Rangkasbitung - aktualinvestigasi.com | Dalam rangka memeriahkan acara Seba Baduy tahun 2023, Lapas Rangkasbitung Kanwil Kemenkumham Banten kembali mengikuti kegiatan pameran dengan menampilkan produk kerajinan hasil karya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Rangkasbitung yang bertempat di Alun-alun Rangkasbitung, Kamis (27/04)


Seba Baduy merupakan rangkaian upacara tradisi adat Baduy yang dilakukan setelah Kawalu dan Ngalaksa (melaksanakan puasa kawalu dan bersilaturahmi kepada kerabat dan tetangga dengan membawa hasil panen/membuat makanan Laksa), 



Suriyanta Leonardo Situmorang selaku Kalapas Rangkasbitung menjelaskan bahwa dengan mengikuti pameran ini bisa menjadi media pembinaan di Lapas Rangkasbitung dapat tersalurkan dan tersebar luaskan kepada masyarakat


“Lapas Rangkasbitung dalam pameran ini memamerkan produk kerajinan WBP seperti Hampers Aestethic, Lumpang, Piring, Gelas, Mangkuk, Sendok & Garpu yang terbuat dari kayu pilihan berkualitas terbaik dan foodgrade, semoga hasil produksi WBP Lapas Rangkasbitung dapat diterima di masyarakat dan dapat bersaing dengan produksi yang ada dimasyarakat" ungkap Kalapas


Kasubsi Pembinaan, Eka Yogaswara  menambahkan bahwa Lapaskas Production yang merupakan merek model Hasil karya Narapidana ikuti pameran sebagai bukti eksistensi dan pengakuan dari masyarakat.


“Alhamdulillah kita kembali diberikan media dalam acara pameran Seba Baduy 2023, pameran ini merupakan sebagai langkah pasti dalam memperkenalkan buah positif pembinaan para WBP, akhirnya nanti semoga masyarakat terus memberikan kepercayaan dan merubah stigmanya tetap positif terhadap Pemasyarakatan.” Tutup Yoga nama panggilan Kasubsi Pembinaan.

(006/RED-Al/lll/2023/Ziden)

 


SERANG - aktualinvestigasi.com | Personil Polsek Kopo Polres Serang Polda Banten melaksanakan Sistem Pengamanan Markas Komando (Sispam Mako), Kamis  (27/04/2023) Malam.


Kapolres serkab AKBP Yudha Satria, S.H., S.I.K. melalui Kapolsek Kopo IPTU Satibi, M.H. Mengatakan, kegiatan Sispam Mako dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan atau gangguan keamanan yang datang dari luar mako.


“Sispam Mako dilakukan untuk mengantisipasi tindak kejahatan atau gangguan keamanan yang dapat memicu terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan terhadap mako polsek dan sekitar mako,” ujarnya.


Menurutnya, personil harus selalu siap siaga di setiap waktu, baik siang maupun malam, untuk mengantisipasi ganguan keamanan.


“Kita tidak tau kapan dan dimana bisa terjadi. Akan tetapi dengan kita selalu menerapkan SOP penjagaan Mako. Insya Allah bisa meminimalisir kejadian yang tidak kita inginkan,” ujarnya.


Kapolsek menegaskan, personil yang piket selalu ditekankan untuk terus siaga dan selalu menerapkan pengamanan body sistem, yaitu saling menjaga sesama anggota piket dan peka terhadap keadaan di sekitar mako polsek dan sekitarnya.


“Selain itu, anggota juga harus selalu waspada kepada para tamu yang masuk dan keluar mako polsek. Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” tegasnya.[Akt-002/Agi].



Serangaktualinvestigasi.com | Ditreskrimum Polda Banten telah melaksanakan gelar perkara terkait kendaraan pribadi yang menggunakan plat dinas Polri palsu saat arus balik pada Selasa (25/04).


Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Didik Hariyanto mengatakan terhadap perkara tersebut akan dilimpahkan ke Unit Gakkum Ditlantas Polda Banten. 


"Saat pertama kali diamankan terhadap terlapor telah dilakukan penilangan dengan persangkaan pasal 280 UU No 22 tahun 2009 tentang LLAJ," kata Didik pada Kamis (27/04).


Didik menjelaskan bahwa terhadap suatu peristiwa pidana baik kejahatan maupun pelanggaran proses pelaksanaan penegakan hukumnya tidak dapat dilakukan secara terpisah mengingat karena akan timbulkan nebis and idem (satu pelaku, peristiwa yang sama) dipidana dua kali. Kendaraan tersebut legal yang dibuktikan dengan adanya surat-surat kelengkapan yang terdaftar di Polda Metro Jaya.


"Sehingga penangan perkara dilimpahkan ke Gakkum Lantas untuk melaksanan sidang pelanggaran lalu lintas dan angkutan jalan raya sesuai dengan undang-undang yang berlaku," tutup Didik. [Akt-002/Agi].



Lebak - aktualinvestigasi.com | Guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang sedang menikmati liburan di tempat wisata, petugas pos terpadu dan pos pam ops ketupat Satbrimob Polda Banten melaksanakan pengamanan dan Patroli ditempat wisata, pada Kamis (27/04) 


Adapun lokasi yang dilakukan pengamanan yakni di lokasi wisata Pantai Sawarna Lebak. “Pengamanan ini bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang sedang mengisi waktu libur bersama sanak saudara, teman di tempat wisata agar situasi kamtibmas tetap terjaga aman dan kondusif,” kata Dansat Brimob Polda Banten Kombes Pol Dede Rojudin. 


Dansat Brimob Polda Banten Kombes Pol Dede Rojudin menyebutkan dalam pengamanan itu personel juga melakukan pengaturan arus jalan masuk area wisata, penjagaan depan pintu masuk wisata untuk melakukan pemeriksaan terhadap pengunjung serta melakukan patroli dengan mengelilingi objek tempat wisata. Serta memberikan imbauan melalui operator pengelola obyek wisata, agar pengunjung selalu mengantisipasi barang bawaan yang berharga agar menyimpan pada tempat yang aman.



