SERANG - Aktualinvestigasi.com | Pengaturan lalu lintas adalah merupakan salah satu bentuk pelayanan Kepolisian kepada masyarakat di jalan raya, dalam memberikan rasa aman bagi pengendara dan penyebrang jalan Polsek Kopo Polres Serang melaksanakan pengaturan lalu lintas di Jl. Raya Cikande Rangkasbitung Pertigaan Nangela Desa Nanggung Kec. Kopo Kab. Serang. Sabtu (11/02/2023). 16.00 WIB.


Dengan ditempatkan personel Polsek Kopo di titik-titik keramaian dan daerah rawan kecelakaan di pagi hari dapat memberi rasa aman dan nyaman bagi warga masyarakat pengguna jalan yang melakukan aktivitasnya di sore hari.


Kegiatan ini dilakukan secara rutin oleh Polsek Kopo Polres Serang setiap pagi dan sore hari agar terciptanya arus lalu lintas (Lalin) yang aman dan lancar. 


Kapolres Serang AKBP Yudha Satria, S.H., S.Ik melalui Kapolsek Kopo IPTU Satibi, M.H. menjelaskan bahwa dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat yang melaksanakan aktivitas baik pada pagi maupun sore hari selalu mematuhi peraturan lalu lintas dalam berkendara, sehingga tidak terjadi kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas. Kata Kapolsek.[0012/Red-AI/VII/2022/Firman].



Kodam Jaya, Tigaraksa - Aktualinvestigasi.com | Sebanyak puluh remaja yang terdiri dari pemuda dan pemudi juga siswa sekolah lingkungan Kelurahan Balaraja menghadiri kegiatan Babinsa Serka Furkon memberikan Bantal Raja (Bimbingan Mental untuk Remaja). Kegiatan di lakukan di Aula Kelurahan Balaraja, Kecamatan Balaraja Kabupaten Tangerang, Sabtu (11/02/2023).


Dalam kegiatan pemberian materi Bantal Raja mengambil tema "Peran Remaja di Dalam Menjaga Persatuan Keamanan dan Peradaban di Era Milenial".


Di hubungi terpisah Dandim 0510/Trs Letkol Arh S.S. Bandjar melalui Danramil 05/Balaraja Kapten Inf Ali Maskuri SE menjelaskan, kegiatan pemberian materi Bantal Raja tersebut tidak lain untuk membangkitkan mental-mental generasi muda untuk menjadi garda terdepan dalam persatuan dan kesatuan.



"Banyaknya pengaruh-pengaruh negatif dari lingkungan yang terjadi pada para remaja kita seperti tawuran, pembegalan dan kekerasan lainya, membuat kita terpanggil untuk memberikan pembinaan mental kepada remaja, seperti yang di lakukan Serka Furkon," kata Danramil.


Menurut Danramil, kegiatan pembinaan ini merupakan hal yang penting dilakukan untuk memberikan kesiapan mental dalam menghadapi berbagai macam tantangan ke depan.


Hadir dalam kegiatan Suryani Lurah Balaraja, Ketua Pelaksana Riki Ketu LPM Balaraja, Binamas Kelurahan Balaraja, Ketua Karang Taruna Balaraja Rosi, Kepala Trantib Kelurahan Balaraja Andi dan peserta pembina.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].



Purwakarta, Jawa barat - Aktualinvestigasi.com | Ratusan anggota polisi dan keluarga ramaikan Olahraga Bersama dan Kreasi Seni di Mapolres Purwakarta, Pada Sabtu, 11 Februari 2023. Ratusan polisi itu terdiri dari jajaran Polres Purwakarta, jajaran Polsek dan Brimob Kompi 3 Batalyon C Pelopor Polda Jawa Barat. 


Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain mengatakan, kegiatan ini selain bertujuan untuk menjaga kebugaran tubuh bagi masing- masing personil  juga untuk meningkatkan kebersamaan dan kerja sama antar anggota Polri di Kabupaten Purwakarta. 



"Melalui kegiatan olah raga bersama dan kreasi seni ini sebagai upaya menjalin komunikasi dan keakraban diantara anggota serta keluarga Polisi di Kabupaten Purwakarta," ucap Edwar, pada Sabtu, 11 Februari 2023.


Kapolres menyebut kegiatan Olahraga Bersama dan Kreasi Seni ini dimaksudkan untuk memupuk kebersamaan diantara seluruh keluarga besar Polres Purwakarta dan Brimob Kompi 3 Batalyon C Pelopor Polda Jawa Barat. 


"Kita sengaja memilih hari sabtu agar semua anggota keluarga bisa mengikuti kegiatan yang Polres selenggarakan. Ternyata banyak anggota kita yang punya bakat dan kreasi, itu sebagai bentuk kekompakan dalam menjalin kekeluargaan,” papar pria yang terkenal murah senyum itu. 


Edwar berharap, melalu kegiatan seperti ini agar kekompakan antar anggota Polri di Kabupaten Purwakarta tetap terjaga sehingga situasi Kamtibmas di sini bisa tetap kondusif dan masyarakat terlayani dengan baik.


"Diharapkan dengan kegiatan-kegiatan positif seperti ini bisa semakin mengakrabkan hubungan antara sesama anggota Polri di Kabupaten Purwakarta. Dalam hal ini, sinergitas berupa kesatuan persepsi, keterpaduan, sinkronisasi dan harmonisasi serta kerjasama tetap terjalin baik," harap AKBP Edwar Zulkarnain.

[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].

 


Purwakarta, Jawa Barat  - Aktualinvestigasi.com | Melalui patroli dialogis ini, merupakan upaya Polres Purwakarta untuk menghadirkan polisi di tengah masyarakat dengan menyambangi warga sebagi upaya dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat Purwakarta. 


Hal tersebut merupakan implementasi dari tugas Kepolisian sebagi pelayan, pelindung dan pengayoman masyarakat, Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain terus berupaya menciptakan situasi Purwakarta yang aman dan kondusif. 


Kemudian ditindaklanjuti para Kapolsek dengan meningkatkan di wilayah hukum masing-masing polsek.


Seperti yang dilakukan jajaran Polsek Bungursari yang terus rutin dan konsisten menggelar patroli dialogis baik itu di pemungkiman penduduk, pertokoan bahkan pusat keramaian yang ada di Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta. 



Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kapolsek Bungursari, Kompol H Budi Harto mengatakan, Patroli dialogis ini dilakukan guna mencegah terjadinya kejahatan konvensional, diantaranya aksi pencurian dengan pemberatan (Curat), pencurian dengn kekerasan (Curas), pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), aksi premanisme dan genk motor. 


"Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk arahan pimpinan dalam pelaksanaan tugas Kepolisian dalam menginplementasikan Program Quick Wins Presisi di lapangan dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” ucap Budi, Pada Sabtu, 11 Februari 2023.


Dengan kegiatan seperti ini, sambung Dia, diharapkan terjalinnya komunikasi yang baik antara Personil Polri dengan seluruh lapisan Masyarakat. 


"Sebagaimana arahan Pak Kapolres Purwakarta, Patroli baik itu siang ataupun malam rutin dilaksanakan jajaran Polsek Bungursari. Tujuannya untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan serta memberikan rasa aman kepada masyarakat. Ini merupakan wujud Polri yang Selalu Melindungi, Mengayomi dan melayani," jelasnya. 


Dikatakan Kapolsek, patroli kamtibmas rutin di permukiman tersebut trus digiatkan baik siang maupun malam.


Budi menegaskan, pihaknya juga mewanti-wanti kepada seluruh personil yang melakukan patroli untuk menemui petugas satpam ataupun hansip yang ada di pemukiman untuk tidak bosan mengecek ulang rumah-rumah dan keliling pemukiman.


"Untuk mengingatkan masyarakat, saya sudah tekankan kepada anggota yang patroli untuk mengingatkan warga yang ronda malam agar meningkatkan pengawasan lingkungan. Apabila terjadi gangguan kamtibmas, segera hubungi piket Polsek Bungursari, agar segera pula kami tindaklanjuti,"  Ungkap Budi Harto.

[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].



