Lebak - aktualinvestigasi.com | Jajaran Sat Reskrim Polres Lebak Polda Banten melaksanakan Press Conference Pengungkapan Kasus Tindak Pidana Pencurian dengan Kekerasan (Curas) Minimarket Alfamart di Gedung Sat Reskrim Wicaksana Laghawa Polres Lebak. Jum'at (24/2/2023).


Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Lebak Polda Banten AKBP Wiwin Setiawan,SIK,MH, Kasat Reskrim Polres Lebak Iptu Andi Kurniady Eka Setyabudi,S.T.K, S.I.K., Kasie Humas Polres Lebak AKP Jajang Junaedi, Kanit 1 Krimum Sat Reskrim Polres Lebak Iptu M.Hazali Alvian,SH , Perwakilan Alfamart Rudi dan Rekan Media Pers Lebak.



Kapolres Lebak Polda Banten AKBP Wiwin Setiawan, SIK, MH mengatakan,"

"Ya, Jajaran Sat Reskrim Polres Lebak Polda Banten telah berhasil mengungkap Kasus Tindak Pidana Pencurian dengan Kekerasan  (Curas) atau Perampokan Minimarket Alfamart di Jalan Raya Rangkasbitung - Pandeglang km 12 tepatnya Kp. Cibuah Kertamukti  Desa Cibuah Kec. Warunggunung Kab. Lebak Prov. Banten," ujar Wiwin. 


"Pengungkapan ini berawal dari Pengembangan Pengungkapan Kasus Perampokan atau Curas Minimarket Alfamart pada tahun 2020 di Cibuah Warunggunung yang pada waktu itu berhasil menangkap beberapa pelaku perampokan, ada salah satu Pelaku yang masuk DPO ( Daftar Pencarian Orang) dan dikaitkan dengan kejadian  pada bulan Januari 2023 Pelaku melakukan aksinya kembali melakukan kasus Pencurian dengan Kekerasan di Minimarket atau lokasi yang sama," ungkapnya. 


"Setelah adanya Laporan kejadian tersebut, kemudian Tim    melakukan penyelidikan dan olah TKP serta didapati ada kesamaan ciri-ciri dari Pelaku, ini diketahui melalui video rekaman CCTV, kemudian Tim Jatanras Sat Reskrim Polres Lebak melakukan pengejaran selama kurang dari dua Minggu, Tim berhasil melakukan Penangkapan Pelaku MF (32) di Cipanas Kabupaten Lebak," lanjut Wiwin.


"Modus Pelaku MF (32) melakukan Pencurian dengan Kekerasan atau perampokan target toko-toko dan waralaba dengan cara melakukan pengancaman dengan menggunakan senjata tajam  kepada para Karyawan Minimarket  untuk menyerahkan sejumlah uang yang berada di laci Kasir," terangnya.


"Adapun barang bukti yang berhasil diamankan yaitu 1(satu) buah baju Kaos berwarna hitam yang bertuliskan "ANDONG JOGJA", 1 (satu) Celana Jeans Panjang berwarna hitam, 1 (satu) jaket parasut berwarna Biru Dongker dengan bertuliskan "PERSON'S MAISON BLEU", 1 (satu) pasang Sepatu berwarna abu abu dengan bertuliskan "DIOR", 1 (satu) Bilah Golok,"tukas Wiwin.


Sementara itu Kasat Reskrim Polres Lebak Polda Banten Iptu Andi Kurniady Eka Setyabudi,S.T.K, S.I.K., menambahkan, "Pada saat melakukan penangkapan Pelaku, karena pelaku melakukan perlawanan dan akan kabur kami melakukan tindakan tegas dan terukur dengan melumpuhkan pelaku," Tambah Andi.


"Pelaku MF ini merupakan Residivis dan Berdasarkan hasil pemeriksaan pelaku sudah empat kali melakukan tindak pidana yang sama yaitu Pada bulan Maret 2017 sampai April 2017 melakukan penjambretan di Mangga dua Jakarta utara, Pada bulan Juli 2019 melakukan Tp. Curas di Tambora Jakarta Barat, Pada Bulan Agustus 2020 Di Toko Alfamart Cibuah kec. Rangkasbitung, Pada Bulan Januari 2023 Di melakukan Tp. Curas di Toko Alfamart yang sama  di Cibuah," tuturnya.



"Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya Pelaku dikenakan Pasal 365 KUH-Pidana dengan ancaman pidana penjara selama 12 (dua belas) Tahun," tegas Andi.

(006/RED-Al/lll/2023/Mujahidin)

 


Cikande, Serang - Aktualinvestigasi.com | Polsek Cikande Polres Serang kembali mengadakan kegiatan pertemuan dengan masyarakat bertajuk "Jumat Curhat" guna mendengarkan keluhan warga secara langsung.


Kali ini dilaksanakan di lingkungan kantor desa Situterate, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, Jumat (24/2/2023).


Kapolsek Cikande Kompol Andhi Kurniawan,S.Pd.,S.I.k., mengatakan, melalui kegiatan Jum'at Curhat tersebut kami kepolisian bisa betul-betul mengetahui kondisi masyarakat di lapangan. Kemudian, hal itu bakal menjadi acuan untuk meningkatkan pelayanan kepolisian.



"Kegiatan Jum'at Curhat ini masih terus kami laksanakan. Selain mendengarkan keluh kesah masyarakat, di kesempatan Jum'at Curhat ini pihak kepolisian juga dapat dengan langsung mengedukasi masyarakat," ujar Kapolsek Cikande


Di samping itu, menurut Kompol Andhi, Jum'at Curhat juga sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan situasi kamtibmas di wilayah hukum Polsek Cikande Polres Serang agar tetap dalam keadaan aman dan kondusif.


"Seperti tadi warga menyampaikan keluh kesah, curhatan atau saran masukan kepada kepolisian khususnya kepada kami Polsek Cikande, supaya kami bisa tindaklanjuti segera," terang Kompol Andhi.


Selain itu warga juga menyampaikan terimaksih atas aktifnya kehadiran Bhabinkamtibmas dan Babinsa di desa.


"Sangat aktif pak, setiap hari Bhabinkamtibmas dan Babinsa ada selalu hadir di desa" Ucap salah satu warga situterate.


Terkait kegiatan Jum'at curhat masyarakat menyampaikan banyaknya kejadian pencurian kendaraan bermotor, menanggapi hal tersebut Kapolsek Cikande memberikan edukasi pencegahan curanmor salah satunya mengingatkan kepedulian masyarakat mengamankan harta bendanya seperti saat istirahat jangan malas memasukan kendaraan sepeda motor kedalam rumah dan di kunci ganda begitupun di tempat umum agar selalu diparkir ditempat aman dan di kunci ganda."Jangan kasih kesempatan pelaku curanmor mengambil sepeda motor kita" Kata Kapolsek Cikande


Sebelum mengakhiri kegiatan, Kapolsek Cikande menyampaikan bagi masyarakat mengetahui tindak kejahatan, gangguan kamtibmas dan membutuhkan bantuan, agar segera menghubungi Kepolisian melalui Bhabinkamtibmas atau hubungi Call Center 110 layanan bantuan Polisi.[Akt-002/Agi].



Cikande , Serang - AktualInvestigasi.com | Sungguh terharu seorang ayah melihat anak yang dicintainya kelak yang akan menjadi generasi penerus bangsa dan penerus orang tua bisa bisa menunjukkan sebuah prestasi yang sangat luar biasa, Sultan Maulana Wahyudi Anak dari Pelda Siswahyudiono Danpos Kecamatan Kibin Koramil  0602-19/Cikande yang mewakili SDN Cipocok Jaya 3 Meraih medali juara 1 lomba kata karate  tingkat Kecamatan, dengan acara lomba kata karate di tingkat SD Kecamatan Cipocok Jaya. kota  Serang, Provinsi Banten.


Jumat, (24/2/2023).