 “Bagi masyarakat yang berlibur di tempat wisata agar tetap meningkatkan disiplin dan perhatikan barang bawaan atau barang berharga anda pastikan ada di tempat yang aman, serta tetap patuhi imbauan serta larangan dari panitia tempat wisata tentang batasan tempat berenang dilaut,” tutup Dansat Brimob Polda Banten [akt-002Agi].



Tangerang - aktualinvestigasi.com | Polsek Kronjo Polresta Tangerang Polda Banten meringkus seorang pria berinisial KM (24) warga Desa Pagedangan, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, pelaku ditangkap lantaran melakukan tindak pidana pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).


Kapolsek Kronjo Iptu Dedi Ruswandi mengatakan, peristiwa Curanmor itu terjadi di sebuah kafe di Desa Pagedangan Udik, Kecamatan Kronjo pada Rabu (26/04). "Tersangka KM mencuri sepeda motor milik pegawai kafe yang terparkir di bagian dapur," kata Dedi pada Kamis (27/04).


Dedi menjelasakan tersangka KM masuk ke bagian dapur kafe dengan cara merusak pagar kafe. Setelah berada di dalam dapur, pelaku langsung membawa sepeda motor.


"Namun saat hendak melarikan diri, aksi pelaku dipergoki pemilik motor. Pemilik motor beserta warga kemudian mengejar pelaku," ucap Dedi.


Anggota Polsek Kronjo yang sedang patroli kemudian melintas di lokasi. Bersama warga, petugas kemudian meringkus pelaku dan mengamankan pelaku agar tidak dihakimi massa.


"Tersangka kemudian dibawa ke Polsek Kronjo untuk pemeriksaan lebih lanjut," terang Dedi.


Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. [Akt-002/Agi].

 


Lebak - aktualinvestigasi.com | Dengan adanya Kasus Pengeroyokan yang mengakibatkan korban meninggal dunia yang terjadi pada Rabu (26/4/2023) sekira jam 12.00 wib di Kp. Cisedang Rt/Rw 23/07 Desa Margaluyu Kec. Sajira Kab. Lebak.


Sat Reskrim Polres Lebak Polda Banten lakukan pemeriksaan dan pendalaman kasus tersebut.


Kapolres Lebak Polda Banten AKBP Wiwin Setiawan, SIK, MH membenarkan hal tersebut, "Ya saat ini Jajaran Sat Reskrim Polres Lebak Polda Banten masih melakukan pemeriksaan - pemeriksaan dan pendalaman terkait Kasus Pengeroyokan yang mengakibatkan korban meninggal dunia yang terjadi pada Rabu (26/4/2023) sekira jam 12.00 wib di Kp. Cisedang Rt/Rw 23/07 Desa Margaluyu Kec. Sajira Kab. Lebak," ujar Wiwin.  Kamis (27/4/2023)


"Terkait kasus tersebut kami sudah melakukan langkah-langkah dari mendatangi TKP dan olah TKP oleh Unit Indentifikasi Sat Reskrim Polres Lebak, melakukan Otopsi terhadap korban di RSUD Adjidarmo, dan mencari informasi serta mengumpulkan barang bukti" ungkapnya.


"Adapun kronologis kejadian awalnya korban SR (52) pada hari Selasa tanggal 25 April 2023 sekira jam 21.00 wib, korban mengancam warga kp. Cisedang, sehingga menimbulkan kemarahan warga masyarakat kemudian pada (26/4/2023) sekira jam 12.00 wib warga masyarakat mendatangi rumah korban serta menyeret korban dan  melakukan pengeroyokan terhadap korban SR yang mengakibatkan korban meninggal dunia," terang Wiwin.


"Jajaran Sat Reskrim Polres Lebak dibantu Polsek Sajira saat ini masih melakukan Pemeriksaan-pemeriksaan terhadap saksi-saksi untuk mencari titik terang kasus tersebut dan perkembangan lebih lanjut nanti akan di informasikan kembali," tuturnya.


"Kami menghimbau kepada warga masyarakat agar tidak mudah terprovokasi dan tidak ada aksi lanjutan yang dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas  serahkan proses hukum kepada Pihak Kepolisian dalam hal ini Polres Lebak Polda Banten, Mari bersama Jaga kondusifitas di Wilayah Kabupaten Lebak," imbau Kapolres Lebak.(006/RED-Al/lll/2023/Ziden)

 


SERANG, Banten - aktualinvestigasi.com | Pernyataan Komandan Korem (Danrem) 064/Maulana Yusuf Brigjen TNI Tatang Subarna ramai diperbincangkan di media sosial beberapa hari ke belakang.


Dalam video berdurasi 3:35 detik tersebut, Ia menanggapi kontak fisik yang terjadi antara oknum personel kepolisian dengan anggota TNI di berbagai daerah.


Selain itu, Jenderal Bintang Satu yang akrab disapa Abah tersebut juga memerintahkan kepada Kasrem 064/MY dan Para Kasi Kasrem 064/MY dan Para Komandan Satuan (Dandim) di jajaran Korem 064/MY untuk menjaga Marwah TNI.


Hal itu dilakukan karena dirinya tidak ingin kejadian yang terjadi di berbagai daerah terulang di Provinsi Banten khususnya di wilayah jajaran Korem 064/MY yang dipimpinnya.


Menanggapi viralnya pernyataan yang dikeluarkannya, saat ditemui, Brigjen TNI Tatang Subarna menyampaikan sebenarnya beberapa hari ke belakang dirinya belum sempat melihat dinamika di sosial media karena padatnya kegiatan di wilayah.


Kendati demikian, Ia menyampaikan seluruh tentara yang ada di Korem 064/MY adalah tanggung jawabnya. Dirinya bertanggung jawab langsung kepada Panglima Kodam III/Siliwangi untuk menjaga semuanya.