Kodam Jaya Jakarta - Aktualinvestigasi.com | Koramil 02/TB Kodim 0503/JB bersama Kelurahan Kalianyar menggelar Karya Bakti bersama di Pos Pantau Koramil 02/TB di Jl.Kalianyar X Rt 04 Rw 07 Kel Kalianyar Kec Tambora Jak-Bar.dan lingkungan sekitarnya.

Sabtu (11/2/2023)


Kegiatan diawali dengan apel kesiapan dipimpin Danramil 02/TB Kapten CHB Wahidin yang diikuti oleh 47 personil dari

Koramil 02/TB,Mitra Jaya, PPSU,SDA            dan Warga Kalianyar.


Dalam kesempatan tersebut Danramil 02/TB Kapten CHB Wahidin menyampaikan 

Karya Bakti ini dilaksanakan dalam rangka

Pembersihan dan perbaikan Pos Pantau Koramil 02/TB yang berada di Kalianyar,



Selain itu Lanjut Danramil,Kita bergotong royong bersama dengan warga kalianyar membersihkan sampah dan puing bekas bangunan di sekitar lingkungan RW 07 Kel Kalianyar,Serta Pengangkutan sampah dan puing dengan truk sampah,


Adapun alat yang digunakan dalam giat karya bakti ini diantaranya menggunakan  Skop, Cangkul, Linggis,Sapu Lidi,Karung dan 1 unit Truk Sampah,


"Dengan digelarnya karya bakti ini wilayah Kalianyar menjadi lebih bersih dan rapi sehingga tidak ada lagi sampah yang berserakan".Jelas Danramil.


Turut hadir dalam kegiatan Danramil 02/TB

Kapten Chb Wahidin,Para Babinsa Koramil 02/TB,Lurah Kalianyar Dwi Cahyono,Kasi Ekbang Kel Kalianyar S. Amri,Ketua Rw 07

Ibrahim,LMK Rw 07 Agung dan Para Ketua Rt.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].

 Aktualinvestigasi.com

BABINSA KOMSOS DENGAN PERANGKAT RT/RW DAN HANSIP DI POS RW. 07 KEL. KAMAL



KODAM JAYA - KODIM 0503/JB - Aktualinvestigasi.com | Serda Sutarno Babinsa Kel. Kamal Koramil 06/KD Kodim 0503/JB dalam rangka mempererat Tali Silahturahmi Babinsa guna mendukung tugas pokok TNI, Babinsa melaksanakan komunikasi sosial dengan Perangkat RT/RW dan Hansip di Pos RW 07 Jl. Prepedan Dalam RT.12/07 Kel. Kamal Kec. Kalideres Jakarta Barat. Sabtu (11/03/2023)


Dalam komsos tersebut Babinsa bersama perangkat Rt. Serta keamanan dari hansip maupun danton yang ada di perangkat RW diharapkan tetap menjaga Sinergitas untuk kepentingan bersama, tentunya dalam norma norma gotong royong dalam kemanan dan ketertiban masyarakat, sehingga lingkungan di sekitar RW 07 khususnya menjadi nyaman dan aman baik siang maupun di malam hari.


Babinsa mengingatkan kembali agar bersinergi supaya kegiatan kegiatan seperti gotong royong siskamling dan lainnya merasa ringan apabila kita kerjakan bersama-sama. 


Mari kita tumbuhkan kembali rasa kegotong royongan itu dengan hati yang ikhlas serta tanggung jawab supaya menjadi salah satu amal untuk kita bermasyarakat.


Perangkat RT/RW mengucapkan terima kasih atas kunjungannya untuk menjaga silaturahmi yang kokoh antara Babinsa dengan masyarakat.

[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].

 


Kodam Jaya, Tangerang - Aktualinvestigasi.com | Peltu M Nooh Babinsa Ciputat, Koramil 05/Ciputat, Kodim 0506/Tgr melaksanakan Komsos dengan Kepala Sekolah dan para Guru SDN 06 Ciputat, Kelurahan Ciputat, Kecamatan Ciputat Kota Tangsel, Jum'at (10/02/2023).


Kegiatan komsos yang dilaksanakan ini disambut baik oleh kepala sekolah serta guru dan para staf. Peltu M Nooh mengatakan dalam komsosnya kali ini untuk menjalin dan mempererat silaturahmi dan kerja sama antara anggota koramil dengan pihak sekolah


Di hubungi terpisah, Dandim 0506/Tgr Letkol Inf Ali Imran melalui Danramil 05/Ciputat Kapten Inf Rahmat Santosa mengatakan apabila sekolah sudah mulai buka kembali harus mengikuti aturan yang telah disampaikan oleh pemerintah.


"Keamanan sekolah harus tetap di waspadai, dengan maraknya penculikan anak hendaknya pihak sekolah terus mewaspadai, jangan sampai terjadi," pintanya.


Pihak sekolah dalam hal ini kepala sekolah mengucapkan banyak terima kasih kepada Babinsa yang sudah meluangkan waktu untuk berkunjung di sekolah ini.

[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].



Kodam Jaya, Tangerang - Aktualinvestigasi.com | Dalam rangka menjalin silaturahmi dan kemanunggalan TNI dengan masyarakat, Anggota Koramil 04/Ciledug menggelar kegiatan Jum’at Berkah dengan membagikan nasi kotak sebanyak 120 box di Depan MaKoramil 04/Ciledug Kelurahan Sudimara Barat Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang, Jum'at (10/02/2023).


Kegiatan di pimpin oleh Danramil 04/Ciledug Kapten Arh Jaminah Arie Yanto melibatkan seluruh Babinsa Koramil 04/Ciledug.



Dandim 0506/Tgr Letkol Inf Ali Imran melalui Danramil 04/Ciledug Kapten Arh Jaminah Arie Yanto menjelaskan, pembagian nasi kotak ini merupakan bagian dari upaya Koramil 04/Ciledug dalam membantu mengatasi kesulitan masyarakat .


“Jumat berkah ini bertujuan untuk berbagi berkah kebaikan dan kebahagiaan serta mengajak saudara – saudara yang mampu untuk ikut berkontribusi dalam kebaikan,” ujarnya.


Lebih lanjutnya Danramil mengatakan, dengan kegiatan ini dapat menjadi sarana bersilaturahmi dan kemanunggalan TNI dengan masyarakat, kami bersama masyarakat binaan. ”Semoga silaturahmi melalui Jum’at Berkah ini bisa terus berlanjut sehingga kemanunggalan TNI dengan warga masyarakat terus terjaga," harapnya.


Danramil menjelaskan, selain nasi box yang di bagikan Koramil 04/Ciledug juga membagikan jus mangga sebanyak 120 botol. Jum'at berkah dengan sasaran anak sekolah, ojek online, pengguna jalan, musafir dan pemulung.


Sementara, salah satu penerima nasi kotak mengucapkan terima kasih atas nasi box yang di berikan kepada kami. "Alhamdulillah selesai Sholat Jumat dapat nasi kotak dari anggota Koramil Ciledug, semoga sehat dan sukses selalu , amin," ucapnya.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].



Cilegon - Aktualinvestigasi.com | Unit Patroli Polsek Pulomerak Polres Cilegon berhasil mengamankan sebanyak 16 remaja di Jalan Raya Merak-Suralaya Lingkungan Sabrang, Kelurahan Lebakgede, Kecamatan Pulomerak Kota Cilegon yang hendak lakukan perang sarung pada Jumat (10/02) sekitar pukul 23.30 Wib.


Saat dikonfirmasi Kapolsek Pulomerak Kompol Entang Cahyadi membenarkan kejadian tersebut. "Benar, Unit Patroli Polsek Pulomerak pada Jumat (10/02) sekitar pukul 23.30 Wib telah berhasil mengamankan 16 remaja yang hendak melakukan perang sarung," kata Entang pada Sabtu (11/02).



Adapun 16 remaja tersebut diantaranya yakni dengan inisial PM, PP, BP, AD, GM, MR, GS, RH, YA, SF, MA, AO, RA, AS,AT, dan FP.


Kemudian Entang menjelaskan kronologi kejadian tersebut. "Menurut pengakuan para pelaku, berawal adanya tantangan dari remaja daerah Langon yang menantang remaja Lingkungan Sabrang Lebakgede untuk melakukan perang sarung yang dimana kedua pihak membawa masing-masing kelompok, kemudian disepakati oleh keduanya yang akan melakukan perang sarung pada malam hari di pinggir Jalan Raya Merak-Suralaya," ungkap Entang.


