Rangkasbitung - aktualinvestigasi.com | Menyongsong target kinerja tahun 2023, Lapas kelas III Rangkasbitung Kanwil Kemenkumham Banten mengimplementasikan langkah strategis dalam mewujudkan sertifikasi keahlian narapidana, kali ini salah satu strategi pelaksananya dengan menggandeng 15 Stakeholder melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang berlangsung di Aula Dr. Sahardjo Lapas Rangkasbitung, Senin (27/02)


Kegiatan Penandatnagan PKS disaksikan langsung Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, Tejo Herwanto dan Pimti Pratama Kanwil Kemenkumham Banten dan dari Perwakilan Bupatei Kabupaten Lebak Bapak Al Kadri Selaku Asisten Daerah 1 bidang Pemerintahan.



Dalam sambutannya, Kakanwil Kemenkumham Banten, Tejo Herwanto mengapresiasi langkah Lapas Rangkasbitung dalam menggandeng mitra kerja.


“dan ini adalah salah satu upaya yang baik dan patut diapresiasi menggandeng mitra kerja yang potensial, karena ini adalah amanat sesungguhnya dari UU No. 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan, dimana harus ada kolaborasi dan sinergi yang baik dari 3 pilar kunci Pemayarakatan, Petugas, WBP dan masyarakat, Lapas Rangkasbitung tidak bisa berdiri sendiri, jika tidak menggandeng mitra hasilnya tidak akan optimal” Kata Kakanwil Banten.


Kalapas Rangkasbitung, Suriyanta Leonardo Situmorang menjelaskan bahwa kerjasama yang dilakukan merupakan tindak lanjut Surat Menteri Hukum dan Ham RI Nomor M.HH-03.PR.01.03 Tahun 2022 Tentang Target Kinerja Kementerian Hukum dan Ham tahun 2023 Subbidang Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi yaitu meningkatkan kualitas pelayanan pembinaan narapidana melalui pelaksanaan pelatihan keterampilan yang bersertifikasi.


"menyadari sekali bahwa Narapidana ini harus dibekali bukan saja seremonial melainkan praktek secara ril, dan mereka nantinya harus tersetifikasi sehingga ketika dibawa keluar bisa diakui oleh pihak luar dan tentu saja jalannya adalah menggandeng mitra sebanyak-banyaknya yang memiliki kompetensi dan ahli dibidangnya” Ujar Kalapas


Sebagai informasi sederet program kerja nanti akan dilaksanakan salah satunya dengan Bimker Lapas Rangkasbitung memiliki Tanda Daftar sebagai Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang profesional. Dalam kegiatan ini juga turut hadir para Pimpinan stakeholder Lapas Rangkasbitung diantaranya Universitas La Tansa Mashiro, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Lebak, Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Lebak, Dinas Peternakan Kab. Lebak, Dinas Pertanian Kab. Lebak, Dinas Perikanan Kab. Lebak, STAI Wasilatul Falah Rangkasbitung, Laboratorium Kesehatan Daerah Kab. Lebak, Puskesmas Rangkasbitung, Apotik Fauzi Farma, DPC Peradi Rangkasbitung, PLBH Langit Biru, LPMIK Wira Nusantara Rangkasbitung, AMIK Wira Nusantara Rangkasbitung serta Owner Gitar Gore Leuwidamar

(006/RED-Al/lll/2023/Mujahidin)

 


Rangkasbitung - aktualinvestigasi.com | Pembinaan kemandirian dan kepribadian untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Rangkasbitung Kanwil Kemenkumham Banten terus dioptimalkan, hal ini semakin meyakinkan dengan dilakukannya perjanjian kerja sama (PKS) antara Lapas Rangkasbitung, dengan 15 Stakeholder di Kabupaten Lebak, Senin (27/02)


15 stakeholder diantaranya Universitas La Tansa Mashiro, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Lebak, Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Lebak, Dinas Peternakan Kab. Lebak, Dinas Pertanian Kab. Lebak, Dinas Perikanan Kab. Lebak, STAI Wasilatul Falah Rangkasbitung, Laboratorium Kesehatan Daerah Kab. Lebak, Puskesmas Rangkasbitung, Apotik Fauzi Farma, DPC Peradi Rangkasbitung, PLBH Langit Biru, LPMIK Wira Nusantara Rangkasbitung, AMIK Wira Nusantara Rangkasbitung serta Owner Gitar Gore Leuwidamar


Kegiatan ini juga dihadiri Kakanwil Kemenkumham Banten, Tejo Harwanto, Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Kemenkumham Banten, Pejabat Pengawas dan Administrator Kanwil Kemenkumham Banten, Bupati Lebak yang diwakili Asisten Daerah Pemerintahan I, Al Kadri dan 15 Stakeholder mitra kerjasama Lapas Rangkasbitung


Kalapas Rangkasbitung, Suriyanta Leonardo Situmorang menyampaikan agenda besar di Lapas Rangkasbitung setelah bisa menggandeng 15 stakeholder.