"Bagaimana caranya, tentu teknisnya ada di Abah Danrem. Yang terpenting adalah bagaimana TNI yang ada di wilayah Korem 064/MY ini tidak boleh, ingat tidak boleh terjadi kontak fisik. Itu titik kritisnya," katanya.


”Ya kalau di luar wilayah Abah kan sudah ada bagiannya masing-masing. Khusus di wilayah provinsi Banten tidak boleh terjadi," tegas Brigjen TNI Tatang Subarna.


Danrem 064/MY mengungkapkan, dirinya bersama jajarannya terus turun ke bawah dan selalu mengevaluasi apa yang terjadi di luar.


"Kenapa nih ada kejadian seperti ini, nah saya tidak sungkan menyampaikan kepada Pak Kapolda sampai ke Pak Pj Gubernur. Tidak sungkan melakukan itu," ujarnya.


Fakta di lapangan, lanjutnya Alhamdulilah berbagai kegiatan mulai dari momen Natal dan tahun baru hingga arus mudik 2023 di Provinsi Banten berjalan lancar.


"Alhamdulillah Banten aman. Banten baik-baik saja. semua itu berkat siapa? Tentu berkat adanya sinergi antara Polri yang menjadi institusi nomor satu bagian pengamanan dibantu kita TNI dan juga seluruh komponen di Provinsi Banten," jelas Brigjen TNI Tatang Subarna.


Lebih lanjut, Ia menuturkan dirinya tidak ambil pusing terkait kabar yang beredar di media sosial dan memerintahkan anak buahnya untuk tidak terpancing apalagi ini mendekati tahun politik. 


"Mau mengadu domba TNI dan Polri? Mau membentur-benturkan kami? Saya mantan Kadispenad, sudah khatam hal yang seperti itu. Kita tidak bisa diadu domba. Yang bisa diadu domba hanya domba. Kita tidak bisa karena kita manusia," terangnya seraya tersenyum.


Brigjen TNI Tatang Subarna menjelaskan pro kontra yang terjadi di dunia maya adalah sesuatu yang lumrah terjadi. Yang terpenting dirinya akan berbuat terbaik untuk Provinsi Banten.


"Kita hidup di dunia nyata, bukan dunia maya. Abah tenang, damai. Resiko pejabat publik di kritik. Abah sayang masyarakat Banten. Ingat ini kampung Abah, jangan ada yang mengotori membikin ricuh di Kampung Abah karena akan berhadapan dengan kita semua di Banten ini," pungkasnya.[Akt-002/Agi].

 


SERANGaktualinvestigasi.com | Komandan Satuan Brimob Polda Banten Kombes Pol. Dede Rojudin, S.I.K., M.H., memimpin langsung apel Gelar Pemeriksaan Pasukan dan kendaraan yang dilaksanakan di lapangan M.Jasin Mako Satuan Brimob Polda Banten Jln. K.H Amin Jasuta no.1 Serang diikuti oleh PJU dan Para Perwira , serta anggota Satbrimob Polda Banten. Rabu (26/04)


Dansat Brimob Polda Banten Kombes Pol. Dede Rojudin saat arahan mengatakan, “Kesempatan apel pagi ini saya akan sampaikan menyikapi beberapa kegiatan yang mungkin setiap hari kita laksanakan dan persiapan menghadapi arus balik mudik’’



Demi menciptakan situasi wilayah Banten, jajaran Polda Banten akan terus meningkatkan giat patroli dan meningkatkan kewaspadaan, pengawasan dan kesiapsiagaan.


Dansat Brimob Polda Banten Kombes Pol Dede Rojudin mengatakan Tingkat kan terus kegiatan patroli yang bertunjuan untuk meminimalisir tindak kejahatan. “Kegiatan patroli bertunjuan untuk meminimalisir tindak kejahatan yang marak terjadi seperti yang sedang banyak laporan dari masyarakat yaitu gankster dan juga menjaga rasa kenyaman masyarakat,” ucap Dede.


Diakhir arahannya mengatakan, “Ucapan terima kasih kembali dari saya selaku Komandan Satuan Brimob Polda Banten kepada rekan – rekan semua karena sudah cukup baik dalam hal Menjaga Kamtibmas, kita pertahankan apa yang sudah kita lakukan, jaga selalu kondisi tubuh untuk tetap sehat , diharapkan kedepan kita sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat untuk selalu menjaga pemeliharaan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) tetap aman dan kondusif khususnya di wilayah Banten yang kita cintai ini”, tutur Dede Rojudin.[akt-002/Agi].

 


SERANG - aktualinvestigasi.com | Bhabinkamtibmas Polsek Kopo Polres Serang secara rutin melaksanakan giat sambang desa binaan sekaligus bersilaturahmi untuk mengadakan dialog bersama dengan perangkat desa dan elemen masyarakat lainnya yang ada ditengah tengah masyarakat untuk memberikan himbauan dan menyampaikan pesan-pesan kamtibmas secara langsung sekaligus menyerap berbagai informasi yang sedang berkembang ditengah tengah masyarakat.


Kegiatan sambang dan silaturahmi tersebut, seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Briptu Rohman pada hari ini Kamis, (27/04/2023) melaksanakan sambang di Kantor Desa Nyompok Kecamatan  Kopo Kabupaten Serang dan berdialogis dengan para perangkat desa. 


Dalam kesempatan itu Bhabinkamtibmas tidak lupa untuk memberikan himbauan dan sampaikan pesan pesan kamtibmas, sekaligus Bhabinkamtibmas mensosialisasikan Hotline Polsek Kopo kepada staf Desa agar di informasikan kepada seluruh RT dan Masyarakat guna mempercepat pengaduan masyarakat. 


“Mari kita bersama sama untuk membangun kebersamaan dan kita selalu mengedepankan rasa kekeluargaan untuk mencapai suatu keamanan dan ketertiban secara bersama sama, jika terjadi gangguan kamtibmas segera menghui Bhabinkamtibmas atau Hotline Polsek Kopo” kata Rohman. 