Lebih lanjut, Entang menambahkan bahwa saat kedua pihak sudah mendekat dan akan melakukan perang sarung, warga langsung membubarkan aksinya. "Merespon cepat adanya laporan dari warga, Unit Patroli Polsek Pulomerak mengamankan para remaja tersebut untuk mendapatkan pembinaan," tambah Entang.


Barang bukti yang diamankan pada saat itu berupa Puluhan sarung yang sudah dibalut dan diikat, 1 unit sepeda motor Honda Vario Nopol : A 4735 CN, serta 1 buah botol aqua ukuran 1 liter berisikan minuman keras jenis Ciu.


Diakhir Entang menerangkan bahwa 16 anak remaja ini membuat surat pernyataan untuk tidak akan mengulangi lagi atas perbuatannya dan dikembalikan kepada orang tuanya serta disaksikan oleh para guru sekolahnya. "Kami menghimbau kepada para orang tua untuk mengawasi putra dan putrinya untuk tidak terlibat atau menjadi korban penganiayaan, pastikan pukul 21.00 Wib putra dan putri anda sudah berada dirumah, apabila masyarakat mengetahui adanya tindak pidana atau kegiatan yang meresahkan masyarakat, segera hubungan Polsek terdekat atau ke Call Center 110 Polres Cilegon Polda Banten," tutup Entang. [Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].

 


Kodam, Jayakarta - Aktualinvestigasi.com | Danrindam Jaya Kolonel Inf Ayub Akbar memimpin Sertijab Dansecaba Rindam Jaya 

dari   pejabat   lama   Letkol Inf Afiid Cahyono, S.Sos.,M.Han. kepada pejabat baru  Letkol Inf Samuel Eduard Rampi loilewen,S.E  bertempat di Aula NKRI Rindam Jaya, Jln Raya Condet, Pasar Rebo Jakarta Timur. Jumat, 10/02/2023.


Adapun sebagai pejabat Dansecaba yang baru Letkol Inf Samuel Eduard Rampi Loilewen, S.E merupakan Alumni Akademi Militer 2001 yang sebelumnya menjabat Kasirenopslat Baglat Rindam Jaya menggantikan pejabat Dansecaba  lama yang pindah menduduki jabatan baru sebagai Kasirenprogar Denmabesad.


Upacara Sertijab dihadiri Para Kabag, Katim, Dansatdik, Kadep dan Kasi,  serta Organik Militer dan PNS Jajaran Rindam Jaya juga Ketua Persit KCK Cabang X Rindam PD Jaya beserta pengurus.



Danrindam Jaya mengatakan bahwa jabatan yang diserahterimakan bukanlah jabatan yang mudah dan diharapkan menjadi momentum yang berkesinambungan untuk meneruskan upaya - upaya guna mewujudkan Rindam Jaya menjadi lebih baik dari waktu ke waktu sebagai Center Of Excellence. 


" Kepada Letkol Inf Afiid Cahyono, S.Sos,.M.Han  selamat bertugas di tempat yang baru sebagai Kasirenprogar Demabesad,  semoga sukses dalam karier dan keluarga, semoga hubungan silaturahmi dengan keluarga besar Rindam Jaya  tetap terjalin dg baik, dan Kepada Letkol Inf Samuel Eduard Rampi loilewen, S.E selamat bertugas sebagai Dansecaba Rindam Rindam Jaya semoga bisa memberikan kontribusi terbaik untuk kemajuan Rindam Jaya" tandas Danrindam Jaya.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].

 


Kodam Jaya, Jakarta Utara - Aktualinvestigasi.com | Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Untung Budiharto menghadiri pertemuan Guyub ketua RW Se-Jakarta Utara bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Dr. M. Fadil Imran, M.Si., dan Pjb Gubernur DKI Jakarta Drs. Heru Budi Utomo M.M, bertempat di Ecovention Ecopark Jakarta Utara, Sabtu (11/02/2023).


Dalam pengarahannya Pangdam Jaya menyampaikan, pada dasarnya sebagai Ketua RW adalah pemimpin paling depan yang dipilih langsung oleh masyarakat, yang tugasnya di bidang administrasi dan sebagai jembatan komunikasi antara masyarakat dan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.



"Selain itu untuk mengatur masyarakat dan juga badan/kelompok manusia, memberikan rasa aman kepada masyarakat serta mempunyai kemampuan jaga dini dan lapor dini yang sangat akurat," ungkap Pangdam Jaya.


"Jadi kita harus sama-sama bulatkan tekad untuk kuat bekerja sama dalam satu roh yakni Pancasila, karena itulah konsensus salah satu modal bagaimana mewujudkan Indonesia kedepan, yang berpedoman dengan UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika serta mengakui Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai wadah untuk hidup dan harus dipertahankan, kapanpun selagi kita hidup," tegas Pangdam Jaya.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Danrem 052/Wkr, Asintel Kasdam Jaya, Aster Kasdam Jaya, Kapendam Jaya, Dandin 0502/JU, Walikota Jakarta Pusat, Kapolres Metro Jakarta Utara, Danramil dan Babinsa Jajaran Kodim 0502/JU, para Kanit Binmas, Camat, para Kapolsek dan Lurah.[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].



Tangerang, Banten - Aktualinvestigasi.com| Seorang pemuda berinisial RH (20) ditangkap aparat Polsek Balaraja Polresta Tangerang Polda Banten. Penyebabnya, RH diduga telah melakukan tindak pidana pemerkosaan terhadap anak di bawah umur.


Kapolresta Tangerang Kombes Pol Sigit Dany Setiyono mengatakan, korban aksi amoral RH adalah seorang anak perempuan berusia 16 tahun yang masih berstatus pelajar. Diketahui, antara tersangka dan korban menjalin hubungan pacaran selama setahun terakhir.



"Peristiwa itu terjadi hari Selasa (7/2/2023) sekira jam 12 malam di daerah Sukamulya, Kabupaten Tangerang," kata Sigit, Sabtu (11/2/2023).


Sigit pun menjelaskan kronologis peristiwa itu. Awalnya, kata Sigit, tersangka mengirim pesan kepada korban bahwa tersangka akan datang ke rumah korban. Masih dalam pesan itu, tersangka juga meminta agar korban membukakan jendela kamar karena tersangka akan masuk ke kamar korban melalui jendela.


"Tersangka pun datang dan masuk ke kamar korban melalui jendela dan langsung melakukan aksinya," ucap Sigit.


Ternyata, aksi tersangka masuk ke kamar korban melalui jendela telah dipantau warga yang menyangka bahwa tersangka hendak mencuri motor. Warga pun ramai-ramai mengamankan tersangka ke pos keamanan lingkungan.


Pada saat itu, anggota Polsek Balaraja yang sedang melakukan patroli rutin melintas. Untuk mengantisipasi amukan warga, tersangka pun langsung dibawa ke Polsek Balaraja.


"Kepada petugas, tersangka mengaku tidak melakukan pencurian motor, melainkan melakukan aksi pencabulan," terang Sigit.


Petugas melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Hasilnya, menurut pengakuan tersangka, susah 5 kali melakukan persetubuhan terhadap korban di beberapa tempat.


"Atas kejadian itu, pihak Polsek Balaraja menghubungi keluarga korban dan menanyakan langsung kepada korban dan mengakui hal itu, sehingga orang tua korban melaporkan tersangka," papar Sigit.


Tersangka RH terancam hukuman 15 tahun penjara karena dijerat dengan Pasal 81 dan/atau Pasal 82 Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].



Kodam Jaya, Tigaraksa  - Aktualinvestigasi.com | Suasana haru di Aula Mako Koramil 12/Rajeg,Jl Kukun Daon Kp.Kukun RT/RW 01/09 Kel Sukatani Kec.Rajeg Kab Tangerang, Sabtu (11/02/2023) sangat terasa saat melepas dua anggotanya Peltu (Pur) Utomo dan Serda (Purn )Arno yang telah lama mengabdi di Koramil hingga memasuki pensiun/purna tugasnya.