“Kita disini memiliki tanggung jawab yang sama. Hanya mungkin berbeda-beda tetapi saling melengkapi. Dari awal kami menyoroti pendidikan para WBP, banyak yang putus sekolah dan bahkan tidak sekolah, tidak lengkap mereka bisa wajib belajar 12 tahun dan kedepan kita kerjasama tidak boleh terjadi lagi. Kami sudah miliki PKBM dan NPSN sekolah, jadi bisa menggelar pendidikan non formal kejar paket A, B dan C ditambah dukungan mitra kami yakin akan lebih berkualitas" ungkap Kalapas

(006/RED-Al/lll/2023/Mujahidin)

 


Kota Tangerang - Aktualinvestigasi.com | Seminar Edukasi STISNU Nusantara Tangerang menyambut HUT Kota Tangerang yang Ke-30. Bertema "Proteksi Anak  Dari tindakan kriminal demi mewujudkan Kota Tangerang yang Berakhlakul Karimah." Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nahdlatul Ulama (STISNU) Nusantara Tangerang, menggelar Seminar Edukasi dalam rangka menyambut HUT Kota Tangerang yang ke-30 yang bertempat di Gedung Majlis Ulama Indonesia ( MUI ) Kota Tangerang, Senin (27/2/2023).


Dr. Muhamad Qustulani, MA.Hum selaku Ketua Kampus STISNU menyampaikan kepada awak media Aktualnews "STISNU mendukung program HUT Kota Tangerang, karena Tangerang sebagai kota urban yang komunitasnya banyak, maka sangat perlu penanaman akhlak dan keagamaan. Dan STISNU hadir untuk mendorong itu bersama-sama untuk mewujudkan Kota Tangerang yang Berakhlakul Karimah, lanjutnya.



STISNU juga hadir untuk memberikan pemahaman, penyuluhan dan mengajak untuk pendidikan keagamaan, pendidikan moral, dan itu adalah ejawantah. Karena Tangerang sebagai Kota yang Berakhlakul Karimah dan Kota yang Smart City," pungkasnya.


Dalam mewujudkan Sumber daya manusia yang mempunyai daya saing menjadikan insan yang berakhlak mulia STISNU Nusantara Tangerang gelar seminar yang di tujukan terhadap remaja atau kaum milenial dan kali ini di tujukan terhadap siswa dan siswi sekolah di beberapa sekolah yaitu SMKN 3 Tangerang, SMAN 14 kota Tangerang, SMAN 6 Kita Tangerang, SMK Kihajar Dewantara, SMAN 1 Tangerang, dan SMK Dharma Bakti.




Kegiatan ini yang pertama dilaksanakan oleh STISNU Nusantara Tangerang dalam menyambut HUT Kota Tangerang yang ke-30 agar dapat menjaga atau memproteksi siswa dan siswi yang sekarang lagi marak dan seakan menjadi hal yang membumi di kalangan pelajar yaitu dalam hal diantaranya tawuran, dan penggunaan narkoba, Tangerang Senin 27/2/23.



STISNU Nusantara Tangerang mendukung setiap program pemerintah Kota Tangerang terutama dalam hal pendidikan, moral, serta keagamaan karena di Kota Tangerang ini di sebut kota urban yang sudah pasti banyak komunitas maka dengan itu perlu bersama-sama untuk saling membangun kota Tangerang untuk mewujudkan kota Tangerang yang berakhlakul Karimah.




Dr. Andika Mukhtar SH, M.kn salah satu pemateri dari STISNU Nusantara Tangerang menyampaikan saat di wawancarai oleh awak media JMI.



"Kegiatan ini merupakan bentuk dari membangun kota Tangerang agar dapat menjaga dari pergaulan bebas dan karakteristik siswa dan siswi yang ada di kota Tangerang menjadikan serta memiliki Budi pekerti yang baik," ungkap Andika 



"STISNU Nusantara Tangerang akan selalu memberikan edukasi, penyuluhan dan bimbingan terhadap remaja dalam menempuh masa pendidikan karena remaja itu merupakan insan yang lagi menentukan jati diri, jadi sangat perlu di bina dan di berikan pemahaman," tuturnya.



"Peran serta orang tua juga sangat dibutuhkan agar dapat memantau dan menjaga dari pergaulan yang kurang baik," pungkasnya.



Yunadin selaku ketua pelaksana (ketuplak) kegiatan dan juga merupakan mahasiswa dari STISNU Nusantara Tangerang menuturkan bahwa "kegiatan ini akan terus dilakukan dan ini merupakan yang pertama kalinya," terangnya.



"Harapan kedepannya agar dapat meminimalisir dari tindakan yang tidak baik, dan semoga kegiatan ini dapat menjadikan remaja di Kota Tangerang memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik," pungkasnya.



Tiara merupakan salah satu siswi dari SMKN 3 Tangerang menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan mudah-mudahan akan selalu dilaksanakan.



"Alhamdulillah kami sangat senang dengan kegiatan ini, semoga hal seperti ini akan selalu dilaksanakan, karena selain pendidikan di sekolah kami juga mendapatkan pendidikan yang dapat bermanfaat bagi kami," ucapnya.



STISNU Nusantara Tangerang akan selalu memberikan edukatif terhadap siswa dan siswi sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang khususnya, karena merupakan tanggung jawab sebagai kakak dari mereka dalam hal pendidikan. [Akt-002/Agi]

Diberdayakan oleh Blogger.