Ia juga mengatakan akan selalu melaksanakan giat rutin untuk turun kedesa agar dapat mengetahui secara langsung setiap persoalan yang ada didesa, sehingga setiap persoalan yang ada akan dapat segera untuk terpecahkan dan terselesaikan dengan penuh kedamaian.


Sementara itu Kapolres Serang  AKBP Yudha Satria, S.H., S.I.K, melalui Kapolsek Kopo Iptu Satibi, M.H. mengatakan bahwasannya dengan adanya sinergitas dan kemitraan diantara Bhabinkamtibmas dengan aparatur pemerintahan desa maka akan dapat menyelesaikan segala macam bentuk permasalahan dan persoalan yang terjadi didesa binaan masing masing.


“Saya sebagai Kapolsek telah mengintruksikan kepada seluruh Bhabinkamtibmas Polsek Kopo untuk selalu melekat dan membangun kebersamaan dengan seluruh perangkat desa dan warga masyarakat guna terciptanya kondusifitas kamtibmas diwilayah hukum Polsek Kopo,” terang Kapolsek.[Akt-002/Agi].

 


Kodam Jaya, Tigaraksa - aktualinvestigasi.com | Menyambut May Day (Hari Buruh) Kodim 0510/Tigaraksa menyiapkan personil pengamanan. Hal tersebut di ungkapkan Pasi Intel Kodim 0510/Tigaraksa Kapten Inf Ali Maskuri SE mewakili Dandim 0510/Tigaraksa Letkol Arh S.S. Bandjar saat menghadiri Rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tangerang di Gedung Serba Guna (GSG) Kabupaten Tangerang, Kamis (27/04/2023).



Dalam kesempatan juga Kapten Inf Ali Maskuri SE Pasi Intel Kodim 0510/Tigaraksa mewakili Dandim mengucapkan minal aidzin wal Faizin mohon maaf lahir dan batin.


"Dalam hal ini kami dari jajaran Kodim 0510/Tigaraksa sudah siap dalam plotingan pengamanan menyambut hari May Day, kami akan bersinergi dengan pihak kepolisian dalam hal pengamanan," ujar Pasi Intel Kapten Inf Ali Maskuri SE.


Menurut Pasi Intel, juga akan berkoordinasi kepada Korlap pimpinan Aksi buruh se-kabupaten Tangerang dan management perusahaan untuk menimalisir peserta Aksi guna mengantisipasi kemungkinan terburuk akibat Dampak aksi buruh dalam rangka Mayday, perkembangan pergerakan masa yang banyak dan juga nantinya dapat menghambat mobilitas pengguna jalan terutama di pintu masuk Tol, maupun pintu keluar  Tol mengingat beberapa hari kedepan akan padatnya pengguna jalan karna arus balik mudik lebaran.


Kita semua berharap peringatan hari May Day nanti dapat berjalan dengan lancar dan aman mengingat perayaannya pun masih dalam waktu libur kerja." Tutup nya".


Hadir dalam Rapat tersebut, Ahmed Zaki Iskandar Bupati Tangerang, AKBP Indra Mardiana Wakapolresta Tangerang, Ferry Herlius Kejari Kabupaten Tangerang,  Moch Maesyal Rasyid Sekda Kabupaten Tangerang, Kompol Gunawan Kabin OPS Polrestro Tangerang Kota, AKP Fahad Hafizulhag Kasat Intelkam Polres Metro Tangsel, Para Asisten Kabupaten Tangerang, Rudi Hartono Kadisnaker Kabupaten Tangerang dan Kadis se-kabupaten Tangerang.


(Sumber kodim 0510/Tigaraksa).[Akt-002/Agi].

 


Kodam Jaya, Tigaraksa - aktualinvestigasi.com | Untuk terus meningkatkan keamanan dan ketertiban lingkungan masyarakat,

Serda Sumasrin Babinsa 2 Desa Curug Wetan, Koramil 02/Curug, Kodim 0510/Tigaraksa Komsos dengan Ketua Forum RT Saeful Azhar di lingkungan Desa Curug Wetan, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, Kamis (27/04/2023).


Komsos dengan Forum RT/RW Desa Curug Wetan  bertempat di RT 01/11 Desa Curug Wetan dilakukan bersama Babinkamtibmas Iptu Iksan Iskandar.


Danramil 02/Curug Kapten Arh Mulyono menjelaskan, Komsos yang dilakukan Serda Sumasrin membahas tentang keamanan dan ketertiban lingkungan masyarakat di Desa Curug Wetan.


"Babinsa dalam hal ini menyampaikan dan menghimbau kepada  Saeful Azhar  Selaku Ketua Forum RT/RW  untuk  mengingatkan Ketua RT/RW agar selalu memantau dan mengecek rumah warga yang kosong apabila  di tinggal mudik lebaran  guna mengantisipasi  tidak terjadinya  hal hal yang tidak diinginkan seperti pencurian rumah kosong," ujarnya.


Danramil mengharapakan, warga masyarakat dan Ketua RT dan RW selalu berkoordinasi dengan Babinsa maupun Babinkamtibmas apabila ada kejadian di Wilayah.


(Sumber kodim 0510/Tigaraksa).[Akt-002/Agi].

 


SERANG, Banten - aktualinvestigasi.com  Komandan Korem (Danrem) 064/Maulana Yusuf, Brigjen TNI Tatang Subarna melakukan kunjungan dalam rangka halal bihalal ke Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Banten, Kamis (27/4/2023).


Dalam kunjungan tersebut, Jenderal Bintang Satu yang akrab disapa Abah itu didampingi Kasrem 064/MY Kolonel Inf Nurkhan, para Kasi Kasrem 064/MY dan Para Kabalak Korem 064/MY, dan Kasdim 0602/Serang.


Adapun Kapolda Banten, Irjen. Pol. Prof. Dr. Rudy Heriyanto Adi Nugroho didampingi Wakapolda Banten Brigjen Pol M. Sabilul Alif, PJU Polda Banten dan Staf Polda Banten menerima secara langsung kunjungan silaturahmi itu. 



