.


Sasaran patrolinya jelas, seperti obyek vital, perbankan, gerai ATM, toko swalayan, tempat keramaian, tempat nongkrong anak muda dan pemukiman warga. Kita lakukan pencegahan terjadinya tindak kejahatan seperti C3, curas, curat dan curanmor. Selain itu personel juga menyasar anak - anak muda yang nongkrong dan jalan yang diduga sering di pakai aksi balap liar.


Masih lanjut, Kapolsek Cikande juga menekankan kepada anggota agar saat patroli melakukan dialog dengan masyarakat, imbau dan ajak masyarakat turut serta bersama-sama menjaga Kamtibmas, minimal di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing. 


Alhamdulillah kegiatan patroli tersebut berlangsung dalam keadaan aman dan kondusif sampai dengan saat ini. tutup Kapolsek Cikande.

Polsek Cikande Polres Serang menggelar patroli kegiatan rutin yang ditingkatkan ( KRYD ) dan Patroli dialogis di wilayah Hukum Polsek Cikande, sebagai upaya pencegahan terhadap gangguan kamtibmas dan menciptakan situasi yang aman dan kondusif.


Terpantau, Tim patroli Polsek Cikande Polres Serang melaksanakan Patroli dengan rute patroli di sekitaran wilayah Kecamatan Cikande dan Kecamatan Kibin Kab. Serang, Sabtu (4/2/2023) Malam.


Adapun beberapa tempat yang menjadi sasaran patroli seperti obyek vital kawasan Industri Modern, Pertokoan, Perbankan, gerai ATM dan tempat nongkrong anak muda dan pemukiman masyarakat.


Kapolsek Cikande Kompol Andhi Kurniawan,S.Pd.,S.I.K., menjelaskan bahwa patroli tersebut rutin dilakukan, tujuannya untuk menjaga situasi kamtibmas wilayah hukum Polsek Cikande tetap kondusif sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman.


” Ya, Patroli seperti ini rutin dilakukan dengan tujuan menjaga kamtibmas tetap kondusif di wilayah hukum Polsek Cikande untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, ” terang Kapolsek Cikande.


Sasaran patrolinya jelas, seperti obyek vital, perbankan, gerai ATM, toko swalayan, tempat keramaian, tempat nongkrong anak muda dan pemukiman warga. Kita lakukan pencegahan terjadinya tindak kejahatan seperti C3, curas, curat dan curanmor. Selain itu personel juga menyasar anak - anak muda yang nongkrong dan jalan yang diduga sering di pakai aksi balap liar.


Masih lanjut, Kapolsek Cikande juga menekankan kepada anggota agar saat patroli melakukan dialog dengan masyarakat, imbau dan ajak masyarakat turut serta bersama-sama menjaga Kamtibmas, minimal di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing. 


Alhamdulillah kegiatan patroli tersebut berlangsung dalam keadaan aman dan kondusif sampai dengan saat ini. tutup Kapolsek Cikande.

 [Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Serang
-Aktualinvestigasi.com | Bertempat di Aula Serbaguna Sarja Arya Racana Polres Serang dilaksanakan kegiatan Asistensi Bhabinkamtibmas dan pembinaan fungsi Tehnis Binmas kepada seluruh personel pengemban fungsi Bhabinkamtibmas. Senin, (06/01/2023) pukul 09.00 wib.


Jumlah personel yang mengikuti kegiatan Asistensi Bhabinkamtibmas dan pembinaan fungsi Tehnis Binmas yaitu sebanyak 60 personel Bhabinkamtibmas Polsek jajaran Polres Serang Polda Banten.


Kegiatan Asistensi Bhabinkamtibmas adalah kegiatan penyampaian arahan dan penekanan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab Bhabinkamtibmas serta dalam rangka Analisa dan Evaluasi pelaksanaan Quickwins Presisi Binmas Polres Serang oleh Pimpinan atau pembina fungsi Bhabinkamtibmas dal hal ini Kasat Binmas Polres Serang AKP Chotijah.