Danramil 12/Rajeg Kapten Inf Sutrisno menyampaikan, saya selaku komandan Koramil beserta istri mengucapkan banyak terimakasih atas loyalitas, dedikasi dan peran sertanya selama bertugas bersama di Koramil 12/Rajeg Kodim 0510/Tigaraksa.



"Kedua rekan kita bisa melaksanakan kedinasan sampai purna tugas dengan baik, merupakan prestasi yang harus ditiru oleh segenap anggota Koramil Rajeg lainnya." kata Danramil.


Disampaikan Kapten Inf Sutrisno bahwa, pensiun merupakan masa yang akan dilalui oleh setiap pegawai, baik TNI maupun PNS. Setiap anggota pasti akan mengalami masanya, ada pertemuan pasti ada pula perpisahan, ada yang masuk pasti ada pula yang keluar.


“Untuk itu, saya berharap, silaturrahmi yang telah terjalin selama ini tidak terputus walaupun kini Peltu (Pur) Utomo dan Serda (Purn )Arno beserta keluarga kembali ke masyarakat, namun sebaliknya tetap terjaga baik serta dapat memberi contoh yang baik kepada masyarakat sehingga TNI semakin di cintai Rakyat," tutur Danramil.


Sementara itu, Peltu Utomo berkesempatan menyampaikan kesan maupun pesan sekaligus mohon pamit dan mohon maaf kepada anggota koramil atas kesalahan saya beserta keluarga selama berdinas, kami akan tetap bersilahturahmi dengan Keluarga Besar Kodim 0510/Tigaraksa terutama Koramil 12/Rajeg.


"Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Komandan Koramil Rajeg atas bimbingannya selama kami bertugas dan bergabung di Koramil 12/Rajeg, Kodim 0510/Tigaraksa" ucapnya.


"Alhamdulilah semua kegiatan selama ini dapat kita lalui bersama dengan semangat,kompak dan solid hingga saat ini tiba masanya kami peltu (Pur) Utomo dan Serda(Pur) Arno untuk pamit diri di kedinasan sebagai prajurit TNI dan kembali ke rakyat." ujarnya.


Kesan pesan juga disampaikan Peltu Watam anggota Koramil 12/Rajeg yang mengatakan sangat mengapresiasi sekali atas kinerja Peltu Purn  Utomo dan Serda Purn Arno dimana beliau tidak pernah mengeluh menjalankan tugas sebagai Babinsa Desa Rajeg. Hal inilah yang harus kita jadikan contoh sebagai rekan kerja yang masih lama bertugas disini.


Hal yang sama diutarakan Raka Adi putra Lurah Suka Tani yang mengucapkan terimakasih sebesar - besarnya kepada bapak Utomo dan bapak Arno atas pengabdiannya selama bertugas sebagai Babinsa di wilayah Rajeg dengan baik.


"Kami dapat mengambil hal positif yaitu sikap disiplin TNI karena kami saat dididik di STPDN pun, pengasuhnya dari TNI sehingga punya ikatan bathin yang kuat,  juga disiplin, dan loyalitas seperti TNI. Semoga  Bapak Utomo dan bapak Arno dapat terus mempererat tali silahturahmi bersama kami di kelurahan." ungkapnya.


Diakhir acara, penyerahan kenang - kenangan dari anggota Koramil 12/Rajeg yang diserahkan  oleh Danramil kepada Peltu Utomo dan Serda Arno, serta ucapan terima kasih atas dharma bakti yang telah diberikan selama menjadi anggota di Koramil 12/Rajeg Kodim 0510/Tigaraksa yang diikuti oleh seluruh anggota beserta Persit.


Adapun yang hadir pada kegiatan Kapolsek Rajeg diwakili Bripka Yeni Kurniawan binamas Desa Lembang sari,Bpk Raka Adiputra S.Stp Lurah Sukatani,Bpk H Toha ketua KUA kec Rajeg,Ny.Sudarti Sutrisno ketua Persit Kartika Ranting 13,serta seluruh personil koramil12/Rajeg berserta Istri.

[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].



Kragilan - Aktualinvestigasi.com | Berbagai upaya yang dilakukan dalam menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di tengah-tengah masyarakat, kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) di wilayah Hukum Polsek Kragilan Polres Serang dengan melakukan patroli dialogis malam dini hari, Sabtu (11/02/2023) pukul 02.00 Wib


PAWAS PANIT 1 RESKRIM *IPDA Bagus Yoga Ilham Pribadi S.Tr.K*, yang memimpin langsung pelaksanaan patroli mengatakan kegiatan patroli ini merupakan upaya yang dilakukan oleh Kepolisian khususnya Polsek Kragilan Polres Serang dalam rangka mencegah terjadinya aksi kriminalitas, khususnya Geng motor dan tawuran yang belakangan ini marak terjadi.


Keamanan dan ketertiban ditengah masyarakat dapat terwujud apabila ada sinergitas dan kemitraan yang baik antara pihak kepolisian dengan seluruh warga masyarakat yang peduli terhadap lingkungan.


Kapolres Serang AKBP Yudha Satria, S.H., S.I.K. melalui Kapolsek Kragilan KOMPOL Firman Hamid, S.H., M.H. mengatakan operasi cipta kondisi KRYD ini merupakan operasi rutin dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat dengan sasaran penyakit masyarakat (Judi, miras, sajam) sekaligus sebagai upaya preemtif, Preventif dan Represif dalam mencegah kejahatan.


Jika masyarakat dalam kondisi darurat dan membutuhkan bantuan dari Kepolisian, dapat menghubungi Kepolisian terdekat, atau bisa juga langsung menghubungi Call Center Kepolisian yaitu di *Layanan Polisi 110*.


Dan jika masyarakat melihat telah terjadi tindak pidana kejahatan, atau Ingin menyampaikan informasi penting telah terjadinya tindak pidana silahkan hubungi nomor tersebut diatas, layanan ini bebas pulsa dan dapat dihubungi menggunakan operator seluler apapun tutupnya.

[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].



Kragilan - Aktualinvestigasi.com |guna membangun sinergitas dan kemitraan dengan warga Desa Kragilan Kec Kragilan, Bripka Nanda P Harahap, silahturahmi  ke warga, Sabtu (11/02/23) .


Dalam kesempatan ini Bripka Nanda menjelaskan bahwa sudah menjadi tugas dan kewajiban saya selaku Bhabinkamtibmas untuk mendekatkan diri kepada Masyarakat guna semakin terjalin nya silahturahmi dan komunikasi yang baik antara Bhabinkamtibmas dengan warga.



Tak lupa juga selaku Bhabinkamtibmas selalu memberikan pesan kepada warga sentuhan nya agar berperan aktif dan ikut serta dalam membantu tugas polri untuk menjaga situasi kamtibmas tetap aman dan kondusif.


Ditempat yang berbeda, Kapolsek Kragilan Kompol Firman Al Hamid S.H,.M.H, menutur kan bahwa kegiatan sambang ke desa-desa merupakan kegiatan rutin yang harus di lakukan oleh para Bhabinkamtibmas untuk menggali setiap informasi kamtibmas di desa binaan nya masing-masing, dan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat," ucap Kapolsek.

[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].



Serang - Aktualinvestigasi.com | Polresta Serang Kota melaksanakan Press Release ungkap kasus Narkotika seberat 88,06 gram di wilayah hukum Polresta Serang Kota pada Jumat (10/02) bertempat di Polresta Serang Kota.


Kapolresta Serang Kota Kombes Pol Nugroho Arianto melalui Wakapolresta Serang Kota AKBP Hujra Soumena memimpin giat press rilis ungkap kasus tersebut dan turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasatreskrim, Kasatnarkoba Dan Para PJU Polresta Serang Kota.


Wakapolresta Serang Kota AKBP Hujra Soumena mengatakan bahwa pengungkapan kasus narkotika sebanyak 5.328 Butir Hexymer dan Tramadol di wilayah Serang Kota. "Satresnarkoba Polresta Serang Kota berhasil amankan seorang pria berinisial CA yang merupakan hasil penangkapan dari team Satresnarkoba Polresta Serang Kota ini merupakan bentuk pengabdian polri pada negara untuk memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika," ucap Hujra.