Dalam kesempatannya, Brigjen TNI Tatang Subarna menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolda Banten dan jajarannya yang telah menerima kehadirannya dan rombongan dengan baik. 


Ia menyebut, kegiatan halal bihalal itu dimanfaatkan pasca Lebaran atau Idulfitri 1 Syawal 1444 H untuk bersilaturahmi serta bermaaf-maafan. Selain itu, juga untuk mempererat sinergitas TNI-Polri di wilayah Banten. 


"Tadi kami bersilaturahmi, berbincang-bincang secara ringan banyak hal dan salah satunya membahas mengenai kondusifitas di Provinsi Banten ini yang Alhamdulillah sangat kondusif," katanya.


Brigjen TNI Tatang Subarna mengaku bersyukur dengan kondusifnya situasi di Provinsi Banten ini. Ia menyebut hal itu tentu berkat sinergitas antara Polri dan TNI di Banten yang berjalan dengan baik.


"Alhamdulillah kita bisa lihat bersama kondisi di Banten ini sangat kondusif. Hal ini tentu karena sinergitas dan soliditas TNI dan Polri di Banten yang tidak perlu diragukan lagi," ungkapnya.


"Bisa dilihat kami selalu guyub dalam berbagai kegiatan. Semoga ke depan akan terus terjaga dan meningkat," tandas Danrem 064/MY.[Akt-002/Agi].

 


CILEGON, Banten - aktualinvestigasi.com |Komandan Korem (Danrem) 064/Maulana Yusuf, Brigjen TNI Tatang Subarna menghadiri acara Riung Mungpulung dalam rangka Hari Jadi Kota Cilegon ke-24.


Adapun kegiatan bertemakan bersinergi membangun Kota modern dan bermartabat itu digelar di Halaman Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon, Kamis (27/4/2023).


Dalam kesempatannya, Brigjen TNI Tatang Subarna menyampaikan ucapan selamat kepada Kota Cilegon yang telah berusia 24 tahun.


Ia berharap Kota Cilegon yang juga berada di bawah jajaran Korem 064/MY ke depan menjadi lebih baik sehingga visi menjadikan Cilegon yang modern dan bermartabat bisa terwujud.


"Harapannya tentu sesuai visi dan misi dari Wali Kota yang memimpin semoga bisa menjadikan Cilegon yang modern dan bermartabat," tandasnya.


Turut hadir mendampingi Brigjen TNI Tatang Subarna dalam kegiatan tersebut, Dandim 0623/Cilegon Letkol Inf Aryo Priyoutomo dan Danlanal Banten Kolonel Laut (P) Dedi Komarudin.[Akt-002/Agi].

 


Serang, Banten - aktualinvestigasi.com | Polres Serang Polda Banten melaksanakan upacara serah terima jabatan Kasat Samapta Polres Serang, Kapolsek Ciruas Polres Serang dan Kapolsek Cikeusal Polres Serang, bertempat di lapangan apel Polres Serang. Kamis, (27/04/2023) pukul 08.00 WIB.


Bertindak sebagai Inspektur upacara AKBP Yudha Satria, S.H., S.I.K., Komandan upacara IPDA Sandhi Pribadi, S.H. dan Perwira upacara AKP Ujang Elan, S.E.



Adapun pejabat yang melakukan serah terima jabatan di lingkungan Polres Serang sesuai dengan Keputusan Kapolda Banten Nomor : KEP/294/III/2023/Tanggal 31 Maret 2023 dan ST/294/III/KEP/2023 sbb : AKBP Hasan Khan Jabatan lama Kapolsek Ciruas Polres Serang, jabatan baru Kasubdit Audit Ditpamobvit Polda Banten. 


Kompol Suhara jabatan lama Kasubbaggar Bagrenprograr Rorena Polda Banten jabatan baru Kapolsek Ciruas Polres Serang.


Kompol Dadang Saepuloh Wawansyah jabatan lama Kasat Samapta Polres Serang jabatan baru Pamen Polres Serang (dalam rangka pensiun).


AKP Humaedi, S.H. jabatan lama Kapolsek Cikeusal Polres Serang jabatan baru Paur Subbagsisjemen Bagstrajemen Rorena Polda Banten.


AKP Surono jabatan lama Subbagevadasi Bagjarlat SPN Polda Banten, jabatan baru Kapolsek Cikeusal Polres Serang.


Iptu Eka Jatnika jabatan lama PS Kasubbagfaskon Baglog Polres Serang, jabatan baru Kasat Samapta Polres Serang.


Kapolres Serang AKBP Yudha Satria, S.H., S.I.K. dalam amanatnya mengatakan, pada kesempatan Hari ini saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pejabat lama Polres Serang yang sudah memberikan dedikasi dan kinerja terbaiknya selama berdinas di Polres Serang.


Pada pejabat yang baru saya mengucapkan selamat bergabung di Polres Serang dan segera lakukan penyesuaian dengan memahami tugas dan tanggung jawab jabatan baru di lingkungan Polres Serang.


Segera pahami tugas pokok bagi para pejabat baru di lingkungan Polres Serang teruskan kebijakan dan kegiatan yang sudah dilakukan sebelumnya tandasnya. (Humas).[Akt-002/Agi].



Serang, Banten - aktualinvestigasi.com |Kasrem 064/MY Kolonel Inf Nurkhan memimpin apel pagi kembali cuti gelombang pertama oleh seluruh prajurit dan PNS jajaran Korem 064/MY dilapangan upacara Makorem 064/MY Jalan Maulana Yusuf No 9 Kota Serang. Rabu, (26/4/2023).


Pada kesempatan apel pagi hari ini yaitu bertujuan untuk mengecek fisik satu persatu personel baik prajurit maupun PNS yang sudah melaksanakan cuti gelombang satu lebaran 1444 H / 2023 M. Diharapkan setelah kembali cuti tidak ada permasalahan diluar dan kembali dengan aman dan selamat hingga bertemu keluarga dirumah.