Kasat Binmas menghimbau kepada seluruh pengemban fungsi Bhabinkamtibmas agar melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, kepada Bhabinkamtibmas dilapangan harus bisa menjadi contoh yang baik di tengah-tengah masyarakat.


Lebih lanjut Kasat Binmas berkata agar seluruh Bhabinkamtibmas agar selalu mengedepankan sifat humanis dalam pelaksanaan tugas dilapangan sehingga masyarakat senang dengan keberadaan kita ditengah-tengah masyarakat tutupnya. 

 [Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


SERANG
- Aktualinvestigasi.com | Personel Polsek Kopo Polres Serang aktif melayani masyarakat dalam menjalani kegiatannya sehari-hari, dimulai pada saat pagi hari seperti penempatan personel di depan sekola khususnya yang berada di pinggir jalan. Senin (06/02/23). 


Personel Polsek Kopo melaksanakan pengaturan lalu lintas yang dilaksanakan setiap hari, dimulai jam 06.00 WIB sampai dengan jam 07.30 WIB Setiap hari sekolah. 


Kapolres Serang AKBP Yudh Satria, S.H., S.Ik melalui Kapolsek Kopo IPTU Satibi, M.H. jam tersebut merupakan jam rawan lalulintas diwilayah Kecamatan Kopo karena ada sekolah yang berada tepat dipinggir jalan pada jalur utama di wilayah Desa Nyompok salah satunya SDN Nyompok 1.


Kapolsek juga berharap, bahwa dengan adanya kegiatan rutin tersebut, dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat juga dapat menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

 [Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Cikande, Serang
- Aktualinvestigasi.com | Personil Polsek Cikande Polres Serang hadir ditengah-tengah masyarakat dengan memberikan pelayanan prima kepolisian, salah satunya dengan kegiatan strong point pagi, personel tergelar melakukan penjagaan dan pengaturan arus lalu lintas, demi kelancaran dan kenyamanan pengguna jalan serta meminimalisir terjadinya kecelakaan berlalu lintas.


Penjagaan dan pengaturan ( Gatur ) arus lalu lintas dilaksanakan pada saat jam-jam sibuk aktivitas masyarakat dan merupakan bentuk pelayanan terhadap masyarakat yang terus ditingkatkan. 


Seperti yang terlihat di beberapa titik rawan macet seperti di depan PT. Nikomas Gemilang, PT. PWI, Simpang Gorda dan Simpang Ambon, saat arus lalulintas padat, nampak Petugas Polsek Cikande sedang melakukan pengaturan arus lalu lintas kendaraan dan membantu masyarakat saat menyebrang jalan, Senin Pagi (6/2/2023). Tingginya mobilitas masyarakat di jam-Jam sibuk bisa memicu kemacetan dan lakalantas, oleh karena itu Polsek Cikande berusaha meminimalisir terjadinya kemacetan maupun kecelakaan saat jam rawan.


Kapolsek Cikande Kompol Andhi Kurniawan,S.Pd.,S.I.K., menjelaskan, “Pelayanan kepada masyarakat yang dilaksanakan petugas seperti penjagaan dan pengaturan arus lalu lintas merupakan kegiatan rutin kepolisian yang akan terus ditingkatkan, karena dengan hadirnya aparat Kepolisian ditengah masyarakat melaksanakan penjagaan dan pengaturan lalu lintas diharapkan dapat menekan lakalantas dan terciptanya tertib berlalu lintas di wilayah Polsek Cikande serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat,” Ujar Kapolsek Cikande.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Cikande
- Aktualinvestigasi.com | Di hari libur patroli Polsek Cikande menyambangi tempat wisata dan memberikan imbauan kamtibmas kepada pengelola wisata dan masyarakat yang sedang melakukan wisata.