Hujra mengatakan kronologis penangkapan yang dilakukan Satresnarkoba Polresta Serang Kota. "Pada Senin (06/02) sekitar pukul 22.00 Wib tepatnya di dalam kontrakan di Lingkungan Secang RT 005 RW010 Kecamatan Serang, Kota Serang diamankan satu orang pria berinsial CA pada saat dilakukan penangkapan dan penggeledahan ditemukan barang bukti obat keras sebanyak 1.770 butir obat jenis Tramadol 3.558 butir obat warna kuning berlogo MF jenis HEXYMER, dua pack plastik klip bening, satu buah hp android merk Oppo dan Uang hasil penjualan sebesar Rp1.349.000 yang di sita dari CA yang di temukan di dalam kardus yang di bungkus kantong plastik warna merah dan di simpan di bawah kandang burung merpati di samping kontrakan kemudian setelah dilakukan introgasi kepada CA mengakui bahwa obat keras jenis TRAMADOL dan HEXYMER tersebut didapatkan dengan cara membeli dari R (DPO) di daerah Tangerang dengan harga Rp5.000.000 dan CA mengakui bahwa maksud dan tujuan membeli obat keras tersebut

adalah untuk di jual kembali untuk mendapatkan keuntungan uang. Selanjutnya CA berikut barang bukti tersebut dibawa ke Sat. Resnarkoba Polres kota Serang Kota guna penyidikan lebih lanjut," terang Hujra.


Dari penangkapan tersangka tim berhasil mengamankan beberapa barang bukti. "Dari pengungkapan kasus tersebut di atas, petugas menyita beberapa barang bukti diantaranya 1.770 butir Tramadol, 3.558 Butir Obat berlogo MF Jenis Hexymer, dua pack plastik klip bening, satu buah Handphone Merek Oppo, uang hasil penjualan sebesar Rp1.349.000," kata Hujra.


Terakhir Hujra mengatakan guna mempertanggung jawabkan perbuatannya tersangka diamankan di Polresta Serang Kota. "Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya tersangka diamankan di Polresta Serang Kota dan untuk Pasal yang dilanggar adalah Pasal 196 Jo Pasal 197 Undang-Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan dengan pidana penjara paling lama 10 sampai 15 tahun dan denda paling banyak Rp1.500.000.000," ucap  Hujra 

[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].



Serang - Aktualinvestigasi.com |Wakapolda Banten Brigjen Pol M. Sabilul Alif menggelar syukuran memasuki rumah dinas yang bertempat di Rumah Dinas Wakapolda Banten di Jalan Ahmad Yani, Kota pada Jumat (10/02) sekitar pukul 19.00 Wib.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto didampingi Irwasda Polda Banten Kombes Pol Eko Kristianto, Ajudan Wakil Presiden Kolonel Firman, Dokpri Wakil Presiden Kolonel Miftah, Komisaris PT. WIKA Bapak Harris Arthur beserta seluruh Pejabat Utama Polda Banten, Pengurus Bhayangkari Daerah Banten dan seluruh tamu undangan.



Dalam kesempatan ini Wakapolda Banten Brigjen Pol M. Sabilul Alif menyampaikan rasa syukurnya karena telah memasuki rumah dinas. "Saya sangat bangga menjadi Wakapolda Banten karena dapat mendampingi Bapak Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto dan saya sangat bersyukur karena saat ini telah memasuki rumah dinas tepat berdampingan dengan rumah dinas Bapak Kapolda Banten," kata Sabilul.


Kemudian Sabilul mengungkapkan bahwa dirinya sangat kagum dengan sosok Bapak Kapolda Banten. "Sebagai Wakapolda Banten tentunya saya membutuhkan bimbingan dan arahan dari Bapak Kapolda Banten dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab," ungkap Sabilul.


Terakhir Sabilul berharap bahwa dengan memasuki rumah dinas agar nantinya dapat mempermudah dalam pelaksanaan tugas. "Mohon do'a restu karena saya dan keluarga akan segera menempati rumah dinas ini, semoga dengan adanya rumah dinas ini dapat membawa keberkahan dan kelancaran dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab sebagai Wakapolda Banten," tutup Sabilul. 

[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].



Serang - Aktualinvestigasi.com | Polda Banten ikut serta mengisi acara dan menampilkan Golok Banten sebagai warisan dunia dari Indonesia dalam rangka Banten Art Market Tahun 2023 yang dilaksanakan di Gedung Juang Alun-alun Kota Serang pada Jumat (10/02) sekitar pukul 21.00 Wib.


Hadir dalam kegiatan tersebut Dirtahti Polda Banten AKBP Agus Rasyid, Executive Director of APCE-UNESCO C2C Prof. Dr. Ignasius Dwi Atmana Sutapa, Koordinator Tim Ahli Golok Indonesia Ariyanto, S.H atau Ki Kumbang, beserta sejumlah perwakilan pelestari Golok Banten dan sejumlah masyarakat Kota Serang.



Dalam hal ini Agus mengatakan bahwa golok Banten sudah lama menjadi sebuah karya seni asli Indonesia, hal ini akan menjadi catatan sejarah Banten. "Sampai hari ini kami segenap jajaran Polda Banten didampingi pelestari Golok Banten terus berujuang untuk mendaftarkan Golok Banten agar dapat diakui di mata dunia. Keindahan Golok Banten dapat dilihat dari bagian gagang dan sarungnya. Ada kesan unik dan bersejarah ketika melihat sarung dan gagang golok, hantaman godam melumat besi baja untuk membuat bilah golok dan keterampilan pengukir ternyata membuat sarung dan gagang golok telah menghasilkan benda bernilai tinggi," kata Agus.


Kemudian Agus juga menyampaikan bahwa sebelum Golok Banten ini akan disosialisasikan kepada masyarakat Banten. “Sebelum kita sosialisasikan secara internasional, kita akan sosialisasikan golok ini di provinsi Banten agar masyarakat Banten juga mengetahui,” ucap Agus.


Dari beberapa persyaratan yang diajukan oleh UNESCO, Polda Banten sudah memenuhi 3 persyaratannya. “Golok ini akan menjadi icon Banten. Untuk pendaftaran tetap dilakukan oleh pemerintah pusat, kami disini hanya sebagai inisiator saja,” terang Agus.


Selanjutnya Executive Director of APCE-UNESCO C2C Prof. Dr. Ignasius Dwi Atmana Sutapa mengapresiasi upaya pemerintah yang sudah konsen terhadap karya budaya Indonesia sebagai karya anak bangsa. “Saya sangat mengapresiasi upaya pemerintah setempat khususnya Polda Banten yang sudah konsen terhadap karya budaya Indonesia yang sangat kaya terutama di daerah Banten yang patut di apresiasi sebagai karya anak bangsa sebagai warisan nenek moyang kita dan nilai yang terkandung dapat diwariskan kepada generasi yang akan datang,” tutup Ignasius. 

[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].



Lebak - aktualinvestigasi.com | Guna menjaga Kondusifitas, Polres Lebak Polda Banten Laksanakan Operasi antisipasi Gangguan Kamtibmas dan Penyakit Masyarakat di daerah hukum Polres Lebak. Jum'at (11/2/2023) pukul 21.30 wib.


Kegiatan Tersebut dipimpin oleh Kabagops Polres Lebak Polda Banten Kompol Eddy Prastyo, SE didampingi Kasat Narkoba Akp Malik Abraham, S.Pd, Kasat Samapta Akp Ridwan Siahaan,  KBO Narkoba Ipda Agus RM dan diikuti oleh Personil yang terseprint. 


Kapolres Lebak Polda Banten AKBP Wiwin Setiawan, SIK, MH melalui Kabag Ops Polres Lebak Kompol Eddy Prasetyo H. SE mengatakan, "Ya Polres Lebak Polda Banten sudahan rutin melaksanakan operasi antisipasi Gangguan Kamtibmas dan Penyakit Masyarakat di daerah hukum Polres Lebak ," ucap Eddy.



"Untuk Kecepatan dan Ketepatan sasaran  dalam pelaksanaan operasi tersebut kami membagi menjadi dua Tim yaitu Tim 1 route Jl. RT. Hardiwinangun - Jl. Kota Baru - Jl. Iko Jatmiko - Jl. Maulana Hasanudin - Jl. Jend. Ahmad Yani - Jl. Sunan Bonang dan Tim 2 dengan route Jl. Ra. Kartini - Jl. Ir. H. Djuanda - Jl. Sunan Kalijaga - Jl. Otto Iskandar dinata - Jl. Soekarno Hatta By Pass - Terminal Mandala - Jl. Rangkasbitung - Pandeglang," ungkapnya.