Mengawali pengarahannya, atas nama pribadi dan mewakili pimpinan Korem 064/MY, Kasrem 064/MY mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, dengan harapan amal ibadah puasa yang telah dijalankan mendapat berkah dari Allah SWT khususnya bagi Anggota Korem 064/MY yang beragama Islam.


" Minal Aidin Wal Faizin, mohon maaf lahir dan batin. Saya ucapkan juga terima kasih dan selamat datang kepada Prajurit dan PNS Korem 064/MY karena sudah melaksanakan dinas cuti dengan baik dan tidak ada permasalahan yang terjadi selama pelaksanaan cuti,” ujar Kolonel Inf Nurkhan


Lebih lanjut Kasrem 064/MY mengatakan, setelah selesai dari melaksanakan cuti Hari Raya Idul Fitri kemarin, perlu dilaksanakan apel pengecekan untuk memastikan secara fisik kondisi seluruh personel Korem 064/MY


“Apabila selama pelaksanaan cuti masih ada permasalahan yang belum terselesaikan, agar segera melaporkan kepada kepada yang tertua di staf masing-masing, sehingga permasalahan tersebut tidak membawa dampak yang lebih besar kepada personel maupun satuan,” tegasnya


Kolonel Inf Nurkhan berharap setelah kembali cuti gelombang pertama semangat bekerja meningkat dan kembali fokus ke kedinasan dan tanggung jawab masing-masing.


" Pada kesempatan ini, saya juga mengingatkan kepada prajurit yang akan melaksanakan cuti gelombang kedua untuk selalu mengutamakan keselamatan. Hal ini disebabkan terjadi peningkatan arus lalu lintas selama libur lebaran. Antisipasi berbagai kemungkinan kendala dalam perjalanan dengan mempersiapkan kendaraan harus dalam kondisi siap operasional. Utamakan faktor keamanan selama dinas cuti, hindari terjadi laka lalin yang dapat mengakibatkan kerugian personel maupun materiil”, tutupnya.[Akt-002/Agi].



Serang, Banten - aktualinvestigasi.com | Komandan Korem 064/MY Brigjen TNI Tatang Subarna diwakili Kepala Seksi Personel (Kasipers) Korem 064/MY Kolonel Caj  Suparno pimpin apel pemberangkatan Cuti Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1444 H gelombang 2 bagi personel militer maupun PNS Makorem bertempat di lapangan apel Korem 064/MY, Rabu Sore (26/04/2023) 


Dalam arahannya Kasipers Korem 064/MY juga mengingatkan, bagi personel  yang akan melaksanakan cuti lebaran gelombang 2 ini, agar  memperhatikan faktor keamanan baik di rumah yang akan ditinggalkan saat berangkat  cuti dan  selama diperjalanan sehingga tiba ditempat tujuan dengan selamat  dan tepati waktu kembali di Kesatuan, 


" saya ulangi selama cuti hindari pelanggaran sekecil apapun jaga nama baik pribadi dan kehormatan satuan Korem 064/MY serta umumnya nama, derajat dan kehormatan TNI Angkatan Darat. 



"Jangan membuat pelanggaran, hindari dan jauhi hal-hal yang bersifat negatif seperti perkelahian, pelanggaran narkoba dan pelanggaran lainnya apabila ada permasalahan sekecil apapun segera dilaporkan secara hirarki ke pimpinan masing masing, sehingga  dapat diambil langkah  guna penyelesaian suatu  permasalahan terjadi.

”, tegas Kolonel Caj Suparno . 


Kolonel Caj Suparno menegaskan kembali  " Harapan pimpinan, kepada seluruh personel Makorem 064/MY berangkat cuti lebaran dan kembalinya dalam keadaan aman, lancar, lengkap tidak ada yang membuat pelanggaran sehingga  bisa bertemu lagi dan  semuanya bisa melaksanakan  dinas kembali seperti biasa”, pungkas Kasipers.[Akt-002/Agi].



Kodim 0505/Jakarta Timuraktualinvestigasi.com | Babinsa Koramil 06/Cakung Serda Suroto bersama Tiga Pilar Dalam rangka arus balik mudik lebaran TA.2023, melaksanakan pengamanan di pos pelayanan Terminal Bus Terpadu Pulogebang Kecamatan Cakung, Kamis (27/04/2023).


Pos pemantauan, pengamanan dan pelayanan di terminal Bus Terpadu Pulogebang yang disiapkan Kodim 0505/JT, Polres Metro Jakarta timur, Aparat Pemerintah Walikota Jakarta timur bersama jajaran Koramil dan Polsek Cakung yang melayani kedatangan arus balik para pemudik saat libur panjang lebaran 2023 H+6 yang turun di terminal Bus Terpadu Pulogebang dalam keadaan aman.



Pengamanan arus balik mudik lebaran Thn.2023 yang di gelar Polres Metro Jakarta timur dan Kodim 0505/JT, yang bertempat di Terminal Pulogebang, Terminal Kampung Rambutan dan Stasiun Jatinegara ini, terdiri dari para Babinsa, anggota Polsek jajaran Polres Metro Jakarta timur, Satpol-PP, Dishub , Petugas Terminal dan Security yang ikut serta dalam Pengamanan arus balik mudik Lebaran Thn. 2023.


“Situasi Arus Mudik dan arus balik dari H-6 sebelum lebaran dan sampai dengan H+6 yang terpantau di wilayah Teritorial Koramil 01/Jatinegara s.d Koramil 08/Duren sawit jajaran Kodim 0505/Jakarta timur sampai dengan berita ini ditayangkan dalam keadaan aman kondusif.


(Sumber Kodim 0505/Jakarta timur).[Akt-002/Agi].