Pelda Siswahyudiono selaku orang tua pun bangga pada SDN Cipocok 3 kelurahan Cipocok jaya yang dikepalai oleh Totong Sastra Mulyana selaku kepala sekolah, beserta para gurunya terutama Guru kelas 5 yaitu Ade Rosita yang sudah mendidik Sultan Maulana Wahyudi anak dari Pelda siswahyudiono bisa mendapatkan hasil yang memuaskan dalam lomba kata karate tingkat SD.


Pelda Siswahyudiono mengatakan pada wartawan


" Alhamdulillah anak kami Sultan Maulana Wahyudi dapat juara 1 O2SN tingkat SD di kec Cipocok jaya kota serang mewakili SDN Cipocok Jaya 3 dalam meraih medali juara 1 tingkat kecamatan.


Kami selaku orang tua berharap untuk anak kami bisa mempertahankan dan meningkatkan prestasinya sampe ke tingkat kota dan tetap berteman yg ramah terhadap temannya ," Jelasnya.[Akt-002/Agi].



MAKASSAR - aktualinvestigasi.com | Peristiwa penganiayaan dan pengancaman yang dialami Ketua PD IWO Ikatan Wartawan Online Kab. Wajo Titin Heriyani pada selasa kemarin (21/2/23) sekira pukul 15.30 wita di kediamannya BTN Assorajang Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo membuat Titin sapaan akrabnya mengalami cedera memar dan pembengkakan serta nyeri sakit di kepala.


Diketahui pelaku adalah tetangga Titin yang saat peristiwa mendatangi rumah Ketua PD IWO Wajo dalam keadaan mabuk dan langsung melakukan pemukulan. 


Atas kekerasan yang menimpa Titin membuat Ketua PW IWO Sulawesi Selatan, Zulkifli Thahir geram dan segera meminta aparat penegak hukum Polres Wajo untuk mengusut tuntas dan menindak tegas pelaku penganiayaan. 


“Ironis sekaligus miris dan geram kepada pelaku ini, bukan karena Ibu Titin adalah seorang pewarta dan Ketua PD IWO Wajo tapi dia ini perempuan dan seorang Ibu jadi untuk itu kami pengurus wilayah IWO Sulsel meminta kepada aparat hukum agar segera mengusut tuntas kasus ini dan menangkap kemudian menindak tegas para pelakunya", pinta Zulkifli Thahir, rabu (22/2/23).


Ketua PW IWO Sulsel ini sangat menyayangkan peristiwa ini karena jikalau ada masalah atau perselisihan semuanya bisa ditemukan solusinya dengan komunikasi yang baik jangan langsung emosional dan melakukan tindakan yang berujung pada pidana. 


"Apa yang dialami Ibu Titin adalah pelajaran bagi kita semua dan kepada para pelaku jika ada masalah jangan langsung melakukan tindakan yang bisa membuat penyesalan dibelakang, upaya hukum yang kami lakukan dengan melaporkan peristiwa ini ke pihak berwajib salah satu tujuannya adalah membuat efek jera bagi siapapun yang selalu menyelesaikan masalah dengan kekerasan",  jelas Abang Cule sapaan akrab Ketua PW IWO Sulsel.


Ditempat terpisah, Kasat Reskrim Polres Wajo AKP Theodorus Echeal Setiyawan mengatakan pihaknya telah memerintahkan jajarannya untuk segera memproses kasus pemukulan terhadap Titin Heriyani jurnalis yang juga Ketua PD IWO Wajo. 


AKP Theodorus Echeal Setiyawan membenarkan kejadian tersebut dengan masuknya laporan di mapolres Wajo nomor LP/B/21/II/ 2023/SPKT/POLRES WAJO/ POLDA SULAWESI SELATAN, atas nama Titin Heriyani.


"Kami baru menerima laporan tersebut hari ini, saudari Titin baru melapor kejadian kemarin dan hari ini segera didistribusikan ke unit PPA untuk sementara diproses dan akan segera kita periksa saksi saksinya, tukas AKP Theodorus Echeal.