"Hasil dari Operasi tersebut Alhamdulillah kami berhasil mengamankan Obat Jenis Tramadol HCI sebanyak 478 butir, Obat Jenis Hexymer sebanyak 1.034 butir,  Uang tunai sebanyak Rp. 7.700.000,- (Tujuh Juta Tujuh Ratus Ribu Rupiah) dan Minuman Keras sebanyak 50 (Lima Puluh) Botol," terang Eddy.


"Selain itu kami juga mengamankan dua orang pemuda yang diduga pemilik obat-obatan tersebut yaitu YD (27), YG (31) untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," lanjutnya.


"Terakhir mari bersama kita menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan kita, apabila ada yang mengarah ke gangguan kamtibmas atau adanya aksi Kejahatan segera laporkan dan hubungi Call Center 110 atau no hotline Sat Reskrim Polres Lebak 087889222232 dan nomor Polres Lebak 08772660881, kami siap," tukas Eddy.

(006/RED-Al/lll/2023/Mujahidin)



PETIR - Aktualinvestigasi.com |  Kunjungan dan Sambang Desa dalam Silaturahmi dengan Perangkat Desa untuk menjalin kerjasama dan keharmonisan dalam membina masyarakat untuk terciptanya Kamtibmas di Desa Mekar Baru , yang dilaksanakan oleh Briptu Ahmad Sali Rawana. SH  selaku Bhabinkamtibmas Polsek Petir Polres Serang Polda Banten, hari Kamis (09/02/2023) pukul 14.00 WIB di Kantor Desa Mekar Baru.


Kunjungan dan Sambang desa yang dilakukan oleh Briptu Ahmad Sali.R. SH ke Kantor Desa Mekar Baru dengan berpatroli dialogis berjumpa dengan Kepala Desa dan Perangkatnya untuk mengetahui apa saja permasalahan dimasyarakat pada umumnya.


Briptu Ahmad Sali menggunakan kesempatan itu dalam menyampaikan pesan pesan kamtibmas dan menghimbau serta mengajak warga agar menjaga keharmonisan dan kerukunan di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing serta tidak gampang percaya dengan berita-berita hoax yang ada disosial media.


Kegiatan tersebut merupakan upaya Bhabinkamtibmas dalam menjalin silaturahmi dan menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan tertib di lingkungan warga binaannya, ucap Bripka Ahmad Sali Rawana. SH.


Dalam melaksanakan tugasnya bhabinkamtibmas selalu berkoordinasi dan mengajak warga masyarakat dan tokoh masyarakat untuk ambil bagian dalam menciptakan keamanan dan ketertiban lingkungan, ungkap Briptu Sali.


Kapolsek Petir AKP Uka Subakti. SH. MM mengatakan bahwa, " kegiatan sambang ini adalah sebagai upaya untuk menjalin kerjasama dan kemitraan dengan tokoh pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama maupun warga masyarakat guna menciptakan situasi kamtibmas di wilayah hukum Polsek Petir yang aman dan kondusif, selain itu juga untuk menggali informasi yang berkembang di masyarakat guna meminimalisir gangguan Kamtibmas."

[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].

 


Petir - Aktualinvestigasi.com | Untuk menjaga keamanan dan ketertiban Darkum Polsek Petir Polres Serang Polda Banten,  Anggota Polsek Petir Aipda Anjar Sujarman. SH dan Brigpol Fiki Mutaqim melaksanakan Patroli Dialogis di Darkum Polsek Petir pada hari  Kamis  (09/02/2023) pukul  14.30 WIB.


Kapolsek Petir AKP Uka Subakti. SH. MM menerangkan bahwa Patroli Dialogis KYRD yang dilakukan oleh Anggota Polsek Petir ada bentuk Preventif dalam mencegah terjadi kejahatan di masyarakat seperti pencurian baik dengan dengan pemberatan maupun kekerasan, pencurian hewan ternak  dan pada sekarang ini sedang maraknya perkelahian antar pelajar diberbagai daerah.


Aipda Anjar Sujarman. SH Anggota Polsek Petir menjelaskan bahwa  Patroli Dialogis dalam rangka  Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan(KRYD) yang dilaksanakan di Darkum Polsek Petir secara Preventif dengan sasaran tempat rawan kejahatan dan kecelakaan.


" Dalam Patroli Dialogis tidak lupa menghimbau masyarakat agar selalu menjaga keamanan lingkungan baik harta benda maupun hewan ternaknya sendiri karena kejahatan bisa terjadi karena ada kesempatan, untuk itu harus waspada, ucap Aipda Anjar.


Untuk masyarakat yang mempunyai hewan ternak untuk lebih berhati-hati dalam menjaganya dan menghidupkan kembali Siskamling dilingkungannya serta jangan lupa hewan ternaknya untuk dijaga kesehatannya dari virus PMK yang pernah melanda daerah kita, ungkap Aipda Anjar.

[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].

 


PETIR - Aktualinvestigasi.com |Dalam mewujudkan Kamtibcar Lantas Anggota Polsek Petir Polres Serang Polda Banten Bripka Imam Budi. SH melaksanakan Pengaturan Jalan Raya, pada hari Kamis (09/02/2023) pukul 16.30 WIB di Jln. Raya Petir Warung Gunung Pertigaan Mako Polsek Petir Desa Petir Kec. Petir Kab. Serang.


Bripka Imam Budi menyampaikan bahwa kegiatan strong point sore ini dalam upaya mewujudkan kehadiran personil Polisi ditengah masyarakat untuk mendapatkan rasa aman dan nyaman bagi pengguna jalan raya.


Kapolsek Petir AKP Uka Subakti. SH. MM  meyampaikan dilokasi yang berbeda bahwa “Kegiatan strong point ini dilaksanakan setiap pagi dan sore di seluruh titik lokasi pusat keramaian masyarakat seperti pasar, pertokoan, juga di titik rawan macet dan rawan lakalantas, serta lokasi persekolahan; kegiatan strong point ini sebagai upaya mewujudkan kehadiran polisi di tengah-tengah masyarakat” ucapnya.


Selain itu, program Strong Point ini juga sebagai aksi nyata segenap jajaran Polsek Petir dalam rangka memaksimalkan dan mengoptimalkan kegiatan pelayanan kepolisian terhadap seluruh lapisan warga masyarakat.


“Kita berharap dengan adanya program Strong Point ini dapat mengoptimalkan pelayanan kepolisian terhadap seluruh lapisan warga masyarakat, termasuk pengemudi, pengendara, pedagang, karyawan, pegawai kantoran, anak sekolah, dan sebagainya dengan demikian stabilitas kamtibmas dapat terus terjaga dengan baik,” jelas Kapolsek Petir.

[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].

 


PETIR - Aktualinvestigasi.com | Dalam mewujudkan Kamtibcar Lantas Brigpol Fiki Mutaqim anggota Subsektor Tunjung Teja Polsek Petir Polres Serang Polda Banten melaksanakan pengaturan jalan raya pada hari Kamis (09/02/2023) pukul 16.30 WIB di Jln. Raya  Petir Tunjung Teja Pertigaan Pintu Gerbang Tol Desa Kemuning Kec. Tunjung Teja. 


Brigpol Fiki Mutaqim menyampaikan bahwa kegiatan strong point ini dalam upaya mewujudkan kehadiran personil Polisi ditengah masyarakat untuk mendapatkan rasa aman dan nyaman bagi pengguna jalan raya.


Kapolsek Petir AKP Uka Subakti. SH. MM  meyampaikan dilokasi yang berbeda bahwa “Kegiatan strong point ini dilaksanakan setiap pagi dan sore di seluruh titik lokasi pusat keramaian masyarakat seperti pasar, pertokoan, juga di titik rawan macet dan rawan lakalantas, serta lokasi persekolahan; kegiatan strong point ini sebagai upaya mewujudkan kehadiran polisi di tengah-tengah masyarakat” ucapnya.