Seperti halnya di obyek wisata kolam renang Taman Tirta Lestari desa Cikande dan Danau Situterate desa Situterate, personel Polsek Cikande melaksanakan patroli guna memantau keamanan dan keselamatan masyarakat yang ada di sekitar lokasi obyek wisata, Minggu.(5/2/2023).


Kapolsek Cikande  Kompol Andhi Kurniawan,S.Pd.,S.I.K.  mengatakan bahwa dihari libur banyak masyarakat yang melakukan wisata, di wilayah Polsek Cikande, ada dua tempat wisata lokal yang menjadi pantauan kami yaitu kolam renang Taman Tirta Lestari dan Danau Situterate. Kami Polsek Cikande  mengimbau kepada pengelola dan masyarakat agar tetap menjaga keamanan dan keselamatan.


“Saat ini banyak masyarakat yang datang ke tempat wisata, hal tersebut harus kita antisipasi dengan memberikan imbauan keamanan ketertiban masyarakat saat berwisata” ucapnya.


Selain itu, pihaknya juga menyampaikan pesan kepada pengunjung agar berhati-hati membawa barang bawaan atau barang berharga lainnya agar tidak menjadi korban kriminalitas. “Tetap waspada karena kejahatan bisa terjadi kepada siapapun,” pungkasnya.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Serang
- Aktualinvestigasi.com | Dalam rangka menciptakan situasi yang aman dan kondusif, serta untuk menjaga memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas), Polres Serang tingkatkan pelaksanaan patroli. (04/02/2023) pukul 22.00 wib.


Kapolres Serang AKBP Yudha Satria melalui Kabag Ops Polres Serang AKP Joko Pituturno mengatakan kegiatan patroli dialogis adalah wujud kehadiran dan kedekatan anggota Polri dengan masyarakat dan dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat di malam hari kata Joko.


Lebih lanjut Kabag Ops mengatakan dalam pelaksanaan patroli ini kita menyasar minimarket yang beroperasi 24 jam yaitu dengan memberikan himbauan Kamtibmas agar Karyawan selalu waspada saat melayani pembeli dan pastikan cctv selalu aktif kata Joko.


Selain itu kita juga melaksanakan patroli di sepanjang jalur arteri Ciruas-Cikande untuk mengantisipasi terjadinya balapan liar, geng motor, pembegalan dan kawasan permukiman penduduk sambil memberikan himbauan Kamtibmas kepada masyarakat.


Joko mengatakan pelaksanaan patroli ini tidak hanya dilakukan oleh Polres Serang, tapi juga dilakukan oleh seluruh Polsek jajaran Polres Serang Polda Banten, untuk mempersempit ruang gerak para pelaku kejahatan.


Kami juga menghimbau kepada masyarakat agar berperan aktif dalam menjaga situasi Kamtibmas yaitu dengan melakukan kegiatan ronda malam di wilayahnya masing-masing dan melaporkan kepada kepolisian terdekat jika melihat atau mengetahui terjadi gangguan Kamtibmas, masyarakat juga dapat melaporkan melalui *Layanan Polisi 110* tutupnya. [Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


SERANG
Aktualinvestigasi.com | Berbagai upaya yang dilakukan dalam menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di tengah-tengah masyarakat, Sabtu (4/2/2023). 


Polsek Jawilan Polres Serang melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) dengan melakukan patroli dialogis di Indomaret, SPBU Harendong, dan kampung pasar harendong desa Jawilan Kecamatan Jawilan kabupaten Serang pukul 21.30 Wib. 


Keamanan dan ketertiban ditengah masyarakat dapat terwujud apabila ada sinergitas dan kemitraan yang baik antara pihak kepolisian dengan seluruh warga masyarakat yang peduli terhadap lingkungan.


Saat ini situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Jawilan relatif cukup aman, tetapi kita tidak boleh lengah atau terlena dengan keadaan ini, justru kita harus lebih waspada dan pekah terhadap situasi dan kondisi yang senantiasa berubah tanpa kita sadari.