 


Kodam Jaya, Tangerang - aktualinvestigasi.com | Merajut hubungan tali silaturahmi dalam rangka mempererat sinergitas TNI-Polri, Danramil 02/Btc, Kodim 0506/Tgr Mayor Inf dan Kapolsek Neglasari intens komunikasi melalui saling berkunjung ke markas masing - masing. Kali ini Kapolsek Neglasari di dampingi jajarannya mendatangi Markas Koramil 02/Btc Jalan Daan Mogot Kota Tangerang, Rabu (26/04/2023).


Kunjungan Kapolsek Neglasari di terima langsung Danramil 02/Btc Mayor Inf Rohani, kegiatan tersebut dalam rangka merawat hubungan kerja antar instansi, Danramil 02/Btc dan Kapolsek secara rutine bergantian saling sambang kekantor atau ketemu dilapangan untuk mempererat sinergitas sesama pemangku wilayah yang beraktifitas sesuai Tupoksi Instansi masing-masing.


Danramil yang dalam hal ini melaksanakan tugas Pembinaan kewilayahan dengan methoda Binter ditengah-tengah masyarakat selalu berusaha menggandeng rekan kerjanya Kapolsek selaku pemangku Harkamtibmas.


Menurut Danramil 02/Btc Mayor Inf Rohani mengatakan terciptanya situasi, aman dan kondusif ditengah - tengah warga itu bukan hanya tanggung jawab Polsek atau Koramil saja.


 "Perlu adanya koordinasi melekat antara TNI-Polri yang keberadaannya tak ubahnya 2 sisi mata uang yang saling berkaitan dan pentingnya diwilayah," ujarnya.[Akt-002/Agi].

 


Jakarta Utara - aktualinvestigasi.com | Musibah kebakaran kembali terjadi di Jakarta Utara tepatnya di  Blok Empang Tembok Bolong Muara Angke Kelurahan Pluit Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara.


Bencana kebakaran yang terjadi pada Sabtu dini hari 22 April 2023 menyasar daerah padat penduduk yang rata-rata berbentuk bangunan semi permanen dan dihuni para nelayan yang biasa mengeringkan ikan di wilayah tersebut. 


Selanjutnya para korban terdampak kebakaran direlokasi ke posko siaga bencana kebakaran yang berlokasi di jalan Dermaga PHPT Rt 011 Rw 022 Kelurahan Pluit Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara.



Sebagai wujud perhatian Forkopimko Jakarta Utara, maka dilaksanakan penyerahan bantuan sembako kepada para korban terdampak kebakaran yang di gelar di halaman posko siaga pada Selasa (25/4/2023).


Hadir dalam penyerahan sembako tersebut Pj Gubernur DKI Jakarta Bp Heru Budi Hartono, Walikota Adm Jakarta Utara Bp Dr Ali Maulana Hakim S IP, M Si, Dandim 0502/JU Kolonel Inf Frega Wenas Inkiriwang MIR, MMAS, Ph D, FHEA, Aspem Kota administratif Jakarta Utara, perwakilan dari Yayasan Buddha Tzu Chi, serta para pejabat di wilayah Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara.


Dandim 0502/JU Kolonel Inf Frega Wenas inkiriwang MIR, MMAS, Ph D, FHEA, mengatakan bahwa penyerahan bantuan sembako ini adalah untuk membantu meringankan beban ekonomi para terdampak korban kebakaran, dimana saat ini mereka sedang berjuang untuk kembali pulih baik secara moril maupun meteriel, apalagi saat ini sedang dalam suasana lebaran, jadi berbagi adalah hal yang tepat dilakukan, ungkap Dandim Frega.


Sumber Pendim 0502/JU.[Akt-002/Agi].

 


Kodam Jaya, Tangerang - aktualinvestigasi.com | Masih di suasana hari raya idul Fitri 1444 Hijriah, tahun 2023, Markas Koramil 02/Btc, Kodim 0506/Tgr di datangi Camat Batu Ceper beserta lurah se-Kecamatan Batu Ceper, Rabu (26/04/2023).


Tak ayal Danramil 02/Btc Mayor Inf Rohani bersama jajarannya tersentak kaget melihat kedatangan Camat di dampingi Lurah beserta stafnya.


Pada kesempatan yang baik tersebut dimanfaatkan oleh kedua instansi untuk mengawali hari kerja dengan bersilaturahmi dan saling bermaafan pada suasana bulan syawal 1444 Hijriah.


Danramil 02/Btc Mayor Inf Rohani mengatakan, masih dalam suasana lebaran mengawali hari kerja di manfaatkan untuk saling bermaafan, seluruh jajaran Koramil 02/Btc dan Camat, staf Camat dan lurah saling bersalaman berlebaran.


"Dalam kesempatan ini saya Danramil 02/Btc bersama Camat Batu Ceper ber sepakat meningkatkan sinergitas dalam rangka melaksanakan Pembinaan Teritorial diwilayah dengan terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada warga masyarakat," ujarnya.


Sementara, Camat Batu Ceper menjelaskan, kedatanganya bersama para lurah se-Batu Ceper tidak lain untuk bersilaturahmi dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Sekaligus meningkatkan Sinergitas yang sudah lama terjalin.[Akt-002/Agi].

 


Kodam Jaya, Tigaraksa - aktualinvestigasi.com | Danramil 05/Balaraja Kapten Inf Ali Maskuri SE bersama Kapolsek Balaraja Kompol Yuda Hermawan SH.MM dan Muspika melaksanakan kegiatan Halal Bihalal Idul Fitri1444 H Tahun 2023 dan Laporan TW I tingkat Kecamatan Balaraja di Ruang Rapat Kec Balaraja Desa Talagasari, Kec Balaraja Kab Tangerang, Rabu (26/04/2023).


Kegiatan rapat tersebut, baik unsur TNI dan Polri bersama Muspika Kecamatan Balaraja membahas dan mengevaluasi berbagai hal yang mencakup sektor bidang masing - masing khususnya di wilayah Kecamatan Balaraja.