Selain itu, program Strong Point ini juga sebagai aksi nyata segenap jajaran Polsek Petir dalam rangka memaksimalkan dan mengoptimalkan kegiatan pelayanan kepolisian terhadap seluruh lapisan warga masyarakat.


“Kita berharap dengan adanya program Strong Point ini dapat mengoptimalkan pelayanan kepolisian terhadap seluruh lapisan warga masyarakat, baik kepada pengemudi mobil, pengendara motor, pedagang, karyawan, pegawai kantoran, anak sekolah, dan sebagainya dengan demikian stabilitas kamtibmas dapat terus terjaga dengan baik,” jelas Kapolsek Petir.

[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].



Petir - Aktualinvestigasi.com | Pada jam jam rawan kriminalitas dalam menjaga keamanan dan ketertiban Darkum Polsek Petir Polres Serang Polda Banten,  Anggota Unit Samapta Polsek Petir Bripka Imam Budi. SH  melaksanakan Patroli Dialogis di Darkum Polsek Petir pada hari  Kamis  (09/02/2023) pukul 19.00 WIB.


Kapolsek Petir AKP Uka Subakti. SH. MM menerangkan bahwa Patroli Dialogis KYRD yang dilakukan oleh Anggota Unit Samapta Polsek Petir pada jam jam rawan kriminalitas dalam bentuk upaya bentuk Preventif dan pencegah terjadi kejahatan di masyarakat seperti pencurian baik dengan dengan pemberatan maupun kekerasan, pencurian hewan ternak  dan pada sekarang ini sedang maraknya perkelahian antar pelajar diberbagai daerah.


Bripka Imam Budi. SH Anggota Polsek Petir menjelaskan bahwa  Patroli Dialogis dalam rangka  Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan(KRYD) yang dilaksanakan di Darkum Polsek Petir secara Preventif dengan sasaran tempat rawan kejahatan dan kecelakaan.


" Dalam Patroli Dialogis tidak lupa menghimbau masyarakat agar selalu menjaga keamanan lingkungan baik harta benda maupun hewan ternaknya sendiri karena kejahatan bisa terjadi karena ada kesempatan, untuk itu harus waspada, ucap Bripka Imam.


Untuk masyarakat yang mempunyai hewan ternak untuk lebih berhati-hati dalam menjaganya dan menghidupkan kembali Siskamling dilingkungannya serta jangan lupa hewan ternaknya untuk dijaga kesehatannya dari virus PMK yang pernah melanda daerah kita, ungkap Bripka Imam.

[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].

 


PETIR - Aktualinvestigasi.com |Untuk mengantisipasi ganguan keamanan, Piket Pawas selaku PS. Kanit Samapta Polsek Petir Polres Serang Polda Banten Bripka Renol Efendi pada hari Selasa (07/02/2023) jam 21.00 WIB, mengambil apel Sispam Mako (Sistem Pengamanan Markas Komando) yang diikuti oleh Anggota Piket  Mako Polsek Petir Polres Serang Polda Banten. 


Kapolres Serang AKBP Yudha Satria.S.H, S.I.K, melalui Kapolsek Petir AKP Uka Subakti. SH. MM mengatakan, kegiatan Sispam Mako tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengamanan terhadap Mako serta mengantisipasi terjadinya kejahatan terhadap Mako Polsek Petir Polres Serang dan anggota yang jaga atau piket.



Kapolsek Petir menerangkan dilokasi yang berbeda bahwa, Anggota harus selalu siap siaga di setiap waktu untuk mencegah adanya hal-hal  yang tidak diinginkan pada saat piket.


"Kami tekankan kepada Anggota yang piket, agar selalu siap siaga dan selalu menerapkan pengamanan Body Sistem, yaitu saling menjaga sesama anggota piket, hal ini saya tekankan demi keselamatan anggota saya di Polsek Petir dan dilanjutkan dengan Patroli Dialogis di wilayah Kecamatan Petir dan Kecamatan Tunjung Teja", pungkasnya.

[Akt-002/RED-AI/I/2022/Agi].



PETIR - Aktualinvestigasi.com |Anggota Unit Samapta Polsek Petir Polres Serang Polda Banten melaksanakan Patroli Dialogis KRYD (Kegiatan Kepolisian Rutin yang Ditingkatkan) dalam rangka Antisipasi Gangguan Kamtibmas di Daerah Hukum Polsek Petir terhadap daerah rawan kejahatan dan antisipasi balapan liar  serta geng-geng motor, pada hari Kamis malam (09/02/2023) dimulai jam 21.30 WIB sampai selesai.


Kegiatan Patroli Dialogis KRYD yang dipimpin oleh PS. Kanit Samapta Bripka Renol Efendi. SH dan Bripka Imam Budi. SH dengan kekuatan sebanyak 2 personil Polsek Petir dengan sasaran pertokoan, waralaba, objek vital dan daerah rawan kriminalitas di Darkum Polsek Petir. 


Kapolsek Petir AKP Uka Subakti. SH. MM dilokasi berbeda menyampaikan dalam giat tersebut bentuk antisipasi atau pencegahan terhadap kejahatan jalanan seperti jamret atau kejahatan jalanan, perampokan, penipuan, pencurian dan antisipasi balapan liar serta mengedukasi masyarakat agar tidak percaya dengan berita-berita hoax di Darkum  Polsek Petir. 


Lokasi atau sasarannya tujuan Patroli KRYD objek vital adalah wilayah atau daerah yang rawan kejahatan dan antisipasi balapan liar serta daerah sering terjadinya kriminalitas atau Guantibmas.


AKP Uka Subakti. SH. MM juga menerangkan tindakan yang dilakukan dalam pelaksanaan Patroli Dialogis tersebut pihak Polsek Petir melakukan pemeriksaan  kendaraan atau orang yang dicurigakan dan barang bawaannya dilokasi itu serta juga memantau tempat tempat yang dianggap rawan kejahatan yang berada di Daerah Hukum Polsek Petir. 


Hasil yang ingin di capai dalam Patroli Dialogis tersebut terciptanya Daerah Hukum Polsek Petir aman dan kondusif.

[0012/Red-AI/VII/2022/Firman].

 


Kragilan - Aktualinvestigasi.com | Upaya dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat terus dilakukan Jajaran Kepolisian Polsek Kragilan Polres Serang dengan melaksanakan Apel malam dan pelaksanaan Sispam Mako hari Jum'at (10/02/2023) Pukul 20.00 WIB.


Adapun personil yang melaksanakan Apel Sispam Mako berjumlah 6 (Enam) Personil, yang dipimpin oleh PAWAS PANIT 1 RESKRIM *IPDA Bagus Yoga Ilham Pribadi S.Tr.K*


Sarana dan prasarana yang digunakan 1 Pucuk Senpi laras panjang berikut amunisinya, Body Face, Borgol, dan Helm.


Personil di siapkan guna melakukan pengamanan mako, yaitu memeriksa kendaraan dan badan serta pakaian berikut barang bawaan tamu Polsek Kragilan dan melaksanakan giat patroli di sejumlah tempat di Wilkum Polsek Kragilan


Dalam arahannya Pawas mengucapkan terimakasih kepada personil atas dedikasi dan loyalitas yang ada dalam rekan – rekan sudah melaksanakan apel malam ini.


“Personil selain wajib ON CALL apabila ada kejadian masyarakat, personil juga harus tetap siap siaga dan melaksakanakan patroli untuk memberikan rasa aman diwilayah hukum Polsek Kragilan,” pungkasnya.


Sementara itu di tempat terpisah, Kapolsek Kragilan KOMPOL FIRMAN HAMID, S.H.,M.H., mengatakan bahwa personil harus melaksanakan tugas dengan rasa tanggung jawab dalam menjaga situasi kamtibmas di wilayah hukum Polsek Kragilan


“Ini wujud kesiapsiagaan Polsek Kragilan jaga kamtibmas dan berikan rasa aman kepada masyarakat selama 1x24 di akhir pekan untuk personil”pungkasnya.


Diakhir Kapolsek juga memberikan motivasi kepada personil untuk terus semangat dalam memberikan rasa aman dengan kegiatan polisi hadir di tengah–tengah masyarakat.

[0012/Red-AI/VII/2022/Firman].