Menurut Kapolsek Jawilan IPTU Dirga Abriawan, S.Tr.K,.S.I.K,. operasi cipta kondisi KRYD ini merupakan operasi rutin dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat dengan sasaran penyakit masyarakat (Judi, miras, sajam) sekaligus sebagai upaya preemtif, Preventif dan Represif dalam mencegah kejahatan.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


SERANG
- Aktualinvestigasi.com | Mewakili Kapolsek Kanit Provos Polsek Kopo Polres Serang Bripka Nimrot menghadiri pelantikan dan Bimtek calon Panwaslu Desa Se - Kecamatan Kopo bertempat di Gedung PGRI Kecamatan Kopo Kab. Serang. Minggu (5/2/23). Pukul 09.00 WIB. 


Kapolres Serang, AKBP Yudha Satria, S.H., melalui Kapolsek Kopo, IPTU Satibi, M.H. disampaikan Kanit Provos Bripka Nimrot mengatakan, pelantikan anggota Panwaslu tingkat Desa Se - Kecamatan Kopo dilaksanakan setelah melalui mekanisme secara administrasi dari pendaftaran dan seleksi secara wawancara.



Adapun calon Panwaslu Desa Se - Kecamatan Kopo Terisi dengan jumlah 10 orang. Dalam kegiatan tersebut turut hadir Camat Kopo Tenda Subekti, M.Si 


“Selesai dilantik dan di ambil sumpah anggota Panwaslu desa dilanjutkan bimbingan teknis (Bimtek) untuk meningkatkan efektifitas pengawasan dan meminimalisir terjadinya pelanggaran dalam tahapan Pemilu di tingkat desa,” ucap Bripka Nimrot. 


Ditempat terpisah Kapolsek Kopo IPTU Satibi, M.H. berharap agar kepercayaan yang telah diberikan benar-benar menjadi amanah untuk dijalankan seadil-adilnya dan bertanggungjawab.


“Semoga dengan kepercayaan dan wewenang sebagai pengawas dalam pemilu dapat menjalankan sebaik-baiknya,” pungkas Kapolsek.

 [Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].


Cikande, Serang
- Aktualinvestigasi.com | Dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dan cegah Gangguan Kamtibmas, personel Polsek Cikande melaksanakan giat patroli dialogis dengan sasaran orang, tempat dan kegiatan masyarakat.


Dalam kegiatan ini, personel Polsek Cikande Polres Serang, melaksanakan giat patroli dialogis rutin di dua kecamatan wilayah hukum Polsek Cikande, yaitu kecamatan cikande dan kecamatan kibin dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang aman  kondusif. Minggu (5/2/2023) Malam.



Petugas patroli melaksanakan patroli dengan rute Jl. Raya Serang - Tangerang wilayah hukum Polsek Cikande, Jalan Pedesaan wilayah kecamatan Cikande dan Kecamatan Kibin, dengan sasaran Obyek Vital, Perbankan, Pertokoan dan Pemukiman warga. Saat patroli, petugas sesekali menyambangi masyarakat dan berdialog seputar Kamtibmas dengan masyarakat yang sedang melakukan aktivitas malam.


Kapolsek Cikande Kompol Andhi Kurniawan,S.Pd.,S.I.K., menjelaskan Kegiatan patroli yang dilaksanakan oleh personel Polsek Cikande bertujuan sebagai upaya pencegahan gangguan kamtibmas dan menghadirkan Polisi ditengah masyarakat sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman. Personel patroli melaksanakan patroli bermobil dengan cara berkeliling di jalan - jalan dan tempat tempat yang di anggap rawan dan sesekali berhenti dan berdialog dengan masyarakat serta memberikan imbauan kamtibmas kepada masyarakat.


Selain itu petugas patroli juga mensosialisasikan Call Center 110 layanan gratis untuk menghubungi Polisi saat masyarakat membutuhkan bantuan.


“Hal ini merupakan wujud pelayanan Polisi kepada masyarakat sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman dengan kehadiran Polisi,” terangnya.

 [Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].

Diberdayakan oleh Blogger.