Camat Balaraja Willy Patria SE. M.SI, menyampaikan terkait penyerapan APBD, dan jelang Pemilu dengan mengharapkan agar tempat ibadah tidak dijadikan tempat kampanye.


Selain itu, Camat juga menyampaikan bahwa HUT Balaraja kedepannya harus lebih baik, penanganan Stunting lebih diintensifkan dan antisipasi modus balapan lari saat Ramadhan serta adanya rencana penggunaan Fly over guna mengantisipasi terkait Laka lalin harus ada pengaturan yang tepat.


Pada kesempatan itu, Danramil 05/Balaraja Kapten Inf Ali Maskuri SE juga menyampaikan bahwa, dimasa Ramadhan dan Lebaran semua terpantau aman dan kondusif, termasuk pemantauan arus mudik Km 43.


Peran TNI khususnya Kodim 0510/Tigaraksa dan Koramil Jajaran dalam hal ini sangat penting untuk membantu menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban wilayah dengan aman dan lancar sesuai yang diharapkan.


Selanjutnya, Danramil juga menyampaikan, TNI - Polri siap untuk bersinergi guna menjaga Harkamtibmas khususnya di wilayah Kecamatan Balaraja .


Karena itu, tambah Danramil berharap dengan adanya rapat lintas sektoral ini mari kita bersinergi menindaklanjuti hasil kesepakatan rapat dan kita jaga wilayah kecamatan Balaraja aman dan kondusif.


Hadir dalam kegiatan itu, Camat Balaraja Willy Patria SE. M.SI,  Danramil 05/Balaraja Kapten inf.Ali Maskuri SE, Kapolsek Balaraja Kompol Yuda Hermawan SH.MM, Kanit Humas Polsek Balaraja Iptu Bambang Hermanto, Ketua MUI Kec Balaraja Ustad Abdul Manaf, Ketua UPZ Kec Balaraja Ustad M Jarman, Lurah Balaraja Bpk Obang Suryani, Kades Se - Kecamatan Balaraja, Kepala UPT Puskesmas Balaraja Dr. Ai Siti Zakiyah, Kepala UPT Puskesmas Gembong diwakili dr Evi, Kepala UPT 2 DLHK Kec Balaraja Bpk Fajar Budi Priyadi, Kasi Trantib Kec Balaraja Muhamad Muhdi SE dan seluruh Staf Kec Balaraja.


(Sumber Kodim 0510/Tigaraksa).[Akt-002/Agi].

 


Kodam Jaya, Tigaraksa - aktualinvestigasi.com | Salah satu sarana yang sangat tepat sekali dalam merangkul warga binaan yang dilakukan anggota Koramil 03/Legok, Kodim 0510/Tigaraksa Serda Syahruddin Babinsa 2 Desa Pagedangan dengan menjalin Komunikasi Sosial (Komsos).


Dalam komsos ini, Serda Syahruddin bersama anggota satpol pp  dan perwakilan masyarakat bertempat di halaman Kantor Kecamatan

Pagedangan, RT 02/02 Ds. Pagedangan, Kec Pagedangan Kab.Tangerang, Rabu (26/04/2023) guna membahas tentang kamtibmas di wilayah Kecamatan Pagedangan khusus di Desa Pagedangan.


Disampaikan Serda Syahruddin, terciptanya kamtibmas perlu peran serta semua elemen masyarakat, denhan demikian akan terjaga kestabilan keamanan lingkungan yang kondusif.


"Untuk menjaga keamanan lingkungan, warga harus lebih aktif lagi dengan kegiatan Pos Kamling sebagai sarana antisipasi masuknya orang - orang yang tidak bertanggung jawab."ujarnya.


Sementara itu, Danramil 03/Legok Kapten Arh Peristiwa Sihotang, mengatakan, kegiatan yang dilakukan babinsa di wilayah binaan masing - masing dalam rangka memperkokoh Kemanunggalan TNI Rakyat. 


"Komsos ini, banyak sekali yang dapat dilakukan dan dihasilkan yang bermanfaat bagi masyarakat itu sendiri." jelas Danramil.


Menurut Kapten Arh Peristiwa Sihotang, di setiap pelaksanaan komsos, para Babinsa dapat membahas dan menyampaikan himbauan hal - hal positif dan bagian dari implementasi 8 wajib TNI. 


(Sumber Kodim 0510/Tigaraksa).[Akt-002/Agi].

 


Lebak - aktualinvestigasi.com | Pantau Pengunjung, Kapolres Lebak Polda Banten AKBP Wiwin Setiawan, SIK, MH meninjau pos pengamanan Wisata Pantai Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak. Rabu (26/4/2023).


Dalam kesempatan tersebut Kapolres Lebak Polda Banten AKBP Wiwin Setiawan, SIK, MH didampingi Wakapolres Lebak Kompol Arya Fitri Kurniawan, SIK, SH dan Para PJU Polres Lebak meninjau dan memantau  kepadatan pengunjung pantai Sawarna Bayah.



Kapolres Lebak Polda Banten AKBP Wiwin Setiawan, SIK, MH kepada insan pers mengatakan, "Berdasarkan pemantauan kami, pengunjung pantai Sawarna mengalami peningkatan, namun sejauh ini kegiatan masyarakat terpantau masih aman, karena anggota personil Polres Lebak dibantu Brimob Polda Banten dan instansi terkait sudah terploting untuk melakukan pengamanan tempat wisata," ujar Wiwin.


"Personil yang melakukan pengamanan selalu memberikan himbauan Kamtibmas agar selalu berhati-hati, Himbauan tidak boleh mandi di laut antisipasi kejadian laka laut yang rawan terjadi," ungkapnya.


"Tentunya perlu kesadaran masyarakat semua terutama para pengunjung pantai Sawarna agar selalu berhati-hati dan waspada akan adanya ombak laut yang besar antisipasi terjadinya warga masyarakat yang terbawa ombak atau tenggelam di laut," tutur Wiwin.

(006/RED-Al/lll/2023/Ziden)

Diberdayakan oleh Blogger.