PETIR - Aktualinvestigasi.com | Dukungan dari Masyarakat untuk Polsek Petir Polres Serang Polda Banten dalam pemberantasan Geng Motor yang telah meresahkan masyarakat khususnya Desa Panunggulan Kecamatan Tunjung Teja Kab. Serang. Jumat (10/02/2023) jam 11.00 WIB.


AKP Uka Subakti. SH. MM Kapolsek Petir mengatakan bahwa Masyarakat Desa Panunggulan Kec. Tunjung Teja memberikan dukungan kepada Polri khususnya Polsek Petir Polres Serang Polda Banten dalam memberantas Geng Motor yang sempat meresahkan masyarakat. 


Dalam memberantas aksi yang meresahkan masyarakat, terkait dengan adanya Geng Motor yang sering melakukan kegiatan anarkis diberbagai daerah. Masyarakat Desa Panunggulan memberikan statement mendukung Polri dalam memberantas Geng Motor yang sudah meresahkan masyarakat. Kapolsek Petir juga memberikan himbauan kepada masyarakat agar selalu menjaga putra putrinya agar tidak bergabung dengan Geng Motor yang sering melakukan tindakan anarkis dan seringnya tawuran dengan mengunakan senjata tajam yang dapat merugikan diri sendiri dan keluarganya, bahkan sampai menghilangkan nyawa orang lain, ucap Kapolsek.


AKP Uka Subakti. SH. MM menjelaskan dalam memberantas Geng Motor yang sudah melakukan tindakan anarkis dan meresahkan masyarakat, perlunya kerjasama antara Polri dan Masyarakat. Apabila ada Geng Motor atau kumpulan anak muda dengan membawa senjata tajam agar segera melaporkan ke Polsek setempat atau ke Bhabinkamtibmas desanya dan agar menjaga putra putri masyarakat agar tidak berkeliaran pada malam hari serta mengontrol pergaulan putranya agar tidak salah pergaulan yang dapat merugikan masa depannya dan nama baik keluarga.


Terima kasih atas dukungan masyarakat Desa Panunggulan kepada Polri khususnya Polsek Petir Polres Serang Polda Banten dalam memberantas Geng Motor dalam aksi anarkisnya yang meresahkan masyarakat, ucap Kapolsek Petir.

[0012/Red-AI/VII/2022/Firman].



SERANG - Aktualinvestigasi.com| Bhabinkamtibmas Polsek Kopo Polres Serang melaksanakan kegiatan Sambang sekaligus penggalangan terhadap Ormas yang berada di Desa Binaannya. Jumat (10/2/2023).


Sasaran patroli dan sambang yang dilakukan Bhabinkamtibmas Bripka Henra kali ini ke Ormas PPBNI DPC Kec. Kopo yang berada di Desa Kopo Kec. Kopo Kab. Seran.


Di tempat terpisah Kapolres Serang AKBP Yudha Satria, S.H., S.Ik melalui Kapolsek Kopo IPTU Satibi, M.H. menghimbau untuk Ormas yang ada di wilayah hukum Polsek Kopo Polres Serang tetap menjaga wilayah yang aman dan kondusif dan selalu berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas jika ada hal-hal yang mengganggu Kamtibmas. 


“Kami berterima kasih selama ini Ormas di Kecamatan Kopo ikut serta menjaga situasi Kamtibmas, dan apabila ada kejadian apapun agar tetap mempedomani aturan-aturan yang ada dan selalu koordinasi dengan Polsek Kopo selaku aparat penegak hukum sekaligus pengayom masyarakat,” tandas Kapolsek.

[0012/Red-AI/VII/2022/Firman].

 


SERANG - Aktualinvestigasi.com| Personel Polsek Kopo Polres Serang  Polda Banten dalam melaksanakan jaga Mako di lengkapi body system selain itu juga piket jaga melakukan pemeriksaaan kepada masyarakat yang datang ke Polsek Kopo guna meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi terjadinya tindakan kejahatan dengan sasaran markas komando. Jumat (10/02/2023)


Kegiatan Sispam Mako tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengamanan terhadap Mako antisipasi terjadinya kejahatan terhadap mako Polsek Kopo, dipimipin piket Pawas Aipda Asep Awaludin pada pelaksanaan apel malam menyampaikan arahan dari Kapolsek Kopo kepada personel untuk selalu waspada saat jaga mako periksa kendaraan dan orang yang hendak masuk mako dan anggota selalu dilengkapi body sistem. 


Kapolres Serang AKBP Yudha Satria, S.H., S.Ik melalui Kapolsek Kopo IPTU Satibi, M.H menyampaikan bahwa personil Polsek Kopo harus selalu siaga di setiap waktu untuk mencegah adanya hal yang tidak diinginkan.


Personil yang piket selalu saya tekankan untuk terus siaga dan selalu menerapkan pengamanan body sistem yaitu saling menjaga sesama anggota piket. Hal ini saya tekankan demi keselamatan Anggota saya di Polsek Kopo.

[0012/Red-AI/VII/2022/Firman].

 


SERANG - Aktualinvestigasi.com | Dalam Memelihara Keamanan dan Ketertiban Masyarakat di wilayah, Polsek Kopo Polres Serang gencar laksanakan Patroli dialogis dalam Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) dengan mengelar patroli skala sedang dan operasi cipta kondisi malam hari wilayah Hukum Polsek Kopo Kecamatan Kopo Kabupaten Serang. Jumat (10/02/2023).


Kegiatan patroli yang dilaksanakan  Polsek Kopo menyasar ke tempat-tempat sepi dan rawan kejahatan. Selain itu kegiatan patroli juga menyambangi pemukiman penduduk, pertokoan, objek vital dan tongkrongan anak muda.


“Patroli KRYD terus kita gelar guna mencegah segala bentuk tindak kejahatan seperti curas, curat dan curanmor serta kejahatan jalanan,” kata Aipda Aasep.


Kapolres Serang AKBP Yudha Satria, S.H., S.I.K. melalui Kapolsek Kopo IPTU Satibi, M.H. mengatakankan operasi cipta kondisi KRYD ini merupakan operasi rutin dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat dengan sasaran penyakit masyarakat (Judi, miras, sajam) sekaligus sebagai upaya preemtif, Preventif dan Represif dalam mencegah kejahatan.

[0012/Red-AI/VII/2022/Firman].

 


Rangkasbitung - aktualinvestigasi.com | Dalam rangka meningkatkan pemahaman hukum, Lapas kelas III Rangkasbitung Kanwil Kemenkumham Banten menggandeng Penyuluh hukum dan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) menggelar kegiatan penyuluhan hukum bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang bertempat di aula Lapas Rangkasbitung, Jumat (10/02)


Kegiatan peyuluhan diikuti oleh 30 orang tahanan ini juga dihadiri langsung oleh Tim Penyuluh hukum Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten dan LBH Jatramada.


Kalapas Rangkasbitung, Suriyanta Leonardo Situmorang menyampaikan bahwa kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Tim Penyuluh Kanwil Kemenkumham Banten dan LBH Jatramada, kegiatan ini memberikan banyak manfaat, mulai dari konpendampingan proses hukum tingkat pertama sampai dengan putusan pada nantinya.


“Kegiatan ini adalah implementasi negara hadir memberikan haknya kepada setiap warganya, tidak terlepas dari sebab perkara yang menimpa Para WBP, mereka tetap harus diberikan hak hukumnya, agar proses peradilan berjalan dengqn baik dan terciptanya keadilan bagi seluruh pihak. Selanjutnya mereka bisa lebih sadar akan perbuatan hukum dan kembali menjadi manusia dalam bagian tatanan masyarakat," ujar Kalapas



Hal yang sama diungkapkan Andrie Pratama selaku Pemateri Penyuluh Hukum dari LBH Jatramada mengatakan sosialisasi ini sebagai upaya untuk meningkatkan dan memberi pemahaman kepada masyarakat, khususnya mereka yang sedang menjalani proses hukum.


"Kami hadir disini memberikan pelayanan hukum, konsultasi hukum dan juga bantuan hukum. Kami berharap apa yang kami lakukan ini bisa memberikan manfaat, khususnya mereka yang sementara menjalani proses hukum sampai persidangan, " pungkas Andrie

(006/RED-Al/lll/2023/Mujahidin)

Diberdayakan oleh Blogger.