(006/RED-Al/lll/2023/Mujahidin)

 


Rangkasbitung - aktualinvestigasi.com | Lapas kelas III Rangkasbitung Kanwil Kemenkumham Banten menerima kunjungan Dinas Tenaga Kerja dan PTSP Kabupaten Lebak, kunjungan tersebut dalam rangka melaksanakan Verifikasi Berkas dan Observasi Lapangan atas usulan perubahan Bimker Lapas menjadi Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) LPK Bina Lapaskas Center di Lapas Rangkasbitung, Kamis (23/02)


Visitasi oleh Dinas Tenaga Kerja dan PTSP Kab. Lebak ini sebagai salah satu syarat dan tahapan yang harus dilakukan setelah usulan permohonan penerbitan tanda daftar LPK Bina Lapaskas Center kepada Disnaker Kab.Lebak



Kalapas Rangkasbitung, Suriyanta Leonardo Situmorang mengatakan hal ini merupakan sebagai wujud dan konsistensi dari Lapas Rangkasbitung dalam rangka program pembinaan kemandirian dalam mengembangkan potensi yang dimiliki Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Tujuannya tak lain agar ke depannya WBP dapat memiliki keahlian yang berkompeten dan keahliannya itu dapat diakui oleh pemerintah dan masyarakat. 


“Dengan adanya Visitasi ini, diharapkan bengkel kerja Lapas Rangkasbitung akan mendapat tanda daftar Lembaga Pelatihan Kerja (LPK), sesuai dengan Surat Direktorat Jenderal Pemasyarakatan nomor PAS.3-UM.01.01-38 tentang: pengajuan tanda daftar bengkel kerja Lapas menjadi LPK, nantinya WBP akan mengikuti pelatihan sesuai standarnya dan tentu akan mendapatkan sertifkat yang dapat digunakan/ diakui oleh semua PIhak” ujar Kalapas 


Dalam kegiatan tersebut turut hadir Kepala Bidang Penempatan Perluasan Pelatihan Tenaga Kerja pada Dinas Tenaga Kerja Kab. Lebak dan Kepala Seksi Bidang Sosial Budaya Dinas PTSP Kab. Lebak, tim visitasi  meninjau beberapa area bengkel kerja dan meminta administrasi kelengkapan data sebagai persyaratan. Tim Dinas Tenaga kerja dan PTSP Kab. Lebak menilai kesiapan LPK Bina Lapaskas Center dan kondisi bengkel kerja beserta prosesnya sampai hasil karya Warga Binaan Pemasyarakatan semua terlihat baik.


“Ya Kami sudah ke Lapas tadi, lihat langsung dan verifikasi bagaimana LPK nya, kita sesuaikan dengan Permenaker Nomor 17 Tahun 2016 tentang Lembaga Latihan Kerja. Disini sudah cukup baik, media, dan sarana juga ada, hasil outpunya juga sudah diakui masyarakt seperti aneka kerajinan kayu dan gitar dan kami lihat juga prosedurenya sudah memenuhi syarat, insyallah kami akan sesegara mungkin melakukan proses perizinan tanda daftarnya dan harapannya tentu saja LPK Lapas menciptakan SDM yang dapat berkontribusi lagi bagi masyarakat dan bangsa”Harap Deni Triasih selaku Kabid Penempatan Perluasan Pelatihan Tenaga Kerja pada Dinas Tenaga Kerja Kab. Lebak

(006/RED-Al/lll/2023/Mujahidin)



Cikande, Serang - AktualInvestigasi.com  | kurangnya pengawasan dan pengecekan data dengan adanya pengerjaan proyek trnamisi tower sutet di Desa Koper Cikande sampai sampai data perawatan tower sutet yang harusnya masuk kewilayah desa koper cikande serang akan tetapi masukan ke wilayah koper kab.tangerang dan hal tersebut membuat para pihak dari wilayah terutama kepala Desa Koper, RT, RW dan warga sekitar pengerjaan tower menara sutet bertanya tanya, ada proyek pemasangan kabel tower sutet tapi tidak ada sosialisasi dengan wilayah desa koper kecamatan Cikande kabupaten Serang Provinsi Banten.


Jumat, (24/2/2023).



Dan para pihak yang dari wilayah sekitar desa koper Cikande terutama kepala desa, rt, rw dan juga dari pihak keamanan wilayah hukum sekitar Cikande baik dari kepolisian binamas dan TNI bhabinsa khawatir jika ada sesuatu hal nantinya yang bisa merugikan warga sekitar, baik dalam kesehatan warga, ada tindak kriminal ataupun yang lainnya, pihak desa tidak bisa menjawab dikarenakan tidak adanya koordinasi dan sosialisasi ke mereka.


Sebelumnya Adang selaku humas proyek penyambungan kabel tower trnamisi sutet dari PT Perusahaan Listrik Negara ( PLN ) dan dikerjakan oleh PT Central Media Elektronik ( CME ) saat dihubungi lewat pesan whastAppnya guna dikonfirmasi pada Hari Selasa tanggal 21 Februari 2023 Jam 10.13 dalam pesan whastAppnya ada menjelaskan


" Iya pak mohon maaf pak. Setelah kami cek dan kami data ulang ternyata daerah koper surat pemeberitahuan masalah ada perawatan sutet telah masuk pak, masuk ke koper kresek pak. Mungkin akan kami segera krim surat dan kordinasi sama desa.rt.rw ," ungkapnya.[Akt-002/Agi].



Sukabumi - Aktualinvestigasi.com | Petugas Lapas Kelas IIB Sukabumi menangkap seorang pelaku penyelundupan barang diduga narkotika jenis sabu-sabu yang menggunakan modus melempar barang haram tersebut dari luar tembok penjara, Rabu (22/02/2023).


Sebelumnya, Kepala KPLP Lapas Sukabumi Rapril Rhamadonna Rachmat membentuk tim yang bertugas mengawasi area lingkungan luar lapas sebagai tindak lanjut dari terjadinya beberapa kali pelemparan barang diduga narkotika dalam sebulan terakhir


Tim yang dibentuk oleh Ka. KPLP tersebut disebar diarea titik-titik rawan untuk memantau orang yang mencurigakan.



Kepala Lapas Sukabumi, Christo Toar menuturkan bahwa penggagalan penyelundupan itu bermula dari kecurigaan petugas yang mendapati seseorang yang mengawasi di sekitar luar tembok lapas.


"Pada pukul 20.56 tim kami menemukan orang yang mencurigakan sedang berdiam diri dan mengawasi disekitar luar tembok lapas, dan benar saja terpantau yang bersamgkutan melakukan pelemparan bakso berisi narkoba " ujar Kepala Lapas Sukabumi.


"Petugas kami langsung mengejar pelaku pelemparan tersebut dan akhirnya tertangkap oleh CPNS yang juga sebagai tim yang memantau" Tambah Christo.


Pelaku tersebut sudah diamankan oleh petugas dibawa kedalam lapas, untuk dimintai keterangan.


Berdasarkan keterangan pelaku pelemparan, pelaku mengaku telah melakukan dua kali pelemparan, yang pertama pada pukul 19.00 wib melakukan pelemparan ke arah beranggang timur, dan yang kedua pukul 20.56 wib di arah barat lapas, tepatnya samping pasmart.


Dari dalam bakso yang dilempar ke dalam lapas tersebut, didapati satu bungkus paket yang diduga narkiba jenis sabu


Dari penangkapan tersebut, Kepala KPLP memerintahkan untuk menyisir kembali area lapas, dan ditemukan kembali barang yang diduga narkoba jenis sabu dibalut dalam bakso yang sudah dilemparkan sebelumnya.


Ka. KPLP melaporkan  kejadian tersebut kepada Kepala Lapas dan Kepala Lapas memerintahkan untuk segera melaporkan kepada Sat Narkoba Polres Kota Sukabumi. 


Temuan tersebut kemudian diserahkan ke Polrestabes Sukabumi untuk proses hukum lebih lanjut.[Akt-002/Agi].

Diberdayakan oleh Blogger.